18+ Contoh Penutup Laporan : Observasi, Kegiatan, Keuangan Lainnya

Contoh Penutup Laporan – Laporan adalah laporan pertanggungjawaban antara bawahan ke atasan yang berbentuk pemberitahuan, penyampaian berita, atau keterangan baik tertulis maupun tidak tertulis. Struktur laporan terdiri dari cover, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, pembahasan, penutup dan lampiran.

Jika dilihat dari contoh pendahuluan laporan berisi tentang latar belakang permasalahan dan tujuan laporan. Sedangkan pada contoh penutup laporan berisi kesimpulan, saran dan kesan.

Berfungsi sebagai komunikasi vertikal  untuk komunikasi  atasan dan bawahan serta terdapat masukan dan saran bisa dilihat pada contoh penutup laporan. Masukan dan saran disampaikan bawahan dalam bentuk laporan lalu atasan menilai untuk menjadi dasar keputusan, ini juga bisa untuk menilai kinerja bawahan.

Hal ini menunjukkan jika bawahan bertanggungjawab yang dibuktikan dengan semua yang sudah dilaporkan dalam laporan. Informasi yang diberikan harus faktual, objektif, rasional dan argumentatif.

Dalam laporan terdapat beberapa ciri-ciri disertakan sumber kepustakaan untuk mempertanggungjawabkan isi laporan yang ditulis. Lalu laporan isinya ditulis mengenai pokok-pokok singkat terkait tugasnya yang bertujuan agar permasalahannya dipahami penerima laporan. Kemudian laporan disusun secara sistematis dengan satuan-satuan yang saling berhubungan atau berurutan dan alasan pada laporan harus bisa ditelusuri secara logis.

Manfaat laporan sangat banyak seperti memberikan informasi, menjadi dasar penentuan kebijakan, dan untuk pemantauan perkembangan / penyusunan rencana berikutnya.


Jenis-Jenis Laporan

Jenis Jenis Laporan

Tidak semua laporan bisa disamakan karena tujuan laporan itu berbeda. Jenis laporan ada bermacam-macam, ada yang berdasarkan bentuk dan waktu. Berikut ini jenis-jenis laporan ada 2 yaitu :

(BERI KATA PENGANTAR MINIMAL 2 BARIS)

1. Berdasarkan Waktu

Berdasarkan waktu laporan ada laporan berkala dan insedial. Berkala maksudnya laporan ditulis secara rutin sedangkan kalau insedial ditulis saat dibutuhkan.

2. Berdasarkan Bentuk

Jika dilihat dari bentuknya ada 3 yaitu: surat, naskah dan memo. Dikatakan berbentuk surat apabila berisi satu sampai empat halaman berbentuk surat. Untuk bentuk naskah bisa dilihat dari bentuknya yang seperti naskah panjang dan pendek. Sedangkan berbentuk memo apabila ditulis dalam bentuk memo.

Baca Juga: Contoh Teks Report


Contoh Penutup Laporan

Contoh Penutup Laporan

Contoh Penutup Laporan memiliki banyak contoh seperti Laporan Makalah, Kegiatan Sekolah, karya ilmiah, Seminar, Pelatihan, skripsi, perjalanan dan prakerin. Untuk lebih lanjutnya bisa disimak dibawah ini seperti:

1. Laporan  Makalah

Laporan  Makalah

Laporan Makalah

Makalah yang disusun dapat menunjukkan sebagia laporan siswa kepada gurunya karena laporan tidak harus tentang atasan dan bawahan di perkantoran. Namun juga bisa antara guru dan siswa yang menunjukkan pertanggungjawaban. Berikut contoh penutup laporan makalah yaitu:

a. Makalah Kewirausahaan

Penutup

Kesimpulan

Berwirausaha ini membutuhkan tekad, niat, keberanian dan yakin. Menentukan apa yang akan diwirausahakan merupakan langkah yang baik untuk memulai berwirausaha, menentukan pasar mana yang akan menjadi tujuan dari wirausaha yang didirikan, serta banyak mengikuti pelatihan apapun itu untuk menambah wawasan mengenai wirausaha.

Saran

Sebaiknya rencanakan dengan matang apa yang akan diwirausahakan dan cari solusi atas resiko yang mungkin akan terjadi dimasa mendatang dari usaha yang didirikan.

Penutup

Dari sini kita menyadari bahwa dampak sampah sangatlah banyak maka dari itu kita harus pandai untuk mengatasi masalah sampah ini, baik secara individu maupun bersama sama orang orang yang satu lingkungan dengan kita. Untuk menghindari bencana alam, wabah penyakit serta kenyamanan tempat tinggal.

Jangan menyepelekan masalah sampah ini, karena dalam kurun waktu satu hari saja hitungan peningkatan sampah dapat sangat pesat hal ini lama kelamaan akan mengalahkan manusia, maksudnya dampaknya akan kembali lagi pada manusia. Jadilah individu yang peduli terhadap lingkungan untuk kebaikan semua.

Saran

Seharusnya masalah sampah ini ditangani secara bersama sama baik dari masyarakat maupun dari pihak peerintahan, mungkin bisa dengan mendirikan tempat sampat dibeberapa tempat dengan pekerja yang dapat mengolahnya untuk mengurangi populasi sampah yang bertebaran dimana mana.

Kesimpulan

Berwirausaha ini membutuhkan tekad, niat, keberanian dan yakin. Menentukan apa yang akan diwirausahakan merupakan langkah yang baik untuk memulai berwirausaha, menentukan pasar mana yang akan menjadi tujuan dari wirausaha yang didirikan, serta banyak mengikuti pelatihan apapun itu untuk menambah wawasan mengenai wirausaha.

Saran

Sebaiknya rencanakan dengan matang apa yang akan diwirausahakan dan cari solusi atas resiko yang mungkin akan terjadi dimasa mendatang dari usaha yang didirikan.

PENUTUP

Kesimpulan

Kerajinan yang dibuat harus memiliki manfaat bagi kehidupan.Dalam pembuatan sebuah kerajinan harus memperhatikan berbagai hal. Sebagai contoh fungsi hias dan fungsi pakai. Agar dapat menambah nilai ekonomis nya,Kerajian fungsi pakai dapat ditambahkan nilai keindahan atau hiasan. Dalam proses penambahan nilai keindahan pada kerajianan fungsi pakai ada beberapa teknik, seperti tenun, batik, jahit aplikasi,dll.

Saran

Semoga dengan adanya makalah ini dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi para pembaca. Semoga makalah ini bisa digunakan sebagai sumber acuan untuk makalah-makalah lain tentang daging merah dan daging putih.

b. Makalah Umum

Penutup

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentu nya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatas nya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungan nya dengan judul makalah ini.

Penulis banyak berharap para pembaca yang budi man dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurna nya makalah ini dan dan penulisan makalah dikesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.

c. Makalah Kesehatan

PENUTUP

Kesimpulan

Paradigma sehat merupakan suatu strategi baru pembangunan kesehatan yang memandang masalah kesehatan sebagai suatu variable kontinyu, direncanakan dalam suatu system desentralisasi, dengan kegiatan pelayanan yang senantiasa bersifat promotif untuk mengentaskan kesehatan masyarakat, oleh tenaga kesehatan profesional bersama masyarakat yang partisipatif.

Selain itu, dalam paradigma sehat ini pengukuran derajat kesehatan masyarakat tidak semata-mata dilihat dari penurunan kesakitan/kematian (dengan memakai indikator negatif), tetapi lebih ditekankan pada pencapaian hasil peningkatan pada angka kesehatan (indikator Positif). Nilai indikator positif ini diperoleh sebagai dampak dari upaya kesehatan promotif yang telah dilaksanakan oleh tenaga kesehatan professional dan didukung besarnya penempatan biaya upaya promotif yang sesuai. Paradigma sehat mempunyai orientasi dimana upaya peningkatan kesehatan masyarakat dititik beratkan pada :

Promosi kesehatan, peningkatan vitalitas penduduk yang tidak sakit (85%) agar lebih tahan terhadap penyakit melalui olah raga, fitness dan vitamin. Pencegahan penyakit melalui imunisasi pada ibu hamil, bayi dan anak.

Pencegahan pengendalian penanggulangan, pencemaran lingkungan serta perlindungan masyarakat terhadap pengaruh buruk (melalui perubahan perilaku).

Memberi pengobatan bagi penduduk yang sakit, (15%) melalui pelayanan medis. Paradigma sehat merupakan strategi pembangunan kesehatan untuk semua sehat di tahun 2010, dimana mengarah kepada mempertahankan kondisi sehat dan tidak sakit dan produktif yang dikenal dengan upaya promotif dan preventif ketimbang upaya kuratif yang hanya menekankan pada upaya penanganan orang-orang sakit.

Saran

Pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai suatu investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Komitmen dan kerjasama antara negara berkembang dengan negara maju. Meningkatkan kinerja pelayanan kesehatan karena merupakan salah satu faktor penting dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan penduduk dalam upaya pembangunan kesehatan khususnya di Indonesia.

Peningkatan pemberdayaan masyarakat, kerjasama dengan semua pelaku pembangunan kesehatan, khususnya dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) di semua jenjang administrasi pemerintahan dalam pembangunan kesehatan.

Kebijaksanaan pembangunan kesehatan pada tahap sekarang ini harus diarahkan pada upaya bagaimana membina bangsa yang sehat dan bukan bagaimana menyembuhkan mereka yang sakit.

Saran

Meskipun penulis menginginkan kesempurnaan dalam penyusunan makalah ini akan tetapi pada kenyataannya masih banyak kekurangan yang perlu penulis perbaiki. Hal ini dikarenakan masih minimnya pengetahuan penulis. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari para pembaca sangat penulis harapkan sebagai bahan evaluasi untuk kedepannya.

Baca Juga: Contoh Teks Debat


2. Laporan Prakerin

Laporan Prakerin

Laporan Prakerin

Prakerin juga termasuk jenis laporan dimana murid melaporkan hasil pertanggungjawabannya selama prakerin. Dimana terjadi pelaporan antara guru dan siswa tentang suatu hal. Berikut contoh penutup laporan prakerin yaitu:

a. Prakerin umum

Penutup

Kesimpulan 

Dari penjelasan diatas dapat kami simpulkan bahwa kegiatan Praktik Kerja Lapangan sangat bermanfaat untuk siswa/siwi Sekolah Menengah Kejuruan ataupun untuk pihak industri. Selain itu kegiatan Praktik Kerja Lapangan juga menjadi salah satu sarana untuk mengasah keterampilan khususnya dalam hal praktik dimana mereka bisa belajar lebih luas dalam dunia kerja serta sebagai ajang untuk melatih siswa/siswi menjadi generasi muda yang bertanggung jawab dan profesional.

B. Kesan

Adapun kesan yang kami rasakan selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan sangat senang dan berterimakasih, karena selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan kami mendapatkan banyak sekali ilmu dan pengalaman yang belum pernah kami dapatkan di sekolah. Kami juga sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan ilmu dan pengalaman tersebut sehingga kami bisa mengembangka keterampilan kami dalam dunia kerja.

  5+ Contoh Teks Tantangan Singkat dan Mudah di Pelajari ( Buat Refrensi )

C. Saran

Untuk melengkapi laporan ini kami akan menyampaikan beberapa saran yang mungkin bisa membantu mengisi kekurangan-kekurangan yang ada, antara lain sebagai berikut :

Kuasai terlebih dahulu teori sebelum melaksanakan praktik kerja lapangan. Utamakan keselamatan kerja. Gunakan waktu sebaik mungkin. Jangan pernah merasa puas dengan hasil yang telah dicapai.

Penutup

Puji Syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat, rahmat, serta hidayah-Nya sehingga kami dapat melaksanakan kegiatan Prakerin ini sampai selesai. Karena tanpa nikmat-Nya, mungkin kami belum tentu bisa menyelesaikan kegiatan ini sampai akhir.

Dengan ini, kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah mendukung dan membantu mensukseskan pelaksanaan Prakerin ini, karena tanpa dukungan dan bantuan dari mereka mungkin pula kami belum tentu bisa menyelesaikan kegiatan Prakerin ini.

Penutup

Kesimpulan

Setelah melakukan kegiatan prakerin ini, saya mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu baru yang tidak diajarkan di sekolah. Kita biasa diajarkan teori di sekolah, dan di tempat prakerin kita akan mempraktikkannya.

Pada intinya, kegiatan prakerin sangat berguna untuk mengembangkan apa yang sudah diajarkan di sekolah. Prakerin bisa dikatakan sebagai pelengkap serta proses pematangan agar siap ketika sudah berkecimpung di dunia kerja.

Saran

Karena di tempat prakerin kita akan berhubungan langsung dengan pekerjaan, maka alangkah baiknya kita mempersiapkan secara matang materi-materi yang diajarkan di sekolah. Hal ini bertujuan agar kita tidak bingung kalau disuruh melakukan sesuatu.

Untuk adik kelas yang akan melaksanakan prakerin, usahakan tetap menjaga nama baik sekolah. Karena jika nama sekolah sudah jelek, maka akan susah untuk bekerjasama dengan perusahaan tersebut dalam menerima siswa prakerin.

PENUTUP

Kesimpulan

Adapun hasil dari kegiatan prakerin yang telah kami lakukan selama 3 bulan yang dimulai tanggal 4 maret 2019 s/d 24 Mei 2019 di PT. YPTI adalah:

Kami bisa mendapatkan pengalaman masuk dunia kerja. Kami dapat mengetahui bagaimana tahap perencanaan produksi. Kami dapat melakukan pengoprasian mesin milling manual. Kami dapat melakukan pengukuran menggunakan alat ukur dengan baik. Kami dapat mengenali komponen yang dibutuhkan pt.

Saran

Semoga Laporan Prakerin ini dapat berguna untuk kami dan pembaca pada umumnya. Apabila ada kekurangan, kesalahan dalam laporan ini, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Untuk menunjang tertib, lancar dan suksesnya pelaksanaan tugas tiap mata pelajaran dapat diberikan sebelum siswa berangkat prakerin. Dengan demikian tiap-tiap mapel dan tiap siswa akan mendapatkan nilai sikap, nilai pengetahuan dan nilai keterampilan selama siswa sedang melaksanakan program prakerin.

Penutup

Kesimpulan

Setelah melakukan kegiatan prakerin ini, saya mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu baru yang tidak diajarkan di sekolah. Kita biasa diajarkan teori di sekolah, dan di tempat prakerin kita akan mempraktikkannya.

Pada intinya, kegiatan prakerin sangat berguna untuk mengembangkan apa yang sudah diajarkan di sekolah. Prakerin bisa dikatakan sebagai pelengkap serta proses pematangan agar siap ketika sudah berkecimpung di dunia kerja.

Saran

Karena di tempat prakerin kita akan berhubungan langsung dengan pekerjaan, maka alangkah baiknya kita mempersiapkan secara matang materi-materi yang diajarkan di sekolah. Hal ini bertujuan agar kita tidak bingung kalau disuruh melakukan sesuatu.

Untuk adik kelas yang akan melaksanakan prakerin, usahakan tetap menjaga nama baik sekolah. Karena jika nama sekolah sudah jelek, maka akan susah untuk bekerjasama dengan perusahaan tersebut dalam menerima siswa prakerin.

PENUTUP

Kesimpulan

Kegiatan prakerin dapat melatih kesabaran siswa serta dapat mengetahui karakter konsumen. Pramuniaga harus tetap memberikan pelayanan prima kepada konsumen sehingga konsumen merasa puas. Menambah wawasan dalam dunia industri. Kegiatan  prakerin  dapat melatih ketelitian, kedisiplinan dan rasa tanggung jawab

B. Saran

Setiap kegiatan harus dilakukan dengan rasa tanggung jawab. Setiap melayani konsumen sikap ramah dan sopan harus ditingkatkan. Setiap kegiatan harus dilakukan dengan teliti agar tidak terjadi kesalahpahaman

b. Prakerin di Perpustakaan

PENUTUP

 Kesimpulan

Berdasarkan hasil pembahasan tersebut diatas, maka penyusun dapat menyimpulkan :

Keadaan ruang perpustakaan sudah cukup baik dan fasilitas yang ada juga sudah cukup lengkap. Sehingga pengunjung merasa aman, nyaman dan betah berada di perpustakaan. Pelayanan yang ramah membuat siswa mau datang lagi menggunakan jasa layanan perpustakaan. Jumlah koleksi bahan pustaka di perpustakaan sudah cukup lengkap. Sedangkan jenis koleksinya berupa koleksi buku teks, referensi, buku mata pelajaran, koran serta majalah

Belum maksimalnya pemanfaatan sistem otomasi di perpustakaan (masih menggunakan sistem manual dan otomasi) sehingga dalam pelaporan administrasi membingungkan petugas perpustakaan. Belum baiknya sistem penataan tempat, sirkulasi dan pencahayaannya. Proses kerja yang kami lakukan saat Praktek Kerja Industri yaitu Mengelola Buku. MemaparkanSejarah berdirinya, dari dahulu berdiri sampai sekarang dan berdirinya Perpustakaan

PENUTUP

Atas berkat ramhat Allah Yang Maha Esa, serta kerjasama dan kerja keras kami, selesailah penyusunan laporan Prakerin yang menjadi tugas wajib dalam kegiatan ini. Dalam penyusunan laporan Prakerin, kami mendapatkan pengarahan dari pembimbing, bapak dan ibu guru, serta sekan-rekan SMK Muhammadiyah 1 Salam. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya.

c. Prakerin di Tempat Netbook

Kesimpulan

Dengan adanya kegiatan Prakeri ini, kami menyimpulkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi seluruh siswa SMK. Pengalaman kerja yang didapatkan tentu akan membuat siswa memiliki keahlian sesuai bidangnya. Dan sudah pasti ini semua akan membantu untuk kedepannya, ketika sudah terjun ke dunia kerja.

Kesan

Kami sangat antusias saat menjalani kegiatan prakerin di Boss Notebook. Pemiliknya sangat ramah dan mau mengajarkan dengan pelan-pelan. Kami dituntut untuk aktif bertanya ketika ada yang kebingungan, sehingga kami memiliki pengalaman lebih.

Kami yakin, pengalaman yang didapatkan saat prakerin dapat membantu kami kedepannya. Karena ilmu yang didapatkan memang sudah mengarah pada pekerjaan yang sebenarnya.

Saran

Untuk adik kelas yang mau melaksanakan kegiatan prakerin, hendaknya persiapkan semuanya dengan matang. Terlebih untuk materi yang sudah diajarkan di sekolah. Karena semua itu pasti akan berhubungan dengan kegiatan prakerin nantinya.

Untuk pihak sekolah, dalam penempatan prakerin, alangkah baiknya dipilihkan dengan tempat yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal siswa. Atau kalau tidak, biarkan siswa memilih tempat prakerin sesuai keinginan sendiri.

Untuk pihak Boss Notebook, kami berharap tempat ini bisa menerima rekan kami dari SMK Muhammadiyah 1 Salam yang membutuhkan bimbingan praktik.


3.  Laporan Kegiatan  Sekolah yang meliputi kegiatan pramuka, kegiatan perkemahan sekolahan, pentas seni dan lomba

Laporan Kegiatan  Sekolah Yang Meliputi Kegiatan Pramuka, Kegiatan Perkemahan Sekolahan, Pentas Seni Dan Lomba

Laporan Kegiatan Sekolah yang meliputi kegiatan pramuka, kegiatan perkemahan sekolahan, pentas seni dan lomba

Melaporkan kegiatan sekolah juga termasuk laporan baik antara anggota dan pengurus, panitia dan penanggungjawab dan sebagainya. Di sini terjadi pelaporan tanggungjawab antara atasan dan bawahan bukan antara karyawan ke manajer tapi antara orang yang melaksanakan dan yang bertanggung jawab. Berikut contoh penutup laporan kegiatan sekolah yaitu

a. Kegiatan Perkemahan Sekolah

Penutup

Kesimpulan

Kegiatan Persami yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kota Batu sudah dilaksanakan dengan baik dan lancar, meskipun dengan anggaran dan kondisi yang terbatas. Siswa baru yang menjadi peserta Persami bisa mendapatkan berbagai manfaat, terutama kedisiplinan, kerjasama, kekompakan, dan juga sifat berani.

Acara Persami ini diharapkan bisa menjadi ajang memupuk calon generasi penerus bangsa yang berkualitas, baik dalam segi akademik maupun non-akademik. Demikianlah laporan ini dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban panitia dan semoga bermanfaat bagi evaluasi penyelenggaraan kegiatan Persami berikutnya.

b.  Laporan Kegiatan Pramuka

PENUTUP

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat ditarik dari kegiatan ekstrakurikuler pramuka ini antara lain:

Perlu dibentuk kepengurusan gugus depan di SMP 1 Depok yang lebih sistematis. Sarana dan prasarana pendukung kegiatan pramuka di SMP 1 Depok masih minim. Masih rendahnya kesadaran yang dimiliki oleh siswa untuk mengikuti kegiatan pramuka di SMP 1 Depok.

Penutup

Kesimpulan yang dapat ditarik dari kegiatan kepramukaan ini diantaranya yaitu :

1. Perlu dibentuknya kepengurusan gugus depan agar kinerja tenaga pendidik maupun kependidikan lebih terorganisir.
2. Kurangnya sarana pendukung dalam kegiatan latihan kepramukaan.
3. Masih adanya siswa yang enggan mengikuti pelatihan ini dan belum adanya kesadaran akan pentingnya latihan tersebut untuk kehidupan sehari-hari suatu hari nanti.Penutup

Kesimpulan yang dapat ditarik dari kegiatan kepramukaan ini diantaranya yaitu :

1. Perlu dibentuknya kepengurusan gugus depan agar kinerja tenaga pendidik maupun kependidikan lebih terorganisir.
2. Kurangnya sarana pendukung dalam kegiatan latihan kepramukaan.
3. Masih adanya siswa yang enggan mengikuti pelatihan ini dan belum adanya kesadaran akan pentingnya latihan tersebut untuk kehidupan sehari-hari suatu hari nanti.

Kesimpulan yang dapat ditarik

Kesimpulan yang dapat ditarik dari kegiatan kepramukaan ini diantaranya yaitu :

1. Perlu dibentuknya kepengurusan gugus depan agar kinerja tenaga pendidik maupun kependidikan lebih terorganisir.
2. Kurangnya sarana pendukung dalam kegiatan latihan kepramukaan.
3. Masih adanya siswa yang enggan mengikuti pelatihan ini dan belum adanya kesadaran akan pentingnya latihan tersebut untuk kehidupan sehari-hari suatu hari nanti.ik dari kegiatan kepramukaan ini diantaranya yaitu :

1. Perlu dibentuknya kepengurusan gugus depan agar kinerja tenaga pendidik maupun kependidikan lebih terorganisir.
2. Kurangnya sarana pendukung dalam kegiatan latihan kepramukaan.
3. Masih adanya siswa yang enggan mengikuti pelatihan ini dan belum adanya kesadaran akan pentingnya latihan tersebut untuk kehidupan sehari-hari suatu hari nanti.

c. Kegiatan Pentas Seni

Penutup

Demikian hasil dari laporan kegiatan pentas seni yang telah kami selenggarakan, alhamdulilah acaranya berjalan dengan lancar dan sukses. Mohon maaf yang sebenar-benarnya jika masih ada kekurangan dari laporan kegiatan yang kami buat ini. kami berharap pembaca dapat menyampaikan kritik atau sarannya dengan lugas. Sekian dan terima kasih.pelatihan ini.

  19+ Contoh Teks Ceramah Tentang Keluarga, Pendidikan dan Lainnya

Saran

Program pelatihan kelompok tani ke depannya lebih baik dilaksanakan dengan sistem “jemput bola” dalam artian pelatihan langsung dilaksanakan di rumah ketua kelompok tani. Kondisi ini akan lebih meningkatkan partisipasi keikutsertaan anggota kelompok tani dalam program pelatihan daripada dilaksanakan di Kantor Pertanian Kecamatan Bumiasih.

Penutup

Demikianlah laporan kegiatan Porseni di SMP Kebangkitan Bangsa Bandung yang telah terlaksana dengan sukses dan tanpa halangan suatu apapun. Kami menyadari jika dalam pembuatan laporan ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, untuk itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan dalam laporan ini. Sekian dan terima kasih.

Penutup

Demikian laporan kegiatan Porseni SMP Dulang Jaya Bandung yang telah terselenggara dengan lancar dan sukses. Dalam pembuatan laporan ini kami sadar masih banyak kekurangannya, maka dari itu kami minta maaf yang sebesar-sebesarnya atas segala kekurangan yang ada pada laporan kegiatan Porseni ini. sekian dan terima kasih.

Penutup

Demikian hasil dari laporan kegiatan pentas seni yang telah kami selenggarakan, alhamdulilah acaranya berjalan dengan lancar dan sukses. Mohon maaf yang sebenar-benarnya jika masih ada kekurangan dari laporan kegiatan yang kami buat ini. kami berharap pembaca dapat menyampaikan kritik atau sarannya dengan lugas. Sekian dan terima kasih.

Kesimpulan

Kegiatan Persami yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kota Batu sudah dilaksanakan dengan baik dan lancar, meskipun dengan anggaran dan kondisi yang terbatas. Siswa baru yang menjadi peserta Persami bisa mendapatkan berbagai manfaat, terutama kedisiplinan, kerjasama, kekompakan, dan juga sifat berani.

Acara Persami ini diharapkan bisa menjadi ajang memupuk calon generasi penerus bangsa yang berkualitas, baik dalam segi akademik maupun non-akademik. Demikianlah laporan ini dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban panitia dan semoga bermanfaat bagi evaluasi penyelenggaraan kegiatan Persami berikutnya.

d. Kegiatan Lomba

Penutup

Demikianlah laporan kegiatan lomba tangkas pramuka yang menjadi tanggung jawab kami sebagai penyelenggara lomba dan hasil kegiatan lomba yang telah kami laksanakan. Laporan kegiatan lomba ini kami buat dengan sebenar-benarnya, jika masih terdapat banyak kesalahan pada laporan ini akan kami perbaiki lagi.

Kami menyampaikan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya acara ini sampai acara ini sukses, semoga bantuan kalian mendapat balasan dari Allah SWT. Amin.

Penutup

Demikianlah laporan kegiatan lomba tangkas pramuka ini dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban kami sebagai penyelenggara lomba, serta untuk melaporkan hasil kegiatan lomba yang telah dilaksanakan.

Laporan kegiatan lomba ini kami buat dengan sebenar-benarnya, apabila masih terdapat banyak kesalahan dalam laporan maka akan kami perbaiki lagi pada kegiatan yang akan dilakukan berikutnya.

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada semua pihak yang telah ikut serta membantu demi terlaksananya acara ini dengan sukses. Semoga bantuan dari semua pihak mendapatkan balasan dari Tuhan YME. Aamiin.


4. Contoh laporan kegiatan pelatihan

Contoh Laporan Kegiatan Pelatihan

Contoh laporan kegiatan pelatihan

Kegiatan pelatihan juga terdapat proses pelaporan antara yang ditugaskan untuk pelatihan dan yang mengirim pelatihan. Untuk pelatihan sendiri ruang lingkupnya bisa antara guru dan kepala sekolah, manager dan karyawan atau yang lainnya tergantung jenis pelatihannya. Berikut contoh penutup laporan pelatihan yaitu

Penutup

Kegiatan pelatihan ini ditutup dengan melakukan upacara penutupan, pemberian pupuk organik untuk petani yang hadir, serta untuk anggota kelompok secara gratis.

PENUTUPAN

Acara pelatihan ini ditutup dengan pemberian produk pupuk organik kepada masing-masing peserta anggota kelompok tani dan selebaran panduan cara membuat pupuk organik mandiri di rumah.

Kesimpulan

Kegiatan ini sudah bisa berjalan dengan baik, meskipun terdapat berbagai hambatan selama pelaksanaannya. Jumlah anggaran dan penyuluh pertanian yang terbatas tidak menjadi hambatan yang berarti dan dapat dikelola dengan baik untuk mensukseskan

Penutup

Kegiatan pelatihan ini ditutup dengan upacara penutupan, pemberian pupuk organik untuk para petani, serta kepada anggota kelompok.

Kesimpulan dan Saran

Kesimpulannya adalah kegiatan pelatihan ini secara umum sudah berjalan dengan lancar dan sukses, dari mulai tahapan perencanaan kegiatan sampai tahap evaluasi pada setiap petani. Jumlah anggaran yang terbatas untungnya dapat dikelola dengan baik sehingga kegiatan tetap berlangsung sukses.

Saran yang diberikan untuk para peserta kegiatan pelatihan ini adalah survey pendahuluan seharusnya dilakukan lebih teliti, khususnya terkait sikap dan karakter para anggota yang mengikuti kegiatan pelatihan ini.

5. Laporan Seminar

Kegiatan seminar juga sama dengan pelatihan terjadi pelimpahan tanggung jawab dan wewenang antar yang di kirim untuk seminar dan pihak yang mengirim. Seminar bisa lingkup perusahaan namun juga bisa lingkup perusahaan tergantung jenis seminarnya. Berikut contoh penutup laporan seminar yaitu:

Penutup

Demikianlah laporan ini kami buat sebagai bentuk pertanggungjawaban atas tugas yang telah diberikan. Mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan. Terimakasih atas semua dukungan yang telah diberikan kepada kami. Semoga laporan ini dapat bermanfaat sebagaimana mestinya.


6. Laporan Skripsi

Laporan Skripsi

Laporan Skripsi

Skripsi adalah bentuk pelaporan tanggungjawab atas penelitian yang dilakukan mahasiswa kepada dosen.  Kegiatan Skripsi memang termasuk laporan karena penelitian harus dilaporkan sesuai aktual, rasional dan sistem seperti ciri-ciri laporan. Berikut contoh penutup laporan skripsi yaitu:

Penutup

Kesimpulan

Dari penelitian dapat kami simpulkan bahwa:

Masih banyak anak bangsa yang tidak mengenyam pendidikan dikarenakan faktor biaya dan belu adanya kesadaran orang tua bahwa pendidikan itu penting bagi anak pedalaman.

Masih banyak sekali ketertinggalan yang mereka alami meskipun tidak terlalu berdampak pada mereka karena mereka sudah terbiasa dengan kondisi dan lingkungan mereka. Banyak terjadinya pernikahan dini dan anak yang membutuhkan gizi.

Keterbatasan Penelitian

Keterbatasan dari peneitian ini terletak pada susahnya untuk mengakses tempat tinggal masyarakat pedalaman, kurangnya narasumber yang berwawasan sehingga hanya dapat menggali informasi seadanya saja, dan juga dengan meneliti sendiri apa saja yang menjadi beban masyarakat pedalaman.

Saran

Ada baiknya mengutamakan kesejahteraan masyarakat pedalaman bangsa ini, untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Melengkapi fasilitas yang dapat mempermudah kehidupan masyarakat pedalaman seperti akses jalan, mendirikan sekolah, membangun jembatan, klinik kesehatan air bersih dan sumber listrik.

7. Laporan Perjalanan

Kegiatan perjalanan juga hampir sama dengan seminar atau pelatihan karena yang melakukan perjalanan harus melaporkan kepada atasannya. Hal itu untuk mempertanggungjawabkan kegiatan selama perjalanan, untuk lingkupnya tergantung juga dengan jenis perjalanannya. Berikut contoh penutup laporan perjalanan yaitu:

Penutup

 Kesimpulan

Bali sangat kaya akan potensi keindahan alam nya dan obyek wisata nya. Obyek wisata diBali dapat menjadirujukan dan teladan wilayah lain untuk mengembangkan potensi daerah masing-masing agar wilayah nya semakin maju dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Saran

   Dari perjalanan Outdoor Learning ke Bali, ada beberapa kekurangan. Oleh karena itu, penulis me nyarankan beberapa hal berikut ini, antara lain agar pemerintah Bali mempermudah ibadah bagi warga Muslim dan menyedi akan tempat beribadah atau solat diberbagai obyek wisata maupun tempat umum lain nya.

Selain itu penulis juga me nyarankan agar kebersihan obyek wisata perlu ditingkatkan seperti saat diTanjung Benoa yang laut nya terdapat ba nyak sampah.

di sarankan juga tempat parkir diDreamland tidak terlalu jauh dengan pantai karena para pengunjung ba nyak yang mengeluh kelelahan. Pada saat bus akan kembali, bus ha nya akan berjalan satu persatu dan menyebabkan para pengunjung menunggu dengan waktu yang cukup lama dibeberapa titik. Hal itu dapat juga mengganggu pemandangan saat akan memasuki kawasan Pantai Dreamland.

Baca Juga: Contoh Teks Pidato


8. Laporan Karya Ilmiah

Laporan Karya Ilmiah

Karya Ilmiah juga merupakan laporan antara guru dan murid dimana murid mempertanggungjawabkan hasil karya ilmiahnya. Berikut adalah contoh penutup karya ilmiah yaitu:

PENUTUP

KESIMPULAN

Kegiatan tidur siang mempunyai beberapa manfaat salah satunya menjaga kesehatan. Namun harus dilakukan sesuai waktu yang tepat.

Menimbulkan efek buruk jika tidur siang dilakukan secara berlebihan.
Segala aktivitas haruslah dilakukan dengan porsinya masing-masing.
Jangan sampai justru akan menurunkan kebugaran tubuh.

Itulah contoh penutup laporan dari berbagai macam jenis kegiatan meskipun terdapat  perbedaan. Penutup laporan memang berisi ringkasan kegiatan atau kesimpulan kegiatan tetapi ada yang menambah saran, kesan dan pesan juga.

Saran, pesan dan kesan bertujuan agar bisa memperbaiki kinerja ke depannya. Untuk penggunaan saran, pesan dan kesan sendiri masih optional boleh digunakan di bagian penutup laporan boleh tidak.

Sehingga terdapat beberapa penutup laporan yang langsung berisi kesimpulan tetapi ada juga yang ditambahkan saran, pesan, dan kesan. Tujuan penutup laporan sendiri agar kita bisa memahami secara ringkas garis besar yang telah dijabarkan.

Itu berguna ketika terburu-buru atau ada kepentingan lainnya sehingga tetap bisa memahami garis besar isi laporannya. Makanya kehadiran penutup laporan sangat penting dalam laporan.

Sebab laporan bentuk pertanggungjawaban antara bawahan ke atasan yang berbentuk pemberitahuan, penyampaian berita, atau keterangan baik tertulis maupun tidak tertulis. Struktur laporan terdiri dari cover, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, pembahasan, penutup dan lampiran.

Jika dilihat dari contoh pendahuluan laporan berisi tentang latar belakang permasalahan dan tujuan laporan.

Contoh Penutup Laporan

Tinggalkan komentar