Contoh Surat Lamaran CPNS

Contoh Surat Lamaran CPNS – Lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) merupakan salah satu kesempatan kerja yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia. Bagi beberapa orang, profesi pegawai negeri sipil (PNS) adalah sesuatu yang membanggakan. Maka tak heran setiap periode kesempatan ini dibuka pasti diserbu berbagai kalangan sehingga seleksi sangat ketat.

Oleh sebab itu, perlu tahu contoh surat lamaran CPNS agar lolos tahap seleksi awal. Mencari tahu tentang contoh surat lamaran CPNS hanyalah satu dari sekian persiapan yang harus dilakukan. Masih ada persiapan lainnya, seperti mempelajari kembali sejarah Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945, bahkan matematika.

Selain itu, pahami juga instansi serta posisi yang didaftar karena ada tes yang menguji pengetahuan seputar kedua hal tersebut. Namun, syarat administrasi menjadi penting diperhatikan karena pintu masuk ke tahap seleksi selanjutnya. Sebelum membahas beberapa contoh surat lamaran CPNS di bawah, sejumlah tips yang harus diingat dalam membuat surat lamaran adalah gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Hindari kesalahan penulisan (typo), tidak bertele-tele, dan jangan lupa sertakan data-data pendukung, misalnya sertifikat. Apabila surat lamaran ditulis tangan, gunakan kertas folio bergaris agar rapi serta hindari penggunaan correction pen untuk menutupi kesalahan.


Daftar Isi Artikel

Fungsi Surat Lamaran Kerja CPNS

Fungsi Surat Lamaran Kerja CPNS

Surat lamaran kerja memang menjadi salah satu persyaratan saat mendaftar lowongan CPNS. Tapi tujuan sebenarnya adalah surat ini merupakan permohonan resmi seseorang untuk bekerja di instansi yang ditujunya. Oleh sebab itu, harus ditulis dengan baik dan rapi, formal, tidak berbelit-belit, serta menjelaskan maksud lamarannya.

Beberapa instansi tidak mengharuskan si pelamar melampirkan sertifikat, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), dan dokumen lainnya. Namun untuk melamar CPNS, beberapa berkas harus disertakan sebagai pendukung surat lamaran. Maka, contoh surat lamaran CPNS di bawah akan menyertakan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melamar ke instansi, baik pemerintah pusat ataupun tingkat provinsi dan daerah.

Surat lamaran kerja CPNS yang baik mampu menjembatani maksud si pelamar dengan instansi yang ditujunya. Surat lamaran menjadi alat komunikasi sebelum instansi tersebut bertemu langsung dengan calon pegawainya. Itulah sebabnya surat lamaran kerja tidak bertele-tele sehingga pesan yang ingin disampaikan langsung dipahami. Satu lagi, surat lamaran kerja pun menjadi bahan pertimbangan apakah seseorang layak diterima kerja atau tidak.


Sekilas Tentang Seleksi CPNS

Sekilas Tentang Seleksi CPNS

Setelah mengetahui fungsi surat lamaran kerja, khususnya untuk lowongan CPNS di atas, selanjutnya perlu juga tahu seputar tes atau seleksi CPNS. Proses ini berbeda dengan tahapan seleksi di perusahaan BUMN atau instansi swasta lainnya. Jadi, simak penjelasan di bawah ini dahulu baru melihat beberapa contoh surat lamaran CPNS selanjutnya:

1. Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi adalah tahap pertama seseorang dalam rangkaian seleksi CPNS. Di sini si pelamar harus mengunggah (upload) beberapa persyaratan yang diminta, seperti surat lamaran, ijazah, pas foto, KTP, transkrip nilai, dan sebagainya. Jangan sampai salah unggah dan memberi nama file sebab tak sedikit calon peserta tidak lolos di tahap seleksi administrasi karena kesalahan-kesalahan kecil.

Beberapa kesalahan yang sering ditemui adalah surat lamaran tidak ditujukan ke kementerian atau instansi yang dilamar, warna latar belakang foto tidak sesuai, atau lupa mengunggah dokumen yang diminta. Setiap kementerian, instansi, dan daerah memberikan persyaratan yang berbeda sehingga si pelamar harus teliti dalam membacanya. Satu kesalahan kecil bisa menyebabkan seseorang gugur dan tidak lolos ke tahap berikutnya.

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Buat yang sudah lolos seleksi administrasi, maka akan lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu seleksi kompetensi dasar (SKD). Tes ini menggunakan Computer Assisted Test (CAT), artinya seseorang mengerjakan langsung soal-soal melalui komputer. Cara ini sudah diterapkan sejak tahun 2013 dan dianggap sebuah kemajuan dalam tes CPNS. Hasil tes bersifat real time, lebih transparan, objektif, dan kompetitif, sehingga terhindar dari kegiatan “titip-menitip”. Berikut adalah seputar SKD yang harus diketahui:

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Sesuai namanya, tes ini bertujuan untuk menguji wawasan kebangsaan si pelamar. TWK pun dianggap sebagai tolak ukur sejauh mana seseorang memahami Indonesia karena soal-soalnya seputar UUD 1945, Pancasila, bahasa Indonesia, serta topik-topik Bhinneka Tunggal Ika. Ada juga beberapa soal yang bersinggungan dengan sejarah bangsa Indonesia.

Tes Intelegensia Umum (TIU)

Hasil TIU menggambarkan kemampuan verbal, numerik, logika, serta berpikir analitis seseorang. Ada lima materi yang akan diujikan, yaitu sinonim, antonim, analogi, deret, dan penalaran logis. Kurang lebih sifatnya mirip seperti psikotes. Oleh sebab itu, perlu latihan yang cukup intensif agar terbiasa dengan soal-soalnya.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Terakhir, TKP merupakan soal-soal yang berkaitan dengan pemahaman terhadap diri sendiri. TKP berbeda dengan TIU karena cenderung menganalisis kelebihan dan kekurangan pribadi seseorang. Seluruh pertanyaannya harus dijawab karena tidak ada jawaban salah dan benar. Hasil TKP sepenuhnya tetang kepribadian orang tersebut.

3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Tes SKB meliputi uji potensi akademik, tes praktik kerja, kemampuan bahasa asing, fisik dan psikotes, kesehatan, hingga wawancara. Oleh sebab itu, ada beberapa tes yang menggunakan CAT, ada juga yang dilakukan secara langsung. Untuk posisi yang memerlukan kemampuan teknik khusus, seseorang akan dites praktik kerja.

SKB merupakan tahapan terakhir dari serangkaian tes CPNS. Seseorang yang tidak lolos seleksi administrasi tidak akan bisa mencapai tahap ini meskipun fisiknya kuat, kemampuan teknis handal, serta akademiknya bagus. Oleh sebab itu, seseorang harus memperhatikan betul syarat-syarat administrasi yang diberikan, termasuk mengetahui contoh surat lamaran CPNS untuk sejumlah instansi.


Jenis CPNS Berdasarkan Level Instansi

Jenis CPNS Berdasarkan Level Instansi

Contoh surat lamaran CPNS untuk setiap instansi akan berbeda. Salah satunya berkas-berkas apa saja yang akan dilampirkan. Oleh sebab itu, baca dengan detail persyaratan apa yang diminta dan instansi apa yang dituju. Namun secara garis besar formatnya kurang lebih sama dan harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Ada tiga jenis instansi yang bisa dituju, yaitu kementerian pusat, pemerintah provinsi, serta pemerintah kabupaten atau kota. Salah satu tips untuk lolos adalah pilih instansi yang tidak banyak saingannya serta melamar posisi yang kuota penerimaannya banyak. Selain itu, tentu saja seseorang harus belajar giat serta banyak berdoa. Sekarang, saatnya menyimak beberapa contoh surat lamaran CPNS berikut ini:

Baca Juga: Contoh Surat Resign


1. Kementerian Pusat

PNS yang bekerja di kementerian pusat dibawahi langsung oleh Menteri. Oleh sebab itu, kebijakannya akan mempengaruhi pemerintah daerah, baik di level provinsi maupun kabupaten atau kota. Walaupun demikian, fungsi utamanya sama yaitu melayani masyarakat, hanya saja bentuk pekerjaannya yang berbeda. Inilah contoh surat lamaran CPNS untuk beberapa kementerian pusat:

 Contoh Surat Lamaran CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Contoh Surat Lamaran CPNS Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Surat Lamaran CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

…, … … … (diisi dengan tempat, tanggal-bulan-tahun saat surat dibuat)

 

Yth. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

di Jakarta

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : …

Tempat/Tanggal Lahir : … / … … …

Jenis Kelamin : …

Pendidikan Terakhir : …

Formasi yang Dilamar:

Jenis : … (isikan sesuai formasi yang dilamar: umum atau khusus)

Jabatan : …

Unit Kerja Penempatan : …

Alamat Domisili : … (isikan alamat lengkap sesuai KTP)

 

Dengan ini menyampaikan surat lamaran untuk dapat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun … (isikan sesuai tahun lamaran)

 

Sebagai bahan pertimbangan, disampaikan berkas kelengkapan yang telah diunggah sebagai berikut:

  1. Surat lamaran yang ditulis tangan dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam, ditujukan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan;
  2. Surat pernyataan;
  3. KTP elektronik (e-KTP) asli;
  4. Pasfoto berlatar belakang merah;
  5. Ijazah asli;
  6. Transkrip/daftar nilai asli;
  7. Sertifikat akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi;*)
  8. Surat keterangan asli dari dokter yang menerangkan tentang jenis dan/atau tingkat disabilitas yang dialami;**)
  9. Asli akta kelahiran dan/atau surat keterangan lahir,***)
  10. Asli KTP orang tua (bapak kandung dan/atau ibu kandung):***)
  11. Asli surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku yang menyatakan bahwa orang tua (bapak dan/atau ibu) adalah asli Papua/Papua Barat.***)

 

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun … (diisi sesuai tahun melamar). Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

(ditandatangani)

 

(Nama Lengkap)

 

*) berkas nomor 7 hanya berlaku bagi pelamar dengan kriteria formasi cumlaude.

**) berkas nomor 8 hanya berlaku bagi pelamar disabilitas yang melamar pada formasi disabilitas atau formasi umum atau khusus lainnya (selain formasi disabilitas).

***) berkas nomor 9, 10, dan 11 hanya berlaku bagi pelamar dengan kriteria formasi putra/putri Papua dan Papua Barat.

 Contoh Surat Lamaran CPNS Kementerian Luar Negeri

Contoh Surat Lamaran CPNS Kementerian Luar Negeri

Surat Lamaran CPNS Kementerian Luar Negeri

Kepada Yang Terhormat

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia

di Jakarta

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : …

Tempat/Tanggal Lahir : … / … … …

Nomor KTP/Identitas : …

Jenis Kelamin : …

Pendidikan Terakhir : …

Alamat Domisili : … (isikan alamat lengkap sesuai KTP)

 

Mengajukan lamaran sebagai calon pelamar seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Luar negeri Tahun Anggaran … (isikan sesuai tahun melamar) untuk Jabatan … (isi sesuai posisi yang dilamar).

 

Untuk memenuhi syarat administrasi pendaftaran, terlampir saya sampaikan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan, sebagaimana tercantum dalam Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Luar Negeri Tahun Anggaran … (isikan sesuai tahun melamar). Dalam kaitannya dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang pada tahap Ujian Kemampuan Bahasa Asing, saya memilih untuk diuji menggunakan Bahasa … (pilih bahasa yang diinginkan).

 

Demikian surat lamaran ini dibuat, adapun seluruh data dan dokumen yang saya kirimkan adalah benar. Apabila di kemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian Luar Negeri Tahun Anggaran … (isikan sesuai tahun melamar) untuk membatalkan keikutsertaan saya pada seleksi penerimaan CPNS Kementerian Luar Negeri Tahun Anggaran … (isikan sesuai tahun melamar).

 

Demikian saya sampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

 

…, … … … (diisi dengan tempat, tanggal-bulan-tahun saat surat dibuat)

 

Hormat saya,

 

(ditandatangani dan diberi materai Rp6.000)

 

(Nama lengkap dan gelar)


Contoh Surat Lamaran CPNS Kementerian Hukum dan HAM

Contoh Surat Lamaran CPNS Kementerian Hukum Dan HAM

Surat Lamaran CPNS Kementerian Hukum dan HAM

…, … … … (diisi dengan tempat, tanggal-bulan-tahun saat surat dibuat)

 

Yth. Menteri Koordinator

Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan

di Jakarta

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama/Gelar : …

Tempat/Tanggal Lahir : … / … … …

Jenis Kelamin : …

Pendidikan Terakhir : …

Jabatan yang Dilamar : …

Alamat Domisili : … (isikan alamat lengkap sesuai KTP)

 

Dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dapat mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Koordinator Bidang, Politik, Hukum, dan Keamanan Tahun Anggaran … (isikan sesuai tahun melamar). Sebagai bahan pertimbangan, berikut disampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Unggah Surat lamaran bermaterai Rp. 6000,-. ditujukan Kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan di Jakarta dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam. (asli)
  2. Unggah Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Fotokopi Surat Keterangan telah melakukan Rekaman Kependudukan.*
  3. Unggah Ijazah. (asli)
  4. Unggah Transkrip Nilai.(asli)
  5. Unggah Surat Pernyataan dari pelamar bermaterai 6.000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam. (asli)
  6. Unggah Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen dari pelamar bermaterai Rp. 6000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam. (asli)
  7. Unggah Pas photo berlatar belakang warna merah ukuran 3 x 4. (asli)

 

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi CPNS Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Tahun Anggaran … (isikan sesuai tahun melamar). Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

(ditandatangani dan diberi materai Rp6.000)

 

(Nama lengkap dan gelar)

*) Pilih salah satu sesuai dokumen yang dimiliki.


Contoh Surat Lamaran CPNS Kementerian Agama

Contoh Surat Lamaran CPNS Kementerian Agama 1

Surat Lamaran CPNS Kementerian Agama

Kepada

Yth. Menteri Agama Republik Indonesia

di Jakarta

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : …

Tempat/Tanggal Lahir : … / … … …

Agama : …

Kewarganegaraan : …

Pendidikan Terakhir : …

Alamat : … (isikan alamat lengkap sesuai KTP)

Nomor Telp : … (isikan nomor telepon rumah atau ponsel yang dapat dihubungi)

 

Dengan ini mengajukan permohonan untuk mengikuti ujian Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama Tahun … (isikan sesuai tahun melamar) dengan jenis formasi … (isi sesuai dengan formasi yang dilamar).

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Tanda bukti pendaftaran CPNS online tahun … (isikan sesuai tahun melamar);
  2. Fotokopi ijazah terakhir dan transkrip nilai sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang telah dilegalisir;
  3. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar;
  4. Fotokopi KTP/Surat Keterangan KTP sementara yang masih berlaku;
  5. Fotokopi Kartu Keluarga (KK);
  6. Fotokopi bukti perguruan tinggi dalam negeri dan/atau program studi terakreditasi dalam BAN-PT pada saat kelulusan;
  7. Surat pernyataan bebas narkoba bermaterai Rp6.000,-;
  8. Surat pernyataan siap ditempatkan di seluruh unit kerja Kementerian Agama bermaterai Rp6.000,-.

 

Demikian permohonan ini saya buat dengan sebenarnya. Apabila di kemudian hari ternyata data yang disampaikan tidak benar, saya bersedia tidak diloloskan dalam proses seleksi CPNS tahun … (isikan sesuai tahun melamar).

 

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

…, … … … (diisi dengan tempat, tanggal-bulan-tahun saat surat dibuat)

 

Hormat saya,

 

(ditandatangani dan diberi materai Rp6.000)

 

(Nama Lengkap)


Contoh Surat Lamaran CPNS Kementerian Komunikasi dan Informatika

Contoh Surat Lamaran CPNS Kementerian Komunikasi Dan Informatika

Surat Lamaran CPNS Kementerian Komunikasi dan Informatika

Kepada

Yth. Menteri Komunikasi dan Informatika

di Jakarta

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : …

Tempat/Tanggal Lahir : … / … … …

Jenis Kelamin : …

Pendidikan/Universitas : …

Alamat Domisili : … (isikan alamat lengkap sesuai KTP)

 

Dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dapat mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Kominfo Tahun Anggaran … (isikan sesuai tahun melamar). Sebagai bahan pertimbangan, berikut disampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Hasil scan Surat Lamaran ditujukan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika di Jakarta dan ditandatangani;
  2. Hasil scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan telah melakukan Rekaman Kependudukan.*;
  3. Hasil scan ijazah dan transkrip nilai asli;
  4. Hasil scan surat pernyataan dari pelamar yang ditandatangani di atas materai Rp6.000;
  5. Hasil scan akta kelahiran/surat keterangan lahir yang diperkuat surat keterangan berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak atau ibu) asli Papua dari kelurahan/kepala desa.**;
  6. Pas foto berlatar belakang warna biru/merah.

 

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila di kemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia seleksi CPNS Kementerian Kominfo untuk membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi CPNS Kementerian Kominfo Tahun Anggaran … (isikan sesuai tahun melamar).

 

Demikian surat lamaran ini saya buat. Atas perhatian Bapak Menteri diucapkan terima kasih.

 

…, … … … (diisi dengan tempat, tanggal-bulan-tahun saat surat dibuat)

 

Hormat saya,

 

(ditandatangani dan diberi materai Rp6.000)

 

(Nama Lengkap)

*) Pilih salah satu sesuai dokumen yang dimiliki.

**) Khusus bagi pelamar kriteria Putra/Putri Papua dan Papua Barat.


2. Instansi Provinsi

Pimpinan pemerintah provinsi adalah seorang gubernur. Kebijakan yang dibuat oleh pemerintah pusat akan diturunkan ke pemerintah provinsi untuk diteruskan ke instansi tingkat kabupaten atau kota. Pada saat mendaftar CPNS pemerintah provinsi, seorang pelamar tetap harus memberikan surat lamaran ke pemerintah provinsi tersebut. Berikut adalah contoh surat lamaran CPNS yang bisa dijadikan referensi:

 Contoh Surat Lamaran CPNS Pemerintah Provinsi (Tipe 1)

Contoh Surat Lamaran CPNS Pemerintah Provinsi Tipe 1

Surat Lamaran CPNS Pemerintah Provinsi

…, … … … (diisi dengan tempat, tanggal-bulan-tahun saat surat dibuat)

 

Kepada

Yth. Gubernur … (isi sesuai wilayah)

c.q. Panitia Pelaksana Seleksi

Penerimaan CPNS Provinsi … (isi sesuai wilayah)

Tahun … (isi sesuai tahun melamar)

di tempat

 

Perihal: Lamaran menjadi CPNS di Lingkungan Pemerintahan Provinsi … (isi sesuai wilayah) Tahun … (isi sesuai tahun melamar)

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : …

Tempat/Tanggal Lahir : … / … … …

Pendidikan : …

Alamat : … (isikan alamat lengkap sesuai KTP)

Nomor Telp/Ponsel : …

Email : …

 

Dengan ini mengajukan lamaran menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Pemerintahan Provinsi … (isi sesuai wilayah) Tahun … (isi sesuai tahun melamar). Adapun formasi jabatan dan kualifikasi pendidikan yang ingin saya lamar adalah:

  1. Formasi Jabatan : …
  2. Kualifikasi Pendidikan : …
  3. Unit Kerja Penempatan : …

 

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan berkas-berkas pendukung sebagai berikut:

  1. Hasil scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli / Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil asli;*)
  2. Hasil scan ijazah perguruan tinggi asli dan ijazah profesi asli;**)
  3. Hasil scan transkrip nilai akademik asli dan transkrip nilai profesi asli;**)
  4. Pas foto ukuran 4 x 6 berlatar belakang merah;
  5. Dokumen pendukung lainnya, berupa:***)
    1. Scan sertifikat BAN-PT pada saat kelulusan sesuai tanggal pada ijazah kelulusan;
    2. Scan surat tanda registrasi (STR) (bukan magang) sesuai jabatan yang dilamar yang masih berlaku pada saat pendaftaran bagi Dokter/Bidan/Perawat/Fisioterapis/Apoteker/Asisten Apoteker/Pranata Laboratorium Kesehatan/Teknisi Elektromedis/Radiografer/Refraksionis Optisien/Perekam Medis/Nutrisionis;
    3. Scan Sertifikat Kompetensi Apoteker (SKA) yang masih berlaku untuk tenaga kesehatan apoteker;
    4. Scan Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian (STRTTK) untuk Tenaga Kesehatan Asisten Apoteker;
    5. Scan surat keterangan dokter yang menerangkan jenis/tingkat disabilitas;
    6. Scan sertifikat pendidik bagi pelamar formasi guru yang sudah memiliki sertifikat Pendidikan Profesi Guru (PPG);
    7. Scan hasil keputusan penyetaraan kesesuaian ijazah bagi calon pelamar lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang sudah melakukan penyetaraan ijazah di Kemristekdikti.

 

Demikian permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

(ditandatangani dan diberi materai Rp6.000)

 

(Nama Lengkap)

*) Pilih salah satu sesuai dokumen yang dimiliki.

**) Hanya untuk jabatan dokter, perawat, dan apoteker.

***) Hanya melampirkan dokumen yang dibutuhkan.


 Contoh Surat Lamaran CPNS Pemerintah Provinsi (Tipe 2)

Contoh Surat Lamaran CPNS Pemerintah Provinsi Tipe 2

Surat Lamaran CPNS Pemerintah Provinsi

…, … … … (diisi dengan tempat, tanggal-bulan-tahun saat surat dibuat)

 

Kepada

Yth. Gubernur … (isi sesuai wilayah)

c.q. Kepala Badan … (isi sesuai instansi yang dilamar)

Provinsi … (isi sesuai wilayah)

di tempat

 

Perihal: Lamaran kerja CPNSD Pemerintah Provinsi … (isi sesuai wilayah) Tahun … (isi sesuai tahun melamar)

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : …

Tempat/Tanggal Lahir : … / … … …

Pendidikan/Tahun Lulus : …

Agama : …

Jenis Kelamin : …

Alamat Domisili : …

Nomor Telp/Ponsel : …

 

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu untuk mengikuti seleksi penerimaan CPNSD Pemerintah Provinsi … (isi sesuai wilayah) Tahun … (isi sesuai tahun melamar) dengan jenis jabatan:

Formasi : … (isi sesuai formasi umum atau khusus)

Nama Jabatan : … (isi sesuai posisi yang dilamar)

Kualifikasi Pendidikan : …

Unit Kerja Penempatan : …

 

Sebagai kelengkapan administrasi, bersama ini saya lampirkan:

  1. Foto kopi ijazah yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang;
  2. Foto kopi transkrip nilai yang telah dilegalisir;
  3. Pas foto 3 x 4 cm dengan warna latar belakang merah;
  4. Foto kopi Surat Tanda Registrasi (STR) untuk jabatan tenaga kesehatan;
  5. Foto kopi sertifikat profesi dokter dan dokter spesialis;
  6. Bukti pendaftaran/registrasi online yang sudah distempel;
  7. Foto kopi Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  8. Foto kopi sertifikat pendidik bagi pelamar profesi guru;
  9. Surat penyeteraan ijazah dan surat keterangan predikat kelulusan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (bagi lulusan luar negeri).

 

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dan disampaikan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

(ditandatangani dan diberi materai Rp6.000)

 

(Nama Lengkap)


3. Pemerintah Kabupaten/Kota

Lembaga pemerintah daerah bertanggung jawab secara langsung kepada kepala daerah, yaitu bupati atau wali kota. Adapun instansi daerah setempat disesuaikan dengan beberapa pertimbangan, seperti karakteristik tempat, potensi, serta kebutuhan daerah tersebut. Beberapa orang menyasar CPNS tingkat kabupaten atau kota karena mereka menganggap lebih berpeluang diterima. Berikut adalah contoh surat lamaran CPNS untuk pemerintah kabupaten atau kota:

Contoh Surat Lamaran CPNS Pemerintah Kabupaten/Kota (Tipe 1)

Kota Tipe 1

Surat Lamaran CPNS Pemerintah Kabupaten/Kota

…, … … … (diisi dengan tempat, tanggal-bulan-tahun saat surat dibuat)

 

Kepada

Yth. Bapak Bupati … (isi sesuai wilayah)

c.q. Kepala Badan … (isi sesuai instansi yang dilamar)

Kabupaten … (isi sesuai wilayah)

di tempat

 

Perihal: Lamaran Pekerjaan

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nomor Identitas Kependudukan (NIK) :

Nama : …

Tempat/Tanggal Lahir : … / … … …

Status : … (isi dengan pilihan kawin atau belum kawin)

Pendidikan : …

Kriteria Formasi : … (isi sesuai formasi umum atau khusus)

Email : …

Nomor Telp/Ponsel : …

Alamat Lengkap : …

 

Dengan ini mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk dapat diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten … (isi sesuai wilayah) Tahun … (isi sesuai tahun melamar) dari formasi jabatan … (isi dengan posisi yang dilamar) dengan formasi penempatan di … (isi dengan lokasi yang dituju).

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya sampaikan beberapa persyaratan sesuai yang tercantum pada laman https://sscasn.bkn.go.id berikut ini:

  1. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)/ Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat;
  2. Scan ijazah sesuai dengan kualifikasi pendidikan;
  3. Scan transkrip nilai;
  4. Scan Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi dan Jurusan / Program Studi yang dikeluarkan oleh BAN-PT;
  5. Scan ijazah pendidikan profesi bagi pelamar jabatan dokter umum, dokter gigi, dan perawat;
  6. Scan Asli Surat Tanda Registrasi (STR) untuk pelamar jabatan tenaga kesehatan (bukan internship) atau Sertifikat Pendidik yang dikeluarkan oleh KEMENDIKBUD / KEMENRISTEKDIKTI / KEMENAG untuk pelamar jabatan guru;
  7. Scan bukti akreditasi perguruan tinggi dan program studi pada saat kelulusan terakreditasi A bagi pelamar kriteria formasi Lulusan Terbaik / Cumlaude;
  8. Scan Surat Keterangan Jenis dan Derajat Kedisabilitasan dari dokter rumah sakit pemerintah atau puskesmas bagi pelamar kriteria formasi Disabilitas;
  9. Scan Asli Surat Pernyataan kebenaran dan keabsahan data.

 

Demikianlah permohonan ini saya buat dan sampaikan dengan harapan dapat diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten … (isi sesuai wilayah). Atas perhatian dan pertimbangan Bapak, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

(ditandatangani dan diberi materai Rp6.000)

 

(Nama Lengkap)


Contoh Surat Lamaran CPNS Pemerintah Kabupaten/Kota (Tipe 2)

Kota Tipe 2

Surat Lamaran CPNS Pemerintah Kabupaten/Kota

…, … … … (diisi dengan tempat, tanggal-bulan-tahun saat surat dibuat)

 

Kepada

Yth. Bapak Bupati … (isi sesuai wilayah)

di tempat

 

Lampiran : … Lembar

Perihal : Pendaftaran CPNS Pemerintah Kabupaten … (isi sesuai wilayah) Formasi Tahun … (isi sesuai tahun melamar)

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : …

Tempat/Tanggal Lahir : … / … … …

Jenis Kelamin : …

Alamat Domisili : …

Nomor Telp/HP : …

Email : …

 

Mengajukan permohonan untuk mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten … (isi sesuai wilayah) Tahun … (isi sesuai tahun melamar), untuk jenis jabatan:

Formasi : … (isi sesuai umum atau khusus)

Nama Jabatan yang Dilamar : …

Kualifikasi Pendidikan Pelamar : …

Unit Kerja Penempatan : …

 

Sebagai bahan pertimbangan, terlampir saya sampaikan dokumen yang diunggah melalui https://sscasn.bkn.go.is dan saya bertanggung jawab atas kebenaran dokumen yang saya berikan, serta bersedia dinyatakan gugur dan menerima sanksi apabila dikemudian hari ditemukan dokumen yang saya berikan tidak sesuai atau benar.

 

Demikian surat ini saya buat. Atas perhatiannya, saya ucapkan teirma kasih.

 

Hormat saya,

 

(ditandatangani dan diberi materai Rp6.000)

 

(Nama Lengkap)

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenag


Ketahui Perbedaan Formasi Umum dan Khusus

Pada beberapa contoh surat lamaran CPNS di atas menyebutkan formasi yang dipilih oleh si pelamar. Memang ada dua jenis formasi dalam penerimaan CPNS, yaitu formasi umum dan khusus. Formasi umum pada instansi pusat meliputi jabatan fungsional dan pelaksana. Intinya, pegawai melaksanakan tugas teknis dan inti di bidang sesuai instansi yang dilamarnya.

Sedangkan, untuk formasi khusus ditujukan bagi pelamar dengan kriteria tertentu, misalnya disabilitas, lulusan terbaik (cumlaude), putra/putri Papua dan Papua Barat, diaspora (peneliti, dosen, dan perekayasa), olahragawan berprestasi internasional, serta tenaga pendidik dan tenaga kesehatan eks-tenaga honorer kategori-II.

Apabila pelamar ada yang melamar melalui formasi khusus, berikut adalah beberapa contoh surat lamaran CPNS yang bisa dijadikan referensi:

Contoh Surat Lamaran CPNS Disabilitas

Contoh Surat Lamaran CPNS Disabilitas Scaled

Surat Lamaran CPNS Disabilitas

Kepada

Yth. Menteri … Republik Indonesia (isi sesuai instansi yang dilamar)

c.q. Kepala Kantor Wilayah Kementerian … (isi sesuai instansi yang dilamar)

Provinsi … (isi sesuai wilayah apabila melamar CPNS instansi provinsi)

di tempat

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : …

Tempat/Tanggal Lahir : … / … … …

Agama : …

Jenis Kelamin : …

Pendidikan Terakhir : …

Alamat : …

Nomor Telp/HP : …

Email : …

 

Dengan ini mengajukan permohonan untuk dapat mengikuti ujian Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian … (isi sesuai instansi yang dilamar) Tahun … (isi sesuai tahun melamar) dengan jenis ketenagaan/jabatan … (isi dengan jenis ketenagaan sesuai dengan formasi yang dilamar).

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Bukti pendaftaran CPNS online Tahun … (isi sesuai tahun melamar);
  2. Ijazah terakhir dan transkrip nilai sesuai kualifikasi pendidikan yang telah dilegalisir;
  3. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm;
  4. Fotokopi KTP/Surat Keterangan KTP sementara yang masih berlaku;
  5. Fotokopi Kartu Keluarga (KK);
  6. Fotokopi bukti perguruan tinggi dalam negeri dan/atau program studi terakreditasi dalam BAN-PT pada saat kelulusan;
  7. Surat pernyataan bebas narkoba bermaterai Rp6.000;
  8. Surat pernyataan siap ditempatkan di seluruh unit kerja Kementerian … (isi sesuai instansi yang dilamar) bermaterai Rp6.000;
  9. Surat Keterangan Dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis/tingkat Disabilitas berkesesuaian/relevan dengan jabatan/formasi yang dilamar.

 

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya. Apabila di kemudian hari ternyata data yang disampaikan tidak benar, saya bersedia untuk menerima sanksi.

 

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

…, … … … (diisi dengan tempat, tanggal-bulan-tahun saat surat dibuat)

 

Hormat saya,

 

(ditandatangani dan diberi materai Rp6.000)

 

(Nama Lengkap)


 Contoh Surat Lamaran CPNS Putra/Putri Papua

 Contoh Surat Lamaran CPNS Putra

Surat Lamaran CPNS Putra/Putri Papua

Kepada

Yth. Menteri … Republik Indonesia (isi sesuai instansi yang dilamar)

c.q. Kepala Kantor Wilayah Kementerian … (isi sesuai instansi yang dilamar)

Provinsi … (isi sesuai wilayah apabila melamar CPNS instansi provinsi)

di tempat

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : …

Tempat/Tanggal Lahir : … / … … …

Agama : …

Kewarganegaraan : …

Pendidikan Terakhir : …

Alamat : …

Nomor Telp/HP : …

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Bukti pendaftaran CPNS online Tahun … (isi sesuai tahun melamar);
  2. Ijazah terakhir dan transkrip nilai sesuai kualifikasi pendidikan yang telah dilegalisir;
  3. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm;
  4. Fotokopi KTP/Surat Keterangan KTP sementara yang masih berlaku;
  5. Fotokopi Kartu Keluarga (KK);
  6. Fotokopi bukti perguruan tinggi dalam negeri dan/atau program studi terakreditasi dalam BAN-PT pada saat kelulusan;
  7. Surat pernyataan bebas narkoba bermaterai Rp6.000;
  8. Surat pernyataan siap ditempatkan di seluruh unit kerja Kementerian … (isi sesuai instansi yang dilamar) bermaterai Rp6.000;
  9. Fotocopy Akte Kelahiran dan/atau surat keterangan lahir berdasarkan garis keturunan orang tua (Bapak/Ibu) asli Papua atau Papua Barat;
  10. Surat Keterangan Kepala Desa/Kepala Suku yang menerangkan garis keturunan orang tua (Bapak/Ibu) asli Papua atau Papua Barat.

 

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya. Apabila di kemudian hari ternyata data yang disampaikan tidak benar, saya bersedia untuk menerima sanksi.

 

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

…, … … … (diisi dengan tempat, tanggal-bulan-tahun saat surat dibuat)

 

Hormat saya,

 

(ditandatangani dan diberi materai Rp6.000)

 

(Nama Lengkap)


Contoh Surat Lamaran CPNS

 

Contoh Surat Lamaran CPNS

 

Contoh surat lamaran cpns berikut ini merupakan format resmi yang di download dari website resmi Menkumham tahun 2018. Format ini berlaku untuk persyaratan tes CPNS 2019 dan tahun berikutnya.

Surat Lamaran CPNS

 

  …………………., .….…………….2018

(tanggal sesuai pada saat peserta pilih/daftar instansi di potal SSCN)

Yth. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI

Di –

Jakarta

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                    : …………………………..

Tempat/Tanggal Lahir    : …………….., ……………………………

Jenis kelamin                     : Pria

Pendidikan                         : SMA/SMK ..…………… (jurusan IPS/IPS/)

Jabatan yang dilamar      : Penjaga Tahanan/ formasi………(umum/ Putra/I Papua)

Alamat                                  :               ………………………(sesuai domisili)

Dengan ini menyampaikan surat lamaran dan dokumen persyaratan agar dapat diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2018. Sebagai bahan pertimbangan, kami lampirkan sebagai berikut:

  1. ….
  2. ….
  3. ….dst. (sesuai persyaratan pada pengumuman)

 

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila di kemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/ kelulusan saya pada seleksi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2018. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

ditandatangani

(nama_lengkap)

 


Cara Membuat Surat Lamaran CPNS

Cara Membuat Surat Lamaran CPNS

Terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan saat membuat surat lamaran CPNS. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa membantu saat akan membuat surat lamaran CPNS.


1. Pastikan Telah melakukan Pendaftaran secara Online

Sebelum membuat surat lamaran CPNS, Anda harus registrasi dulu secara online di situs Sistem Selekasi CPNS Nasional Badan Kepegawaian Negara (SSCN BKN). Langkah yang pertama adalah melakukan registrasi dan membuat akun terlebih dahulu.

Caranya cukup mudah, setelah membuka website tersebut, langsung saja klik registrasi. Selanjutnya tinggal mengisikan NIK, Nomor KK. Pastikan NIK dan Nomor KK telah terdaftar di Dinas Kependudukan setempat.

Pada proses selanjutnya juga akan diminta untuk mengisi alamat, email aktif, password akun portal SSCN dan pertanyaan keamanan. Lalu unggah pas photo (min. 120 kb max 200 kb dengan format JPG).

Kartu bisa di cetak dan menyimpannya. Lalu, langsung saja mencoba untuk login ke SSCN menggunakan akun yang sudah di buat, dan lihat langkah-langkah pendaftaran selanjutnya.


2. Lihat Format Resmi

Saat akan membuat surat lamaran CPNS, perlu untuk melihat contoh resminya terlebih dahulu, agar tidak terjadi kesalahan atau kebingungan saat membuatnya. Format surat bisa berbeda – beda, tergantung posisi yang dituju.

Jika ingin melamar ke bagian umum, caranya tinggal membuka website Menkumham resmi, dan sana pasti terdapat format surat lamaran CPNS.


3. Surat Lamaran CPNS di Ketik, Bukan Tulis Tangan

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah surat lamaran CPNS dibuat dengan cara diketik menggunakan computer atau laptop. Jangan disamakan dengan membuat surat lamaran seperti di pabrik, yang biasanya dibuat secara manual.


4. Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Salah satu penilaian lain adalah tata bahasa yang digunakan. Jangan sampai menulis surat dengan bahasa yang tidak baku, sudah dipastikan tidak akan lolos secara Administrasi jika melakukannya.

Surat lamaran merupakan salah satu etika untuk meminta izin kepada pemilik lapangan pekerjaan  agar diterima, untuk itu surat harus benar  – benar dibuat dengan rapi dan bahasa yang baik.

Ada banyak contoh surat lamaran CPNS jika tidak memiliki inspirasi untuk membuat surat lamaran.


5. Hindari Salah Ketik atau Typo

Sama seperti point sebelumnya, kesalahan dalam penulisan entah itu disengaja maupun tidak, tidak akan pernah ditoleransi. Ingat, pesaing tes CPNS cukup ketat, sehingga pihak yang melakukan seleksi pun akan memilih yang sempurna.

Sehingga, yang harus dilakukan adalah melakukan cek ulang sebelum mengirimkannya. Karena seleksi secara administrasi merupakan gerbang menuju tes CPNS. Jika sudah ditolak digerbangnya, bagaimana bisa masuk.

Untuk itu, ketelitian dalam membuat surat sangat dibutuhkan. Tidak perlu terburu – buru saat menulis surat lamaran agar tidak terjadi kesalahan. Saat membuat surat pastikan kondisi tubuh dalam kondisi cukup fit, agar tetap bisa fokus.


6. Lampirkan Dokumen Sesuai dengan Persyaratan

Selain menuliskan surat, juga harus melengkapi persyaratan lampiran atau yang biasa disebut dengan berkas kelengkapan. Berkas – berkas tersebut juga dicantumkan di dalam isi surat, dan dilampirkan, sebagai bukti.

Berkas – berkas yang harus dilampirkan adalah seperti fotokopi KTP, Fotokopi Ijazah dan transkrip nilai, pas foto ukuran 3 x 4 cm sebanyak 6 (enam) lembar, fotokopi akta kelahiran, fotokopi KTP orang tua, dan surat keterangan hubungan keluarga.

Semua berkas tersebut harus di lengkapi, jangan sampai ada yang kurang meskipun hanya satu. Selain itu, berkas yang di lampirkan harus jelas, jadi pastikan hasil photocopy –nya jelas atau paling tidak bisa terbaca.

Nah, mungkin itu saja tentang cara menulis surat lamaran CPNS. Tidak banyak yang harus  dilakukan, kuncinya hanyalah harus teliti. Untuk berjaga-jaga, bisa minta koreksi kepada teman atau siapapun yag dipercaya.

Setelah berbicara mengenai cara, mungkin hal selanjutnya yang perlu kita bicarakan adalah tentang contoh surat lamaran CPNS. Berikut adalah salah satu contoh yang bisa Anda lihat jika mengalami kebingungan dalam proses pembuatan.

Baca Juga: Contoh CV


Yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Surat Lamaran CPNS

Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Surat Lamaran CPNS

Dalam pembuatan surat, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. berikut adalah beberapa diantaranya:


Ukuran Kertas dan Margin

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ukuran kertas. Ukuran Kertas untuk membuat surat lamaran CPNS adalah A4. Soal margin bisa coba melihat di format surat lamarannya.

Untuk mengatur soal ukuran kertas dan margin, caranya bisa langsung saja membuka Microsoft Word dan pilih menu Page Layout. Jika perlu, bisa mengatur semuanya disana, mulai dari ukuran kertas dan margin.


Atur Format Penulisan

Maksud dari point ini adalah harus mengatur terlebih dahulu mulai dari ukuran font, jenis font, paragraph dan spasi.

Font yang digunakan pada umunya adalah font serif, seperti Times New Roman, Tahoma, dan lain sebagainya sesuai dengan format. Ukurannya biasanya adalah 12 pt.

Bentuk paragraph adalah rata kanan kiri atau Justify, sehingga tidak ada yang menjorok kedalam. Spasi yang digunakan adalah 1,5 pt. Untuk mengatur semua itu ada pada menu Home.


Di Sudut Kanan Atas Berisi Keterangan Waktu Pembuatan Surat

Langkah selanjutnya,  bisa langsung menuliskan tanggal dan tempat membuat surat. Perlu diperhatikan, tanggal yang dimaksud disini bukan tanggal saat menulis surat, melainkan tanggal saat melakukan pendaftaran.

Tanggal tersebut merupakan tanggal saat mendaftar secara online, jadi jangan sampai salah. Pastikan dengan betul, karena semua prosesi pendaftaran CPNS saling berkesinambungan.

Contoh dari pengisian tanggal misalnya seperti “Jember, 10 September 2019”. Simpel sekali bukan, jadi jangan sampai terjadi kesalahan disini. Nama kota harus menggunakan huruf kapital di awal huruf, begitu juga dengan penulisan bulan.


Tujuan Surat

Langkah selanjutnya, setelah menulis waktu dan tempat pembuatan surat adalah mengisikan kemana dan kepada siapa surat itu ditujukan. Isikan dengan benar nama dan tempat.

Jika melamar CPNS untuk di posisi umum, seperti guru, maka isi tujuan surat kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham).

Jika melamar pada posisi pemerintahan daerah, bisa sebagai pemprov atau yang lainnya, maka surat lamaran yang dibuat ditujukan kepada Gubernur Provinsi yang ingin dilamar.


Isikan Identitas dengan Lengkap

Setelah menuliskan tujuan surat, langkah selanjutnya adalah menulis biodata. Ingat, biodata harus diisi sesuai dengan apa yang miliki, jangan sampai mengada-ada.

Terdapat beberapa hal yang harus dicantumkan, diantaranya adalah Nama, Tempat Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Pendidikan, Formasi yang Dilamar, Alamat Domisili.


Buat Paragraf Pembuka dengan Sopan

Paragraf pembuka tidak perlu terlalu panjang, kuncinya harus menulis dengan bahasa yang sopan. Contoh paragraf pada umunya di mulai dengan kata “Dengan ini menyampaikan surat lamaran untuk menjadi CPNS…”

Selanjutnya tinggal melengkapinya dengan posisi yang diinginkan. CPNS jangan disingkat, kalimat diatas hanya contoh. Isi dengan lengkap posisi yang ingin dituju, agar tidak terjadi kesalahan penempatan jika diterima nantinya.


Lengakapi dengan Berkas Kelengkapan

Dibawanya persis, setelah menuliskan paragraph pembuka, bisa menyebutkan beberapa berkas kelengkapan. Berkas – berkas yang dimaksud ini adalah berkas yang akan dilampirkan nantinya, seperti KTP, Ijazah, dan lain sebagainya.

Berikan berkas – berkas tersebut selengkap-lengkapnya dan seadanya. Pastikan semua yang dipersyaratkan harus lengkap dokumennya. Kurang satu saja dokumen, maka bisa dipastikan lamaran tidak diterima.

Contoh dari point ini dibisadigambar contoh surat lamaran CPNS agar tidak terjadi kesalahan pemahaman.


Membuat Paragraph Penutup

Sama seperti paragraph pembuka, tentunya harus menuliskan paragraph penutup dengan bahasa yang sopan pula. Berikut adalah contoh paragraph penutup yang bisa dijadikan contoh.

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia. Atas perhatiannya diucapkan terimakasih.


Tanda Tangan dan Nama Jelas pada Pojok Kanan Bawah Surat

Langkah terakhir dari proses pembuatan surat lamaran adalah menuliskan nama jelas dan tanda tangan. Serta, jangan sampai ketinggalan, surat lamaran dilengkapi dengan materai 6000.

Setelahdi rasa semua proses telah selesai, lakukan pemerikasaan ulang. Caranya dengan membacanya kembali secara teliti. Tujuannya tidak lain untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penulisan.

Jika  sudah tidak menemukan kesalahan, cobalah untuk minta tolong orang terdekat, jangan yang jauh. Bisa meminta tolong seseorang untuk mengecek surat lamaran yang telah di buat.

Nah, jika semua proses sudah selesai dan surat sudah benar-benar di cek maka tinggal mencetaknya. Gunakan printer untuk mencetak, jangan sampai mencetak menggunakan mesin photocopy.

Surat lamaran CPNS yang telah di buat dan telah cetak langsung saja untuk sekalian di scan. Sebagaimana tata cara yang ada panduan pendaftaran yang ada di situs resmi Sistem Seleksi CPNS Nasional Badan Kepegawaian Negara (SSCN BKN).

Semua berkas yang telah dipersiapkan juga perlu untuk di scan, karena semua berkas tersebut diminta untuk di unggah.


Penutupan

Sejumlah contoh surat lamaran CPNS di atas bisa dipilih dan disesuaikan dengan instansi yang dilamar. Satu lagi, jangan lupa juga menyesuaikan formasi yang dipilih, apakah formasi umum atau khusus. Ingat, pastikan seluruh berkas terkumpul dengan baik dan rapi.

Tak ada salahnya kembali membaca ulang surat lamaran dan berkas-berkas yang telah disusun. Kalau perlu, minta evaluasi dari keluarga atau teman. Bisa jadi ada masukan lain yang membuat lamaran menjadi lebih sempurna.

Apalagi, lamaran CPNS hanya bisa dilakukan satu kali saja dalam setiap periodenya. Artinya, pelamar hanya bisa melamar di satu instansi, sehingga harus benar-benar disiapkan dengan baik. Jika gagal hanya karena urusan administrasi, masih harus menunggu periode berikutnya untuk kembali mendaftar. Belum lagi, ada batasan usia yang dikenakan dalam semua seleksi CPNS di semua jenjang formasi.

Sambil menunggu pengumuman hasil seleksi administrasi, si pelamar bisa menyiapkan diri untuk membuka kembali pelajaran sejarah, mengulang pelajaran matematika, dan melakukan persiapan lainnya. Lakukan persiapan sebaik mungkin karena meskipun ada banyak instansi yang membuka lowongan, ada banyak pula yang mengincar posisi tersebut. Jadi, saingannya bukan hanya antarkota, melainkan dengan seluruh pelamar di Indonesia.

Contoh Surat Lamaran CPNS 

Tinggalkan komentar