15 Manfaat Daun Bidara yang Harus Anda Ketahui

Manfaat daun Bidara – Siapa sih  yang belum pernah mendengar kata bidara? Tentu Anda pernah mendengarnya bukan? Sebenarnya, tanaman bidara adalah salah satu tanaman yang bisa menghasilkan buah dan biasanya tumbuh di tempat yang kering. Tanaman yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dalam hidup Anda.

Selain itu, buah dari pohon bidara ini juga bisa dikonsumsi oleh manusia lho. Pohon bidara bisa tumbuh dengan ketinggiannya mencapai 15 meter. Dilengkapi dengan ranting dan cabang yang sangat banyak serta berduri. Bentuk daun bidara ini adalah oval dan memiliki permukaan yang halus.

Di beberapa daerah, pohon yang satu ini biasanya tumbuh secara liar. Ada beberapa orang di berbagai daerah yang tidak mengenali tanaman ini, sehingga tanaman ini pun dibabat habis.

Namun karena pohon bidara mudah sekali tumbuh di tempat kering, meski sudah dibabat habis, pohon ini bisa tetap tumbuh lagi melalui tunas ataupun bijinya yang berjatuhan.

Perlu Anda ketahui bahwa selain memiliki banyak manfaat, pohon bidara ini juga seringkali disebut dalam al-quran dan hadis nabi.

Hal tersebut mencerminkan bahwa pohon ini sudah terjamin memiliki khasiat untuk semua orang. Nah, untuk lebih jelas lagi Anda bisa simak dibawah ini mengenai beberapa ulasan lengkap tanaman bidara.

Kedudukan Pohon dan Daun Bidara Dalam Islam

Pohon Bidara Sering Kali Disebutkan Dalam Al-Quran

Pohon Bidara Sering Kali Disebutkan Dalam Al Quran
pixabay.com

Jika Anda orang muslim dan sering membaca Al-Quran. Didalamnya terdapat beberapa ayat yang menyebutkan mengenai tanaman yang satu ini. Salah satunya terdapat pada Q.S Al-Waqiah ayat 27-28. Yang artinya adalah dan golongan kanan alangkah bahagianya golongan kanan itu.

Berada diantara pohon bidara yang tidak berduri. Nah makna dari arti lafal tersebut yaitu golongan kanan merupakan golongan yang paling bahagia karena golongan tersebut akan masuk surga. Kemudian di dalam surga mereka para golongan kanan akan  berada diantara pohon bidara yang tidak berduri.

Para ulama tafsir menjelaskan bahwa pohon bidara yang tidak berduri tersebut ialah pohon yang sudah dipotong durinya.

Pohon Bidara Sering Disebutkan dalam Hadis Nabi

Pohon Bidara Sering Disebutkan Dalam Hadis Nabi

Nah, untuk Anda yang suka membaca hadis nabi tentu pernah mendengar mengenai tanaman bidara di salah satu hadisnya. Ada beberapa hadis yang menjelaskan mengenai pohon bidara. Diantaranya sebagai berikut.

  • Hadis dari Qaish bin ‘Ashim radiallahu’anhu

أَنَّهُ أَسْلَمَ فَأَمَرَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَغْتَسِلَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ

 

Yang artinya: Sesungguhnya beliau masuk islam, kemudian  Nabi SAW memerintahkannya mandi dengan air dan daun bidara. Hadis tersebut diriwayatkan oleh An-Nasai No. 188, At-Tirmidzi No. 605, Ahmad 5/61. Dalam hadis tersebut Syekh Al-Albani mengatakan bahwa hadis ini sahih.

  • Muslim

Hadis ini menjelaskan tentang penggunaan daun bidara untuk mandi haid.

تَأْخُذُ إِحْدَاكُنَّ مَاءَهَا وَسِدْرَهَا فَتَطَهَّرُ فَتُحْسِنُ الطُّهُوْرَ ثُمَّ تَصُبُّ عَلَى رَأْسِهَا فَتُدْلِكُهُ دَلْكًا شَدِيْدًا حَتَى يَبْلُغَ شُؤُوْنَ رَأْسِهَا ثُمَّ تَصُبُّ عَلَيْهَا الْمَاءَ ثُمَّ تَأْخُذُ فِرْصَةً مُمَسَّكَةً فَتَطَهَّرُ بِهَا. فَقَالَتْ أَسْمَاءُ : وَكَيْفَ أَتَطَهَّرُ بِهَا ؟ فَقَالَ : سُبْحَانَ الله تَطَهَّرِيْنَ بِهَا. فَقَالَتْ عَائِشَةُ : كَأَنَّهَا تَخْفَى ذَلِكَ تَتَبَّعِيْنَ أَثَرَ الدَّمِ.

Yang artinya: Hendaklah salah seorang diantara kalian mengambil air dan daun bidara kemudian bersuci dengan sempurna, kemudian menyiram kepalanya dan menyelanya dengan keras sampai ke dasar rambutnya, kemudian menyiram kepalanya dengan air. Kemudian mengambil sepotong kain (atau yang semisalnya) yang telah diberi wewangian kemudian dia bersuci menggunakannya. Kemudian Asma’ bertanya lagi: “Bagaimana saya bersuci dengannya?” Nabi menjawab : “ Subhanallah bersuci dengannya”. Aisyah berkata: seakan-akan ‘Asma tidak paham dengan yang demikian, maka ikutilah (cucilah) bekas-bekas darah (kemaluan).

  • Bukhari dan Muslim

Hadis ini menjelaskan tentang perintah Nabi kepada Ummu ‘Atiyah dan kepada seluruh wanita. Bahwa setelah melayat harus memandikan anak-anaknya.

اغْسِلْنَهَا ثَلاَثًا أَوْ خَمْسًا أَوْ أَكْثَرَ مَنْ ذَلِكَ إِنْ رَأَيْتُنَّ ذَلِكَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ

Yang artinya: mandikanlah dengan menggunakan air yang dicampur dengan daun  bidara tiga kali, lima kali, atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhir dengan kapur barus (wewangian). (HR. Bukhori Nomor 1253 dan HR. Muslim Nomor. 939).

Berbagai Manfaat Daun Bidara

Berbagai Manfaat Daun Bidara
doktersehat.com

Untuk Memandikan Jenazah

Untuk Memandikan Jenazah
rumaysho.com

Nah, sebagai umat muslim semua kegiatan dan tingkah laku Anda sehari-hari sudah diatur oleh Allah swt. Semua itu diatur mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Bahkan untuk memandikan jenazah pun sudah ada aturannya tersendiri.

Dalam hadis yang sudah disebutkan di atas, ketika akan memandikan jenazah dianjurkan untuk menggunakan daun bidara yang sudah dicampur dengan air bersih. Mengapa harus dianjurkan untuk menggunakan daun bidara saat memandikan jenazah?

Ha tersebut dikarenakan dalam daun bidara terkandung beberapa zat alami yang fungsinya sama seperti sabun yaitu membersihkan kotoran pada tubuh. Cara menggunakan daun bidara ini sangat mudah. Hanya dengan meremasnya dan dicampur dengan air bersih, daun bidara akan menghasilkan banyak busa. Nah, busa inilah yang bisa digunakan untuk memandikan jenazah.

Membersihkan Rumah Angker dari Gangguan Jin dan Setan

Membersihkan Rumah Angker Dari Gangguan Jin Dan Setan
news.okezone.com

Masalah yang saat ini banyak terjadi adalah gangguan jin dan setan pada beberapa rumah yang sudah lama tidak dihuni. Yang biasa disebut dengan rumah angker. Banyak sekali orang yang tidak berani untuk mengunjungi rumah tersebut karena berbagai hal seperti takut dengan makhluk ghaib dan lain-lain.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa membacakan surat Al-Baqarah secara utuh satu surat. Selain itu, Anda juga bisa memberikan air yang sudah dicampur dengan daun bidara dan sudah dibacakan surat-surat Ruqiyah ataupun surat Al-Baqarah.

Air bidara tersebut kemudian dipercikan atau disemprotkan pada setiap sudut rumah yang dirasa memiliki banyak kejadian aneh. Hal ini bisa dilakukan secara rutin sampai hal aneh tersebut hilang.

Mengobati Gangguan Sihir dan Jin

Mengobati Gangguan Sihir Dan Jin
bimbinganislam.com

Saat ini banyak sekali kasus-kasus aneh yang terjadi di lingkungan masyarakat yang disebabkan oleh dukun atau ahli sihir. Kasus tersebut seperti kesurupan, tiba-tiba sakit namun menurut penelitian medis baik-baik saja dan lain-lain. Dalam mengatasi masalah yang satu ini, Anda bisa menggunakan daun bidara.

Sebab, dengan menggunakan daun bidara ini semua masalah yang ditimbulkan oleh dukun atau semacamnya dipercaya akan hilang. Cara menggunakan daun bidara untuk menyembuhkan orang yang sedang di guna-guna oleh dukun adalah dengan menumbuk 7 daun bidara.

Kemudian larutkan semua daun bidara yang sudah halus tersebut ke dalam air bersih. Setelah itu bacakan air larutan bidara dengan ayat kursi, Al-Kafirun, Al-Falaq, Al-Ikhlas dan An-Nas. Setelah dibacakan ayat tersebut, air larutan bidara bisa langsung diminum. Sisa air yang sudah diminum tadi bisa digunakan untuk mandi.

Insyaallah penyakit yang berasal dari dukun, sihir dan gangguan jin akan hilang. Metode pengobatan dengan menggunakan daun bidara ini juga sudah dianjurkan oleh salah satu tabi’in yang ahli dalam bidang kedokteran pada saat itu. Beliau bernama Wahb bin Munabih.

Gangguan Akut

Gangguan Akut
pixabay.com

Jika ada orang yang terkena gangguan jin atau sihir yang sudah parah atau yang sering dibilang sudah akut. Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah berharap kepada sang pencipta agar segera diberi kesembuhan.

Selain itu, dengan ini juga Anda harus melakukan ikhtiar seperti berobat dan lain-lain. Jika pengobatan secara medis tidak bisa. Anda bisa melakukan pengobatan tradisional dengan menggunakan tanaman bidara khususnya bagian daunnya.

Hal ini dipercaya bisa mengobati gangguan yang terjadi akibat sihir akut. Sebab, metode seperti ini sudah dijelaskan oleh seorang ulama terkenal dari arab yang bernama Dr. Said bin Ali bin Wahf AL-Qahtani Rahimahullah, dalam bukunya yang berjudul Ad-Du’a Wa Yalihi Al-Ilaj bi Ar-Ruqo pada halaman 35.

Nah, cara menggunakan daun bidara tersebut sangat mudah. Hanya dengan menghaluskan daun bidara kemudian campurkan pada air. Setelah itu larutan daun bidara dibacakan ayat-ayat Al-Quran seperti:

  • Membaca Ta’awudz
  • Ayat kursi
  • S Taha ayat 65-70
  • S Yunus ayat 79-82
  • S Al-A’raf ayat 117-122
  • S Al-Kafirun, Al-Ikhlas, An-Nas dan Al-Falaq.

Setelah dibacakan beberapa ayat seperti yang sudah tertulis di atas. Larutan daun bidara bisa diminum. Sisa air tersebut dapat digunakan untuk mandi. Kemudian lakukan hal ini secara rutin sampai efek dari pengaruh sihir hilang total.

Mandi Setelah Haid

Mandi Setelah Haid
www.wajibabaca.com

Penjelasan secara sederhana mengenai haid ialah keluarnya darah kotor melalui vagina sebagai siklus bulanan, yang dialami oleh wanita remaja hingga sebelum masa manopause.

Nah, biasanya yang menjadi permasalahan pada wanita yang sedang haid adalah bau yang menyengat dan tidak sedap. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan larutan air daun bidara.

Setelah masa haid usai dianjurkan untuk para wanita agar mandi besar. Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh salah satu hadis Nabi. Yang menganjurkan untuk setiap wanita setelah selesai masa haid harus mandi besar dengan menggunakan larutan air bidara, dan bersihkan kemaluan dengan larutan air bidara tersebut.

Mengatasi Jerawat

Mengatasi Jerawat
www.dokter.id

Siapa sih yang tidak kesal apabila di area wajahnya muncul beberapa jerawat? Apalagi untuk Anda para kaum hawa yang sangat memperhatikan sekali penampilannya. Jerawat yang tumbuh di area wajah akan membuat Anda tidak percaya diri.

Nah, kini Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah tersebut karena, jerawat bisa disembuhkan atau dihilangkan dengan menggunakan daun bidara. Seperti yang sudah diketahui. bahwa tanaman bidara memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah untuk menghilangkan jerawat.

Cara menggunakan daun bidara untuk menghilangkan jerawat atau permasalahan kulit yang lain sangat mudah. Caranya adalah dengan menggunakan daun bidara sebagai masker kemudian lakukan secara rutin. Setelah itu jerawat pun akan hilang sepenuhnya.

Mencegah Tumor dan Kanker

Mencegah Tumor Dan Kanker
manfaat daun bidara

Penyakit yang sangat menakutkan bagi manusia adalah kanker dan tumor. Kedua penyakit ini bisa mengakibatkan kematian pada penderitanya. Tumor dan kanker merupakan penyakit yang saling berhubungan.

Ketika tumor jinak tidak tertangani maka lama kelamaan tumor tersebut akan menjadi tumor ganas atau yang biasa disebut dengan kanker. Untuk mengatasi permasalahan tersebut bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi daun bidara secara rutin.

Dengan demikian, sel-sel kanker atau tumor yang ada pada tubuh akan cepat hilang bahkan bisa sembuh total. Tanaman yang sudah tidak diragukan khasiatnya ini bisa membantu beberapa masalah yang terjadi pada kehidupan Anda.

Seperti menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah kanker. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi daun bidara sebagai alternatif pengobatan penyakit.

Mencegah Diabetes

Mencegah Diabetes
manfaat daun bidara

Penyakit yang saat ini kerap muncul di masyarakat adalah diabetes. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Tidak pandang sia dan tidak pandang jenis kelamin. Baik itu pria atau wanita semua orang bisa terkena penyakit yang satu ini. Nah, bagi Anda yang memiliki keluarga ataupun tetangga yang mengidap penyakit diabetes.

Kini ada alternatif penyembuhan secara tradisional dengan menggunakan daun bidara. Caranya hanya dengan mengkonsumsi ramuan daun bidara secara rutin. Kadar gula darah yang terdapat pada tubuh pun akan berkurang drastis. Namun bukan hanya meminum ramuan saja.

Akan tetapi harus diiringi dengan berdoa kepada Allah. Sebab, yang maha menyembuhkan segala penyakit adalah Allah swt.

Memperkuat Rambut

Memperkuat Rambut
manfaat daun bidara

Rambut bisa di ibaratkan sebagai mahkota untuk wanita maupun pria. Namun, apa jadinya jika Anda mengalami rambut rontok? Tentu hal ini akan membuat sebagian orang terutama kaum hawa  menjadi tidak percaya diri. Selain itu, rambut rontok yang berkepanjangan dan tidak segera ditangani bisa berujung kebotakan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut Anda bisa menggunakan larutan air daun bidara. Cara menggunakannya hanya dengan membasuhkan larutan air tersebut ke rambut hingga akar-akarnya. Kemudian lakukan secara rutin agar rambut Anda kuat dan kokoh. Dengan demikian rambut rontok pun tidak akan terjadi lagi.

Menggunakan daun bidara untuk keramas sudah dianjurkan oleh salah satu hadis Nabi, sehingga Anda yang akan menggunakan larutan air daun bidara untuk mengatasi rambut rontok sudah tidak perlu ragu lagi.

Bisa Meningkatkan Nafsu Makan Pada Anak

Bisa Meningkatkan Nafsu Makan Pada Anak
manfaat daun bidara

Kurangnya nafsu makan pada anak akan menimbulkan beberapa gangguan pertumbuhan. Seperti kurang aktif dalam berinteraksi, sering sakit dan lain-lain. Tidak hanya dialami oleh anak kecil, kurangnya nafsu makan juga bisa dialami oleh remaja dan orang dewasa.

Nah, kini Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan daun bidara. Jika Anda sulit menemukan daun bidara yang fresh, bisa menggunakan kapsul yang dijual di beberapa apotek terdekat. Kapsul atau pil yang mengandung ekstrak bidara akan membantu memulihkan nafsu makan Anda.

Pakan Hewan Ternak

Pakan Hewan Ternak
pixabay.com

Banyaknya manfaat daun bidara yang terkandung di dalamnya bisa membuat semua masalah teratasi.  Mulai dari penyakit mematikan, gangguan sihir, jin dan lain-lain. Selain itu, daun bidara juga bisa digunakan sebagai pakan hewan ternak.

Dengan adanya kandungan baik yang terdapat dalam daun bidara. Hal ini bisa membuat hewan ternak memiliki nafsu makan yang lebih baik serta dapat memberikan kekebalan tubuh yang kuat. Jika semua itu bisa diperoleh maka kualitas hewan ternak akan meningkat.

Dan harga jual pun akan naik, sehingga Anda akan mendapat keuntungan yang lebih besar saat memasarkan hewan tersebut.

Membantu Menyembuhkan Depresi

Membantu Menyembuhkan Depresi
Membantu Menyembuhkan Depresi

Pada era modern seperti saat ini, depresi menjadi hal yang paling sering dialami oleh sebagian orang.  Entah itu karena tuntutan pekerjaan yang banyak atau karena masalah lain yang telah menimpanya. Oleh karena itu, gejala depresi yang timbul pada tubuh seseorang harus segera ditangani.

Jika tidak, maka akan menimbulkan beberapa penyakit dan gangguan seperti gangguan mental dan lain-lain. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengkonsumsi ramuan  bidara. Pasti banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa harus mengkonsumsi ramuan bidara?

Karena tanaman bidara ini mengandung zat yang mampu membuat sistem saraf pada manusia lebih rileks dan tenang serta bisa memperlancar peredaran darah.

Oleh karena itu, pikiran dan tubuh Anda akan kembali stabil dan menjadi lebih tenang. Setelah tubuh sudah merasa tenang depresi yang dialami pun berangsur-angsur akan mulai membaik.

Mempercantik Wajah

Mempercantik Wajah
www.merdeka.com

Untuk Anda para kaum hawa memiliki wajah yang cantik merupakan prioritas utama. Bukan hanya terlihat cantik saja namun kulit wajah juga harus selalu sehat dan terawat. Hal ini ditujukan agar wajah enak dipandang dan lebih percaya diri.

Nah, untuk membuat wajah menjadi lebih bersih, mulus dan terawat. Anda bisa menggunakan daun bidara sebagai masker sehari-hari. Dengan menggunakannya secara rutin wajah sehat yang Anda inginkan akan terwujud. Luar biasa sekali bukan manfaat daun bidara ini.

Mengatasi Haid Tidak Lancar

Mengatasi Haid Tidak Lancar
www.ruangmuslimah.co

Bagi wanita yang sudah baligh, haid merupakan siklus yang selalu terjadi secara rutin. Namun, apa jadinya jika Anda mengalami haid tidak lancar? Dalam masalah haid tidak semua wanita memiliki siklus yang normal. Ada beberapa orang yang mengalami siklus tidak normal atau tidak teratur.

Padahal siklus haid ini merupakan hal terpenting bagi wanita. Baik itu secara kesehatan ataupun kesuburan. Jika Anda mengalami permasalahan dalam siklus haid, kini bisa ditangani dengan menggunakan ramuan herbal yang berbahan dasar daun bidara.

Nah, dengan manfaat daun bidara ini semua permasalahan yang terjadi akan segera terselesaikan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi jika mengalami hal tersebut.

Menyembuhkan Luka

Menyembuhkan Luka
www.tokoina.com

Manfaat daun bidara lainnya juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka. Baik itu luka bakar, luka terkena benda tajam dan lain-lain. Cara menggunakannya yaitu dengan membalut daun bidara dengan seutas kain atau sejenisnya pada bagian yang terluka.

Kemudian tunggu hingga beberapa saat. Setelah darah tidak keluar lagi, Anda bisa menggunakan plaster untuk menutup luka tersebut. Pasti ada beberapa orang yang bertanya, mengapa daun bidara bisa menyembuhkan luka?

sebab dalam daun bidara mengandung zat yang bisa membantu menghentikan pendarahan yang terjadi akibat luka, sehingga dengan menggunakan daun tersebut, luka yang dialami pun akan cepat mengering dan segera sembuh.

Tanaman bidara merupakan salah satu tanaman serbaguna yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Mulai dari menangkal penyakit, sihir dan lain-lain. Dengan menggunakan daun bidara ini semua permasalahan yang Anda alami bisa cepat terselesaikan.

Semoga informasi tentang manfaat daun bidara berguna untuk Anda yang sedang membutuhkan pengobatan khusus. Untuk membuat kehidupan lebih nyaman Anda bisa melakukan beberapa perawatan menggunakan daun bidara seperti yang sudah tertulis di atas. Selamat mencoba dan jangan lupa diiringi dengan doa!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: