Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat – Perawat adalah salah satu profesi yang bergerak dibidang jasa. Secara umum, perawat bertugas untuk membantu para dokter mengobati pasien. Apabila Anda tertarik untuk bekerja menjadi seorang perawat.

Anda harus mengetahui berbagai contoh surat lamaran kerja perawat agar kelak Anda dapat membuatnya dengan baik.  Berbeda dengan dokter, seorang perawat tidak dapat mengobati atau menyembuhkan penyakit pasien. Seorang perawat tidak memasuki sekolah kedokteran, melainkan sekolah khusus keperawatan.

Prospek kerja perawat pun terbilang cukup banyak karena mengingat banyaknya rumah sakit atau balai kesehatan yang membutuhkan tenaga perawat.

Surat lamaran kerja perawat ini sangat dibutuhkan bila Anda akan melamar kerja menjadi perawat. Biasanya, surat ini diberikan kepada pihak pembuka lowongan bersamaan dengan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Gaya bahasanya pun harus formal dan sopan karena surat ini termasuk ke dalam surat resmi.


Komponen Surat Lamaran Kerja Perawat

Komponen Surat Lamaran Kerja Perawat

Setiap surat lamaran kerja memiliki komponen yang sama, yang membedakan hanya tujuan dan target pekerjaan yang dilamar. Sebelum membahas mengenai contoh surat lamaran kerja perawat, Anda perlu mengetahui apa saja komponen yang terdapat dalam surat lamaran kerja perawat. Berikut ini adalah beberapa komponennya : 

1. Tanggal Surat

Komponen surat lamaran kerja perawat yang pertama adalah tanggal surat. Tanggal surat terletak di ujung kanan atas dan ditulis tanpa tanda titik di akhirnya. Dalam penulisan tanggal surat, biasanya disertakan pula kota tempat pembuatan surat. Contoh : Jakarta, 21 Oktober 2020 (tanpa tanda titik). 

2. Alamat Surat

Bila ada pembuat surat tentunya akan ada pihak yang menerima surat. Nah, dalam surat lamaran kerja perawat, Anda juga harus mencantumkan alamat lengkap pihak yang dituju. Jangan sampai surat lamaran kerja salah alamat. Perhatikan pula penulisan alamatnya! Tuliskan dengan benar dan tepat mulai dari kota, nama jalan, hingga nomor rumah.

3. Salam Pembuka

Dalam surat lamaran kerja perawat, Anda juga tetap harus menunjukkan sopan santun. Gunakan salam pembuka sebelum menuju ke bagian isi. Biasanya, salam pembuka yang digunakan adalah ‘Dengan hormat, …..” Salam ini menunjukkan rasa hormat Anda kepada pihak penerima surat. 

4. Isi Surat

Bagian isi surat menjadi komponen terpenting dalam surat lamaran kerja perawat. Isi dari surat tersebut, antara lain :

  • Identitas atau biodata : identitas pelamar kerja yang harus dicantumkan adalah nama, tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat, dan nomor telepon
  • Tujuan : sampaikan tujuan Anda menulis surat tersebut, yaitu untuk melamar pekerjaan sebagai perawat
  • Lampiran berkas : saat melihat adanya lowongan pekerjaan, biasanya Anda diminta untuk melampirkan beberapa berkas penting bersamaan dengan surat lamaran kerja.

5. Penutup

Pada bagian penutup, Anda dapat menyampaikan satu atau beberapa kalimat yang menunjukkan rasa terima kasih Anda. Penutup juga harus dikemas sebagus mungkin agar pihak penerima semakin yakin untuk menerima Anda bekerja. Contoh : atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. 

6. Tanda Tangan dan Nama Jelas

Di bagian paling akhir surat, pelamar kerja atau pembuat surat diwajibkan untuk membubuhkan tanda tangan dan menuliskan nama jelasnya. Hal ini berguna untuk menjadi bukti bahwa pelamar menulis surat berdasarkan kehendaknya sendiri tanpa paksaan dari pihak manapun. 


Tahapan Pembuatan Surat Lamaran Kerja Perawat

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Setelah mengetahui komponennya, ada beberapa tahapan yang diperlukan dalam penyusunan surat lamaran kerja perawat. Surat lamaran kerja tentunya tidak langsung muncul begitu saja tanpa persiapan terlebih dahulu. Beberapa tahapan dalam pembuatan surat lamaran kerja perawat adalah sebagai berikut : 

1. Melakukan Survey Lowongan

Ketika mendengar ada lowongan perawat, mungkin Anda langsung bersemangat untuk melamar lowongan tersebut. Tapi, jangan terlalu terburu-buru ketika melamar pekerjaan. Sebaiknya, cari tahu terlebih dahulu latar belakang perusahaan atau lembaga kesehatan tempat kita bekerja nantinya. Lakukan survey terlebih dahulu apakah pekerjaan tersebut cocok dengan bidang Anda atau tidak.

2. Mempersiapkan Dokumen

Setelah melakukan survey, Anda dapat memutuskan apakah Anda akan melamar di tempat tersebut atau tidak. Bila Anda sudah mantap untuk melamar sebagai perawat di tempat tersebut, siapkan beberapa dokumen yang diperlukan. Biasanya, Anda akan diminta melampirkan transkrip nilai, fotokopi ijazah, fotokopi KTP, SKCK, dan berbagai dokumen penting lainnya. 

3. Menulis Surat Lamaran Kerja Perawat

Setelah semua dokumen sudah siap, segera tulis surat lamaran kerja. Bila Anda belum pernah melihatnya, Anda dapat menggunakan beberapa contoh surat lamaran kerja di artikel ini. Dalam penulisannya, gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jangan bertele-tele dalam menyampaikan isi surat, ya!

5 Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat

Perawat adalah salah satu profesi yang cukup banyak diminati oleh kalangan masyarakat di Indonesia. Untuk mendapatkan pekerjaan sebagai perawat, seseorang harus menulis surat lamaran kerja perawat. Surat lamaran kerja perawat ini merupakan suatu surat yang ditulis oleh seseorang yang membutuhkan pekerjaan sebagai perawat kepada orang yang memberi pekerjaan tersebut. Berikut ini adalah contohnya :

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko


Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Rumah Sakit 

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Rumah Sakit

Rumah sakit menjadi salah satu tempat yang membutuhkan tenaga perawat dalam jumlah yang sangat banyak. Biasanya, rumah sakit mampu menampung lebih dari 100 perawat, tergantung dengan kebutuhan rumah sakit. Perawat yang bekerja di rumah sakit memiliki bagiannya masing-masing, ada yang berjaga di UGD, ICU, ruang inap, bahkan ada yang hanya ditempatkan di bagian administrasi. Berikut ini adalah contohnya. 

Surat Lamaran Kerja Perawat Rumah Sakit

====================

Jakarta, 2 November 2020

Yth. HRD RS Healing Medical

Jalan Kemakmuran Timur No. 13

Jakarta

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Amanda Putri, S.Kep.

Tempat, Tanggal Lahir : Lampung, 5 Juli 1992

Pendidikan Terakhir : S-1 Jurusan Keperawatan

Alamat : Jalan Kesatuan No. 223, Jakarta Selatan

No Telp : 087264728299

 

Dengan ini, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan dengan posisi sebagai perawat di RS Healing Medical. Saya adalah orang yang mudah bersosialisasi, bekerja keras, mau belajar, dan akan bertanggung jawab terhadap pekerjaan baik itu secara individual maupun dalam tim. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman bekerja menjadi perawat sebelumnya di Klinik Sehat selama 2 tahun.

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya juga turut melampirkan beberapa berkas, yaitu : 

  • Surat Keterangan Sehat
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotocopy Ijazah Terakhir dan Transkrip Nilai
  • SKCK
  • Fotocopy Kartu Kuning
  • Sertifikat Pelatihan Keperawatan
  • Pas Foto Terbaru Ukuran 4 × 6

Saya berharap agar Bapak/Ibu HRD RS Healing Medical berkenan untuk memberikan saya kesempatan bekerja dan menjadi bagian dari tim perawat RS Healing Medical. Demikian surat lamaran kerja ini saya buat sesuai dengan kenyataan yang sesungguhnya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Amanda Putri, S.Kep.


Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Klinik

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Klinik

Klinik adalah sebuah fasilitas kesehatan kecil yang dapat digunakan oleh publik. Biasanya, klinik hanya dapat menangani pasien dengan penyakit ringan, seperti demam, batuk, pilek, dan sebagainya. Kasus-kasus yang lebih parah akan langsung diarahkan ke rumah sakit terdekat. Bila Anda tertarik untuk melamar kerja menjadi seorang perawat di sebuah klinik, yuk, simak contohnya!

Surat Lamaran Kerja Perawat Klinik

=====================

Jakarta, 2 November 2020

Yth. Pimpinan Klinik Anggrek

Jalan Keadilan Raya No. 17

Jakarta

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi terkait lowongan kerja perawat yang saya dapat dari sumber instagram @klinikanggrek, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran kerja untuk mengisi lowongan tersebut. Adapun data-data diri saya adalah sebagai berikut : 

 

Nama : Yuanita Rusadi, S.Kep.

Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 22 Desember 1992

Pendidikan Terakhir : S-1 Jurusan Keperawatan

Alamat : Jalan Mawar Merah No. 7, Jakarta Barat

No Telp : 087855271940

 

Saya sudah memiliki pengalaman bekerja sebagai perawat. Sebelumnya, saya pernah bekerja di Klinik Biomedika selama 2 tahun dan Puskesmas Fajar selama 2 tahun. 

Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan : 

  • Curriculum Vitae (CV)
  • Fotocopy Ijazah Terakhir dan Transkrip Nilai
  • SKCK
  • Fotocopy KTP
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat
  • Pas Foto Ukuran 4 × 6

Demikian permohonan lamaran kerja ini saya sampaikan, besar harapan saya agar Bapak/Ibu pimpinan Klinik Anggrek bersedia untuk memberikan saya kesempatan bekerja dan menjadi bagian dari Klinik Anggrek.

Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

 

Yuanita Rusadi, S.Kep.


Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat RSIA

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat RSIA

Berbeda dengan rumah sakit umum, RSIA adalah rumah sakit khusus ibu dan anak. Para perawat yang bekerja di RSIA biasanya akan membantu dokter spesialis kandungan menjalankan proses persalinan, entah itu secara normal maupun cesar. Seorang perawat di RSIA diharuskan memiliki kemampuan dalam proses persalinan dan merawat bayi. Berikut ini adalah contoh surat lamarannya. 

Surat Lamaran Kerja Perawat RSIA

==========================

Semarang, 23 Juni 2020

Yth. HRD RSIA Permata Bunda

Jalan HR Rasuna Said No. 33

Semarang

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini : 

Nama : Rita Rahayu, S.Kep.

Tempat, Tanggal Lahir : Solo, 28 April 1990

Pendidikan Terakhir : S-1 Jurusan Keperawatan

Alamat : Jalan Pattimura No. 74, Semarang

No Telp : 087822681042

 

Bersamaan dengan adanya surat ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai perawat di RSIA Permata Bunda. Saya melihat lowongan pekerjaan ini dari Koran Warta Kota dan merasa kriteria perawat yang dibutuhkan sesuai dengan saya. 

Sebelumnya, saya sudah pernah bekerja di RSIA Hermina sebagai perawat yang membantu persalinan selama kurang lebih 6 tahun. Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan : 

  • Curriculum Vitae (CV)
  • Fotocopy Ijazah Terakhir dan Transkrip Nilai
  • SKCK
  • Fotocopy Kartu Kuning
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat
  • Fotocopy KTP
  • Pas Foto Ukuran 4 × 6

 

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat sesuai dengan kenyataan yang sesungguhnya. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu HRD RSIA Permata Bunda bersedia untuk memberikan saya kesempatan bekerja dan menjadi bagian dari tim perawat RSIA Permata Bunda.

Atas perhatian dan waktunya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Rita Rahayu, S.Kep.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Dosen


Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Puskesmas

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Puskesmas

Pusat Kesehatan Masyarakat atau yang sering dikenal dengan sebutan Puskesmas adalah sebuah fasilitas layanan kesehatan yang membantu mengupayakan kesehatan masyarakat di suatu daerah. Puskesmas lebih menekankan pada pertolongan pertama, upaya pencegahan, dan himbauan kepada masyarakat untuk mencapai tingkat kesehatan setinggi-tingginya. Perawat di puskesmas ini akan membantu dokter puskesmas merawat dan memulihkan pasien.

Surat Lamaran Kerja Perawat Puskesmas

=====================

Bandung, 2 November 2020

Yth. Kepala Puskesmas Fajar

Jalan Neng Geulis No. 47

Bandung

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi terkait lowongan kerja perawat yang saya dapat dari sumber media cetak Bandung Terang, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran kerja untuk mengisi lowongan tersebut. Adapun data-data diri saya adalah sebagai berikut : 

Nama : Anita Harana, S.Kep.

Tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 4 April 1994

Pendidikan Terakhir : S-1 Jurusan Keperawatan

Alamat : Jalan Bubuy Bulan No. 11, Bandung

No Telp : 087859171472

 

Sebelumnya, saya sudah pernah memiliki pengalaman kerja sebagai perawat dengan bekerja di Klinik Purnama selama 2 tahun. Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan : 

  • Curriculum Vitae (CV)
  • Fotocopy Ijazah Terakhir dan Transkrip Nilai
  • Sertifikat Pelatihan Keperawatan
  • SKCK
  • Fotocopy KTP
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat
  • Pas Foto Ukuran 4 × 6

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat. Saya harap Bapak/Ibu kepala Puskesmas Fajar bersedia untuk memberikan saya kesempatan bekerja dan menjadi bagian dari Puskesmas Fajar. Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

 

Anita Harana, S.Kep.


Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Fresh Graduate

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Fresh Graduate

Tak hanya orang-orang yang sudah pernah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya yang diperbolehkan melamar. Para mahasiswa/i keperawatan yang baru lulus atau fresh graduate juga diperbolehkan melamar, loh! Kesempatan terbuka lebar bagi Anda yang baru akan terjun dan menjajal dunia keperawatan. Bila Anda baru saja lulus, Anda dapat menggunakan contoh surat lamaran kerja perawat di bawah ini.

Surat Lamaran Kerja Perawat Fresh Graduate

======================

Jakarta, 2 November 2020

Yth. Pimpinan Klinik Cahaya

Jalan Harapan Kita No. 19

Jakarta Barat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Jennifer Emily, S.Kep.

Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 5 Agustus 1997

Pendidikan Terakhir : S-1 Jurusan Keperawatan

Alamat : Jalan Pahlawan Terang No. 83, Jakarta Barat

No Telp : 087864728299

 

Dengan ini, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan dengan posisi sebagai perawat di Klinik Cahaya. Saya adalah orang yang mudah bersosialisasi, bekerja keras, serta mau terus belajar. Saya baru lulus sekolah keperawatan tahun ini dengan nilai yang cukup memuaskan.

Meskipun saya belum pernah memiliki pengalaman bekerja, saya akan berusaha dan melakukan segala yang terbaik. Sebagai bahan pertimbangan, saya juga turut melampirkan beberapa berkas, yaitu : 

  • Fotocopy KTP
  • Surat Keterangan Sehat
  • Fotocopy Ijazah Terakhir dan Transkrip Nilai
  • SKCK
  • Fotocopy Kartu Kuning
  • Sertifikat Pelatihan Keperawatan
  • Pas Foto Terbaru Ukuran 4 × 6

 

Saya berharap agar Bapak/Ibu pimpinan Klinik Cahaya berkenan untuk memberikan saya kesempatan bekerja dan menjadi bagian dari Klinik Cahaya. Demikian surat lamaran kerja ini saya buat sesuai dengan kenyataan yang sesungguhnya. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya.

Hormat saya,

 

Jennifer Emily, S.Kep.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja via Email


Hal-hal yang Perlu Dicantumkan dalam Surat Lamaran Kerja Perawat

Hal Hal Yang Perlu Dicantumkan Dalam Surat Lamaran Kerja Perawat

Ada beberapa hal yang perlu dicantumkan untuk meningkatkan peluang dan memperjelas isi surat. Hal-hal ini perlu dicantumkan untuk menghindari kesalahpahaman, penipuan, dan berbagai resiko buruk lainnya yang mungkin dapat timbul akibat adanya surat ini. Berbagai hal tersebut, antara lain : 

1. Sumber Lamaran dan Posisi yang Dikehendaki

Dalam membuat surat lamaran kerja perawat, sebaiknya Anda mencantumkan sumber lamaran. Sumber lamaran tersebut dapat bermacam-macam, mulai dari media cetak, media sosial, hingga hanya dari mulut ke mulut. Hal ini bertujuan untuk menghindari penipuan bila Anda mendapat informasi dari sumber yang tidak jelas. Selain itu, sebutkan pula posisi pekerjaan yang dikehendaki, yaitu sebagai perawat. 

2. Identitas Lengkap

Pada bagian isi surat, Anda diharuskan untuk mencantumkan identitas. Sebaiknya, identitas tersebut ditulis dengan selengkap-lengkapnya untuk menghindari kesalahan data dan penyalahgunaan surat. Identitas ini juga berguna untuk membantu pihak penerima surat dalam menghubungi pelamar kerja. 

3. Pendidikan dan Pengalaman Kerja

Untuk memperbesar peluang karir Anda di bidang keperawatan, cantumkan pendidikan terakhir dan pengalaman kerja jika ada. Apalagi jika transkrip nilai Anda cukup memuaskan, tentunya akan semakin meningkatkan peluang Anda diterima. Namun, jangan khawatir! Bila Anda belum memiliki pengalaman kerja, banyak pula perusahaan atau lembaga kesehatan yang memberikan kesempatan.


Penutupan

Nah, sekarang Anda sudah siap melamar kerja sebagai perawat di suatu tempat. Anda dapat mulai dengan mencari lowongan yang sesuai dengan keinginan Anda. Setelah itu, tulislah surat lamarannya dengan melihat beberapa contoh surat lamaran kerja perawat diatas. Kemaslah surat lamaran kerja tersebut semenarik dan sebagus mungkin. 

Gunakan bahasa yang sopan, kalimat yang mudah dimengerti, dan jangan bertele-tele saat menyampaikan isi surat. Usahakan untuk memberikan kesan pertama yang baik dalam penulisan surat lamaran kerja. Mulai dari mengirim surat lamaran kerja, kualitas diri dan kemampuan bersosialisasi Anda sudah mulai dinilai dan dijadikan sebagai pertimbangan, loh! Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat

Tinggalkan komentar