Contoh Surat Resmi Perusahaan

Contoh Surat Resmi Perusahaan – Komunikasi sangat diperlukan dengan tujuan untuk menyampaikan informasi.  Salah satu cara yang bisa dicoba untuk menyampaikan sebuah informasi adalah menggunakan media surat.

Meskipun media surat ini sekarang sudah jarang digunakan, namun untuk organisasi resmi seperti perusahaan masih banyak yang menggunakannya. Sehingga tidak heran jika masih banyak contoh surat resmi perusahaan. Hingga saat ini, di berbagai perusahaan masih sangat sering ditemukan, bahkan menjadi salah satu kewajiban bagi perusahaan.

Hal ini tentu tidak bisa dipungkiri, mengingat perusahaan memang lebih formil jika dibandingkan dengan perseorangan. Oleh karena itu penulisannya juga berbeda dengan jenis surat lainnya. Karena surat ini nantinya juga harus dipertanggungjawabkan keabsahannya.

Tidak jarang karena hal tersebut, banyak yang menjadi bingung bagaimana caranya menulis surat resmi perusahaan yang baik sesuai dengan jenisnya. Oleh karena itu disini akan dibahas lengkap bagaimana contoh surat resmi perusahaan yang baik, dan cara penulisannya.


Jenis Contoh Surat Resmi Perusahaan dan Cara Penulisannya

Perlu diketahui bahwa ada banyak sekali contoh surat resmi perusahaan. Dimulai dari surat resmi perusahaan untuk kerjasama maupun untuk pemberitahuan yang sifatnya lebih pribadi, seperti untuk karyawan. Untuk mengetahui bagaimana cara penulisan yang benar berdasarkan jenis surat resmi yang diinginkan, bisa melihat penjelasan ini.

Contoh Surat Resmi Perusahaan Untuk Undangan Rapat

Contoh Surat Resmi Perusahaan Untuk Undangan Rapat

Contoh surat resmi perusahaan yang pertama adalah untuk undangan rapat. Surat ini paling sering digunakan, dan paling sering ditemukan. Biasanya di dalam rapat ini berbagai pembahasan atau keputusan yang hendak diambil akan dimusyarawahkan dulu disini. Oleh karena itu, pihak administrasi atau atasan dari sebuah perusahaan biasanya akan mengundang para peserta rapat dengan cara memberikannya surat resmi.

Surat Resmi Perusahaan Untuk Undangan Rapat

ATAS DEPAN
Perumahan Permata Indah Blok S. No. 10 Jl. Raya Ki Hajar Dewantara Km. 12 Pati 67285
Telp 022 332766 Fax 022 332766 Mobile : 085649235455

Pati, 29 Oktober 2020

 

Nomor : 021/UR/VI/2020
Perihal       : Undangan Rapat
Lampiran :

Yth
Bapak Muhammad Ananda
Manajer Marketing
PT. Atas Depan
Di tempat

 

Dengan Hormat

Sehubungan dengan akan diadakannya  acara  peresmian  perusahaan, maka bersama ini kami mengundang semua Manajer PT Atas Depan untuk hadir dalam rangka rapat persiapan yang akan dilaksanakan pada :

hari/Tanggal : Selasa/3 November 2020
waktu : 10.00 – 13.00
tempat : Ruang Pertemuan Tiga

Demikian undangan ini kami sampaikan, mengingat pentingnya acara tersebut maka dimohon untuk semua bisa hadir tepat waktu. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami,

Stefan Ilham

2. Penawaran Jasa

Untuk perusahaan yang merupakan jenis perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa, maka tentu saja harus mencari pelanggan yang mau menjadi pengguna untuk jasa yang ditawarkan. Apabila perusahaannya sudah merupakan perusahaan yang terkenal dan bonafit, mungkin surat penawaran jasa seperti ini sudah tidak lagi dibutuhkan.

Meskipun begitu tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana bentuk dari surat penawaran jasa. Untuk perusahaan yang masih baru dan ingin memperkenalkan jasa kepada pihak lain, maka tentu memberikan surat penawaran jasa kepada pihak lain, merupakan sebuah keharusan. Berikut ini adalah contoh surat resmi perusahaan untuk penawaran jasa.

PT. Atas Depan
Ruko Segara Permai Blok BD3 No. 5  Jl. Raya  Teh Mawar Harum Km. 4 Palembang 670977
Telp. 022 31456765 Fax. 022 776322 Mobile. 0827272467925
Website: www.ptatasdepan.com Email: [email protected]

Palembang, 29 Oktober 2020

 

Nomor                 : 006/PTSAB/60/VIII/2020
Perihal                 : Penawaran Jasa
Lampiran             : –

Kepada
Bapak/ Ibu Pimpinan
PT. SELAMAT SEHAT
Di  tempat

 

Dengan hormat,

Perkenalkan,kami dari PT. Atas Depan yang dalam hal ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Kami melayani pengiriman baik domestic maupun internasional, dalam hal ini kami berniat menawarkan kerja sama dalam bentuk expedisi besar. Kami berharap bisa membantu pendistribusian perusahaan ini, adapun service yang kami tawarkan bisa berupa Cy to Cy, DOOR to DOOR, atau pun Cy to DOOR.

Tidak hanya itu saja, pihak kami juga memiliki jasa trucking yang tersedia untuk seluruh wilayah Indonesia. Disini kami memprioritaskan kenyamanan, keamanan, dan juga keefektifan kepada pelanggan kami. Kami selalu berusaha untuk komit dengan LEAD time yang kami berikan. Apabila kedepannya Bapak/ Ibu menginginkan jasa kami, maka dengan senang hati kami akan memberikan penawaran  harga terbaik yang bisa kami tawarkan.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan partisipasi Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami,

Atas Depan,

Stefan Ilham

Baca Juga: Contoh Surat Tugas


Contoh Surat Resmi Perusahaan Untuk Penawaran Barang

Contoh Surat Resmi Perusahaan Untuk Penawaran Barang

Surat penawaran barang memang sangat dibutuhkan dalam menarik minat konsumen, karena selain menawarkan jasa perusahaan juga ada yang menawarkan barang. Jadi, perusahaan yang bergerak di bidang tersebut bisa memberikan surat penawaran barang kepada pihak yang memang ingin diajak bekerja sama. Dengan harapan pihak tersebut tertarik untuk membeli barang yang ditawarkan, adapun contoh surat resmi perusahaan untuk penawaran barang yaitu.

Surat Resmi Perusahaan Untuk Penawaran Barang

CV. Komputer Utama
Ruko Segara Permai Blok BD3 No. 5  Jl. Raya  Teh Mawar Harum Km. 4 Palembang 670977
Telp. 022 31456765 Fax. 022 776322 Mobile. 0827272467925
Website: www.utamakomputer.com Email:[email protected]

Palembang, 29 Oktober 2020

 

Nomor                 : 006/PTSAB/60/VII/2020

Perihal                 : Penawaran Barang

 

Kepada

Yth. Manajer General Affair

MAJU JAYA

Jl. Jakarta 26

Malang

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, perkenalkan kami dari Perusahaan yang bernama PT. Komputer Utama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distributor alat dan perlengkapan komputer.

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, PT. Maju Jaya adalah perusahaan properti yang sedang berkembang pesat dan kabarnya akan segera membuka beberapa kantor cabang di Malang. Sehubungan dengan hal itu, perkenankanlah kami menawarkan beberapa produk alat dan perlengkapan komputer dan tepat untuk perusahaan, yang kami tawarkan. Berikut ini bersamaan dengan surat kami lampirkan daftar barang beserta harganya tertera.

Apabila perusahaan Anda berminat serta membutuhkan layanan kami, maka bisa langsung menghubungi melalui nomor telepon 0839384747 dan kami akan mengantarkan barangnya serta menginstalasi peralatan yang dibutuhkan. Kami juga akan memberikan harga khusus jika akumulasi pembelian di atas Rp 4juta (empat juta rupiah).

Kami berharap agar penawaran ini dapat dilanjutkan ke dalam suatu bentuk kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Apabila Saudara berminat, kami siap melakukan presentasi dan melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

 

Hormat Kami.

Komputer Utama,

Ilham Wijaya


Contoh Surat Resmi Perusahaan Untuk Penawaran Kerjasama

Contoh Surat Resmi Perusahaan Untuk Penawaran Kerjasama

Sebuah perusahaan agar bisa maju lebih cepat tentu membutuhkan kerjasama dengan perusahaan lain. Tentu kerjasama yang dimaksud  disini haruslah berupa kerjasama yang saling menguntungkan, antara perusahaan yang menawarkan dan juga perusahaan yang menerima tawaran tersebut. Sehingga untuk menawarkannya supaya lancar, diperlukan surat yang baik seperti contoh di bawah ini.

Surat Resmi Perusahaan Untuk Penawaran Kerjasama

PT. Atas Depan
Ruko Segara Permai Blok BD3 No. 5  Jl. Raya  Teh Mawar Harum Km. 4 Palembang 670977
Telp. 022 31456765 Fax. 022 776322 Mobile. 0827272467925
Website: www.ptatasdepan.com Email: [email protected]

 

Palembang, 29 Oktober 2020

 

Nomor                 : 005/PTSAB/60/VIII/2018

Perihal                 : Penawaran Kerjasama

Lampiran             : –

 

Kepada Yth

Bpk. Dani Yoga

Pimpinan CV. SENTOSA MAKMUR

Jln. Bumi Permai No. 16 Palembang

 

Dengan hormat,

Kami dari PT. Atas Depan bermaksud untuk menawarkan kerjasama dengan CV. Sentosa Makmur untuk menjadi distributor produk kami yang diantaranya adalah :

  1. Perlengkapan perabot rumah tangga
  2. Interior tools (karpet, tikar, wallpaper, dsb)

Tentunya nanti akan ada kompensasi yang bisa kami negosiasikan kepada CV. Sentosa Makmur jika bersedia menjadi distributor resmi produk dari perusahaan kami.

Mekanisme mengenai kerjasama dapat kami jelaskan lebih lanjut apabila CV. Sentosa Makmur berminat dan tertarik dengan penawaran kerjasama yang kami sampaikan.

Demikian surat penawaran kerjasama ini, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

 

Hormat Kami,

 

Atas Depan,

Stefan Ilham


Contoh Surat Resmi Perusahaan Untuk Pemberitahuan LiburContoh Surat Resmi Perusahaan Untuk Pemberitahuan Libur3 1

Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan papan pengumuman bagi para karyawannya. Jadi, di papan pengumuman tersebut akan tersedia berbagai macam pengumuman yang ditujukan kepada karyawan salah satuny terkait liburan. Namun ternyata masih banyak juga perusahaan yang menggunakan surat resmi untuk memberitahukan perihal hari libur kepada karyawannya. Seperti contoh surat resmi perusahaan untuk pemberitahuan libur di bawah ini.

Surat Resmi Perusahaan Untuk Pemberitahuan Libur

PT. Atas Depan

Ruko Segara Permai Blok BD3 No. 5  Jl. Raya  Teh Mawar Harum Km. 4 Palembang 670977
Telp. 022 31456765 Fax. 022 776322 Mobile. 0827272467925
Website: www.ptatasdepan.com Email: [email protected]

 

Palembang, 26 Oktober 2020

 

Nomor                 : 005/PTSAB/60/VIII/2020

Perihal                 : Pemberitahuan Libur Maulid Nabi

Kepada

Bapak/ Ibu/ Saudara/ Saudari

Karyawan PT. Atas Depan

Di tempat

 

Dengan hormat,

Dalam rangka memperingati Hari Raya Maulid Nabi yang jatuh pada tanggal 29 Oktober 2020, maka melalui surat ini kami beritahukan bahwa :

  1. Pegawai mulai libur pada 28 Oktober sesuai dan mulai masuk kembali pada 1 November 2020 sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.
  2. Hal yang berbeda berlaku untuk pihak keamanan. Dimana para sekuriti diharapkan tetap masuk seperti biasa dengan libur shifting yang sudah dikoordinasikan dan dikondisikan.

Demikian surat  pemberitahuan ini kami sampaikan,  atas perhatian Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih dan harap gunakan waktu hari libur dengan bijak dan sebaik mungkin.

 

Hormat Kami,

 

Stefan Ilham

Baca Juga: Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB


Contoh Surat Resmi Perusahaan Untuk Penawaran Harga

Contoh Surat Resmi Perusahaan Untuk Penawaran Harga

Surat penawaran memang seringkali tidak disertai harga dari barang ataupun jasa yang ditawarkan. Banyak perusahaan yang memberikan kontak jika ingin mengetahui harga – harga dari barang dan jasa yang ditawarkan. Namun ada baiknya untuk perusahaan juga mencantumkan harga. Biasanya hal ini akan lebih menarik pelanggan, dibandingkan dengan surat yang di dalamnya tidak berisikan harga. Seperti contoh surat resmi perusahaan penawaran harga di bawah ini.

Surat Resmi Perusahaan Untuk Penawaran Harga

Pt. Atas Depan
Ruko Segara Permai Blok BD3 No. 5  Jl. Raya  Teh Mawar Harum Km. 4 Palembang 670977
Telp. 022 31456765 Fax. 022 776322 Mobile. 0827272467925
Website: www.ptatasdepan.com Email: [email protected]

Palembang, 26 Oktober 2020

 

Nomor : I/II/III/IV/2020

Perihal : Penawaran Sabun Tangan Cair

Lampiran :

 

Yang terhormat,

Purchasing Manager Boston Hotel and Restaurant

Jalan Siliwangi 987

Jakarta

 

Dengan hormat,

Dengan ini kami PT. Atas Depan yang merupakan perusahaan di bidang produk kesehatan bermaksud untuk mengajukan surat penawaran produk kami kepada Bapak/Ibu dengan uraian sebagai berikut :

Lrose Sabun Cuci Tangan Cair

 

Merupakan sebuah produk sabun cair pencuci tangan yang sangat higienis dan mengandung antiseptic yang mampu membunuh kuman. Tidak hanya itu saja produk ini juga diperkaya dengan ekstra air mawar dan lidah buaya sehingga tidak akan membuat tangan menjadi kering. Produk ini memiliki sejumlah kelebihan untuk membunuh bakteri jahat dan akan melindungi penggunanya baik itu sebelum maupun sesudah makan.

Adapun harga dari produk ini adalah Rp 150ribu (Seratus lima puluh ribu rupiah) untuk ukuran gallon yang di dalamnya berisikan 10 liter cairan sabun cuci tangan lrose.

Bapak/Ibu dapat membandingkan harga umum di pasar, yaitu sekitar Rp 250ribu (dua ratus lima puluh ribu rupiah) untuk satu galonnya dengan isi yang sama. Harga spesial yang kami tawarkan kepada Bapak/Ibu kami anggap sebagai harga promo, namun untuk kedepannya harga yang kami tawarkan tidak akan jauh berbeda dengan harga yang kami tawarkan sekarang.  Berikut kami cantumkan sample untuk test wash, sebagai bahan pertimbangan.

Demikian surat penawaran ini kami buat dengan harapan akan terjadi kerjasama yang menguntungkan antara kami dengan Boston Hotel and Restaurant. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

 

Atas Depan,

Stefan Ilham


Contoh Surat Resmi Perusahaan Untuk Pesanan Barang

Contoh Surat Resmi Perusahaan Untuk Pesanan Barang

Kalau tadi berhubungan dengan kerjasama dalam hal penawaran barang, maka kali ini dalam bentuk untuk pemesanan barang. Untuk mempermudah pemesanan barang dari perusahaan lain, maka sebuah perusahaan biasanya akan menggunakan surat untuk membeli barang tersebut. Dalam surat tersebut akan berisikan tentang barang-barang apa saja yang ingin dibeli, dan di dalamnya juga dicantumkan harga serta bagaimana cara pembayaran barang tersebut.

Surat Resmi Perusahaan Untuk Pesanan Barang

Pt. Atas Depan
Ruko Segara Permai Blok BD3 No. 5  Jl. Raya  Teh Mawar Harum Km. 4 Palembang 670977
Telp. 022 31456765 Fax. 022 776322 Mobile. 0827272467925
Website: www.ptatasdepan.com Email: [email protected]

Palembang, 26 Oktober 2020

 

 

Nomor: 256/IM/IV/2020

Lampiran: –

Perihal: Pesanan Barang Elektronik

 

Kepada PT. Elektronik Sejahtera

Jln. Baru Bangun No.134

Jakarta

 

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi dari surat yang telah saudara ajukan, kami berkeinginan untuk memesan beberapa barang Elektronik sebagai berikut :

  1. 5 Unit Kulkas
  2. 8 Unit Mesin Cuci
  3. 20 Unit TV
  4. 10 Unit Kipas Angin
  5. 5 Unit AC
  6. 9 Unit Alat Pengeras Suara

Pembayaran yang akan kami lakukan berupa kredit. Hal ini sesuai dengan ketentuan yang sudah disampaikan oleh pihak perusahaan anda sebelumnya. Adapun untuk pembayaran kredit pertama akan kami lakukan apabila barang tersebut sudah kami terima dalam kondisi baik dan tidak ada cacat.

Kami berharap bisa menerima barang secepat mungkin. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami,

PT. Atas Depan

Stefan Ilham

Baca Juga: Contoh Surat Keputusan


Contoh Surat Resmi Perusahaan Untuk Panggilan Kerja

Contoh Surat Resmi Perusahaan Untuk Panggilan Kerja

Sekarang ini mungkin sudah jarang perusahaan yang menggunakan surat resmi untuk memanggil calon karyawannya. Meskipun begitu tidak sedikit juga perusahaan yang memanggil karyawannya menggunakan surat resmi. Seperti contoh yang ada di bawah ini.

Surat Resmi Perusahaan Untuk Panggilan Kerja

PT. Atas Depan
Ruko Segara Permai Blok BD3 No. 5  Jl. Raya  Teh Mawar Harum Km. 4 Palembang 670977
Telp. 022 31456765 Fax. 022 776322 Mobile. 0827272467925
Website: www.ptatasdepan.com Email: [email protected]

Palembang, 26 Oktober 2020

 

 

Nomor : 020/HRD/DN12/TBP/2020
Hal       : Panggilan Seleksi Kerja

 

Kepada Yth,
Peserta seleksi Kerja
Perusahaan PT.ATAS DEPAN
Sebagai “STAFF PURCHASING”

Di Tempat.

Berdasarkan hasil evaluasi tim seleksi terhadap data formulir pendaftaran online yang di terima, dengan ini di sampaikan bahwa data yang Saudara isi/kirimkan memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Karenanya, Saudara dapat mengikuti tes seleksi calon Karyawan.

Tempat Tes seleksi calon Karyawan/i sebagai “STAFF PURCHASING” akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin/1 November 2020
Pukul : 08.00 – 12.00
Tempat : Employment Training Istitue
Alama : Jl. Raya Kalimalang, Bekasi

Bertemu dengan kepala HRD Bapak Muhammad Raka

Untuk dapat mengikuti seleksi ini Saudara/i diwajibkan membawa :

  1. Surat Panggilan Tes yang sudah di kirim via E-mail ke masing-masing peserta (Surat Mohon di Print). dan lampirkan bersama CV lamaran.
  2. FC kartu identitas asli
  3. Alat tulis

Demikian  surat ini kami sampaikan, untuk menjadi perhatian.

 

Hormat Kami,
PT. Atas Depan

Stefan Ilham


Jadi, bila melihat contoh surat resmi perusahaan di atas sudah bisa disimpulkan kalau penggunaan surat resmi perusahaan sangatlah penting bagi perusahaan itu sendiri. Hal ini bisa diperhatikan dari bagaimana bahasa yang digunakan dalam surat tersebut dan tata cara penulisannya. Sehingga saat menulisnya pihak perusahaan tidak boleh melakukannya secara sembarangan.

Walaupun sudah banyak teknologi canggih sekarang ini, namun penggunaan surat sudah merupakan hal yang wajib untuk perusahaan. Karena itu setelah melihat beberapa contoh surat resmi perusahaan di atas, maka diharapkan pembaca sudah bisa membuatnya sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Karena sesuai dengan yang dikatakan sebelumnya, walaupun teknologi sudah canggih namun belum bisa mengusir keberadaan surat resmi perusahaan dalam bentuk fisik. Jadi tidak heran jika masih banyak contoh surat resmi perusahaan yang beredar dikalangan masyarakat.

Contoh Surat Resmi Perusahaan

Tinggalkan komentar