5+ Contoh Artikel : Pendidikan, Ilmiah yang Baik dan Strukturnya

Contoh Artikelebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah pernah melihat dan membaca sebuah artikel. Namun banyak pula masyarakat yang belum paham tentang apa itu artikel. Jadi artikel merupakan sebuah tulisan yang didalamnya berisi informasi, pendapat, ide dan fakta.

Siapa saja bisa menulis sebuah artikel, karena menulis artikel merupakan sebuah hal yang mudah. Bagi yang ingin tahu lebih dalam lagi tentang artikel dan ingin mencoba menulis artikel, berikut adalah beberapa penjelasan tentang pengertian dan contoh artikel.


Pengertian Artikel

Pengertian Artikel

Mungkin saat ini masih banyak masyarakat yang belum paham tentang pengertian dari artikel. Pengertian artikel adalah sebuah kerangka tulisan yang bersifat aktual dan dibuat untuk dipublikasikan dengan tujuan untuk menyampaikan sebuah gagasan dan fakta, dimana gagasan dan fakta tersebut dapat menghibur dan mendidik para pembaca.

Artikel juga dapat didefinisikan sebagai sebuah karangan yang nantinya dipublikasikan melalui berbagai macam media seperti majalah, koran, buletin ataupun melalui media online. Tujuan dari adanya artikel ini adalah untuk bias membuat si pembaca merasakan dan hanyut dalam topik permasalahan yang ada di dalam artikel.

Selain itu, tujuan lain dari adanya artikel adalah untuk mendorong si pembaca melakukan sebuah pekerjaan atau kegiatan yang ada dalam artikel. Untuk dapat menulis sebuah artikel dengan baik dan benar, seorang penulis harus memenuhi standard kriteria kepenulisan artikel yaitu judul artikel, pembuka, isi artikel, penjelasan, kesimpulan dari artikel itu sendiri dan penutup artikel.

Sebelum memulai untuk menulis artikel, alangkah baiknya untuk membaca contoh-contoh artikel terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan, seseorang akan lebih memahami tentang artikel dan akan lebih mudah dalam menulis artikel. .

Baca Juga: Contoh Skripsi


Contoh-Contoh Artikel

Contoh Contoh Artikel

Sekarang ini sudah banyak artikel yang telah dipublikasikan, jadi masyarakat dapat dengan bebas dalam membaca sebuah artikel. Agar dapat mengenal lebih dalam lagi tentang artikel, berikut adalah beberapa contoh-contoh artikel yang menarik dan bias untuk dipelajari

A. Contoh Artikel Kesehatan

Artikel kesehatan adalah sebuah karangan yang didalamnya terdapat ulasan-ulasan atau informasi tentang kesehatan. Biasanya artikel kesehatan berisi tentang cara-cara hidup sehat, tips-tips kesehatan, penjelasan tentang berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh artikel kesehatan yang menarik dan bermanfaat bagi tubuh

 

Cara Merawat Tubuh Agar Tetap Segar, Sehat Dan Terhindar Dari Penyakit

Bagi seseorang yang mempunyai aktivitas atau kegiatan yang cukup padat, alangkah baiknya untuk tetap menjaga daya tahan tubuh. Hal tersebut dikarenakan, jika daya tahan tubuh tidak terjaga, maka nantinya akan banyak penyakit yang akan datang dan menyerang tubuh. Alhasil tubuh akan menjadi mudah terserang penyakit. Bagi yang ingin memiliki tubuh yang segar, sehat dan terhindar dari penyakit, berikut adalah beberapa penjelasan tentang cara-cara merawat tubuh agar tetap sehat, segar dan terhindar dari berbagai macam penyakit

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Perlu diketahui bahwa air putih tidak hanya dapat menghilangkan haus saja, namun air putih ternyata dapat untuk menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh. Perbanyak minum air putih juga dapat menyeimbangkan cairan yang ada dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa seseorang yang kekurangan cairan akan mengakibatkan tubuh menjadi gagal fokus saat melakukan aktivitas sehari-hari.

  1. Olahraga Rutin

Karena keterbatasan waktu, banyak orang yang tidak dapat melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Padahal olahraga merupakan salah satu hal paling penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Selain dapat menjaga kesehatan tubuh, ternyata olahraga juga dapat membentuk tubuh menjadi lebih ideal.

Bagi masyarakat yang sibuk dan tidak sempat olahraga, alangkah baiknya melakukan olahraga yang tidak banyak memakan waktu seperti olahraga push-up, pull-up dan sit-up. Olahraga push-up, pull-up dan sit-up merupakan jenis olahraga yang tidak memakan banyak waktu. Selain itu, olahraga tersebut juga sangat ampuh dalam hal pembakaran lemak.

  1. Istirahat Teratur

Bagi seseorang yang ingin memiliki tubuh yang sehat dan segar, maka sebaiknya hindari begadang di malam hari. Perlu diketahui bahwa begadang dapat mengakibatkan wajah menjadi pucat, lingkaran hitam di bawah mata, sulit berkonsentrasi dan sering mengalami pusing. Agar terhindar dari itu semua, maka alangkah baiknya untuk tidak begadang di malam hari. Jadi mulai dari sekarang istirahatlah yang cukup dan jangan begadang.

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Biasakanlah untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan alami agar tubuh tetap sehat dan segar. Mulai dari sekarang hindarilah mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food. Perlu diketahui bahwa makanan cepat saji merupakan makanan yang banyak mengandung zat-zat yang tidak baik untuk tubuh.

Jika terus-terusan mengonsumsi junk food, maka zat-zat tidak baik tersebut akan terus menumpuk dalam tubuh dan mengakibatkan timbulnya penyakit. Maka dari itu mulai dari sekarang konsumsilah buah dan sayur setiap hari.

  1. Menerapkan Pola Hidup Bersih

Perlu diketahui bahwa tempat yang kotor merupakan tempat yang tidak sehat. Maka dari itu, mulai dari sekarang, biasakanlah menerapkan pola hidup bersih. Bersihkan tempat tinggal atau rumah secara rutin, agar penyakit-penyakit tidak bersarang di rumah.

Selain itu, biasakanlah untuk mandi sehari dua kali dengan air yang bersih. Jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya, karena sampah merupakan tempat berkembangnya bakteri jahat. Dengan melakukan hal-hal tersebut, maka nantinya tubuh akan terhindar dari penyakit.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang cara-cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan segar. Jadi, untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan segar, seseorang harus menerapkan cara-cara diatas secara rutin dan teratur.

Diatas merupakan salah satu contoh artikel kesehatan yang didalamnya mengandung ajakan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan segar. Penulisan artikel kesehatan harus jelas dan harus berdasarkan fakta. Hal tersebut dikarenakan, artikel kesehatan sangat erat kaitannya dengan kehidupan.

B. Contoh Artikel Bisnis

Sekarang ini banyak masyarakat yang tertarik untuk melakukan bisnis. Hal tersebut dikarenakan, bisnis dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Karena banyak yang tertarik untuk berbisnis, sekarang ini artikel bisnis sedang banyak diminati. Berikut adalah salah satu contoh artikel bisnis yang pas untuk seseorang yang ingin berbisnis online

Cara Jualan Online Agar Laris Manis

Saat ini hampir semua masyarakat Indonesia sudah mempunyai smartphone canggih. Hal tersebut membuat banyak masyarakat tertarik untuk melakukan sebuah bisnis online. Bisnis online yang sangat mudah untuk dilakukan misalnya jualan online. Bagi yang ingin menjalankan bisnis online namun masih bingung, berikut adalah beberapa cara jualan online agar dagangan laris manis

  1. Membuat Toko Online Yang Menarik Dan Mudah Diakses

Perlu diketahui bahwa toko yang menarik nantinya akan mudah diingat oleh para pembeli. Selain itu, toko yang menarik, akan membuat banyak orang yang penasaran dan ingin berkunjung ke toko tersebut. Dengan adanya kemudahan saat mengakses toko online tersebut, maka para pembeli akan merasa nyaman dan aman saat mengunjungi toko online tersebut.

  1. Selalu Rajin Melakukan Promosi

Agar dagangan yang dijual dapat laku keras, maka hal utama yang harus dilakukan ialah promosi. Promosi dapat dilakukan melalui sosial media yang banyak penggunanya misalnya saja Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp dan lain-lain.

Buatlah kalimat dan ambilah gambar produk sebaik mungkin agar dapat menarik minat pembeli. Saat melakukan promosi alangkah baiknya untuk memberikan diskon pada setiap pembelian sebuah produk. Diskon tersebut nantinya akan menarik pembeli karena sekarang ini banyak orang yang sering berburu diskon.

  1. Memberikan Pelayanan Yang Memuaskan

Semua penjual wajib memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan kepada para pembeli, jika ingin daganganya laku keras. Perlu diketahui bahwa para pembeli akan merasa senang dengan penjual yang ramah dan selalu memberikan pelayanan yang memuaskan. Bangunlah komunikasi yang baik terhadap para pembeli, misalnya saja dengan melakukan fast respon.

  1. Mempelajari Pesaing Dan Menguasai Informasi Produk
  3+ Contoh Business Plan yang Sederhana, Cara Membuatnya Lengkap

Perlu diketahui bahwa mempelajari pesaing bisnis ini bertujuan untuk mencari berbagai referensi. Referensi tersebut nantinya dapat digunakan untuk mengembangkan dan memajukan bisnis online yang telah dibangun. Untuk dapat mempelajari pesaing, seseorang dapat melakukan survey kecil-kecilan seperti survey harga, survey produk, survey pelayanan dan lain-lain.

Setelah menguasai pesaing, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menguasai informasi tentang produk yang dijual. Hal tersebut bertujuan agar para pembeli yakin terhadap toko online tersebut. Nantinya, saat para pembeli Tanya-tanya tentang sebuah produk yang dijual, maka si penjual tidak akan kebingungan lagi saat menjawab pertanyaan dari si pembeli.

  1. Pantang Menyerah

Seorang pebisnis online maupun offline dituntut untuk selalu pantang menyerah. Jangan mudah menyerah saat terjadi masalah dalam bisnis online yang sedang dijalankan. Perbaiki kesalahan tersebut dan jangan diulangi kembali kesalahan tersebut agar bisnis online yang dijalankan dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Rintangan, halangan dan masalah akan datang dalam dunia bisnis, maka dari itu janganlah mudah menyerah saat menjalankan sebuah bisnis online maupun offline. Jika pelaku bisnis mudah menyerah, maka bisnis tersebut akan merugi bahkan akan mengalami kebangkrutan.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang cara-cara berjualan online agar laris manis. Berjualan online ini sangat mudah untuk dilakukan karena tidak membutuhkan modal besar dan tidak membutuhkan tempat yang besar untuk menjalankan bisnis tersebut.

Contoh artikel diatas merupakan salah satu artikel yang berisi tentang ajakan untuk menjalankan bisnis online. Artikel bisnis sangat bermacam-macam, ada yang berisi tentang macam-macam bisnis, tips, cara, istilah-istilah dalam  bisnis dan lain-lain.

Baca Juga: Contoh Soal Psikotes

C. Contoh Artikel Pendidikan

Dalam penulisan artikel pendidikan, diharapkan untuk menggunakan bahasa yang jelas dan tidak bertele-tele. Hal tersebut bertujuan agar si pembaca merasa nyaman saat membaca artikel tentang pendidikan dan mudah memahami isi dari artikel tersebut. Berikut adalah salah satu contoh artikel pendidikan yang berisi tentang informasi pendidikan anak usia dini

Manfaat Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Anak

Para orang tua wajib mengajarkan, mendidik serta mengarahkan anak pada hal-hal yang baik. Apabila seorang anak pada usia dini tidak diarahkan dengan baik, maka kecerdasan anak tersebut tidak dapat tercapai dengan maksimal. Selain orang tua harus mengajarkan hal-hal yang baik pada anak, tidak ada salahnya jika anak-anak diikutsertakan dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PAUD ternyata memiliki banyak manfaat , antara lain

  1. Mendidik Anak Agar Cakap Bersosialisasi

Perlu diketahui bahwa anak harus diajarkan tentang bagaimana bersosialisasi dan berkomunikasi yang baik dengan keluarga. Selain itu, anak juga harus diajarkan tentang bagaimana bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain di sekitarnya. Dengan anak mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), maka nantinya anak akan dapat berteman dengan baik.

Selain itu, dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) nantinya anak akan belajar bekerjasama dengan teman sebayanya. Tak hanya itu saja, dalam PAUD, anak juga nantinya akan belajar mengungkapkan pemikirannya kepada teman sebayanya. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk memupuk rasa percaya diri pada anak.

Seringnya bersosialisasi dengan teman, maka akan dapat membangun kemampuan berbahasa dan berkomunikasi pada anak. Jadi secara tidak langsung, anak akan belajar menjadi seorang yang komunikatif.

  1. Melatih Kemampuan Motorik Dan Sensorik Anak

Anak-anak yang mengikuti PAUD nantinya akan menerima pembelajaran dimana pembelajaran tersebut akan membuat si anak menjadi lebih aktif. Pembelajaran yang biasa diberikan di PAUD ialah kerja kelompok, berlari-lari, bermain, tertawa riang dan kegiatan menyenangkan lainya.

Perlu diketahui bahwa kegiatan aktif yang banyak dilakukan oleh anak-anak sangat berperan penting dalam membangun dan melatih kemampuan motorik atau kontraksi otot. Hal tersebut akan membuat pertumbuhan dan perkembangan anak akan menjadi lebih maksimal.

Selain itu, kegiatan aktif yang sering dilakukan oleh anak-anak juga akan membantu dalam melatih kemampuan sensorik pada anak. Kemampuan sensorik ialah kemampuan dalam mengenali benda-benda di sekelilingnya dengan menggunakan panca inderanya. Para orang tua harus tahu bahwa kemampuan motorik dan sensorik harus seimbang dan berjalan beriringan supaya kemampuan anak dapat berkembang dan tumbuh secara maksimal.

  1. Melatih Kemampuan Bepikir Pada Anak

Berbagai kegiatan akan dilakukan anak-anak saat berada di PAUD, salah satunya adalah kerja kelompok, bermain sambil belajar dan lain-lain. Salah satu kegiatan yang dilakukan anak-anak di PAUD adalah menyusun puzzle. Perlu diketahui bahwa menyusun puzzle merupakan sebuah kegiatan yang dapat melatih kemampuan berpikir pada anak, sehingga anak dapat berpikir secara kritis.

  1. Menunjang Aspek Akademis Anak

Perlu diketahui bahwa PAUD ialah sebuah tempat yang bertujuan sebagai bekal bagi anak untuk mempersiapkan diri sebelum masuk pada pendidikan sekolah dasar. Saat berada di PAUD, anak-anak akan menguasai kemampuan intelektual, emosional dan psikomotor.

Nantinya kemampuan tersebut akan menjadi sebuah modal besar untuk mengenyam pendidikan sekolah dasar. Tak hanya itu saja, kemampuan tersebut nantinya akan dapat membuat anak memperoleh prestasi yang sangat membanggakan.

  1. Mengajarkan Anak Tentang Keanekaragaman

PAUD memang mengajarkan banyak hal kepada anak-anak, salah satunya ialah mengajarkan anak-anak tentang keanekaragaman. Nantinya anak-anak akan diajarkan tentang benda-benda yang ada di sekelilingnya misalnya saja mengenal jenis-jenis tumbuhan, jenis-jenis hewan dan lain-lain. Hal tersebut tentunya bertujuan agar khazanah pengetahuan anak semakin bertambah.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang manfaat pendidikan anak usia dini (PAUD) bagi anak. Jadi, untuk yang ingin anaknya menjadi pintar dan aktif, tidak ada salahnya jika diikutsertakan ke dalam PAUD. Dengan adanya PAUD, para orang tua tidak perlu khawatir dan bingung lagi saat mendidik anak agar menjadi anak yang pintar dan aktif.

Contoh artikel pendidikan yang tertera di atas merupakan sebuah artikel pendidikan yang menjelaskan tentang manfaat pendidikan anak usia dini. Jadi tujuan dari artikel diatas adalah memberi informasi kepada masyarakat tentang manfaat PAUD. Informasi yang ditulis harus jelas dan harus berdasarkan fakta, agar masyarakat percaya dengan artikel tersebut.

D. Contoh Artikel Lingkungan Hidup

Artikel lingkungan hidup adalah sebuah artikel yang didalamnya terdapat pembahasan tentang lingkungan di sekitar yang sangat erat hubungannya dengan makhluk hidup. Jadi artikel lingkungan hidup ini dapat membahas tentang binatang, tumbuh-tumbuhan, ekosistem alam dan lain sebagainya. Bagi yang ingin tahu lebih dalam lagi tentang artikel lingkungan hidup, berikut adalah salah satu contoh artikel lingkungan hidup

Dampak Penebangan Liar Terhadap Lingkungan

Negara Indonesia merupakan sebuah Negara yang memiliki hutan yang luas dan kaya akan keberagaman jenis populasi. Seiring berjalannya waktu, hutan-hutan di Indonesia mulai terancam dan terkikis akibat ulah para manusia. Para manusia telah melakukan penebangan hutan secara liar. Terhitung sampai sekarang ini 70% dari kayu yang dipanen, ditebang secara liar oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Perlu diketahui bahwa penebangan liar tersebut ternyata dapat mengurangi pendapatan dan devisa Negara. Tak hanya itu saja, penebangan hutan secara liar juga memberikan banyak dampak buruk bagi lingkungan antara lain

  1. Menurunnya Sumber Daya Air

Perlu diketahui bahwa pohon sangat berperan penting dalam hal menjaga siklus air. Nantinya akar-akar pohon akan menyerap air, lalu air tersebut dialirkan ke daun. Setelah berada di daun, air tersebut menguap dan dilepaskan ke lapisan atmosfer.

Saat pohon-pohon di hutan ditebangi secara besar-besaran, maka hutan tersebut menjadi daerah yang gersang. Dengan begitu tidak ada lagi yang dapat membantu tanah untuk menyerap lebih banyak air secara maksimal. Hal itulah yang menyebabkan terjadinya penurunan sumber daya air.

  1. Kesuburan Tanah Menghilang

Saat pohon-pohon yang ada di hutan ditebang secara liar, maka tanah yang ada di hutan tersebut akan menyerap banyak sinar matahari. Hal tersebut tentunya dapat mengakibatkan tanah di hutan menjadi kering dan gersang. Jika tanah menjadi kering dan gersang berarti tanah tersebut sudah banyak kehilangan nutrisi. Jika tanah sudah kekurangan nutrisi, maka untuk melakukan reboisasi pun akan sangat sulit.

  1. Mengakibatkan Banjir
  20+ Contoh Makalah yang Baik dan Benar Serta Cara Membuatnya

Pohon-pohon di hutan memiliki fungsi untuk menyerap air dengan cepat dan dapat menyimpan air dalam jumlah besar saat hujan terjadi. Namun saat terjadi penebangan hutan secara liar dan besar-besaran, maka akan membuat aliran air menjadi sangat terganggu. Aliran air yang terganggu tersebut akan mengakibatkan air menggenang dan akan mengakibatkan banjir. Air yang menggenang tersebut nantinya akan mengaliri pemukiman penduduk dan mengganggu aktifitas atau kegiatan penduduk.

  1. Punahnya Keanekaragaman Hayati

Hutan hujan tropis yang ada di Indonesia memiliki luas 6% dari permukaan bumi. Dalam hutan hujan tropis tersebut terdapat banyak sekali spesies yang hidup dan berkembang biak. Akibat penebangan pohon secara liar, terdapat lebih dari 100 spesies hewan menurun setiap harinya.

Selain itu, keanekaragaman hayati yang berasal dari berbagai daerah mulai menurun populasinya akibat penebangan hutan secara liar. Sekarang ini sudah banyak hewan dan tumbuhan yang mati dari muka bumi ini akibat penebangan hutan secara liar.

  1. Global Warming

Perlu diketahui bahwa pohon sangat berperan penting dalam menyimpan karbondioksida. Karbondioksida tersebut kemudian digunakan untuk menghasilkan protein, lemak dan karbohidrat. Setelah itu protein, lemak dan karbohidrat tersebut digunakan untuk proses pembentukan pohon. Proses pembentukan pohon tersebut biasa disebut dengan istilah fotosintesis.

Saat terjadi penebangan secara liar, maka akan banyak karbondioksida yang terlepas dari pohon yang ditebang. Tentunya hal tersebut akan mengakibatkan tingginya kandungan karbondioksida yang ada di lapisan atmosfer. Tingginya kandungan karbondioksida pada lapisan atmosfer itulah yang mengakibatkan terjadinya global warming.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang dampak yang terjadi akibat penebangan hutan secara liar. Perlu diketahui bahwa hutan adalah penopang kelestarian kehidupan bumi ini. Maka dari itu mulai dari sekarang jagalah hutan dengan melakukan penanaman kembali hutan yang gundul.

Dari contoh artikel lingkungan hidup di atas, dapat dilihat bahwa artikel tersebut menjelaskan tentang bahaya dari adanya penebangan liar. Artikel lingkungan hidup akan lebih menarik jika terdapat kalimat-kalimat yang mengandung ajakan atau gerakan untuk menjaga lingkungan.

E. Contoh Artikel Wisata

Artikel wisata biasanya berisi penjelasan tentang sebuah tempat wisata di suatu daerah tertentu. Tujuan dari artikel wisata ini adalah mengajak si pembaca untuk mengunjungi tempat wisata yang dijelaskan pada artikel tersebut. Berikut adalah salah satu contoh artikel wisata yang memberikan informasi tentang tempat wisata

Tempat-Tempat Wisata Di Solo Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Liburan merupakan sebuah hal penting untuk dilakukan karena dapat menghilangkan rasa penat akibat sibuk bekerja. Tak perlu khawatir bagi masyarakat yang sedang mencari tempat wisata yang pas untuk dikunjungi saat hari libur. Hal tersebut dikarenakan, Kota Solo memiliki banyak sekali tempat wisata yang pas untuk dikunjungi saat hari libur. Tempat-tempat wisata di Kota Solo ini sangat mengasyikan dan dijamin para wisatawan akan betah berlibur ke Kota Solo. Bagi yang ingin tahu tentang tempat-tempat wisata yang ada di Kota Solo, berikut adalah penjelasannya

  1. Bukit Sekipan

Tempat wisata bernama Bukit Sekipan ini merupakan salah satu tempat wisata alam yang menakjubkan dan wajib dikunjungi saat akhir pekan. Perlu diketahui bahwa Bukit Sekipan ini merupakan sebuah tempat wisata alam yang memiliki udara yang sejuk dan asri. Selain itu, di tempat wisata ini juga terdapat wahana waterpark yang sangat menyenangkan dan mengasyikkan.

Wahana waterpark ini sangat cocok untuk bermain para wisatawan yang membawa anak-anak saat liburan ke Bukit Sekipan. Keseruan wisatawan akan bertambah karena di Bukit Sekipan terdapat rumah Papua dan kampung Halloween yang sangat unik. Miniatur rumah Papua yang ada di Bukit Sekipan ini dapat dijadikan spot foto yang instagramable.

Kampung Halloween yang ada di Bukit Sekipan ini juga sangat unik, karena di kampung Halloween ini terdapat beberapa boneka-boneka hantu khas Indonesia yang siap untuk menyambut para wisatawan. Para wisatawan juga dapat dengan bebas berfoto-foto di kampung Halloween tersebut.

  1. Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso

Bagi para wisatawan yang sangat menyukai aneka satwa dan tumbuhan, langsung saja berkunjung ke tempat wisata Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso. Para wisatawan yang berkunjung ke Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso, nantinya bisa memberi makan rusa secara langsung. Hal tersebut tentunya akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Letak tempat wisata Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso ini sangat mudah dijangkau oleh para wisatawan yakni di Dusun Surkuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Tiket masuk Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso ini sangat terjangkau yakni hanya Rp 5.000,-.

  1. Grojogan Sewu Tawangmangu

Mungkin banyak wisatawan yang sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata Grojogan Sewu Tawangmangu ini. Hal tersebut dikarenakan Grojogan Sewu Tawangmangu ini merupakan salah satu tempat wisata yang sudah cukup terkenal sampai sekarang. Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan sebuah tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam berupa air terjun dengan ketinggian 80 meter.

Letak dari tempat wisata Grojogan Sewu Tawangmangu ini adalah sekitar 37 km dari pusat Kota Solo. Sebelum sampai di tempat wisata Grojogan Sewu Tawangmangu, para wisatawan harus mendaki 1.000 anak tangga terlebih dahulu. Rasa capek karena mendaki 1.000 anak tangga tersebut akan langsung hilang saat melihat dan menikmati keindahan dari air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu.

Baca Juga: Contoh Tanda Terima

  1. Geopark Batu Seribu

Wisata alam bernama Geopark Batu Seribu ini memiliki spot-spot foto yang sangat indah salah satunya berada di Bukit Sepikul. Geopark Batu Seribu memiliki udara yang segar dan suasana pegunungan yang sangat alami. Hal tersebut membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama liburan di Geopark Batu Seribu.

Untuk menambah keseruan para wisatawan, pihak pengelola Geopark Batu Seribu menyediakn gardu pandang, kolam renang, camping ground dan arena bermain anak. bagi yang belum tahu alamat dari Geopark Batu Seribu, jangan khawatir karena lokasi Geopark Batu Seribu ini sangat mudah dijangkau yakni berada di Desa Gentan, Kecamatan Buku, Sukoharjo.

  1. Ngarsopuro Night Market

Bagi para wisatawan yang mempunyai hobi berbelanja, langsung saja kunjungi Ngarsopuro Night Market. Perlu diketahui bahwa di  Ngarsopuro Night Market ini banyak sekali penjual yang menjajakan dagangannya mulai dari baju, aksesoris, barang-barang kerajinan dan lain-lain.

Tak hanya itu saja, di Ngarsopuro Night Market para wisatawan dapat mencicipi aneka makanan lezat mulai dari makanan tradisional hingga makanan modern. Lokasi dari Ngarsopuro Night Market ini sangat strategis yakni di Jl. Diponegoro sebelah Pura Mangkunegara.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang beberapa tempat wisata yang ada di Kota Solo. Tempat-tempat wisata tersebut sangat menarik dan wajib dikunjungi saat liburan tiba. Dijamin tidak akan kecewa saat menikmati liburan di sana.

Contoh artikel wisata di atas merupakan sebuah artikel wisata yang di dalamnya menjelaskan tentang informasi tempat-tempat wisata. Dengan adanya artikel wisata, masyarakat yang ingin berlibur tidak perlu bingung lagi saat mencari tempat-tempat wisata.

Demikian penjelasan tentang pengertian dan contoh artikel yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Jadi sebuah artikel itu isinya harus jelas dan tidak boleh menggunakan bahasa yang bertele-tele. Selain itu penulisan artikel juga harus berdasarkan fakta yang ada, agar tidak membohongi para pembaca.

Contoh Artikel

Tinggalkan komentar