Contoh Surat Lamaran Kerja via Email

Contoh Surat Lamaran Kerja via Email – Pada zaman sekarang, ada banyak cara untuk melamar kerja. Tidak hanya dengan cara konvensional yaitu mendatangi perusahaan/instansi tujuan. Tetapi juga bisa secara online, salah satunya melalui email. Oleh sebab itu, adanya contoh surat lamaran kerja via email bisa menjadi hal yang membantu para pencari kerja.

Contoh ini berguna terutama bagi mereka yang masih terpaku dengan format penulisan surat lamaran konvensional. Format keduanya memang tidak terlalu berbeda. Namun ada hal yang perlu diperhatikan penulisannya, seperti masalah subjek email dan lampiran.

Selain lebih modern, melamar kerja via email  juga memberikan keuntungan terutama pada sisi kepraktisan. Hal lain yang menjadikan melamar kerja via email patut dicoba adalah karena berbagai perusahaan/instansi sudah menerapkannya dalam perekrutan karyawan.


Perbedaan Surat Lamaran Kerja via Email dengan via Dokumen Cetak

Perbedaan Surat Lamaran Kerja Via Email Dengan Via Dokumen Cetak

Aturan penulisan surat lamaran kerja sebenarnya tidak terlalu kaku. Hal terpenting adalah unsur-unsur yang terdapat di dalam, misalnya tanggal, maksud penulisan surat, salam perkenalan pelamar, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, surat lamaran kerja via email tidak berbeda dengan surat lamaran via dokumen cetak.

Perbedaan paling terlihat dari keduanya adalah media yang digunakan. Dokumen cetak memiliki bentuk fisik yang dapat dipegang. Sementara pengiriman via email dokumennya hanya berupa soft file alias data digital yang memerlukan perangkat elektronik untuk bisa dilihat. 

Selain itu, surat lamaran versi digital untuk dikirim via email biasanya diketik. Pada contoh surat lamaran kerja via email bisa terdapat perbedaan media penulisannya. Sebagian diketik pada aplikasi pengolah kata untuk kemudian dimasukkan ke dalam lampiran. Ada juga yang ditulis langsung pada badan email.

Sementara surat lamaran versi cetak biasanya menggunakan tulisan tangan pada kertas double folio. Ada juga yang diketik dan diprint, namun tulis tangan lebih umum. Oleh karena itu, melamar dengan dokumen cetak mengharuskan untuk menulis ulang atau mencetak lebih banyak jika terdapat banyak tujuan melamar.


Keunggulan Melamar Kerja via Email

Keunggulan Melamar Kerja Via Email

Melamar kerja via email memiliki keunggulan yang tidak bisa ditemukan dari cara melamar kerja secara langsung. Keunggulan ini terutama bisa dirasakan ketika pelamar tidak gagap teknologi. Berikut beberapa keunggulannya:

1. Lebih Efisien

Keunggulan paling mendasar dari melamar kerja via email adalah efisiensi pada berbagai aspek. Dengan menggunakan email, waktu, tenaga, dan biaya bisa dipangkas sedemikian rupa sehingga dapat dimanfaatkan untuk keperluan penting lainnya. Hal ini akan semakin terasa ketika lamaran diajukan ke banyak lebih dari satu tujuan.

Mengirim lamaran kerja secara konvensional perlu dilakukan dengan mendatangi perusahaan atau instansi tujuan secara langsung. Dengan cara ini, tentu dibutuhkan tenaga dan biaya perjalanan. Jika tempat yang dituju cukup jauh, waktu pun akan tersita pula. 

Pengiriman bisa saja dilakukan via pos atau jasa ekspedisi lainnya. Namun cara ini membutuhkan ongkos kirim yang artinya mengeluarkan biaya tambahan juga. Belum lagi diperlukan waktu beberapa hari untuk proses pengiriman.

Jika pun tempat pengajuan lamaran kerja berada dekat dengan tempat tinggal, biaya fotokopi dan lainnya tentu tetap masuk hitungan. Semakin banyak tujuan yang dilamar, semakin banyak pula salinan yang diperlukan. Sementara jika mengirim dengan email, dokumen hanya butuh sekali ketik atau scan. Setelah itu bisa dipakai sebanyak-banyaknya tanpa biaya tambahan.

2. Lebih Mudah Mengakses Data

Saat ini email tidak hanya bisa diakses dengan mudah melalui komputer. Ponsel kini telah mengambil alih sebagian fungsi komputer terutama dalam hal yang bersifat digital. Bukan email saja, melainkan juga penyimpanan data (termasuk berkas lamaran) secara online yang bisa bisa diakses dari perangkat yang berbeda-beda.

Ada kalanya, dalam proses mengumpulkan berkas lamaran terdapat kekurangan yang harus dilengkapi. Dengan dokumen cetak, berkas tersebut perlu dikumpulkan ke dalam satu map dan disimpan untuk kemudian dibawa saat akan melamar. Dalam hal ini mungkin saja pelamar lupa membawanya atau ada dokumen yang tercecer.

Namun, dengan sistem digital data berkas tersebut bisa disimpan dalam penyimpanan online dengan satu akun. Nantinya berkas lamaran bisa dibuka di mana dan kapan saja. Pengiriman via email pun bisa dilakukan bahkan ketika tiba-tiba ada waktu luang.

3. Lebih Besar Kemungkinan Mendapatkan Konfirmasi

Mudahnya akses email memungkinkan perekrut untuk melihat lamaran hanya dengan beberapa klik. Berkas lamaran yang menarik dan akan dipanggil pun dapat dikumpulkan dengan ringkas ke dalam satu folder. Dengan email, perekrut juga dapat mengirim balasan sekaligus ke beberapa pelamar sebagai undangan untuk mengikuti seleksi berikutnya.

Sebagian perekrut bahkan ada yang berbaik hati untuk mengkonfirmasi lamaran yang tidak diterima. Hal ini tentu lebih mudah dilakukan jika menggunakan media email. Dengan begitu, pelamar tidak akan menunggu terlalu lama tanpa kepastian.

Namun, satu hal yang perlu diingat agar keuntungan ini bisa didapatkan secara efektif. Pelamar sudah semestinya mengingat akun serta kata sandi email yang digunakan untuk melamar kerja, terutama jika menggunakan email khusus. Ada baiknya melakukan sinkronisasi agar selalu terhubung. 

Kelalaian untuk mengingat hal ini bisa mengakibatkan pelamar tidak bisa masuk ke akun sendiri. Ini tentu saja merugikan karena pelamar tidak dapat melihat perkembangan lamaran yang telah dikirim. Apalagi jika ternyata pihak yang dilamar mengirimkan email balasan sebagai panggilan wawancara.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Melamar Kerja via Email

Sudah diketahui bahwa lamaran kerja yang dikirim via email berbeda dengan lamaran versi dokumen cetak. Oleh karena itu, ada hal-hal khusus yang hendaknya diperhatikan oleh calon pelamar agar tidak salah langkah. Berikut uraiannya:

1. Subjek dan Badan Email

Sebelum mengirim, jangan lupa untuk mengisi subjek email yang berada di bagian atas. Beberapa lowongan terkadang menjelaskan apa yang harus diisikan pada subjek email, umumnya berupa kode posisi yang dilamar. Isilah subjek email sesuai dengan permintaan tersebut. 

Jika tidak ada penjelasan, maka bisa diisi dengan nama dan keterangan melamar pekerjaan. Contohnya, Lamaran Pekerjaan Adam Idris. Bisa juga ditambahkan posisi yang ingin dilamar secara jelas. Misalnya Lamaran Pekerjaan Posisi Marketing. Jangan biarkan subjek email kosong.

Di bawahnya, ada kolom yang cukup besar yang dinamakan badan email. Bagian tersebut juga jangan sampai kosong. Bisa isi dengan perkenalan singkat yang profesional. Boleh juga jika ingin memanfaatkannya langsung sebagai surat lamaran. Dengan begitu, tidak perlu lagi melampirkan surat lamaran dalam dokumen terpisah.

2. Pahami Fungsi Cc dan Bcc

Pada tampilan penulisan pesan baru terdapat kolom Kepada yang harus diisi dengan alamat email tujuan. Dalam hal ini adalah alamat email perusahaan/instansi yang akan dilamar atau lebih khusus lagi pada bagian HRD-nya jika ada. Kemudian di bawahnya akan ada tulisan Cc serta Bcc. Kolom ini juga bisa diisi dengan alamat email.

Cc merupakan singkatan dari carbon copy. Fitur ini berfungsi untuk mengirimkan pesan dengan isi yang sama ke beberapa alamat email selain tujuan utama. Cc bisa diibaratkan tembusan yang biasa ada pada surat resmi. 

Bcc atau blind carbon copy juga memiliki fungsi yang sama dengan cc. Hanya saja, semua yang dikirimi email dengan cc akan saling mengetahui kepada siapa saja email tersebut dikirim. Sementara dengan bcc, tujuan pengiriman email tidak akan diketahui.

Dalam mengirim email lamaran kerja, hindari penggunaan cc atau bcc untuk melamar ke berbagai tempat berbeda. Usahakan kirim email satu per satu berapa pun jumlah perusahaan/instansi yang akan dilamar. Pengiriman menggunakan cc atau bcc akan memberi kesan pelamar kurang usaha.

Cc atau bcc bisa digunakan untuk membuat tembusan hanya jika diperlukan. Salah satunya adalah jika pada informasi lowongan diinstruksikan untuk mengirim cc ke alamat email tertentu. Contohnya pengiriman cc yang ditujukan kepada pemilik usaha.

3. Penamaan Alamat Email

Hal yang satu ini tampaknya sepele namun dapat berdampak signifikan. Alamat email yang digunakan harus profesional tanpa embel-embel yang tidak relevan. Penggunaan alamat email yang alay dapat membuat perekrut menganggap pelamar tidak serius mencari kerja.

Gunakan alamat email yang hanya memuat nama seperti [email protected]. Jika nama tersebut sudah digunakan orang lain, tambahkan simbol atau angka tertentu yang tidak mengganggu. Misalnya [email protected] atau [email protected] Jangan gunakan alamat email seperti [email protected] atau [email protected] karena terkesan sangat alay.

4. Waktu Pengiriman Email

Email lamaran kerja memang bisa dikirim kapan saja. Namun, waktu pengiriman tetap perlu diperhatikan agar hasil yang didapatkan bisa efektif. Ketepatan waktu pengiriman dapat berpengaruh terhadap peluang untuk mendapatkan panggilan wawancara.

Waktu paling tepat untuk mengirim email lamaran kerja adalah saat hari dan jam kerja. Awal pekan seperti hari Senin bisa jadi merupakan waktu yang bagus untuk mengirim lamaran kerja, terutama pada pagi hari.Umumnya aktivitas kantor dimulai pada pukul 7 hingga 9 pagi, sehingga pukul 6 hingga 10 bisa  dikatakan adalah waktu yang ideal.

Selain itu, momen pengiriman juga perlu diperhatikan. Mengirim pada hari diumumkannya lowongan hingga 2 hari setelahnya lebih berpeluang untuk mendapatkan perhatian perekrut. Hal ini disebabkan masih belum banyak saingan yang mengirim lamaran sementara perekrut bisa jadi mulai menunggu.

Meskipun begitu, setiap perusahaan/instansi memiliki kebijakannya masing-masing. Oleh karena itu, penting bagi pelamar untuk mengetahui jadwal kerja perusahaan/instansi yang dilamar. Hal ini juga merupakan bagian dari mengenal hal umum tentang perusahaan/instansi tujuan, yang sekaligus bisa menjadi bekal untuk wawancara.

5. Rincian File Berkas Lamaran

Pengiriman berkas lamaran via email tentunya menggunakan softfile dan bersifat elektronik. Softfile biasanya disimpan dengan format yang disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis berkas itu sendiri, misalnya gambar dan tulisan.

Meskipun begitu, ada juga format yang bisa digunakan untuk berbagai jenis berkas, yaitu PDF. Format inilah yang biasanya disukai bahkan disyaratkan oleh penyedia lowongan kerja.

Sebaiknya gabungkan semua lampiran seperti CV dan dokumen pendukung lainnya ke dalam satu file dan dibuat menjadi format PDF. Sementara untuk surat lamaran sendiri bisa saja dipisah. Hal ini akan memudahkan perekrut dalam melakukan pengecekan.

Sebelum mengirim, pastikan ukuran file yang dikirim cukup ideal, katakanlah sekitar 1-2MB. File yang terlalu besar akan menyulitkan perekrut ketika mengunduh sehingga bisa saja membuat mereka justru malas untuk mengecek lebih lanjut. Meskipun begitu, pastikan dengan ukuran tersebut file tetap dapat terbaca.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah penamaan file. Berilah nama yang sesuai dengan tujuannya sebagai dokumen lamaran pekerjaan. Misalnya Surat Lamaran_Adam Idris, CV_Adam Idris, dan nama sejenis yang to the point dan profesional. Jangan mengirim dengan nama seperti Lamaran Sudah Diedit, Lampiran Fix, atau nama lain yang menyulitkan perekrut.


Bagaimana Menggabungkan File PDF?

Bagaimana Menggabungkan File PDF

Seperti telah dijelaskan, dokumen-dokumen pendukung yang digabung ke dalam satu file akan memudahkan perekrut untuk melakukan pengecekan. Terdapat beberapa alternatif tools yang bisa digunakan untuk  menggabungkannya. Namun sebelumnya, pastikan semua dokumen yang ingin digabung telah diubah formatnya menjadi PDF.

1. Menggunakan Adobe Acrobat

Adobe Acrobat merupakan aplikasi buatan Adobe yang berfungsi untuk membuat, mengedit, hingga menggabungkan beberapa file PDF sekaligus. Pastikan aplikasi ini sudah terinstal dengan versi Pro atau Standar di komputer. 

Cara menggabungkan file PDF dengan Adobe Acrobat cukup mudah. Pertama, buka aplikasinya dan klik Create pada toolbar. Kemudian cari dan pilih Combine Files into a Single PDF

Klik Add Files lalu pilih file-file yang ingin digabungkan. Bisa juga dengan menyeret file-file tersebut alias drag and drop. Jika sudah, klik Combine Files. Selanjutnya tinggal tunggu proses penggabungannya hingga selesai.

2. Menggunakan WPS Office

Aplikasi yang satu ini bisa digunakan langsung dari HP. Tidak hanya untuk membaca file office, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengedit beberapa jenis dokumen termasuk PDF. Untuk perangkat berbasis android, WPS Office bisa diunduh dan diinstal dari PlayStore secara gratis. 

Buka aplikasi yang sudah terinstal dan cari menu Merge Documents dalam menu Tools. Lalu pilih file mana saja yang ingin digabungkan dan tentukan urutannya. Jika sudah sesuai, klik Start Merging. 

Tunggu hingga file-file tersebut tergabung menjadi satu file. Nantinya akan ada notifikasi jika prosesnya sudah selesai. Klik Open jika ingin langsung membuka file-nya.

3. Menggunakan smallpdf.com

Selain dengan menginstal aplikasi, file PDF juga bisa digabungkan secara online. Cara ini cocok dilakukan ketika terdapat kendala dalam menginstal aplikasi. Salah satu situs yang bisa diandalkan adalah smallpdf. 

Pertama, masuk ke situs smallpdf.com melalui browser, lalu pilih Menggabungkan PDF. Kemudian klik Pilih File, nanti akan diarahkan untuk mencari dokumen-dokumen yang ingin digabungkan. Jika menggunakan komputer, bisa terlebih dahulu menuju File Explorer. Kemudian seret dokumen-dokumen yang diinginkan ke kotak yang tersedia. Dokumen akan otomatis terunggah.

Klik pilihan Gabungkan PDF dan lihat apakah susunannya sudah rapi. Jika sudah sesuai, klik tombol Gabungkan PDF. File gabungan pun siap diunduh dan bisa dikirimkan via email sebagai lampiran lamaran kerja.


Bagaimana Mengirim Email Lamaran Kerja dengan HP Android?

Bagaimana Mengirim Email Lamaran Kerja Dengan HP Android

Canggihnya teknologi saat ini membuat orang-orang banyak yang menggunakan HP untuk berbagai keperluan, termasuk mengirim email. Namun, tata letak dan tampilan email di HP terkadang mengalami penyesuaian sehingga bisa saja berbeda dengan tampilan di komputer. Hal ini dapat menimbulkan kebingungan tersendiri bagi pelamar.

Contoh surat lamaran kerja via email dengan HP bisa dibuat dengan melihat bagaimana langkah-langkah mengirim email itu sendiri. Cara yang akan dijelaskan berikut ini adalah pengiriman email dari google alias gmail dengan aplikasi di perangkat android.

Pertama, pelamar perlu membuka aplikasi Gmail. Kemudian akan muncul tampilan kotak masuk utama. Di sudut kanan bawah, terdapat ikon pensil di dalam lingkaran merah. Klik tanda tersebut. Tampilan akan berubah menjadi kolom pesan.

Isikan kolom Kepada dan Subjek sesuai dengan keperluan, sebagaimana contoh surat lamaran kerja via email di bawah ini. Di bawahnya ada kolom badan email. Pada kolom tersebut bisa difungsikan langsung sebagai media untuk menulis surat lamaran. Jika surat lamaran sudah dibuat dan akan diletakkan bersama lampiran, tetap isi badan email dengan perkenalan singkat.

Setelah itu, klik ikon yang menyerupai bentuk klip kertas. Itu adalah ikon untuk memasukkan lampiran. Sebelumnya, pastikan semua dokumen yang ingin dilampirkan sudah disalin ke HP. Kemudian, pilih Lampirkan file dari pilihan yang tersedia. Tandai dokumen-dokumen yang ingin dilampirkan. Klik buka dan tunggu semua dokumen terunggah dengan sempurna.

Terakhir, klik ikon berbentuk segitiga yang merupakan tombol kirim. Nantinya akan muncul tulisan Terkirim di layar. Jika belum yakin apakah email sudah terkirim atau belum, silakan masuk ke menu Terkirim. Email lamaran kerja yang tadi dikirim akan muncul dalam daftar jika benar-benar sudah terkirim.

Baca Juga: Contoh Surat Undangan


Beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja via Email yang Bisa Digunakan sebagai Referensi

Setelah mendapatkan penjelasan tentang bagaimana melamar kerja melalui email, maka akan lebih komplit jika disertai dengan contohnya. Di bawah ini adalah beberapa contoh surat lamaran kerja via email. Contoh-contoh ini berisi kondisi yang berbeda-beda sehingga bisa menjadi referensi sesuai dengan situasi pelamar.

Contoh Surat Lamaran Kerja via Email untuk Lulusan SMK

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Untuk Lulusan SMK

Surat Lamaran Kerja via Email untuk Lulusan SMK

Kepada: [email protected]

Cc: –

Subjek: Lamaran Pekerjaan Desainer Grafis

 

Dengan hormat, 

Melalui surat ini saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai desainer grafis pada pada Departemen Publikasi PT Kreatif. Kualifikasi saya adalah sebagai berikut:

Nama : Marina Negara

Tempat Tanggal Lahir : Jakarta, 10 November 2000

Jenis Kelamin : Perempuan

Pendidikan Terakhir : SMK Bangsa Jurusan Multimedia

Alamat :Jl. Tetap Merdeka No 17, Jakarta

Pada surat lamaran ini turut saya lampirkan CV terbaru serta beberapa dokumen lain yang bisa menjadi bahan pertimbangan, yaitu sebagai berikut:

Scan KTP

Scan Ijazah Terakhir

Scan Surat Keterangan Magang

Scan Sertifikat Kompetensi

Pas Foto Terbaru

 

Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya, 

 

Marina Negara

[email protected]

082590007788


Contoh Surat Lamaran Kerja via Email untuk Lulusan SMA

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Untuk Lulusan SMA

Surat Lamaran Kerja via Email untuk Lulusan SMA

Kepada: [email protected]

Cc:-

Subjek: Lamaran Kerja (SA)

 

Dengan hormat,

Sebagaimana dipublikasikan di Instagram @samuderapra, saya mendapatkan informasi bahwa PT Samudera Pratama membuka lowongan untuk beberapa posisi. Maka dari itu, saya Sinar Surya bermaksud untuk mengisi lowongan pada posisi Staf Administrasi (SA). Saya berusia 19 tahun dan merupakan lulusan SMA, serta pernah mengikuti kursus kesekretariatan selama 4 bulan. Kualifikasi lebih lengkap akan saya lampirkan dalam Curriculum Vitae beserta beberapa dokumen pendukung lainnya.

 

Demikian surat lamaran ini saya buat. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Sinar Surya

[email protected]


 Contoh Surat Lamaran Kerja via Email Posisi Operator Produksi

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Posisi Operator Produksi

Surat Lamaran Kerja via Email Posisi Operator Produksi

Kepada: [email protected]

Cc: –

Subjek: Lamaran Pekerjaan

 

Dengan hormat,

Terkait dengan informasi adanya lowongan kerja sebagai operator produksi di perusahaan Bapak/Ibu, melalui surat ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran untuk mengisi posisi tersebut. Nama saya Adiguna Jaya, lahir di Jakarta pada tanggal 20 September 1999. Saya lulus dari SMK Angkasa jurusan Teknik Pemesinan pada 2017. Sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut, saya lampirkan beberapa dokumen berikut:

 

Curriculum Vitae

Scan KTP

Scan Ijazah Terakhir

Scan Sertifikat Magang

Pas Foto Terbaru

Demikian surat lamaran ini saya buat. Saya siap dipanggil untuk mengikuti seleksi selanjutnya apabila saya memenuhi syarat. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya, 

 

Adiguna Jaya

[email protected]


Contoh Surat Lamaran Kerja via Email Bahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Bahasa Inggris

 

Surat Lamaran Kerja via Email Bahasa Inggris

To: [email protected] 

Cc: –

Subject: Application for the Position of Underwear Designer

 

Dear Hiring Manager of Ceria Garment

I was interested in the vacancy for the position of Underwear Designer at Ceria Garment. Reading the requirements, I believe my background and experience match the responsibilities. I’m excited to submit my application.

I earned my bachelor’s degree in Fashion Design at 2020 from University of Kota Sejuta. A fresh graduate but I have some experiences during college. One of them is assisting a top nightwear designer, Maria Thosa, to participate in the Kota Sejuta Fashion Week in 2019.

I have attached my CV and portfolio in this letter. If you require any further information, please feel free to let me know. 

I appreciate your quick response. Thank you for your consideration.

 

Sincerely,

 

Desi Yanara

[email protected]

088856781000


Contoh Surat Lamaran Kerja via Email untuk Kerja Part Time

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Untuk Kerja Part Time

Surat Lamaran Kerja via Email untuk Kerja Part Time

Kepada: [email protected] 

Cc: [email protected] 

Subjek: Lamaran Pekerjaan Paruh Waktu/Part Time

 

Dengan hormat,

Perkenalkan saya Sari Swity, berusia 20 tahun, seorang lulusan SMK jurusan Tata Boga. Saya juga merupakan mahasiswa jurusan Pariwisata Universitas Lingkar Budaya. 

Melalui surat ini, saya bermaksud melamar pekerjaan paruh waktu/part time sebagai baker pada toko kue yang ibu kelola, Amai Cake n Bake. Untuk memperkuat pertimbangan, saya lampirkan beberapa dokumen sebagai berikut:

 

Curriculum Vitae

Scan KTP

Scan Ijazah Terakhir

Scan Sertifikat Kompetensi

Scan Sertifikat Lomba Kreasi Roti Tingkat Provinsi

Pas Foto Terbaru

 

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya, 

 

Sari Swity

089977100100


Contoh Surat Lamaran Kerja via Email untuk Kerja di Hotel

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Untuk Kerja Di Hotel

Surat Lamaran Kerja via Email untuk Kerja di Hotel

Kepada: [email protected]

Cc: –

Subjek: Lamaran Pekerjaan Posisi Resepsionis

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan pada Hotel Impian sebagai resepsionis. Latar belakang pendidikan saya adalah SMA dengan beberapa pengalaman bekerja sebagai frontliner.

Sebagai pertimbangan, saya lampirkan beberapa dokumen sebagai berikut:

Scan KTP

Scan Ijazah Terakhir

Scan Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Curriculum Vitae

 

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat. Semoga Bapak/Ibu berkenan mempertimbangkan saya untuk menjadi bagian baru dari Hotel Impian. Atas perhatian yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya, 

 

Anggrek Bulan

[email protected]


 Contoh Surat Lamaran Kerja via Email untuk Pelaut

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Untuk Pelaut

Surat Lamaran Kerja via Email untuk Pelaut

Kepada: [email protected]

Cc: –

Subjek: Lamaran Pekerjaan Pelaut

 

Dengan hormat,

Berdasarkan pengumuman yang terpampang di kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Banyulaut, perusahaan Bapak/Ibu sedang membuka lowongan untuk jabatan pelaut. Melalui surat ini, saya mengajukan diri untuk mengisi posisi jabatan tersebut. Berikut data diri saya:

 

Nama : Bayu Windy

Tempat Tanggal Lahir : Jakarta, 12 Desember 1996

Pendidikan : S1 Pelayaran

Alamat : Jl. Pertama No. 8 RT 04 Desa Sumber, Kota Air Telaga

Sebagaimana persyaratan yang tertulis, berikut saya lampirkan beberapa dokumen untuk memenuhi persyaratan tersebut sekaligus menjadi bahan pertimbangan:

Scan KTP

Scan Ijazah Terakhir

Scan Transkrip Nilai

Scan SKCK

Daftar Riwayat Hidup

Pas Foto Latar Merah

 

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya, 

 

Bayu Windy

[email protected]

086654321000

Baca Juga: Contoh Surat Pengunduran Diri


 Contoh Surat Lamaran Kerja via Email untuk Guru

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Untuk Guru

Surat Lamaran Kerja via Email untuk Guru

Kepada: [email protected]

Cc: –

Subjek: Lamaran Kerja Guru Bahasa Inggris

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi dari media sosial bahwa Yayasan Pendidikan Bunga Bangsa sedang membutuhkan beberapa tenaga guru, maka melalui surat ini saya bermaksud mengajukan lamaran di sebagai guru Bahasa Inggris tingkat SMP. Adapun data diri saya sebagai berikut:

 

Nama : Nara Ticia

Tempat Tanggal Lahir : Surabaya, 8 Juni 1994

Pendidikan Terakhir : S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Alamat : Jl. Ayam, Apartemen Matahari Blok B No. 18, Kota Kembang

Kontak : 088812345678/[email protected] 

Sebagai pertimbangan, saya turut melampirkan beberapa dokumen sebagai berikut:

Scan KTP

Scan Ijazah

Scan Transkrip Nilai

Scan Sertifikat Pendidik

Daftar Riwayat Hidup

Pas Foto Latar Merah

 

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih

Hormat saya,

 

Nara Ticia


Contoh Surat Lamaran Kerja via Email untuk Rumah Sakit

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Untuk Rumah Sakit

Penulisan surat lamaran kerja untuk rumah sakit tidak jauh berbeda dengan surat lamaran kerja pada umumnya. Rumah sakit sendiri tidak hanya membutuhkan tenaga kesehatan. Tetapi juga tenaga ahli yang berada di luar lingkup medis yang membuat persyaratannya juga bisa berbeda. Oleh karena itu, di sini akan diberikan 2 contoh dengan posisi berbeda.

Surat Lamaran Kerja via Email untuk Rumah Sakit

Contoh Surat Lamaran Kerja via Email untuk Perawat

Kepada: [email protected]

Cc: –

Subjek: Lamaran Pekerjaan Posisi Perawat

 

Dengan hormat, 

Berdasarkan pengumuman di situs resmi Rumah Sakit Bumi Hijau, saya mendapatkan informasi bahwa sedang dibutuhkan tenaga perawat. Melihat kualifikasi yang dipaparkan, saya yakin bahwa saya memenuhi syarat untuk mengisi posisi tersebut.

Melalui surat ini saya sampaikan lamaran pekerjaan beserta lampiran berupa dokumen-dokumen yang dipersyaratkan, yaitu:

Curriculum Vitae

Scan KTP

Scan Ijazah S1

Scan Ijazah Ners

Scan Transkrip Nilai

Scan Surat Tanda Registrasi (STR)

Scan SKCK

Scan Surat Keterangan Kesehatan

Pas Foto

 

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya, 

 

Erita Grini

[email protected]


Contoh Surat Lamaran Kerja via Email untuk Pegawai Administrasi

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Untuk Pegawai Administrasi

Surat Lamaran Kerja via Email untuk Pegawai Administrasi

Kepada: [email protected]

Cc: –

Subjek: Lamaran Pekerjaan Posisi Pegawai Administrasi

 

Dengan hormat,

Dari pengumuman yang dipasang di website resmi bumihijauhospital.com, saya mengetahui bahwa Rumah Sakit Bumi Hijau sedang membutuhkan beberapa tenaga umum. Untuk itu, saya bermaksud mengisi lowongan pada posisi pegawai administrasi. 

Saya berusia 23 tahun dan merupakan lulusan S1 Manajemen dari Universitas Terpadu. Riwayat pendidikan dan pengalaman saya secara lebih lengkap tercantum dalam lampiran Curriculum Vitae (CV). Dalam surat ini saya juga melampirkan kelengkapan berkas seperti yang Bapak/Ibu minta, yaitu:

 

Scan KTP

Scan Ijazah

Scan Transkrip Nilai

Scan SKCK

Scan Surat Keterangan Kesehatan

Pas Foto

 

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Besar harapan saya untuk bisa menjadi bagian keluarga Rumah Sakit Bumi Hijau. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Ardi Jonathan

[email protected]

081234567890


Contoh Surat Lamaran Kerja via Email untuk Apoteker

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Untuk Apoteker

Surat Lamaran Kerja via Email untuk Apoteker

Kepada: [email protected]

Cc: –

Subjek: Lamaran Pekerjaan Posisi Apoteker

 

Dengan hormat,

Melalui surat lamaran ini, saya bermaksud mengisi posisi Apoteker sebagaimana dibutuhkan oleh Rumah Sakit Bumi Hijau. Saya merupakan lulusan Profesi Apoteker dan telah memiliki STRA serta SIPA. Oleh sebab itu, saya merasa yakin akan cocok dengan lowongan ini. Adapun data diri saya sebagai berikut:

 

Nama : Ria Farma

Tempat Tanggal Lahir : Kota Rindang, 17 April 1994

Jenis Kelamin : Perempuan

Pendidikan : Profesi Apoteker

Alamat : Jl. Kenanga Blok VII No 11, Kota Rindang

No. HP : 080023452345

Sebagai pertimbangan dan untuk melengkapi berkas persyaratan, saya lampirkan beberapa dokumen berikut:

Curriculum Vitae

Scan KTP

Scan Ijazah Terakhir

Scan Transkrip Nilai

Scan STRA

Scan SIPA

Scan SKCK

Scan Surat Keterangan Kesehatan

Pas Foto

 

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Atas perhatian dan perkenan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Ria Farma

[email protected]


 Contoh Surat Lamaran Kerja via Email untuk Posisi Sopir

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Untuk Posisi Sopir

Surat Lamaran Kerja via Email untuk Posisi Sopir

Kepada: [email protected]

Cc: –

Subjek: Lamaran Pekerjaan Posisi Sopir

 

Dengan Hormat,

Perkenalkan saya Dava Ibrahim, lulusan SMK Otomotif yang telah berpengalaman sebagai pengemudi dalam beberapa tahun terakhir. Pengalaman terbaru saya adalah sebagai pengemudi travel dan telah berjalan selama hampir 2 tahun. Sebelumnya saya juga menjadi instruktur kursus mengemudi selama 2,5 tahun.

Saya menyampaikan surat ini dengan maksud untuk melamar pekerjaan pada PT Megah Abadi sebagai pengemudi/sopir. Dan sebagai pertimbangan, saya lampirkan beberapa dokumen pendukung sebagai berikut:

 

Curriculum Vitae

Pas Foto

Scan KTP

Scan SIM A

Scan Ijazah Terakhir

Scan Surat Keterangan Pengalaman Kerja

 

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Semoga Bapak/Ibu mempertimbangakan saya sebagai calon karyawan berkualitas. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Dava Ibrahim

[email protected]

081928374650

Baca Juga: Contoh Surat Resign


Contoh Surat Lamaran Kerja via Email tanpa Menyebutkan Posisi Spesifik

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Tanpa Menyebutkan Posisi Spesifik

Surat Lamaran Kerja via Email tanpa Menyebutkan Posisi Spesifik

Kepada: [email protected]

Cc: –

Subjek: Lamaran Pekerjaan

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya bermaksud mengajukan lamaran pada perusahaan yang Bapak/Ibu kelola. Saya adalah lulusan S1 Ilmu Komunikasi dari Universitas Pandai dan saat ini berusia 22 tahun. Saat ini saya berdomisili di Kota Harapan dan bersedia ditempatkan di berbagai cabang perusahaan di seluruh Indonesia.

Dalam surat lamaran ini saya sertakan beberapa lampiran dokumen untuk memperkuat pertimbangan Bapak/Ibu. Dokumen-dokumen tersebut adalah sebagai berikut:

 

Curriculum Vitae

Scan KTP

Scan Ijazah Terakhir

Scan Transkrip Nilai

Pas Foto

 

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan dengan harapan akan mendapatkan pertimbangan dari Bapak/Ibu. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Siti Adinda

[email protected]ail.com


Contoh Surat Lamaran Kerja via Email dan Lampirannya

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Dan Lampirannya

Sebagaimana surat lamaran umumnya, lampiran dalam contoh surat lamaran kerja via email terdiri dari berbagai dokumen sesuai dengan permintaan perekrut. Beberapa dokumen yang umum dilampirkan adalah KTP, ijazah, hingga curriculum vitae (CV). Bisa juga ditambah dengan sertifikat kursus, pengalaman kerja, serta uji kompetensi sebagai penguat.

Berbagai sertifikat tersebut tentunya memiliki format yang berbeda tergantung pihak yang menerbitkannya. Oleh karena itu, di sini hanya akan dicontohkan lampiran yang bisa dibuat sendiri, yaitu CV. Contoh ini bersifat umum dan bisa disesuaikan dengan kondisi pelamar.

CURRICULUM VITAE

Tentang Saya

Nama: Adam Idris

Tempat Tanggal Lahir: Kota Baru, 20 Oktober 1997

Alamat: Jl. Angin Topan No. 8 Kelurahan Tornado, Kota Adem

Kontak

Email: [email protected] 

No.HP: 088809991111

Pendidikan

2015-2019 Universitas Awan Biru Jurusan Teknik Arsitektur

2012-2015 SMA Bintang Kota Adem

2009-2012 SMP Bintang Kota Adem

Pengalaman

2018-2020 Teknisi Museum Kota Adem

Keahlian

Microsoft Office

AutoCAD

Adobe Photoshop

SketchUp

Creative Thinking

Organizational Skills

Sebagai bagian dari penyesuaian dengan perkembangan zaman, sudah sepatutnya para pencari kerja menggunakan cara yang paling efisien. Penggunaan email dengan segala keunggulannya dibandingkan cara konvensional adalah langkah awal untuk meningkatkan daya saing dengan pencari kerja lainnya. 

Dengan adanya berbagai contoh surat lamaran kerja via email ini, diharapkan para pencari kerja dapat sedikit tercerahkan dan termotivasi. Melamar kerja via email itu tidak sulit, asalkan memahami konsep dan tata caranya. Semangat para pencari kerja!

Contoh Surat Lamaran Kerja via Email

Tinggalkan komentar