Contoh Surat Permohonan Mutasi

Contoh Surat Permohonan Mutasi – Menjadi seorang karyawan atau pegawai yang bekerja di suatu perusahaan atau lembaga tertentu kadang memaksa seseorang untuk selalu siap ditempatkan di lokasi manapun. Tak jarang para karyawan tersebut ditempatkan di lokasi yang jauh dari tempat tinggalnya.

Tentunya mereka tak punya pilihan dan mau tidak mau harus menuruti perintah atasannya tersebut. Dalam situasi ini, berbagai contoh surat permohonan mutasi akan sangat membantu Anda kembali ke tempat bekerja yang Anda inginkan.  

Banyak sekali alasan yang dapat menjadi penyebab atau pemicu seorang pegawai dipindahtugaskan. Mulai dari alasan promosi, demosi jabatan, hingga keterbatasan pegawai di tempat tersebut. Dalam dunia pekerjaan, fenomena pemindahan ini sering disebut dengan istilah mutasi kerja.  

Secara sederhana, mutasi kerja dapat didefinisikan sebagai perubahan tempat, posisi, hingga jabatan dalam suatu organisasi perusahaan atau lembaga. Keputusan mutasi ini biasanya diambil oleh pimpinan yang memiliki wewenang dalam perusahaan. Namun, bisa juga Anda mengajukan permohonan mutasi ke atasan Anda. Jadi, mutasi yang dilakukan akan berdasarkan kemauan Anda sendiri. 


Pengertian Surat Permohonan Mutasi Kerja 

Pengertian Surat Permohonan Mutasi Kerja 

Secara umum, mutasi dapat berupa pemindah tugasan dari satu tempat ke tempat lain atau bisa juga pemindahan dari satu divisi ke divisi lainnya. Jika ingin mengajukan permohonan mutasi, Anda harus menulis sebuah surat permohonan mutasi kerja, baik itu hanya pindah divisi maupun pindah lokasi. Apalagi dalam suatu perusahaan yang bersifat resmi, surat menyurat menjadi salah satu hal terpenting dalam berkomunikasi dengan atasan agar lebih formal. 

Lantas, apa itu surat permohonan mutasi kerja? Surat permohonan mutasi secara sederhana dapat didefinisikan sebagai salah satu jenis surat permohonan resmi yang bertujuan untuk meminta atasan mengabulkan permohonannya berupa pemindahan tugas kerja. Surat permohonan ini ditulis oleh seorang pegawai yang ingin mengajukan mutasi kerja atau pemindahan tugas. Namun, keputusan akhirnya tetap akan berada di tangan pemimpin perusahaan.


Persyaratan dan Ketentuan Surat Permohonan Mutasi Kerja

Persyaratan dan Ketentuan Surat Permohonan Mutasi Kerja

Surat permohonan mutasi kerja adalah salah satu surat resmi yang harus diperhatikan gaya bahasa, penulisan, struktur, hingga berbagai persyaratan yang melengkapinya. Sebelum Anda menulis surat permohonan mutasi kerja, cari tahu terlebih dahulu ketentuan atau persyaratan apa yang dibutuhkan perusahaan. Sebenarnya, ketentuan dan persyaratan tersebut berbeda-beda tergantung dengan kebijakan perusahaan masing-masing. 

Secara umum, beberapa persyaratan yang nantinya akan mendukung surat permohonan mutasi Anda adalah :

  • Surat Keputusan (Fotokopi)
  • Kartu Karyawan atau Pegawai (Fotokopi)
  • Fotokopi KTP
  • SK PNS (Jika Anda bekerja sebagai PNS)
  • Fotokopi Ijazah
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotokopi Absensi Kerja selama 2 bulan terakhir

Tujuan Mutasi Kerja

Tujuan Mutasi Kerja

Segala hal yang dilakukan perusahaan tentunya memiliki tujuan yang baik untuk mengembangkan dan membesarkan nama perusahaan. Tak mungkin ada kegiatan atau aktivitas yang dilakukan tanpa tujuan yang jelas atau bahkan mendatangkan kerugian. Begitu pula dalam hal mutasi kerja, setiap perusahaan pasti memiliki tujuan masing-masing untuk mengadakan pemindah tugasan kerja seorang karyawan.

Bekerja dalam kurun waktu yang terlalu lama dalam suatu perusahaan tentunya akan memunculkan rasa bosan. Mutasi kerja bertujuan untuk menghilangkan rasa bosan terhadap pekerjaan dan meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja agar berupaya meningkatkan karir ke jenjang yang lebih tinggi. Keseimbangan antara komposisi jabatan dengan tenaga kerja juga dapat terjaga dengan adanya mutasi ini. 

Saat berpindah ke tempat lain atau ke divisi lain, seorang karyawan akan beradaptasi dengan lingkungan baru. Secara otomatis, hal tersebut dapat memperluas dan menambah wawasan karyawan. Mutasi kerja juga bertujuan sebagai alat pendorong agar para karyawan semangat bekerja melalui persaingan yang terbuka. Tak hanya itu, mutasi kerja bahkan juga dapat mengatasi perselisihan antar karyawan, serta mengamankan kondisi kantor agar lebih kondusif. 


Pertimbangan Dasar Mutasi Karyawan

Pertimbangan Dasar Mutasi Karyawan

Sebagai seorang atasan yang berwenang untuk melakukan mutasi atau memindahkan karyawan, tentunya tak dapat sembarangan. Jika atasan sembarangan memindah tugaskan karyawan tanpa alasan yang jelas, tentu para karyawan akan merasa keberatan dan protes. Berikut ini adalah 4 hal penting yang menjadi pertimbangan dasar seorang atasan perusahaan melakukan mutasi : 

1. Promosi Jabatan

Setiap karyawan yang bekerja di suatu perusahaan pasti mengidam-idamkan promosi jabatan. Promosi jabatan adalah bentuk apresiasi pimpinan atas kinerja, loyalitas, maupun masa kerja seorang karyawan. Sayangnya, promosi jabatan seringkali disertai dengan pemindah tugasan atau mutasi. Contohnya, bila perusahaan membuka cabang baru, karyawan tersebut akan mengisi jabatan-jabatan yang ada. 

2. Penyegaran

Mutasi tak selalu dikaitkan dengan kenaikan jabatan. Perpindahan karyawan tersebut juga dapat dilakukan di jabatan atau tingkat yang sama, loh! Terkadang, para pimpinan melakukan rotasi atau penyegaran pada setiap jabatan, mulai dari karyawan biasa hingga manager pun dapat menjadi target mutasi. 

3. Pemenuhan Formasi

Saat seorang karyawan berhenti bekerja atau mendapat promosi jabatan, secara otomatis akan terjadi kekosongan di posisi tersebut. Untuk melancarkan operasional perusahaan, pimpinan harus segera mencari orang baru untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut. Bila perusahaan memiliki banyak cabang, biasanya mereka tidak membuka lowongan pekerjaan, melainkan meminta mutasi karyawan dari cabang lain. 

4. Sanksi

Tak hanya dalam hal positif, mutasi juga dapat digunakan sebagai hukuman bagi para karyawan yang melanggar aturan. Mutasi dapat terjadi kepada karyawan yang kinerjanya menurun, sering terlambat masuk kantor, bertingkah buruk, dan lain sebagainya. Dengan adanya mutasi ini, diharapkan karyawan yang bersangkutan belajar dan berbenah diri, serta memperbaiki performa kerjanya.


Contoh Surat Permohonan Mutasi Kerja

Setelah mengetahui penjelasan lebih lanjut tentang mutasi kerja, mungkin Anda tertarik untuk mengajukan permohonan mutasi kerja. Sayangnya, meminta mutasi atau pindah kerja tidak dapat dilakukan sembarangan. Anda harus mengikuti berbagai prosedur dan persyaratan, salah satunya adalah membuat surat permohonan. Berikut ini adalah beberapa contoh surat permohonan mutasi kerja :

Contoh Surat Permohonan Mutasi Guru PNS

Contoh Surat Permohonan Mutasi Guru PNS

Surat Permohonan Mutasi Guru PNS

SURAT PERMOHONAN MUTASI

Jakarta, 17 Juni 2020

Nomor : 01/SPM/VI/2020

Hal : Permohonan Mutasi 

Lampiran : 1 Berkas

 

Kepada Yth,

Ketua PNS Pendidikan Jakarta,

Bapak Sunoto Pratoyo

di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Siti Rahayu

Tempat Tanggal Lahir : Semarang, 1 April 1988

NIP : 5532910031

Pangkat / Golongan : III / A

Unit Kerja : Pengajar

Jabatan : Guru PNS

Bersamaan dengan datangnya surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan permohonan mutasi / pindah tugas dari SMA 1 Jakarta ke SMA 30 Jakarta. Adapun alasan saya mengajukan permohonan mutasi adalah sebagai berikut :

  • Lebih dekat dengan tempat tinggal yang sekarang
  • Menghemat waktu perjalanan dikarenakan saya harus merawat kedua orang tua yang sedang sakit parah di rumah
  • Menghemat biaya atau ongkos perjalanan

Sebagai bahan pertimbangan Bapak, saya juga melampirkan fotokopi SK CPNS, SK PNS, DP3 Terakhir, Kartu Pegawai, Ijazah dan Akta IV.  

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan. Besar harapan saya agar Bapak berkenan untuk mengabulkan permohonan ini. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan banyak terimakasih. 

Hormat saya,

 

Siti Rahayu.


Contoh Surat Permohonan Mutasi Tenaga Kesehatan PNS

Contoh Surat Permohonan Mutasi Tenaga Kesehatan PNS

Surat Permohonan Mutasi Tenaga Kesehatan PNS

SURAT PERMOHONAN MUTASI

Semarang, 17 April 2020

Nomor : 02/SPM/IV/2020

Hal : Permohonan Pindah Tugas

Lampiran : 1 Berkas

 

Kepada Yth,

Ketua PNS Kesehatan Semarang,

Ibu Hartanti Mulyani

di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Amelia Krisni

Tempat Tanggal Lahir : Solo, 28 Oktober 1990

NIP : 6283929228

Pangkat / Golongan : II / B

Unit Kerja : Tenaga Kesehatan

Jabatan : Sekretaris Puskesmas Mawar, Semarang

Bersamaan dengan datangnya surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan permohonan mutasi / pindah tugas dari Puskesmas Mawar Jakarta ke Puskesmas Melati Jakarta. Beberapa alasan yang mendorong saya untuk mengajukan permohonan mutasi ini antara lain :

  • Lokasi Puskesmas Melati lebih dekat dengan tempat tinggal
  • Suami melarang saya bekerja di tempat yang terlalu jauh
  • Mengefisien waktu karena waktu tempuh dari rumah saya ke Puskesmas Mawar kurang lebih 1 jam 30 menit, sedangkan untuk ke Puskesmas Melati hanya membutuhkan waktu 15 menit. 

 

Sebagai bahan pertimbangan Ibu, saya juga melampirkan beberapa persyaratan yang diminta, seperti fotokopi SK CPNS, SK PNS, DP3 Terakhir, Kartu Pegawai, dan Ijazah.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan. Besar harapan saya agar Ibu bersedia mengabulkan permohonan saya ini. Atas perhatian dan keputusan Ibu, saya ucapkan terimakasih

Hormat saya,

 

Amelia Krisni.


Contoh Surat Permohonan Mutasi Antar Instansi

Contoh Surat Permohonan Mutasi Antar Instansi

Surat Permohonan Mutasi Antar Instansi

SURAT PERMOHONAN MUTASI

Jakarta, 7 April 2020

Nomor : 01/SPM/IV/2020

Hal : Permohonan Mutasi Kerja

Lampiran : 1 Berkas

 

Kepada Yth,

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Administrasi Jakarta Barat

di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Sri Santosa, S.Psi

Tempat Tanggal Lahir : Yogyakarta, 21 Februari 1985

NIP : 1627289392

Pangkat / Golongan : Pengatur pekerja muda Tk. II

Unit Kerja : Dinas Pekerjaan Umum Kota Administrasi Jakarta Barat

Jabatan : HRD CPNS

 

Bersamaan dengan datangnya surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan permohonan mutasi dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Administrasi Jakarta Barat ke Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bandung Selatan. Adapun alasan saya mengajukan permohonan mutasi adalah sebagai berikut :

  • Saya akan pindah tempat tinggal ke Kabupaten Bandung Selatan
  • Mencari pengalaman kerja di daerah lain (penyegaran)

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu ketua, saya juga melampirkan beberapa hal yang mungkin dibutuhkan, seperti fotokopi SK CPNS, SK PNS, DP3 Terakhir, Kartu Pegawai, Ijazah dan Akta IV.  

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu bersedia untuk mengabulkan permohonan ini. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan banyak terimakasih. 

 

Hormat saya,

 

Sri Santosa, S.Psi


Contoh Surat Permohonan Mutasi Mengisi Kekosongan Jabatan

Contoh Surat Permohonan Mutasi Mengisi Kekosongan Jabatan

Surat Permohonan Mutasi Mengisi Kekosongan Jabatan

SURAT PERMOHONAN MUTASI

Jakarta, 17 Desember 2020

Nomor : 03/SPM/XII/2020

Hal : Permohonan Mutasi 

Lampiran : 1 Berkas

 

Kepada Yth,

Pimpinan PT Sinar Mas

di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Dino Syarifuddin

Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 12 Desember 1985

Jabatan : Staff Pemasaran 

 

Sehubungan dengan adanya cabang baru di Semarang, saya bermaksud untuk mengajukan permohonan mutasi guna mengisi kekosongan jabatan di kantor cabang baru tersebut. Adapun alasan yang mendasari saya mengajukan permohon ini adalah sebagai berikut :

  • Ingin mencari pengalaman kerja di tempat yang baru dan mencoba jabatan yang baru
  • Saya dan keluarga akan pindah tempat tinggal ke Semarang mulai bulan depan

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya juga melampirkan beberapa hal yang diminta, seperti fotokopi KTP, Kartu Pegawai, Ijazah, Daftar hadir selama dua bulan terakhir, dan Surat Rekomendasi. Surat ini juga saya buat berdasarkan rekomendasi manajer PT Sinar Mas Jakarta.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan. Semoga Bapak/Ibu pimpinan berkenan untuk mengabulkan permohonan saya ini. Atas waktu dan perhatiannya, saya ucapkan banyak terimakasih. 

 

Hormat saya,

 

Dino Syarifuddin.


Contoh Surat Permohonan Mutasi Karyawan Swasta

Contoh Surat Permohonan Mutasi Karyawan Swasta

Surat Permohonan Mutasi Karyawan Swasta

SURAT PERMOHONAN MUTASI

Jakarta, 18 Maret 2020

Nomor : 02/SPM/III/2020

Hal : Permohonan Mutasi Karyawan

Lampiran : 1 Berkas

 

Kepada Yth,

Pimpinan PT Jaya Abadi

di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Nita Waliani

Tempat Tanggal Lahir : Jakarta, 2 Januari 1992

Jabatan : Staff Akuntansi

 

Sehubungan dengan adanya rekan kerja yang diberhentikan dari posisi Staff Keuangan, saya bermaksud untuk mengajukan permohonan mutasi divisi guna mengisi kekosongan pekerjaan tersebut. Adapun alasan yang mendasari saya mengajukan permohon ini adalah sebagai berikut :

  • Ingin mencari pengalaman kerja di divisi yang lain 
  • Mengembangkan potensi dan menambah wawasan saya di bidang keuangan
  • Sebagai penyegaran agar tidak jenuh dan mengikuti persaingan terbuka dengan rekan kerja yang baru

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya juga melampirkan beberapa hal pendukung, serta catatan performa kerja saya selama tiga bulan terakhir. 

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan. Semoga Bapak/Ibu pimpinan berkenan untuk mengabulkan permohonan saya ini. Atas waktu dan perhatiannya, saya ucapkan terimakasih. 

 

Hormat saya,

 

Nita Waliani.


Kelebihan dan Kekurangan Mutasi Kerja

Kelebihan dan Kekurangan Mutasi Kerja

Segala keputusan yang diambil atasan atau pimpinan tentunya sudah dipertimbangkan matang-matang, baik itu kelebihannya maupun kekurangannya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan mutasi kerja bagi para karyawan maupun bagi perusahaan itu sendiri. 

1. Bagi Karyawan

Dampak dari mutasi kerja itu sendiri secara langsung akan dirasakan oleh para karyawan yang dipindah tugaskan. Kelebihan mutasi kerja bagi para karyawan adalah sebagai berikut : 

  • Menumbuhkan semangat baru bagi para karyawan
  • Membuka kesempatan untuk naik tingkat atau jenjang karir yang lebih tinggi
  • Memperluas wawasan dan menambah pengalaman kerja

Namun, mutasi kerja juga memiliki kekurangan yang nantinya akan dirasakan oleh para karyawan. Berikut ini adalah kekurangannya :

  • Performa kerja mungkin akan menurun karena harus menyesuaikan dan beradaptasi di tempat baru yang mungkin tidak sesuai dengan ekspektasi karyawan
  • Produktivitas karyawan mungkin dapat menurun karena dituntut untuk mempelajari berbagai hal baru  
  • Dapat menghambat karir karena merasa terbebani dengan pekerjaan yang baru

2. Bagi Perusahaan

Selain karyawan, mutasi juga akan berdampak langsung pada kualitas, performa, dan nama baik perusahaan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan mutasi kerja bagi perusahaan :

  • Menaikkan output atau income akibat dari pergantian kualitas kerja karyawan 
  • Mempermudah substitusi jika ada kebutuhan lowongan karena terdapat banyak karyawan baru yang menguasai berbagai bidang yang berbeda 
  • Pemerataan karyawan antar cabang untuk memberikan hasil dan keuntungan maksimal bagi perusahaan

Tak selalu mendatangkan keuntungan, mutasi karyawan juga memungkinkan membuat perusahaan menjadi kewalahan. Berikut ini adalah beberapa kekurangannya :

  • Turunnya income bila karyawan baru ternyata kurang kompeten dibandingkan dengan yang lama
  • Kesulitan mencari tenaga kerja yang baru bila karyawan yang dimutasi berhalangan atau bahkan menolak mutasi tersebut 
  • Departemen yang sebelumnya performa kerjanya baik akan mengalami penurunan jika strategi mutasi gagal

Nah, kini Anda telah mengetahui lebih dalam mengenai mutasi kerja dan melihat secara nyata beberapa contoh surat permohonan mutasi kerja. Ada baiknya bila Anda mencari tahu terlebih dahulu persyaratan apa yang dibutuhkan perusahaan Anda untuk dapat melakukan mutasi tersebut. Hal ini akan mempermudah agar keinginan mutasi Anda dikabulkan.

Selain itu, perhatikan gaya penulisan, bahasa, dan strukturnya, ya! Pastikan alasan yang mendukung keinginan Anda tersebut cukup kuat dan mampu meyakinkan pimpinan untuk mengabulkan harapan Anda. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena keinginan mutasi yang berasal dari diri Anda sendiri. Semoga bermanfaat, ya!

Contoh Surat Permohonan Mutasi 

Tinggalkan komentar