Contoh Id Card

Contoh Id Card Id card dalam bahasa Indonesia bisa berarti suatu tanda pengenal. Id card bisa digunakan sebagai alat untuk memperkenalkan diri. Macamnya ada banyak dan disesuaikan dengan fungsinya masing-masing. Berikut macam-macam contoh id card yang bisa diketahui.


1. Contoh Id Card Identitas Diri (E-KTP)

Contoh Id Card Identitas Diri (E KTP)

Pertama adalah contoh dari id card sebagai identitas seseorang. Jika di Indonesia, id card penduduk berbentuk kartu id card yang bernama KTP. Sekarang karena sudah berbentuk elektronik, sehingga berubah menjadi E-KTP. E-KTP berisi semua informasi terkait identitas diri pemiliknya. Dalam hal ini setiap penduduk Indonesia.

Pada umumnya, ada beberapa informasi yang tertulis pada E-KTP Indonesia. Diantaranya ada nama lengkap, nomor induk kependudukan, tempat serta tanggal lahir, jenis kelamin, agama, serta status pemilik id card. Selain itu tertulis juga seputar golongan darah, alamat lengkap, serta pekerjaan pemegang kartu.

Tidak lupa ada tambahan data identitas lain seperti passfoto pemilik kartu lengkap dengan tanda tangannya. Selain tanda tangan pemilik kartu, juga terdapat tempat dan tanggal dikeluarkannya E-KTP serta nama nomor induk penjabat yang mengesahkannya.


2. Contoh id card Untuk Member Perusahan

Contoh Id Card Untuk Member Perusahan

Ada juga id card yang dibuat khusus untuk member sebuah perusahaan. Misalnya pada sebuah pusat pembelanjaan akan memberikan kartu member untuk para pelanggannya. Fungsi dari kartu member ini bisa untuk kartu diskon. Jadi pelanggan pasti akan merasa istimewa. Nantinya mereka akan lebih sering belanja di tempat tersebut.

Selain itu, kartu member semacam ini juga dimanfaatkan untuk data base pelanggan. Desain dari kartu member biasanya diseragamkan. Tidak ada perbedaan antara milik pelanggan satu dengan yang lain. Contohnya tidak ada tambahan foto atau identitas lainnya dalam id card. Namun beberapa perusahaan kadang juga memberikan nomor member sebagai pengganti identitas.

Bahkan ada juga yang dibuat lebih canggih karena mereka termasuk perusahaan besar. Misalnya ditambah aksesoris pita atau barcode sehingga lebih professional.


3. Contoh id Card Untuk Visitor

Contoh Id Card Untuk Visitor

Kadang di sebuah perusahaan menerima tamu dari luar. Baik untuk keperluan dengan pemilik atau bagian lainnya. Tidak jarang juga ada tamu yaitu para calon pegawai baru yang diminta datang untuk memenuhi panggilan interview. Mereka tidak bisa masuk ke dalam lingkungan perusahaan bila tidak memakai id card.

Jenis id card yang dipakai adalah id card untuk visitor. Pada umumnya desain untuk id card visitor ini adalah polos. Hanya berisi tulisan “VISITOR’S”, dan angka kartu. Tidak lupa pasti ada logo perusahaan terkait. Jenis id card visitor memang lebih cocok dengan tampilan sederhana.


4. Contoh id Card Untuk Kartu Training

Contoh Id Card Untuk Kartu Training

Perusahaan tidak cuma punya karyawan lama. Mereka juga pasti tetap mencari karyawan-karyawan bari. Untuk karyawan yang terhitung masih baru masuk untuk diterima kerja, mereka pasti diminya memakai id card khusus. Id card tersebut adalah khusus untuk karyawan training. Kadang, id card seperti ini juga dipakai untuk anak-anak yang magang.

Desainnya pun mirip dengan desain id card karyawan biasa. Namun ada penambahan kata “TRAINEE” pada salah satu sudutnya. Id card ini punya fungsi yang sama dengan id card visitors. Namun id card training ini dipakai oleh karyawan asli perusahaan (bukan orang luar).


5. Contoh id Card Untuk Karyawan

Contoh Id Card Untuk Karyawan

Karyawan suatu perusahaan baik itu swasta maupun pemerintah, semua memakai id card sebagai tanda pengenal. Id card karyawan berisi informasi tentang karyawan tersebut seperti nama, serta jabatan. Ada juga tambahan foto pemegang id card serta nama dan logo perusahaan. Selain itu ada 2 jenis id card karyawan di perusahaan yaitu

Id Card Untuk Karyawan Formal

Untuk id card karyawan formal mungkin dapat ditambahkan foto karyawan dengan pose yang sedikit agak kaku. Mirip foto ketika mencetak SIM atau KTP. Namun soal identitas, nama, logo, perusahaan masih sama. Umumnya foto karyawan juga dibuat berseragam rapi.

Id Card Untuk Karyawan Non Formal

Sedangkan untuk id card karyawan non formal, sedikit berbeda. Foto yang dipasangkan pada id card biasanya tidak seberapa formal sehingga terkesan bebas. Jadi karyawan bebas menggunakan pakaian lain selain seragam. Tetap identitas, logo dan nama perusahaan, dan jabatan tetap disematkan dalam id card.


6. Contoh id Card Untuk Event

Contoh Id Card Untuk Event

Pada sebuah event terdiri pasti terdiri dari peserta juga panitia pelaksana. Untuk membedakan keduanya, dibuatlah sebuah id card. Pada umumnya id card untuk event tidak dibuat dengan bahan kertas saja. Namun, bisa dibuat dari bahan PVC.

Id Card Untuk Panitia

Id card untuk panitia sama dengan id card untuk karyawan. Memuat informasi tentang data diri anggota panitia event tersebut. Terkait nama, jabatan, dengan tambahan foto. Oleh karena ini event, foto yang dipasang juga rata-rata dengan gaya bebas. Hal ini karena agar id card terlihat lebih menarik.

Begitu juga dengan desain id cardnya yang sengaja dibuat lebih ceria. Namun, desain id card untuk event yang diperuntukkan panitia juga kadang didesain simple agar terlihat elegan. Baik event besar maupun kecil, panitia bisa mempergunakan id card untuk kelengkapannya. Misalnya untuk event kegiatan pramuka, maupun perlombaan.

Id Card Untuk Peserta

Mirip dengan id card yang diperuntukkan bagi panitia event. Id card untuk peserta event juga didesain dengan isi semua informasi terkait identitas pesertanya. Namun mungkin untuk event besar, tentu jumlah peserta kadang sangat banyak. Sehingga bisa jadi tidak mungkin untuk menuliskannya semua karena bisa membuang waktu.

Maka pada id card peserta event sebagai pembeda dengan panitia, bisa menuliskan saja kata “peserta”. Hal ini tentu bisa menghemat waktu dalam pembuatannya.


8. Contoh id card untuk kegiatan MPLS

Contoh Id Card Untuk Kegiatan MPLS

Kegiatan MPLS biasa dikenal dengan masa pengenalan lingkungan sekolah. Pesertanya tentu saja dari kalangan murid baru yang masih tahun pertama masuk sekolah. Lalu sebagai tanda pengenal, dibuatlah id card khusus yang wajib mereka pakai saat melakukan kegiatan MPLS. Desain id card untuk kegiatan MPLS ini cukup sederhana.

Umumnya harus ada logo sekolah dan logo osis. Kenapa menyertakan logo osis?. Hal ini karena MPLS nantinya seluruh murid baru akan dibimbing oleh para osis yang menjadi kakak tingkat mereka. Kemudian ditambahkan tulisan “MPLS”. Jangan lupa ditulis juga nama sekolah berikut periode waktu tahun ajaran.


9. Contoh id card untuk panitia 17 Agustus

Contoh Id Card Untuk Panitia 17 Agustus

Saat hari kemerdekaan tiba, yaitu setiap tanggal 17 agustus akan selalu diadakan acara untuk merayakannya. Baik itu sekolah, kampus, bahkan perusahaan sekalipun. Pada umumnya akan dilakukan acara lomba-lomba. Tentu saja akan ada pihak yang menjadi panitia dan peserta lomba.

Desainnya tentu bertema kemerdekaan. Dibuat dengan latar belakang merah putih. Disematkan pula lambang garuda pancasila di salah satu sudutnya. Ditambahkan tulisan “Panitia HUT RI” yang dilengkapi dengan tahun berapa Indonesia merdeka.


10. Contoh id Card Panitia Hari Besar Keagamaan

Contoh Id Card Panitia Hari Besar Keagamaan

Ada beberapa hari besar keagamaan yang dirayakan. Ambil contoh saja misal hari raya idul qurban. Setiap perayaan tersebut, pasti akan dibentuk panitia penyembelihan hewan kurban. Setiap panitia akan memakai id card yang menjadi tanda tugas mereka masing-masing.

Id card untuk panitia penyembelihan hewan kurban ini simple. Pada id card bisa dituliskan “Panitia”. Serta lengkapi juga dengan nama takmir masjid yang menaungi. Umumnya id card untuk panitia penyembelihan hewan kurban ini berbahan PVC bukan kertas biasa. Hal ini karena bahan tersebut lebih awet jika digunakan.


11. Contoh Id Card Keanggotaan Komunitas

Contoh Id Card Keanggotaan Komunitas

Id card semacam ini umumnya dibuat oleh forum komunitas tertentu atau club yang diberikan untuk membernya. Selain berguna sebagai tanda pengenal, id card anggota komunitas ini bisa dipakai untuk memperoleh hak anggota komunitas tersebut.  Desain dari id card keanggotaan komunitas ini bisa dibuat mewah atau sederhana.

Pada umumnya pada id card keanggotaan komunitas berisi data identitas pemilik kartu. Termasuk nama, nomor anggota, serta masa berlaku id card tersebut. Kadang keanggotaan komunitas tertentu perlu perpanjangan agar bisa aktif kembali.


12. Contoh Id card Panitia Pilkades

Contoh Id Card Panitia Pilkades

Tidak hanya Pilkades sebetulnya, ada banyak acara pemilihan pemimpin wilayah di Indonesia. Pilkades memimpin wilayah desa, pilpres memilih presiden untuk memerintah negara, dan seterusnya. Panitia acara ini pun perlu memegang id card khusus sebagai tanda pengenal.

Id cardnya bisa dibuat dengan model simple. Namun informasi yang tertulis cukup lengkap. Bagian atas id card bisa disematkan logo KPU supaya tampak resmi. Kemudian di lanjutkan dengan tulisan “Panitia Pilkades Daerah “X” “. Bagian bawah tulisan tersebut dapat dipasangkan foto pemegang kartu.

Agar terlihat lebih formal lebih baik foto yang dipakai bukan foto gaya bebas. Bawah foto tuliskan nama pemeganh id card. Kemudian di bawah nama bisa dituliskan jabatan contohnya bendahara, ketua, sekretaris, dan lainnya. Desain seperti itu cukup simple namun dapat memberikan informasi yang cukup jelas.


13. Contoh Id Card Panitia Seminar Kampus

Contoh Id Card Panitia Seminar Kampus

Seminar sering diadakan di lingkungan kampus. Bahkan acara seperti ini hampir tiap minggu diadakan. Setiap fakultas akan membuat acara seminar sendiri dengan membentuk panitia. Saat acara semau panitia seminar diwajibkan untuk memakai id card. Desain untuk membuat id card panitia seminar kampus ini bisa dibuat simple dan sederhana.

Misalnya pada bagian atas sebelah kiri disematkan logo kampus. Kemudian sebelah kanan logo ditulis nama seminar misalnya seminar perbankan. Berikut tuliskan juga tanggal acara. Berikutnya tinggal memberikan keterangan identitas pemegang id card. Nama paling penting dan selanjutnya jabatan yang disandang.

Mungkin bendahara, sekretaris, devisi urc, dan lain-lain. Jika masih ada sisa ruang kosong, bagian bawah sendiri bisa ditambahkan nama kampus atau universitas. Bisa juga ditambah alamat lengkap, no telpon, atau data lain sebagai identitas tambahan dari kampus tersebut.


14. Id Card Keanggotaan Perpustakaan

Id Card Keanggotaan Perpustakaan

Saat menjadi anggota perpustakaan pasti akan diberikan tanda pengenal. Tanda pengenal tersebut dapat berbentuk sebuah id card khusus. Fungsinya agar suatu saat bisa meminjam sekaligus menggunakan fasilitas yang dimiliki perpustakaan. Semua perpustakaan resmi memberikan kartu keanggotaan ini pada anggotanya.

Baik perpustakaan kota, perpustakaan sekolah, kampus, maupun universitas. Fungsi lain dari kartu keanggotaan perpustakaan ini adalah bisa dijadikan database. Gunanya agar buku yang dipinjam tidak akan hilang. Pada id card keanggotaan perpustakaan ini tertulis nama, alamat, serta nomor anggota perpustakaan.

Dilengkapi juga dengan barcode yang berguna supaya petugas lebih cepat mendapat identitas peminjam buku. Bagian belakang id card juga tertulis tentang peraturan peminjaman buku dan fasilitas yang ada di perpustakaan.

Itulah macam-macam contoh id card. Id card selain menjadi identitas, juga bisa bisa berfungsi untuk hal-hal lain. Contohnya saja untuk kelengkapan database perpustakaan, atau agar bisa menikmati fasilitas dalam suatu club tertentu. Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi bagi yang belum paham contoh dari macam-macam id card.

Contoh Id Card

Tinggalkan komentar