5+ Contoh Iklan Non Niaga Beserta Gambar dan Penjelasannya

Contoh Iklan Non NiagaSalah satu media yang mampu untuk mempromosikan sebuah gerakan atau produk adalah iklan. Jenis iklan bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu non niaga dan niaga. Contoh iklan non niaga ini biasanya berupa sebuah gerakan atau mempromosikan layanan tertentu.

Iklan non niaga biasanya dibuat oleh sebuah lembaga tertentu misalnya pemerintah untuk mengajak masyarakat melakukan gerakan tertentu. Misalnya seperti gerakan tertib berlalu lintas yang biasanya dicanangkan oleh Kepolisian Republik Indonesia.

Banyaknya iklan non niaga ini adalah karena tidak adanya target material yang menyasar ke kalangan tertentu. Biasanya selain mengajak atau mempromosikan sebuah gerakan atau layanan, iklan non niaga ini juga memiliki pesan-pesan sosial.


Contoh Iklan Non Niaga Tentang Pendidikan

Contoh Iklan Non Niaga Tentang Pendidikan

Menjadi hal yang paling penting bagi setiap warga Indonesia membuat pendidikan sangat diperhatikan. Terlebih lagi banyak gerakan yang mengedukasi masyarakat untuk lebih mementingkan pendidikan. Berikut di bawah ini adalah contoh iklan non niaga tentang pendidikan.

Baca Juga: Contoh Brosur Iklan Makanan


1. Pelajar Yang Saling Tolong Menolong

Rumah kedua bagi para pelajar adalah sekolah. Orang tua kedua di sekolah tentunya adalah seorang guru. Guru bisa diharapkan menjadi orang tua sekaligus sahabat bagi para pelajar. Seorang pelajar yang baik adalah yang saling menolong dan memiliki rasa sayang satu sama lain.

2. Iklan Tentang Pelajar Indonesia Yang Baik

Pelajar Indonesia adalah pelajar yang mempunyai sifat menghormati kepada orang tua. Seorang pelajar juga harus memiliki rasa tanggung jawab dan menghargai ilmu dengan cara belajar yang rajin. Untuk itu, mari para pelajar menjadi pelajar yang baik dengan budi pekerti yang baik.

3. Pentingnya Membaca Buku

Buku adalah jembatan ilmu. Bagai menaiki perahu tanpa sampan, itulah sebuah pendidikan yang tidak didasari dengan membaca buku. Semakin banyak buku yang dibaca, tentunya akan banyak kesimpulan dan ilmu yang didapat. Untuk itu, mari kita membaca buku.

  7+ Contoh Iklan Pendidikan Beserta Gambar dan Penjelasannya

4. Iklan Tentang Pentingnya Wajib Belajar

Pondasi yang kuat untuk masa depan yang cemerlang adalah dengan pendidikan. Memang semua orang bisa menjadi kaya, namun apa daya jika tidak didasari dengan pendidikan yang baik? Maka dari itu, mari ikuti program wajib belajar 12 tahun untuk para pelajar seluruh Indonesia.

5. Iklan Tentang Menuntut Ilmu

Kata pepatah, orang yang mengetahui orang tersebut bodoh adalah orang yang berilmu. Hal tersebut karena ia tidak pernah bodoh. Begitu juga sebaliknya, maka dari itu, pendidikan adalah hal yang penting.


Contoh Iklan Non Niaga Tentang Kesehatan Mental

Contoh Iklan Non Niaga Tentang Kesehatan Mental

Selain pendidikan, hal yang penting bagi manusia adalah kesehatan mental. Banyak orang saat ini peduli dengan kesehatan mental karena hal ini sangat berpengaruh dalam kehidupan. Berikut di bawah ini adalah contoh iklan non niaga tentang kesehatan mental.

Baca Juga: Contoh Iklan Minuman


1. Iklan Tindakan 40 Detik

Kesehatan mental bisa menyerang siapa saja tanpa memandang kelompok usia maupun latar belakang sosial. Jika dibiarkan saja, bisa saja mereka yang mengalami masalah dengan mental akan mengakhiri hidup. Untuk itu, alokasikan 40 detik untuk peduli dengan mereka.

2. Iklan Penghapusan Stigma Negatif Disabilitas Mental

Orang dengan gangguan jiwa adalah manusia. Mereka hadir di kehidupan kita bukan karena mereka jauh dari Tuhan atau kurang bersyukur. Mari kita gandeng para penderita gangguan jiwa dengan tidak menyebut mereka sebagai orang yang kurang bersyukur dan orang yang jauh dari Tuhan.

3. Iklan Pencegahan Bunuh Diri

Ada sekitar 800 ribu orang yang mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri. Banyak dari mereka yang mengakhiri hidup diawali dengan depresi yang tidak ditangani. Untuk itu, mari kita cegah mereka untuk melakukan bunuh diri dengan mendatangi psikolog atau psikiater.


Contoh Iklan Non Niaga Tentang Bullying

Contoh Iklan Non Niaga Tentang Bullying

Tindakan yang saat ini ramai di masyarakat terutama pada pelajar adalah bullying. Hal tersebut merupakan tindakan yang tidak baik sehingga banyak gerakan tentang pencegahan bullying. Berikut di bawah ini adalah contoh iklan non niaga tentang bullying.


1. Dampak Negatif Bullying

Perilaku bullying kepada teman dapat berdampak negatif terhadap segala aspek. Tidak hanya pada pelaku saja, yang menyaksikan dan juga pihak sekolah juga bisa terkena dampak negatif dari bullying. Untuk itu, stop bullying agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Iklan Berbagai Jenis Bullying

Bullying terdiri dari berbagai jenis, yaitu bullying verbal, bullying fisik, dan bullying relasional. Semua tindakan tersebut tidak baik karena mampu membuat seseorang putus asa dan depresi. Hentikan dan bullying dan berikan harapan yang cerah bagi mereka.

3. Iklan Program Bicara Untuk Mengerti

Waktu merupakan hal paling berharga yang diberikan untuk seseorang. Untuk itu, berikan waktu pada mereka korban bullying untuk bicara bersama dan mencegah tindakan bullying terjadi.

  8+ Contoh Iklan Produk Dalam Bahasa Inggris Gambar dan Penjelasan

Contoh Iklan Non Niaga Tentang Tertib Lalu Lintas

Contoh Iklan Non Niaga Tentang Tertib Lalu Lintas

Saat di jalan ketika mengendarai kendaraan bermotor, tentunya harus tertib berlalu lintas. Hal tersebut menjadi kegiatan yang sering disepelekan banyak orang sehingga memicu terjadi kecelakaan. Berikut di bawah ini adalah contoh iklan non niaga tentang tertib lalu lintas.


1. Iklan Menjaga Semuanya Baik-baik Saja

Sebelum berkendara, pastikan untuk merawat kendaraan bermotor dan juga menjaga kesehatan diri supaya tetap prima saat berkendara. Pastikan juga untuk mengenakan helm, sarung tangan, sepatu, dan jaket ketika berkendara.

2. Iklan Fokus Berkendara

Mengantuk di perjalanan memang hal yang sering terjadi di kehidupan kita. Tetapi pernahkah kalian mengalami kecelakaan karena mengantuk? Maka dari itu pastikan untuk tetap fokus berkendara dan istirahatlah di rest area jika lelah.

3. Iklan Taat Berlalu Lintas

Jalanan bukan hanya milik kalian sendiri, tetapi juga milik bersama. Maka dari itu, jadilah pengendara yang taat berlalu lintas dan berkendara dengan kecepatan yang wajar.

4. Iklan Pentingnya Mengenakan Helm

Makin aman berkendara dengan mengenakan helm. Kecelakaan fatal bisa saja terjadi karena tidak mengenakan helm. Maka dari itu, saat mengendarai motor kenakanlah helm.

5. Iklan Tentang Bermain Gadget Saat Berkendara

Stop untuk bermain gadget saat berkendara! Bermain gadget ketika mengendarai kendaraan dapat menyebabkan kecelakaan.


Contoh Iklan Non Niaga Tentang Lingkungan Hidup

Contoh Iklan Non Niaga Tentang Lingkungan Hidup

Hal yang baik dalam hidup adalah menjaga lingkungan tetap bersih. Menjaga lingkungan tidak hanya mencegah pemanasan global saja namun bisa dilakukan dengan cara lain. Berikut di bawah ini adalah contoh iklan non niaga tentang lingkungan hidup.

Baca Juga: Contoh Iklan Kolom


1. Iklan Tentang Memanfaatkan Sampah

Botol bekas adalah salah satu jenis sampah yang tidak bisa diuraikan. Karena tidak bisa diuraikan maka botol bekas bisa dimanfaatkan kembali menjadi berbagai kreasi. Untuk itu, jangan membuang botol bekas sembarangan dan manfaatkan dengan baik.

2. Iklan Tentang Stop Menempel Iklan Di Pohon

Pohon adalah sumber kehidupan manusia. Mari kita hentikan dan hindari menempelkan iklan dan papan pengumuman di pohon.

Iklan non niaga adalah bentuk iklan yang biasanya tidak ditujukan untuk hal yang komersil. Biasanya contoh iklan non niaga ini bisa dibuat atau dicanangkan oleh pemerintahan. Tidak jarang juga gerakan tertentu membuat sebuah iklan non niaga.

Beberapa contoh iklan non niaga di atas merupakan beberapa dari semua iklan yang sering ditemukan sehari-hari. Tidak hanya berupa teks saja, iklan non niaga juga bisa berupa gambar atau poster.

Contoh Iklan Non Niaga 

Tinggalkan komentar