15 Aplikasi Bahasa Inggris Terbaik yang Wajib Di Install Para Pelajar

Aplikasi bahasa inggris – Salah satu pelajaran yang dikeluhkan oleh para pelajar di Indonesia adalah Bahasa Inggris. Yaps, mempelajari bahasa asing ini memang tak mudah untuk sebagian besar orang Indonesia.

Tentu bukan hanya pengucapan dan penulisannya saja yang sulit, namun penerapan kata kerja, kosa kata, kata sifat dan lainnya juga sangat berbeda dengan yang diterapkan di Indonesia. Lalu bagaimana agar belajar Bahasa Inggris menjadi lebih mudah?

Kabar bahagia untuk para pelajar di Indonesia, bahwa seiring dengan berkembangnya teknologi, maka saat ini telah banyak tercipta aplikasi Bahasa Inggris yang membantu para pelajar di Indonesia. Tak hanya itu saja, karena berupa aplikasi yang bisa dijalankan di Smartphone, tentu belajar dimana saja lebih mudah dan efisien.

Lalu aplikasi Bahasa Inggris apa yang terbaik untuk di unduh? Yaps, di Play Store atau Google Apps  sendiri memang terdapat banyak aplikasi untuk belajar Bahasa Inggris, sehingga untuk menemukan mana yang terbaik tentu tak mudah, sebab Anda harus membuka aplikasi tersebut satu per satu.

Nah, untuk memudahkan Anda menemukan aplikasi yang terbaik, maka berikut ini 15 rekomendasi aplikasi Bahasa Inggris yang wajib diinstal!

Aplikasi Bahasa Inggris Duolingo

Aplikasi Bahasa Inggris Duolingo
Aplikasi Bahasa Inggris Duolingo

Untuk aplikasi yang satu ini benar-benar direkomendasikan untuk Anda. Bagaimana tidak, aplikasi Bahasa Inggris ini sebenarnya tak hanya mempelajari Bahasa Inggris saja, melainkan juga bahasa lainnya seperti Perancis, Spanyol, Belanda, Rusia, Italia dan masih banyak lainnya.

Selain demikian, dengan basik guna membantu pengguna mempelajari Bahasa Inggris, tentu terdapat banyak fitur menarik yang mampu membuat Anda cepat pintar Bahasa Inggris. Bahkan, bagi yang masih pemula mempelajari bahasa asing ini bisa langsung paham, asalkan rutin mempelajari setidaknya 20 menit per harinya.

Keberhasilan aplikasi ini untuk mencerdaskan pelajar Indonesia adalah, hanya dengan waktu singkat saja, pengguna sudah bisa membaca artikel Bahasa Inggris, berbicara kalimat-kalimat Inggris yang sederhana, bahkan mampu menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah, nantinya akan ada bab pembelajaran, dimana setiap bab ini Duolingo akan mengajarkan pada pengguna setidaknya 7 kosa kata baru, sesuai dengan topik yang dibicarakan, misalnya sains, pendidikan, serta kata sifat.

Selain itu, terdapat juga latihan yang wajib dikerjakan dalam setiap pelajaran tersebut. Misalnya, menerjemahkan suatu kalimat ke dalam Bahasa Inggris, mencocokkan gambar dengan kata Inggris tertentu, serta menirukan pengucapan Bahasa Inggris.

Sedangkan untuk kendala yang sering ditemukan dalam aplikasi ini adalah, pengguna biasanya akan mudah melupakan kosa kata yang pernah dipelajari pada beberapa hari belakangan.

Namun jangan khawatir, sebab Duolingo mampu membantu kendala pengguna tersebut, sebab setelah 1 minggu, aplikasi Bahasa Inggris ini akan membantu mengingatkan pengguna terhadap kosa kata yang telah dipelajari.

Dengan berbagai kenyamanan ini, tak heran memang jika aplikasi Duolingo menjadi aplikasi Bahasa Inggris terbaik di Indonesia, bahkan pengunduhnya telah ada 50 lebih juta pengguna. Dan yang terakhir, aplikasi ini memiliki waktu pembelajaran setiap harinya 10 hingga 20 menit.

Aplikasi Bahasa Inggris FluentU

Aplikasi Bahasa Inggris FluentU
thegorbalsla.com

Berbeda dengan aplikasi lainnya, FluentU memiliki cara tersendiri agar para pengguna bisa mahir Bahasa Inggris, yakni melalui berbagai video yang ada di dunia nyata, misalnya iklan, video klip musik, berita, bahkan acara motivasi, dengan mengubahnya menjadi sebuah pembelajaran Bahasa Inggris yang asyik nan menyenangkan.

Selain demikian, FluentU ini juga akan mengenalkan kepada Anda tentang Bahasa Inggris secara alami. Dengan begitu, pengguna tentu akan menjadi terbiasa dengan kosa kata bahasa serta budaya Inggris seiring bergantinya waktu.

Dengan adanya beragam video percakapan Bahasa Inggris yang ditampilkan dalam aplikasi ini, tentu saja pengguna akan menjadi terbiasa mendengarkan pengucapan yang tepat dari tulisan Inggris, sehingga secara tak langsung, pengguna pun akan mahir berbicara Inggris tanpa kendala.

Dan yang menarik lagi, setiap video yang disajikan tersebut, juga dilengkapi dengan tulisan interaktif. Bahkan Anda pun, bisa memilih suatu kata guna melihat definisi, gambar, serta contoh yang bermanfaat. Tak hanya itu saja, Fluentu juga memungkinkan Anda untuk mempelajari segala kosa kata, yakni dalam bentuk video melalui kuis.

Dimana untuk melihat lebih banyak lagi contoh yang pernah dipelajari sebelumnya. Untuk pengoperasiannya pun sangat mudah, yakni cukup menggeser ke kiri atau ke kanan. Dan bagian terbaik dalam Fluentu ini ialah segala kosa kata yang pernah Anda pelajari akan tercatat secara baik, sehingga suatu saat nanti bisa membuka pelajaran kembali.

Dengan demikian, FluentU ini memang sangat disarankan bagi Anda yang ingin mempelajari lebih dalam tentang audio-visual, serta ingin belajar Bahasa Inggris yang lebih mengasyikkan dan menyenangkan.

Bagaimana tidak, sebab aplikasi ini, akan membantu Anda untuk menemukan rekomendasi contoh serta video lainnya sesuai dengan kosa kata yang telah dipelajari.

LearnEnglish Grammar

LearnEnglish Grammar
LearnEnglish Grammar

Untuk aplikasi Bahasa Inggris yang satu ini tentu juga memiliki keunikan dan kemudahan tersendiri dibandingkan aplikasi lainnya. Yaps, aplikasi ini diciptakan oleh salah satu organisasi yang paling dipercaya dan dihormati guna mempelajari Bahasa Inggris, yakni besutan British Council.

Sebab, LearnEnglish Grammar ini memang merupakan aplikasi interaktif yang mampu mengembangkan kemampuan tata Bahasa Inggris secara tepat dan baik. Tak hanya itu saja, LearnEnglish Grammar pun telah mencakup 12 topik grammar, lengkap dengan 20 aktivitas yang dapat Anda dikerjakan tiap babnya.

Bahkan, terdapat juga ribuan pertanyaan yang dapat dijawab, mulai dari yang paling mudah untuk pemula, hingga yang paling sulit. Dengan demikian, tentu aplikasi ini memiliki keuntungan yakni bisa digunakan dimana saja kapan saja meski di tengah kesibukan.

Aplikasi Bahasa Inggris Rosetta Stone

Aplikasi Bahasa Inggris Rosetta Stone

Aplikasi Bahasa Inggris Rosetta Stone mungkin menjadi salah satu perantara metode paling terbaik untuk para pelajar di Indonesia. Bagaimana tidak, aplikasi ini benar-benar menawarkan metode belajar Bahasa Inggris yang sangat unik, ketimbang aplikasi lainnya.

Yaps, bila biasanya aplikasi lainnya menggunakan Bahasa Inggris ibu, maka untuk aplikasi ini menggunakan bahasa formal yang digunakan sehari-hari. Sebagai contoh, Anda dapat melihat penjelasan dalam bahasa Indonesia maupun terjemahannya.

Memang sangat berbeda dengan metode lainnya, untuk pembelajaran Bahasa Inggris ini Anda pertama kali akan mempelajari beberapa kosa kata dasar terlebih dahulu, baru selanjutnya membentuk kalimat atau frasa yang cukup panjang.

Misalnya, beberapa kosa kata yang mungkin akan dipelajari ialah “woman”, “man”, “park”, yang dijelaskan melalui gambar. Selanjutnya, akan lanjut ke tahap pembentukan kalimat yang lebih panjang dari kosa kata tersebut seperti “A woman and a man is playing in the park”.

Belum mengetahui kosa kata “play”?, maka anda bisa menebaknya terlebih dahulu. Dengan demikian, karena metode yang digunakan adalah mempelajari Bahasa Inggris tanpa melibatkan bahasa Ibu, tentu akan sangat mudah untuk Anda mempelajarinya.

Aplikasi Bahasa Inggris MindSnacks

Aplikasi Bahasa Inggris MindSnacks
mindsnacks

Sedangkan untuk aplikasi Bahasa Inggris yang satu ini dikenal karena tampilannya yang sangat menyenangkan serta mudah dioperasikan. Bagaimana tidak, sebab Anda dapat menambahkan kosa kata melalui aplikasi kosakata ini.

Yaps, sebelum ada aplikasi ini, tentu bagi Anda yang ingin memperoleh skor SAT tinggi, tentu maka harus membaca daftar kosa kata SAT yang cukup terlebih dahulu. Hal ini tentu akan sangat membosankan.

Nah, kabar bahagia untuk Anda, mulai sekarang untuk mempelajari kosakata SAT tak akan bosan, sebab aplikasi MindSnacks ini menyediakan keasyikan dan keseruan untuk para penggunanya.

Hal ini karena, terdapat 9 permainan pada aplikasi Bahasa Inggris, dimana setiap permainannya dirancang agar bisa membantu pengguna untuk belajar Bahasa Inggris secara berbeda. Misalnya, dengan menggunakan banyak balon dengan warna-warna yang berbeda.

Dimana, Mungkin Anda akan diberi 3 balon biru masing-masing memiliki kata “glorify”, “abstruse”, “ludicrous”, selanjutnya juga akan ada tiga balon merah yakni dengan kata “absurd”, “hard to understand”, “praise”. Jadi, setiap kata pada balon biru yang mempunyai arti mirip, harus diletakkan pada kata balon merah juga yang mirip.

Anda Dalam hal ini, pastikan pasang balonnya sesuai kosa kata yang sama. Dengan berbagai fitur dan permainan yang disediakan oleh MindSnacks. Tentu saja aplikasi Bahasa Inggris ini sangat direkomendasikan, karena mampu memberi pengalaman belajar dari kosa kata baru dengan sangat mudah dan menyenangkan.

Aplikasi Bahasa Inggris SpeakingPal

Aplikasi Bahasa Inggris SpeakingPal
speakingpal

Sedangkan SpeakingPal merupakan sebuah aplikasi interaktif yang mampu membantu pengguna untuk meningkat kemampuan Bahasa Inggrisnya, dengan melalui teknologi berupa deteksi suara. Dimana aplikasi ini pun juga dapat membuat simulasi dari percakapan melalui telepon.

Dengan demikian, Anda akan dilatih kemampuan untuk berbicara dari percakapan tersebut. Nah, untuk bermain aplikasi ini sendiri terdapat 2 versi, yakni versi gratis dan versi berbayar.

Untuk versi gratisnya, aplikasi akan menyediakan 16 level permainan, sedangkan jika menggunakan versi berbayar, maka Anda akan mendapatkan 100 level permainan yang sangat menyenangkan, dan ampuh mencerdaskan dan fasih Bahasa Inggris.

Aplikasi Bahasa Inggris Memrise

Aplikasi Bahasa Inggris Memrise
memrise

Sebenarnya, aplikasi Memrise ini hampir sama dengan MindSnacks. Hal tersebut karena memang tujuannya cukup sama, yakni guna menambah kosa kata pada Bahasa Inggris. Namun berbeda dengan MindSnacks, Memrise tak menggunakan permainan untuk pembelajarannya.

Namun, cara yang digunakan tetap mengandung unsur keasikan, kreatifitas, kelucuan yang mudah untuk diingat. Dan yang membuat aplikasi ini menarik ialah, terdapat segala pembelajaran pada Memrise, yakni didesain sendiri oleh sesama pengguna.

Dengan demikian, tentu saja, Anda dapat melihat bagaimana pengguna lainnya, dalam mempelajari kata-kata persis seperti apa yang Anda pelajari. Selain itu, terdapat juga 13 lebih halaman yang berisi tentang pembelajaran pada aplikasi.

Untuk jenisnya tentu beragam, mulai dari yang mudah seperti “English Irregular Verbs” hingga ke yang paling sulit, seperti sebuah cerita “A Tale of Two Cities” karya dari Charles Dickens. Meski demikian, semakin sering Anda mempelajari Bahasa Inggris, kesempatan untuk mengetahui ribuan kosa kata Inggris akan semakin banyak.

Apalagi terdapat juga kosa kata Bahasa Inggris dari negara Amerika Serikat yang terkenal kesulitannya. Namun jangan khawatir, sebab pembelajarannya sangat mudah dan menyenangkan, sehingga Anda tak perlu banyak waktu untuk mempelajarinya.

Aplikasi Bahasa Inggris Open Language

Aplikasi Bahasa Inggris Open Language
open language

Mengapa dikatakan sebagai Open Language? Hal ini tentu saja, aplikasi Bahasa Inggris  ini mempunyai beberapa perbedaan dalam cara belajar Bahasa Inggris. Yaps, bila Anda pernah belajar mengenai Bahasa Inggris sebelumnya, tentu Anda pernah juga mengenal skala CEFR.

Dimana skala tersebut digunakan dalam mengukur kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. Untuk skalanya, dimulai dari A1 (yakni untuk pemula) hingga C2 (untuk yang telah Mahir).

Berkaitan dengan skala tersebut, dalam setiap tingkatannya, pengguna akan menemukan pembelajaran Bahasa Inggris yang sangat berbeda dengan tujuan yang berbeda pula.

Sebagai contoh, terdapat Inggris khusus untuk bisnis, Bahasa Inggris khusus untuk presentasi, Bahasa Inggris khusus dalam percakapan sehari-hari, serta kemampuan wawancara yang baik dan benar menggunakan dalam Bahasa Inggris.

Dengan demikian, tak heran jika aplikasi Open Language ini memang sangat teratur, dimana setiap pembelajarannya pun sangat komprehensif, yakni menawarkan berbagai latihan yang mampu membuat Anda lebih pintar Bahasa Inggris dari pelajar lainnya.

Sebagai contoh, Anda nantinya akan menemui suatu percakapan, dimana dalam percakapan tersebut akan menemukan pembelajaran khusus yakni berupa kosa kata baru, serta Anda pun harus mengisi kata-kata tambahan untuk melengkapi percakapan tersebut.

Tak hanya itu saja, terdapat juga latihan untuk mengulang dari apa yang sudah dipelajari sebelumnya, sedangkan tugas interaktif juga akan menanti Anda di akhir pembelajaran.

Perlu diketahui juga, bahwa bila Anda ingin mempelajari Inggris secara detail, maka aplikasi ini juga memuat beragam materi Bahasa Inggris yang pastinya akan menjamin kepandaian Anda.

Aplikasi Bahasa Inggris Mosalingua

Aplikasi Bahasa Inggris Mosalingua
mosalingua

Satu dari sekian banyaknya aplikasi Bahasa Inggris, Mosalingua menjadi salah satu aplikasi yang mampu memberikan beragam metode pembelajaran yang efektif. Misalnya, mampu mengatasi masalah yang biasanya muncul dalam proses belajar Bahasa Inggris, yakni lupa kosa kata.

Meski hal itu memang normal, namun  aplikasi ini mampu mengatasinya. Bagaimana bisa? Mosalingua akan mencoba mengatasi masalah lupa kosa kata, yakni melalui suatu metode yang disebut dengan metode SRS.

Dimana Metode SRS atau singkatan dari Spaced Repetition Software, ini memang dirancang khusus untuk membantu para pelajar Indonesia untuk mengingat kosa kata, sebelum dilupakan pengguna.

Sebagai contoh, jika Anda lupa beberapa kata yang telah dipelajari 3 bulan lalu, maka aplikasi Bahasa Inggris ini akan mengulang kata-kata tersebut, dalam satu atau dua minggu sebelumnya. Dan yang menarik adalah, Mosalingua memfokuskan pada 1.500 kosa kata yang paling penting digunakan sehari-hari dalam Bahasa Inggris.

Dengan demikian, bila Anda masih pemula dalam belajar Inggris, maka aplikasi ini merupakan pilihan yang tepat. Yaps, diantara percakapan serta flash card yang dirancang melalui metode SRS, Mosalingua ini merupakan cara yang paling terbaik dalam membantu Anda untuk mempelajari 1.500 kosa kata pertama.

Aplikasi Bahasa Inggris Phrasalstein

Aplikasi Bahasa Inggris Phrasalstein
phrasalstein

Sedangkan aplikasi yang dirancang oleh Cambridge learning ini, memiliki keunikan tersendiri yang tak dimiliki oleh aplikasi lainnya, Yaps Phrasalstein difungsikan guna menambah pengetahuan mengenai frasa verba.

Sedangkan untuk tampilan aplikasinya, hampir sama film horor, sebab akan tersedia setidaknya 100 frasa verba yang nantinya akan diajarkan pada pengguna dengan animasi serta contoh yang menarik.

Aplikasi Bahasa Inggris Busuu

Aplikasi Bahasa Inggris Busuu
busuu

Sama seperti lainnya, aplikasi Busuu ini juga memiliki ciri khas tersendiri. Dimana jika aplikasi lain hanya berinteraksi secara pribadi saja, untuk Busuu ini Anda bisa berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Nah, percakapan tersebut sendiri, dengan pengguna Bahasa Inggris asli, sehingga Anda akan belajar dari komunikasi tersebut.

So, semakin banyak Anda melakukan percakapan maka akan semakin fasih juga berbicara Bahasa Inggris Anda. Selain demikian, meski fokus aplikasi ini adalah pada latihan kemampuan berbicara, namun sebenarnya Busuu hampir mirip dengan Open Languages.

Yakni Aplikasi Bahasa Inggris  ini didasarkan juga menggunakan skala CEFR, serta dirancang pula dengan gaya yang sama. Yaps, dalam setiap pembelajarannya memiliki percakapan, kosa kata kunci, sesi latihan menulis, bahkan pengulangan pembelajaran yang telah dilakukan.

Dengan berbagai hal yang telah tersedia tersebut, tentu Anda akan memiliki banyak kemampuan dasar Bahasa Inggris seperti berlatih membaca, berbicara menulis, serta mendengarkan hanya dengan 1 aplikasi saja.

English Grammar Ultimate

English Grammar Ultimate
english grammar ultimate

Bila saat ini Anda sedang fokus dalam memperbaiki tatanan Bahasa Inggris, tentu English Grammar Ultimate ini pilihan yang tepat. Yaps, sebab aplikasi ini mencakup hampir seluruh komponen utama yang ada di dalam tata Bahasa Inggris, meliputi direct speech, tense, serta berbagai komponen lainnya.

Tak hanya itu saja, kemampuan Anda pun tentu akan meningkat, karena bisa melihat kesalahan dari tata bahasa yang biasa ditemukan dalam keseharian. Di samping ada pelajaran secara umum, juga terdapat pembelajaran melalui membaca baragam artikel, bahkan bermain kuis melalui aplikasi ini.

Learn English Vocabulary

Learn English Vocabulary
learn english vocabulary

Berbeda dengan aplikasi Bahasa Inggris lainnya, untuk aplikasi ini memfokuskan pada kosa kata yang penting. Sehingga memang Learn English Vocabulary ini cocok untuk kelas Mahir bukan kelas pemula. Sedangkan yang menarik adalah, akan ada program terbaik agar pengguna bisa lancar Bahasa Inggris.

Hal tersebut karena memang aplikasi ini, memiliki sekitar lebih dari 6.000 kosa kata melalui gambar mengenai kosa kata, rekaman pengucapan, hingga transkripsi fonetik. Dan kosa kata yang tersedia pada aplikasi ini pun, juga telah diterjemahkan menggunakan 59 bahasa yang ada di dunia. Sangat keren dan menarik bukan?

Aplikasi Bahasa Inggris Hello English

Aplikasi Bahasa Inggris Hello English
hello english

Yaps, aplikasi yang diciptakan oleh Culture Alley education ini, memang sangat terkenal, bahkan telah diunduh oleh lebih dari 24 juta pengguna. Bagaimana tidak, dalam 1 aplikasi, Anda dapat menemukan 475 pembelajaran secara interaktif, yang bisa dimainkan secara offline.

Baca Juga: Aplikasi Video Bokeh

Melalui permainan interaktif tersebut, tentu aplikasi ini akan mudah dinikmati. Sedangkan untuk bagian yang terbaik dari aplikasi ini, ialah terdapat latihan harian serta kabar untuk terbaru. Terdapat juga, kamus yang telah berisi lebih dari 10 ribu kosa kata, sehingga sangat menguntungkan untuk para pelajar.

Aplikasi Bahasa Inggris LingBe

Aplikasi Bahasa Inggris LingBe
lingbe

Sedangkan untuk aplikasi Bahasa Inggris yang terakhir ini, direkomendasikan karena mampu mengubah Anda agar siap untuk menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana tidak, sebab pembelajarannya, akan menghubungkan pengguna secara langsung dengan pengguna lainnya dari Inggris asli, sehingga pembelajarannya akan lebih mudah.

Selain itu, LingBe juga memiliki sistem pertukaran bahasa, yakni agar dapat bercakap-cakap bersama orang tertentu melalui Bahasa Inggris, Anda perlu mulai memulainya dengan bahasa Indonesia terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasi ini secara otomatis akan menambah teman agar belajar bahasa dan budaya baru.

Mengingat Bahasa Inggris  menjadi bahasa Internasional, tentu pembelajarannya tak hanya tuntutan pelajaran di sekolah saja. Namun juga perlu dipelajari oleh masyarakat Indonesia secara luas, agar mudah berinteraksi dengan negara lainnya. Mengingat pula, bahwa sekarang banyak pekerjaan yang mengharuskan karyawannya untuk bersertifikat Bahasa Inggris baik.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.