Contoh Susunan Makalah

Contoh Susunan Makalah Contoh susunan makalah sangatlah banyak dicari, semua itu karena biasanya baik pelajar atau mahasiswa sering sekali mendapatkan tugas membuat makalah. Untuk itu susunan makalah harus diketahui dengan jelas dan benar.

Makalah sendiri merupakan karya tulis ilmiah yang isinya sesuai dengan hasil lapangan dan konsep suatu teori. Sehingga membuat suatu makalah tidak dapat asal-asalan namun harus sesuai dengan keadaan nyata.

Isi dari makalah harus dapat dipertanggung jawabkan oleh penulis dan perlu di ketahui susunan yang terdapat di makalah cukuplah banyak. Berikut susunan makalah beserta contohnya yang dapat dijadikan referensi:


1. Cover (Sampul)

Cover (Sampul)

Bagian terdepan dan merupakan sampul dari suatu makalah adalah Cover. Dimana cover berisi judul, nama penulis, logo kampus atau instansi, tempat atau wilayah penulis serta tahun pembuatan. Berikut contoh susunan makalah bagian cover:

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN WISATA AIR TERJUN CURUP CIUPANG

DISUSUN OLEH

SINTIA ADELA (181310056)

LOGO

 

ILMU KOMUNIKASI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS TULANG BAWANG LAMPUNG

2019


2. Kata Pengantar

Kata Pengantar

Berikutnya adalah kata pengantar yang merupakan tulisan mengenai pandangan isi makalah secara umum dan ucapan terima kasih kepada beberapa orang yang turut membantu. Berikut contoh susunan makalah bagian kata pengantar:

Puji syukur penulis panjatkan kehadiran  Allah SWT, karena atas rahmat dan karunianya-Nya sehingga Makalah ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktu yang telah ditentukan. Tentunya juga dalam kesempatan ini penulis sekaligus mengucapkan terima kasih untuk berbagai pihak yang telah membantu dan ikut andil dalam proses penyusunan makalah dari awal hingga akhir.

Makalah ini berisikan tentang informasi mengenai Obyek Wisata Air Terjun Curup Ciupang. sehingga sangat diharapkan Makalah ini nantinya dapat membantu memberikan informasi kepada pembaca dan juga penulis lain yang mencari referensi makalah seperti ini.

Dalam pembuatan makalah ini, penulis sadar tentunya akan ditemukan banyak kekurangan dari berbagai aspek dalam makalah ini. Untuk itu penulis sangat mengharapkan saran serta kritik yang dapat di berikan tentunya yang dapat membangun dan membuat makalah ini menjadi lebih baik lagi.

Semoga makalah ini dapat bermanfaat baik untuk pembaca umum ataupun khusus yang memerlukan makalah ini.

Bandar Lampung, 02 JULI 2019

PENULIS


3. Daftar Isi

Daftar Isi

Contoh susunan makalah selanjutnya adalah bagian Daftar isi yang merupakan informasi mengenai halaman dari isi makalah. Daftar isi memuat kerangka makalah sehingga tentunya akan mempermudah pembaca. berikut  contoh dari daftar isi makalah:

KATA PENGANTAR                                                                                                              

DAFTAR ISI

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang. 1

IDENTIFIKASI MASALAH

2.1 Rumusan Masalah. 2

PENYELESAIAN

3.1 Berbagai Hal Mengenai Air Terjun Curup Ciupang. 3

3.1.1 Alamat Wisata Air Terjun Curup Ciupang Kab Pesawaran. 3

3.1.2 Harga Tiket Masuk Air Terjun. 3

3.1.3 Jam Buka dan Tutup Air Terjun Ciupang Kab Pesawaran. 3

3.1.4 Rute Untuk Mencapai Air Terjun. 3

3.1.5 Keunikan Yang Dimiliki Air Terjun. 4

3.1.6 Penilaian Potensi Wisata Air Terjun Curup Ciupang. 6

3.2 Analisis Penyelesaian. 7

3.2.1 Upaya Promosi Melalui Media Sosial 7

3.2.2 Konten Media Sosial Air terjun Curup Ciupang. 7

3.2.3 Kegunaan dan Kepuasan Pemanfaatan Media Sosial Air terjun Curup Ciupang. 8

SIMPULAN DAN SARAN

DAFTAR PUSTAKA (Harus Ada)

LAMPIRAN (Jika ada)


4.  Bab 1

Bab 1

Berikutnya adalah bab 1 yang di dahului oleh pendahuluan yang berisikan latar belakang, rumusan masalah dan tujuan pembahasan. Inilah referensi contoh susunan makalah bagian bab 1 yang singkat namun jelas:

1. Latar Belakang

Contoh susunan makalah bab 1 yang pertama adalah Latar belakang dimana berisikan penjelasan mengenai permasalahan yang akan di teliti oleh penulis. Berikut contoh latar belakang makalah yang singkat:

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Lampung adalah kota dengan beragam keunikan, mulai dari budaya seperti siger yang sudah cukup terkenal, selain itu kuliner lampung yang dikenal dengan pedas tidak kalah unik.

Namun selain kedua hal itu ada satu hal lagi yang tidak kalah unik dan populer yaitu wisata yang ada di Lampung. Terutama jika sudah menyangkut wisata alam.

Jika wisata di kota Bandar Lampung identik dengan wisata buatan tangan manusia seperti rumah rusa, taman kupu-kupu, dan masih banyak lainnya yang dapat dijadikan objek berfoto.

Namun tahukah bahwa walaupun banyak wisata buatan yang ada saat ini tidak mengurangi antusias masyarakat untuk berwisata alam. Salah satu destinasi wisata alam yang sangat disukai wisatawan baik lokal ataupun mancanegara adalah wisata air terjun. Untuk air terjun kabupaten Pesawaran provinsi Lampung memiliki objek wisata yang berpotensi besar untuk menjadi sumber pemasukan besar untuk Lampung sendiri, wisata tersebut adalah Air terjun Curup Ciupang.

Air terjun Curup Ciupang memiliki keunikan tersendiri membuat orang yang pernah mengunjungi pasti akan datang kembali. Selain itu lokasinya yang tidak jauh dan jalur yang ditempuh tidak terjal menjadi alasan harus datang ke Air terjun Curup Ciupang.

Namun karena kurang perhatian oleh warga sekitar ataupun pemerintah membuat wisata satu ini tidaklah terlalu diketahui oleh masyarakat.

2. Rumusan Masalah

Berikutnya adalah rumusan masalah yang berisikan pokok masalah dari penelitian, di tulis dengan cukup singkat namun jelas. Berikut contoh susunan makalah bagian rumusan masalah:

2.1 Rumusan Masalah

Dari hasil Survei ke lapangan langsung  yaitu ke Air Terjun Curup Ciupang Dusun Purwajaya, Desa Sumberjaya, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Dimana sesuai berdasarkan latar belakang diatas muncul permasalahan yaitu wisata air terjun Curup Ciupang yang kurang memanfaatkan media sosial sebagai sarana komunikasi dalam mengembangkan wisata.

3.  Tujuan Pembahasan

Setelah masalah di rumuskan tentunya akan muncul tujuan dari pembahasan atau pembuatan makalah. Dimana contoh susunan makalah yang baik dan benar tentunya yang memiliki tujuan di dalamnya. Berikut contohnya:

Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan pembahasan adalah mengetahui mengapa wisata air terjun Curup Ciupang yang kurang memanfaatkan media sosial sebagai sarana komunikasi dalam mengembangkan wisata.


5. Bab 2

Bab 2

Dalam bab 2 berisikan sub pembahasan masalah dan penyelesaian dari penelitian yang di teliti. Berikut contoh susunan makalah bab 2:

BAB III

PENYELESAIAN

3.1 Berbagai Hal Mengenai Air Terjun Curup Ciupang

3.1.1 Alamat Wisata Air Terjun Curup Ciupang Kab Pesawaran

Air Terjun Ciupang ini terletak di provinsi Lampung, Indonesia. Tepatnya di Dusun Purwajaya, Desa Sumberjaya, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

3.1.2 Harga Tiket Masuk Air Terjun Curup Ciupang

Untuk Harga tiket masuk sendiri ke tempat wisata Air Terjun Curup Ciupang berbeda antara hari libur, minggu atau hari biasa. Saat weekday, harga tiket masuk Air Terjun Ciupang adalah Rp 5.000,- Sementara saat weekend, harga tiket masuk Air Terjun Ciupang adalah Rp10.000,- .

3.1.3 Jam Buka dan Tutup Air Terjun Ciupang Kab Pesawaran

Air Terjun Curup Ciupang sendiri tidak memiliki jam buka 24 jam terbuka untuk umum. Namun untuk itu jika akan menginap didalam hutan atau di dekat air terjun curup ciupang haruslah izin dengan warga terlebih dahulu.

3.1.4 Keunikan Air Terjun Curup Ciupang

Ada sebuah keunikan yang terdapat di lokasi ini dan akan jarang dijumpai di lokasi lain. Keunikan pada air terjun Curup Ciupang adalah sebuah tebing pada air terjunnya yang membentuk tangga dan dapat di daki.

Bisa dibilang lokasi yang satu ini masih belum banyak orang yang tahu tentang keberadaannya, dan hal tersebut menjadi nilai plus tersendiri. Masih belum banyak terjamah oleh tangan – tangan manusia. Ketinggian yang dimiliki oleh air terjun ini juga bisa dibilang lumayan tinggi, dan terkesan sangat gagah.

3.2 Analisis Penyelesaian

3.2.1 Upaya Promosi Melalui Media Sosial

Air terjun Curup Ciupang belum melakukan kegiatan promosi dengan cara menggunakan brosur dan hubungan masyarakat lainnya. Seharusnya pengurus Air terjun Curup Ciupang melakukan promosi dengan menggunakan sosial media. Seperti dengan menggunakan facebook, instagram ataupun web dan lain sebagainnya.

3.2.2 Kegunaan dan Kepuasan Pemanfaatan Media Sosial Air terjun Curup Ciupang

Secara tidak sadar, wisatawan akan menggunakan media sosial miliknya untuk memposting kegiatan selama berwisata di Air terjun Curup Ciupang melalui aktivitas ini tanpa sengaja wisatawan turut membantu kegiatan promosi. Semua itu karena ada rasa kepuasan yang muncul sehingga tanpa di minta wisatawan akan melakukannya.


6. Bab 3 Penutup

Bab 3 Penutup

Dalam bab penutup ini berisikan kesimpulan dan saran yang penulis temukan saat melakukan penelitian. Berikut contoh susunan makalah bab 3:

Kesimpulan

Kesimpulan merupakan jawaban dari rumusan masalah dan inti dari sebuah penelitian. Berikut contohnya:

Kesimpulan

Kesimpulan penelitian mengenai kegunaan dan kepuasan pemanfaatan media sosial sebagai saluran promosi wisata Air terjun Curup Ciupang adalah sebagai berikut:

  1. Berdasarkan hasil penelitian, besarnya potensi daya tarik yang dimiliki Air terjun Curup Ciupang serta kemudahan akses untuk menuju kawasan tersebut membuat Air terjun berpotensi dan strategis untuk terus dikembangkan.
  2. Untuk itu diperlukan upaya promosi melalui media sosial seperti web, facebook dan instagram.

Saran

Setelah penulis menjabarkan kesimpulan selanjutnya yang merupakan contoh susunan makalah yang benar berisikan saran. Berikut contohnya:

Saran

  1. Pemerintah dapat memberikan  pembinaan sehingga pengelola Air Terjun Curup Ciupang dapat melakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial yang ada.
  2. Dimana dapat di buat pelatihan yang membahas mengenai teknologi saat ini yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi sebuah objek wisata.

7. Daftar Pustaka

Daftar Pustaka

Berikutnya adalah daftar pustaka yang berisikan daftar referensi baik berupa buku atau situs website. Inilah contoh susunan makalah bagian daftar pustaka:

DAFTAR PUSTAKA

Severin, Werner J dan James W. Tankard. 2005. Teori Komunikasi. Kencana. Jakarta.

Suryadi, Meity Intan. 2016. Pelaksanaan Promosi Melalui Media Sosial Pada Objek Wisata Dakwah Okura Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Jurnal JOM FISIP. Vol 3 No 2.


8. Lampiran

Lampiran

Akhir dari susunan makalah adalah lampiran yang merupakan dokumen tambahan yang mendukung dapat ditambahkan di akhir makalah. Biasanya contoh susunan makalah bagian lampiran berisikan foto dari objek yang di teliti atau hal lainnya yang menunjang.

Itulah contoh susunan makalah tugas pelajar ataupun mahasiswa yang dapat dijadikan referensi. Pembuatan makalah bukanlah hal yang mudah sehingga harus dipahami setiap bagiannya.

Dengan memahami susunan makalah tentunya akan membuat penyusunan tidak sulit dan tidak memakan waktu terlalu lama. Jika di bawa santai namun serius penyusunan makalah tentunya akan sangat asik tentunya.

Contoh Susunan Makalah

Tinggalkan komentar