10+ Contoh Surat Permohonan Pembayaran, Resmi, Hutang Perusahaan

Contoh Surat Permohonan Pembayaran –  Dalam pembuatan surat permohonan pembayaran yang diberikan oleh perusahaan atau instansi kepada perusahaan lain atau perorangan mengenai keterlambatan bayar suatu hal. Contoh surat permohonan pembayaran berikut bisa dijadikan referensi dengan format penulisan ejaan yang benar.

Surat tersebut biasanya akan dikeluarkan jika pembayaran nasabah atau yang bersangkutan sudah jatuh tempo.  Terdapat banyak  macam-macam surat permohonan bayar yang bisa dibuat sesuai kebutuhan. Misalnya seperti surat permohonan bayar SPP, tunggakan cicilan kredit, keterlambatan pembayaran proyek, dan sebagainya.

Prosesnya juga mudah dan termasuk dalam surat resmi. Namun, tidak semua orang bisa membuat surat jenis ini yang baik dan benar sesuai format penulisan penggunaan ejaan bahasa Indonesia. Karena itu, berikut ini contoh surat permohonan pembayaran yang bisa dijadikan sebagai rujukan.


1. Contoh Surat Permohonan Pembayaran Proyek

Contoh Surat Permohonan Pembayaran Proyek

Surat permohonan pembayaran proyek merupakan surat yang berisi tagihan atau permintaan pembayaran yang sudah jatuh tempo. Surat ini biasaya diberikan oleh oleh pihak developer yang sedang menggarap proyek kepada mereka yang menggunakan jasanya.

Agar keberjalanan proyek berjalan baik hingga akhir, surat penagihan perlu diberikan keterangan mengenai batas pembayaran. Berikut ini contohnya.

Surat Permohonan Pembayaran Proyek

 CIPTA JAYA KONTRUKSI
Jl. Kapten Tendean No. 52
Bogor
Telp (021) 999 777
Website: ciptajayakontruksi.com email: [email protected]

Bogor, 2 Oktober 2020

 

Nomor             : 025 / SPP / VIII /2020

Perihal             : Permohonan Pembayaran Proyek

 

Kepada Yth,

Bapak Suherman Santoso

Manager PT. Indah Jaya Kusuma

Bogor – 545472

 

Dengan hormat,

Bersama dengan datangnya surat ini dan merujuk surat perjanjian kerja (Kontrak) mengenai pelaksanaan pembanguna Nomor: 02938/AKA/PP/0987/2020, kami meginformasikan bahwa pengajuan penundaan pembayaran proyek lanjutan sebesar 30% atau senilai Rp 700.000.000,00 (Tujuh Ratus Juta Rupiah) telah melewati batas waktu yang sudah disepakati.

Untuk melakukan kelanjutan pekerjaan, diharapkan kerjasamanya agar bapak segera membayar biaya sebesar yang disebutkan di atas demi keberlangsungan proyek dan juga upah pekerja. Semakin cepat pembayaran yang dilakukan, semakin cepat proyek pembangunan ini bisa terselesaikan mengingat banyak material yang perlu dibeli dan upah pekerja yang harus dibayarkan.

 

Pembayaran dapat di transfer langsung melalui rekening atas:

Nama                     : PT. CIPTA JAYA KONTRUKSI

Nama Bank           : BCA Kantor Cabang Mataram

Nomor Rekening : 0928271615

NPWP                    : 03.029.927.076.6356

 

Demikian surat permohonan ini kami ajukan. Harapan kami, ketersediaan bapak untuk segera melakukan pelunasan pembayaran proyek lanjutan ini. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami,

Dadang Maulana

Bagian Keuangan

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Perubahan Data


2. Contoh Surat Penagihan Invoice

Contoh Surat Penagihan Invoice

Surat jenis ini biasanya diperlukan sebagai dokumen resmi yang diserahkan pada pelanggan atas transaksi tertentu. Surat ini juga memiliki format khusus yang berbeda dengan lainnya. Berikut ini contoh yang bisa dijadikan rujukan.

Surat Penagihan Invoice

 AMOEBA SUKSES

Jl. Jendral Soepomo No. 342
Telp (021) 907656

Tempat, Tanggal Bulan Tahun

Nomor             : 076 / SPV / IIV / 2020

Hal                  : Perrmohonan Bayar Invoice

Lampiran         : (Sebutkan jika ada lampiran, misalnya bukti perjanjian, berapa lembar)

Kepada

(tujuan surat akan dikirim ke siapa, biasanya pihak yang menggunakan anggaran)

di tempat

 

Dengan hormat,

Dengan datangnya surat ini, kami memohon kepada bapak untuk melakukan pembayaran invoice 30% sebesar Rp. 35.000.000 (Tiga Puluh Lima Juta Rupiah) agar kami pekerjaan pembangunan Perum Graha Permata dengan lokasi pekerjaan di Kota Sukabumi bisa dilanjutkan kembali sebagaimana mestinya. Mengingat kami membutuhkan bahan material serta ada pekerja yang harus dibayar gajinya. Surat ini kami buat berdasarkan Nomor surat rujukan (sebutkan nomor rujukan jika ada)

Nilai diatas juga sudah termasuk pajak yang harus dibayarkan. Besar harapan agar ketua pengguna anggaran dapat membantu mengabulkan permohonan kami.

Atas kerjasama dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

Endah Susanti


3. Contoh Surat Permohonan Pembayaran Sekolah

Contoh Surat Permohonan Pembayaran Sekolah

Surat jenis ini biasanya digunakan pihak sekolah untuk melakukan penagihan secara resmi kepada siswa yang telat membayar SPP. Peringatan resmi ini akan diberikan pada waktu tertentu misalnya saat akan memasuki Ujian Akhir Sekolah, Ujian Tengah Semester, atau Ujian Nasional.  Di bawah ini contoh yang bisa dijadikan referensi.

Surat Permohonan Pembayaran Sekolah

PEMERINTAHAN KOTA SEMARANG
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA SEMARANG
SEKOLAH MENENGAH ATAS KARTINI 21
Jl. Kartini No.32 Telp (024)-556 786

Nomor             : 245/III/SMAKRT/2020

Lampiran         : –

Hal                    : Tagihan Siswa

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Murid

David Ronardo Kelas X

di Tempat

 

Dengan hormat,

Bersama ini kami beritahukan bahwa pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) kelas X tahun pelajaran 2019/2020 akan dilaksanakan pada 15 September 2019.

Untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah, peserta didik diharuskan memiliki kartu ujian yang dapat diambil mulai dari tanggal 08 hingga 09 September 2019 di bagian Tata Usaha dengan syarat melunasi administrasi sekolah sampai dengan bulan September 2019.

Menurut hasil catatan keuangan kami,  berikut catatan tagihan putra / putri Bapak / ibu per tanggal 4 September 2019:

  1. Dana Sumbangan pendidikan             : 1.500.000 ( Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
  2. Iuran Bulanan 2 Bulan                          :  600.000   ( Enam Ratus Ribu Rupiah)

(Catatan: Jika sudah merasa membayar, abaikan tagihan ini dan jika terjadi kesalahan dalam catatan tagihan, harap mengunjungi staff tata usaha dengan menunjukkan bukti pembayaran)

Demikian, surat edaran ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Semarang, 4 September 2020

Kepala Sekolah Menengah Atas Kartini 21

Dr. Mahendra Kusuma, M.Pd

NIP.12378236427616357


4. Contoh Surat Permohonan Pembayaran Piutang Jatuh Tempo

Contoh Surat Permohonan Pembayaran Piutang Jatuh Tempo

Surat permohonan bayar utang jatuh tempo merupakan surat yang berisi penagihan utang yang sudah melewati tanggal pembayaran yang sudah disepakati. Berikut ini contoh yang bisa dijadikan referensi. Simak ya.

Surat Permohonan Pembayaran Piutang Jatuh Tempo

Maju Makmur Bersama
Jalan Prof Soeharso No. 122
Telp (021) – 908625

Surakarta, 2 Juni 2020

Perihal             : Pemberitahuan Tunggakkan piutang

Lampiran         : Faktur

 

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Pimpinan

Maulana Pot & Garden

di Tempat

 

Dengan hormat,

Bersama datangnya surat ini, kami menginformasikan bahwa Bapak / Ibu masih mempunyai tunggakan cicilan selama dua bulan yakni pada bulan April dan Mei. Sementara batas pembayaran sesuai jatuh tempo di PT Maju Makmur Bersama yakni tanggal 30 setiap bulannya.

Kami berharap kerjasamanya agar Bapak / Ibu agar bisa segera melunasi melakukan pembayaran sejumlah yang disebutkan di atas. Namun, apabila Bapak /  Ibu tidak melakukan pembayaran hingga bulan ketiga jatuh tempo, maka kami akan menyita barang yang bapak/ ibu jadikan sebagai agunan.

Demikian surat ini kami berikan, mohon kerjasamanya.

Hormat kami,

Diketur Keuangan PT. Maju Makmur

Handayani Hikmah Permata


5. Contoh Surat Permohonan Bayar Pelunasan Jasa

Contoh Surat Permohonan Bayar Pelunasan Jasa

Surat permohonan bayar jasa sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang jasa, seperti travel misalnya. Berikut ini contoh yang bisa dijadikan gambaran dan rujukan.

Surat Permohonan Bayar Pelunasan Jasa

KATULISTIWA TOUR & TRAVEL

Jl. Malioboro No 456 Yogyakarta
Telp (021) 222 333 Fax (021) 222 333

Yogyakarta, 17 September 2020

Lampiran         : 2 Berkas

Hal                   : Permohonan Pelunasan Pembayaran Armada untuk Karyawisata

 

Kepada Yth,

Bapak Samsuri

Manger CV. Flamboyan Tbk

di Tempat

 

Dengan hormat,

Berdasarkan  catatan laporan pembukuan kami, bapak masih belum melakukan pelunasan atas pembayaran jasa wisata traveling ke Lombok, Nusa Tenggara Barat pada karyawisata CV. Flamboyan Tbk.  Saudara masih memiliki kewajiban sebesar Rp 7.000.000 ( Tujuh Juta Rupiah) dengan bukti nomor pembayaran (sebutkan nomor kwitansi atau pembayaran jika ada)

Batas akhir pembayaran sesuai kesepakatan seharusnya satu hari setelah karyawisata selesai atau tanggal 15 September 2020. Tetapi, hingga saat ini, bapak belum membayarnya. Kami sangat berharap agar bapak segera melakukan pembayaran pelunasan karyawisata dengan jumlah yang disebutkan diatas.

Sebagai bukti mengenai sisa pembayaran tersebut, kami sudah melampirkan lembar salinan kwitansi. Namun demikian, kami memberikan kebijakan berupa kelonggaran waktu hingga satu minggu setelah datangnya surat ini atau sampai dengan tanggal 24 September 2020.

Tetapi jika sudah sampai batas waktu yang kami berikan, bapak tidak juga membayarnya, maka kami akan bawa masalah ini ke pihak yang berwajib.

Demikian, surat penagihan ini kami buat. Kami berharap saudara bisa segera melunasi kewajiban tersebut dengan datang langsung ke kantor kami untuk melakukan pembayaran. Mohon kerjasamanya. Sebelum dan sesudahnya, kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami,

Danang Afiful, S.E

Direktur Bagian Keuangan

(Nomor induk karyawan jika ada)


6. Contoh Surat Permohonan Pembayaran Piutang Jatuh Tempo

Contoh Surat Permohonan Pembayaran Piutang Jatuh Tempo

Surat permohonan bayar utang jatuh tempo merupakan surat yang berisi penagihan utang yang sudah melewati tanggal pembayaran yang sudah disepakati. Berikut ini contoh yang bisa dijadikan referensi. Simak ya.

Surat Permohonan Pembayaran Piutang Jatuh Tempo

Maju Makmur Bersama

Jalan Prof Soeharso No. 122

Telp (021) – 908625

Surakarta, 2 Juni 2020

Perihal             : Pemberitahuan Tunggakkan piutang

Lampiran         : Faktur

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Pimpinan

Maulana Pot & Garden

di Tempat

 

Dengan hormat,

Bersama datangnya surat ini, kami menginformasikan bahwa Bapak / Ibu masih mempunyai tunggakan cicilan selama dua bulan yakni pada bulan April dan Mei. Sementara batas pembayaran sesuai jatuh tempo di PT Maju Makmur Bersama yakni tanggal 30 setiap bulannya.

Kami berharap kerjasamanya agar Bapak / Ibu agar bisa segera melunasi kewajiban pembayaran tersebut. Namun, apabila Bapak /  Ibu tidak melakukan pembayaran hingga bulan ketiga jatuh tempo, maka kami akan menyita barang yang bapak/ ibu jadikan sebagai agunan.

Demikian surat ini kami berikan, mohon kerjasamanya.

Hormat kami,

Diketur Keuangan PT. Maju Makmur

Handayani Hikmah Permata

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Pengembalian Kelebihan Transfer


7. Contoh Surat Permohonan Bayar Hutang Koperasi

Contoh Surat Permohonan Bayar Hutang Koperasi

Koperasi merupakan salah satu tempat meminjam uang yang aman dengan bunga cukup rendah. Atas alasan itu, banyak orang yang memilih koperasi sebagai tempat peminjaman uang. Namun, tak sedikit juga yang mangkir atau menunggak melebihi batas waktu jatuh tempo. Untuk itu, berikut contoh surat permohonan pembayaran hutang koperasi yang bisa dijadikan gambaran.

Contoh Surat Permohonan Bayar Hutang Koperasi

KOPERASI AMAN SENTOSA

Jalan KH. Mas Mansyur No. 21 Wonogiri

Telp (021) – 897654

Wonogiri, 16 Agustus 2020

Nomor   : 21/SPHB/III/2020

Perihal   :  Penagihan Hutang Koperasi

Kepada Yth,

Bapak Ade Imawan

Manager Toko ATK Melati

di Tempat

 

Dengan hormat,

Bersama datangnya surat ini, kami menginformasikan bahwa Saudara memiliki hutang sejumlah Rp 15.000.000 (Lima Belas Juta Rupiah) yang belum dilunasi hingga saat ini. Dikarenakan batas waktu pembayaran atau jatuh tempo sudah melewati lima belas hari. Untuk itu, kami sangat mengharapkan Saudara agar segera melunasi kewajiban tersebut dengan baik.

 

Demikian surat ini saya sampaikan, mohon kerjasamanya. Atas perhatian saudara, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Affan Alamsyah

Direktur Keuangan Koperasi Aman Sentosa 


8. Contoh Surat Permohonan Pembayaran Barang

Contoh Surat Permohonan Pembayaran Barang 1

Surat jenis ini sering digunakan oleh instansi atau perusahaan untuk menagih pembayaran yang masih belum dilunasi padahal sudah jatuh tempo. Surat ini bersifat formal, karena itu perlu dibuat dengan baik dan benar sesuai ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan. Berikut contohnya.

Surat Permohonan Pembayaran Barang

MAJU BERSEMI BERSAMA
Jalan Malioboro No. 12 Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp (023) 983765
Website: www.majubersemibersama.com

Yogyakarta, 31 September 2020

Nomor   : 61/SPB/VIII/2020

Perihal   : Permohonan Penagihan Pembayaran Barang

Lampiran   : Dua Lembar

 

Kepada Yth,

Manager PT. Umar Berkah Elektronik

Jalan Merdeka No.232 Klaten, 62561

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami menginformasikan bahwa berdasarkan pembukuan perusahaan kami per tanggal 20 Agustus, ada barang sejumlah 30 Unit TV LED merk Samsung 40 Inch yang dikirimkan ke PT Umar Berkah Elektronik yang berlokasi di Jalan Merdeka No. 232 Klaten.

Saudara belum melakukan pembayaran sebesar Rp 60.000.000,00 (Enam Puluh Juta Rupiah). Jumlah tersebut sesuai dengan faktur No. 61/SPB/VIII/2020. Untuk salinannya, kami sudah lampirkan bersama datangnya surat ini untuk bukti kebenaran.

Saat ini, saudara sudah lebih satu minggu menunggak dari batas waktu yang sudah disepakati bersama. Maka dari itu, kami berharap saudara dapat segera melunasi hutang kewajiban tersebut dengan baik.

Demikian pemberitahuan ini disampaikan, mohon kerjasamanya. Atas perhatian saudara, kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

Saefudin Adibyo, S.E

Direktur Keuangan CV. Maju Bersemi Bersama


9. Contoh Surat Permohonan Pembayaran Study Tour

Contoh Surat Permohonan Pembayaran Study Tour

Study Tour merupakan agenda yang sangat ditunggu-tunggu oleh siswa maupun pekerja. Dalam kegiatan ini, pihak sekolah maupun perusahaan biasanya akan membuat edaran mengenai pembayaran tour bersama tersebut.

Berikut ini aku akan kasih contoh surat penagihan pembayaran study tour yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk, langsung simak dengan baik ya.

Surat Permohonan Pembayaran Study Tour

PEMERINTAHAN KABUPATEN SURAKARTA

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SMPN 4 SURAKARTA

Jalan Wijaya Kusuma No. 51 Surakarta

Telp (021) – 987615

Surakarta, 3 Juli 2020

Nomor   : 44/SPST/IX/2020

Perihal   : Permohonan Pembayaran Study Tour

 

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Orang Tua/Wali

Kelas VIII SMPN 4 Surakarta

di Tempat

 

Dengan hormat,

Berdasarkan hasil rapat orang tua atau wali murid dengan pihak sekolah pada tanggal 24 September 2019, SMPN 4 Surakarta tahun ajaran 2018/2019 akan mengadakan study tour. Kegiatan tersebut bersifat wajib untuk kelas VIII. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari                                            : Jumat, 15 Oktober 2019

Biaya yang harus dibayar      : Rp. 900.000,00 (Sembilan Ratus Ribu Rupiah)

Tujuan                                       : Jakarta selama 3 hari dua malam

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan. Diharapkan semua siswa/siswi SMPN 4 Surakarta dapat melunasi biaya study tour maksimal tiga hari sebelum tanggal keberangkatan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

Kepala Sekolah SMPN 4 Surakarta

Ibnu Santoso Jaya, M.Pd

NIP.32364273574236432745372


10. Contoh Surat Permohonan Pembayaran Hutang Kepada Perorangan

Contoh Surat Permohonan Pembayaran Hutang Kepada Perorangan

Surat permohonan pembayaran hutang kepada perorangan berbeda dengan yang ditujukan pada perusahaan atau instansi. Untuk itu, berikut ini contoh surat yang bisa dijadikan sebagai gambaran dan rujukan.

Surat Permohonan Pembayaran Study Tour

PERINGATAN

Depok, 10 Juni 2020

Perihal          : Pemberitahuan Tunggakkan

Lampiran     : Satu Lembar

Kepada Yth,

Bapak Cecep Saefudin

di Tempat

 

Dengan hormat,

Bersama dengan datangnya surat ini, saya menginformasikan kepada Bapak Cecep Saefudin bahwa menurut pembukuan saya, Bapak memiliki tunggakan selama tiga bulan.

Batas pembayaran sesuai tanggal jatuh tempo yakni sebesar Rp 3.000.000,00 (Tiga Juta Rupiah)

Saya berharap agar Bapak segera melunasi kewajiban tersebut sesuai nominal yang sudah disebutkan diatas.

Jika Bapak belum juga melunasi pembayaran, maka pihak kami akan menyita jaminan yang sudah Bapak berikan.

Demikian surat ini saya sampaikan. Mohon kerjasamanya dan atas perhatian Bapak saya mengucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Soleh Widodo

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Audiensi


11. Contoh Surat Permohonan Pembayaran Angsuran Jatuh Tempo

Contoh Surat Permohonan Pembayaran Angsuran Jatuh Tempo

Surat jenis ini biasanya dikeluarkan oleh lembaga pembiayaan seperti perbankan atau lembaga finance lainnya. Ditujukkan kepada nasabah yang gagal bayar atau mengalami masalah keterlambatan bayar dalam jangka waktu lebih dari satu bulan. Berikut contohnya.

Surat Permohonan Pembayaran Angsuran Jatuh Tempo

PT Restu Finance Global
Jl. Soekarno-Hatta no. 99, Jakarta
Tlp. (021) 7218217

Jakarta, 10 Agustus 2019

Perihal : Pemberitahuan Tunggakan Angsuran

Lampiran : 1 (Satu) lembar.

 

Dengan hormat,

Bersama datangnya surat ini, kami memberitahukan kepada Bapak/Ibu Nasabah PT. Restu Finance Global bahwa berdasarkan jadwal pembayaran, Bapak/Ibu belum melakukan pembayaran angsuran motor.

Tunggakan pembayaran ini sudah berlangsung 2 bulan tertunda dengan tanggal jatuh tempo 30 setiap bulannya. Sesuai perjanjian yang sudah disepakati dan peraturan perusahaan, jika Bapak/ibu belum juga melunasinya, maka kendaraan bisa kami sita.

Bapak/Ibu berkewajiban melakukan pembayaran sebesar Rp. 4.000.000,00 (empat juta rupiah) ditambah dengan bunga yang menunggak sebesar 10%. Pembayaran dapat dilakukan dengan datang langsung ke kantor dan membawa surat ini.

Demikian surat tagihan ini kami sampaikan. Mohon kerjasamanya dan atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

PT Restu Finance Global

Itulah contoh surat permohonan pembayaran untuk berbagai kebutuhan yang cukup lengkap diulas. Sekarang sudah tahu kan macam-macam surat permohonan bayar yang ada. Surat tagihan atau peringatan tersebut merupakan media yang penting.

Hal itu agar perusahaan dan rekan bisnis terjalin komunikasi yang baik dan saling mengingatkan sehingga tidak ada yang dirugikan. Keberjalanan operasional perusahaan pun lancar nantinya. Surat permohonan bayar juga penting untuk menagih ke pihak lain yang mengalami keterlambatan atau mungkin lalai secara halus dan tidak menyinggung.

Contoh Surat Permohonan Pembayaran 

Tinggalkan komentar