10+ Contoh Cover Buku : Simpel, Anak SD, Novel dan Pendidikan

Contoh Cover Buku – Buku dapat diartikan sebagai kumpulan dari kertas yang dijilid menjadi satu yang memuat isi tentang tulisan, gambar, dan tempelan. Kemudian setiap isi dari lembaran kertas yang ada pada buku dapat disebut sebagai halaman. Sedangkan untuk bagian depan disebut sebagai cover buku. Adapun contoh cover buku dapat dilihat di setiap buku yang sudah dicetak.

Cover buku atau sampul buku dapat diartikan sebagai pelindung dari isi buku yang berada pada bagian depan buku. Selain itu, dapat juga difungsikan sebagai pengikat lembaran-lembaran kertas dengan tujuan agar tidak mudah lepas. Bukan hanya itu saja, adanya cover buku membuat seseorang mudah mengenali buku yang diinginkan untuk dijadikan bahan bacaan.

Untuk penerapan cover buku ini sebaiknya memiliki desain yang menarik dan berhubungan dengan isi buku. Mengapa demikian? Agar seseorang dapat tertarik untuk membaca buku tersebut. Cover buku sendiri dapat dibedakan menjadi tiga bagian yang penting. Bagian tersebut antara lain sampul depan buku, sampul belakang buku, dan punggung buku.


Contoh Cover Buku yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Banyaknya buku yang ditemui tentu membuat kita banyak pula melihat cover dari masing-masing buku tersebut. Dimana cover dari buku tersebut tentunya berbeda-beda. Penentuan cover buku pun tergantung dari pembahasan yang terdapat di dalam buku. Maka dari itu, berikut ini adalah paparan mengenai contoh cover buku yang bisa dijadikan inspirasi.

1. Cover Buku Novel Perahu Kertas

Cover Buku Novel Perahu Kertas

Novel Perahu Kertas tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia utamanya generasi muda. Bagaimana tidak, novel yang satu ini memiliki alur cerita yang sangat menarik. Bukan hanya alur cerita yang disajikan sangat menarik, akan tetapi desain dari contoh cover buku nya pun sangat menarik. Dimana menggambarkan pembahasan yang ada di dalam buku.

Warna yang digunakan pada contoh cover buku Perahu Kertas adalah di dominasi oleh warna hijau. Selain itu, terdapat pula gambar awan yang berwarna putih pada bagian atas dan bawah. Kemudian pada bagian bawah terdapat gambar ombak yang berwarna orange. Di bagian atas ombak tersebut ada sebuah perahu yang memiliki ukuran sedang dan ditumpangi oleh 4 orang remaja.

Pada bagian atas perahu terdapat gambar hati yang dibentangkan ke atas dan menandakan adanya kisah diantara keempat remaja. Kemudian font dan letak judul buku diletakkan pada bagian tengah. Melihat berbagai gambar yang dicantumkan pada contoh cover buku, sudah sesuai dengan cerita yang terdapat pada isi buku. Dimana mengisahkan pasang surutnya hubungan antara dua anak remaja.

Baca Juga: Contoh Cover Letter Bahasa Inggris


2. Cover Buku Aku Ingin Jatuh Cinta Sesakit-Sakitnya

Cover Buku Aku Ingin Jatuh Cinta Sesakit Sakitnya

Cinta memiliki pengertian bahwa suatu emosi yang berasal dari adanya kasih sayang yang kuat. Kata cinta juga dapat diartikan sebagai ketertarikan yang dimiliki seseorang dengan orang lain. Akan tetapi cinta ini tidak selamanya suatu kebahagiaan yang dapat dirasakan oleh pelakunya. Mengapa demikian? Karena ada juga cinta yang justru menyakiti orang yang sedang menjalaninya.

Hal tersebut sesuai dengan desain contoh cover buku yang berjudul Aku Ingin Jatuh Cinta Sesakit-Sakitnya. Menggunakan latar berwarna cream yang sangat mendukung suasana hati seorang perempuan. Pada bagian atas cover buku terdapat logo penerbit buku yang dicetak dengan warna hitam. Kemudian di bawah logo tersebut terdapat gambar yang menggunakan bingkai lingkaran. Di dalam lingkaran tersebut terdapat gambar seorang perempuan yang sedang menangis.

Perempuan tersebut mengenakan baju berwarna putih dengan lengan pendek. Terlihat dada perempuan tersebut robek akibat mengeluarkan hatinya kemudian memegang hati tersebut. Gambar tersebut dilengkapi dengan background pepohonan. Di bagian bawah gambar terdapat judul buku yang dicetak dengan 3 warna. Untuk kata “aku ingin” menggunakan warna hitam, kata “jatuh cinta” menggunakan warna merah, dan kata “sesakit-sakitnya” menggunakan warna ungu muda.


3. Cover Buku Ande-Ande Lumut

Cover Buku Ande Ande Lumut

Selanjutnya adalah contoh cover buku yang berjudul Ande-Ande Lumut yang ditulis oleh Arti Purbani. Pada desain cover buku ini, pada bagian atas terdapat judul buku yang dicetak dengan warna hitam. Judul buku tersebut menggunakan latar berwarna kuning dan diikuti dengan latar berwarna hijau tua. Isi latar hijau tersebut terdapat gambar dua orang perempuan.

Perempuan pertama adalah seorang ibu-ibu yang menggunakan kebaya dan handuk untuk mandi di luar rumah. Sedangkan perempuan kedua menggunakan baju kerajaan dengan lengan pendek menghadap ibu-ibu tersebut. Dimana perempuan kedua ini adalah istri dari seorang raja yang bernama Ande-Ande Lumut dan berasal dari kerajaan Jenggala. Menurut ceritanya, istrinya tersebut hilang dan menemukan rumah ibu-ibu yang ada pada gambar.

Maka dari itu, gubuk atau tempat tinggal ibu-ibu tersebut beratapkan daun kelapa. Selain itu, di depan rumah terdapat guci dan timba sebagai tempat untuk mandi. Warna latar yang digunakan untuk gambar kedua perempuan adalah warna putih tulang. Adapun di bagian bawah gambar tersebut terdapat nama dan logo dari penerbit buku yang dicetak dengan warna hitam.


4. Cover Buku Sejarah Runtuhnya Sriwijaya dan Majapahit

Cover Buku Sejarah Runtuhnya Sriwijaya Dan Majapahit

Kejayaan sebuah kerajaan tidak lepas dengan adanya suatu keruntuhan yang dialami. Sama halnya dengan buku yang berjudul Sejarah Runtuhnya Sriwijaya dan Majapahit. Di mana contoh cover buku dari buku tersebut sangat menginsipirasi. Bagaimana tidak, cover buku menggunakan latar berwarna merah muda. Pada bagian atas cover tepatnya di samping kanan terdapat logo penerbit yang dicetak dengan warna merah.

Kemudian diikuti dengan nama penulis buku yang bernama Sri Wintala Achmad menggunakan warna cokelat muda. Di bawa nama penulis tersebut terdapat judul buku. Judul buku pun menggunakan dua warna yang berbeda. Untuk kata “sejarah runtuhnya” menggunakan warna hitam dan kata “Sriwijaya dan Majapahit” menggunakan warna merah muda. Sedangka kalimat “menelusuri jejak Sandyakala imperium besar nusantara” menggunakan warna hitam.

Selanjutnya terdapat gambar dua kerjaan yang menjadi objek yaitu Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit yang saling berdampingan. Gambar kerajaan tersebut dicetak dengan menggunakan warna cokelat atau warna bangunan tua. Kemudian bagian bawah gambar tersebut terdapat gambar kapal yang menandakan adanya perdagangan. Dimana perdagangan tersebutlah yang mungkin menjadi faktor dari runtuhnya kedua kerajaan.


5. Cover Buku Sejarah Pemberontakan Kerajaan di Jawa

Cover Buku Sejarah Pemberontakan Kerajaan Di Jawa

Untuk mengenang atau mengetahui bagaiman kisah pemberontakan kerajaan yang ada di Jawa, bisa membaca buku berjudul Sejarah Pemberontakan Kerajaan di Jawa. Contoh cover buku ini menggunakan warna yang didominasi oleh warna hitam. Gambar pada bagian atas cover buku adalah terdapat gambar langit sore yang tentunya menggunakan warna merah campur warna kuning.

Kemudian di lengkapi dengan gambar kerajaan yang ada di sebelah kiri. Sedangkan bagian kanan adalah gambar beberapa orang yang sedang berdiri. Sambil berdiri, semua orang tersebut menggunakan tongkat yang panjang . Dengan adanya tongkat tersebut menandakan bahwa semua orang tersebut sudah siap untuk melakukan pemberontakan. Dana posisi semua orang tersebut berada di bagian depan kerajaan.

Pada bagian tengah menggunakan background warna hitam sebagai tempat penempatan judul buku. Dimana judul buku tersebut menggunakan warna putih sehingga sangat sesuai dengan desain yang digunakan. Untuk bagian paling bawah ada sebuah kutipan dan menggunakan background langit sore. Contoh cover buku tersebut memang sangat menarik dan menggambarkan pembahasan isi buku.

Baca Juga: Contoh Cover Company Profile


6. Cover Buku Sejarah Islam di Tanah Jawa

Cover Buku Sejarah Islam Di Tanah Jawa

Contoh cover buku berikutnya berjudul Sejarah Islam di Tanah Jawa. Pada bagian atas pojok kanan terdapat logo dari penerbit buku tersebut yang bergambar daun dengan dilengkapi warna biru tua. Kemudian ada sepotong gambar peta dari negara Indonesia yang didominasi menggunakan warna cream dan garis-garis yang ada pada peta menggunakan warna cokelat tua. Setelah gambar peta, ada lagi dua gambar yang berbeda.

Kedua gambar yang dimaksud tersebut adalah gambar kapal yang sedang berlayar di sebelah kiri. Sedang sebelah kanan gambar tersebut terdapat gambar para wali songo yang berjejer. Kemudian pada bagian bawah pojok kiri tepatnya di bawah gambar kapal ada gambar kompas yang akan digunakan sebagai alat penunjuk arah mata angin saat berada di lautan. Kompas tersebut terbuat dari bahan besi dan terdapat 1 jarum penunjuk.

Pada bagian tengah buku terdapat judul buku dengan menggunakan latar berwarna merah. Sedangkan warna dari judul buku tersebut adalah warna putih. Untuk bagian cover buku yang paling bawah ada nama penulis atau pengarah buku tersebut yang juga menggunakan warna putih dengan latar merah. Contoh cover buku tersebut memang sangat menginsipirasi untuk penulis yang ingin membuat desain cover.


7. Cover Buku Ayah

Cover Buku Ayah

Ayah dapat diartikan sebagai sosok orang yang sangat pekerja keras untuk menghidupi keluarganya (istri dan anaknya). Bukan hanya sebagai sosok pekerja keras saja, namun ayah juga termasuk sosok yang sangat sayang terhadap keluarganya. Pernyataan ini sangat sesuai dengan contoh cover buku yang menceritakan pengorbanan seorang ayah yang tidak ada henti-hentinya demi kebahagiaan keluarga.

Buku tersebut berjudul Ayah yang ditulis oleh Andrea Hirata. Desain dari cover buku Andrea ini tentu sangat sesuai dengan pembahasan isi buku tentang sosok ayah. Pada bagian atas buku terdapat logo dan nama penerbit buku yang menggunakan warna cokelat. Kemudian nama penulis buku yang dilengkapi dengan kutipan dan menggunakan warna putih. Background dari tulisan tersebut adalah warna langit malam yaitu hitam.

Dibawah tulisan tersebut ada gambar sebuah bangunan atau perkampungan dan beberapa masyarakat yang memiliki peran sebagai seorang ayah. Kemudian ada gambar sepeda zaman dahulu dan gambar balon. Bagian samping sepeda ada gambar anak kecil sedang memegang permen dan seorang ayah. Untuk bagian bawah gambar terdapat judul dari buku tersebut yaitu Ayah yang dicetak menggunakan warna cream.


8. Cover Buku Daun yang Jatuh Tak Pernah Memberi Angin

Cover Buku Daun Yang Jatuh Tak Pernah Memberi Angin

Tere Liye memiliki banyak karya yang telah diterbitkan untuk dibaca oleh seseorang. Salah satu karyanya adalah Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin. Dimana desain contoh cover buku digunakan didominasi oleh warna hijau tosca. Pada bagian atas cover buku tepatnya pojok kanan terdapat logon penerbit buku tersebut dan menggunakan warna putih. Kemudian di bawahnya adalah judul dari buku tersebut yang disusun dengan lima baris.

Selain disusun menjadi lima baris, judul buku tersebut juga didesain dengan menggunakan dua jenis gaya huruf. Namun warna yang digunakan sama dengan warna dari logo penerbit buku yaitu putih. Bagian belakang tulisan judul ada beberapa daun yang terbawa oleh angin dan beterbangan di udara. Adapun warna dari daun tersebut menggunakan warna merah. Bukan hanya beterbangan, namun ada beberapa daun yang jatuh ke rumput.

Dibawah gambar daun yang beterbangan tersebut ada satu gambar pohon yang lumayan pendek. Warna dari pohon tersebut sama dengan warna daun yang beterbangan dan warna batangnya tetap warna cokelat tua. Selanjutnya ada juga gambar rumput yang menggunakan warna hijau campur dengan warna orange. Untuk bagian bawah cover buku ada nama dari penulis buku tersebut dengan ukuran lumayan besar.


9. Cover Buku Dilan 1991

Cover Buku Dilan 1991

Film Dilan 1991 sangat populer di kalangan masyarakat termasuk para remaja dan dewasa. Namun cerita film tersebut juga bisa dibaca dalam bentuk buku. Desain contoh cover buku yang digunakan oleh buku yang berjudul Dilan 1991 ini didominasi dengan warna cokelat. Bagian atas cover ada tulisan judul buku dengan ukuran yang besar. Namun sebelum judul ada tulisan kecil bertuliskan “bagian kedua”, yang artinya lanjutan dari cerita Dilan 1990.

Dibawah judul tersebut ada pula tulisan “dia adalah Dilanku Tahun 1991”. Hal yang membedakan tulisan ini adalah besar kecilnya ukuran font yang digunakan. Kemudian di samping tulisan judul ada gambar seorang perempuan yang mengenakan baju SMA yang itu baju putih abu-abu. Perempuan tersebut menggerai rambutnya dan terlihat sedang menunggu seseorang.

Untuk bagian bawah cover buku ada kutipan yang ditulis oleh penulis buku. Kutipan tersebut berisikan “tujuan pacaran adalah untuk putus. Bisa karena berpisah, bisa karena menikah”. Setelah kutipan tersebut ada nama penulis yaitu Pidi Baiq dan di bawahnya ada tahun. Semua tulisan tersebut hanya menggunakan satu warna saja yaitu warna putih. Memang desain cover buku yang satu ini sangat simple namun tetap menggambarkan pembahasan isi buku.

Baca Juga: Contoh Cover Letter Fresh Graduate


10. Cover Buku Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Cover Buku Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Tenggalamnya Kapal Van Der Wijck juga adalah film yang sangat populer namun bisa dibaca untuk versi bukunya. Dalam versi bukunya tentu menggunakan desain contoh cover buku yang sangat menginspirasi. Bagian atas cover buku terdapat nama penulis buku yang menggunakan warna hitam. Di samping nama penulis, tepatnya pojok kanan ada foto penulis dengan ukuran kecil yang didesain menggunakan warna hitam putih. Penulis tersebut mengenakan jas dan menggunakan kopiah.

Adapun background yang digunakan adalah gambar langit dengan warna ungu orange. Kemudian terdapat pula gambar rumah adat yang tentunya berasal dari Minangkabau dan ada satu bangunan di sampingnya. Di depan rumah adat dan bangunan tersebut terdapat beberapa gambar masyarakat yang tengah melakukan kegiatannya dan beberapa gambar kuda. Pada bagian bawah gambar masyarakat ada gambar laut.

Di laut tersebut terdapat ombak besar yang menyebabkan ada satu kapal yang tenggelam. Warna ombak tersebut adalah hitam campur putih. Kapal tersebut berwarna merah putih dan kapal tersebut dinamakan kapal Van Der Wijck. Kemudian bagian bawah cover buku ada judul buku yang terdiri dari dua warna tulisan yakni putih dan emas. Setelah judul buku, ada kutipan yang ditulis dengan menggunakan warna putih.

Beberapa contoh cover buku tersebut bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk penulis sebelum membuat desain. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya cover buku harus pula menggambarkan mengenai pembahasan buku. Dengan tujuan agar pembaca dapat dengan mudah menebak alur cerita buku tersebut sehingga tidak sulit saat mencari buku yang diinginkan.

Bukan hanya itu saja, desain contoh cover buku juga harus terlihat menarik sehingga pembaca tertarik untuk membaca buku tersebut. Dengan alasan bahwa hal pertama yang dilihat pembaca saat mencari buku adalah cover atau sampul buku. Jika cover dari buku tersebut terlihat biasa saja namun tidak menarik tentu pembaca tidak akan memilih buku tersebut.

Contoh Cover Buku

Tinggalkan komentar