20+ Contoh Doa Penutup Acara Bahasa dan Indonesia Penuh Makna

Contoh Doa Penutup – Sebuah kegiatan acara baik itu sekolah, ibadah, maupun seminar selalu tidak lepas dengan yang namanya susunan acara. Adanya susunan acara, maka suatu kegiatan akan sesuai yang diinginkan.

Salah satu yang harus ada dalam susunan acara dan tidak kalah penting adalah adanya doa penutup. Membuat doa penutup tidak semudah yang dibayangkan lho. Tenang saja, dibawah ini akan terdapat beberapa contoh doa penutup untuk berbagai kegiatan.

Doa penutup sendiri wajib ada dalam setiap kegiatan. Membaca doa penutup juga tidak boleh sembarangan. Untuk yang membaca doa penutup biasanya yang memang sudah ahli dan berpengalaman. Apalagi jika acara tersebut merupakan acara keagamaan maka yang membaca biasanya  adalah pemuka agama masing-masing.

Mengapa harus yang sudah ahli? Hal ini agar doa bisa tersampaikan dengan baik dan lebih menghayati. Nah, selain contoh doa penutup untuk berbagai kegiatan, disini juga akan dijelaskan fungsi dari doa penutup. Sudah tidak sabar apa saja contoh dan fungsi dari doa penutup? Langsung saja simak uraiannya dibawah ini :


Fungsi Doa Penutup

Doa penutup merupakan doa yang dibacakan ketika akhir acara dan biasanya sekaligus sebagai tanda bahwa suatu acara sudah berakhir. Selain wajib, doa penutup juga memiliki tujuan dan fungsi sendiri. Jangan salah, doa penutup bukan hanya berfungsi sebagai pelengkap acara. Doa penutup justru memiliki fungsi yang lebih dari itu.

Fungsi tersebut adalah agar acara yang telah selesai bisa membawa manfaat bagi yang mengikuti. Selain itu, doa penutup juga berfungsi untuk menjauhkan dari hal-hal kurang baik serta menjadi salah satu wujud syukur. Dengan begitu acara yang telah selesai bisa meninggalkan kesan yang baik.

Untuk isi dari doa juga disesuaikan dengan acara yang akan dilangsungkan. Karena tentu saja isi doa penutup berbeda-beda. Dengan begitu, doa penutup bisa lebih terasa manfaatnya jika sudah disesuaikan. Doa penutup sendiri berbagai macamnya. Banyak contoh doa penutup yang akan dijelaskan di bawah ini.

Baca Juga: Contoh Penutup Proposal


Macam-Macam Doa Penutup Beserta Contohnya

Setelah mengetahui mengenai fungsi dari doa penutup, maka bisa langsung melihat contoh doa penutup dibawah ini. Perlu diingat bahwa doa penutup berbeda-beda tergantung acaranya.

Setiap doa penutup dibawah ini memiliki manfaat yang ditujukan untuk masing-masing acara. Sehingga isi masing-masing doa penutup akan berbeda. Sudah tidak sabar ? berikut berbagai contoh untuk doa penutup dalam berbagai acara :


1. Doa Penutup untuk Acara Pramuka

Doa Penutup Untuk Acara Pramuka

 

Biasanya setiap kegiatan kepramukaan sifatnya adalah resmi. Dijamin, semua kegiatan kepramukaan pasti ada upacara penutupan yang selalu diakhiri doa penutup. Nah, dibawah ini merupakan contoh dari doa penutup untuk acara Pramuka ;

Doa Penutup untuk Acara Pramuka

Contoh Doa Penutup Acara Pramuka Ke-1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga rangkaian acara yang telah kami lakukan bisa bermanfaat dan membawa berkah bagi kami semua yang mengikuti acara ini.

Ya Allah yang Maha pengampun, ampunilah dosa kami semua yang hadir di acara ini dan lindungi lah kami dari godaan setan yang terkutuk.

Ya Allah, hari ini kami telah selesai melaksanakan Pelantikan Pramuka Penegak Laksana Angkatan 45 Smkn 1 Temanggung

Berikanlah manfaat ilmu yang kami dapat hari ini, sehingga menjadi sarana menambah wawasan kami, meningkat kan persaudaraan  kami, meningkatkan semangat kami dalam beribadah khususnya beribadah melalui Gerakan Pramuka, serta memotivasi hidup kami agar istiqomah di jalan kebenaran Mu. Ya Robb, Ridhoi dan berkahilah  acara  kami  ini. Aamiin aamiin ya rabbal alamin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Contoh Doa Penutup Acara Pramuka Ke-2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hadirin sekalian yang hadir pada acara ini, mari tundukkan kepala sejenak agar doa yang dipanjatkan bisa diridhai oleh Allah SWT.

Ya Allah yang Maha Pengampun, ampunilah dosa-dosa kami, kakak tingkat kami dan para pembina kami serta tuntun lah kami agar kami bisa tetap berada di jalanmu.

Ya Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang, Lindungilah kami agar ketika acara ini selesai, kami semua bisa sampai di rumah dengan selamat.

Pada hari ini, kami semua telah selesai melaksana kan acara serah terima jabatan Pramuka dengan lancar. itu semua tidak lepas dari kebesaranmu Ya Allah.

Kami berharap bahwa dengan adanya pengurus baru, semoga bisa membawa organisasi Pramuka menjadi lebih baik dan maju dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Kami juga berharap bahwa adik-adik bisa mengemban amanah yang sudah kami berikan. Semoga adik-adik pengurus baru sekalian selalu diberi kelancaran dan kemudahan dalam melaksanakan setiap kegiatan.

Kami sebagai pengurus sebelumnya mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan kami dalam membimbing adik-adik sekalian. Selain itu kami juga mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas kerelaan adik-adik sekalian dalam mengikuti kegiatan ini.

Semoga acara serah terima jabatan kali ini bisa memberikan manfaat yang begitu besar. Baik untuk pembina, panitia, dan peserta dari acara ini. Aamiin aamiin ya rabbal alamin.

Rabbana atina fiddunya khasanah wafil a hirati khasanah waqinna adza bannar.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


2. Doa Penutup untuk Sekolah

Doa Penutup Untuk Sekolah

Banyak sekali acara sekolah yang bersifat resmi. Beberapa contoh diantaranya adalah acara perpisahan, wisuda, maupun acara penerimaan siswa baru. Berikut akan disajikan contoh doa penutup untuk beberapa acara tersebut:

Doa Penutup untuk Sekolah

Contoh Doa Penutup Sekolah Ke-1

Kami akan berdoa dengan doa umat Muslim, bagi umat non muslim bisa menyesuaikan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah

Tiada hentinya kami mengucap syukur atas limpahan karunia yang telah diberikan, sehingga acara perpisahan sekolah kali ini bisa berjalan dengan lancar.

Ya Allah, pertama -tama kami yang berkumpul di tempat ini, memohon ampun yang sebesar-besarnya apabila pada acara ini  terdapat kesalahan yang disengaja maupun tidak. Berikanlah petunjuk dan bimbinganmu, agar siswa yang akan segera meninggalkan sekolah tercinta ini bisa lebih mandiri, dan dapat meraih impian yang sesuai keinginannya masing-masing.

Ya Allah, berikanlah kelancaran dan kemudahan bagi kami, agar kami semua bisa melewati berbagai ujian darimu tanpa halangan suatu apapun.

Ya Allah, lindungi lah kami dari semua perkara keburukan. Semoga kami tidak terjerumus dalam dosa-dosamu dan dari godaan setan yang terkutuk.

Ya Allah semoga kami yang ada di tempat ini, senantiasa diberi kesehatan, pertolongan dan senantiasa diberi kenikmatan dalam meraih ilmu maupun cita-cita kami.

Subbhanaka rabbika rabbil’izati ‘amma yaasifuun wassalamun ’alal mursalin. Walhamdulillahirrobil’alamin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Contoh Doa Penutup Sekolah Ke-2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bismillahirrahmanirrahim

Ya Allah, pada berakhirnya acara wisuda sekolah ini, kami ingin mengucap syukur yang sebesar-besarnya atas limpahan karunia yang engkau berikan, sehingga kami bisa melaksanakan acara wisuda ini dengan sangat lancar tanpa halangan suatu apapun.

Di wisuda Angkatan 44 SMAN 1 Jakarta ini, kami berharap ketika kami lulus nanti bisa selalu diberikan kemudahan dalam meraih cita-cita. Baik bagi yang akan melanjutkan sekolah maupun yang akan bekerja.

Ya Allah, senantiasa berikanlah kami kekuatan dalam menghadapi segala cobaan darimu ketika menghadapi dunia yang kejam ini. Terutama ketika kami sudah lepas dari bimbingan orang tua dan bapak ibu guru kami.

Ya Allah, berikanlah bapak ibu guru serta orang tua kami kesehatan, keselamatan dan perlindungan darimu ya Allah.

Ya Allah, semoga SMAN 1 Jakarta selalu diberikan kemajuan dan mendapatkan yang terbaik darimu.

Aamiin aamiin ya Allah.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


3. Doa Penutup Ibadah Kristen

Doa Penutup Ibadah Kristen

Doa dalam penutup ibadah umat Kristen biasanya berisi mengenai ucapan syukur dan terimakasih atas penyertaan Tuhan. Jadi doa penutup ini dipanjatkan ketika berakhir acara ibadah. Berikut contoh untuk doa penutup  untuk umat Kristen :

Doa Penutup untuk Sekolah

Contoh Doa Penutup Ibadah Kristen Ke-1

Terima kasih kepada Bapa di Sorga yang telah memberikan kelancaran dalam ibadah kami hari ini. Kami melaksana kan ibadah dengan baik karena penyertaan Bapa di Sorga. Setelah ini kami akan pulang ke rumah dan kiranya engkau menyertai perjalanan kami. Semoga pada ibadah hari ini, keimanan kami bertambah daripada sebelumnya.

Kami memohon ampun jikalau kami masih kurang ketika beribadah kepadamu. Namun, kami bersyukur telah beribadah hari ini karena kami yakin Bapa di Sorga akan selalu ada bersama kami. Semoga penyertaan Bapa di Sorga bisa selalu ada di dalam hati kami. Amin.

Contoh Doa Penutup Ibadah Kristen Ke-2

Tuhan yang Maha Bijaksana, hari ini kami telah melaksana kan ibadah minggu  dengan baik. Kelancaran ibadah hari ini tidak lepas dari penyertaan tuhan yang selalu ada bersama kami. Semoga ibadah hari ini senantiasa menambah ketakwaan kami dan penyertaan Tuhan tidak menjadi sia-sia.  Terimakasih Tuhan sudah bersama kami dari awal hingga selesainya ibadah kami.

Kami sangat bersyukur bisa bertemu Tuhan Yesus di hari Minggu ini. Semoga kami yang mengikuti peribadatan di hari Minggu ini diberkati oleh engkau Tuhan. Semoga kami selalu bisa berada di jalanmu dan menjadi umatmu yang setia. Berkatilah kami Tuhan.

Setelah ini kami akan pulang kerumah dan akan beristirahat dengan baik. Kiranya Tuhan bisa memberikan keselamatan pada kami agar sampai rumah dengan selamat. Sehingga kami bisa terus beribadah denganmu setiap minggu. Semoga ibadah kami hari ini bersamamu bisa selalu melekat pada kami. Dalam nama Tuhan Yesus, Amin.

Contoh Doa Penutup Ibadah Kristen Ke-3

Bapa yang selalu ada di Sorga. Terima kasih telah memberikan jalan kepada kami sehingga kami bisa selalu beribadah dengan engkau. Penyertaan Bapa di Sorga sangat berharga bagi kami. Hari ini kami sudah beribadah dengan lancar.

Semoga di setiap ibadah kami bersama engkau selalu diberi kelancaran. Kami sangat bersyukur bisa selalu dengan kelancaran yang Bapa berikan.

Kami yang mengikuti ibadah hari ini memohon ampun yang sebesar-besarnya apabila ada kekeliruan ketika beribadat denganmu. Wahai Bapa di Sorga, semoga yang kami peroleh hari ini bisa bermanfaat pada kehidupan kami. Kami selalu percaya dengan apa yang Bapa berikan.

Kini tibalah kami untuk pulang kerumah masing-masing. Lindungilah kami dalam setiap langkah perjalanan pulang kami. Kami percaya Bapa di Sorga selalu melindungi kami agar kami selamat sampai di rumah tanpa ada halangan. Bapa  di Sorga, kami selalu mengucap terima kasih. Amin.

Baca Juga: Contoh Teks Prosedur

Contoh Doa Penutup Ibadah Kristen Ke-4

Tuhan Yesus terimakasih, pada ibadah hari ini kami mendapat banyak ilmu yang sangat bermanfaat. Semoga ibadah yang tidak begitu besar ini ada dalam penyertaanmu. Berkati kami yang beribadah di sini agar kami bisa menerapkan ilmu yang sudah didapat. Dengan penyertaan Tuhan Yesus, Ibadah kecil kami ini bisa berjalan dengan lancar.

Pada ibadah hari ini, kami baru saja mendapat ilmu mengenai pokok-pokok kebajikan dalam hidup. Berkati dan sertai kami agar kami bisa selalu menerapkan kebajikan.  Semoga kami bisa menjadi umatmu yang taat dan setia. Berkatilah kami agar kami menjadi manusia yang bisa menolak keburukan di dunia ini.

Kini kami telah selesai beribadah kepadamu. Sertailah jalan pulang kami agar kami bisa sampai di rumah dengan selamat dan bisa bertemu Tuhan Yesus di kemudian hari. Semoga penyertaan Tuhan Yesus menyertai kami semua yang beribadah hari ini. Demi Tuhan Yesus. Amin.


4. Doa Penutup Rapat Kristen

Doa Penutup Rapat Kristen

Selain setelah ibadah, umat Kristen juga memiliki doa penutup setelah rapat. Doa setelah rapat dimaksudkan agar hasil rapat yang disepakati bisa sesuai yang diinginkan. Dibawah ini contoh untuk doa penutup untuk rapat umat Kristen :

Doa Penutup Rapat Kristen

Contoh Doa Penutup Rapat Kristen Ke-1

Tuhan Yesus yang Maha Bijaksana, kami mengucapkan terimakasih yang begitu besar atas penyertaan Tuhan Yesus dalam rapat kami. Dengan penyertaan Tuhan Yesus, rapat kami berjalan dengan lancar tanpa halangan. Semoga tuntunan Tuhan Yesus selalu menyertai hasil rapat kami dan menjadi hasil yang terbaik.

Dalam rapat kali ini, kami memohon ampun yang sebesar-besarnya apabila dalam rapat terjadi hal yang kurang pantas. Semoga kami semua selalu berada di jalanmu dan tidak mengecewakan Tuhan Yesus. Kami juga mohon ampun apabila kami terlalu mengeluarkan ego ketika berada dalam rapat. Tolong maafkan kami.

Kini rapat telah selesai dan kami sudah mencapai kesepakatan berkat pernyertaan Tuhan Yesus yang Maha Baik. Kami percaya bahwa ini merupakan hasil yang sesuai dengan kuasamu. Semoga keputusan kali ini bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada kesalahan. Atas nama Tuhan Yesus. Amin.

Contoh Doa Penutup Rapat Kristen Ke-2

Puji Tuhan, saat ini kami baru saja menyelesaikan rapat kami. Terimakasih Tuhan, telah ada bersama kami dan menyertai rapat kami. Penyertaan Tuhan sangat berharga bagi kami, sehingga pembicaraan rapat bisa berjalan dengan lancar. Hasil rapat kami tidak lepas dari penyertaan Tuhan.

Pada rapat kali ini semoga menghasilkan yang terbaik bagi kami. Kami percaya bahwa ini merupakan hasil yang disertai campur tangan Tuhan. Kami juga mohon ampun jika saat rapat, kami lupa sejenak dengan Tuhan. Berkatilah dan berilah ampunan bagi kami semua  yang mengikuti rapat di ruangan ini.

Semoga hasil hari ini bisa membawa kami ke jalan yang baru dan benar. Setelah ini kami akan beristirahat di rumah masing-masing dengan hati yang tenang berkat penyertaan Tuhan. Lindungilah kami selalu dalam setiap perjalanan, sehingga kami bisa sampai di rumah dalam keadaan yang baik. Selalu berdoa dalam nama Tuhan. Amin.

Contoh Doa Penutup Rapat Kristen Ke-3

Terimakasih Allah yang Maha Bijaksana, kami baru saja selesai mengadakan rapat yang berakhir dengan lancar. Kelancaran rapat kali ini tidak lepas dari penyertaan Allah yang selalu ada bersama kami. Terimakasih telah menuntun kami dalam setiap pembicaraan rapat.

Kami percaya bahwa hasil rapat kali ini merupakan hasil yang diinginkan Allah. Jika sewaktu rapat kami keluar dari jalanmu, kami mohon yang sebesar-besarnya. Semoga hasil rapat hari ini bisa membawa kemajuan dari apa yang kami kerjakan. Kiranya engkau memberkati hasil rapat kami. Berkati pula semua yang mengikuti rapat di ruangan ini.

Kami mantap dengan hasil ini dan percaya ini merupakan yang terbaik. Kini kami akan pulang dan beristirahat di rumah. Semoga kami semua yang mengikuti rapat bisa pulang dengan selamat. Semoga Allah yang Maha Bijaksana menyertai dan memberikan perlindungan pada kami. Allah Maha Bijaksana pengantara kami. Amin.


5. Doa Penutup Katolik

Doa Penutup Katolik

Selanjutnya adalah contoh doa penutup agama katolik. Doa penutup untuk agama katolik sangat penting. Karena di dalam doa penutup ini banyak sekali harapan yang dipanjatkan kepada Tuhan. Harapan-harapan yang dipanjatkan agar semoga dikabulkan.  Selain itu, agama katolik juga memiliki banyak acara-acara sakral yang memakai doa penutup usai melakukan acara tersebut.

Doa Penutup Katolik

Contoh Doa Penutup Katolik Ke-1

Tuhan, kami berterima kasih sekaligus bersyukur atas berakhirnya pertemuan atau acara ini. Engkau pula yang menuntun tutur kata sekaligus mendampingi kami semua hingga pertemuan atau acara ini berakhir.

Kami meminta belas kasih-Mu dan memohon ampunan-Mu jika dalam pertemuan ini kami semua melakukan kesalahan. Baik kesalahan yang kami lakukan adalah kesengajaan maupun ketidaksengajaan. Serta ketika Engkau membimbing kami, ternyata kami lebih mengikuti kehendak kami dan tidak menghiraukan bimbingan-Mu.

Kami sangat bersyukur karena pertemuan yang kami adakan membuahkan hasil. Tentunya hasil tersebut pastinya merupakan petunjuk sekaligus ilham langsung dari Roh Kudus. Kiranya Engkau memberkati kami semua dan dapat mengamalkan hasil yang diperoleh dari pertemuan atau acara ini.

Semoga hasil dari pertemuan atau acara kami ini membawa pembaruan serta berkat bagi seluruh penganut-Mu di dunia. Juga semoga kami diberi kemantapan dalam menjadi pengikut-Mu dan saling membantu antar sesama dan semua.

Semoga acara ini juga menambah ketakwaan kami terhadap-Mu. Demi Kristus, Roh Kudus, dan Pengantara serta Pelindung kami semua. Amin.

Contoh Doa Penutup Katolik Ke-2

Bapa, hari ini kami teramat bersyukur atas berkat yang Engkau berikan terhadap kami. Hari ini kami dapat merenungkan Sabda dan kalimat suci-Mu. Roh Kudus telah membimbing dan memberi petunjuk kepada kami semua.

Kami mengiba dan memohon beribu ampunan kepada-Mu jika dalam rangkaian pertemuan atau acara ini masih banyak kekurangan atau ketidaksempurnaan. Kami juga mengharap kan petunjuk dan bimbingan-Mu agar dapat membuat acara yang lebih baik lagi.

Pertebal dan tambah iman kami, kuatkan lagi kalimat suci-Mu dalam hati kami semua. Agar kami semakin mengingat kebaikan dan meninggal kan perbuatan buruk. Juga agar kami semua dapat memegang teguh kepercayaan sekaligus dapat melawan perbuatan dosa.

Semoga kami selalu ingat akan tanggung jawab kami dan mengapa Engkau mengutus kami di dunia ini. Baik di dalam lingkup keluarga, di dalam lingkup masyarakat, dan sebagainya. Berkatilah kami dan lancar kan usaha kami dalam melakukan kebaikan-kebaikan yang Engkau ajarkan. Semoga kami senantiasa taat kepada-Mu. Demi Kristus. Amin.

Contoh Doa Penutup Katolik Ke-3

Allah, Bapa Yang Bijaksana. Kami mengaturkan beribu terimakasih dan syukur kepada-Mu. Karena Engkau telah memberi kami kekuatan dalam melaksana kan ibadat terhadap-Mu.

Kami kembali bersyukur dan berterima kasih kepada-Mu, karena berkat cinta kasih-Mu yang telah Engkau bagikan kepada kami. Sehingga menghasil kan ikatan cinta kasih yang tiada putusnya hingga hari ini.

Semoga dalam hidup kami selalu penuh akan cinta kasih serta syukur kepada-Mu. Baik dalam keadaan baik dan suka maupun susah duka. Jadikan lah kami semua menjadi umat-Mu yang taat akan perintah serta ajaran-Mu.

Dengan persekutuan cinta kasih dan syukur ini semoga menambah takwa dan menguatkan iman kami. Sehingga kami menjadi utusan-Mu yang amanah di dunia ini dan dapat menjalankan peran dengan baik dan bertanggung jawab.

Bapa, kami memohon rahmat dan berkat-Mu bagi kami semua maupun mereka yang berhalangan hadir dalam acara ibadat ini. Semoga kami semua mendapat berkat yang tak pernah putus dari-Mu dan terus bertambah. Demi Bapa bersama Roh Kudus. Amin.

Contoh Doa Penutup Katolik Ke-4

Allah, Bapa kami semua, yang melihat segala perbuatan kami dari Sorga. Terima kasih atas segala rahmat dan anugerah-Mu kepada kami semua. Sehingga kami dapat melaksana kan acara ini tanpa kekurangan apapun dan menjalankan acara ini sebaik mungkin. Kelancaran dalam melaksanakan acara ini dikarenakan bimbingan dan tuntunan dari-Mu jua.

Kami sangat bersyukur dan yakin terhadap ajaran-Mu yang selalu menuntun dan membimbing kami menuju kebaikan. Kami memohon banyak ampun jika selama hidup hingga detik ini melakukan banyak kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak.

Berikanlah kami kelancaran dalam melakukan ibadat kepada-Mu. Hari selanjutnya dan seterusnya. Semoga segala rasa syukur kami selalu tersampaikan terhadap-Mu dan menjadi pahala kami kelak menuju Sorga-Mu.

Berkatilah dan curahkanlah rahmat-Mu kepada kami agar diberi kelancaran dan keselamatan dalam melakukan amal ibadat yang Engkau ajarkan. Semoga cinta kasih dan rahmat-Mu selalu terlimpah dan menyertai kami untuk selamanya. Haleluya, Amin.

Contoh Doa Penutup Katolik Ke-5

Ya Bapa, pelindung kami dan pemberi rahmat tiada henti. Kami sangat bersyukur akan keselamatan dan kesehatan yang Engkau berikan. Sehingga di hari ibadat ini kami dapat melakukan ibadat kepada-Mu dalam keadaan utuh.

Kami juga sangat berterima kasih atas rahmat dan anugerah yang Engkau berikan sepanjang hari ibadat ini. Semoga lagu dan lantunan kitab serta renungan yang telah kami lakukan menjadikan iman kami semakin kokoh ke depannya.

Kami juga senantiasa mengharap kan cinta dan belas kasih-Mu kepada kami semua. Agar dalam menjalankan semua amal ibadat kepada-Mu diberi kekuatan dan atas naungan dari-Mu. Semoga kami semua senantiasa mengamalkan ajaran kebaikan dari-Mu. Sehingga kami menjadi umat-Mu yang selalu taat dan patuh kepada-Mu.

Semoga ibadat yang kami lakukan hari ini menjadi salah satu bukti ketaatan kami terhadap ajaran-Mu. Dan Engkau senantiasa memberi rahmat dan anugerah kepada kami semua. Dengan perantara kami, Tuhan Kristus. Amin.


6. Doa Penutup Seminar

Doa Penutup Seminar

Berikutnya adalah contoh doa penutup yang ada dalam acara seminar. Doa penutup ada karena merupakan salah satu kegiatan yang ada dalam susunan acaranya. Juga merupakan salah satu tanda syukur karena telah melaksanakan acara dengan lancar. Serta menjadi salah satu kegiatan penutup agar acara semakin berkah dan pahala di sisi Tuhan.

Doa Penutup Seminar

Contoh Doa Penutup Seminar Ke-1

Ya Tuhan, semoga kami yang hadir dalam acara seminar ini ditambah ilmunya dan diperkuat lagi ingatannya. Limpahkanlah kepada kami sedikit rahmat-Mu Ya Rabb dan berilah kami kekuatan dalam mengingat serta mengamalkan ilmu yang baru saja kami peroleh.

Ya Tuhan kami, tumbuhkanlah dan eratkan lah tali silaturahmi orang-orang yang hadir dalam acara ini. Tambahkan lah rasa persatuan dan kesatuan yang kuat lagi kokoh di antara kami semua. Agar menjadi saudara se-iman dan se-surga.

Ya Malik Ya Qudus, ampunilah segala dosa dan perbuatan kami, jika dalam acara ini kami melakukan perbuatan dosa. Baik dosa yang di sengaja maupun yang tidak disengaja. Sesungguhnya engkau Maha Pemberi Ampun.

Semoga acara seminar ini menjadi salah satu majelis ilmu dan ladang pahala yang diterima disisi-Mu. Kami hanya menyembah kepada-Mu, memohon ampunan, serta pertolongan. Kabulkan lah doa kami Ya Allah. Aamiin yaa rabbal ‘alamiiin. Al-faatihah.

Contoh Doa Penutup Seminar Ke-2

Allahumma, usai sudah acara seminar pada hari ini. Acara ini sangat bermanfaat bagi kami yang hadir di dalamnya. Semoga Engkau selalu menanamkan sifat rendah hati kepada kami semua.

Serta berilah kami semua kekuatan dan ingatan yang kuat. Agar dapat mengamalkan ajaran yang kami dapat dari seminar ini. Sekaligus membagikan ilmu ini kepada sesama kami agar saling tahu-menahu dan saling bahu-membahu.

Engkau lah Maha Pengampun, ampunilah segala dosa kami yang hadir dalam acara seminar ini serta rahmatilah kami semua. Engkau Maha Segalanya, semoga pemahaman kami terus bertambah setelah mendapatkan ilmu dari acara seminar ini.

Ya Rabbi kami, permudahkanlah kami semua ketika mencari ilmu. Anugerahilah kami semua apa yang yang Engkau anugerahi kepada hamba-Mu yang sungguh-sungguh dalam mencari ilmu. Aamiin yaa rabbal ‘alamiin.

Contoh Doa Penutup Seminar Ke-3

Ya Rabbi Izzati Ya Rahman Ya Rahim. Pada kesempatan ini telah usailah acara yang kami siapkan jauh-jauh hari. Kami berkumpul di sini tidak lupa memanjatkan puji dan syukur kepada-Mu. Karena berkah dan rahmat-Mu lah acara kami menjadi lancar dan dipermudah tanpa kekurangan apapun.

Ya Rabb, berikan berkah pada acara seminar kami tadi dan jadikan lah sebagai amal ibadah di sisi-Mu. Serta curahkan segala karunia dan kasih sayang-Mu kepada kami semua dan ridhai-lah acara seminar kami tadi.

Lindungilah kami semua dari keragu-raguan atas ilmu yang kami dapat hari ini. Semoga acara ini menjadi berkah dan kami semua diberi kekuatan serta senantiasa mengamalkan ilmu yang kami peroleh. Serta limpahkanlah kepada kami rahmat kesehatan dan keselamatan agar dapat menuntut ilmu di hari-hari selanjutnya.

Semoga kami dapat amanah akan ilmu yang kami dapat serta diberi kekuatan dalam mengingat serta mengamalkan ilmu tersebut. Teguhkan lah iman kami, agar ketika mengamalkan ilmu yang kami dapat sesuai dengan ilmu yang kami terima. Engkau-lah Yang Memberi Kekuatan, kabulkan lah doa kami Ya Rabb. Aamiin.

Contoh Doa Penutup Seminar Ke-4

Ya Rabbi Izzati, puji dan syukur atas kehadirat-Mu hingga mengijinkan kami melaksanakan acara seminar ini. Atas nikmat kesehatan yang Engkau berikan kami semua dapat hadir mengikuti acara seminar dari awal hingga selesai. Atas berkah dan ridho-Mu pula acara ini dapat berjalan dengan baik tanpa halangan yang berarti.

Ya Allah, dengan seminar ini pula kami dapat menjalin ikatan saudara dan menguatkan silaturahmi kami semua. Dari seminar ini pula banyak ilmu dan pengalaman baru yang kami dapat. Saling bertukar pikiran dan memecahkan masalah yang ada secara bersama-sama.

Ya Rabbi, semoga dengan adanya seminar ini ilmu serta pengalaman yang kami peroleh dapat kami amalkan di jalan-Mu. Semoga Engkau memberi kami ingatan yang kuat sehingga dapat berbagi dengan sesama.

Kami memohon kepada-Mu semoga semua orang yang hadir dan mengikuti seminar ini dihitung sebagai salah satu ibadah kepada-Mu. Serta semoga Engkau berkenan menerimanya sebagai ibadah di sisi-Mu. Semoga kami menjadi hamba-Mu yang amanah dan dapat bertanggung jawab. Aamiin Ya Allah.


7. Doa Penutup Acara Syukuran

Doa Penutup Acara Syukuran

Acara syukuran merupakan acara yang diadakan sebagai tanda diri sendiri atau yang menyelenggarakan mengungkapkan rasa syukurnya terhadap Tuhan. Doa tersebut dipanjatkan agar dikabulkan oleh Sang Pencipta dan menjadi berkah bagi semua. Berikut merupakan contoh doa penutup yang berisikan permohonan dan harapan si penyelenggara dan tamu yang hadir.

oa Penutup Acara Syukurantup Seminar

Contoh Doa Penutup Acara Syukuran Ke-1

Maha Suci Engkau Ya Allah, telah memperlancar dan mempermudah acara yang kami selenggarakan. Atas rahmat dan karunia-Mu kami diberi kekuatan dan kesanggupan melaksanakan acara ini. Acara ini kami adakan atas rasa syukur kami terhadap-Mu Ya Allah.

Semoga Engkau senantiasa menganugerahi kami nikmat dan rahmat tanpa putusnya. Serta jadikanlah kami semua yang hadir dalam acara ini menjadi golongan orang-orang yang selalu bersyukur kepada-Mu. Kami juga memohon ampun kepada-Mu jika kami masih melakukan banyak kesalahan Ya Allah.

Ya Rahim, berkahilah kami semua dengan pertolonganmu. Semoga Engkau juga menerima permohonan maaf kami jika kami masih lalai dalam mengingat-Mu. Semoga acara syukuran ini menjadi ladang pahala bagi kami semua dan diterima di sisi-Mu.

Ya Allah, janganlah engkau berhenti membimbing dan menuntun kami semua agar tetap berada di jalan yang Engkau ridhai. Tegur lah kami dan berilah kami hidayah jika kami melenceng dari jalan-Mu. Semoga kami selalu berusaha saling mengingat kan satu sama lain agar tetap di jalan-Mu. Aamiin.

Contoh Doa Penutup Acara Syukuran Ke-2

Segala puji bagi-Mu, Tuhan Semesta Alam. Yang telah memberi kami semua rahmat dan nikmat yang tidak terkira. Sehingga dapat menjalankan acara syukuran ini dengan penuh khidmat dan rasa syukur kepada-Mu. Berkat rahmat-Mu pula kami yang hadir ini dapat memeriahkan acara sekaligus memanjatkan puja-puji syukur atas kehadirat-Mu.

Semoga dengan usainya acara syukuran ini, rahmat dan karunia-Mu terhadap kami semua selalu terlimpahkan. Serta semoga dengan acara ini mengingatkan kami agar selalu bersyukur kepada-Mu setiap saat dan setiap hirupan nafas.

Ya Allah, jadikan lah kami semua orang yang beriman dan bertaqwa kepada-Mu. Dan senantiasa mensyukuri segala bentuk nikmat yang telah engkau berikan kepada kami semua. Jadikan lah kami orang-orang yang selalu taat dan patuh beribadah kepada-Mu.

Semoga doa dan harapan kami Engkau kabulkan Ya Allah. Jaga dan tanamkan lah iman dan islam kami agar selalu menjadi orang yang beriman dan masuk surga-Mu. Aamiin ya illahi rabbi.

Baca Juga: Contoh Teks Negosiasi


Adab Berdoa

Ketika berdoa baik membaca doa pembuka, penutup, maupun doa setelah sholat memiliki adab-adab. Ketika berdoa seringkali memohon ampunan dan harapan kedepannya kepada Tuhan. Serta tidak sedikit orang yang berdoa karena hatinya sedang gundah gulana karena suatu penyebab.

Ketika seseorang berdoa, tentulah ada beberapa hal yang perlu di perhatikan yang disebut adab berdoa. Adab-adab berdoa ini ada agar ketika memanjat kan doa menjadi lebih tertib, khusyu’ dan sopan dihadapan Tuhan Yang Agung. Selain itu dalam berdoa harus memperhatikan adab-adabnya terlebih dahulu, baru bisa memanjat kan doa dan permohonan.

Adab berdoa ini harus di laksanakan terlebih dahulu sebelum berdoa. Karena dalam memanjat kan doa tentu saja tidak boleh asal-asalan. Lalu, apa sajakah adab berdoa yang perlu di laksanakan sebelum memohon ampunan dan harapan kepada Tuhan? Inilah adab berdoa tersebut yang harus dilakukan :

1. Awali dengan Puja-Puji Keagungan Tuhan Dan Memohon Ampun

Adab berdoa ini dilakukan untuk mengingat kan betapa agungnya dan indahnya kebesaran Tuhan. Selain itu, melalui puja-puji ini membuat kita merasa tidak ada apa-apanya di bandingkan dengan keagungan ciptaan-Nya. Juga menambah iman dan taqwa sekaligus menyadari betapa besarnya dosa-dosa yang diperbuat selama ini.

2. Khusyu’ Ketika Berdoa

Jadi Khusyu ketika berdoa ini sangat penting dilakukan karena merupakan bukti ketika berdoa tidak main-main melainkan begitu bersungguh-sungguh. Juga hati harus dipenuhi dengan harapan bahwa doa akan dikabulkan oleh Tuhan.

3. Meresapi Tiap Doa yang Dipanjatkan

Selanjutnya yaitu dengan meresapi sekaligus memaknai doa yang dipanjatkan akan membuat semakin fokus dan khusyu’ ketika berdoa. Juga dapat membuat hati yakin bahwa doa yang dipanjatkan akan dikabulkan oleh Tuhan serta jangan memikirkan hal lain.

4. Jangan Terburu-Buru Ketika Memanjatkan Doa

Ini hal yang harus diperhatikan pula, karena ketika berdoa dengan terburu-buru maka fokus kita akan buyar. Juga tidak bisa meresapi tiap doa yang kita panjatkan. Serta itulah yang menjadikan tidak khusyu’ atau bersungguh-sungguh ketika berdoa.

Nah, itulah contoh doa penutup yang diperuntukkan bagi berbagai acara dan ibadah terlengkap. Ketika sedang berdoa pastikan khusyu’ dan memiliki keyakinan bahwa doa tersebut akan dikabulkan oleh Tuhan. Serta jangan terburu-buru karena akan mengganggu kekhusyukan kita dalam berdoa.

Selain itu, pastikan juga harapan yang diinginkan tersebut dari hati.  Jadi dengan adanya contoh doa-doa penutup acara dan ibadah tersebut dapat memudahkan sekaligus memperlancar kegiatan yang akan dilakukan. Serta jangan lupa untuk selalu berharap agar acara-acara yang dilakukan menjadi berkah dan ladang pahala.

Contoh Doa Penutup

Tinggalkan komentar