Contoh Surat Resign

Contoh Surat Resign Ketika seseorang akan berhenti bekerja atau berorganisasi maka akan membuat surat pengantar pengunduran diri atau surat resign. Hal ini sebagai bukti formal atas keresmian meninggalkan pekerjaan maupun  jabatan.

Contoh surat resign di berbagai lembaga kerja maupun organisasi berikut ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk acuan pembuatan surat pengunduran diri.


Fungsi Dari Surat Resign

Fungsi Dari Surat Resign

Di bawah ini terdapat empat fungsi atau kegunaan dari perlunya surat resign. Pertama, untuk memberikan kesempatan atau waktu kepada perusahaan atau instansi yang ditinggalkan  untuk mencari pengganti, sebelum keputusan berhenti bekerja benar-benar diresmikan.

Kedua, untuk menentukan kejelasan status yang dimiliki oleh seseorang di sebuah perusahaan atau instansi. Ketiga, untuk memutuskan semua kontrak kerja yang sudah disepakati sejak awal. Terakhir, Sebagai etika yang baik untuk menjaga nama baik serta kesopanan.


Pemilihan Waktu Yang Sesuai Untuk Resign

Pemilihan Waktu Yang Sesuai Untuk Resign

Ketika akan memberikan surat resign baik kerja maupun organisasi, alangkah lebih baik memiliki strategi yang baik agar mudah untuk dimengerti.

Salah satu strategi yang baik adalah dengan memilih waktu yang tepat, artinya waktu yang akan digunakan untuk pengajuan surat resign menguntungkan bagi kedua belah pihak. Seperti apakah waktu yang menguntungkan tersebut?

1. Tugas dan kewajiban sudah terselesaikan

Ketika memutuskan untuk berhenti bekerja atau berorganisasi, perhatikanlah tugas serta kewajiban yang diberikan. Meninggalkan pekerjaan dengan masih memiliki tugas akan memberikan kesan negatif dan permohonan mengundurkan diri bisa saja tidak diterima.

2. Perencanaan Mengundurkan Diri

Dalam mengajukan permohonan pengunduran diri, tentukan jauh-jauh hari kapan akan berhenti. Seperti contoh surat resign diatas, pengajuan dengan hitungan tanggal resmi berhenti memiliki waktu sekitar empat sampai tujuh hari.

Hal ini untuk memberikan waktu perusahaan atau organisasi mencari pengganti kekosongan posisi yang ditinggalkan.

3. Rahasiakan Pengunduran Diri Kepada Karyawan Lain

Ada baiknya jika akan mengundurkan diri, berkonsultasi terlebih dahulu kepada pimpinan atas keputusan serta alasan mengapa mengundurkan diri.

Menceritakan rencana mengundurkan diri kepada banyak pihak seperti karyawan lainnya atau anggota organisasi lainnya bisa berdampak buruk. Biarkan pimpinan mengambil keputusan mengijinkan atau tidak atas permohonan resign tersebut.

4. Perhatikan Citra Selama Bekerja

Memperhatikan citra maksudnya adalah sikap bekerja yang dilakukan, sudah bertanggung jawab atau belum. Jika merasa ada yang masih kurang, perbaiki terlebih dahulu. Meninggalkan citra buruk akan berdampak dimasa mendatang ketika bekerja ditempat lain.


Tips Menulis Surat Pengunduran Diri

Tips Menulis Surat Pengunduran Diri

Sebelum memulai menulis surat, perhatikan terlebih dahulu format kepenulisan dan bahasa yang digunakan. Contoh surat resign diatas bisa menjadi acuan ketika akan menulis surat resign.

Berikut beberapa tips menulis surat resign yang bisa dimanfaatkan :

1. Cukup Hal-Hal Penting Yang Tertulis

Mengetahui terlebih dahulu hal apa saja yang semestinya di tulis dan hal apa yang tidak perlu ditulis. Seperti misalnya penggunaan kata yang tepat, kalimat yang efektif. Tidak perlu menuliskan tuntutan, pemberian uang pesangon dan sebagainya.

Menulis surat pengunduran diri secara tepat dan sesuai etika akan membuat perhatian lebih serius dan mendapatkan respon yang baik. Jika ada hal-hal sensitif yang perlu disampaikan. Lebih baik menyampaikan di waktu lainnya dan bicarakan secara empat mata.

2. Surat Pengunduran Diri Sendiri

Beberapa contoh surat resign diatas bisa dicermati dengan baik. Tulislah surat pengunduran diri secara rapi. Format kepenulisan perlu diperhatikan.

Biarpun surat hanya sebagai pengantar permohonan diri berhenti kerja atau organisasi. Namun dengan melalui surat etika penulis akan terbaca. Dan surat yang baik akan memudahkan pembaca memahami maksud dan tujuan penulis surat.

3. Sikap Menghargai Atasan

Dalam penggunaan bahasa untuk surat pengunduran diri, gunakan bahasa yang sopan dan efektif. Perhatikan pula kalimat-kalimat tersebut, hindari penggunaan kalimat yang menyinggung atasan.

Menggunakan bahasa yang biasa dilakukan ketika berkomunikasi dengan atasan juga dibolehkan. Tetapi, tetap menjunjung tinggi rasa hormat kepada atasan dan etika yang baik kepada atasan.

4. Maksud Dan Tujuan Surat Jelas

Menulis dengan sederhana namun memperhatikan ketegasan serta kejelasan maksud dn tujuan surat. Seperti contoh surat resign diatas, cantumkan tanggal kapan tepatnya akan berhenti, hal ini membuktikan ketegasan pengunduran diri. Hindari kalimat ancaman atau keragu-raguan agar tujuan surat jelas.

5. Apresiasi Yang Baik Untuk Perusahaan

Tulislah kalimat apresiasi yang sederhana namun bermaksud baik. Seperti contoh surat resign diatas, menggunakan bahasa yang sederhana dan memiliki batasan. Karena berlebihan justru akan memberikan kesan kebohongan.

6. Cantumkan Pencapaian Apa Yang Telah Dilakukan

mencantumkan pencapaian yang telah dilakukan memberikan kesan peran penting yang sudah dilakukan untuk perkembangan perusahaan.

Namun, batasilah dalam mencantumkan kalimat pencapaian agar tidak terkesan sombong. Mencantumkan pencapaian tidaklah perlu agar karena bisa menimbulkan ketidaknyamanan dalam membaca.

7. Gunakan Penutup Yang Santun Dan Hangat

Langkah terakhir dalam menulis adalah penutupan surat. Kalimat penutupan perlu memperhatikan kesopanan dan pemilihan kalimat yang bersahabat. Seperti memberikan harapan yang baik dan memberikan kalimat ucapan perpisahan dengan rendah hati.

8. Berikan Surat Langsung Kepada Pimpinan

Memberikan surat secara pribadi atau bertemu langsung dengan pimpinan. Jangan meninggalkan surat atau mengirimkan melalui email karena hal seperti ini tidaklah sopan dan tidak menghargai kehadiran atasan.


Tata Cara Menemui Atasan

Tata Cara Menemui Atasan

Hal yang perlu diperhatikan yang terakhir adalah proses pengunduran diri dengan menemui atasan. Setelah mempersiapkan surat pengunduran diri kemudian persiapkan diri untuk menemui atasan.

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan sebelum serta sikap saat bertemu atasan.

1. .Buatlah Janji Temu Jauh Hari

Pastikan menemui pimpinan disaat pimpinan memiliki banyak waktu untuk bisa berbicara empat mata. Buatlah janji temu di jauh-jauh hari dan jangan menemui atasan atau pimpinan disaat jam padat atau keadaan yang tidak bisa diganggu.

2. Berkomunikasi Dengan Tegas Namun Tetap Sopan

Berkomunikasi dengan gaya bahasa yang tegas tidak bertele-tele langsung kepada maksud dan tujuannya namun tetap mengutamakan kesopanan.

Menggunakan bahasa yang efektif dan efisien sesuai etika yang santun. Perhitungkan waktu sebab kemungkinan atasan atau pimpinan tidak banyak waktu.

3. Kejelasan Alasan

Persiapkan alasan yang jelas serta argumen untuk memperkuat alasan mengundurkan diri dari pekerjaan. Kurangi sifat defensif dalam mengutarakan alasan-alasan tersebut. Apabila atasan atau pimpinan memberikan solusi dan berbagai negosiasi agar tetap bertahan.

Dengarkanlah dengan sabar dan ikutilah dan jangan memperlihatkan sikap yang tidak baik. Pertimbangkan pula negosiasi yang diberikan atasan karena bisa jadi atasan memberikan solusi terbaik.

4. Gunakan Gaya Komunikasi Yang Baik

Jika terjadi pertanyaan-pertanyaan yang menyudutkan. Tetap berikan komunikasi yang positif. Bisa jadi, atasan sedang mengorek alasan sebenarnya mengundurkan diri.

Lebih baik jujur mengatakan apa yang sebenarnya terjadi dengan tetap menggunakan bahasa yang baik dan pendekatan yang positif.

5. Konfirmasikan Kepada Relasi Selama Bekerja

Ketika bekerja pastilah kita akan mendapatkan relasi yang diajak bekerjasama. Maka ketika sudah memutuskan untuk resign atau berhenti bekerja sebaiknya memberikan konfirmasi kepada relasi mengenai keputusan mengundurkan diri dari perusahaan yang dulu.

Dan jika relasi membutuhkan rekan kerja lain bisa rekomendasikan teman yang berkompeten. Sehingga mereka tidak merasa diabaikan dan tetap bisa melanjutkan hubungan relasi antar perusahaan.


Format Penulisan Surat Resign atau Pengunduran Diri yang benar

Format Penulisan Surat Resign Atau Pengunduran Diri Yang Benar

Dalam penulisan surat pengunduran diri sederhana, perlu mencantumkan poin-poin berikut :

  • Tempat, waktu dan tanggal penulisan, biasanya tertulis di bagian kanan atas surat.
  • Nama dan alamat tujuan surat pengunduran diri.
  • Isi dan tujuan surat, sertakan alasan yang sopan.
  • Tanda tangan dan nama penulis surat pengunduran diri.
  • Materai.

Untuk lebih jelasnya bagaimana penulisan yang baik dan benar dalam menulis surat pengunduran diri, berikut beberapa contoh surat resign yang baik dan benar berikut.


Contoh Surat Resign

Contoh Surat Resign

Beberapa contoh surat resign dibawah ini bisa sebagai referensi penulisan surat resign yang baik dan benar dan manfaatkan sebaik mungkin. Berikut beberapa contoh yang bisa diketahui:

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan


1. Contoh Surat Resign Dari Perusahaan

Contoh Surat Resign Dari Perusahaan

 


a. Contoh Surat Resign Dari Perusahaan 1

 

a. Surat Resign Dari Perusahaan 1

Purworejo, 9 Marret 2018

Yth. Kepala PT. Sinar Dharma Raya
di Jln. Pertiwi no.88 Purworejo
Purworejo, Jawa Tengah

 

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                    : Ramadhani
Departemen         : Pemasaran
Jabatan                 : Sales
No. Karyawan     : S30045674

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Sinar Dharma Raya karena ingin mengembangkan bisnis keluarga. Surat ini saya buat dengan penuh kesadaran. Saya berharap Anda dapat menerima permohonan ini,serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat atas dukungan dan bantuan yang diberikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Ramadhani


b. Contoh Surat Resign Dari Perusahaan 2

 

b. Surat Resign Dari Perusahaan 2

Banten, 26 Juni 2018

Yth. HRD Manager Mokatekno

Jalan Merpati no 465 Banten

Banten

 

Melalui surat ini saya Abdul Azis bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Mokatekno sebagai manager, terhitung sejak tanggal 2 Juli 2018 dengan alasan keluarga meminta saya beristirahat karena kesehatan yang tidak stabil. Surat ini saya buat sesuai prosedur dan dengan penuh kesadaran tanpa ada paksaan atau motivasi negatif. Saya berharap perusahaan memahami kondisi saya dan memberikan ijin untuk saya mengundurkan diri.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan serta kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Mokatekno. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Mokatekno apabila terdapat kesalahan selama saya bekerja di perusahaan ini.

Saya berharap PT. Mokatekno terus berkembang dan menjadi yang terbaik.

Demikian surat pengunduran diri saya buat dengan sebaik-baiknya dan semoga pihak PT. Mokatekno menyutujui keputusan saya. Atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

Abdul Azis


2. Contoh Surat Resign Karyawan Kontrak

 

Contoh Surat Resign Karyawan Kontrak


a. Contoh Surat Resign Karyawan Kontrak 1

 

a. Surat Resign Karyawan Kontrak 1

Sragen, 18 Mei 2018

Yth. Bagas Reksa Adi S.Psi, M.Kes

HRD PT. Cakra Mulia

Jalan Dewi Sartika 48 Sragen

Sragen, Jawa Tengah

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya Zea Thuafunnisa bermaksud mengundurkan diri dari PT. Cakra Mulia sebagai staf layanan publik, terhitung sejak tanggal 18 Mei 2018.

Saya mengucapkan terimakasih atas segala bimbingan serta kesempatan untuk bekerja di PT. Cakra Mulia. Saya juga meminta maaf kepada pimpinan serta seluruh karyawan PT. Cakra Mulia apabila selama bekerjasama saya melakukan kesalahan.

Harapan saya semoga PT. Cakra Mulia selalu menjadi yang terbaik.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan penuh kebenaran dan kesadaran. Atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terimakasih

 

Hormat saya,

Zea Thuafunnisa


b. Contoh Surat Resign Karyawan Kontrak 2

 

 

b. Surat Resign Karyawan Kontrak 2

Magelang, 12 April 2018

Kepada YTH.

HRD PT. Saudara Permira

Jalan Perwira 1 Magelang

Magelang, Jawa Tengah

 

Dengan ini dan saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama             : Meira Dwi Scolastika

NIP                 : 67688139

Departemen : Administrasi Umum

Jabatan         : Resepsionis

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Saudara Permira terhitung sejak tanggal 16 April 2018. Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Saudara Permira. Saya juga memohon maaf kepada jajaran manajemen apabila selama saya bekerja terdapat hal-hal yang tidak baik saya lakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja. Saya berharap perusahaan terus berkembang, maju, dan sukses

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan kesungguhan. Terimakasih atas kesempatan dan ilmu yang selama ini sudah diberikan.

 

Hormat saya,

Meira Dwi Scolastika


3. Contoh Surat Resign Karyawan Hotel

Contoh Surat Resign Karyawan Hotel

 

 

Surat Resign Karyawan Hotel

Temanggung, 12 Maret 2018

Yth Kepala Bagian Personalia

Hotel Candra Asih Temanggung

Jalan Kamboja, no.177 Temanggung

Temanggung, Jawa Tengah

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                       : Dewi Zulfiana

Tempat/tanggal lahir           : Bogor, 14 Maret 1996

Alamat                                     : Jalan Perintis Kemerdekaan no. 56, Temanggung

Jabatan                                    :  Akuntan Hotel Candra Asih

Melalui surat ini, saya bermaksud mengundurkan diri terhitung tanggal 18 Maret 2018 dengan alasan ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Segala tugas dan kewajiban saya di hotel candra asih akan saya selesai hingga masa pengunduran saya.

Terimakasih atas kesempatan serta kepercayaan yang diberikan untuk saya bekerja di Hotel candra asih. Mohon maaf apabila selama bekerja saya kurang bertanggung jawab.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan atau tekanan dari pihak manapun. Atas pengertian serta dukungannya saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

Dewi Zulfiana


4. Contoh Surat Resign Guru

Contoh Surat Resign Guru

 


a. Contoh Surat Resign Guru 1

 

a. Surat Resign Guru 1

Tegal, 02 Juli 2018

Yth. Muh Sholeh M.M.Pd

Kepala SMK Bhayangkari Tegal

Jalan Kartini no 243 Tegal

Tegal, Jawa Tengah

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                : Dandi Putra S.Pd

Alamat              : Jalan Banyubiru, No. 28B, Tegal

Jabatan             : Guru Penjaskes

NIPY                  : 1122345773

Secara resmi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai guru penjaskes terhitung mulai tanggal 16 Juli 2018 atau selepas penilaian akhir semester genap.

Keputusan ini sangat berat, karena mengingat masa kerja saya di SMK Bhayangkari sudah sekitar 13 tahun namun karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk beraktivitas fisik. Saya harus membuat keputusan untuk mengundurkan diri sebagai guru penjaskes.

Saya ingin mengucapkan banyak terimakasih atas segala kesempatan yang diberikan untuk bisa belajar dan bekerja di SMK Bhayangkari ini. Sekaligus saya  ingin meminta maaf apabila selama bersama di SMK Bhayangkari ini banyak kesalahan yang saya perbuat.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan kebenaran untuk bisa dipergunakan dengan semestinya. Atas pengertian yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

Dandi Putra S.Pd

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik


b. Contoh Surat Resign Guru 2

 

b. Surat Resign Guru 2

Kepada Yth.

Kepala SMK Bhinneka Bandung

Jalan Merdeka No. 144D Bandung

Bandung, Jawa Barat

 

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya:

Nama    : Budi Laksono S.Pd

Jabatan: Guru Bahasa Jepang

Secara resmi terhitung tanggal 19 Desember 2017 berhenti sebagai guru bahasa jepang di SMK Bhinneka Bandung.

Saya ucapkan banyak terimakasih atas segala kesempatan yang diberikan SMK Bhinneka kepada saya untuk bekerja dan mengajar siswa-siswi SMK Bhinneka. Saya juga memohon maaf kepada jajaran komite sekolah SMK Bhineka apabila selama saya bekerja terdapat hal-hal yang tidak baik dan kurang berkenan.

Besar harapan saya SMK Bhinneka menjadi sekolah yang mencetak generasi berprestasi baik akademik maupun non akademik.

Demikian surat ini saya buat dengan kesungguhan. Atas dukungan dan perhatian yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

 

Bandung, 17 Desember 2017

Budi Laksono S.Pd


5. Contoh Surat Resign Dari Pabrik

Contoh Surat Resign Dari Pabrik

 


a. Contoh Surat Resign Dari Pabrik 1

 

a. Surat Resign Dari Pabrik 1

Palu, 07 Januari 2018

Yth. Hadi Dwi Pangestu

Direktur CV. Sinar Pertiwi

Jalan Pondok emas No. 1128

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

 

Dengan hormat,

Dengan surat ini saya Basuki Sigit Utama bermaksud mengundurkan diri sebagai karyawan Pabrik terhitung mulai tanggal  09 Januari 2018 dikarenakan saya telah diterima bekerja di perusahaan lain, sehingga  tidak bisa melanjutkan pekerjaan di CV. Sinar Pertiwi.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di CV. Sinar Pertiwi ini. Dan mohon maaf atas segala tindakan yang kurang berkenan selama saya bekerja di CV. Sinar Pertiwi.

Semoga Bapak dapat memahami keputusan yang telah saya buat, harapan saya semoga CV. Sinar Pertiwi lebih maju kedepannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

Basuki Sigit Utama


b. Contoh Surat Resign Dari Pabrik 2

 

b. Surat Resign Dari Pabrik 2

Makasar, 16 Mei 2018

Yth. Bambang Edi Pratama S.Psi

HRD CV.Digital Book

Jalan Memuja No. 77

Makasar

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya Diah Ratna Ayu bermaksud mengundurkan diri sebagai karyawan Pabrik CV. Digital Book terhitung mulai tanggal  24 Mei 2018 dikarenakan saya akan mengikuti suami pindah tugas ke luar kota.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diberikan kepada saya selama bekerja di CV. Digital Book.  Dan kepada seluruh karyawan serta manajemen CV. Digital Book saya ingin memohon maaf atas segala tindakan yang kurang berkenan selama saya bekerja di CV.Digital Book.

Semoga permohonan saya dapat dikabulkan dan kondisi saya dapat dimengerti, harapan saya semoga CV. Digital Book lebih maju dalam segala bidang serta memajukan gerakan literasi bangsa.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak manapun. Atas bantuan dan perhatian yang telah diberikan saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

Diah Ratna Ayu


6. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi


a. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi 1

 

a. Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi 1

Palembang, 23 Agustus 2018

Yth. Ketua BEM UIN Raden Fatah Palembang

Di Tempat

 

Bersama surat ini saya :

Nama                           : Agus Prihantaka

Alamat                        : Sumbersari, Salamraya, Palembang

Fakultas / Prodi       : Bahasa dan Sastra / Sastra inggris

Dengan surat ini saya mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Ketua Bidang Budaya di BEM UIN Raden Fatah Palembang dengan alasan telah diterima bekerja di salah satu Perusahaan yang ada di Palembang sehingga tidak memiliki waktu untuk berorganisasi.

Tiada kata yang lebih pantas dihaturkan selain terima kasih kepada rekan-rekan semua telah bersama dengan saya menimba ilmu serta mempraktikan ilmu-ilmu yang telah didapatkan di perkuliahan. Sekaligus permohonan maaf atas segala keterbatasan saya dalam melaksanakan tugas dan kewajiban selama berorganisasi. Semoga kedepannya BEM UIN Raden Fatah selalu menjadi  pelopor pergerakan mahasiswa di UIN Raden Fatah Palembang dan menjadi wadah perubahan di tengah masyarakat Indonesia.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan dengan segala kesadaran. Atas segala perhatian yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat Saya,

Agus Prihantaka


b. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi 2

 

b. Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi 2

 SURAT PENGUNDURAN DIRI

Jakarta 16 Februari 2018

Kepada

Yth. Ketua OSIS dan Pembina Osis SMA 16 Jakarta

di Tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama     : Anggito Ferdiansyah

Kelas      : XI IPS-2

Jabatan  : Bendahara

Berdasarkan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai bendahara dengan berbagai alasan :

Pertama, orang tua meminta saya untuk keluar

Kedua,Jadwal rapat osis terlalu padat dan menyita waktu belajar saya

Dan terakhir minat saya untuk berorganisasi sudah tidak ada lagi

Saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada pembina serta rekan-rekan yang telah memberikan kepercayaan selama setahun untuk saya menjabat bendahara OSIS SMA 16 Jakarta. Banyak sekali pengalaman dan pembelajaran yang saya dapat selama berorganisasi. Saya juga ingin meminta maaf apabila selama berorganisasi banyak sekali kesalahan yang saya perbuat.

Besar harapan saya untuk mendapatkan ijin mengundurkan diri sebagai bendahara OSIS SMA 16 Jakarta. Semoga OSIS SMA 16 Jakarta semakin baik lagi.

Atas perhatian dan pengertian yang diberikan, saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

Anggito Ferdiansyah


7. Contoh Surat Resign Dari Partai

Contoh Surat Resign Dari Partai

 

Surat Resign Dari Partai

Kepada Yth:

Ketua Umum DPP Partai Bersama Kita Bisa

Bapak Dr. Ahmad Yuwana Hadi

Di Wonosobo

Assalamu’alaikum Wr.Wb

 

Dengan hormat,

Kami sampaikan semoga Bapak Dr. Ahmad Yuwana Hadi selalu dalam lindungan Allah SWT dan diberikan kesehatan. Bersama ini kami bermaksud menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

Pertama-tama saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada Partai Bersama Kita Bisa (PBKB)atas kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk menjadi bagian pengurus Partai Bersama Kita Bisa (PBKB) Kabupaten Purworejo Masa Bakti 2013-2018, sesuai SK DPP Partai Bersama Kita Bisa Nomor 07.22/SK/DPP.DP/PBKB/VII/2013.

Kedua, dengan segala hormat kepada Ketua Umum DPP Partai Bersama Kita Bisa (PBKB). Saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Ketua Majelis Partai Bersama Kita Bisa (PBKB) Kabupaten Purworejo.

Saya memohon Partai Bersama Kita Bisa (PBKB) tetap selalu konsisten dalam memperjuangkan nilai-nilai moral,sosial,ekonomi dan budaya yang tengah terjadi krisis di Negeri tercinta ini. Saya tetap akan memberikan dukungan kepada Partai Bersama Kita Bisa (PBKB) dalam semangat berjuang.\

Keputusan ini sangat sulit bagi saya, melihat masa jabatan saya tinggal beberapa bulan lagi. Namun saya perlu memutuskan untuk bisa memfokuskan perjuangan aspirasi politik yang saya yakini. Semoga Bapak dapay mengerti serta memahami keputusan yang saya buat ini. Saya harap keputusan ini tidak memutuskan tali persaudaraan dan tali silaturrahim yang sudah terjalin diantara kita.

Saya juga ingin memohon maaf kepada seluruh pengurus Partai Bersama Kita Bisa (PBKB) serta jajaran pimpinan atas segala tindakan yang kurang berkenan selama saya bergabung dan menjabat sebagai Ketua Majelis Partai Bersama Kita Bisa (PBKB) Kabupaten Purworejo.

Terima kasih atas segala dukungan dan perhatian Bapak Dr. Ahmad Yuwana Hadi selaku Ketua Umum DPP Partai Bersama Kita Bisa (PBKB).

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

 

Hormat saya,

Muh. Anwar S.S.Hum

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Guru


8. Contoh Surat Resign Dari Bank

Contoh Surat Resign Dari Bank

 

 

Surat Resign Dari Bank

Yogyakarta, 21 September 2018

Kepada Yth.

Bank Rakyat Indonesia

Jalan Gatot Subroto 28F Yogyakarta

Yogyakarta

 

Bersamaan surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan dari Bank Rakyat Indonesia atas :

Nama  : Briely Layina

Alamat: Jalan Burgenvile no 33 Yogyakarta

Dengan alasan pindah ke luar kota bersama keluarga.

Saya ingin mengucapkan terimakasih atas segala pelajaran serta kesempatan yang diberikan kepada saya selama dua tahun ini. Saya juga ingin memohon maaf apabila selama saya bekerja di Bank Rakyat Indonesia ini banyak hal-hal tidak baik yang saya perbuat.

Semoga Bank Rakyat Indonesia Yogyakarta semakin baik dan terus berkembang.

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan kesungguhan dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Atas perhatian yang diberikan saya mengucapkan terimakasih

 

Hormat saya,

Briely Layina

Demikianlah contoh surat resign dari pekerjaan ataupun organisasi dan tips-tips pengajuan permohonan mengundurkan diri beserta sikap yang baik untuk mengajukan surat permohonan berhenti bekerja.

Semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan bisa menjadi contoh yang baik. Sekian dan terimakasih.

Contoh Surat Resign

Tinggalkan komentar