Contoh Surat Setengah Resmi

Contoh Surat Setengah Resmi – Berikut ini akan berguna sebagai referensi saat ingin membuat dokumen jenis ini. Surat ini bisa digunakan untuk berbagai kepentingan sesuai dengan maksud dan tujuan masing-masing. Meskipun setengah resmi, dokumen ini tetap menggunakan bahasa resmi dan formal sesuai kaidah atau Ejaan Yang Disempurnakan.

Dokumen ini termasuk dalam jenis surat pribadi yang dikirimkan oleh seseorang ke instansi, lembaga atau masyarakat pada umumnya. Untuk format surat sama dengan jenis surat formal yakni berisi mulai dari kop surat (jika ada), bagian pembuka, isi serta penutup.

Sementara manfaat dari surat ini yakni sebagai sarana menyampaikan sesuatu secara formal. Misalnya saja informasi kerja bakti, izin tidak masuk sekolah atau lainnya. Berikut ini kami sajikan beragam contoh surat setengah resmi lengkap untuk berbagai kebutuhan.


 Hal-Hal yang Perlu Diketahui Seputar Surat Setengah Resmi

Hal Hal Yang Perlu Diketahui Seputar Surat Setengah Resmi

Sebelum mengulas contoh surat setengah resmi, ketahui terlebih dahulu berbagai hal yang berkaitan dengan dokumen ini. Seperti bagian-bagian surat, ciri-cirinya, bahasa yang digunakan, dan sebagainya. Berikut selengkapnya.

1. Bagian-Bagian Surat

Meski bisa dibilang sama dengan surat resmi, namun dokumen ini mempunyai sedikit perbedaan terutama di bagian isinya. Surat setengah resmi terdiri dari tanggal pembuatan surat, tujuan, pembuka, isi dan juga penutup. Di akhir surat juga perlu dicantumkan tanda tangan dari si pengirim surat.

2. Ciri-ciri Surat

 Ciri inilah yang membedakan dokumen ini dengan jenis lainnya. Ciri pertama yakni dibuat oleh individu yang ditujukan kepada lembaga atau instansi. Misalnya saja surat izin tidak masuk, dibuat oleh siswa yang bersangkutan kemudian ditujukan kepada wali kelas yang mewakili sekolah.

Ciri lain yakni dokumen ini tidak membutuhkan kop surat dan juga nomornya. Surat setengah resmi juga tidak perlu menggunakan lampiran, perihal dan juga stempel, karena memang dikirim oleh individu bukan instansi.

3. Bahasa Surat Setengah Resmi

 Meskipun setengah resmi, dokumen ini tetap menggunakan bahasa formal bahasa Indonesia sesuai ejaan yang disempurnakan. Bahkan tidak diizinkan memakai bahasa singkatan dan gaul.

4. Manfaat Surat Setengah Resmi

Sama seperti surat pada umumnya, dokumen ini berguna sebagai wadah atau sarana dalam rangka menyampaikan informasi dengan cara resmi. Misalnya saja surat setengah resmi kerja bakti, berguna bagi pihak tertentu untuk mengabarkan bahwa akan diadakannya kerja bakti di tanggal dan jam tertentu.

Baca Juga: Contoh Surat Pesanan


Contoh Surat Setengah Resmi Untuk Berbagai Kebutuhan

Setelah mengetahui berbagai hal yang menyangkut dokumen tersebut, berikut kami berikan contoh-contoh surat setengah resmi untuk berbagai keperluan. Mulai dari izin cuti, lamaran kerja, dan sebagainya.

Contoh Surat Setengah Resmi Izin Cuti untuk Perusahaan

Contoh Surat Setengah Resmi Izin Cuti Untuk Perusahaan

Surat jenis ini dibuat oleh perorangan yang ditujukan untuk perusahaan.  Dokumen ini biasanya digunakan sebagai permohonan izin cuti. Berikut contoh selengkapnya.

Contoh Surat Setengah Resmi Izin Cuti untuk Perusahaan

Hal : Surat Permohonan Cuti Kerja                        Tempat__ tanggal__ bulan__ tahun

 

Kepada Yth

Pimpinan Perusahaan

Nama perusahaan terkait

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Yang bertandatangan berikut ini :

Nama                                : Nama lengkap karyawan

Tempat, tanggal lahir     : Tempat tanggal lahir karyawan

Nomor Induk Karyawan   : nomor induk karyawan jika ada

Jabatan di perusahaan : posisi karyawan dalam perusahaan

 

Melalui surat ini, saya bermaksud ingin mengajukan izin cuti ____ selama ___ hari atau minggu atau bulan, terhitung mulai dari tanggal __ bulan __ hingga tanggal ___ bulan__ tahun__

Demikian surat ini saya buat, besar harapan semoga bapak / ibu pimpinan dapat mengabulkan permohonan saya. Sebelum dan sesudahnya, saya mengucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya

 

Nama Lengkap dan Tanda Tangan


Contoh Surat Setengah Resmi Lamaran Kerja

Contoh Surat Setengah Resmi Lamaran Kerja

Lamaran kerja tergolong dalam jenis surat setengah resmi. Hal tersebut karena memang tidak mempunyai kop surat. Langsung saja berikut contoh selengkapnya

Contoh Surat Setengah Resmi Lamaran Kerja

                                                                                                            Tempat__ tanggal__ bulan__ tahun__

Kepada Yth.

HRD / Bagian SDM

Nama Perusahaan

Di

Alamat lengkap perusahaan

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya baca dari _____ pada tangal_____ , PT___ sedang membutuhkan karyawan untuk menempati posisi ____ dengan kode posisi __. Melalui surat lamaran ini, saya bermaksud mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut.

 

Berikut ini data diri singkat saya :

Nama                           : Nama lengkap

Tempat, tanggal lahir   : Tempat, tanggal lahir pelamar

Pendidikan Terakhir  : Pendidikan terakhir pelamar

Domisili                        : Alamat sekarang pelamar

No. Handphone          : No handphone pelamar

 

Saya mempunyai kondisi kesehatan yang baik, berpengalaman di bidang ____, mempunyai kemampuan ____ dan mampu bekerja secara individu maupun team. Sebagai bahan pertimbangan, berbagai berkas berikut ini sudah saya lampirkan bersama dikirimnya surat lamaran:

Curriculum vitae, pas photo, fotocopy KTP, fotocopy Ijazah terakhir dan transkrip lengkap, fotocopy SKCK, fotocopy sertifikat keahlian (Serta dokumen lain yang mungkin dibutuhkan)

Demikian surat lamaran ini saya ajukan. Besar harapan agar bapak / ibu memberikan kesempatan saya untuk menghadiri wawancara dan mengikuti tahapan seleksi berikutnya. Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Nama lengkap dan tanda tangan


Contoh Surat Setengah Resmi Pengumuman Kerja Bakti

Contoh Surat Setengah Resmi Pengumuman Kerja Bakti

Contoh lainnya yakni surat himbauan kerja bakti yang ditujukkan kepada warga wilayah tertentu baik lingkup RT maupun RW. Langsung saja berikut ini contoh surat pengumuman kerja bakti yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Contoh Surat Setengah Resmi Pengumuman Kerja Bakti

                                                                                         Tempat__ tanggal__ tahun__

Kepada Yth

Warga RT __ RW__

Desa__ Kelurahan __ Kecamatan __

Kota/ Kabupaten __

 

Dengan hormat

Sehubungan dengan hasil rapat pertemuan RT tanggal __ bulan__ tahun__ yang bertempat di ___, dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad 1442 Hijriyah, kami selaku pengurus RT mengajak bapak / ibu warga RT __untuk kerja bakti bersama dilingkungan tempat tinggal dan juga masjid. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada:

 

Hari , tanggal  : Hari dan tanggal kegiatan digelar

Jam                    : Jam berapa kegiatan digelar

Titik  Kumpul    : Pelataran Masjid___

 

Demikian surat ini kami sampaikan, semoga ibu dan bapak dapat menghadiri acara tersebut demi kepentingan dan kebersihan lingkungan bersama. Sebelum dan sesudahnya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami

 

Ketua RT__ RW __

Nama lengkap dan tanda tangan


Contoh Surat Setengah Resmi Undangan Arisan

Contoh Surat Setengah Resmi Undangan Arisan

Selain surat ajakan kerja bakti di lingkungan RT, Undangan arisan merupakan salah satu jenis surat tidak resmi lainnya. Biasanya surat ini dikeluarkan oleh organisasi PKK di lingkup RT, berikut selengkapnya.

Contoh Surat Setengah Resmi Undangan Arisan

Kepada Yth

Ibu ____

Di RT__ RW__ Desa__

 

Assalamualaikum Wr. Wb

Dalam rangka kegiatan bulanan rutin ibu-ibu PKK RT__ RW__ kami selaku pengurus PKK mengundang ibu untuk menghadiri arisan yang insya Allah akan digelar pada:

 

Hari dan Tanggal : hari dan tanggal arisan dilaksanakan

Jam                     : Jam arisan akan digelar

Lokasi                     : Kediaman ibu ____ Jl______ No. __

Rundown Acara :

Pembukaan acara oleh ibu ___

Pembahasan – pembahasan seputar PKK

Kultum yang akan diisi oleh Ustad _____

Silaturahmi

Dan lain-lain

 

Demikian undangan ini kami sampaikan. Mengingat pentingnya acara tersebut, kami mengharapkan kehadiran ibu di waktu dan tempat yang sudah ditentukan. Sebelum dan sesudahnya, kami mengucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami

 

Nama lengkap dan tanda tangan

Ketua PKK RT__ RW__


Contoh Surat Setengah Resmi Undangan Ulang Tahun

Contoh Surat Setengah Resmi Undangan Ulang Tahuni

Undangan ulang tahun merupakan salah satu contoh surat setengah resmi lainnya. Berikut ini contoh selengkapnya yang bisa dijadikan sebagai rujukan.

Contoh Surat Setengah Resmi Undangan Ulang Tahun
Box content

Tempat __ bulan__ tahun__

 

Kepada : nama penerima

Di

Alamat penerima surat

 

Salam Sejahtera,

Teman-temanku yang baik, saya berencana mengundang kalian untuk hadir dalam acara ulang tahun saya yang insya Allah akan digelar pada :

Hari dan tanggal   : hari dan tanggal pesta dilaksanakan

Waktu                 : Jam pesta akan digelar

Tempat                : Rumah Saya, Jalan____ No. __

 

Saya berharap teman-teman bisa hadir di acara tersebut, saya sangat menantikan kehadiran teman-teman. Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan terima kasih banyak ya.

 

Temanmu,

 

Nama lengkap

Baca Juga: Contoh Surat Cinta


Contoh Surat Setengah Resmi Sekolah Mengenai Study Tour

Contoh Surat Setengah Resmi Sekolah Mengenai Study Tour

Ketika menjelang study tour, sekolah pasti akan membagikan selebaran undangan yang ditujukan untuk wali murid. Undangan ini termasuk dalam jenis surat setengah resmi. Langsung saja, berikut contoh selengkapnya.

Contoh Surat Setengah Resmi Sekolah Mengenai Study Tour
Box content

Hal : Pemberitahuan Study Tour Kelas XII

Kepada Yth

Orang tua / wali murid siswa / i kelas XII

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya kegiatan study tour untuk kelas XII, kami ingin memberitahukan bahwa kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada:

Hari dan Tanggal           : hari dan tanggal kegiatan

Waktu pemberangkatan : kapan waktu pemberangkatan kegiatan dimulai

Lokasi Tujuan                  : Tujuan Study Tour

Biaya                                  : Rp 200.000 (pelunasan maksimal dua hari sebelum keberangkatan)

 

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, sebelum dan sesudahnya kami mengucapkan terima kasih.

 

Tempat__ tanggal__ tahun

Kepala Sekolah SMA / SMK _____                                              Ketua Pelaksana Kegiatan

Nama lengkap dan tanda tangan                                                    Nama lengkap dan tanda tangan


Curat Setengah Resmi Izin Tidak Masuk Sekolah

Curat Setengah Resmi Izin Tidak Masuk Sekolah

Surat izin tidak masuk sekolah termasuk jenis surat setengah resmi karena tidak mempunyai kop surat. Biasanya dibuat oleh orang tua atau wali murid sebagai sarana pemberitahuan secara formal kepada wali kelas bahwa siswa yang bersangkutan tidak bisa hadir seperti biasanya. Berikut contoh surat selengkapnya.

Surat Setengah Resmi Izin Tidak Masuk Sekolah

Tempat ___ tanggal __ bulan__ tahun__

 

Kepada Yth.

Bapak / Ibu Wali Kelas ___

SD / SMP / SMA ____

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Bersama datangnya surat ini, saya orang tua dari ______ alamat _____ kelas____

Memberitahukan bahwa anak saya tidak bisa hadir di sekolah seperti biasanya dikarenakan sakit. Berikut saya juga sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Atas nama orang tua siswa, saya meminta izin kepada Bapak / ibu wali kelas atas ketidakhadiran anak saya selama tiga hari sesuai dengan surat keterangan dokter yang tertera. Harap maklum. Sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan terima kasih.

 

Hormat saya

 

Nama orang tua / wali dan tanda tangan


Contoh Surat Setengah Resmi Undangan Pagelaran Seni

Contoh Surat Setengah Resmi Undangan Pagelaran Seni

Undangan pagelaran seni dibuat oleh panitia gelar budaya dan ditujukan kepada organisasi atau individu yang dimohon kehadirannya untuk berpartisipasi di acara tersebut. Langsung saja berikut contoh selengkapnya.

Contoh Surat Setengah Resmi Undangan Pagelaran Seni

Kepada Yth

Bapak _____

Di

Alamat lengkap penerima surat

 

Dengan hormat,

Segala puji bagi Allah yang memberikan kita kesehatan dan keselamatan. Bersama datangnya surat ini, kami sebagai panitia gelar budaya mengharapkan kehadiran Bapak dalam acara pagelaran seni yang akan dilaksanakan pada :

 

Hari dan tanggal    : hari dan tanggal pagelaran dilaksanakan

Waktu                          : jam mulai pagelaran hingga selesai

Tempat                        : tempat pentas seni dilaksanakan

Rundown                  :

  1. Pembukaan acara oleh Camat
  2. Penampilan angklung oleh karang taruna
  3. Tari ronggeng dari dusun Kemuning
  4. Pentas Wayang Kulit oleh Ki Seno Panadriro

 

Demikian surat ini kami sampaikan. Besar harapan agar Bapak berkenan untuk menghadiri acara tersebut. Sebelum dan sesudahnya, kami mengucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Nama lengkap dan tanda tangan

Ketua Panitia Gelar Budaya


Contoh Surat Setengah Resmi Rapat Persiapan Lomba

Contoh Surat Setengah Resmi Rapat Persiapan Lomba

Undangan persiapan lomba dibuat oleh ketua panitia dan ditujukkan untuk warga atau tokoh masyarakat tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini contoh surat yang bisa dijadikan sebagai rujukan.

Contoh Surat Setengah Resmi Rapat Persiapan Lomba

Tempat __ tanggal __ bulan__ tahun__

 

Yth.

Yth. Perwakilan Karang Taruna

Desa __ Kecamatan __

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Bersama datangnya surat ini, saya ingin mengundang perwakilan dari karang taruna untuk hadir dalam  acara rapat persiapan lomba Agustusan yang akan dilaksanakan pada :

 

Hari dan Tanggal : Hari dan tanggal rapat diadakan

Waktu                : Waktu dimulainya acara hingga selesainya rapat

Tempat             : Tempat rapat akan digelar

 

Mengingat pentingnya acara tersebut, kami berharap kehadiran perwakilan karang taruna sebanyak 3 orang. Sebelum dan sesudahnya, kami mengucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Nama lengkap dan tanda tangan

Ketua Panitia Lomba 17 Agustus

Baca Juga: Contoh Surat Setengah Resmi


Contoh Surat Setengah Resmi Undangan Perpisahan Kelulusan Untuk Wali Murid

Contoh Surat Setengah Resmi Undangan Perpisahan Kelulusan Untuk Wali Murid

Surat ini dibuat oleh pihak sekolah dan ditujukan kepada orang tua atau wali murid dalam rangka mengundang mereka untuk menghadiri Kelulusan yang digelar Sekolah. Berikut contoh selengkapnya.

Contoh Surat Setengah Resmi Rapat Persiapan Lomba

Tempat__ tanggal __ bulan __ tahun

Perihal : Undangan

Kepada Yth

Bapak / Ibu Orangtua atau Wali Murid

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan kelulusan siswa siswi angkatan 2020 SMP Negeri 03 Karangjati, dengan ini  kami mengharapkan kehadiran Bapak / ibu orang tua atau wali murid dalam acara pelepasan putra putri Bapak / ibu yang akan digelar pada :

 

Hari dan tanggal : hari dan tanggal acara dilaksanakan

Waktu                  : jam acara dimulai

Tempat                     : Lapangan Basket SMP Negeri 03 Karangjati

Acara                     : pentas seni dan pelepasan siswa siswi SMP Negeri 03 Karangjati

 

Mengingat pentingnya acara tersebut, kami sangat mengharapkan kehadiran bapak / ibu.  Jika berhalangan, mohon bapak / ibu dapat menunjuk pihak lain untuk mewakili. Demikian surat undangan ini kami sampaikan. Sebelum dan sesudanya kami mengucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

 

Kepala Sekolah

Nama lengkap dan tanda tangan


Nah, itulah contoh surat setengah resmi yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Surat sendiri merupakan sarana untuk menyampaikan suatu hal seperti acara atau informasi kepada pihak lain secara resmi. Selain resmi, ada juga surat setengah resmi, namun keduanya tidak begitu mempunyai perbedaan yang mencolok.

Meskipun setengah resmi, bahasa yang digunakan tetap formal dan bukan memakai bahasa gaul atau kekinian.  Kaidah penulisan surat jenis tersebut juga menggunakan kaidah penulisan dan ejaan yang disempurnakan atau EYD. Namun kalimat yang disusun lebih fleksibel dan tidak begitu kaku seperti surat formal pada umumnya. Surat jenis ini juga sebagian besar tidak mempunyai Kop surat.

Contoh Surat Setengah Resmi 

Tinggalkan komentar