Contoh Makalah Pendidikan dan Penjelasan ( Download file DOC )

Makalah PendidikanMakalah pendidikan adalah sebuah karya ilmiah atau uraian tulisan yang membahas tentang materi pendidikan. Biasanya dalam makalah akan terdapat penjelasan yang sistematis tentang sebuah istilah maupun materi pendidikan. Makalah sebagai mana yang berlaku secara umum memiliki struktur yang rapi dan berurutan seperti latar belakang, batasan  masalah, identifikasi masalah dan tujuan makalah.

Makalah pendidikan merupakan sebuah penggambaran makna akan suatu permasalahan materi yang dibahas secara mendalam. Landasan teori yang terdapat dalam makalah menunjukkan bahwa pemaparan harus dilakukan dengan didasari teori yang kuat dan dapat dipertanggung jawabkan. Berikut beberapa contoh struktur makalah pendidikan dengan uraian yang berbeda-beda.

Makalah pendidikan juga harus memiliki definisi yang jelas dari para tokoh pendidikan. Teori-teori pendidikan sangat dibutuhkan dalam membuat makalah pendidikan. Misalnya membahas pendidikan makalah tentang karakter maka harus ada dasar teori yang diambil atau dikutip dari pakar pendidikan karakter.

Berikut ini akan dibahas makalah pendidikan tentang karakter jujur. Susunan dan sistematis pembahasan pada makalah ini dapat dijadikan contoh sederhana dalam membuat makalah yang baik dan benar. Namun tetap harus memiliki informasi yang utuh, jelas dan mudah dipahami.


Download Makalah Pendidikan File Doc

Copy Link Makalah Pendidikan di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1iCoSX1fnOACriPIVE-sDD58wn_QM8kD3

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Contoh Makalah Pendidikan Tentang Karakter Jujur

Contoh Makalah Pendidikan Tentang Karakter Jujur

Untuk memahami makalah pendidikan maka beberapa contoh dibawah ini akan bermanfaat dalam memberikan penjelasan tentang ruang lingkup makalah. Walaupun dalam    penggunaannya makalah memiliki struktur yang berbeda namun makalah harus terdiri dari penjelasan yang utuh.

Baca Juga: Makalah Perilaku Organisasi


1. Pendahuluan

Pendidikan karakter adalah suatu kebutuhan dan tujuan pendidikan nasional bangsa Indonesia saat ini. Perkembangan dunia digital dan berlakunya persaingan global memaksa pendidikan harus menjadi lembaga pendidikan yang handal. Karena jika tidak maka akan lahir generasi yang kalah akan zaman teknologi dan perkembangan. Pendidikan karakter dalam hal ini adalah penanaman akhlak dan perilaku yang sepadan dengan kecerdasan peserta didik.

Banyaknya problematika masyarakat saat ini dapat dijadikan alasan akan pentingnya kehadiran pendidikan karakter jujur dalam diri peserta didik. Jujur adalah salah satu nilai karakter yang sangat bermanfaat dalam kehidupan peserta didik dimasa yang akan datang.

Jujur adalah sikap dengan sadar melakukan sesuatu pada tempatnya tanpa mengurangi atau melebih sebuah kondisi. Jujur adalah nilai karakter yang harus selalu dipupuk dan dikembangkan agar menjadi suatu kebiasaan dalam kehidupan.

Kejujuran dapat diajarkan dalam setiap proses pembelajaran di kelas dan dalam materi apa saja. Salah satunya belajar menuliskan aktifitas sehari-hari. Tugas menuliskan aktifitas masing-masing adalah satu contoh pembelajaran karakter kejujuran.Karena tanpa rasa malu dan takut disalahkan para peserta didik menuliskan semua aktifitasnya.

Dengan adanya tugas ini maka kita secara sengaja mengajarkan kejujuran dalam kehidupan yang akan tetap dijaga hingga kelak dalam peserta didik. Salah satu permasalahan yang akan ditimbulkan akibat tidak memilikinya karakter jujur adalah menjadi pembohong atau penipu.

Berbohong akan menjadi sebuah perilaku yang sangat berbahaya tidak saja pada diri sendiri tetapi orang lain bahkan untuk bangsa dan negara. Tidak jujur adalah langkah awal tumbuhnya kejahatan yang lain. Karena untuk menutupi kebohongan maka seseorang akan membuat kebohongan lain untuk menutupi kebohongan tersebut.


2. Latar Belakang Masalah

Latar belakang masalah dalam permasalahan yang dijadikan dasar dibuatnya suatu makalah. Latar belakang masalah adalah ketetapan masalah yang akan menjawab permasalahan dalam makalah tersebut untuk makalah pendidikan tentang karakter jujur adalah sebagai berikut.

  Contoh Makalah Hak dan Kewajiban Warga Negara ( Download file DOC )

1.Apa Yang dimaksud karakter Jujur ?

2.Apa Manfaat karakter Jujur dalam proses pembelajaran?

  1. Bagaimana Menanamkan Karakter Jujur di Sekolah?

3.Tujuan Masalah

Dalam tahap ini adalah pemakalah akan menunjukkan tujuan adanya permasalahan dalam makalah ini. Dan tujuan masalah adalah jawaban atau tujuan dibahasnya masalah tersebut. Dan adapun tujuan masalah dalam makalah pendidikan tentang karakter jujur untuk anak sekolah dasar adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui pengertian yang mendalam dan definisi tentang karakter Jujur

  2. Manfaat karakter Jujur dalam proses pembelajaran anak sekolah dasar adalah untuk melatih dan mengembangkan potensi diri untuk bersikap jujur.

  3. Untuk mengetahui cara Menanamkan karakter jujur di sekolah.


4. Landasan Teori

Landasan teori adalah sebuah dasar atau alasan ilmiah diungkapkannya sebuah opini. Biasanya dalam landasan teori ini disertakan definisi para ilmuwan dengan disertakan narasumber yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Berikut ini contoh landasan teori yang cocok untuk membahas makalah pendidikan tentang karakter jujur di sekolah.

1.Pengertian Karakter Jujur

Sebagaimana yang disampaikan oleh para cendekia pendidikan bahwa nilai tertinggi dari pendidikan adalah karakter. Karakter adalah pencapaian terbaik dalam proses pembelajaran. Walaupun berkaitan dengan sikap namun karakter adalah sebuah proses yang butuh waktu dan konsistensi dalam mengajarkan dan menanamkannya kepada peserta didik.

Karakter jujur adalah sikap yang wajib ditanamkan sedini mungkin. Terlebih dalam lingkungan sekolah dan sekeluarga. Jujur dapat dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Jujur mengakui kesalahan, jujur menjawab keadaan yang sebenarnya.

Sebagaimana yang telah dicontohkan dan dibahas dalam makalah ini bahwa pemberian tugas tentang kegiatan sehari-hari dapat bermanfaat mengembangkan karakter kejujuran kepada peserta didik. Untuk anak sekolah dasar tentunya memiliki kesibukan  yang berbeda. Dan banyak didominasi aktifitas bermain.

Disinilah   kejujuran peserta didik diuji untuk mau mengungkapkanya tanpa harus berbohong. Agar anak-anak aman ketika dalam mengungkapkan kejujuran adalah menerima kejujuran anak-anak apa adanya.Sebagaimana diketahui bahwa jujur dalam etimologi mengandung arti lawan dari kata dusta. Dan dalam berbagai pandangan para ilmuwan jujur adalah sebuah sikap yang selaras antara perbuatan dan perkataan.

Ada beberapa tingkatan dalam menanamkan sebuah nilai kejujuran pada diri anak yaitu jujur dalam ucapan,jujur dalam perbuatan, dan jujur dalam niat. Tentunya dalam kehidupan sehari hari tingkatan ini sering berjalan tidak semestinya.

Jika ketiga tingkatan ini dapat dijalankan beriringan maka karakter jujur akan tersematkan dalam jiwa dan raga bahkan menjadi kepribadian. Dan jika pembelajaran ini berhasil akan tercermin pula dalam kehidupan peserta didik ketika berada diluar sekolah. Oleh sebab itu menanamkan karakter jujur sangatlah penting dan harus berkesinambungan secara terus menerus sedikit demi sedikit.

1. Manfaat Karakter Jujur

sebagaimana yang diketahui jujur adalah cerminan sikap dan perbuatan. Orang orang yang jujur adalah orang yang memahami akan nilai diri. Jujur juga dapat dijadikan filter akan wewenang dan amanat yang dipegang misalnya pemimpin yang jujur akan menguntungkan rakyat yang dipimpinnya.

Sebaliknya pemimpin yang tidak jujur akan membuat celaka orang lain dan merugikan orang lain. Oleh sebab itu nilai  karakter jujur sangat bermanfaat dalam keberlangsungan kehidupan manusia. Metode pembelajaran yang tepat juga dapat dijadikan media pengembangan potensi kejujuran salah satunya metode role playing.

Bermain peran adalah cara terbaik untuk mengajarkan suatu karakter dengan jujur. Misalnya karakter jahat, baik, penyabar dan sebagaimana. Karakter jujur tidak saja hanya tuntutan  sikap dalam kurikulum pendidik juga berkewajiban     mengajarkan kejujuran kepada peserta didik.

  Contoh Makalah Bahasa Indonesia dan Penjelasan ( Download file DOC )

Dengan demikian maka makalah ini penting untuk dibahas dan dikembangkan menjadi sebuah program dan ide dalam meningkatkan dan menumbuh kembangkan karakter jujur. Meski terlihat sederhana karakter jujur adalah akar permasalahan dari banyaknya problem akhir-akhir ini. Pencurian, pembunuhan bahkan tindakan kriminal lain sering dimulai dari sikap tidak jujur dalam bersikap, berkata.

Baca Juga: Makalah Pancasila


Cara Menanamkan Karakter Jujur

Cara Menanamkan Karakter Jujur

Dalam proses pendidikan tentunya banyak hal yang wajib menjadi perhatian para pendidik. Misalnya aspek kognitif, apektif dan psikomotorik peserta didik. Mengapa jujur adalah nilai karakter yang wajib ditanamkan karena jujur adalah pribadi tertinggi dalam kehidupan manusia.

Menanamkan karakter jujur harus dengan cara yang baik pula. Misalnya jujur dalam menilai dan memperlakukan.

Cara preventif juga dapat digunakan dalam proses pembelajaran misalkan dengan menjelaskan konsekwensi berbohong maka peserta didik akan takut berkata bohong. Selain itu cara mengayomi juga sangat efektif dalam mengajarkan karakter jujur. Biarkan anak didik salah  lalu dibantu untuk memperbaiki kesalahannya. Menghukum dengan cara yang berlebihan akan mengakibatkan peserta didik takut berkata jujur.

Apapun alasannya berkata bohong atau tidak jujur tidaklah baik.  Oleh sebab itu dalam mengajarkan karakter ini peserta didik harus memahami akan arti kejujuran. Selain cara-cara diatas, bersinergi dalam menjaga karakter jujur juga dapat dijadikan cara yang strategis dalam menumbuhkan kejujuran dalam bersikap.

Menerima perbuatan yang salah dengan  benar dapat membuat orang lain nyaman untuk berkata jujur. Dan akan menjadi kebiasaan tentunya.

Baca Juga: Contoh Makalah Penelitian


Kesimpulan

Dalam pembahasan ini pemakalah mengungkapkan kesimpulan dari pembahasan yang dibahas dan dipaparkan dalam sebuah makalah. Kesimpulan akan berisi jawaban dari pertanyaan yang diungkapkan dalam latar belakang masalah.

  1. Karakter Jujur adalah sebuah perilaku yang berani mengungkapkan segala sesuatu apa adanya dengan jawaban dan kondisi yang sebenarnya. Jujur adalah tidak melakukan kebohongan atas segala sesuatu yang ditutupi. Kejujuran adalah karakter yang sangat terpuji dan patut dikembangkan dalam kehidupan perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran
  2. Adapun manfaat karakter jujur dalam proses pembelajaran adalah membiasakan dan membentuk karakter mulia dalam diri peserta didik. Manfaatnya tidak saja untuk diri sendiri tetapi bersikap jujur akan banyak memberikan manfaat kepada semua orang. Jujur akan menjadikan pribadi peserta didik mau dan berani bersikap apa adanya dan tidak berbohong.
  3. Cara Menanamkan Karakter Jujur di Sekolah adalah membiasakan mengucapkan yang sesungguhnya dan berani menuliskan apa yang diketahui tanpa rasa takut. Banyak cara menanamkan karakter jujur di sekolah misalnya dengan membuat aktifitas sehari-hari. Atau membuat tulisan tentang dirinya sendiri dan kehidupan pribadi peserta didik. Selain itu kejujuran ditanamkan dan dibiasakan kepada peserta didik seiring dengan perilaku pendidik yang sesuai. Membantu dan menerima setiap kekurangan dan kesalahan peserta didik juga merupakan strategi jitu menanamkan karakter jujur dalam diri peserta didik.

Perkembangan dan kemajuan dunia teknologi mempengaruhi sikap dan pola peserta didik. Oleh sebab itu karakter adalah nilai yang diajarkan bersamaan dengan materi ajar yang diajarkan. Salah satu karakter yang wajib ditanamkan dalam proses pembelajaran yaitu jujur, menghargai, sopan santun, sportif dan optimis.

Itulah contoh makalah pendidikan tentang karakter jujur anak sekolah dasar. Makalah dipaparkan dengan singkat padat dan jelas. Dalam latar belakang masalah dijelaskan  tentang masalah yang akan dibahas pada makalah tersebut. Sehingga makalah menjadi sesuatu karya ilmiah yang sangat bermanfaat.

Makalah Pendidikan

Tinggalkan komentar