Contoh Analisis Swot Pribadi untuk Usaha Kecil dan Produk Kerajinan

Contoh Analisis Swot

Contoh Analisis Swot Bagi pekerja istilah swot tidaklah asing. Terutama bagi pekerja yang menduduki sebuah jabatan atau kedudukan penting dalam sebuah perusahaan atau lembaga bisnis lainnya.

Swot sebenarnya istilah yang terdiri dari strengths (S)  yang artinya kekuatan, weaknesses (W) kelemahan, opportunities (O) peluang, dan threats (T) ancaman.  Salah satu satu contoh analisis swot plan strategis dalam mencapai suatu tujuan perusahaan.

Analisis swot adalah sebuah gambaran komplek tentang suatu kondisi yang akan dihadapi serta perumusan solusi untuk menghadapi kondisi tersebut.

Untuk lebih memahami apa dan bagaimana bentuk analisis swot dapat disimak contoh analisis swot yang akan dibahas dalam artikel sederhana ini. Namun swot juga harus dipahami sebagai fondasi pelaksanaan aktifitas dalam mencapai tujuan tertentu.

Dalam pembahasan contoh analisis swot  berikut ini akan dibahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan pembuatan, dan merancang swot dalam sebuah waktu tertentu. Swot juga dibuat dalam ketentuan jangka panjang dan jangka pendek. Agar lebih lebih memahami berikut penjelasan analisis swot.


Contoh Analisis Swot di SMP Swasta Intan

Contoh Analisis Swot Di SMP Swasta Intan

Berikut ini akan dipaparkan beberapa contoh analisis swot untuk sebuah sekolah SMP. Analisis ini dapat dijadikan bahan perbandingan dan pengetahuan dasar untuk mengetahui pengertian analisis swot. sebagaimana fungsinya swot adalah sebagai planning yang dapat terukur dan dapat dievaluasi pelaksanaannya.

Baca Juga: Contoh Karya Ilmiah


Pendahuluan

Pendidikan adalah  lembaga yang menghasilkan sumber daya manusia. Dan untuk kepentingan kehidupan yang lebih baik sumber daya manusia yang dihasilkan di harapkan memiliki kualitas yang relevan dengan apa yang dibutuhkan dalam kehidupan yang akan datang.

Manusia dididik untuk menghadapi masa depan bukan untuk mengulang kehidupan dimasa yang telah berlalu. Oleh sebab itu pendidikan harus dapat merancang kurikulum pendidikan agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan manusia yang akan datang.

Di era digital ini sekolah  SMP ini harus dapat menjadikan peserta didik mampu bersaing dalam dunia nyata. Ilmu yang akan dibekali tidak hanya cukup sekedar ilmu teori biasa. Namun pendidikan juga harus mampu mengasah skil demi membekali peserta didik menghadapi tantangan yang kompetitif

Salah satunya kemampuan berbahasa asing, dan mengendalikan alat teknologi atau alat digital lainnya. Skill ini adalah profesi yang paling banyak mendapatkan peluang dalam dunia kerja. Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia yang sesungguhnya saat ini adalah kehidupan manusia dengan segala kemudahan alat digital.

Dengan demikian inilah alasan dirancangnya program jangka panjang dalam analisis swot yang akan dijelaskan dalam proposal ini .

adapun yang menjadi program unggulan dan wajib dilaksanakan dalam menghadapi pembelajaran beberapa tahun kedepan adalah program penggunaan bahasa asing dalam aktifitas belajar dan ekstra kurikuler dalam bidang teknologi atau perangkat digital


Rumusan Masalah

Rumusan masalah adalah fokus topik yang akan mendasari dilakukannya analisis swot ini. Tanpa rumusan masalah maka semua aktifitas tidak dapat dianalisis dan tidak efektif untuk di lakukan tindak lanjutnya . Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam analisis swot yang akan dipaparkan ini adalah sebagaimana berikut ini

  • Bagaimana menerapkan program analisis swot di SMP Intan ini
  • Apa yang akan dicapai dengan menjalankan analsis swot selama jangka waktu panjang di SMP Intan ini

Baca Juga: Contoh Business Plan


Tujuan dan Manfaat Analisis Swot

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan adanya analasis swot ini. Smp Intan akan siap menghadapi tantangan dalam kehidupan yang akan masa akan datang dan dalam rangka mempersiapkan peserta didik di SMP Intan ini  ke arah yang lebih maju. Oleh sebab itu adapun tujuan dan manfaat analisis tersebut adalah’

  • Untuk dapat mengetahui bagaimana proses penerapan program analisis swot di smp intan.
  • Serta bermanfaat bagi organisasi sekolah target yang harus dicapai dan diraih oleh Smp Intan.
  8+ Contoh Rpp : SD, SMP, SMA dan Pelaksanaan Pembelajaran

Pembahasan

Deskripsi SMP Swasta Intan Kecamatan Langsa

Profil

Nama Sekolah             : SMP Swasta Intan Kecamatan Langsa

Alamat                          : Jln. Seri Deli Km 6 Asahan

Kecamatan                   :Langsa

Kabupaten                   : Asahan

Provinsi                       : Sumatera Utara

Telephon                     : 987468840

Email                           : [email protected]

Visi dan Misi SMP Swasta Intan Kecamatan Langsa

“Menciptakan Siswa yang memiliki skill dan kompetensi di bidangnya”

Untuk mencapai visi diatas maka SMP Swasta Intan akan menjalankan dengan mewujudkan perilaku dan mencerminkan sikap sebagai berikut:

  1. Seluruh akademika sekolah SMP Swasta Intan wajib berperilaku sesuai dengan aturan dan norma agama yang diyakini dan dipercayai.
  2. Akan Membiasakan seluruh akademika atau warga sekolah SMP Swasta Intan untuk menggunakan dua bahasa yaitu bahasa inggris (bahasa pendamping) dan bahasa indonesia sebagai (bahasa ibu) untuk mengembangkan kemampuan peserta didik menggunakan bahasa asing
  3. Seluruh masyarakat sekolah turut mensukseskan tercapainya cita-cita dan kualitas yang akan dicapai di SMP Swasta Intan.

Misi Sekolah SMP Swasta Intan

  1. Seluruh akademika wajib bertaqwa serta beriman kepada tuhan yang maha esa.
  2. Turut Meningkatkan Kualitas pendidikan
  3. Berupaya menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengembangkan potensi dan bakat.
  4. Memberikan materi ajar serta melakukan pengembangan teknologi serta ilmu pengetahuan
  5. Konsisten meningkatkan pelayanan serta memberikan sarana dan prasarana belajar yang mencukupi.
  6. Menegakkan kedisplinan untuk semua akademika sekolah.
  7. Selalu meningkatkan kinerja
  8. Menjalin hubungan dan komunikasi edukatif kepada seluruh masyarakat sekolah seperti komite, masyarakat, serta orang tua siswa

Strategi

  1. Senantiasa meningkatkan kualitas profesionalitas Guru dalam mengajar.
  2. Berupaya dalam memberikan sarana dan prasarana belajar yang memadai untuk pendidik dan peserta didik.
  3. Selalu berupaya untuk menciptakan lingkungan sekolah yang produktif, kondusif serta educatif bagi seluruh civitas akademika sekolah SMP swasta Intan
  4. Meningkatkan peran stakeholder dalam memberikan masukan dan ide serta kritik yang dapat membangun dan mengembangkan potensi sekolah SMP swasta Intan.

Program Jangka Panjang Sekolah SMP Swasta Intan Langsa selama 4 tahun

Tahun pelajaran 2019/2020 sampai dengan tahun pelajaran 2023/2024.

  1. Tercapainya Visi dan Misi dalam meningkatkan Menciptakan Siswa yang memiliki skill dan kompetensi di bidangnya.
  2. Mampu menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang revolutif serta menyenangkan
  3. Terciptanya administrasi yang disiplin, serta lengkap
  4. Meningkatkan profesionalitas tenaga kependidikan di sekolah SMP Swasta Intan
  5. dapat terselenggaranya proses pendidikan yang transparan dan fleksibel.
  6. Tersedianya sarana dan prasarana sekolah yang lengkap dan cukup untuk menunjang proses pendidikan

Kekuatan (S)

  • Motivasi guru
  • Fasilitas perpustakaan maupun laboratorium
  • Hubungan serta kondisi antara guru dengan rekan sejawat dan dengan siswa yang baik
  • Variasi guru menggunakan metode dan media dalam mengajar
  • Adanya anggaran yang memadai.

Kelemahan (W)

  • Rekrutmen guru
  • Keadaan guru
  • Penerimaan siswa baru maupun pindahan
  • Jamsostek
  • Keadaan gedung sekolah

Rencana Strategis

Untuk dapat mewujudkan visi dan misi serta program sekolah SMP swasta Intan maka maka perlu adanya strategis agar target dan tercapai.

  1. Melakukan pengembangan kurikulum serta melakukan inovasi isi dan kurikulum nasional agar dapat terimplementasi dengan efektif dan efisien.
  2. Berupaya agar tenaga kependidikan di sekolah dapat mengembangkan kompetensinya dan kualitas meningkatkan klualitas mengajarnya.
  3. Terus melakukan akses sarana dan fasilitas sekolah agar dapat membantu tercapainya visi dan misi sekolah serta tujuan pendidikan nasional.
  4. Meningkatkan manajemen pengelolaan sekolah sesuai standart pendidikan nasional.
  5. Melakukan pengembangan sistem penilaian yang dilakukan tenaga pendidik kepada siswa dengan efektif.
  6. Menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, kondusif bagi seluruh warga sekolah baik untuk tenaga pendidik dan siswa di SMP swasta Intan.
  9+ Contoh Daftar Pustaka dari Internet, Jurnal, Makalah, Buku dan Lainnya

Perencanaan Swot

Untuk mencapai sebuah visi dan misi sekolah SMP Swasta Intan perlu adanya perencanaan yang tepat serta tepat sasaran. Itulah mengapa perlu dan pentingnya melakukan analisis swot agar seluruh pencapaian dapat di laksanakan dengan baik.

Situasi serta kondisi sangat penting dipertimbangkan dan diperhatikan agar semua masyarakat sekolah dapat mengetahui apa yang hendak dicapai.

Dengan adanya analisis swot maka dapat mengetahui kelemahan dan kekuatan untuk mencapai ketercapaian target. Karena tidak mungkin segala hal yang ingin dicapai tidak mengalami kendala.

Oleh sebab itu analisis swot memiliki tujuan agar semua hambatan, serta ancaman yang ada akan diminimalisir dengan bersama-sama menjalankan program dengan disiplin.

Tahap- Tahap Analisis Swot

Tentunya tahapan strategis perlu di jadikan panduan agar visi-dan misi dapat dicapai dengan terstruktur dan sistematis. Adapun tahap-tahap analisis swot di SMP swasta Intan ini adalah:

Tahap Pengumpulan Data

Aktifitas pada tahap ini adalah melakukan serangkaian pengumpulan data lalu mengklasifikasikan dan melakukan pra analisis data juga. Dalam tahap ini aktifitas terdiri dari dua data yaitu data eksternal dan internal.

Untuk data eksternal pengumpulan data didapat dari lingkungan di luar sekolah yaitu: pemerintah, masyarakat serta para donatur.

Dan untuk data internal adalah data yang terdapat di dalam lingkungan sekolah itu sendiri yaitu:

Administrasi sekolah, kegiatan pembelajaran, keadaan guru dan siswa, laporan keuangan sekolah, fasilitas sarana dan prasarana.

Baca Juga: Contoh Slip Gaji


Kesimpulan Analisis

Segala sesuatu program, visi dan misi di petakan berdasarkan analisis yang terdiri dari pengumpulan data internal dan eksternal. Program yang dicanangkan ini  dalam rangka mencapai target yang telah ditentukan.

Semua visi dan misi serta program adalah lingkung aktifitas antara sekolah, masyarakat yang saling berhubungan dan menghasilkan energisitas yang positif bagi perkembangan sekolah.

Hambatan, kekuatan maupun peluang juga telah diklasifikasikan sebagai dasar dilakukannya strategis untuk mencapai keberhasilan. Dengan membuat analisis swot ini maka segala sesuatunya bisa diukur, dievaluasi dan di awasi pelaksanaannya.

Dengan demikian adapun faktor-faktor internal strategi di sekolah SMP Swasta Intan ini adalah sebagai berikut;

Kekuatan (S)

  • Motivasi guru
  • Fasilitas perpustakaan maupun laboratorium
  • Hubungan serta kondisi antara guru dengan rekan sejawat dan dengan siswa yang baik
  • Variasi guru menggunakan metode dan media dalam mengajar
  • Adanya anggaran yang memadai.

Kelemahan (W)

  • Rekrutmen guru
  • Keadaan guru
  • Penerimaan siswa baru maupun pindahan
  • Jamsostek
  • Keadaan gedung sekolah

Lampiran kekuatan dan kelemahan dalam analisis ini dilampirkan dalam proposal ini. Lampiran dituliskan dalam bentuk laporan statistik dan persentase terkait hambatan dan kekuatan maupun anggaran dan pembiayaan yang akan digunakan dalam melaksanakan analisis swot di sekolah smp swasta Intan.

Itulah beberapa gambaran dan contoh  analisis swot tentang sekolah SMP swasta Intan Langsa. Pada hakikatnya analisis swot itu pasti berbeda-beda tergantung kebutuhan akan dilakukan analisis swot tersebut. Apakah untuk bisnis maupun lembaga lainnya. Perbedaan analisis swot pastinya didasarkan atas faktor-faktor yang mempengaruhi.

Lokasi yang berbeda, kelemahan dan kekuatan tentunya akan menjadikan setiap analisis swot itu berbeda satu sama lain yang sama adalah proses pembuatannya. Namun dalam  analisis swot ini hanya berupa contoh sederhana untuk dijadikan dasar dalam membuat analisis swot.

Contoh Analisis Swot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.