20+ Contoh Teks Persuasi : Pendidikan, Kesehatan dan Strukturnya

Contoh Teks Persuasi – Ada beberapa jenis teks yang ada dalam bahasa Indonesia, salah satu yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebuah teks persuasi. Teks yang satu ini banyak yang menggunakan dalam kesehariannya, namun tidak sedikit yang paham ternyata termasuk dalam teks persuasi. Contoh teks persuasi itu sendiri memang banyak kita temukan.

Pada dasarnya teks persuasif tersebut merupakan sebuah teks yang membujuk seseorang agar bisa tertarik atau sesuai dengan harapan penulisnya. Tentunya, untuk bisa membujuk pembaca, tentu harus ditambahkan sebuah kalimat yang menjadikan pikiran pembaca terpengaruh. Teks persuasi ini memiliki tujuan untuk meyakinkan pembaca bahwa ide dan juga gagasan yang ada benar.

Ada beberapa ciri khusus yang menjadikan sebuah teks tersebut masuk dalam teks persuasi atau tidak. Bahkan sebuah tulisan yang ada pada teks persuasi akan memiliki sifat subjektif. Untuk lebih memahami mengenai teks persuasi tersebut, simak penjelasan dan contoh teks persuasi berikut ini!


Mengetahui Apa Itu Teks Persuasi

Mengetahui Apa Itu Teks Persuasi

Sebelum kepada contoh teks persuasi, perlu ketahui arti dari persuasi itu sendiri. Teks persuasi merupakan sebuah teks yang berisi untuk membujuk, menyuruh, atau bahkan mengajak pembacanya sehingga bisa melakukan sesuai yang dikehendaki dari penulisnya tersebut. 

Teks persuasi ini memiliki data pendukung yang terbilang kuat agar pembaca tidak ragu dengan argumen dari penulis tersebut. Dengan adanya argumen yang kuat tentunya pembaca akan mulai tertarik dan yakin dengan apa yang dibaca.

Ketika pembaca yakin dan terpengaruh dengan penulis, tentu tidak sedikit akan mengambil sebuah tindakan tertentu. Biasanya teks persuasi ini berisi buah pikiran langsung dari penulis. 

Bisa disimpulkan pula bahwa teks persuasi merupakan sebuah teks yang membujuk seseorang dengan sajian sudut pandang dari penulis yang mewakili suatu kelompok. Dengan adanya contoh teks persuasi akan lebih memberikan gambaran bagaimana sebuah teks persuasi ini.

Baca Juga: Contoh Penutup Laporan


Tujuan Teks Persuasi

Tujuan Teks Persuasi

Tujuan dari teks persuasi ini untuk meyakinkan bahwa pendapat yang diutarakan oleh penulis benar serta terbukti. Tak jarang penulis akan menyajikan data pendukung yang menjadikan pembaca tidak ragu dengan apa yang ditulisnya. Karena bersifat membujuk atau mengajak, tentunya teks persuasi ini sangat cocok untuk digunakan dalam sebuah iklan maupun himbauan khusus.

Dalam meyakinkan pembaca, penulis teks persuasi perlu meriset data dan fakta untuk mendukung argumen-argumennya. Cara membawakan teks ini biasanya diawali dengan argumen yang cukup jelas. Kemudian, diikuti dengan alasan yang mendasari argumen tersebut. Lalu, data dan fakta yang menjadi bukti kuat untuk mendukung artikel tersebut. Berikutnya, diakhiri dengan menyatakan kembali argumen yang telah dibangun.

Metode tersebut sering juga dilakukan dalam penyampaian argumen secara lisan. Sebagai contoh pada teks pidato maupun teks presentasi. Maka, tak heran bila hal ini sering sekali teks persuasi ini menjadi dasar para orator hebat dan presentator handal untuk mengemukakan ide-idenya.


Fungsi Dari Teks Persuasi

Fungsi Dari Teks Persuasi

Sebelum pada contoh teks persuasi, tak ada salahnya untuk mengetahui lebih jauh mengenai fungsi khusus dari teks persuasi tersebut. Adanya teks persuasi ini memang sangat biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak sedikit yang memahami bahwa ternyata yang dipakai tersebut merupakan sebuah kalimat persuasi. Berikut beberapa fungsi dari teks persuasi, di antaranya:

1. Sebagai Sebuah Perintah

Teks persuasi memiliki sebuah fungsi sebagai perintah yang biasa digunakan terhadap seseorang untuk diperintah secara langsung. Hal ini dikarenakan diksinya berisi kata perintah dan kalimatnya berupa kalimat perintah.

2. Sarana Meyakinkan Orang Lain

 Tidak hanya untuk memerintah saja, teks ini juga biasa digunakan untuk membentuk sebuah paragraf yang bertujuan untuk meyakinkan. Dengan adanya sebuah argumen, tentu orang lain akan lebih percaya.

3. Pilihan Beriklan Yang Tepat

Banyak sekali iklan yang menggunakan kalimat persuasi didalamnya. Dengan menggunakan teks persuasi, biasanya akan banyak konsumen yang terinspirasi dan tertarik akan sebuah produk.


Ciri-Ciri Teks Persuasi

Ciri Ciri Teks Persuasi

Untuk membedakan antara teks satu dengan yang lain, tentu setiap teks memiliki ciri-ciri tersendiri. Sebagai contoh teks persuasi yang selalu mengandung kata ajakan, teks yang lain tentu juga memiliki cirinya. Nah, jika ingin mengetahui sebuah teks persuasi, berikut ciri-cirinya:

1. Menyajikan Sebuah Data Dan Juga Fakta

Data merupakan sebuah sajian kejadian yang telah terjadi atau berisi sesuatu yang bermanfaat. Sedangkan, untuk dakta merupakan kejadian yang memang benar-benar terjadi dan tidak dibuat-buat. Nah, untuk teks persuasi itu sendiri memiliki tujuan untuk mempengaruhi pembaca, tentu harus adanya data yang berisi fakta agar orang bisa lebih percaya.

Adanya sebuah data dan juga fakta memiliki peran yang sangat penting untuk pembuatan teks persuasi ini. Dengan adanya data yang berisikan fakta akan menjadikan alasan kuat pendukung isi dari teks tersebut. Semakin banyak data yang ada, semakin besar peluang membujuk pembaca sesuai dengan kehendak penulis.

2. Menyajikan Kata-Kata Membujuk

Ibarat masakan yang enak tentu masakan yang diberi sebuah bumbu secara komplit dengan takaran yang pas. Sama halnya dengan teks persuasi yang mana berisi kata-kata membujuk sesuai dengan istilah dari teks tersebut. Ketika terdapat sebuah contoh teks persuasi, tentu akan banyak ditemukan kata membujuk atau sebuah ajakan.

Biasanya teks yang satu ini akan menggunakan kata membujuk atau sebuah kata kerja yang imperatif. Untuk pemilihan katanya sendiri bisa seperti halnya ayo, mari, penting, harus, lakukanlah, jadikanlah, waspadalah, hendaklah, atau kata ajakan yang lainnya. Pada dasarnya pembaca akan merasa terbujuk atau diajak sesuatu. Pemilihan kata yang ada tentu disesuaikan dengan topik teks tersebut.

3. Menghindari Adanya Konflik

Ketika hendak membujuk, tentu penulis akan berusaha menghilangkan konflik yang ada. Tentunya hal tersebut bertujuan untuk mempertahankan sebuah kepercayaan dari pembaca. Adanya sebuah bujukan yang bertolak belakang dengan pemahaman pembaca tentu akan menghadirkan konflik yang menjadikan penulis tidak dipercaya.

Pastikan pemilihan kata dalam teks selalu dipikirkan ulang dan menggunakan kata yang memang paling tepat. Ketika tidak ada sebuah kata yang menyinggung suatu pihak atau memicu konflik, tentu teks persuasi yang ada akan sesuai dengan harapan yang ada.

4. Menimbulkan Sebuah Kepercayaan

Ketika menyajikan sebuah teks yang akan membujuk pembacanya, tentu harus benar-benar menyajikan tulisan yang bisa menimbulkan atau memunculkan kepercayaan bagi pendengar atau pembaca. Hal ini menjadi kunci utama sebuah teks persuasi. 

Meskipun pada dasarnya persuasi juga berisi argumen yang mana hanya berlandaskan pendapat. Ketika mempersuasi dengan tangan kosong tanpa sebuah data dan fakta, maka semuanya akan sia-sia. Seseorang yang membaca akan lebih mudah percaya dengan tulisan yang dibuatnya.


Syarat Untuk Menyusun Teks Persuasi

Syarat Untuk Menyusun Teks Persuasi

Lalu, perlu juga untuk mengetahui syarat ketika hendak membuat teks persuasi. Adapun beberapa syarat tersebut akan memudahkan ketika membuat teks yang benar-benar mampu membujuk pembaca. Nah, berikut beberapa syarat untuk menyusun sebuah teks persuasi, di antaranya:

1. Pastikan Pemilihan Katanya Tepat

Ketika melihat contoh teks persuasi, tentu rangkaian kata yang ada dirancang sedemikian rupa sehingga benar-benar bisa menarik pembaca. Hal yang paling mendasar dari sebuah teks persuasi yaitu kata yang digunakan. Diksi yang tepat akan mengantarkan penulis pada tujuan dari menulis teks persuasi.

Tak jarang para penulis menggunakan pemilihan kata yang sangat dekat audiensinya. Baik bahasa formal, bahasa gaul, bahkan bahasa daerah. Hal tersebut sering dilihat pada iklan-iklan kampanye menjelang pemilihan umum.

2. Menyajikan Bukti Atau Fakta

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sebuah teks persuasi membutuhkan sajian bukti atau fakta. Hal ini akan menjadikan teks memiliki gagasan yang lebih kuat. Ketika gagasan yang dituangkan dalam teks persuasi tersebut kuat, pembaca akan lebih mudah tertarik. 

Bukti dapat berupa data yang berasal dari hasil riset penelitian maupun hasil survey dari badan yang memiliki kapasitas di bidang tersebut. Jangan sekali-kali memberikan bukti datau fakta berdasarkan pengalaman pribadi. Hal tersebut dikarenakan bukti tersebut akan menjadi bukti yang subyektif bukan bukti obyektif.

Selain itu, fakta yang ditampilkan bisa diambil dari media-media nasional maupun internasional yang memang meliput langsung sebuah fenomena atau peristiwa yang menjadi sorotan publik. Maka, hindari menggunakan pengalaman pribadi untuk memberikan bukti dalam teks persuasi.

3. Adanya Kemampuan Mengelola Emosi

Ketika membuat teks persuasi, kita juga diharuskan untuk pandai dalam mengolah emosi. Maksud dari mengelola emosi tersebut yaitu pembaca harus dibuat meredam emosi dari tulisan yang telah dibacanya. Hal ini biasanya ketika kita membuat sebuah teks yang berisi politik atau sebuah propaganda yang akan memancing emosi seseorang.   

  30+ Contoh Penutup Pidato Efektif dan Menarik Berbagai Tema

Saat menulis teks persuasi, posisikan diri penulis sebagai seorang pembaca yang memang bertanya-tanya dan membutuhkan alasan yang kuat sehingga dibutuhkan teks yang meyakinkan untuk melakukan suatu hal. Biasanya, kegiatan yang membutuhkan persuasi adalah pembelian sebuah produk atau jasa, memberikan hak suara, mendukung pihak tertentu, dan masih banyak lagi.


Jenis Teks Persuasi

Jenis Teks Persuasi

Ada beberapa jenis dari teks persuasi tersebut. Pengkategorian tersebut berdasarkan fungsi dan tujuan dari teks yang ada. Berikut beberapa jenis dari teks persuasi, di antaranya:

1. Persuasi Pendidikan

Pendidikan menjadi hal utama terlebih di era modern sekarang ini. Semakin menarik sebuah institusi pendidikan, tentu akan banyak siswa yang mendaftarnya. Biasanya teks persuasi yang digunakan untuk pendidikan ini berisi sebuah prestasi yang ada baik dari lulusan maupun pedagogisnya.

2. Persuasi Politik

Hal yang selalu membuat suasana panas yaitu ketika berkecimpung dalam dunia politik. Ketika terlibat dalam sebuah politik, tentu membutuhkan teks persuasi yang akan meyakinkan masyarakat. Seorang pakar politik dan juga negara tentu akan selalu menggunakan teks persuasi dalam segala demonstrasinya.

3. Persuasi Propaganda

Propaganda atau sebuah penyebaran informasi memerlukan teks persuasi agar pembaca ikut terlibat di dalamnya. Contoh teks persuasi yang bisa ditemukan terdapat dalam informasi propaganda. Maksud dari propaganda ini yaitu sebuah informasi yang disampaikan tidak dalam keadaan objektif dan condong mendukung kelompok tertentu.

4. Persuasi Advertensi

Advertensi atau sebuah iklan pada dasarnya memang selalu menggunakan bahasa persuasi. Hal ini untuk menarik pembaca sehingga tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Adanya persuasi iklan ini digunakan sebuah perusahaan untuk memperkenalkan barang dan juga mengepakkan sayap usahanya. Tentunya ketika hendak menggunakan bahasa persuasi untuk advertensi, pastikan memilih kata yang mampu menarik dan jelas.

5. Persuasi Bisnis

Bisnis menjadi salah satu jembatan untuk bisa mendapatkan sebuah penghasilan yang lebih besar dibandingkan dengan gaji bulanan. Dalam menjalankan bisnis, perlu adanya kalimat persuasi agar antar klien bisa bekerja sama dan juga memperoleh kepercayaan yang lebih. Meskipun pada dasarnya persuasi yang ada harus diimbangi dengan fakta sebuah perusahaan. Hal ini untuk menghindari kekecewaan yang ditimbulkan dari klien yang ada.


Berbagai Contoh Teks Persuasi

Berbagai Contoh Teks Persuasi

Untuk contoh dari teks persuasi ini memang sangat banyak namun memiliki tujuan yang sama yaitu membujuk pembaca. Pada dasarnya teks tersebut berisi untuk selalu meyakinkan pembaca agar menuruti anjuran atau ajakan yang dibuat oleh penulis itu sendiri. Dalam media baik tu televisi, radio, iklan media sosial, tentu akan banyak ditemukan contoh teks persuasi ini. Agar lebih paham bagaimana teks persuasi tersebut, simak contohnya berikut ini:

1. Contoh Teks Persuasi Pendidikan Tema Manfaat Membaca

Contoh Teks Persuasi Pendidikan Tema Manfaat Membaca

Contoh Teks Persuasi Pendidikan Tema Manfaat Membaca

Seperti yang telah disebutkan dalam pembahasan jenis teks persuasi, dalam dunia pendidikan ada berbagai macam persuasi yang digunakan. Nah, berikut beberapa contoh teks persuasi dalam bidang pendidikan, di antaranya:

Pentingnya Membaca Dan Memperbanyak Literasi

Banyak anak berusia 17 tahun tidak memiliki keterampilan intelektual tingkat tinggi yang seharusnya kita harapkan dari mereka. Hampir 40 persen tidak dapat menarik kesimpulan dari materi tertulis, hanya seperlima yang bisa menulis esai persuasif dan hanya sepertiga yang dapat memecahkan masalah matematika yang membutuhkan beberapa langkah.

Untuk itulah, marilah mulai sekarang kita lebih meningkatkan kemampuan literasi kita. Setidaknya setiap hari selalu membaca paling tidak 5 menit agar otak kita terlatih. Nah, disamping itu, ada beberapa alasan pentingnya membaca dan memperbanyak literasi ini.

Adanya Pendidikan Mengajarkan Untuk Belajar

Nilai jual terbesar bagi pendidikan dalam masyarakat adalah sebuah kenyataan bahwa pendidikan membantu orang belajar “bagaimana” belajar. Ini bukan tentang pengetahuan yang mereka kumpulkan saja, namun menjadi cara seorang anak diajar bagaimana “mempelajari” sesuatu. 

Berpikir Secara Nalar

Orang bodoh yang tidak pernah belajar bagaimana bernalar akan memandang, mempercayai mereka dan mendukung mereka. Jika seseorang diajari bagaimana bernalar maka dia akan tahu bagaimana mengenali bukti empiris.

Pendidikan Berlaku Seumur Hidup

Tanpa adanya pendidikan yang mengajari orang-orang bagaimana menalar dan mengajari mereka bagaimana memisahkan apa yang fakta dari apa yang merupakan bukti yang salah karena pendidikan berlaku seumur hidup sebagai bekal untuk tetap bertahan hidup.

Mengingat memang pada dasarnya pendidikan teramat penting terlebih dengan banyaknya literasi yang dimiliki seseorang. Jika sebuah negara mendukung pendidikan dan mengutamakannya, biasanya sebuah negara akan lebih maju.


2. Contoh Teks Persuasi Pendidikan Tema Gemar Membaca

Contoh Teks Persuasi Pendidikan Tema Gemar Membaca

Contoh Teks Persuasi Pendidikan Tema Gemar Membaca

Selain itu, ada pula contoh teks berisi ajakan untuk gemar membaca dengan menyajikan argumen menarik mengenai manfaat dari membaca. Simak contoh berikut ya!

Membaca Itu Mengasyikkan 

Banyak sekali saat ini anak yang kurang menyukai bahkan tidak hobi membaca. Padahal dengan membaca kita akan mampu mengetahui bagaimana dunia dan juga kehidupan ini. Ada banyak sekali manfaat yang diperoleh ketika kita membaca sebagai berikut

Membaca Menghasilkan Prestasi

Banyak siswa memasuki taman kanak-kanak dengan kinerja di bawah teman-temannya dan tetap tertinggal saat mereka naik kelas. Perbedaan dalam bahasa, eksposur pada pengalaman cetak dan latar belakang akan membedakan bagaimana keadaan sebuah siswa tersebut. 

Dengan kebiasaan membaca siswa lebih siap menghadapi materi bacaan yang lebih menantang di kelas atas. Tentunya,  hal tersebut berimbas pada prestasi yang ada.

Belajar Dengan Membaca Tidaklah Rumit

Membaca adalah proses kompleks yang memanfaatkan banyak keterampilan yang perlu dikembangkan pada saat bersamaan. Dengan membaca, maka akan menjadi sarana menyeimbangkan berbagai komponen membaca, termasuk kesadaran fonemik, fonik, kefasihan, kosakata, dan pemahaman dalam pengajaran mereka sehari-hari.

Memudahkan Mengucapkan Sebuah Kata Bagi Anak

Alasan orang yang kurang membaca lebih sulit berbicara yaitu karena mereka belum mengembangkan kesadaran fonemik – menyadari bahwa kata-kata terdiri dari bunyi ucapan, atau fonem. Tentu ketika pengenalan kata tidak otomatis, membaca tidak lancar, dan pemahaman terganggu.

Belajar Membaca Terkait Erat Dengan Belajar Berbicara Dan Mendengarkan

Anak akan membangun pengetahuannya tentang kosakata, struktur kalimat, sintaksis, dan tujuan komunikasi yang semuanya akan membantunya menjadi pembaca di tahun-tahun mendatang. Anak-anak dengan masalah bahasa, pendengaran, atau bicara perlu diidentifikasi sejak dini agar mereka dapat menerima bantuan yang mereka butuhkan untuk mencegah kesulitan membaca di kemudian hari.


3. Contoh Teks Persuasi Politik Tema Ajakan Menggunakan Hak Suara
Contoh Teks Persuasi Politik Tema Ajakan Menggunakan Hak Suara

Contoh Teks Persuasi Politik Tema Ajakan Menggunakan Hak Suara

Kesuksesan seorang politikus dalam pemilihan legislatif ada pada pidato saat kampanye. Tak heran, bila calon legislatif maupun kepala daerah tak segan-segan menyewa jasa penulis untuk membuatkan teks persuasi untuk menarik perhatian masyarakat. Berikut contoh teks yang digunakan untuk persuasi politik:

Dari Manakah Suara Yang Akan Kamu Berikan?

Politik memang menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan dalam kiprah apapun. Memang meskipun kita tidak ingin ikut bergabung dalam dunia politik, faktanya setiap tatanan pemerintahan sekarang ini erat hubungannya dengan politik.Ada beberapa langkah politik masuk dalam kehidupan kita, di antaranya:

Menggunakan Saluran Politik Langsung

Banyak sekali  kampanye politik yang menggunakan saluran seperti media sosial dalam persuasi politik. Ada beberapa manfaat unik yang dapat diberikan setiap saluran ini seperti halnya interaksi tatap muka, panggilan telepon, atau yang lainnya. 

Melalui Panggilan Telepon

Seperti interaksi tatap muka, panggilan telepon adalah saluran komunikasi satu-ke-satu. Apa yang dikorbankan dalam hal individu yang berinteraksi satu sama lain secara langsung, diperoleh dengan kemampuan melakukan penjangkauan pada skala yang jauh lebih besar.

Adanya Pesan Teks

SMS dan khususnya SMS peer-to-peer telah muncul sebagai saluran yang bagus untuk mendorong orang mengambil tindakan. Yaitu, apa saja mulai dari mengklik link untuk menyumbang hingga menjawab survei. 

Melalui Saluran Berita Dan Surat Kabar

Pengaruh media tidak bisa diremehkan, orang mengandalkan berita, baik di TV, atau online untuk mendapatkan informasi politik mereka. Hal tersebut tentunya memberikan arti bahwa untuk membangun hubungan baik dengan organisasi berita lokal akan berdampak baik pula.

Iklan Yang Ditemui

Media sosial adalah produk dari era komunikasi massa yang relatif baru, yang juga memungkinkan terjadinya personalisasi. Datang tepat setelah berita tradisional sebagai sumber informasi bagi pemilih, sangat penting untuk menerapkan taktik persuasi pemilih apa pun. 

Setelah Anda memiliki pesan yang benar, persuasi politik akan hadir di saluran yang sering dikunjungi oleh pemilih yang Anda targetkan.


4. Contoh Teks Persuasi Politik Tema Kenali Calon Pemimpinmu

Contoh Teks Persuasi Politik Tema Kenali Calon Pemimpinmu

Contoh Teks Persuasi Politik Tema Kenali Calon Pemimpinmu

Teliti Akan Metafora Politik Sebelum Menyesal

Dalam politik, terdapat sebuah metafora yang aman membentuk struktur kategorisasi dan argumentasi politik. Metafora konseptual seperti permainan politik misalnya membentuk persepsi kita tentang politik atau yang lainnya terdapat pemetaan target dalam politik ini. Tentunya, hal tersebut untuk memenuhi tujuan persuasif dan retorika mereka dalam wacana politik.

Metafora Politik Untuk Menyerang Lawan

Adanya sebuah iklan politik negatif dan mengamati bahwa banyak calon pejabat politik meninggalkan iklan positif yang berfokus pada masalah memang tidak diragukan lagi saat ini. Banyak sekali pihak yang terlibat dalam strategi retoris serangan langsung terhadap lawan mereka. Serangan lawan politik menegaskan bahwa politisi memproyeksikan presentasi diri yang positif dan presentasi negatif lainnya.

Banyaknya Isu Dalam Politik

Pengalaman sosial politik yang dialami banyak orang banyak yang beranggapan bahwa wacana politik di berpusat pada sebuah isu. Tentunya, hal tersebut erat hubungannya dengan peristiwa sosial yang baru-baru ini memunculkan metafora jinak tertentu untuk menggambarkan situasi sosio-budaya yang unik dari politik.

Hasil temuan mengungkapkan bahwa terdapat lima belas anggota badan yang menjadi konsep metafora politik dan tercermin dalam wacana politik. Adanya metafora konseptual dan interaksinya antara tubuh dan budaya dan menyatakan bahwa tubuh merupakan sumber yang berpotensi universal untuk metafora konseptual yang muncul, budaya berfungsi sebagai filter untuk memilihnya.

  10+ Contoh Teks Laporan Percobaan Makanan, Pendidikan & Hasil Karya

Dengan kata lain, metafora dihasilkan dari pengalaman tubuh tetapi dibentuk oleh realisasi budaya dan begitu juga dengan budaya tertentu. Penggunaan bagian tubuh untuk membuat konsep konsep abstrak menegaskan prinsip lain dari teori Metafora Konseptual: Konsep Dasar Pengalaman.

Dalam konsep ini, metafora konseptual disebabkan oleh pengalaman orang-orang di dunia dan pengalaman didasarkan pada tubuh.

Baca Juga: Contoh Teks Report


5. Contoh Teks Persuasi Propaganda Tema Perang Dunia II

Contoh Teks Persuasi Propaganda Tema Perang Dunia II

Contoh Teks Persuasi Propaganda Tema Perang Dunia II

Propaganda itu sendiri merupakan sebuah penerangan baik itu benar maupun salah yang memiliki tujuan untuk meyakinkan seseorang. Tentunya, dengan adanya propaganda tersebut agar menganut sebuah aliran, sikap, maupun sebuah tindakan tertentu. Nah, berikut contoh teks persuasi untuk jenis propaganda, di antaranya:

Propaganda Film Triumph Of The Will

Film Triumph of the Will adalah karya propaganda Nazi. Karya tersebut menampilkan Hitler dan para pemimpin Nazi lainnya sebagai sosok dengan kekuatan dan kehormatan yang tak terbatas, mengangkat bangsa Jerman ke tingkat kemakmuran yang baru. Aspek negatif dari pemerintahan Nazi diabaikan sepenuhnya, dan film tersebut mengandung sejumlah kebohongan.

Triumph of the Will sangat sukses di antara rakyat Jerman sehingga Sekutu berpikir mereka harus memiliki sesuatu untuk melawannya. Seorang pembuat film Amerika membuat Why We Fight , serangkaian film dokumenter tentang kekuatan Poros dan pelanggarannya. 

Ironisnya, Why We Fight sebenarnya menggunakan beberapa footage dari Triumph of the Will , namun disajikan dalam konteks yang berbeda sehingga membuat masyarakat Jerman terlihat seperti orang-orang yang tertipu. Sayangnya, Why We Fight juga menggunakan stereotip rasis terhadap Jepang, dan juga mengandung beberapa kebohongan dengan berbagai ajakan yang sangat menggoda.

Mengingat adanya kasus tersebut, marilah kita mulai membuka mata secara jeli terhadap setiap masalah agar tidak mudah tertipu!


6. Contoh Teks Persuasi Propaganda Tema Perang Dunia II

Contoh Teks Persuasi Propaganda Tema Perang Dunia II

Contoh Teks Persuasi Propaganda Tema Perang Dunia II

Selain itu, ada pula propaganda yang dilancarkan era kekaisaran Romawi. Dalam teks ini tidak menyudutkan pihak manapun karena dalam teks ini berisi propaganda untuk lebih waspada dan belajar dari masa lalu yang bersejarah.

Dinasti Romawi Yang Penuh Kebohongan

Ketika kita membaca Ovid Metamorphoses , kita biasanya melihat klasik puisi tentang mitologi Romawi. Banyak pembaca yang tidak menyadari bahwa buku tersebut sebenarnya memiliki tujuan sebagai propaganda. Ketika ditulis, Kekaisaran Romawi sedang mengalami perubahan besar dan banyak orang masih mempertanyakan apakah dinasti yang sedang berkuasa layak untuk berkuasa.

Puisi Ovid secara halus menggambarkan Kaisar Augustus sebagai pahlawan mitos, bahkan makhluk ilahi, sehingga menopang dukungan untuknya di antara orang-orang Romawi. Dalam hal ini, tentu terdapat sebuah propaganda yang dibuat oleh pihak Romawi agar pembaca bisa menganut mereka. Melihat hal tersebut, tentu sebagai orang yang memiliki pengetahuan, saatnya untuk mengubah hidup, jangan sampai mudah terpengaruh!


7. Contoh Teks Persuasi Advertensi Perhotelan

Contoh Teks Persuasi Advertensi Perhotelan

Contoh Teks Persuasi Advertensi Perhotelan

Advertising atau iklan ini paling banyak kita temukan setiap harinya. Salah satunya bidang perhotelan. Pada contoh teks berikut ini berisi iklan singkat yang ditawarkan oleh perusahaan jasa akomodasi perhotelan yang menawarkan pemesanan dengan aplikasi digital.

Hotel Curio.io

Hotel Curio.io, hotel ternyaman untuk orang yang memang ingin pelayanan terbaik. Booking sekarang atau Anda akan menyesal nantinya, cukup dengan aplikasi saja!

Sebuah iklan hotel yang mana menyajikan iklan dengan kata untuk orang yang paling terbaik ini memang mirip dengan buletin harian. Iklan dengan kata-kata ini akan terbilang berhasil.

Mengapa ini dapat berhasil? Iklan ini memiliki banyak hal, tidak hanya berbasis video dengan teks sebagaimana seharusnya semua iklan video. Iklan ini juga mencakup ulasan dan ringkasan aplikasi dalam teks iklan. Tentunya dengan berbagai banyak alasan bagus untuk mengunduh Curio.

Teks iklan di atas tidak bertele-tele. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan iklan dituntut untuk lugas dan tepat sasaran dalam menyampaikan pesannya. Semakin singkat kalimat dalam iklan tersebut, harapannya akan semakin efektif karena pesan tersebut juga didukung oleh visual grafis yang sepadan.

Dua bidang yang sangat berperan dalam pembuatan iklan semacam ini adalah bagian copywriting yang berkutat langsung dengan pengolahan kata untuk promosi. Serta, bagian desain komunikasi visual untuk menyajikan tampilan gambar yang menunjang rangkaian kata tersebut.


8. Contoh Teks Persuasi Advertensi Pakaian

Contoh Teks Persuasi Advertensi Pakaian

Contoh Teks Persuasi Advertensi Pakaian

Fashion Terkini Yang Unik

Putarlah dan belilah sebelum orang lain membelinya. Jangan sampai Anda menyesal dan kehilangan kesempatan yang akan menjadikan terlihat fashionable serta mempesona untuk keseharianmu!

Bagian paling persuasif dari iklan ini adalah lanjutan dari iklan ini tertera pada bagian akhir iklan.  Di akhir iklan ini terdapat himbauan seperti berikut ini “Jika Anda menyukainya, belilah sebelum orang lain melakukannya”.

Berbeda dengan contoh sebelumnya, contoh teks untuk persuasi pembelian produk di lini fashion cukup berbeda. Memanfaatkan kondisi psikologis para pecinta fashion yang sangat takut ketinggalan zaman atau kini lebih dikenal dengan istilah FOMO. Pada iklan ini ada dua hal yang mempengaruhi alam bawah sadar audiensi iklan ini.

Pertama, penggunaan kata ‘sebelum orang lain membelinya’ dan ‘jangan sampai Anda menyesal dan kehilangan kesempatan’ ini membuat orang-orang akan berpikir ‘Wah, saya harus menjadi yang pertama memilikinya!’.

Kesan tersebut memang sengaja diciptakan oleh perusahaan agar pembeli merasa sangat istimewa bila memiliki produk tersebut karena koleksi pakaian tersebut dijual terbatas.

Selain itu, hal kedua berkaitan dengan himbauan yang berada tepat setelah iklan tersebut. Untuk iklan di media cetak biasanya terdapat di bawah iklan utama. Himbauan tersebut ditujukan bagi orang-orang yang memang sangat mencintai merk dan produk tersebut. 

Hal tersebut dibuktikan dengan penggunaan kata ‘menyukainya’ yang memberikan kesan bahwa, pembeli pun punya alasan yang kuat untuk membeli bukan karena dorongan kebutuhan melainkan karena keinginan. Inilah yang sering dilakukan perusahaan fashion agar tetap eksis dalam dunia bisnis. Dengan memanfaatkan loyalitas pelanggan terhadap merknya.


9. Contoh Teks Persuasi Bisnis Secara Personal

Contoh Teks Persuasi Bisnis Secara Personal

Contoh Teks Persuasi Bisnis Secara Personal

Ajakan Bergabung Ke Tim Untuk Turnamen Rutin

Hallo Rendi, Anda mungkin ingat saya dari sekolah. Jika tidak,Saya Samantha. Jika Anda tidak ingat, kami diminta untuk melakukannya menulis surat persuasif di sekolah, jadi saya memilih untuk menulis satu.

Kamu karena kamu adalah temanku. Saya percaya Anda perlu bermain sepak bola di sekolah selama waktu istirahat (bahkan jika anak laki-laki juga bermain!). Untuk satu hal, Anda tampaknya tersisih ketika semua gadis kelas lima(selain pasangan) bermain sepak bola. Bahkan jika anak laki-laki bermain sepak bola,itu tidak akan mengganggu Anda karena Anda tidak harus berada di mereka tim.

 Anda bisa berada di tim perempuan dengan saya! Juga, jika Anda tidak ingin bermain dengan laki-laki sama sekali, perempuan bisa bermain dengan mereka permainan sendiri. Aku hanya ingin kamu bisa bersenang-senang denganku.

Saya tahu Anda pikir sepak bola hanya menendang bola, tapi tidak. Dibutuhkan keterampilan untuk menggiring bola di sekitar orang dan menjadi tendangan yang cukup keras untuk mendapatkan gol. Jadi yang saya katakan adalah jika Anda bisa bersenang-senang dengan olahraga seperti hoki, Anda harus bisa menikmati olahraga sepak bola. 

Saya harap saya meyakinkan Anda untuk ikut bersenang-senang! Silahkan Bicaralah dengan saya jika surat ini tidak membujuk Anda untuk bermain sepak bola.

Bila bisnis selalu dikaitkan dengan ekonomi, maka pada contoh teks yang satu ini bukanlah bisnis berupa ekonomi. Melainkan untuk mendapatkan keuntungan satu sama lain. Proses persuasi melalui surat secara personal ini dapat dilakukan juga untuk penawaran usaha. 

Namun, dalam konteks contoh di atas pengirim surat mengajak untuk bergabung dalam tim sepak bola. Hubungan antara pengirim dan penerima pesan tidak terlalu dekat, sehingga pengirim pesan mengirim surat persuasi untuk bergabung ke dalam timnya.

Baca Juga: Contoh Teks Debat


10. Contoh Teks Persuasi Bisnis Media Massa

Contoh Teks Persuasi Bisnis Media Massa

Contoh Teks Persuasi Bisnis Media Massa

Adapula teks persuasi bisnis yang ditujukan bagi masyarakat luas. Biasanya, teks semacam ini akan hadir di kolom ulasan produk dan newsletter email. Umumnya, teks persuasi bisnis semacam ini sangat lazim digunakan pada berbagai bisnis yang memerlukan rekomendasi dari para pro

Software Komputer Evernote

Segala sesuatu di Evernote secara instan disinkronkan di komputer atau telepon apa pun yang Anda gunakan. Mulai bekerja di satu perangkat dan lanjutkan ke perangkat lain tanpa kehilangan momentum Anda. “

Contoh lainnya adalah apa yang saat ini ada di bagian atas halaman beranda.

Merasa terorganisir tanpa harus memaksakan diri.

Evernote membantu Anda menangkap dan memprioritaskan ide, proyek, dan daftar tugas, sehingga tidak ada yang lolos.

Daftar gratis .

Iklan ini berfokus 100% pada keluhan audiensnya dan menunjukkan atribut produk yang membantu mengatasinya. Kata-kata strategis seperti ‘gratis’ juga memperkuat strategi persuasi pesan secara keseluruhan agar pengguna dapat mengubahnya.

Beberapa contoh teks diatas tentu bisa menjadi pilihannya. Jika orang sudah mengetahui segalanya, mengapa membujuk mereka? Jawabannya adalah kemampuan setiap orang untuk melihat dan memahami sesuatu tergantung pada penglihatan mereka.

Oleh karena itu, argumen yang didukung oleh bukti, statistik dan fakta disajikan akan menjadikan teks persuasi semakin kuat. Dengan adanya contoh teks persuasi tersebut, tentu bisa menjadi gambaran ketika hendak membuat sebuah teks baru yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai.

Contoh Teks Persuasi

Tinggalkan komentar