Contoh Makalah Atletik dan Penjelasan ( Download file DOC )

Contoh Makalah Atletik – Secara harfiah, kata atletik berasal dari Bahasa Yunani althon yang berarti perlombaan atau kontes. Sementara pengertian atletik sendiri merujuk pada salah satu cabang olahraga yang terdiri dari lari, jalan, lempar, serta lompat.

Cabang olahraga ini pertama kali diperkenalkan melalui perlombaan pada olimpiade pertama pada 776 SM. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan lebih dalam mengenai cabang olah raga ini pada contoh makalah atletik berikut.


Download Makalah Atletik File Doc

Copy Link Makalah Atletik di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=11ElHPPkk702tEx8Nv45tWidSsMlWX8Vn

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Atletik merupakan salah satu kegiatan jasmani yang terdiri dari beberapa gerakan yang dinamis dan juga harmonis. Kegiatan dalam olahraga ini contonya seperti jalan, lari, lompat dan juga gerakan melempar.

Atletik merupakan salah satu aktivitas jasmani yang sangat dasar, dimana aktivitas ini banyak diterapkan pada cabang olahraga yang lainnya. Aktivitas ini juga menjadi unsur yang sangat penting dalam acara pesta olahraga. Kegiatan olahraga ini juga menjadi upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kekuatan, kecepatan dan sebagaiya.

Olahraga ini selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga berfungsi sebagai sarana untuk melakukan penelitian para ilmuan. Sehingga olahraga yang satu ini sangat penting dan juga berguna sebagai beberapa sarana.

Baca Juga: Makalah Otonomi Daerah

B. Rumusan Masalah

  1. Apa itu pengertian Atletik dan bagaimana sejarahnya?
  2. Apa Macam-macam Atletik?

C. Tujuan Dan Manfaat

  1. Mengetahui apa itu Atletik dan juga sejarahnya.
  2. Mengetahui macam-macam Atletik

BAB II

PEMBAHASAN

1. Pengertian Dan Sejarah Atletik

Olahraga atletik ini sangat sering sekali terdengar oleh semua orang dan pastinya tidak asing lagi didengar.oleh karena itu,  di bawah ini ada pengertian dan juga sejarah atletik:

A. Pengertian

Atletik adalah jenis olahraga yang menggabungkan beberapa jenis olahraga yaitu jalan, lari, lompat dan juga lempar. Atletik berasal dari Bahasa Yunani yaitu “Athlon” yang artinya “kontes” olahraga ini merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade yang pertama yaitu pada 77 SM.

Induk organisasi atletik yang berada di indonesi yaitu PASI, kepanjangan dari persatuan atletik seluruh Indonesia. Olahraga ini tidak asing lagi karena melibatkan gerakan-gerakan sehari-hari yang sering dilakukan.

B. Sejarah

Atletik adalah event asli yang pertama ada dari dulu pada tahun 776 sebelum masehi, dimana pada saat itu olahraga ini merupakan jenis olahraga pertama yang menjadi event perlombaan lari zaman dahulu. Olahraga ini juga dikatakan sebagai ibu dari segala cabang olahraga, karena mempunyai berbagai unsur di dalamnya.

Istilah atletik ini juga sering dijumpai dalam berbagai Bahasa antara lain dalam Bahasa inggris yaitu Athletic, ada juga dalam Bahasa Prancis yaitu Ateletique, yang selanjutnya juga ada dalam Bahasa Belanda yaitu Atletiek dan yang terakhir dalam Bahasa Jerman yaitu Athletik.

2. Macam-Macam Atletik

Dari pengertian sudah diketahui bahwa olahraga ini memiliki banyak kegiatan-kegiatan. Dibawah ini ada beberapa macam-macam atletik, pengertian dan juga sedikit penjelasannya:

A. Lari

Lari merupakan cabang olahraga tertua yang ada di Indonesia. Sebelumnya ternyata cabang olahraga ini, telah dikenal oleh peradaban-peradaban manusia pada zaman kuno. Secara awam gerakan lari ini hampir sama atau tidak jauh berbeda dengan gerakan berjalan.

Lari ataupun jalan merupakan gerakan memindahkan tubuh dari titik awal ke titik yang lain, yaitu dengan cara melangkahkan kaki atau memindahkan kaki secara bergantian satu sama lain. Namun antara jalan dan lari ada beberapa perbedaan yang lebih condong, terutama kontak kaki dengan tanah yang bersentuhan.

Perbedaan dari lari dan juga jalan yang paling mempengaruhi adalah kecepatan. Dan biasanya lari menggunakan kecepatan yang lebih besar dibandingkan jalan. Dibawah ini beberapa macam-macam lari:

  Contoh Makalah Sepak Bola dan Penjelasan ( Download file DOC )

I. Lari Sprint

Lari sprint ini sering disebut dengan nama lari sejarak 100 meter. Lari sprint ini memang hampir sama dengan lari jarak pendek, hanya saja yang membedakannya lari jarak pendek berlari dengan jarak antara 50 meter sampai 100 meter. Dan untuk lari sprint ini berlari dengan jarak 100 meter saja.

Baca Juga: Contoh Susunan Makalah

II. Lari Jarak Pendek

Lari jarak pendek merupakan perlombaan lari yang sering diperlombakan. Lari jarak pendek ini dilakukan dengan cara para pesertanya berlari dengan kecepatan tinggi sepanjang jalan yang ditentukan. Dan pelari lari pendek ini disebut dengan sebutan sprinter.

Lari jarak pendek ini dilakukan sepanjang jarak 50 meter hingga 400 meter. Siapa orang yang tercepat mencapai garis finish, maka dialah orang yang menang dalam perlombaan ini. Lari jarak pendek ini memiliki tujuan untuk memaksimalkan kecepatan secara horizontal.

Dan jika ingin melakukan olahraga ini, kuncinya yaitu terletak dari di langkahnya dan juga frekuensi langkahnya sendiri. Pada lari ini ada beberapa tahapan jangka pendek, yaitu fase reaksi dan juga drive, percepatan tahap. Selain itu ada juga fase transisi, tahap kecepatan secara maksimum, pemeliharaan kecepatan fase dan akhirnya selesai.

III. Lari Jarak Menengah

Lari jarak menengah ini menempuh jarak 800 meter sampai dengan 150 meter. Sebelum memulai berlari, para peserta harus menempelkan tangan terlebih dahulu ke tanah. Dengan mata memandang ke dapan. Lalu ayunkan tangan dengan seperlunya, setelah itu condongkan badan kedepan secara vertical.

Ayunkan bagian paha kedepan yang disesuaikan dengan panjangnya tungkai sambil dibarengi dengan mengangkat lutut lebih tinggi. Pada lari jarak menengah ini, ujung kaki dan tumit menolak tanah dengan gerakan penolakan menggunakan ujung kaki.

Setelah itu, pada hitungan yang ketiga dilakukan dengan cara para peserta berdiri. Perlu diketahui bahwa, poin yang paling penting dari olahraga ini adalah berlari dengan seadanya tanpa memaksakan. Namun saat telah mendekati finish, disarankan ritme berlari dipercepat agar dapat menjadi pemenang.

IV. Lari Jarak Jauh

Jarak lari yang ditempuh lari Marathon ini mencapai 3000 meter ke atas, sehingga Teknik yang baik pada saat melakukan lari ini tidak bisa terbentuk sendirinya. Karena, gerakan pada olahraga ini membutuhkan latihan yang benar-benar khusus.

Selain itu juga, olahraga ini membutuhkan penguatan untuk tungkai dan juga lengan agar menjadi tubuh yang proporsional. Perlombaan lari ini biasanya dilakukan diluar, yang sering dilakukan dijalan terbuka atau umum.

V. Lari Estafet

Lari estafet ini merupakan lari yang dilakukan secara Bersama-sama atau dilakukan secara team. Masing-masing team terdiri dari 4 orang atau lebih yang dilakukan dengan cara memberikan tongkat estafet. Tongkat estafet ini diberikan kepada pelari secara sambung menyambung.

Dan perlu dikethui juga bahwa, saat memerikan tongkat estafet dari pelari ke pelari lain tidak boleh sembarangan. Karena, telah ada jarak yang ditentukan antara pelari ke pelari lain. Dan perlu diketahui juga bahwa untuk melakukan lari estafet ini, hal yang paling penting adalah kekompakan antar team.

VI. Lari Halang Rintang

Lari haling rintang ini sering disebut lari gawang, lari ini menempuh jarak 3000 meter dengan melewati banyak halangan dan juga rintangan. Rintangan ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu rintangan gawang dan juga yang kedua rintangan water jump.

B. Lempar

Lempar merupakan salah satu cabang olahraga dalam atletik yang ada di indonesia. Dibawah ini beberapa macam-macamnya:

I. Lempar Cakram

Lempar cakram dalam Bahasa lain yaitu Bahasa inggris disebut Discus Throw. Cakram yang akan dilempar memiliki ukuran yang telah ditentukan. Olahraga ini telah di perlombakan di olimpiade sejak 1896 di Athena, Yunani.

Untuk melempar cakram yaitu dengan cara, melakukan dua kali putaran badan. Yaitu dengan cara memegang cakram, memegang cakram ada 3 cara. Lalu, membelakangi arah lemparan dengan lengan memegang cakram ambil diayunkan kebelakang kanan sambil diikuti gerakan badan.

Langkah selanjutnya adalah kaki kanan agak sedikit ditekuk, usahakan berat badan condong ada di kanan. Lalu cakram diayunkan ke arah kiri, kaki kanan kendor dan tumit harus diangkat, dan yang terakhir lepaskan cakram ambil badan yang condong ke depan.

  Contoh Makalah Perilaku Organisasi dan Pengaruhnya ( Download DOC )

II. Tolak Peluru

Tolak peluru merupakan salah satu bentuk olahraga yang melakukan kegiatan mendorong satu alat yang telah ditentukan yaitu peluru. Peluru ini memiliki berat tertentu yang telah ditentukan dan berasal dari logam, yang dilakukan mulai dari atas bahu dengan satu tangan untuk sampai pada jarak yang sangat jauh dan ditentukan.

III. Lempar Lembing

Olahraga lempar lembing ini dilakukan dengan cara melempar lembing dengan jarak yang telah ditentukan. Untuk mencapai jarak yang diinginkan, ada 3 hal yang harus diseimbangkan oleh atlet yaitu kecepatan, Teknik dan juga kekuatan.

Semua hal dari lembing telah ditentukan dan terdapat di aturan dari IAAF. IAAF merupakan kepanjangan dari international association of athletics federations yang berasal dari Bahasa luar. Untuk laki-laki harus melempar lembing dengan Panjang 2,6 meter dan juga dengan berat minimum 800 gram.

Dan untuk perempuan harus melempar lembing dengan ukuran panjangnya 2,2 meter dengan berat minimumnya 600 gram. Lembing yang akan di gunakan untuk melempar dilengkapi dengan tempat memegang. Tempat pegangan tersebut berasal dari tali dan juga terletak di pusat gravitasi lembing tersebut.

C. Lompat

Lompat merupakan kegiatan yang mendorong tubuh untuk ke atas dengan menggunakan satu kaki saja. Dibawah ini macam-macamnya:

I. Lompat tinggi

Lompat tinggi merupakan cabang olahraga yang sangat menguji keterampilan para pelompat, yaitu melompat dengan harus bisa melewati tiang mistar yang berada di atasnya.

Lompat tinggi ini merupakan salah satu cabang olahraga dari atletik yang tidak asing di Indonesia. Lompat tinggi ini dilakukan di daerah lapangan atletik yang telah ditentukan dan juga dilakukan tanpa bantuan alat sedikitpun.

Tujuan olahraga lompat tinggi ini untuk memperoleh lompatan yang sangat tinggi dengan melompat setinggi-tingginya. Lompatan ini dilakukan pada saat akan melewati mistar dengan ketinggian tertentu yang nantinya ditentukan.

II. Lompat Jauh

Lompat jauh merupakan suatu gerakan yang dilakukan dengan melompat ke atas depan, dengan upaya mengangkat titik berat badan selama mungkin di atas udara atau melayang di udara. Gerakan ini harus dilakukan dengan satu kaki yang memberikan tolakan dengan gerakan yang cepat untuk mengapai jarak jauh yang diinginkan peserta.

Tujuan dan juga sasaran pertama dari lompat jauh ini adalah untuk menaklukan jarak lompatan dengan sejauh mungkin ke sebuah titik pendaratan yang sangat jauh dari titik awal.

Baca Juga: Makalah Demokrasi

III. Lompat Galah

Lompat galah merupakan salah satu cabang dari olahraga atletik yang tidak asing lagi di indonesia. Lompat ini dilakukan dengan cara melompat yang sangat tinggi dengan dibantu oleh alat yaitu dengan menggunakan galah untuk melewati sebuah mistar yang berada di depannya. Tujuannya untuk dapat melompat setinggi-tingginya.

IV. Lompat Jangkit

Lompat jangkit ini sering dikatakan dengan sebutan lompat jingkat atau lompat tiga (triple jump). Namun istilah resmi yang diterapkan di Indonesia yang dikeluarkan oleh PB PASI adalah lompat jangkit.

Lompat jangkit merupakan Salah satu bentuk lompatan yang terdiri atas jingkat atau hop, langkah atau step dan yang terakhir lompat atau jump. Semua gerakan ini dilakukan secara berurutan dan juga terpadu.

BAB III

PENUTUP

Dan itulah makalah Atletik mengenai pengertiannya dan juga macam-macamnya berikut penjelasannya. Olahraga atletik ini sudah banyak di gunakan di Indonesia, sehingga olahraga ini pastinya tidak asing lagi. Apalagi cabang olahraga ini sering kali dijadikan perlombaan-perlombaan.

Dan perlu diketahui juga bahwa, olahraga atletik ini banyak melibatkan dari bagian-bagian tubuh yaitu bagian atas tubuh dan juga bagian bawah seperti otot dan sendi.

Hasil kombinasi olahraga yang lengkap tersebut dapat menghasilkan suatu gerakan fisik yang baik dalam olahraga atletik.Itulah contoh makalah atletik. Jika akan menjadi calon guru olahraga, semoga makalah ini akan menjadi pegangan dalam melakukan pembelajaran kepada anak didiknya.

Contoh Makalah Atletik

Tinggalkan komentar