Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru – Guru adalah salah satu pekerjaan jasa yang bertugas untuk mengajar dan mendidik murid-muridnya. Bagi Anda yang tertarik menjadi guru, Anda harus mencari informasi mengenai surat lamaran kerjanya.

Berbagai contoh surat lamaran kerja guru yang tersebar di internet akan membesarkan peluang Anda dalam mendapat pekerjaan sebagai guru.  Selain memiliki kemampuan mengajar dan bersosialisasi dengan murid, Anda juga harus membuat surat lamaran kerja agar dapat diterima secara resmi.

Surat lamaran kerja guru memiliki struktur yang hampir sama dengan surat lamaran kerja pada umumnya. Perbedaannya hanya terdapat pada posisi yang dilamar, yaitu langsung menargetkan pada posisi guru. 

Surat lamaran kerja guru ini merupakan salah satu jenis surat resmi dengan format tertentu yang harus diikuti dengan benar. Cara membuatnya pun tidak rumit, bahkan terbilang cukup mudah. Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai surat lamaran kerja guru!


Fungsi Surat Lamaran Kerja Guru

Fungsi Surat Lamaran Kerja Guru

Setiap pembuatan surat pasti memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Begitu pula dengan surat lamaran kerja guru, pasti memiliki fungsi tersendiri yang bermanfaat bagi pihak yang bersangkutan. Berikut ini adalah beberapa fungsi surat lamaran kerja guru : 

1. Sebagai Bukti Tertulis Adanya Permohonan Kerja

Fungsi utama dari surat lamaran kerja guru adalah sebagai tanda tertulis bahwa ada seseorang yang mengajukan permohonan bekerja di posisi guru. Surat lamaran kerja guru ini menjadi bukti resmi yang akan langsung diterima untuk ditindaklanjuti. Adanya surat ini akan membantu para pelamar meyakinkan pihak pembuka lowongan pekerjaan.

2. Sebagai Bahan Pertimbangan

Setelah surat lamaran kerja diterima oleh pembuka lowongan, akan ada pihak yang menindaklanjuti surat tersebut. Surat lamaran kerja guru tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan apakah seseorang dapat diterima atau tidak di tempat tersebut dan mengisi kekosongan lowongan. Biasanya, bersamaan dengan adanya surat lamaran kerja, dilampirkan pula fotokopi ijazah, transkrip nilai, atau sertifikat agar semakin meyakinkan. 

3. Sebagai Alat Komunikasi

Nah, surat lamaran kerja guru ini juga dapat berfungsi sebagai alat komunikasi, loh! Hal ini dikarenakan surat tersebut akan mengandung informasi penting yang sangat dibutuhkan dalam proses seleksi calon guru. Setiap informasi yang ditulis dalam surat secara tidak langsung akan menjadi sarana komunikasi antar kedua belah pihak, baik itu pihak pelamar maupun pihak penerima lamaran.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel


7 Contoh Surat Lamaran Kerja Guru 

Menjadi seorang guru bukanlah profesi yang mudah dan dapat dilakukan oleh sembarang orang. Guru adalah pekerjaan yang membutuhkan skil mengajar serta tingkat kesabaran ekstra. Bila Anda ingin melamar pekerjaan sebagai guru, Anda dapat menjadikan 7 contoh surat lamaran kerja guru di bawah ini sebagai referensi. 

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru TK

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru TK

Pendidikan harus diterapkan dan diikuti anak sejak dini. Biasanya, pendidikan dimulai dari taman kanak-kanak. Taman kanak-kanak adalah lembaga pendidikan yang paling dasar untuk anak. Untuk melamar sebagai guru TK, Anda dituntut untuk memiliki kreativitas dan tingkat kesabaran yang tinggi. Berikut ini adalah contohnya.

Surat Lamaran Kerja Guru TK

========================

Jakarta, 1 November 2020

Perihal : Lamaran Guru TK

Lampiran : 1 bundel

 

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Kepala Sekolah TK Bermain Bersama

di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini : 

Nama : Sri Wahyuni, S.Pd

Tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 23 September 1993

Agama : Islam

Pendidikan Terakhir : S-1 Jurusan Pendidikan

Alamat : Jl. Harapan Mulia No. 693, Jakarta

No Telp : 087832791739

 

Bersamaan dengan adanya surat ini, saya mengajukan lamaran pekerjaan dengan posisi sebagai guru TK di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, saya juga melampirkan :

  • Curriculum Vitae (CV) 1 Lembar
  • Foto Copy Transkrip Nilai 1 Lembar
  • Ijazah Terakhir 1 Lembar (Foto Copy)
  • Foto Copy SKCK 1 Lembar
  • Pas Foto ukuran 3 x 4 4 Lembar
  • Foto Copy KTP 1 Lembar

 

Demikian Surat lamaran pekerjaan ini saya buat untuk dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan. Besar harapan saya untuk dapat diterima dan mengajar di sekolah ini. Atas perhatian dan waktunya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

 

Sri Wahyuni, S.Pd


Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Sekolah Dasar (SD)

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Sekolah Dasar SD

Setelah melewati taman kanak-kanak, seorang anak akan memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu sekolah dasar. Di sekolah dasar, anak mulai dituntut untuk lancar membaca, menulis, berhitung, serta mulai mempelajari hal-hal yang lebih rumit. Menghadapi anak-anak SD bukanlah hal yang mudah, loh! Seorang guru harus memiliki cara khusus untuk menghadapi dan menarik hati para muridnya. 

Surat Lamaran Kerja Guru Sekolah Dasar (SD)

======================

Bali, 18 Oktober 2020

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Kepala Sekolah SD Angkasa Raya

di Tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh tentang pembukaan lowongan tenaga pengajar baru di SD Angkasa Raya, maka saya bermaksud untuk mengajukan lamaran sebagai tenaga pengajar di SD Angkasa Raya.  

Saya memiliki kriteria yang dicari Bapak/Ibu pimpinan. Oleh karena itu, saya mencantumkan biodata singkat sebagai berikut :

Nama : Putri Ayu Puspita, S.Pd.SD.

Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 10 Februari 1992

Jenis Kelamin : Perempuan

Pendidikan Terakhir : S-1 Pendidikan Sekolah Dasar

Alamat : Jl. Tanah Lot No. 17, Bali

No Telp : 081345671234

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan beberapa dokumen yang diperlukan, yaitu : 

  • Ijazah Terakhir (FC)
  • FC Akta Kelahiran
  • KTP (FC)
  • Pas Foto 3 × 4
  • FC Transkrip Nilai

 

Demikian permohonan lamaran kerja ini saya sampaikan. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu pimpinan berkenan untuk memberikan kesempatan kepada saya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Putri Ayu Puspita, S.Pd.SD.


Contoh Surat Lamaran Kerja Guru SMP

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru SMP

Setelah enam tahun menempuh pendidikan di sekolah dasar, seorang anak akan melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah menengah pertama. Masa-masa SMP adalah masa peralihan dari anak-anak menjadi remaja. Pada masa ini, anak mulai berpacaran, melakukan kenakalan remaja, dan sulit mengontrol emosinya. Oleh karena itu, dibutuhkan seorang guru profesional yang dapat mendidik murid SMP. 

Surat Lamaran Kerja Guru SMP

======================

Bandung, 1 November 2020

Perihal : Lamaran Guru Fisika

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMP Cahaya Terang

di Tempat

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari postingan instagram @smpcahayaterang mengenai lowongan kerja sebagai guru Fisika di SMP Cahaya Terang, saya bermaksud mengajukan lamaran kerja untuk mengisi posisi tersebut. Berikut identitas diri saya :

 

Nama : Dewi Kartika, M.Si.

Tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 18 Maret 1990

Agama : Katolik

Pendidikan Terakhir : S-2 Sains (Magister Sains)

Alamat : Jl. Bubuy Bulan No. 73, Bandung

No Telp : 082173827810

 

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, saya juga melampirkan : 

  • Curriculum Vitae (CV) 1 Lembar
  • Transkrip Nilai 1 Lembar (FC, Legalisir)
  • Foto Copy Ijazah Terakhir 1 Lembar (Legalisir)
  • Akta Kelahiran (FC) 
  • Pas Foto ukuran 3 x 4 1 Lembar
  • Foto Copy KTP 1 Lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat. Saya berharap Bapak/Ibu pimpinan bersedia memberikan saya kesempatan untuk mengajar dan menjadi bagian dari SMP Cahaya Terang. Atas waktu dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Dewi Kartika, M.Si.


Contoh Surat Lamaran Kerja Guru SMA

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru SMA

Masa SMA seringkali disebut sebagai masa sekolah yang paling indah dan tak terlupakan. Jika Anda berminat menjadi guru SMA, Anda harus siap menghadapi beraneka ragam sifat dan kepribadian yang berbeda. Seorang guru SMA juga dituntut untuk membentuk akhlak dan moral muridnya agar tidak terjerumus dalam kenakalan remaja. 

Surat Lamaran Kerja Guru SMA

=======================

Jakarta, 1 November 2020

Perihal : Lamaran Guru Seni

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMA Pelangi 

di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini : 

Nama : Gatot Mulyono, S.Sn

Tempat, Tanggal Lahir : Semarang, 27 April 1988

Agama : Kristen Protestan

Pendidikan Terakhir : S-1 Jurusan Seni

Alamat : Jl. Mawar Jingga No. 74, Jakarta

No Telp : 081354687123

 

Bersamaan dengan adanya surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan dengan posisi sebagai guru seni di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, saya juga melampirkan beberapa dokumen yang diperlukan, seperti :

  • Curriculum Vitae (CV) 1 Lembar
  • Foto Copy Transkrip Nilai 1 Lembar
  • Ijazah Terakhir 1 Lembar (Foto Copy)
  • Foto Copy SKCK 1 Lembar
  • Pas Foto ukuran 3 x 4 4 Lembar
  • Foto Copy KTP 1 Lembar

 

Demikian surat lamaran ini saya buat agar dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan. Besar harapan saya untuk dapat diterima dan mengajar di sekolah Pelangi. Atas perhatian dan kesempatannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

 

Gatot Mulyono, S.Sn.


Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Bimbingan Belajar (Bimbel)

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Bimbingan Belajar Bimbel

Terkadang, ada beberapa anak yang tidak bisa mengikuti pelajaran selama di sekolah. Oleh karena itu, anak tersebut harus mengikuti tambahan jam pelajaran di luar sekolah yang dikenal dengan sebutan bimbel atau kursus pelajaran. Sama halnya dengan sekolah, setiap tempat bimbel pasti membutuhkan tenaga pengajar yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. 

Surat Lamaran Kerja Guru Bimbingan Belajar (Bimbel)

======================

Semarang, 1 November 2020

Hal : Lamaran Kerja Guru Bimbel

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Pimpinan Bimbel Pintar Bersama

di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ratu Wulandari M.Pd

Tempat, Tanggal Lahir : Solo, 25 Januari 1887

Agama : Islam

Pendidikan : S-2 Jurusan Pendidikan (Magister Pendidikan)

Alamat : Jl. Kenari No. 15, Semarang

No Telp : 081263820179

 

Bersamaan dengan adanya surat ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dengan posisi sebagai guru di Bimbel Pintar Bersama. Saya mampu mengajar pelajaran matematika, fisika, biologi, dan kimia kelas X, XI, dan XII. 

Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan :

  • KTP (FC)
  • FC Ijazah Terakhir
  • Transkrip Nilai (FC dan sudah dilegalisir)
  • FC SKCK
  • Pas Foto Ukuran 4 × 6
  • Daftar Riwayat Pengalaman Kerja

 

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima dan menjadi bagian dari Bimbel Pintar Bersama. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Ratu Wulandari, M.Pd.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko


Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Honorer

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Honorer

Anda tidak perlu khawatir jika masih belum bisa diterima menjadi guru PNS. Tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi guru honorer terlebih dahulu. Dengan menjadi guru honorer, Anda dapat menambah pengalaman dan membuka peluang untuk dipertimbangkan menjadi guru PNS. Nah, contoh surat dibawah ini dapat dijadikan sebagai referensi.

Surat Lamaran Kerja Guru Honorer

=====================

Lampung, 12 April 2020

Perihal : Lamaran Kerja Guru

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Lampung

di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Andi Cahyono, S.S.

Pendidikan Terakhir : S-1 Jurusan Sastra Bahasa Indonesia

Alamat : Jl. Perjuangan Timur No. 32, Lampung

No Telp : 0882739291034

 

Dengan adanya surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan untuk menjadi guru honorer di SMA Negeri 7 Lampung.

Sebagai bahan pertimbangan, bersamaan dengan surat ini saya juga melampirkan :

  • FC Transkrip Nilai
  • SKCK (FC)
  • Ijazah Terakhir (FC)
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat
  • FC Kartu Keluarga
  • Daftar Riwayat Hidup
  • FC KTP
  • Surat Pengalaman Kerja
  • Pas Foto Ukuran 4 × 6 

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Saya berharap Bapak/Ibu pimpinan bersedia memberikan saya kesempatan untuk menjadi bagian dari SMA Negeri 7 Lampung. Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

 

Andi Cahyono, S.S.


Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Dinas Pendidikan

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Dinas Pendidikan

Sekolah-sekolah yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan setiap daerah membutuhkan guru dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan sekolah swasta. Lowongan kerja guru itu sendiri dapat dibuka oleh pemerintah daerah setempat maupun Dinas Pendidikan. Tak hanya guru yang berstatus PNS yang dapat melamar, guru yang bukan PNS juga diperbolehkan melamar, loh!

Surat Lamaran Kerja Guru Dinas Pendidikan

=====================

Surabaya, 14 Oktober 2020

Perihal : Lamaran Kerja Guru

Lampiran : 1 Berkas

 

Kepada Yth,

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Dengan ini saya membuat surat lamaran kerja untuk menjadi guru tetap di Wilayah Kota Surabaya yang berada di bawah kewenangan Dinas Pendidikan Surabaya. Adapun mengenai data diri saya adalah sebagai berikut :

 

Nama : Anggun Sastrowardoyo, S.Pd

Jenis Kelamin : Perempuan

Pendidikan Terakhir : S1 Jurusan Pendidikan

Alamat : Jl. Getas No. 11, Surabaya

 

Sebelum ini, saya sudah pernah bekerja sebagai guru matematika di Bimbel Jaya selama 3 tahun. Sebagai bahan pertimbangan, bersamaan dengan ini saya juga melampirkan :

  • FC Ijazah Terakhir
  • SKCK (FC)
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat
  • FC KTP
  • Daftar Riwayat Hidup
  • FC Kartu Keluarga
  • Pas Foto Ukuran 4 × 6

 

Demikian surat permohonan lamaran kerja ini saya buat sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Atas perhatian dan kesempatannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anggun Sastrowardoyo, S.Pd.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Dosen


3 Tips Melamar Pekerjaan sebagai Guru

3 Tips Melamar Pekerjaan Sebagai Guru

Dewasa ini, banyak sekali orang yang berminat menjadi guru. Selain gaji yang terbilang cukup, kepuasan saat mengajar dan mendidik murid-muridnya juga dapat dijadikan sebagai alasan profesi ini begitu diminati. Apabila Anda berencana menjadi guru atau bahkan sudah pernah gagal melamar pekerjaan menjadi guru, cobalah ketiga tips dibawah ini agar lamaran Anda dapat diterima!

1. Menggali Informasi Lowongan

Bila Anda sudah bertekad untuk mendedikasikan diri menjadi guru, carilah lowongan pekerjaan guru sebanyak mungkin. Anda bisa menemukannya dari berbagai macam platform, entah itu media sosial, website, koran, bahkan dari mulut ke mulut. Jalin relasi dengan teman sesama guru sebanyak mungkin untuk mencari informasi dan bertukar pikiran. 

2. Mencari Pengalaman

Sebelum terjun langsung menjadi tenaga pengajar di sekolah, cobalah untuk mencari pengalaman mengajar terlebih dahulu. Anda dapat mulai dengan mengajar saudara, anak teman Anda, atau mengajar di tempat bimbingan belajar. Hal ini berguna untuk mengasah skil mengajar dan mendapatkan informasi terkait sekolah yang membutuhkan lowongan kerja guru.

3. Melakukan Persiapan dengan Matang

Sebelum melamar kerja, alangkah baiknya bila Anda mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dengan matang. Beberapa berkas lamaran kerja yang sering dibutuhkan yaitu, daftar riwayat hidup, pas foto, fotokopi ijazah, fotokopi KTP, dan dokumen penting lainnya. Persiapkan pula surat lamaran kerja yang sudah dibuat dengan baik dan benar. 


Penutupan

Nah, selain mempersiapkan segala dokumen dan contoh surat lamaran kerja guru, Anda juga harus mempersiapkan mental. Menjadi guru bukanlah hal yang mudah karena Anda harus memahami dan menghadapi banyak murid dengan karakter yang berbeda-beda. Anda juga harus memiliki metode atau cara mengajar yang menyenangkan dan membuat murid memiliki rasa hormat terhadap Anda.

Menjadi seorang guru adalah profesi yang membanggakan. Guru menjadi pahlawan tanpa tanda jasa yang berjuang memajukan pendidikan Indonesia. Tanpa jasa guru, bangsa kita akan tertinggal karena minimnya ilmu pengetahuan. Salam pendidikan! Semoga artikel ini bermanfaat, ya! 

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

Tinggalkan komentar