10+ Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Teks Cerita Sejarah – Penggambaran sejarah bisa dilakukan dengan banyak hal, salah satunya adalah dengan menggunakan literatur. Literatur sendiri memiliki makna sebagai tulisan, entah itu di buku atau tertulis secara daring di internet.

Teks cerita sejarah penting dibuat dengan tujuan untuk memberi gambaran apa yang terjadi di masa lalu. Berikut ini akan membahas kaidah teks sejarah dan contoh teks cerita sejarah yang bisa di pelajari cara penulisannya.

Teks cerita sejarah sering kita temui dalam pembelajaran sejarah atau pemaparan sejarah. Dan materi tentang teks cerita sejarah sudah ada pada kurikulum 2013 pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas 12.

Penting untuk memahami bagaimana sejarah bisa di interprestasikan dalam bentuk tulisan. Sehingga dapat dengan mudah membuat pembaca mengerti dan memahami maksud nya. Pembaca akan dibantu memahami apa yang terjadi di masa lalu dengan sebuah literatur.

Baik yang ada pada literatur sekolah atau literatur online memiliki kaidah -kaidah penulisan teks sejarah yang mirip. Dalam pembahasan ini tentang apa itu teks sejarah dan kaidah-kaidah nya. Akan ada juga beberapa contoh teks cerita sejarah yang akan membantu lebih memahami pembahasan ini. Yuk disimak.


Apa Itu Teks Cerita Sejarah

Apa Itu Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah adalah literatur yang menjelaskan atau menceritakan fakta-fakta yang terjadi di masa lalu. Hal-hal yang di paparkan harus memiliki nilai sejarah dan juga di dukung oleh bukti-bukti yang valid. Atau singkatnya teks cerita sejarah menggambarkan cerita yang nyata yang mengandung nilai sejarah dan dapat dipertanggungjawabkan.

Fungsi yang ada pada teks cerita sejarah diantara lain adalah fungsi edukatif, yaitu memberi Pendidikan tentang sejarah. Selanjutnya ada fungsi rekreatif, yaitu fungsi untuk memberikan sarana rekreasi.

Yaitu dengan membangun imajinasi siswa terhadap peristiwa yang terjadi dimasa lampau. Dan ada pula fungsi inspiratif yang tentunya untuk memberi inspirasi kepada siswa. Terakhir ada fungsi instruktif atau fungsi sebagai alat bantu dalam pembelajaran sejarah.

Kaidah pada teks cerita sejarah memiliki beberapa pokok utama. Yang pertama adalah orientasi atau juga bisa disebut dengan pendahuluan. Pada bagian ini akan berisi informasi awal suatu cerita sejarah, seperti tempat dan waktu.

Selanjutnya yang kedua adalah urutan peristiwa, pada bagian ini akan di paparkan urutan peristiwa apa saja yang terjadi. Dan yang terakhir adalah reorientasi yang berisi kesimpulan dari pada jalan nya cerita.

Dengan kaidah teks cerita sejarah diatas, kisah atau cerita yang di tulis dapat menggambarkan dengan baik kejadian yang terjadi. Pembagian urutan kisah akan memberikan gambaran terkait sebab akibat yang mudah di mengerti. Dan pemberian kesimpulan di akhir adalah sebagai ringkasan kecil tentang cerita yang di tulis.

Baca Juga: Contoh Teks Eksplanasi


Contoh teks cerita sejarah

Contoh Teks Cerita Sejarah

Untuk memahami beberapa pembahasan diatas berikut ini beberapa teks cerita sejarah yang bisa di perhatikan. Kesemuanya pasti memiliki kesamaan dan bisa di perhatikan kemudian di pelajari. Sejarah yang tertulis harus nyata dan di dukung dengan bukti pastinya. Berikut contoh-contoh teks cerita sejarah dalam pembahasan kali ini.

1. Contoh Teks Cerita Sejarah Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1945

A. Orientasi

Indonesia telah merayakan kemerdekaan selama lebih dari 70 tahun. Tepatnya pada 17 agustus 1945, indonesia meraih kemerdekaan nya. Namun seperti yang kita ketahui kemerdekaan tidak diraih dengan cara instan atau tiba-tiba. Dan bukan juga karena adanya perjanjian merdeka dari pihak mana pun. Tetapi, kemerdekaan yang diperoleh Indonesia telah banyak melalui peristiwa-peristiwa sejarah yang penting.

B. Urutan Peristiwa

Diawali dengan pembentukan sejumlah lembaga persiapan kemerdekaan, yang pertama adalah pembentukan BPUPKI pada Maret 1945. Lembaga ini bertugas untuk merumuskan dasar negara, yang kemudian disetujui sebagai Pancasila. Kemudian setelah dasar negara terbentuk BPUPKI dibubarkan dan diganti dengan lembaga baru.

Setalah pada 7 Agustus 1945 BPUPKI dibubarkan, selanjutnya di bentuk PPKI dan Panitia 9 untuk persiapan kemerdekaan Indonesia. Dan proses selanjutnya yaitu perumusan teks proklamasi dimulai pada malam hari tanggal 16 Agustus. Tepatnya  setelah Ir. Soekarno dan M.Hatta kembali dari Rengasdengklok.

Perumusan teks proklamasi ini bertempat di kediaman Laksamada Maeda yang berlangsung hingga dini hari. Teks dibuat dan dirundingkan bersama-sama oleh sejumlah pihak yang hadir, kemudian ditandatangani oleh Ir.Soekarno dan M. Hatta, atas nama bangsa Indonesia. Selanjutnya teks Proklamasi diberikan kepada Sayuti Melik untuk diketik.

Pada hari selanjutnya yaitu tepat pada 17 agustus 1945, teks Proklamasi dibacakan oleh Ir.Soekarno di kediamannya. Yang beralamat di Jalan Pegangsaan Timur 56. Pembacaan teks proklamasi disaksikan oleh beberapa tokoh nasional seperti Soewirjo, Trimurti, Ahmad Soebarjo, dan warga Indonesia lainnya.

Dengan dibacakannya teks Proklamasi, maka Indonesia menyatakan kemerdekaan nya. Kemudian berita kemerdekaan Indonesia disebarluaskan melalui media-media massa saat itu. Kabar ini disebar dengan cepat melalui surat kabar dan radio seluruh Indonesia. Dan berita kemerdekanaan akhirnya tersebar.

C. Reorientasi

Kemerdekaan Indonesia telah terjadi lebih dari 70 tahun silam, atau tepatnya pada 17 Agustus 1945. Sebelumnya  untuk memulai persiapan kemerdekaan dibentuk BPUPKI yang bertujuan untuk merumuskan dasar negara atau Pancasila. Dan dibentuk PPKI untuk melanjutkan tugas BPUPKI. Pada tanggal 16 agustus 1945, tepatnya pada malam hari teks proklamasi dirumuskan bersama oleh beberapa tokoh nasional di rumah Laksamana Maeda.

Kemudian keesokan harinya, dibacakan oleh Ir. Soekarno dan menjadi penanda kemerdekaan Indonesia. Setelahnya  Berita kemerdekaan menyebar dengan cepat melalui radio dan surat kabar. Pemerintah pun segera mengesahkan Undang-Undang dan membentuk MPR untuk menyempurnakan kepemerintahan Indonesia.


2. Contoh Teks Cerita Sejarah Danau Toba dan Pulau Samosir

A.  Orientasi

Ada salah satu pulau tempat wisata yang cukup terkenal, Namanya Pulau Samosir.Pulau Samosir adalah sebuah pulau kecil yang berada di provinsi Sumatra utara. pulau ini dikenal luas sebagai salah satu tujuan wisata dan juga memiliki kebudayaan batak yang cukup kental. Tidak hanya di Indonesia, Pulau Samosir juga cukup terkenal di penjuru dunia sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia khusus nya provinsi Sumatra utara.

B.  Urutan Peristiwa

Jika dilihat secara geografis, Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik yang berada di tengah Danau Toba di provinsi Sumatera Utara. Sebuah pulau kecil dalam pulau sumatra dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Dengan keunikan ini, Pulau Samosir dapat menarik perhatian para turis.

Sebelum nya Pulau Samosir masuk pada kabupaten Toba-Samosir. Kemudian mengalami pemekaran sehingga, sejak tahun 2003 Pulau Samosir terletak di wilayah Kabupaten Samosir. Sehingga mengalami perbedaan pada struktur pemerintahan daerah. Meski berada di tengah Danau Toba, Pulau Samosir bukanlah pulau yang kecil. Wilayah Pulau Samosir mencakup 6 kecamatan dari sekitar 9 kecamatan yang ada di kabupaten tersebut. Pulau Samosir memiliki luas sekitar 640 KM2 di tengah-tengah Danau Toba.

Kemudian untuk Danau Toba sendiri memiliki panjang mencapai 100 KM dan lebar sepanjang 30 KM, untuk kedalaman Danau Toba mencapai 505 M. wilayah Danau Toba dan Pulau Samosir berada di dataran yang cukup tinggi yaitu 900 meter. Danau Toba adalah Danau Vulkanologi terbesar di dunia dan danau terbesar di Indonesia.

Mengapa di sebut danau vulkanologi karena terbentuknya Danau Toba dan Pulau Samosir berasal dari letusan gunung berapi. Letusan tersebut cukup dahsyat dengan skala 8.0 Volcano Explosivity Index (VEI). Terjadi sekitar 69000 sampai 77000 tahun yang lalu, dan memuntahkan >1000 KM3 material letusan. Ketinggian letusan saat itu tercatat mencapai 50km hingga mempengaruhi suhu serta kondisi di lapisan toposphere dan stratosphere bumi saat itu.

C. Reorientasi

Sehingga dari letusan yang terjadi, pulau Samosir yang dahulu nya berada di daratan yang sama dengan pulau Sumatra menjadi berada di tengah danau. Dahulu saat Pulau Samosir masih berada dalam satu daratan dengan Pulau Sumatera, pulau itu berbentuk sebuah tanjung di Danau Toba. Warga dahulu akan menyeret perahu untuk bisa pindah ke sisi Danau Toba yang lainnya, dari pada harus memutari Samosir. kemudian pada era penjajahan Belanda, dibangunlah kanal sungai untuk mempertemukan kedua sisi Danau Toba ini.

Sehingga perahu bisa lewat dari satu sisi Danau Toba, ke sisi lainnya tanpa memutari Samosir. Dan tentunya masyarakat tidak perlu lagi menyeret perahu dari masing-masing ujung pulau.Dengan kanal sungai itu, terputus lah sudah Samosir dengan dataran Sumatera dan bisa dikatakan telah resmi menjadi sebuah pulau.

Area pemotongan Samosir itu kemudian  disebut dengan Tano Ponggol. Pada awalnya, area Tono Ponggol  memiliki sebuah jembatan kayu yang berdiri dalam waktu yang cukup lama. Dan pada tahun 1982, jembatan Tano Ponggol ini sudah dibeton. Berdasarkan pada buku-buku Budaya Batak, Tano Ponggol di “potong” Belanda di karena kan ada dua alasan. Alasan pertama adalah bertujuan untuk memperlancar transportasi air dan kedua bertujuan untuk memecah belah Bangsa Batak dahulu secara psikologis.


3. Contoh Teks Cerita Sejarah Hari Ibu

A. Orientasi

Hari ibu di Indonesia dilaksanakan setiap tanggal 22 padabulan desember. Tanggal ini diperingati untuk ibu yang sudah memiliki peran besar dalam mendidik anak-anak nya. Penghormatan terhadap rasa kasih dan sayang menjadi salah satu hal ikonik yang sering terhubung dengan makna hari Ibu. Biasanya peringatan ini akan dilaksanakan dengan memberi hadiah atau kejutan kepada ibu. Dan untuk perayaan yang dilakukan di sekolah biasanya ada parade yang menggunakan pakaian daerah. Ada pula yang mengadakan lomba-lomba untuk anak-anak dan ibunya.

  5+ Contoh Teks Eksemplum : Pendidikan, Persahabatan, Peristiwa Alam

Pada hari yang umum nya akan dirayakan sebagai simbol kasih sayang ibu ini, tak jarang anak-anak memberi perlakuan yang menyentuh dan berbeda dari biasanya. Namun bagaimanakah awal mula tanggal 22 desember dijadikan sebagai perayaan Hari ibu. Ada sejarah yang bisa kita simak tentang mengapa 22 desember adalah hari ibu.

B.  Urutan Peristiwa

Sejarah awalnya sangat berhubungan dengan peran serta kaum ibu dalam membantu kemerdekaan. Dengan latar peran sosial yang sama dan semangat kasih nya kaum perempuan saat itu bekerjasama dalam upaya memperbaiki kualitas bangsa ini. Sehingga pada awal nya hari Ibu adalah untuk mengenang semangat juang para ibu.

Dalam sejarah di mulai pada 22-25 Desember 1928, kaum perempuan (kaum Ibu) mengadakan sebuah Kongres Perempuan Indonesia I di Yogyakarta. Dalam kongres ini, orang-orang yang hadir memberi asa bahwa perempuan juga memiliki semangat perjuangan. Kaum wanita yang menggagas kongres ini adalah salah satu pihak yang hadir pada Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Peristiwa itu kemudian menjadi pendorong kaum perempuan untuk sama-sama untuk memperjuangkan kemerdekaan.

Kemudian pada 20-24 Juli 1935 kongres lanjutan diadakan Kembali. Yaitu kongres Perempuan Indonesia II diadakan tepatnya di Jakarta. Dalam kongres itu berhasil membentuk Badan Kongres Perempuan Indonesia. Dan di dalam nya juga menetapkan fungsi perempuan dalam perjuangan. Dimana perempuan memiliki kewajiban untuk menumbuhkan rasa kebangsaan pada anak-anak nya. Mengajarkan nilai-nilai kebangsaan dan juga semangat menjaga bangsa Indonesia pada generasi muda selanjut nya.

Pada Juli 1938, diadakan kongres lanjutan, yaitu kongres Perempuan Indonesia III dilaksanakan di Bandung. Pada kongres ini menyatakan bahwa tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu, keputusan ini adalah kelanjutan hasil Kongres Perempuan Indonesia II 1935 di Jakarta. Tidak sampai disana kongres selanjut nya yang diadakan di Semarang 1941 membahas posisi perempuan dan kesejahteraan nya. Kongres Perempuan Indonesia IV di Semarang berupaya menuntut agar perempuan dapat dipilih dalam Dewan Kota.

C. Reorientasi

Kemudian pemerintah pun menerbitkan regulasi soal Hari Ibu itu pada tahun 1959. Hari Ibu telah ditetapkan oleh Presiden Soekarno sebagai hari nasional yang bukan hari libur, melalui Dekrit Presiden No. 316 Tahun 1959. Dekrit ini membahas hari nasional yang tidak merupakan hari libur nasional.

Dengan penetapan ini, setiap tahunnya masyarakat merayakan Hari Ibu sebagai salah satu hari nasional. Saat ini, dan saat ini Badan Kongres Perempuan Indonesia telah berubah nama menjadi Kongres Wanita Indonesia (Kowani). Sebenarnya cukup banyak perubahan yang terjadi selain nama dari organisasi tersebut. Hari ibu yang awalnya di peringati sebagai bentuk penghormatan atas semangat perjuangan perempuan sekarang memiliki makna yang berbeda.


4. Contoh Teks Cerita Sejarah Kejadian Tsunami Aceh 2004

A. Orientasi

Pada tahun 2004 tepat nya pada tanggal 26 desember terjadi peristiwa besar dalam sejarah dunia. Terjadi tsunami paling mematikan yang melanda salah satu wilayah di Indonesia yaitu Aceh. Musibah ini menewaskan 500.000 jiwa dari berbagai negara yang terdampak. Tsunami yang diakibatkan oleh gempa ini terjadi di Samudra Hindia dan berimbas pada daratan di sekitar nya. Namun kerugian terbesar dialami oleh masyarakat Aceh dan sekitarnya, kerusakan fisik maupun non fisik banyak dialami olah masyarakat Aceh.

B. Uurutan Peristwa

Saat itu gempa terjadi tepatnya pada jam 7:58:53 WIB. Pusat gempa sendiri terletak pada bujur 3.316° N 95.854° E kurang lebih 160 km sebelah barat Aceh sedalam 10 kilometer. Gempa ini mengguncang dengan kekuatan 9,3 menurut skala Richter. Angka ini merupakan guncangan gempa terdahsyat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir.

Bencana ini menghantam Aceh, Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, Sri Lanka, bahkan sampai Pantai Timur Afrika. Dan menyebabkan korban jiwa dan korban luka yang cukup banyak di setiap negara terdampak. Saking keras nya gempa yang terjadi membuat kepanikan pasca gempa terjadi dalam kurun waktu paling lama dalam sejarah yaitu 500-600 detik. Sejumlah pakar gempa menilai getaran ini mampu menggetarkan planet bumi dengan amplitude getaran diatas 1 CM. Gempa ini juga berpotensi memicu gempa-gempa lain di seluruh dunia.

Gempa yang mengakibatkan tsunami ini menewaskan sekitar 230.000 orang di 8 negara, dengan ombak tsunami setinggi 9 meter. Bencana ini mencatatkan rekor sebagai bencana dengan kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Lanka, India, dan Thailand merupakan negara yang memiliki jumlah kematian terbesar.

Kekuatan gempa ini pada awalnya dilaporkan mencapai magnitude 9,0. Namun pada Februari 2005 dilaporkan gempa ini berkekuatan sekitar 9,3 magnitude. Sehingga sejumlah pihak memiliki pendapat yang berbeda terkait angka ini. Meskipun Pacific Tsunami Warning Center telah menyetujui kekuatan gempa di angkat 9,3 magnitude.

Namun, United States Geological Survey menetapkan angka magnitude sebesar 9.2. atau bila menggunakan satuan seismik momen (Mw) adalah sebesar 9.3.

Kecepatan rupture diperkirakan adalah sebesar 2.5km/detik ke arah antara utara – barat laut dan panjangnya antara 1200 hingga 1300 km. Berdasarkan koordinator bantuan darurat yang di miliki Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Jan Egeland, jumlah korban tewas akibat badai tsunami di 13 negara (hingga minggu 2/1/2005) mencapai 127.672 orang. Namun sebenar nya jumlah korban tewas di Kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Afrika Timur yang sulit untuk bisa diketahui.

C. Reorientasi

Sementara itu data korban tewas di propinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara menurut Departemen Sosial RI (11/1/2005) adalah 105.262 orang. Sedangkan menurut laporan kantor berita Reuters, jumlah korban Tsunami diperkirakan sebanyak 168.183 jiwa dengan korban paling banyak diderita Indonesia, 115.229 (per Minggu 16/1/2005).

kemudian untuk total luka-luka adalah sebanyak 124.057 orang, diperkirakan 100.000 diantaranya dialami rakyat Aceh. Menurut U.S. Geological Survey korban tewas mencapai 283.100, orang hilang mencapai 14.000. kemudian ada sekitar 1,126,900 kehilangan tempat tinggal. Lalu menurut data dari PBB, korban sebanyak 229.826 orang hilang dan 186.983 tewas.

Tsunami Samudra Hindia ini menjadi gempa dan Tsunami terburuk 10 tahun terakhir. Jika dirangkum dengan singkat, di Indonesia ada lebih dari 126.000 korban jiwa. Kemudian terjadi kerusakan hingga 50 % di Banda aceh. Serta puluhan gedung hancur oleh gempa utama, terutama di Meulaboh dan Banda Aceh di ujung Sumatera. Kebanyakan korban berasal dari bencana tsunami.

Pada hari kejadian yaitu 26 desember 2004, sedang dilaksanakan halal bi halal masyarakat Aceh yang ada di jakarta tepat nya di Istora Senayan. Kemudian pada pukul 08.00 terjadi gempa, dan pada pukul 09.00 aliran telefon dari Aceh terputus total. Pemerintahan daerah  Aceh saat itu pun langsung lumpuh total.

Dan karena jalur komunikasi yang terputus kepanikan dan penanganan sulit dikendalikan. Saat itu juga kapanikan memenuhi Istora apalagi dengan alur komunikasi yang benar-benar terputus.

Baca Juga: Contoh Teks Ceramah


5. Contoh Teks Cerita Sejarah Terbentuk Nya Uni Eropa

A. Orientasi

Salah satu organisasi pemerintahan dengan skala yang cukup besar dan cukup di kenal adalah Uni Eropa. Organisasi ini adalah sebuah organisasi antar pemerintahan dan supra-nasional antar negara-negara di benua Eropa. Saat ini ada sekitar lebih dari 25 negara yang ada di benua Eropa menjadi bagian dari Uni Eropa.

Uni Eropa pertama kali dibentuk pada tanggal 1 November 1993. Organisasi ini bermula dari organisasi bernama European Coal and Steel Community (ECSC), yang kemudian berubah menjadi European Community (EC). Dari European Community inilah yang selanjutnya mengalami perubahan nama menjadi European Union (EU). Perubahan nama itu disahkan  melalui penandatanganan perjanjian Maastrichtn.

B. Urutan Peristiwa

Awal nya pada Tahun 1950, Menteri Luar Negeri Perancis Robert Schumann mengajukan ide untuk membangun integrasi antara Jerman dan Perancis. Ide ini di kemukakan atas saran dari Jean Monnet. Dalam integrasi ini akan berpengaruh pada industri baja dan batu bara. Dan terbentuklah European Coal and Steel Community (ECSC).

Organisasi tersebut juga mengajak negara-negara tetangga Jerman dan Perancis yang punya visi yang sama untuk bergabung. Ada 6 negara yang bergabung pada awal terbentuk nya European Coal and Steel Community. Negera-negara tersebut adalah Prancis, Jerman, Belanda, Italia, Belgia dan Luxemburg.

ECSC mengatur tarif serta kuota dalam perdagangan baja dan batu bara pada negara-negara anggota nya. Keputusan yang kuasai adalah menyamakan tarif impor, dan mengontrol industri perdagangan nya. Selanjut nya pada tanggal 1-2 Juni 1955, para menteri luar negeri negara anggota ECSC mengadakan sidang di Messina, Italia. Pada pertemuan ini, ada kesepakatan untuk memperluas integrasi Eropa ke semua bidang ekonomi.

Untuk menindaklanjuti keputusan sidang tersebut, pada tanggal  25 Maret 1957 di Roma, Italia, dilakukan penandatanganan European Atomic Energy Community (EAEC), atau lebih dikenal dengan Euratom dan European Economic Community (EEC). Dan akhirnya pada Juli tahun 1967, ECSC, EEC, dan Euratom resmi disatukan menjadi European Community (EC). Sebelum nya tidak banyak kegiatan atau perkembangan yang cukup signifikan dari ketiga organisasi ini. Hingga Presiden Perancis Gaulle digantikan oleh Georges Pompidou yang kemudian dapat membawa perkembangan melalui EC

Penambahan negara yang bergabung pada EC terjadi pada 1 Januari 1973. Ada empat negara yang bergabung dengan EC. Keempat nya adalah Inggris Raya, Denmark, Irlandia, dan Norwegia. Tetapi sejumlah negara sebenarnya mendapat penolakan dari rakyat nya  saat memutuskan untuk bergabung.

Rakyat Norwegia sempat menentang keputusan ini saat dilakukan referendum di negara tersebut. Selain itu kelompok oposisi dari Inggris Raya menyebut sumbangan financial yang di berikan negara tersebut pada EC terbilang cukup besar. Namun keanggotaan tetap dilakukan oleh negara-negara tersebut.

C. Tambahan Peristiwa

Meski sudah 30 tahun setelah ECSC pertama kali dibentuk, organisasi ini dan lanjutan nya, belum menyadari akan keinginan sebuah kesatuan Eropa. Dan Ketika negara yang belum terlalu mapan seperti Yunani, Spanyol serta Portugal bergabung, hal tersebut memicu masalah baru. Sehingga pada 1986, dilakukan beberapa amandemen dan penambahan yang ditambahkan pada perjanjian-perjanjian EC. Paket perubahan berupa amandeman dan penambahan pasal  ini dikenal sebagai Single European Act (SEA).

  20+ Contoh Penutup Proposal Kegiatan, Sekolah, Tugas Akhir Lainnya

Kemudian pada 7 Februari 1992, Treaty on European Union (TEU) ditanda tangani di Maastricht. Hal ini yang kemudian mengubah European Community (EC) menjadi European Union (EU).  Keputusan tersebut mulai diberlakukan pada 1 November 1993. TEU akan melakukan modifikasi dan penambahan penting yang mencakup traktat-traktat terdahulu (ECSC, EEC, dan Euratom) kedalam perjanjian yang baru.

D.  Reorientasi

Terbentuk nya European Union memiliki sejarah yang begitu Panjang. Yang berawal sejak suatu kerjasama yang telah dimulai sejak 1950. Yang kemudian telah berkembang menjadi lebih besar dari sebelumnya. kemudian dengan menerima negara anggota baru dari bagian Eropa, kini anggota yang bergabung hampir mencakup Eropa secara keseluruhan,

EU telah memiliki serta mengembangkan hukum dan komitmen serta kebijakan yang tinggi diantara Negara-negara anggotanya. Pergantian nama dari European Community ke European Union menjadi sebuah tanda bahwa organisasi ini telah berubah dari sebuah kesatuan ekonomi menjadi kesatuan politik.

Struktur organisasi yang cukup mapan dapat membuat organisasi ini jadi lebih efektif dalam membuat maupun mengaplikasikan kebijakan-kebijakan nya. Untuk Masa depan dari organisasi ini, EU diprediksi akan jauh lebih baik kedepan nya. Namun, tetap saja Uni Eropa masih harus menghadapi beberapa permasalahan. Karena masih banyak pembahasan tau masalah besar yang belum benar-benar bisa terintegrasi melalui semua bidang yang telah dilakukan.


6. Contoh Teks Cerita Sejarah Gempa Bumi Sumatra tahun 2009

A. Orientasi

pada tanggal 30 September 2009 pukul 17:16 WIB seluruh wilayah Sumatera Barat mengalami getaran gempa bumi yang sangat kuat. Getaran gempa dirasakan cukup besar di sejumlah kota di Pulau Sumatra. Bakhan sejumlah negara dan daerah sekitar Pulau Sumatra ikut merasakan getaran nya. Daerah Jakarta serat negara Singapura, Malaysia, Thailand ikut merasakan getaran dengan intensitas III MMI.

Gempa bumi yang terjadi ternyata memiliki kekuatan 7.9 SR dengan kedalaman 71 km dan pusat gempa pada 0.84 LS – 99.65 BT. Atau  kurang lebih sekitar 57 Km Barat Daya Pariaman, Sumatera Barat. Bencana gempa bumi terbilang cukup besar dan berbahaya. Kejadian  ini telah memporak-porandakan hampir seluruh wilayah Sumatera Barat khususnya pada wilayah pantai Barat Sumbar.

B. Urutan Peristiwa

Melihat pada hasil peta guncangan (shakemap) yang diakibatkan oleh gempa bumi tanggal 30 September 2009 ada sejumlah wilayah dengan getaran hebat. Dari peta tersebut, tercatat bahwa intensitas guncangan gempa yang sangat kuat terjadi di wilayah Pariaman, Agam dan Padang. Intensitas yang tercatat ada pada tingkat dengan intensitas VIII MMI.

Sekala tersebut berdasarkan skala Modified Mercalli Intensity yang merupakan skala ukuran kerusakan akibat gempa bumi. Yang di dasarkan pada pengamatan efek gempa bumi terhadap manusia, struktur bangunan, lingkungan pada suatu tempat tertentu. Dalam intensitas pada skala VIII MMI ini akan menyebabkan kerusakan pada bangunan yang tidak kuat , kerusakan ringan pada bangunan-bangunan dengan konstruksi yang kuat dan retak-retak pada bangunan yang kuat. Atau lebih rinci nya dinding pada rumah dapat terlepas dari kerangka nya.

Sedangkan kota-kota di Sumatera Barat lainnya menyalami intensitas VI-VII MMI. Daerah-daerah tersebut antara lain di Bukit Tinggi, Padang Panjang, Pasaman, Pasaman Barat, Batu Sangkar, Solok, Solok selatan, dan Pesisir Selatan. Bencana gempa bumi ini telah menyebabkan sedikitnya 1100 orang meninggal, 2180 orang luka-luka dan sekitar 2650 bangunan rumah rusak berat/ringan. Termasuk diantara nya gedung-gedung kantor, sekolah, rumah sakit, tempat ibadah, pasar, jalan dan jembatan.

Dimana kerusakan paling parah di sepanjang pantai Barat Sumatera Barat juga telah menyebabkan jaringan listrik dan komunikasi terputus. Dan Sebagian besar korban jiwa atau luka disebabkan karena tertimpa reruntuhan bangunan. Hal ini terjadi diduga dikarenakan konstruksi bangunan yang tidak aman. Kemudian dampak lain akibat gempa juga terjadi nya eksodus besar-besaran warga yang tinggal disekitar pantai. Mereka pindah ke tempat lain karena adanya isu akan datangnya gelombang tsunami.

C. Tambahan Peristiwa

Jika dilihat dari sumber gempa bumi nya, wilayah Sumatra memang sebuah wilayah dengan potensi gempa yang cukup besar. Pertama wilayah barat pulau Sumatera adalah salah satu kawasan yang terletak pada pinggiran lempeng aktif dunia. Wilayah ini merupakan daerah pertemuan antara lempeng tektonik Indo-Australia dengan lempeng tektonik Eurasia.

Sumber gempa kedua  di wilayah adanya sesar Mentawai (Mentawai Fault System) dan yang ketiga adalah sesar Sumatera (Sumatera Fault System). selanjutnya dikerenakan adanya pertemuan lempeng aktif dan juga alasan lain nya, wilayah Sumatra menjadi daerah yang rawan gempa bumi. Akibat dari kompleksifitas pergerakan tektonik di lempeng bawah nya.

Berdasarkan informasi yang di muat BMKG, ke-tiga sumber gempa bumi di Sumatera tersebut, baik gempa bumi yang terjadi di Subduksi lempeng, sesar Mentawai dan sesar Sumatera telah menyebabkan kerusakan bangunan dan juga korban jiwa yang cukup banyak dan berbahaya. Tercatat mulai pada tahun 1926, gempa bumi yang terjadi disekitar Danau Singkarak  menyebabkan 354 orang meninggal dunia.

Kejadian gempa bumi kemudian berturut-turut terjadi pada tahun 1977, 1979, 1993, 1994, 1995, 1998, 2004, 2005, 2007, 2008, 2009 dan 2010. Dari sejumlah catatan kejadian gempa bumi tersebut, disamping menyebabkan kerusakan bangunan serta korban jiwa, beberapa gempa bumi  juga menyebabkan terjadinya tsunami.

D. Reorientasi

Dan Kini sudah 6 tahun berlalu kejadian itu, masih teringat di benak sebagian besar masyarakat Sumatera Barat. Karena disamping mereka menjadi korban, mereka juga kehilangan banyak hal. Seperti kehilangan keluarga dan harta benda. Masih banyak masyarakat yang trauma atas kejadian gempa bumi 30 September 2009.

Mengingat bahwa wilayah Sumatera merupakan wilayah yang rawan terjadinya gempa bumi dan dalam sejarah kerap terulang juga hal yang sama. Maka mengingat bagaimana bencana itu terjadi serta melakukan Tindakan antisipasi adalah yang baik dilakukan. Hal ini mengingatkan betapa masyarakat di daerah rawan gempa harus berhati-hati.

Penting adanya sosialisasi terkait gempa bumi serta hal-hal apa yang masyarakat bisa lakukan untuk antisipasi. Cara merespon dan menyelamatkan diri dari bencana-bencana susulan penting diajarkan pada masyarakat daerah rawan bencana. Masyarakat juga harus hal-hal terkait jalur-jalur evakuasi yang sudah ada disetiap wilayah perkampungan. Dan juga meningkatkan kesadaran tentang pentingnya melakukan evakuasi sesegera mungkin sesaat setelah merasakan adanya getaran gempa bumi yang kuat untuk menjauh dari pantai mencari tempat-tempat yang tinggi.

Baca Juga: Contoh Teks Inspiratif


7. Contoh Teks Cerita Sejarah

A. Orientasi

Internet adalah salah satu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Jaringan daring ini lahir melalui proyek ARPA yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Dalam proyek ini mereka mendemonstrasikan bagaimana hardware (Perangkat Keras) dan software (Perangkat Lunak) pada komputer yang berbasis UNIX, dapat melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terbatas dengan menggunakan saluran telepon dan media lainnya.

Proyek ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) merancang sebuah bentuk jaringan, kehandalan dan kemampuan memindahkan informasi. Yang kemudian dapat di bentuk suatu standar baru untuk membuat protokol baru. Protokol ini merupakan cikal bakal dari TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).

Sebenar nya tujuan  paling yang awal dibangunnya proyek ini adalah  untuk keperluan militer. Dimana pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat menciptakan  sistem jaringan komputer yang tersebar. Jaringan ini akan menghubungkan komputer di berbagai daerah vital. Yang kemudian untuk mengatasi  sejumlah masalah.

Masalah yang di antisipasi dapat berupa akibat dari serangan nuklir dan juga berguna menghindari terjadinya informasi terpusat. Untuk mencegah rusak nya informasi penting akibat suatu kejadian di pusat militer. Informasi bisa di sebar ke bagian daerah lain dan membuat nya lebih aman dan terjaga.

B. Urutan Peristiwa

Pertama-tama ARPANET awal nya hanya menghubungkan empat situs Amerika Serikat yaitu University of CaliforniaSanta BarbaraStanford Research Institute, dan University of Utah. Kemudian mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan ARPANET mulai diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.

Setelah nya,  proyek ini mengalami perkembangan yang cukup pesat di seluruh daerah, hingga semua universitas di negara tersebut ingin bergabung didalamnya. Hal ini membuat   membuat ARPANET mengalami kesulitan dalam mengaturnya. Maka dari itu ARPANET kemudian dipecah menjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer & “ARPANET” baru dengan skala yang lebih kecil.

Tidak lain adalah untuk keperluan non-militer seperti, keperluan beberapa universitas. Kemudian gabungan atau generasi ke dua jaringan ini akhirnya dikenal dengan DARPA Internet. Lalu penyebutan nya kemudian disederhanakan lagi menjadi Internet.

C. Reorientasi

Kembali pada saat ini, internet telah menjadi hal yang sangat penting bagi manusia. Untuk berbagai kalangan tidak terbatas pada Pendidikan dan kemiliteran saja. Hal yang cukup positif adalah penggunaan nya pada Pendidikan. Jaringan internet mampu menyajikan informasi yang tidak didapat dengan mudah di perpustakaan sekolah.

Nah itulah contoh-contoh teks cerita sejarah yang memenuhi struktur orientasi, urutan peristiwa dan reorientasi. Dari pembahasan dan contoh di atas dapat di pahami penting nya mengatur urutan cerita sesuai kaidah dan sejarah sebenarnya. Agar informasi yang di dapat oleh pembaca dapat di terima dengan baik. Selain itu juga bisa menambah pengetahuan dengan lebih mudah.

Pembahasan dan contoh diatas dapat di jadikan bahan belajar untuk materi penulisan teks cerita sejarah. Dengan penulisan yang baik, maka interprestasi suatu kejadian sejarah dapat dilakukan dengan baik pula. Itulah pembahasan terkait materi dan contoh teks cerita sejarah, semoga membantu.

Contoh Teks Cerita Sejarah

Tinggalkan komentar