45+ Kerajinan dari Kain Flanel yang Mudah dan Cara Membuatnya

Kerajinan dari Kain Flanel – Kain flanel merupakan jenis kain yang paling sering dijadikan kerajinan. Kerajinan dari kain flanel bukan hanya cantik namun juga bernilai ekonomis. Banyak orang yang membuat kerajinan kain flanel ini sebagai hobi dan tak sedikit pula yang menjadikannya sumber penghasilan.

Kerajinan dari kain flanel ini tidak sulit untuk dibuat dan sangat banyak macamnya. Alasannya adalah kain ini bisa dijadikan kerajinan apapun. Warnanya yang cerah dan teksturnya yang lembut serta lentur membuat kain ini mudah disulap menjadi berbagai kerajinan.

Pada artikel kali ini, akan diberikan contoh-contoh kerajinan dari kain flanel. Kerajinan yang diulas dalam artikel ini bisa dijadikan sebagai hiasan rumah atau juga sebagai souvenir untuk acara-acara spesial. Pembuatannya pun mudah sehingga semua orang pasti bisa membuatnya.


DIY Mudah Unik dari Kain Flanel

Project DIY adalah salah satu hobi masyarakat kekinian. Memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah untuk menghasilkan sesuatu sudah banyak dilakukan. Kali ini, project DIY yang akan dibahas adalah dengan memanfaatkan kain flanel. Berikut ini beberapa referensinya:

1. Pita Mungil Kain Flanel

Pita Mungil Kain Flanel

Kerajinan dari kain flanel yang pertama adalah DIY pita mungil. Selain untuk hiasan rambut, pita-pita mungil dari kain flanel beraneka warna ini bisa digunakan sebagai pemanis benda-benda lain di rumah. Misalnya ditempelkan ke box tissue, tudung saji, atau ditempelkan di kanvas kemudian dibingkai.


2. Jepit Rambut Unik

Jepit Rambut Unik

Jika memiliki anak perempuan, membuat DIY project jepit rambut dari kain flanel adalah kegiatan yang menyenangkan. Kain flanel nyatanya bisa dijadikan bahan hiasan jepit rambut bentuk klip yang cantic. Buat bentuk bunga atau bentuk yang lain dan sematkan di rambut anak perempuan.


3. Hiasan Bando Kain Flanel

Hiasan Bando Kain Flanel

Ketika si kecil butuh aksesoris unik untuk pergi ke pesta ulang tahun, maka buatkan saja bando yang dihias dengan kain flanel. Sulap kain flanel menjadi bentuk kuping kelinci yang disertai bunga-bunga pada bagian bawahnya. Atau silahkan gunakan bentuk lain sebagai hiasan bando si kecil.


4. Buket Kain Flanel

Buket Kain Flanel

Ingin punya tanaman yang longlasting? Buat sendiri saja bunga dari kain flanel kemudian tempatkan di dalam vas cantik. DIY buket ini bisa dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk bunga. Yang terpenting adalah kombinasi warna yang tepat untuk menghasilkan kreasi buket yang semakin cantik.


5. Tanaman Gantung

Tanaman Gantung

Selain buket bunga, kain flanel juga bisa dibuat menjadi kreasi tanaman gantung. DIY tanaman gantung dari kain flanel ini bisa digunakan untuk mempercantik rumah. Gantungkan di pintu masuk atau juga di teras, maka rumah akan menjadi semakin cantik.


6. Pengikat Tirai/Kelambu

Pengikat Tirai Kelambu

Sebuah tirai akan menjadi semakin cantik jika diberi pengikat yang cantik pula. DIY pengikat tirai atau kelambu dari kain flanel bisa jadi pilihan. Selain mudah dibuat, bahan kain flanel juga sangat mudah dicari. Kreasikan pengikat tirai atau kelambu ini sesuai selera dan kepribadian pemilik rumah.


7. DIY Pohon Rindang Kain Flanel

DIY Pohon Rindang Kain Flanel

Kerajinan dari kain flanel selanjutnya adalah membuat tiruan pohon rindang. DIY project yang satu ini memang butuh ketelatenan dan waktu. Namun hasilnya akan sangat sepadan. Pohon rindang ini bisa dibuat dari kain flanel berwarna hijau dan coklat. Atau mau membuat pohon ala musim gugur? Boleh juga.


8. Monstera

Monstera

Ingin punya tanaman monstera yang sedang hits itu tapi enggan rogoh kocek dalam-dalam? Buat sendiri saja tiruan daun monster aneka warna dari kain flanel. Setelah jadi, tusukkan ke dalam tanah liat yang ditempatkan di pot. Letakkan di ruang tamu atau bisa juga ruang kerja. Superb!

Baca Juga: Kerajinan Dari Limbah Organik


9. Smartphone Case

Smartphone Case

Bosan dengan smartphone case yang itu-itu saja? Buat sendiri saja case dari kain flanel. DIY project ini sangat menyenangkan karena smartphone case ini bisa dikreasikan ke berbagai bentuk. Ini adalah salah satu kerajinan dari kain flanel yang paling banyak dibuat dan sangat fungsional.


10. Dompet Koin Kaset

Dompet Koin Kaset

Dompet berbentuk kaset ini akan membawa pemiliknya kembali ke tahun-tahun dimana lagu diputar melalui kaset. Selain itu, DIY project yang satu ini sangat fungsional karena dompet ini bisa digunakan menyimpan koin. Cobalah membuat dompet kain bentuk lain dari kain flanel sesuai kreatifitas.


11. Pembatas Buku Kaktus

Pembatas Buku Kaktus

Lupa halaman terakhir dari buku yang dibaca memang menyebalkan. Apalagi jika pembatas bukunya juga membosankan dan lusuh. Nah, untuk semakin menumbuhkan minat membaca, buatlah pembatas buku cantik berbentuk kaktus dari kain flanel. Ini bisa digunakan untuk memancing si kecil suka membaca juga, lho.


12. Paper Clip Holder

Paper Clip Holder

Kertas kerja berantakan bisa membuat malas bekerja. Nah, untuk menyiasatinya bisa dengan membuat paper clip holder dari kain flanel. Paper clip holder ini membuat tampilan paper clip lebih menarik dan bisa menumbuhkan semangat kerja, lho.


13. Pengikat Earphone

Pengikat Earphone

Pusing dengan earphone yang suka berantakan. Mengikatnya dengan karet atau ikat sembarangan hanya membuatnya tambah mengenaskan. Buatlah pengikat earphone dari kain flanel yang ditambahkan dengan kancing. Earphone jadi rapi kembali.


14. Name Tag

Name Tag

Name tag dari kain flanel bisa digunakan untuk mempercantik pintu kamar anak. Gunakan kain flanel warna warni dan juga berikan tambahan bentuk-bentuk karakter sesuai kegemaran anak. Bisa juga untuk ditempel di dinding kamar, lho.


15. Book Cover

Book Cover

Buku-buku tulis atau agenda bisa jadi semakin menarik ketika diberi book cover dari kain flanel. Berikan kreasi terbaik sesuai karakter atau hobby pemilik buku. Book cover ini juga bisa diberikan kepada teman sebagai hadiah, lho.

Baca Juga: Kerajinan Dari Kayu Bekas


Souvenir Kerajinan dari Kain Flanel

Seperti telah disinggung di atas bahwa kain flanel memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Kain flanel bisa diubah menjadi souvenir cantik segala bentuk. Souvenir ini bisa digunakan untuk diberikan kepada tamu di acara pernikahan, ulang tahun, gathering, dan juga acara-acara lain. Bisnis souvenir dari kain flanel ini juga bisa dengan mudah dipasarkan melalui media sosial dan internet.

1. Bantalan Jarum Pentul Bentuk Mug

Bantalan Jarum Pentul Bentuk Mug

Salah satu kerajinan kain flanel yang bisa dijadikan untuk souvenir adalah bantalan jarum pentul. Pembuatannya cukup mudah dan mudah karena hanya membutuhkan kain flanel, busa dakron atau kain perca, dan juga benang jahit. Bentuk mug bisa dikreasikan sesuai kebutuhan dan kreatifitas.


2. Pouch Kacamata

Pouch Kacamata

Pouch kacamata juga salah satu kerajinan kain flanel yang sering digunakan sebagai souvenir. Selain karena pembuatannya mudah, kerajinan jenis ini juga tidak membutuhkan banyak kain. Sehingga, ongkos produksi menjadi semakin murah namun hasilnya maksimal.


3. Pouch Kartu/Koin

Pouch Kartu Koin

Souvenir lain hasil dari kain flanel adalah pouch untuk kartu atau koin berbentuk saku baju. Kombinasikan dengan potongan kain perca dan beberapa ornament seperti kancing. Hasilnya sungguh menawan dan cocok dijadikan souvenir karena praktis dan mudah untuk dibawa-bawa.


4. Hanging Pouch

Hanging Pouch

Hanging pouch juga merupakan ide souvenir dari kain flanel yang bisa dicoba dipasarkan. Hanging pouch ini sangat bermanfaat untuk digunakan menyimpan barang-barang kecil. Kombinasikan dengan kain perca serta ornament lain agar hanging pouch semakin menarik.


5. Tissue Box

Tissue Box

Tissue box adalah souvenir dari kain flanel yang paling banyak dibuat dan dipasarkan. Agar berbeda dari yang lain, usahakan membuat tissue box yang unik tanpa mengesampingkan estetikanya. Kombinasikan warna yang serasi. Jangan ragu untuk menjadikan tissue box dari kain flanel sebagai pilihan produk souvenir.


6. Pencil Holder

Pencil Holder

Souvenir ulang tahun anak bisa menggunakan kerajinan dari kain flanel. Salah satunya adalah pencil holder. Bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari karakter hewan, anak berhijab, bunga, atau juga model-model superhero. Pembuatannya mudah dan ekonomis.


7. Handbag

Handbag

Kain flanel juga bisa dikreasikan menjadi handbag yang trendi dan modis. Handbag ini sangat cocok dijadikan souvenir yang berkesan untuk acara-acara seperti pernikahan, baby shower, atau juga ulang tahun perusahaan. Tambahkan tulisan atau logo jika diperlukan.


8. Monster Tissue Pouch

Monster Tissue Pouch

Tissue pouch berbentuk monster atau karakter beruang juga bisa dijadikan pilihan souvenir. Souvenir ini sangat mudah untuk dibuat dan dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk. Selain itu, souvenir ini mudah dikirimkan atau dikemas karena bentuknya yang tipis. Sangat efisien, bukan?


9. Pouch Serut

Pouch Serut

Kreasi lain dari kain flanel untuk souvenir adalah pouch serut. Kerajinan yang satu ini cocok digunakan sebagai souvenir untuk acara-acara seperti arisan, selamatan, atau juga pernikahan. Supaya lebih menarik, bisa ditambahkan bahan lain seperti kain perca, mata mainan, dan juga kancing.

Baca Juga: Kerajinan Dari Koran


10. Pot Kaktus Tiruan

Pot Kaktus Tiruan

Souvenir unik dari kain flanel ini akan sangat menarik jika diberikan kepada tamu-tamu pada acara spesial. Tempatkan di dalam kain tile sebagai pembungkus, maka souvenir berupa pot kaktus tiruan ini akan tampak semakin cantik. Nilai ekonomisnya pun akan semakin tinggi.


11. Boneka Pengantin

Boneka Pengantin

Boneka pengantin sering digunakan sebagai hadiah bagi pasangan yang baru menikah. Memang dibutuhkan kreatifitas dan peralatan yang cukup lengkap untuk bisa membuatnya. Namun, peluang bisnisnya sangat baik dan bisa ditekuni sebagai usaha. Baik sebagai usaha sampingan atau utama.


12. Boneka Wisuda

Boneka Wisuda

Selain boneka pengantin, membuat boneka wisuda juga bisa dilakukan dari kain flanel. Setiap tahun bisnis ini selalu kebanjiran order mendekati musim-musim wisuda. Walaupun tergolong bisnis musiman, namun nilai ekonomisnya cukup tinggi.


13. Gantungan Kunci

Gantungan Kunci

Ini adalah jenis souvenir dari kain flanel yang paling banyak dibeli orang selain tissue box dan tissue pouch. Bentuk dari gantungan kunci ini bisa bermacam-macam sesuai dengan kreatifitas pembuatnya. Bahan baku pembuatannya hanyalah kain flanel, busa dakron, dan juga benang.


14. Bantal Imut

Bantal Imut

Kain flanel juga bisa dibuat menjadi bantal-bantal imut. Bantal ini bisa dijadikan souvenir ketika acara ulang tahun anak atau pada acara baby shower. Kombinasikan dengan kain perca atau katun jepang berwarna cerah, dan gunakan pola-pola yang menyerupai hewan atau karakter unik lainnya.


15. Bingkai Foto

Bingkai Foto

Membuat bingkai foto dari kain flanel bisa dikombinasikan dengan stik es krim atau juga potongan kayu bingkai. Ini bisa dijadikan souvenir acara pernikahan dan juga untuk diberikan kepada sahabat sebagai hadiah. Pembuatannya mudah dan tidak memerlukan banyak bahan.


Kerajinan Kain Flanel Bentuk-Bentuk Unik

Kain flanel sangat mudah disulap menjadi bentuk-bentuk unik. Bentuk-bentuk ini bisa digunakan untuk mempercantik barang-barang yang ada di rumah. Bisa juga dikreasikan menjadi sesuatu yang baru dan bernilai. Berikut ini beberapa referensi bentuk-bentuk unik dari kain flanel.

1. Potongan Jeruk

Potongan Jeruk

Potongan buah jeruk bisa dibuat dari kain flanel, lho. Bentuknya bisa bulat seperti ketika jeruk lemon dipotong bulat. Atau berbentuk bulan sabit ketika buah jeruk dilepaskan satu per satu. Setelah jadi, bisa digunakan sebagai alas gelas di meja makan. Hmmm, segar!


2. Biskuit

Biskuit

Biskuit tiruan bisa dibuat dari kain flanel juga. Buatlah biscuit coklat lengkap dengan isian krim vanillanya dari kain flanel berwarna coklat muda, coklat tua, dan juga putih. Potong dengan pola yang menyerupai biskuit coklat kesukaan. Setelah jadi, tempatkan dalam toples lalu gunakan sebagai penghias rumah.


3. Cupcakes

Cupcakes

Kumpulan cupcakes tiruan dari kain flanel bisa diberikan kepada sahabat atau saudara yang berulang tahun, lho. Cobalah membuat cupcakes kecil dari kain flanel aneka warna, dan buat menyerupai cupcakes yang lezat.


4. Aneka Sayur

Aneka Sayur

Butuh hiasan untuk dapur? Buat saja tiruan aneka sayur dari kain flanel. Bahkan bisa juga membuat keranjang atau kotak tempat penyimpanan sayurnya. Kain flanel bisa disulap menjadi bentuk selada, wortel, tomat, dan aneka sayur lainnya.


5. Produk-Produk di Supermarket

Produk Produk Di Supermarket

Dengan sedikit kreativitas dan keajaiban, kain flanel bisa diubah menjadi tiruan produk-produk di supermarket, lho. Misalnya seperti minuman kaleng, makanan kaleng, dan juga aneka macam saus. Sayur mayur yang ada di supermarket juga bisa dibuat dari kain flanel ini.


6. Apple Pie

Apple Pie

Apple pie dari kain flanel bisa dihadiahkan kepada anak perempuan yang sedang berulang tahun. Ini akan menambah daya imajinasinya ketika bermain masak-masakan. Dijadikan sebagai hiasan rumah di bagian dapur atau ruang makan juga bisa, lho.


7. Kue Jahe

Kue Jahe

Natal tiba dan butuh aksesoris tambahan? Buat saja kue jahe dari kain flanel ini. Jika ingin kue jahe tampak lebih berisi, bisa dibuat dengan mengisinya memakai busa dakron. Setelah jadi tempatkan di toples atau piring. Jangan lupa difoto kemudian diunggah ke medsos, ya.


8. Coffee Cup

Coffee Cup

Hobby ngopi dan mengoleksi segala hal berbau kopi? Mengapa tidak coba buat sendiri saja. Gunakan kain flanel untuk membuat coffee cup beserta pelengkapnya. Kerajinan dari kain flanel berbentuk coffee cup ini bisa diletakkan di mobil, meja kerja, dan juga coffee bar.


9. Teh Celup

Teh Celup

Celup celup, eh, kok tidak ada tehnya? Serunya pura-pura bermain pesta minum teh bersama si kecil. Apalagi teh celupnya hasil kreasi sendiri yang dibuat dari kain flanel. Ya, kain flanel bisa disulap menjadi teh celup tiruan yang bisa dipakai bermain bersama si kecil.


10. Sandwich

Sandwich

Bentuk unik lainnya dari kain flanel adalah sandwich. Dibuat dari kain flanel aneka warna, sandwich tiruan ini tampak lezat. Jika kebetulan sedang butuh dekorasi untuk ruang makan, café, atau restoran, maka bentuk sandwich ini bisa jadi pilihan.

Kain flanel sebagai kain yang paling banyak digunakan sebagai bahan baku craft atau kerajinan bisa disulap menjadi apapun. Untuk pemula, bisa mencoba membuat kerajinan dengan pola atau bentuk yang sederhana dulu. Membuat bentuk kue jahe, irisan jeruk, atau pouch kecil adalah yang disarankan untuk pemula.

Semoga kerajinan dari kain flanel yang diulas dalam artikel ini bisa membantu ketika sedang butuh referensi souvenir dan aksesoris. Perbanyak referensi dan sering-seringlah berlatih membuat kerajinan ini, maka semakin lama akan bisa menghasilkan bentuk yang rumit dan bernilai seni.

Kerajinan dari Kain Flanel

Tinggalkan komentar