Contoh Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja merupakan salah satu persyaratan yang biasanya dibutuhkan untuk melamar sebuah pekerjaan. Meskipun perannya tidak sepenting CV, namun surat lamaran kerja tetap penting untuk dibuat sebaik dan serapi mungkin. Ketika ingin membuat surat tersebut, pastikan untuk mengambil contoh surat lamaran kerja yang lengkap dan bisa menjelaskan fungsi surat tersebut.

Fungsi utama dari surat lamaran pekerjaan adalah sebagai pengantar ketika ingin melamar pekerjaan ke suatu perusahaan. Dengan adanya surat tersebut, hal ini menunjukkan bahwa sang pendaftar telah resmi mendaftarkan diri untuk lowongan tersebut. Selain itu, bagi perusahaan, surat tersebut bisa menjadi alat pertimbangan skill dan kemampuan calon pekerja. Jadi, pastikan untuk membuatnya sebaik mungkin.

Sebagai pintu pertama dalam melamar pekerjaan, pastikan untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang professional. Bagi yang belum pernah menulis jenis surat ini dapat dengan mudah mencari contoh surat lamaran kerja yang baik. Agar tidak sampai salah memilih, pastikan untuk memilih contoh yang bisa menjelaskan tujuan surat, kelebihan serta alasan untuk memilih penulis.


Daftar Isi Artikel

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

Sebelum beranjak ke contoh surat lamaran kerja yang benar, ada baiknya mengetahui cara menulis surat lamaran yang benar. Meskipun tampak mudah, namun pastikan untuk menyertakan beberapa hal berikut dalam penulisannya:

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Hal ini tampak receh dan tidak penting, namun jangan lupa untuk menulis tempat dan tanggal penulisan surat. Beberapa perusahaan menerapkan Batasan waktu untuk pengiriman dan penerimaan dokumen. Apabila tanggal pembuatannya melebihi Batasan tersebut, maka sangat mungkin lamaran tersebut tidak akan diterima.

2. Nama Perusahaan & Beserta Alamatnya

Kedua, jangan lupa untuk menulis nama perusahaan saat menulis kepadanya. Pastikan untuk tidak sampai salah menulis perusahaan karena bisa sangat memalukan. Untuk penulisan kepadanya dapat disesuaikan dengan lowongan yang ada. Apabila tidak ada ketentuannya, maka tulislah Kepada HRD perusahaan tersebut. Namun, jika dalam lowongannya tertulis kepada siapa, maka tulislah nama atau bagian tersebut.

3. Kata Pengantar

Dalam menulis surat lamaran kerja, pastikan untuk menuliskan kata pengantar yang baik. Tuliskan lowongan yang ingin dilamar, serta darimana informasi berasal, baik itu dari teman, social media hingga poster. Hal ini untuk membantu perusahaan memastikan bahwa lowongan yang dilamar memang ada dan real.

4. Penjelasan Diri

Selanjutnya, jelaskan secara singkat mengenai diri sendiri dan posisi yang sedang dijalani saat ini. Penjelasan disini tidak perlu singkat, melainkan secara global saja, namun jangan lupa untuk menjabarkan kelebihan atau penulis. Lalu, hubungkan posisi saat ini serta kemampuan yang dimiliki dengan lowongan yang ditawarkan. Hal ini untuk memperkuat posisi pelamar jika dibandingkan dengan pelamar yang lain.

Sebelum menulis sebuah surat lamaran, pastikan untuk mengetahui skill yang dibutuhkan perusahaan. Hal ini bisa menjadi senjata utama penulis dalam melamar sebuah kerjaan. Apabila skill yang dibutuhkan sesuai dengan yang dimiliki, maka potensi untuk diterima akan lebih besar. Hal ini juga akan menjadi nilai tambahan bagi sang pelamar kerja.

5. Penutup

Penting namun seringkali dilupakan adalah penutup. Pada bagian ini, tulislah alasan mengapa penulis layak diterima untuk posisi tersebut dan mengapa unggul dibandingkan dengan yang lain. Selanjutnya, jangan lupa untuk menulis keinginannya agar diterima di perusahaan tersebut.

6. Jangan Menulisnya dengan Tulisan Tangan

Salah satu cara agar surat lamaran kerja terlihat bagus dan professional adalah dengan mengetiknya. Selain itu, dengan hasil ketik, surat lamaran akan terlihat lebih rapi dan meyakinkan dibandingkan dengan tulisan tangan. Jadi, apapun cara pengirimannya baik via pos maupun email, usahakan untuk membuat surat dengan hasil ketik.

7. Cara Mengirim Surat

Cara lain untuk memberi kesan professional kepada penerima adalah mengirimkannya secara professional. Saat ini pengiriman surat dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu email maupun melalui pos.

Apabila mengirimkan menggunakan email, maka gunakanlah email sesuai dengan nama asli. Saat ini sudah bukan jamannya lagi menggunakan nama alay atau nama aneh-aneh untuk email pengirim. Jika belum punya, maka buatlah sebuah email dengan nama asli agar terlihat lebih professional.

Selanjutnya jangan lupa untuk memberikan kata pengantar pada badan email. Jangan mengirimkan email dengan subject dan badan email kosong. Meskipun tidak dinyatakan secara langsung, namun cara ini tidak sopan dan tidak professional. Jadi, berikan beberapa kalimat pengantar pada badan email untuk memperkenalkan diri.

Bagi yang ingin mengirimkan surat lamarannya melalui pos, gunakan amplop coklat yang besar. Hal ini untuk menghindari surat terlipat ketika proses pengiriman. Dan ini akan membuar surat tetap rapi ketika diterima oleh pihak perusahaan.


Jenis-jenis Surat Lamaran Kerja

Jenis-jenis Surat Lamaran Kerja

Bagi sebagian orang, semua surat lamaran kerja tampak sama. Namun, surat lamaran kerja terbagi menjadi dua macam yaitu surat lamaran pekerjaan dengan riwayat hidup dan yang terpisah dari riwayat hidup. Untuk mengetahui perbedaan masing-masing jenis, mari ketahui pengertiannya.

Surat lamaran pekerjaan dengan riwayat hidup adalah surat lamaran yang digabungkan menjadi satu dengan CV. Bagi yang belum tahu, CV atau Curriculum Vitae adalah suatu ringkasan yang menjelaskan mengenai seseorang. CV biasanya menginformasikan mengenai riwayat hidup orang mulai tanggal lahir hingga riwayat sekolah dan pekerjaannya.

Pada jenis surat ini, bagian pengantar untuk melamar pekerjaan terletak pada bagian atas CV. Jadi, sebelum menjelaskan secara detail mengenai skill dan kelebihan yang dimiliki, tulislah secara singkat lowongan yang dilamar. Selanjutnya, lengkapi surat dengan CV.

Jenis surat lamaran ini tergolong efektif karena tidak membutuhkan banyak halaman atau kertas. Hanya dengan beberapa lembar saja, pihak perusahaan dapat mengetahui banyak hal tentang pelamarnya. Namun, sebaiknya jenis lamaran ini dibuat jika tidak ada persyaratan yang terpisah antara CV dan surat lamaran.

Jenis surat lamaran yang berikutnya adalah surat lamaran pekerjaan terpisah dari riwayat hidup. Sesuai namanya, dalam surat ini tidak akan ada banyak penjelasan mengenai riwayat diri karena detailnya ada pada CV. Dibandingkan dengan jenis surat lamaran dengan riwayat hidup, jenis inilah yang paling sering digunakan untuk melamar pekerjaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bagi Mahasiswa Baru

Setelah mengetahui cara membuat surat lamaran kerja, saatnya membuat surat tersebut. Meskipun tampak mudah, namun bagi seorang mahasiswa baru, hal ini bisa jadi membingungkan. Selain itu, dengan minim pengalaman, tidak banyak pengalaman yang bisa ditulis oleh para lulusan baru. Namun, agar tetap terlihat menarik, jangan lupa untuk mencantumkan kelebihan dan kekuatan yang dimiliki.

Untuk memudahkan para lulusan baru, berikut adalah beberapa contoh lamaran kerja mahasiswa baru yang bisa diaplikasikan:

1. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Lowongan Online

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Lowongan Online

Salah satu sumber lowongan pekerjaan terbanyak berasal dari online, baik situs resmi perusahaan hingga situs lowongan pekerjaan. Bagi yang ingin melamar pekerjaan dari situs tersebut, berikut adalah contoh surat lamaran yang bisa digunakan:

Surat Lamaran Kerja untuk Lowongan Online

Surabaya, 20 Juni 2020

 

Kepada

Yth. Pimpinan HRD

  1. Jaya Selalu

Jalan Kejaksaan Agung No 23 Surabaya

Hal  : Lamaran Pekerjaan

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                      : Ikhsan Salman

Tempat, Tanggal Lahir : Makassar, 21 July 1997

Usia                         : 23 tahun

Pendidikan Terakhir   : S1 Jurusan Teknik Industri

Alamat Asal            : Medokan Semampir Blok A1

Telepon                   : 0812345689

 

Bermaksud untuk melamar pekerjaan posisi Management Trainee (MT), sesuai dengan lowongan yang ada pada situs www.lowongankerja.com. Sebagai salah satu lulusan terbaik di universitas, saya yakin bisa memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Selain itu, saya merupakan pekerja keras yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan pula beberapa dokumen pendukung seperti CV, transkrip nilai serta ijazah saya. Semoga kemampuan dan kelebihan saya sesuai dengan yang dibutuhkan dengan perusahaan.

Demikian surat lamaran kerja saya buat, besar harapan saya untuk dapat diterima dalam lowongan ini. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

Ikhsan Salman


2. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Rekomendasi Dosen

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Rekomendasi Dosen

Lowongan pekerjaan juga seringkali didapatkan dari internal universitas, salah satunya dosen. Apabila seorang dosen merekomendasikan penulis untuk sebuah pekerjaan, pastikan dibuat dengan baik dan benar. Berikut adalah contoh surat lamaran kerja yang bisa penulis sertakan:

Surat Lamaran Pekerjaan Rekomendasi Dosen

Jakarta, 21 Agustus 2019

Kepada

Yth. Pimpinan PT Mahasakti Indonesia

Semarang

 

Hal  : Lampiran Pekerjaan

 

Dengan Hormat,

Perkenalkan, nama saya adalah Muhammad Putra Wijaya, lulusan Teknik Kimia dari ITK. Berdasarkan informasi kerja yang saya dapatkan dari dosen wali saya, yaitu Bapak Ahmad Irwan,  mengenai posisi supply chain, maka dengan ini saya ingin melamar posisi tersebut.

Saya adalah salah satu lulusan terbaik di Universitas ITK dan mendapaktan GPA 3.31. Saya juga sangat aktif dalam berbagai macam aktifikatas organisasi, yang membuat saya menjadi supel dan mudah beradaptasi. Selain itu, saya juga telah mengikuti berbagai macam training untuk mendukung kemampuan saya dalam supply chain. Jenis dan sertifikasinya akan saya lampirkan sebagai bahan pendukung.

Dengan bekal tersebut, saya yakin bisa menjadi asset perusahaan yang bermanfaat dan berjasa. Saya akan memberikan yang terbaik dan selalu bekerja keras.

 

Demikian surat lamaran kerja saya buat, besar harapan saya untuk dapat diterima dalam lowongan ini. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Muhammad Putra


3. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Untuk Mahasiswa Baru Lulus

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Untuk Mahasiswa Baru Lulus

Pada umumnya, orang yang akan melamar pekerjaan adalah orang yang telah lulus kuliah atau sekolahnya. Namun, hal ini tidak menutup peluang para mahasiwa yang belum lulus dikarenakan ada hambatan administrasi. Seringkali perusahaan juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang belum lulus. Berikut adalah contoh yang bisa dibuat oleh para mahasiswa yang belum lulus:

Surat Lamaran Pekerjaan Untuk Mahasiswa Baru Lulus

Semarang, 11 November 2019

Kepada

Yth. Pimpinan PT Coca Cola Amatil Indonesia

Semarang

 

Hal  : Lampiran Pekerjaan

 

Dengan Hormat,

Perkenalkan, nama saya adalah Amal Najib, lulusan Teknik Industri dari Institut Teknologi Surabaya. Dengan ini, saya bermaksud melamar lowongan GTP yang ditayangkan pada website ITS. Untuk departemen yang saya inginkan adalah supply chain.

Saya adalah lulusan Teknik Industri ITS dengan IPK 3.50. Saya memiliki kemampuan analisis yang tajam dan mampu memahami suatu masalah dengan cepat. Dengan bekal dan ilmu yang telah saya pelajari selama kuliah, saya yakin akan cocok dengan departemen Supply Chain.

Sebagai pendukung surat lamaran saya, terlampir saya lampirkan surat keterangan lulus saya sebagai pengganti persyaratan Ijasah. Hal ini dikarenakan, ijazah saya belum diberikan sampai dengan waktu wisuda. Apabila, proses saya berlanjut, maka saya akan menggantikan surat tersebut dengan ijazah asli saya.

 

Demikian surat lamaran kerja saya buat, besar harapan saya untuk dapat diterima dalam lowongan ini. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Amal Najib


Contoh Surat Lamaran Bagi Pekerja Berpengalaman

Berbeda dengan para lulusan baru, para pekerja yang sudah berpengalaman tentunya sudah lebih ahli dalam membuat surat lamaran kerja. Namun, pekerja berpengalaman pun masih sering salah dalam membuat surat lamaran yang bisa menyebabkan penolakan.

Bagi yang telah memiliki pengalaman bekerja, jangan lupa untuk mencantumkannya pada surat lamaran. Jelaskan secara garis besar tugas dan tanggung jawabnya, serta hubungannya dengan lowongan yang ada. Ini akan memberikan nilai tambah bagi pelamar karena memiliki pengalaman yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Untuk memudahkan para pelamar dalam membuat surat lamaran, berikut adalah contoh surat lamaran kerja yang yang bisa dicontoh. Pengalaman dan kelebihannya dapat disesuaikan dengan bidang masing-masing.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Pekerja dengan Pengalaman

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Pekerja dengan Pengalaman

Untuk para pekerja yang sudah memiliki pengalaman bekerja, tuangkan pengalaman tersebut dalam surat lamaran. Jelaskan secara singkat dan jelaskan bagian yang berhubungan saja dengan lowongan yang ditawarkan. Contohnya, apabila pernah bekerja sebagai sekretaris dan lowongan yang ditawarkan adalah sekretaris, maka sebutkan jenis pekerjaan yang dikuasai. Berikut adalah contoh surat lamaran kerja yang bisa dicontoh:

Surat Lamaran Kerja Untuk Pekerja dengan Pengalaman

Bandung, 18 Februari 2017

Kepada Yth,

HRD PT. Petro Jordan Abadi

di Gresik

 

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi pada website resmi Perusahaan, bahwa PT Petro Jordan Abaadi membutuhkan tenaga  kerja sebagai sekretaris, maka yang bertanda tangan dibawah ini, saya:

 

Nama                         : Lisaura Dara

Alamat                       : Jalan Mulyosari No 11 Bandung

Tanggal Lahir         : Bandung, 5 Agustus 1987

Pendidikan Akhir    : S1

Nomor Handphone    : 085674976293

Email                      : [email protected]

Status Pernikahan   : Belum menikah

 

Bermaksud untuk melamar kerja di PT. Petro Jodan Abadi sebagai sekretaris. Sebelumnya, saya telah bekerja sebagai sekretaris selama 5 tahun di perusahaan swasta di Indonesia. Dengan pengalaman tersebut, saya memiliki kemampuan untuk mengorganisir dokumen, acara dan kegiatan. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan softskill seperti MS Word dan Excel.

Bersama ini, sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan daftar riwayat hidup dan beberapa sertifikat yang saya punya di bidang sekretaris. Besar harapan saya untuk dapat bergabung pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Lisaura Dara


2. Contoh Surat Lamaran Kerja Profesional

Contoh Surat Lamaran Kerja Profesional

Bagi yang merasa memiliki pengalaman yang cukup banyak, maka cobalah menjual kelebihan tersebut pada surat lamaran. Jadi, jangan hanya menyebutkan kelebihan yang dimiliki, namun apa yang bisa didapatkan perusahaan jika memilih pelamar untuk lowongan tersebut. Berikut adalah contoh surat lamaran pekerjaan untuk menjual kemampuan:

Surat Lamaran Kerja Profesional

Surabaya, 16 December 2019

Kepada

Yth. Pimpinan HRD

  1. Mega Global Food Industry

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan adanya lowongan Production Planning Manager di PT. Mega Global Food Industry, maka dengan surat ini, saya ingin melamar untuk lowongan tersebut.

Saat ini saya bekerja di salah satu perusahaan swasta manufaktur di Indonesia sebagai Operational Supply Planner. Di posisi tersebut, saya bertanggung jawab terhadap jadwal produksi jangka panjang dan pendek. Dalam proses penjadwalannya, saya harus memperhatikan penjualan, forecast hingga durability produk. Jadi, tugas utamanya adalah bagaimana merencanakan produksi dengan efektif dan efisien.

Selama saya kerja di tempat tersebut, saya berhasil melakukan saving sebesar Rp 50.000.000/ bulan karena dapat melakukan effisiensi material. Selain itu, saya berhasil memangkas biaya pemakaian material untuk hasil produksi.

Dengan kemampuan saya ini, saya yakin dapat ikut serta dalam membangun dan mengembangkan perusahaan. Saya memiliki kemampuan yang cukup handal serta pengalaman yang dapat saya terapkan dalam perusahaan.

 

Besar harapan saya untuk dapat bekerjasama di perusahaan ini, dengan orang-orang yang terpilih. Atas perhatian Bapak/ Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Noriko Lusata


3. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan dengan Detail Dokumen

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan dengan Detail Dokumen

Bagi yang sudah berpengalaman dan memiliki banyak keahlian, jangan lupa untuk menyertakan dokumen pendukungnya dalam surat lamaran. Dokumen tersebut dapat memperkuat posisi pelamar dibandingkan dengan yang lain. Jangan lupa untuk menyebut dokumen tersebut dalam surat lamaran agar perusahaan mengetahuinya.

Surat Lamaran Pekerjaan dengan Detail Dokumen

Yogyakarta, 27 Mei 2020

Kepada Yth.

HRD PT Kawan Lama

Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                  : Ilham

Tempat & tanggal Lahir     : Gresik, 05 Mei 1991

Alamat                                : Jalan Nyai Ageng No 17

No. HP                                : 081234567890

 

Dengan ini mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak / Ibu Pimpinan untuk diterima menjadi karyawan OHS (Health & Safety) di perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan:

  1. Fotocopy Ijazah Terakhir
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotocopy SKCK
  4. Fotocopy KTP
  5. Pas Foto 4×6

 

Besar harpan saya untuk bisa bekerja sama dengan perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatiannya, Saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

 

Ilham


Contoh Surat Lamaran Kerja Dokter

Sama halnya dengan profesi lain, ketika ingin melamar menjadi dokter di sebuah rumah sakit, seorang dokter pun harus membuat sebuah surat lamaran kerja. Namun, berbeda dengan surat lamaran lainnya, untuk surat lamaran kerja dokter harus dibuat lebih detail dan spesifik. Hal ini untuk mempermudah penyedia lowongan untuk mengetahui identitas dan kemampuan pelamar.

Jadi, ketika membuat surat lamaran kerja, pastikan untuk menyertakan jenis profesi yang dimiliki baik itu dokter umum maupun umum. Jangan sampai salah menyebut, karena dapat merugikan pelamar tersebut. Berikut adalah beberapa contoh surat lamaran kerja dokter dari dokter umum hingga dokter spesialis dalam Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris:

1. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Dokter Umum

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Dokter Umum

 

Surat Lamaran Kerja untuk Dokter Umum

Makassar, 27 October 2019

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,

Manajer Umum

RS Kasih Harapan

 

Dengan Homat,

Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan dari RS Kasih Sayang, Pada harian Makassar Pos tanggal 15 October 2019, saya mengajukan diri untuk melamar pada posisi Dokter Umum di RS Kasih Harapan. Berikut data diri saya:

 

Nama                              : Putri Titian

Tempat, Tanggal Lahir       : Makassar, 25 Mar 1992

Pendidikan Terakhir           : S1 Ilmu Kedokteran

Alamat                            : Jalan Bugar Diri No 2, Makassar

Telepon                       : 08563858606

Email                              : [email protected]

 

Saya adalah seorang lulusan dokter dari Universitas Airlangga Surabaya. Saya lulus dengan predikat yang memuaskan serta memiliki sertifikasi pelatihan untuk beberapa bidang kesehatan. Selain seorang lulusan dokter, saya memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat, bekerja keras serta tidak mudah menyerah.

Berikut saya sertakan hal-hal yang diperlukan:

 

  • Daftar riwayat hidup;
  • Fotokopi ijazah S1 dan transkrip nilai yang telah disahkan atau dilegalisir;
  • Pas foto ukuran 2X3 1 (satu) lembar dan ukuran 3X4 3 (tiga) lembar.
  • Sertifikasi Pelatihan

 

Besar harapan Saya kepada Bapak/Ibu untuk bersedia memberikan kesempatan kepada saya untuk bekerja di RS Kasih Harapan. Dengan kemampuan yang Saya miliki, Saya yakin dapat bermanfaat dan membantu RS.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sejuju-jujurnya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Putri Titian, S.Ked


2. Contoh Surat Lamaran Kerja Dokter Spesialis Kulit

Contoh Surat Lamaran Kerja Dokter Spesialis Kulit

Bagi yang sudah mengambil spesialis, maka jangan lupa untuk menjelaskannya dalam surat lamaran. Jelaskan secara detail spesialisnya dalam bidang apa serta pengalaman internship jika memang berhubungan dengan lowongan. Berikut adalah contoh surat lamaran untuk para dokter spesialis:

Surat Lamaran Kerja Dokter Spesialis Kulit

Makassar, 27 Oktober 2019

 

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

Manager HRD

Rumah Kasih Harapan

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari situs kampus Universitas Airlangga, bahwa Rumah Sakit Kasih Harapan sedang membutuhkan Dokter Spesialis Kulit. Maka dengan ini, saya ingin melamar untuk mengisi posisi tersebut dan bisa menjadi bagian dari Rumah Sakit Kasih Harapan.

Saya merupakan alumni dari Universitas Airlangga fakultas Kedokteran jurusan Dokter Spesialis Kulit yang lulus pada tahun 2012. Setelah lulus, saya telah bekerja di beberapa rumah sakit swasta di Surabaya dan mampu bekerja dengan baik. Saya mampu menyelesaikan berbagai masalah dengan tenang dan sesuai SOP yang telah ditetapkan.

Melalui surat ini saya menyertakan beberapa dokumen untuk menjadi bahan pertimbangan, antara lain: curriculum vitae (cv), fotokopi transkrip nilai, fotokopi ijazah, fotocopy ktp asli, Surat Tanda Registrasi dan foto berukuran 4×6 sebanyak 3 (tiga) lembar.

Besar harapan saya agar dapat berkontribusi terhadap daerah asal saya dengan bekerja di Rumah Kasih Harapan. Dengan kemampuan dan pengalaman yang saya miliki, Saya yakin dapat mengembangkan dan membantu Rumah Sakit Kasih Harapan.

 

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Putri Titian, S.Ked


3. Contoh Surat Lamaran Bagi Dokter Fresh Graduate

Contoh Surat Lamaran Bagi Dokter Fresh Graduate

Bagi para dokter yang baru saja tamat pendidikan atau sekolah biasanya ingin mencari pekerjaan untuk mengisi waktunya sebelum melanjutkan sekolahnya. Proses ini biasanya tidak mudah, oleh karena itu pastikan untuk membuat surat lamaran yang menarik. Berikut adalah contoh yang bisa diterapkan ketika membuat surat lamaran:

Surat Lamaran Bagi Dokter Fresh Graduate

Jakarta, 20 Oktober 2019

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Hrd

RS Pertamina Terbuka

Bekasi

 

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari harian Jawa Pos 15 Oktober 2019, bahwa di RS Pertamina Terbuka saat ini sedang membuka lowongan untuk asisten dokter umum.

Menindaklanjuti informasi tersebut saya yang bertandatangan di bawah ini:

 

Nama                              : Putri Titian

Tempat, Tanggal Lahir       : Makassar, 25 Mar 1992

Pendidikan Terakhir           : S1 Ilmu Kedokteran

Alamat                            : Jalan Bugar Diri No 2, Makassar

Telepon                       : 08563858606

Email                              : [email protected]

 

Bersama surat ini saya menyatakan ketertarikan saya untuk mengisi posisi tersebut. Posisi ini sesuai dengan latar belakang pendidikan saya S1 Ilmu Kedokteran, dimana saya baru saja lulus pada tahun 2019. Meskipun saya baru lulus, saya telah mengikuti berbagai macam pelatihan untuk meningkatkan kemampuan saya.

Informasi detail mengenai diri saya telah dilampirkan pada daftar riwayat hidup bersama surat ini. Besar harapan saya Bapak/Ibu untuk dapat mengabdi dan bekerja sama dengan Rumah Sakit Pertamina Terbuka.

 

Demikian saya sampaikan surat lamaran kerja ini, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Putri Titian


Surat Lamaran Kerja untuk Mendaftar CPNS

Selain dokter, salah satu pekerjaan yang menjadi favorit warga negara Indonesia adalah PNS. Setiap tahunnya, Pemerintah Kabupaten mengadakan penerimaan CPNS untuk mendapatkan karyawan. Selain harus melalui serangkaian tes, para peserta juga harus melengkapi dokumen administrasinya seperti CV dan surat lamaran.

Bagi para lulusan baru atau para peserta yang mendaftar, pastikan untuk melengkapi dokumen tersebut. Apabila ada dokumen yang tidak lengkap, maka ada potensi untuk tidak dapat lanjut untuk proses berikutnya. Salah satu persyaratan yang sering kali miss adalah surat lamaran kerja. Untuk membantu calon pendaftar, berikut adalah beberapa contoh surat lamaran kerja untuk CPNS:

1. Surat Lamaran Kerja Umum CPNS

Surat Lamaran Kerja Umum CPNS

Bagi yang ingin mendaftar menjadi CPNS, berikut adalah contoh simpel surat CPNS yang bisa digunakan:

Surat Lamaran Kerja Umum CPNS

Surabaya, 04 Juli 2020

Kepada yth

Pimpinan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo

Di Sidoarjo

 

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini:

 

Nama                      : Ahmad Abduh

Tempat tanggal lahir  : Surabaya, 01 September 1994

Agama                    : Islam

Jenis kelamin              : Pria

Pendidikan                  : S1 Teknik Industri

Alamat sekarang         : Jalan Manyar Sambongan 108 e Sidoarjo

Nomor telpon/hp         : 08112139808

Jabatan yang dilamar : Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Sidoarjo

 

Dengan ini menyampaikan permohonan untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo formasi tahun 2020.

Sebagai bahan pertimbangan dilampirkan bahan kelengkapan sebagai berikut :

 

  1. Curriculum Vitae (CV)/ Riwayat Hidup
  2. Ijasah
  3. Transkrip Nilai
  4. Sertifikat
  5. Foto 3×4

 

Demikian permohonan ini disampaikan, besar harapan kiranya bapak dapat mengabulkan permohonan saya ini, sebelum dan sesudahnya disampaikan terima kasih.

Hormat saya,

 

Ahmad Abduh


2. Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai Format

Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai Format

Untuk membuatnya tampak lebih rapi dan formal, beberapa daerah telah menetapkan standar untuk surat lamaran kerja CPNS. Apabila format telah disediakan, pastikan untuk mengikutinya. Berikut adalah beberapa format surat lamaran yang digunakan di beberapa daerah di Indonesia, yang bisa menjadi contoh:

Surat Lamaran Kerja Sesuai Format

Jakarta, 04 July 2020

Yth.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

di Jakarta

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama                      : Ahmad Abduh

Tempat tanggal lahir  : Jakarta, 01 September 1994

Agama                    : Islam

Jenis kelamin              : Pria

Pendidikan                  : S1 Teknik Industri

Alamat sekarang         : Jalan Manyar Sambongan 108 e Sidoarjo

Nomor telpon/hp         : 08112139808

Jabatan yang dilamar : Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Sidoarjo

 

Dengan ini menyampaikan surat lamaran untuk dapat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020

Sebagai bahan pertimbangan, disampaikan berkas kelengkapan yang telah diunggah sebagai berikut:

 

  1. Surat lamaran kerja
  2. Surat Keterangan Sehat
  3. KTP elektronik (e-KTP) asli;
  4. Pasfoto berlatar belakang merah;
  5. Ijazah asli;
  6. Transkip/daftar nilai asli;
  7. Sertifikat akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi
  8. Asli akta kelahiran dan/atau surat keterangan lahir
  9. Asli KTP orang tua (bapak kandung dan/ atau ibu kandung)
  10. Asli surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku yang menyatakan bahwa orang tua (bapak dan/atau ibu) adalah asli Jakarta

 

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020.

Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

Ahmad Abduh


Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris

Dengan banyaknya perusahaan multinational di Indonesia, maka tidak sedikit perusahaan yang meminta surat lamaran dalam bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan banyaknya pegawai asing yang bekerja di Indonesia, sehingga mengharuskan pekerjanya mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris juga.

Bagi yang ingin mendaftar ke perusahaan multinational, maka pastikan untuk membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris. Berikut adalah contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris yang bisa dijadikan draft. 

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Bagi Fresh Graduate

Contoh Surat Lamaran Kerja Bagi Fresh Graduate

Surat Lamaran Kerja Bagi Fresh Graduate

Surabaya, 15 July 2020

To:

Human Resource Department

PT Coca Cola Amatil Indonesia

Jalan Gatot Subroto No 51 A

Jakarta 12880

 

Dear Sir/ Madam,

I have read your advertisement on Jobstreet.com about your company looking for fresh graduates for the GTP Program. And with my education background, I believe I have the ability to fit in the program.

My name is Ahmad Abduh and I am 23 years old. I am a fresh graduated from ITS Surabaya, with an Industrial Engineering background. I graduated in 2019 with a GPA of 3.31.

During my college time, I was very active in organization and adapted well in many kinds of situation. I was also very active in many trainings to develop my hard and soft skill. With this experience, I am a person that can work with many kinds of people, being a staff or the leader.

I also have good ability in speaking and writing in English, France and Indonesia. Hopefully with this ability, I can communicate and work well with other employees.

With my qualifications, I am confident that I am suitable and can contribute to many things to the Company. To support my application, herewith I enclose some documents as below:

 

  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Copy of bachelor’s degree Certificate
  3. Academic Transcript
  4. Recent Photograph
  5. Certificate of Skills

 

I would express my gratitude if you are willing to give me the opportunity to work and be a part of your company.

Sincerely

 

Ahmad Abduh


2. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris untuk yang Berpengalaman

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris untuk yang Berpengalaman

Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris untuk yang Berpengalaman

Surabaya, 15 July 2020

To:

Human Resource Department

PT Coca Cola Amatil Indonesia

Jalan Gatot Subroto No 51 A

Jakarta 12880

 

Dear Sir/ Madam,

I have read your advertisement on Jobstreet.com about your company looking for fresh graduates for the GTP Program. And with my education background, I believe I have the ability to fit in the program.

My name is Ahmad Abduh and I am 23 years old. I am a fresh graduated from ITS Surabaya, with an Industrial Engineering background. I graduated in 2015 with a GPA of 3.31.

I have been working in a multinational company as a distribution planner. In this position, I am responsible to purchase and plan production for short-long terms. During my work, I have been able to make saving up to Rp 50 million in a month. With this saving, I am able to deliver a cheaper cost to customers.

Until today, I am developing myself to be better and add my knowledge. With the ability I have, I am confident that I will be useful and contribute positive work for the company.

 

I would express my gratitude if you are willing to give me the opportunity to work and be a part of your company.

Sincerely

 

Ahmad Abduh


Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Tulis Tangan

Surat lamaran kerja yang ditulis tangan harus rapi agar mudah terbaca dan menarik HRD yang membacanya. Tiap bagian yang ada pada surat harus simple dan to the point karena terlalu banyak penulisan akan membuat pembacanya kurang tertarik. Perhatikan contoh di bawah ini untuk mendapatkan ide ketika membuat surat lamaran kerja.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Tulis Tangan Untuk Karyawan Perusahaan

Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Tulis Tangan Untuk Karyawan Perusahaan

Pelamar kerja yang ingin bekerja di perusahaan dapat mengikuti contoh surat lamaran kerja di bawah ini. Bisa digunakan untuk perusahaan jasa besar maupun kecil yang ada di kota masing – masing.

Surat Lamaran Kerja Simple Tulis Tangan Untuk Karyawan Perusahaan

Lampiran: 1 (satu) berkas                                                                                          Jakarta, 2 November 2020

Kepada Yth.

HRD PT. XXX

Jl. XXX

Jakarta

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

 

                Nama                             :

                Tempat, Tanggal Lahir :

                Alamat                            :

                No. Telp Aktif                  :

                Pendidikan                      :

 

Dengan ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai Staf IT (Jabatan).

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai Admin Jaringan di sebuah perusahaan yang berada di Kota XXX. Saya siap memberikan kompensasi waktu dan tenaga saya bila diperkenankan, dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara atau tes lainnya.

Sebagai pertimbangan saya lampirkan beberapa persyaratan sebagai berikut:

 

1.. Daftar Riwayat Hidup

  1. Lamiran lain, dst.

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat, saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

 

                                                                                                                                                        Hormat Saya,

                                                                                                                                                                 Ttd

                                                                                                                                                       (Nama Lengkap)


2. Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Tulis Tangan Untuk Karyawan Fashion Design

Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Tulis Tangan Untuk Karyawan Fashion Design

Surat lamaran kerja untuk karyawan fashion dapat menambahkan dokumen yang berisi hasil desain untuk pertimbangan. Untuk mengetahui contoh surat lamaran kerja untuk karyawan design simak di bawah ini.

Surat Lamaran Kerja Simple Tulis Tangan Untuk Karyawan Fashion Design

                                                                                                                                           Jakarta, 2 November 2020

Kepada Yth.

Bapak / Ibu Pimpinan Personalia

  1. XXXX (Nama Perusahaan)

   Kawasan (Alamat Perusahaan)

   Jakarta 1234 Indonesia

Perihal: Permohonan Kerja

Dengan Hormat,

Bahwa yang bertanda tangan di bawah ini :

                Nama                          :

                Tempat, Tanggal Lahir :

                Alamat                            :

                No. Telepon / HP      :

                E-mail                         :

Dengan surat ini saya bermaksud melamar posisi “Designer” yang dibutuhkan oleh perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adanya prestasi saya sebelumnya sebagai “Designer” saya lampirkan berkas – berkas dan hasil desain sebagai berikut.

  1.       Daftar Riwayat Hidup
  2.       Foto copy Ijazah
  3.       Foto copy Ktp
  4.       Dst

Demikian surat yang telah saya buat dengan sebenar – benarnya, terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

                                                                                                                                                                Hormat Saya,

                                                                                                                                                                        Ttd

                                                                                                                                                             (Nama Lengkap)


3. Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Tulis Tangan Untuk Fresh Graduate

Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Tulis Tangan Untuk Fresh Graduate

Fresh graduate membutuhkan referensi untuk menuliskan surat lamaran kerja. Sebagai pemula dapat membaca surat lamaran kerja agar mudah menggunakan kata yang formal. Berikut ini contoh surat lamaran kerja untuk fresh graduate.

Surat Lamaran Kerja Simple Tulis Tangan Untuk Karyawan Fashion Design

Lampiran: 1 (satu) berkas                                                                                                   Jakarta, 2 November 2020

Kepada Yth.

HRD PT. XXX

Jl. XXX

Jakarta

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

 

                Nama                              :

                Tempat, Tanggal Lahir     :

                Alamat                             :

                No. Telp Aktif                   :

                Pendidikan                       :

 

Dengan ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai Account Officer (Jabatan).

Saya belum memiliki pengalaman bekerja namun saya akan mengabdi pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya siap memberikan kompensasi waktu dan tenaga saya bila diperkenankan, dan sangat besar harapan saya agar dapat diterima dalam pekerjaan ini.

Sebagai pertimbangan untuk bekerja saya lampirkan beberapa persyaratan sebagai berikut:

 

1.. Daftar Riwayat Hidup

  1. Lampiran lain, dst.

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat, saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

 

                                                                                                                                                        Hormat Saya,

                                                                                                                                                                 Ttd

                                                                                                                                                       (Nama Lengkap)


4. Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Tulis Tangan Untuk Karyawan Online

Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Tulis Tangan Untuk Karyawan Online

Pekerja online dapat menggunakan contoh berikut ini sebagai referensi untuk melamar pekerjaan. Karyawan online saat ini banyak dibutuhkan untuk melayani banyak pembeli.

Surat Lamaran Kerja Simple Tulis Tangan Untuk Karyawan Online

                                                                                                                               Senin, 2 November 2020

                                                                                                                                     Kepada,

                                                                                                                                 Yth. Pimpinan Toko Online XXXX

                                                                                                                                         Di

                                                                                                                                         Tempat

 

Dengan Hormat,

Berkaitan dengan sumber informasi lowongan pekerjaan di internet (atau nama platform lainnya misal Ig, Fb,dll) yang saya dapatkan bahwa Toko Online XXX memerlukan karyawan untuk menjadi Admin Sosial Media.

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

 

Nama                               :

Tempat, Tanggal Lahir      :

Alamat Asal                      :

Domisili                            :

Pendidikan Terakhir          :

Telepon                             :

 

             Bermaksud hendak mencalonkan diri sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Bersama ini saya lampirkan sebagai pertimbangan:

  1.       Foto copy KTP
  2.       Dst

Demikianlah surat lamaran permohonan pekerjaan yang saya ajukan. Saya berharap dapat bertemu Bapak/Ibu pimpinan secara langsung. Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

Nama Lengkap


5. Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Tulis Tangan Untuk CPNS

Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Tulis Tangan Untuk CPNS

CPNS merupakan pekerjaan yang melewati berbagai tes dengan beribu orang. Untuk itu gunakan surat lamaran kerja untuk CPNS yang baik di bawah ini.

Surat Lamaran Kerja Simple Tulis Tangan Untuk CPNS

Lampiran : 1 (satu) berkas                                                                                         Jakarta, 2 November 2020

Kepada Yth.

Bapak Menteri XXXXX RI

Jl. XXXX

Jakarta

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama                           :

Tempat, Tanggal Lahir  :

Pendidikan                   :

Alamat Rumah             :

Hp                                :

 

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak Menteri XXXXX Republik Indonesia, untuk dapat menerima saya sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di wilayah hukum RI.sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan:

  1.       Foto copy Ijazah Legalisir
  2.       Dst

Demikianlah permohonan ini saya sampaikan kepada Bapak Menteri XXXXX. Atas perhatian saya ucapkan terima kasih sebesar – besarnya.

 

Hormat saya,

 

     Ttd

Nama Lengkap

Itulah contoh surat lamaran kerja simple tulis tangan yang dapat digunakan untuk mendaftar pekerjaan. Gunakan kata yang simple untuk meminimalkan waktu karena HRD atau pimpinan belum tentu membaca semuanya.


Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Via Email

Saat ini melamar pekerjaan dapat mengirimkan berkasnya via email dan mempermudah banyak pihak. Meskipun mudah hanya dikirim online namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, untuk mengetahuinya terus simak informasi ini.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Via Email Untuk Karyawan Perusahaan

Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Via Email Untuk Karyawan Perusahaan

Email digunakan untuk mengirimkan pesan elektronik berupa dokumen yang dapat diakses di mana saja. Perusahaan besar menerima lowongan kerja dengan menggunakan email. Untuk mengetahui contoh surat lamaran kerja via email untuk karyawan perusahaan dapat melihat contoh berikut ini.

Surat Lamaran Kerja Simple Via Email Untuk Karyawan Perusahaan

To        : [email protected] (email perusahaan)

Cc            : [email protected] (Pimpinan atau Hrd perusahaan)

Subject   : Staff Accounting (kode posisi)

 

Dengan Hormat,

Sesuai informasi yang ada pada website (platform loker) bahwa PT. Xxxxx sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai Staff Accounting, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama               :

Alamat             :

TTL                   :

Pendidikan       :

 

Bertujuan untuk mengisi posisi lowongan kerja yang dibutuhkan.

Bersamaan surat ini saya lampirkan beberapa dokumen dan data pendukung sebagai pertimbangan Bapak/Ibu pada attachment yang dapat diunduh.

Besar harapan saya untuk mengikuti wawancara dan tes lainnya yang disediakan untuk menjelaskan lebih tentang data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Nama Lengkap


2. Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Via Email Untuk Fresh Graduate

Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Via Email Untuk Fresh Graduate

Fresh graduate pasti mudah dalam menggunakan email karena sudah mempelajarinya dan mendalaminya. Untuk membuat surat lamaran kerja dapat menggunakan format di bawah ini.

Surat Lamaran Kerja Simple Via Email Untuk Fresh Graduate

To            : [email protected]

Cc            : –

Subject   : Surat Lamaran Kerja (tergantung persyaratan jika tidak ada bisa diisi seperti ini)

 

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama                             :

Tempat, Tanggal Lahir :

Umur                              :

Jenis Kelamin                 :

Status                             :

Pendidikan Terakhir        :

No. Telepon                    :

Alamat Rumah               :

 

Dengan surat lamaran ini saya mengajukan permohonan kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati (posisi yang dicari).

Sebagai bahan pertimbangan saya telah melampirkan beberapa dokumen tambahan yang penting sebagai berikut:

  1.           Daftar Riwayat Hidup
  2.           Dst

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat, dengan lamaran ini saya berharap dapat mengikuti tahapan selanjutnya ( bisa juga diisi “diterima pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin”). Terima kasih

 

Hormat Saya,

 

Nama Lengkap


3. Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Via Email Untuk Karyawan Toko Online

Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Via Email Untuk Karyawan Toko Online

Saat ini banyak yang melamar pekerjaan online secara online yaitu dengan menggunakan email. Untuk mengetahui contoh surat lamaran kerja via email untuk karyawan online simak di bawah ini.

Surat Lamaran Kerja Simple Via Email Untuk Karyawan Toko Online

To            : [email protected]

Cc            : –

Subject   : Admin Website

 

Dengan Hormat,

Sesuai dengan informasi pada website (platform lowongan kerja) di internet, bahwa Toko Online XXXX sedang membuka lowongan kerja dalam kategori “Admin Website”. Maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

 

Nama                              :

Tempat, Tanggal Lahir :

Jenis Kelamin            :

Pendidikan Terakhir :

No. Telepon              :

Alamat Rumah         :

 

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut. Dengan surat lamaran ini saya mengajukan permohonan kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati (posisi yang dicari).

Sebagai bahan pertimbangan saya telah melampirkan beberapa dokumen tambahan yang penting sebagai berikut:

 

  1.           Daftar Riwayat Hidup
  2.           Dst

Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan Bapak/Ibu untuk melanjutkan tes yang disediakan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

Nama Lengkap


4. Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Via Email Untuk Karyawan Bank

Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Via Email Untuk Karyawan Bank

Ada banyak yang berminat melamar pekerjaan sebagai karyawan bank yang berada di Indonesia. Untuk mengetahui contoh surat lamaran kerja untuk karyawan bank simak di bawah ini.

Surat Lamaran Kerja Simple Via Email Untuk Karyawan Bank

To            : [email protected]

Cc            : –

Subject   : Teller Bank XXXXX

Yth. HRD

Bank XXXXX

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama                           :

Tempat, Tanggal Lahir  :

Pendidikan Terakhir      :

Telp                               :

 

Dengan surat ini saya mengajukan lamaran di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai Teller Bank XXXX. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan dokumen terkait:

  1.       Scan KTP
  2.       Dst

Demikian surat lamaran yang saya buat, dengan surat ini besar harapan saya melanjutkan pada tes wawancara yang disediakan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya ucapkan terima kasih sebanyak – banyaknya.

 

Hormat Saya,

 

Nama Lengkap


5. Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Via Email Sebagai Dosen

Contoh Surat Lamaran Kerja Simple Via Email Sebagai Dosen

Dosen sangat menyusun tulisannya dengan baik. Untuk mengetahui contoh surat lamaran kerja dapat simak di bawah ini.

Surat Lamaran Kerja Simple Via Email Sebagai Dosen

To            : [email protected]

Cc            : –

Subject   : Lamaran Calon Dosen Prodi S1 Akuntansi

Jakarta, 2 November 2020

Kepada Yth.

Dekan Fakultas Ekonomi XXXXX

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama                                                       :

Tempat, Tanggal Lahir                              :

Pendidikan Terakhir                                  :

Telp                                                           :

 

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu untuk diterima sebagai Tenaga Dosen di Univ. XXX yang Bapak/Ibu pimpin. Berikut saya lampirkan dokumen sebagai bahan pertimbangan:

  1.       Fotocopy Ijazah
  2.       Dst

Demikian surat lamaran yang saya ajukan untuk selanjutnya diproses sesuai ketentuan yang ada. Atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih banyak.

 

Hormat Saya,

 

Nama Lengkap

Itulah beberapa contoh surat lamaran kerja simple via email dan tulis tangan sebagai referensi bagi yang ingin membuat surat lamaran kerja. Isi semua kolom yang ada pada email, jika ada yang dikosongkan menandakan tidak sopan atau kurang mampu menggunakan email.


Kesalahan Dalam Penulisan Yang Harus Dihindari

Kesalahan Dalam Penulisan Yang Harus Dihindari

Membuat surat lamaran kerja sangat mudah karena hanya menggunakan kata formal pada isinya. Namun masih ada yang tidak tahu mengenai kesalahan apa saja ketika menuliskan surat lamaran kerja. Bagi pemula adalah tempat kesalahan namun dapat dipelajari dari kesalahan tersebut. Untuk mengetahui kesalahan tersebut, simak informasi di bawah ini.

1. Berbohong Untuk Meninggikan Ekspektasi Dari Kenyataan

Sangat banyak pelamar kerja yang berbohong untuk skill, identitas diri, pengalaman, dll yang digunakan agar menarik perusahaan. Perusahaan akan mengetahui hal itu sehingga surat lamaran kerja yang dikirim mungkin tidak dibaca. Jika dari awal sudah dimulai dengan berbohong dalam prosesnya akan sulit dijalankan.

2. Pencantuman Pengalam Kerja Yang Tidak Relevan

Banyaknya pengalaman pekerjaan adalah hal yang bagus untuk ditunjukkan kepada perusahaan yang sedang dilamar. Namun dengan pengalaman tersebut dapat ditolak oleh perusahaan juga. Pilihlah pekerjaan sesuai dengan pengalaman yang telah dijalankan sebelumnya. Karena pengalaman adalah keahlian seseorang yang akan digunakan di masa yang akan datang. Misalnya pengalaman bagian keuangan namun melamar kerja bagian dokter.

3. Bertele – tele

Hal ini membuat HRD tidak melirik surat lamaran kerja sama sekali. Karena penulisan yang terlalu banyak dan berulang – ulang dijelaskan mencantumkan kepribadiaan yang lelet. Untuk itu ubahlah cara penulisan sebelum memulai menulis surat lamaran kerja. Penjelasan yang detail dapat diberikan ketika wawancara agar lebih nyaman berbicara panjang lebar.

4. Kurang Teliti Menuliskan Nama Perusahaan

Menuliskan nama perusahaan dengan benar adalah hal yang dipertimbangkan oleh perusahaan. Keliru sedikit saja sudah menjadi penilaian yang tidak baik di mata HRD atau pimpinan. Jika banyak membuat surat lamaran kerja jangan sampai lupa mengganti nama perusahaan karena dinilai tidak teliti terhadap hal kecil.

5. Kurang Memahami Persyaratan Yang Dicantumkan

Hal ini sering keliru karena lowongan pekerjaan memiliki jangka waktu sedikit sehingga terburu buru dan tidak paham dengan persyaratan. Ada baiknya pahami dulu baru mempersiapkan, di surat lamaran kerja tertulis KTP namun berkas yang dikumpulkan adalah KK. Ini adalah kesalahan yang dinilai kurang teliti dan tidak nyambung.

Inilah informasi mengenai contoh surat lamaran kerja simple tulis tangan dan via email untuk para pelamar kerja. Semakin banyak memahami contoh surat lamaran kerja dapat membuat kata – kata yang lebih baik dan sesuai dengan kepribadian. Banyak perusahaan yang mencari karyawan untuk menjalankan perusahaan dengan baik.


Surat lamaran kerja yang simple sangat menarik dimata perusahaan karena waktu yang dikeluarkan sedikit. Meskipun simple harus sesuai aturan yang diinginkan perusahaan agar dipanggil wawancara. Isi surat lamaran kerja harus formal dan tidak bertele tele agar perusahaan memahami maksud pelamar kerja. 

Itulah contoh surat lamaran kerja yang bisa digunakan untuk perusahaan multinational. Jika menggunakan bahasa Inggris, pastikan untuk mengecek grammar dan pengejaan setiap katanya. Jangan sampai salah dan membuat malu diri sendiri karena hal-hal kecil seperti salah grammar dan pengejaan.

Jadi, jenis dan bentuk surat lamaran kerja sangat beragam. Dalam pembuatannya, pastikan untuk mencamtumkan sumber lowongan serta posisi yang diinginkan. Jangan membuatnya terlalu detail dan panjang juga karena ada dokumen-dokumen pendukung yang akan menjelaskan lebih detail mengenai pelamar.

Jika ingin lebih mudah dalam pembuatannya, maka carilah contoh surat lamaran kerja dari internet. Namun, usahakan untuk tidak copy-paste untuk menghindari kesalahan nama atau lokasi yang sama. Jadi, jika mengambil contoh surat, ketik ulang dari awal dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Contoh Surat Lamaran Kerja 

Leave a Comment