13+ Contoh Teks Resensi : Film, Novel, Buku Beserta Strukturnya

Contoh Teks Resensi

Contoh Teks Resensi – Ada yang belum paham tentang teks resensi? Kalau belum tahu, teks resensi sebenarnya adalah tulisan yang berisi ulasan tentang sebuah karya sastra. Karya sastra yang dimaksud bisa novel, film, cerpen, dan masih banyak lagi. Ada beberapa contoh teks resensi yang bisa dibaca oleh penggemar karya sastra sebelum menikmatinya.

Misalnya suka dengan novel, tapi masih bingung ingin beli dengan judul apa. Dalam hal ini pembaca bisa melihat dari resensi beberapa novel, untuk melihat garis besar isi di dalamnya. Pada hakikatnya aktivitas resensi bertujuan untuk memberikan penilaian terhadap suatu karya. Penulisan resensi karya sastra biasanya menggunakan bahasan singkat namun jelas.

Informasi resensi bisa digunakan oleh penikmat karya sastra sebagai sumber informasi. Sehingga bisa tahu kelebihan dan kelemahan karya tersebut. Resensi juga bisa dipakai untuk bahan pembelajaran supaya pembuatan karya kedepannya bisa lebih baik lagi.

Bagi yang penasaran bagaimana sebenarnya contoh teks resensi itu, simak ulasan selengkapnya di bawah ini


1. Contoh Teks Resensi Novel Laskar Pelangi

Teks Resensi Novel Laskar Pelangi

Salah satu karya sastra yang bisa dibuatkan resensi adalah novel. Saat ini sudah banyak sekali novel menarik yang bisa dibaca. Bahkan rata-rata sudah diangkat menjadi sebuah film. Salah satu yang paling populer adalah novel laskar pelangi. Contoh teks resensi dari novel Laskar Pelangi adalah sebagai berikut :

Contoh Teks Resensi Novel Laskar Pelangi

Identitas Buku

Dalam teks resensi perlu dicantumkan identitas karya yang dimaksud. Poin ini biasanya diletakkan pada bagian awal atau pendahuluan. Jadi contoh penulisannya adalah

  • Identitas Buku: Laskar Pelangi
  • Penulis: Andrea Hirata
  • Tebal Buku: 529 halaman
  • Penerbit: Bentang Pustaka, Yogyakarta
  • Tahun Terbit: 2005

Sinopsis

Novel fiksi Laskar Pelangi ditulis oleh Andrea Hirata. Mengisahkan kehidupan 10 anak-anak di Pulau Belitung. Pulau Belitung sendiri merupakan salah satu pulau indah di provinsi Bangka Belitung. Anak-anak dalam cerita ini dikisahkan semuanya hidup bersahaja dan saling membantu.

Kebetulan semua orang tuanya berprofesi sama, yaitu sebagai penambang timah. Semua penduduk yang tinggal di Pulau Belitung, memang rata-rata hidup di bawah garis kemiskinan termasuk ke sepuluh anak tersebut. Namun mereka tetap semangat melanjutkan pendidikan.

Padahal kondisi sekolah sudah tak layak huni hingga nyaris ditutup karena kekurangan murid. Datanglah sosok Harun sang murid tangguh, serta ibu Muslimah guru penyabar. Meskipun beliau hanya lulusan SMP namun punya tekat kuat untuk terjun di dunia pendidikan.

Baca Juga: Contoh Teks Ulasan

Kelebihan Buku

Keseluruhan cerita dibuat dengan gaya bahasa yang bagus serta mudah dimengerti oleh semua kalangan. Alur ceritanya juga cukup menarik dan tidak membosankan. Ditambah lagi, banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik dari novel ini.

Misalnya seseorang harus sering bersyukur atas apa yang telah didapatkannya. Sebab masih banyak yang kehidupannya lebih tidak beruntung. Seperti kehidupan tokoh anak-anak dalam novel Laskar pelangi tersebut.

Kekurangan Buku

Latar cerita Laskar pelangi ini dibuat dari salah satu daerah di Pulau Belitung. Tempatnya masih terpencil, dan belum banyak orang yang tahu. Ini berefek pada penggunaan bahasa daerah untuk kebutuhan cerita.

Kebetulan bahasa yang digunakan masih terlalu awam. Sehingga tidak semua orang memahaminya, setidaknya membutuhkan waktu yang agak lama.


2. Contoh Teks Resensi Film

Contoh Teks Resensi Film

Sebuah karya sastra tidak selalu berbentuk novel. Beberapa film pun dapat dikategorikan sebagai karya sastra. Oleh sebab itu film juga bisa dibuatkan resensi untuk memberikan informasi pada penggemarnya. Berikut contoh teks resensi film yang bisa dijadikan referensi

Contoh Teks Resensi Film

Identitas Film

Sama dengan ketika meresensi sebuah karya novel, resensi film pun diawali dengan menjelaskan seputar identitasnya. Dengan begitu pembaca dapat langsung tahu sekilas tentang film tersebut, meskipun belum seberapa paham tentang isinya. Jadi contoh penulisannya adalah

  • Judul Film: Menebus Impian
  • Sutradara: Hanung Bramantyo
  • Produksi: Dapur Film
  • Tahun: 2010

Sinopsis

Film ini berkisah tentang sebuah keluarga. Bukan keluarga lengkap sebetulnya. Hanya ada seorang ibu dan sesosok anak perempuannya. Sang ibu bernama Sekar diperankan oleh Ayu Diah Pasya yang divisualisasikan sebagai sosok tangguh yang berprofesi sebagai buruh cuci.

Meskipun hidup pas-pasan, Sekar bertekad untuk menguliahkan anak perempuanya yaitu Nur yang diperankan oleh Acha Septriasa. Dari hasil buruh cuci Sekar mati-matian membiayai anak semata wayangnya untuk bisa berkuliah sampai lulus. Hingga tercapai kehidupan lebih baik tidak seperti dirinya.

Padahal Nur sebenarnya tak ingin melanjutkan kuliahnya. Nur lebih ingin bekerja demi membantu perekonomian keluarga. Kemunculan sosok Dian teman Nur yang diperankan oleh Fedi Nuril membawa perubahan besar. Dian yang merupakan mahasiswa mapan, sering memberikan wejangan pada Nur. Sehingga Nur dapat berpikir lebih luas, dan bangkit melanjutkan kuliah demi meraih cita-cita.

Kelebihan

Sebetulnya film ini muncul setelah novelnya terbit. Kalau diperhatikan baik film maupun novelnya tidak terlalu beda jauh. Bahkan hampir sama persis, walaupun ada perbedaan hanya sedikit sekali.

Banyak pesan moral yang disampaikan pada penonton dalam film ini. Sehingga film Menebus Impian ini cukup layak direkomendasikan untuk semua kalangan.

Kelemahan

Meskipun jalan cerita atau alurnya baik di novel maupun film sama, sebenarnya masih ada hal yang berbeda. Meskipun sedikit, namun beberapa penonton yang sebelumnya telah lebih dulu membaca novelnya cukup kecewa. Salah satunya kisah akhir dari tokoh Nur dan Dian.

Menurut novel, diceritakan Nur dan Dian akhirnya menikah. Namun di film keduanya dibuat tidak menikah. Meskipun tak mengurangi nilai keseluruhan film, namun hal ini cukup disayangkan oleh sebagian penggemar.


3. Contoh Teks Resensi Buku Pengetahuan

Contoh Teks Resensi Buku Pengetahuan

Karya sastra itu cukup luas. Tidak hanya fiksi seperti novel, cerpen, atau film saja. Buku-buku pengetahuan pun merupakan salah satu bentuk karya sastra. Mau tahu contoh teks resensi buku pengetahuan itu seperti apa? Berikut ulasan selengkapnya

Contoh Teks Resensi Buku Pengetahuan

Identitas Buku

Sama seperti karya-karya sastra lain. Karya non fiksi seperti buku pengetahuan pun bisa dibuatkan resensinya. Untuk pembukaan, tentu saja masih harus dicantumkan identitas bukunya seperti berikut ini:

  • Judul Buku: Satwa Terancam Bahaya
  • Pengarang: Je Green
  • Penerbit: Pakar Raya
  • Tahun Terbit:2006

Sinopsis

Dalam buku ini Je Green menjelaskan banyak alasan mengapa satwa di bumi ini menjadi makin langka bahkan menjurus punah. Tidak hanya itu saja Je Green juga mengungkapkan beberapa cara untuk mengatasi fenomena kelangkaan satwa. Termasuk usaha-usaha penyelamatan para satwa tersebut agar tidak terancam punah.

Punah yaitu kondisi di mana satwa sudah mati secara keseluruhan. Artinya tidak ada seekor pun yang dapat ditemukan di bumi. Fenomena kepunahan sendiri banyak faktor pencetusnya. Salah satunya satwa atau tumbuhan tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Namun hingga sekarang masih terbukti jika ulah manusia merupakan sebab utama.

Kelebihan Buku

Penggunaan bahasa dalam buku ini tergolong mudah dipahami. Sehingga sangat direkomendasikan bagi pengguna kalangan anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah. Buku ini bisa dipakai untuk referensi sendiri atau sebagai pendamping materi di kelas.

Kelemahan Buku

Meskipun mudah dimengerti, masih ditemukan beberapa kendala di buku ini yang cukup menyulitkan pembaca. Salah satunya adalah penggunaan istilah atau bahasa asing. Bahkan tidak dicantumkan terjemahannya sehingga membuat pembaca cukup tidak nyaman.


4. Contoh Teks Resensi Buku Cerita Rakyat Sangkuriang

Contoh Teks Resensi Buku Cerita Rakyat Sangkuriang

Siapa yang hingga sekarang masih suka membaca buku-buku cerita rakyat? Buku cerita rakyat ini juga tergolong salah satu karya sastra fiksi. Artinya bisa dibuatkan juga resensinya. Penasaran bagaimana contoh teks resensi buku cerita rakyat? Berikut pembahasan selengkapnya

Contoh Teks Resensi Buku Cerita Rakyat Sangkuriang

Identitas Buku

Pertama awali dengan menuliskan identitas buku cerita rakyat yang dipilih. Bagian ini mungkin sama dengan ketika menulis resensi dari karya sastra lain. Kali ini cerita rakyat yang akan dibuatkan resensinya adalah cerita Sangkuriang. Jadi penulisan identitas buku ceritanya adalah sebagai berikut

  • Judul Buku: Sangkuriang
  • Penulis: Yuiadi Soekardi
  • Tebal Buku: 104 halaman
  • Penerbit: CV. Putaka Setia
  • Tahun Terbit: 2002

Sinopsis

Buku cerita ini mengisahkan tentang kehidupan sepasang ibu dan anak. Hubungan keduanya terjalin cukup harmonis. Suatu hari sang anak merasakan perasaan aneh pada ibunya. Bukan cinta dan sayang dari anak pada ibunya melainkan dari lelaki untuk seorang perempuan. Sang anak memang belum cukup yakin dengan perasaannya sendiri.

Sang ibu bernama Dayang Sumbi, sementara anaknya yaitu Sangkuriang. Suatu hari Sangkuriang terpaksa harus diusir oleh ibunya. Penyebabnya adalah dirinya yang secara tidak sengaja membunuh ayahnya sendiri yang kala itu berwujud seekor anjing. Sangkuriang pergi dan memendam perasaan cinta mendalam pada sang ibu.

Lama di perantauan, akhirnya Sangkuriang pulang ke desanya untuk mengutarakan rasa cintanya pada sang ibu. Meskipun akhirnya bertemu, keduanya sempat tak saling kenal. Kisah ini menjadi awal terjadinya cerita Gunung Tangkuban Perahu.

  14+ Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pendidikan, Ilmiah dan Lainnya

Kelebihan Buku

Dari segi bahasa, buku ini menggunakan kata-kata yang mudah dipahami. Sudah cukup nyaman untuk pembaca semua kalangan. Apalagi tampilan sampulnya juga terlihat cukup menarik. Dengan begitu pembaca anak-anak akan makin tertarik dan semangat untuk mencoba membaca.

Kelemahan Buku

Dari segi bahasa memang sudah cukup bagus. Namun tidak begitu adanya dalam segi penulisan. Masih ditemukan banyak kesalahan penulisan dalam buku ini. Selain itu kertas yang dipakai juga cukup mudah robek sehingga terkesan kurang berkualitas. Apalagi gambar yang disisipkan pada buku juga tidak dilengkapi warna sehingga tidak cukup menarik.


5. Contoh Teks Resensi Buku Ilmiah

Contoh Teks Resensi Buku Ilmiah

Sedang mencari referensi buku ilmiah? Tapi cukup sulit untuk memilih mana yang tepat? Coba cari dulu resensinya supaya lebih mudah. Buku ilmiah juga bisa dibuatkan resensinya. Contoh teks resensi buku ilmiah akan dibahas pada penjelasan di bawah ini

Contoh Teks Resensi Buku Ilmiah

Identitas Buku

Untuk membuat resensi buku ilmiah sebenarnya sama dengan saat meresensi karya sastra lainnya. Pertama-tama harus mencantumkan identitas buku yang dimaksud. Contoh kali ini akan meresensi buku ilmiah berjudul “Metodologi Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi”. Selain judul, poin-poin lain juga harus dicantumkan seperti

  • Judul Buku: Metodologi Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi
  • Pengarang: H. Abdurrahmat Fathoni
  • Penerbit: PT. Rineka Cipta
  • Tahun Terbit: Tahun 2006
  • Jumlah Halaman: 105 halaman

Sinopsis

Buku ini hadir dari pemikiran sejumlah pakar dan peneliti yang sudah berpengalaman dalam ilmu metodologi penelitian. Dalam buku ini disajikan banyak informasi tentang bidang ilmu tersebut. Dengan membaca buku ini, pengguna bisa memahami dengan baik seluk beluk dunia metodologi penelitian.

Baik itu dari prosedurnya, hingga bagaimana bentuk desain penelitian secara umum. Semua bisa dipergunakan sebagai bahan referensi ketika memutuskan untuk melakukan penelitian dengan latar belakang ilmu sosial. Ada banyak teknik menulis metodologi penelitian yang ditulis dalam buku ini. Dengan begitu dapat membantu khususnya kalangan mahasiswa agar lebih mudah menyusun skripsi.

Kelebihan

Dari segi isinya, buku ini cukup segmented. Jadi sangat disarankan bagi pengguna mahasiswa ketika akan melakukan penulisan skripsi. Penjelasannya juga lumayan detail sehingga pembaca tidak sampai kurang memahami apa yang disampaikan. Ditambah lagi buku ini sangat mudah ditemukan di beberapa toko buku besar.

Kelemahan

Kelemahan dari buku ini lumayan sedikit. Pembaca hanya mungkin direpotkan dengan istilah-istilah yang menggunakan bahasa asing. Apalagi istilah asing tersebut tidak dijelaskan lebih detail. Pembaca harus pandai menafsirkan sendiri sampai menghasilkan kesimpulan yang tepat.


6. Contoh Teks Resensi Buku Cerita Anak-Anak

Contoh Teks Resensi Buku Cerita Anak Anak

Contoh Teks Resensi Buku Cerita Anak-Anak

Sedang butuh referensi buku cerita untuk anak-anak? Sekarang ini banyak judul buku cerita anak-anak yang bisa dibaca. Coba saja buka resensinya di internet supaya tidak bingung memilih mana yang tepat. Sudah pernah baca contoh teks resensi buku cerita anak-anak? Berikut pembahasan selengkapnya

Identitas Buku

Resensi buku cerita anak-anak juga akan sama dengan resensi karya sastra lain. Awal penulisan akan dibahas tentang identitas buku. Contoh penulisannya adalah sebagai berikut

  • Judul: Kisah-kisah 25 Nabi dan Rasul
  • Penulis: Sholechul Azis
  • Terbit: Tahun 2013
  • Penerbit: KunciKom

Sinopsis

Dalam buku ini dijelaskan tentang kisah para nabi berikut sejarah serta mukjizat yang dimilikinya. Dari mulai nabi yang bisa tahu bahasa binatang, dapat dengan mudah membuat perahu besar dan masih banyak lagi. Tidak hanya tentang mukjizat yang dimiliki para nabi saja. Buku ini pun menjelaskan tentang kisah-kisah sejarah para nabi.

Misalnya tentang perjalanan nabi Muhammad saat menyebarkan agama Islam. Tentang keteguhan hatinya, keikhlasan, dan lainnya. Menariknya lagi dalam buku ini juga digambarkan peta perjalanan para nabi terdahulu. Terutama selama berdakwah untuk mengenalkan agama Islam kepada seluruh umat di bumi.

Kelebihan

Isi keseluruhan dari buku ini semua bersumber dari al-Quran. Selain itu diambil juga dari beberapa hadis yang shohih sehingga cukup bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pada beberapa cerita telah disisipkan ayat-ayat al-quran, serta tambahan gambar-gambar pendukung yang unik.

Kisah para nabi juga diceritakan cukup detail sehingga cukup informatif. Penggunaan bahasa dalam buku ini juga sudah bagus. Cukup aman dibaca oleh semua kalangan. Bahkan sangat direkomendasikan bagi pembaca di usia anak-anak sebagai sumber referensi pembelajaran.

Kelemahan

Kisah nabi yang diangkat dalam buku ini berjumlah 25 nabi. Dilihat dari jumlah halaman, sepertinya tidak mungkin cukup untuk membahas dengan detail setiap perjalanan masing-masing nabi. Jadi pembaca bisa jadi tidak terlalu lengkap mengetahui kisah perjalanan dakwah yang dilakukan ke-25 nabi tersebut.


7. Contoh Teks Resensi Buku Pelajaran

Contoh Teks Resensi Buku Pelajaran

Buku pelajaran juga termasuk karya sastra. Artinya bisa dibuatkan resensinya sebagai sumber informasi para pembaca. Contoh teks resensi buku pelajaran bisa dilihat pada penjelasan berikut ini

Contoh Teks Resensi Buku Pelajaran

Identitas Buku

Pertama harus dituliskan dulu identitas buku pelajaran yang akan dibuatkan resensinya. Tidak hanya judul saja, namun beberapa poin penting lain juga harus ditambahkan. Jadi untuk lebih mudahnya perhatikan saja contoh penulisan identitas buku di bawah ini

  • Judul Buku: Collins Gem: Kamus Saku Kimia
  • Penulis: W A H Scott B.Sc., Ph.D.
  • Penerbit: Erlangga
  • Tebal: 229 halaman

Garis Besar Isi Buku

Bagi penggemar buku kamus Collin Gem mungkin sudah pernah baca beberapa karya yang telah dibuatnya. Mulai dari tahun 1994, Collin Gem sudah membuat kamus dengan konsep bergambar sesuai bidang yang dibahas. Tidak hanya kimia saja, namun juga ilmu fisika, matematika, serta biologi.

Buku ini merupakan terjemahan dari karya Collin Gem bertajuk Collin Gem Chemistry Basic Fact. Namun dialih bahasakan oleh Suminar Achmadi, Ph.D. Beliau merupakan seorang dosen pengampu dari Institut Pertanian Bogor.

Dalam buku ini dijelaskan tentang beberapa istilah serta konsep dasar ilmu kimia. Dengan begitu para murid maupun mahasiswa bisa lebih mudah belajar tentang ilmu tersebut.

Baca Juga: Contoh Penutup Pidato

Kelebihan Buku

Penyusunan buku ini sangat memudahkan pembaca. Terlihat dari penyusunan yang diatur sesuai urutan alfabetis. Selain itu penggunaan format yang kecil membuat buku bisa dibawa kemana-mana dengan mudah. Setiap entri di dalamnya dijelaskan cukup singkat tapi juga mudah dipahami.

Penggunaan bahasa yang diterapkan juga sudah bagus. Ditambah lagi buku ini sudah dilengkapi dengan beberapa singkatan yang banyak ditemukan dalam ilmu kimia. Ada juga macam-macam tanda bahaya serta artinya dalam dunia industri kimia.

Kelemahan Buku

Jika dilihat secara keseluruhan, buku ini sudah cukup bagus. Hanya saja tetap ada sedikit kekurangan meskipun tak cukup berarti. Seperti pada penetapan isi buku yang terlalu padat. Beberapa pembaca mungkin bisa cepat bosan dengan padatnya isi buku tersebut.


8. Contoh Teks Resensi Buku Non-Fiksi

Contoh Teks Resensi Buku Non Fiksi

Buku-buku non-fiksi sebenarnya banyak sekali jenisnya. Mulai dari buku yang isinya menjelaskan tentang pengembangan diri, catatan perjalanan penulis, dan masih banyak lagi. Jangan salah, semua itu juga tetap termasuk dalam karya sastra sehingga bisa dibuatkan resensinya. Contoh teks resensi buku non-fiksi akan dibahas di bawah ini

Contoh Teks Resensi Buku Non-Fiksi

Identitas buku

Sebagai yang pertama ditulis tentu saja bagian identitas buku yang akan diresensi. Penulisannya sebagian besar sama dengan ketika meresensi karya sastra lain. Perhatikan contoh penulisan identitas buku non-fiksi berikut

  • Judul Buku: God, Do You Speak English?
  • Penulis: Nina Silvia, dan Rini Hanifa, dan Jeff Kristanto
  • Penerbit: Rene Books
  • Tahun Terbit: 2013
  • Jumlah halaman: 348 halaman

Sinopsis Buku

Dibalik judulnya yang terkesan gila dan sedikit sinis, buku ini menyimpan nilai filosofis tersendiri. Penulis membuat buku ini untuk memaparkan pada pembaca tentang keberadaan Tuhan di tengah kehidupan manusia di bumi. Secara keseluruhan buku ini menceritakan tentang perjalanan penulis saat menjadi sukarelawan untuk VSO.

Dikisahkan semua penulis yaitu Jeff, Nina, serta Rini yang kebetulan mempunyai profesi berbeda. Namun ketiganya punya misi dan keinginan yang sama yaitu ikut serta jadi tim Voluntary Service Organization. Ketiganya ditugaskan di 3 negara yang berbeda yaitu Tajikistan, Bangladesh, serta Amerika Latin. Kisah perjalanan ketiganya diceritakan apik dalam buku ini.

Kelebihan Buku

Salah satu kelebihan dari buku ini adalah dari judulnya yang terkesan lucu. Namun disaat bersamaan juga memberikan arti cukup luas. Selain itu beberapa scene juga dapat diambil pelajaran untuk kehidupan pembaca. Penulis memang menuangkan cerita dalam bentuk lelucon. Tapi pembaca sebenarnya bisa mengambil makna dari penyampaian tersebut.

Kekurangan Buku

Dari sekian kelebihan yang dimiliki, buku ini juga punya sedikit kekurangan. Paling menonjol adalah penggunaan istilah-istilah yang kadang sulit dimengerti oleh orang awam. Selain itu ada beberapa bagian cerita, terutama saat giliran Nina yang dijelaskan dalam bentuk narasi. Orang mungkin saja bosan dengan bentuk cerita seperti itu.


9. Contoh Teks Resensi Buku Kumpulan Cerpen

Contoh Teks Resensi Buku Kumpulan Cerpen

Saat ini juga sudah banyak buku-buku yang berisi kumpulan cerpen. Buku semacam ini cukup laris dipasaran. Oleh karena juga termasuk salah satu karya sastra, jenis buku seperti ini juga bisa dibuatkan resensinya. Contoh teks resensi buku kumpulan cerpen adalah sebagai berikut

Contoh Teks Resensi Buku Kumpulan Cerpen

Identitas Buku

Masih sama seperti saat membuat resensi karya sastra lain. Bagian pertama yang perlu dituliskan adalah identitas buku itu sendiri. Selain judul, ada beberapa informasi penting lainnya terkait buku yang akan dituliskan resensinya. Begini contoh penulisan identitas pada resensi buku kumpulan cerpen

  • Judul Buku: Filosofi Kopi
  • Pengarang: Dewi ”Dee” Lestari.
  • Penerbit: Penerbit Bentang, True Books, Serta Gagas Media
  • Tahun Terbit: 2006
  • Jumlah Halaman: 142 Halaman

Sinopsis

Buku ini berisi kumpulan cerpen yang menceritakan tentang kehidupan 2 barista handal bernama Ben dan Jug Jody. Keduanya sepakat mendirikan kedai kopi dan menambahkan filosofi kopi dalam setiap sajiannya. Pada tiap racikan kopi untuk pelanggan, Ben sengaja memberikan tulisan filosofi kopi pada sebuah batu kerikil kecil.

Kedai kopinya laris diburu pembeli. Sampai pada akhirnya datang pelanggan seorang pria yang menantang kedua barista tersebut. Pria itu memberikan tantangan untuk menyajikan kopi yang bisa membuat penikmatnya merasa takjub dengan rasa yang dikeluarkan. Oleh karena depresi tak kunjung bisa membuatnya akhirnya keduanya pergi ke kedai kopi jauh dari Jakarta.

  4+ Contoh Teks Report : Tentang Alam, Hewan, Tempat dan Lainnya

Oleh pemilik kedai, keduanya diberikan secangkir kopi Tiwus. Setelah kembali ke kedai kopinya sendiri Ben menyajikan resep kopi tiwus tersebut pada pelanggan. Tidak lupa dirinya memberikan catatan kecil berisi makna dari filosofi kopi.

Kelebihan Buku

Dalam buku ini sebenarnya banyak sekali pelajaran hidup yang bisa dipetik. Salah satunya adalah sebagai manusia tidak boleh mudah menyerah terhadap sesuatu hal yang ingin dicapainya. Setidaknya harus berusaha keras dulu sehingga bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

Kekurangan Buku

Ada beberapa kalimat dalam buku ini yang masih tergolong susah dipahami oleh sebagian pembaca. Jadi ada baiknya yang merasa masih pemula tidak menjadikan buku ini sebagai rekomendasi terbaik. Lalu dari segi tampilan sampul buku juga terlihat kurang menarik. Apalagi untuk kalangan remaja yang lebih mengedepankan sisi penampilan luar.


10. Contoh Teks Resensi Buku Teknologi

Contoh Teks Resensi Buku Teknologi

Buku-buku teknologi saat ini sepertinya makin meningkat jumlahnya. Hal tersebut salah satunya disebabkan karena teknologi menjadi bahasan cukup populer saat ini. Membuat contoh teks resensi buku teknologi juga tergolong tidak seberapa sulit. Pahami saja contohnya di bawah ini

Contoh Teks Resensi Buku Teknologi

Identitas Buku

Hal pertama yang harus dituliskan adalah soal identitas buku. Selain judul buku, perlu dituliskan juga poin-poin penting lainnya sehingga lebih informatif. Penulisan identitas buku untuk resensi buku teknologi adalah sebagai berikut

  • Judul Buku: Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pembelajaran
  • Penulis: Prof. Dr. H. Hamzah, B. Uni. M. Pd, dan Hj. Nina Lamatengmgo, SE, M.Pd
  • Tahun Terbit: 2011
  • Jumlah Halaman: 237 Halaman
  • Penerbit: Pt Bumi Aksara

Garis Besar Isi Buku

Dalam buku ini dijelaskan tentang penyusunan materi pembelajaran teknologi yang harus menganut ketentuan berlaku. Ada beberapa bahan yang bisa dijadikan sumber referensi penyusunannya. Mulai dari tidak membedakan antara proses dan hasil, definisi yang dituliskan harus dapat mencakup semua kesimpulan, dan lainnya.

Selain itu buku ini juga memberikan pandangan pada pembaca jika teknologi memang sangat berperan dalam dunia pendidikan. Buku ini secara garis besar banyak menonjolkan sistem pembelajaran yang ditujukan untuk pengetahuan peserta didik.

Kelebihan Buku

Dari segi tampilan buku ini sudah terlihat cukup menarik. Hal ini terlihat dari sampul buku yang enak dilihat. Pemilihan gambar berikut warna yang ditambahkan cukup mempresentasikan isi buku tersebut. Bahasa yang digunakan buku ini juga lumayan mudah dipahami. Apalagi secara keseluruhan juga sudah mempergunakan EYD yang sesuai.

Isi buku ini juga sangat informatif. Pembaca bisa mendapatkan sedikit pandangan kehidupan masa depan dengan adanya teknologi. Teori-teori yang disajikan juga sangat relevan dengan kehidupan masyarakat masa sekarang.

Kelemahan Buku

Kelemahan buku ini hanya terlalu banyak mencantumkan definisi dan teori. Pembaca mungkin akan cukup bosan. Ditambah lagi teori-teori tersebut bisa jadi malah membuat pembaca kesulitan berimajinasi sendiri. Bahasa yang dipergunakan juga terlalu ilmiah jadi ada beberapa bagian yang sulit dimengerti.


11. Contoh Teks Resensi Buku Sejarah

Contoh Teks Resensi Buku Sejarah

Buku-buku sejarah juga termasuk jenis karya sastra Indonesia. Maka jangan heran banyak contoh teks resensi buku sejarah yang bisa ditemukan. Bila penasaran bagaimana penulisan teks resensi buku sejarah, simak saja pembahasanya berikut ini

Contoh Teks Resensi Buku Sejarah

Identitas Buku

Hal pertama tentu saja bagian identitas buku. Sama dengan resensi karya sastra lainnya, identitas buku berisi macam-macam poin. Tidak hanya judul, tapi juga penerbit, penulis, dan lainnya. Jadi penulisannya kurang lebih seperti:

  • Judul Buku: Pengantar Ilmu Sejarah
  • Penulis: M. Saleh Majid dan Abdul Rahman Hamid
  • Penerbit: Rayhan Intermedia, Makassar
  • Jumlah Halaman: xvi+180 halaman

Garis Besar Isi Buku

Buku ini ditulis oleh 2 tokoh ahli dalam bidang sejarah. Dalam buku ini diceritakan tentang kegelisahan yang kerap menyerang kaum sejarawan masa kini. Diantaranya adalah masyarakat jaman sekarang yang seringkali menganggap remeh tentang sejarah. Dianggap sebagai ilmu yang tidak terlalu penting untuk dipelajari.

Sejarah dalam buku ini dijelaskan dan diuraikan secara lebih detail. Disimpulkan sebagai salah satu rambu-rambu kehidupan sehingga sebenarnya sangat penting bagi manusia. Selain itu dalam buku ini pun turut diungkapkan jika sebetulnya selama ini manusia juga diketahui selalu mencari asal mula sejarah.

Kelebihan Buku

Buku ini isinya cukup berbeda dengan buku sejarah lain. Salah satu yang paling terlihat dalam bahasan topiknya yang cukup beragam. Tidak hanya menjelaskan tentang sejarah kehidupan manusia jaman dulu saja. Tapi juga pembahasan tentang topik asal muasal sejarah itu sendiri.

Buku ini menggunakan bahasa ilmiah. Sehingga cukup direkomendasikan bagi kaum akademisi ketimbang pembaca awam. Ditambah lagi, sumber yang dipergunakan oleh buku ini cukup lengkap sehingga sangat terpercaya.

Kekurangan Buku

Bahasa yang dipergunakan pada buku ini rata-rata masih menggunakan bahasa ilmiah. Jadi memang bagi pembaca awam masih sulit memahami. Bahasannya juga terlalu banyak menggunakan teori-teori jadi tidak menutup kemungkinan pembaca jadi mudah merasa bosan.

Baca Juga: Contoh Teks Cerita Sejarah


12. Contoh Teks Resensi Buku Pendidikan

Contoh Teks Resensi Buku Pendidikan

Saat ini buku-buku dengan tema pendidikan memang sudah cukup banyak sekali. Buku tema pendidikan termasuk karya sastra sehingga bisa dibuatkan resensinya juga. Contoh teks resensi buku pendidikan kurang lebih seperti di bawah ini

Contoh Teks Resensi Buku Pendidikan

Identitas Buku

Seperti resensi karya sastra lainnya, resensi buku pendidikan juga diawali dengan melampirkan identitas singkat. Selain judul, beberapa poin penting terkait buku juga perlu dilampirkan. Kurang lebih identitas buku bisa dituliskan sebagai berikut

  • Judul Buku: Pengantar Filsafat Pendidikan
  • Penulis: Drs. Uyoh Sadulloh, M.pd
  • Penerbit: Alfabeta, CV
  • Tebal: 183 halaman
  • Tahun Terbit: Tahun 2004

Garis Besar Isi Buku

Isi dari buku ini sebagian besar menjelaskan tentang makna pendidikan lebih luas. Termasuk semua pemikiran manusia selama ini bagaimana memandang pendidikan. Buku ini menjelaskan jika pendidikan merupakan salah satu praktek dari kehidupan. Kedudukannya bahkan sama dengan kegiatan ekonomi, sosial, dan lainnya.

Pendidikan dalam buku ini dipaparkan dengan jelas bila dapat dipelajari dengan banyak metode. Seperti dengan metode empiris yaitu dari pengalaman nyata, hingga dari perenungan untuk melihat makna pendidikan tersebut menjadi makin luas.

Kelebihan Buku

Penggunaan bahasa dalam buku ini cukup mudah dimengerti semua kalangan pembaca. Pesan yang ingin diungkapkan penulis jadi mudah tersampaikan dengan baik. Isinya juga cukup informatif. Setelah membaca buku ini, pengguna bisa langsung tahu tentang apa itu nilai. Prosesnya bagaimana supaya manusia mendapatkan nilai. Terutama melibatkan pendidikan.

Kelemahan Buku

Sebagian besar isi buku ini sebetulnya sudah cukup baik. Namun masih ada sedikit celah yang menjadikan kekurangannya sendiri. Salah satunya adalah dalam buku cukup sedikit dijelaskan tentang pemahaman lebih terperinci.

Ini akan menyulitkan bagi pembaca pemula. Bisa jadi, pesan sebenarnya yang ingin disampaikan oleh penulis tidak sampai pembaca dengan baik. Sehingga disarankan bagi pembaca pemula tidak menggunakan buku ini menjadi referensi pertama.


13. Contoh Teks Resensi Buku Tentang Remaja

Contoh Teks Resensi Buku Tentang Remaja

Sekarang ini banyak buku-buku yang dikhususkan bagi kalangan remaja. Isinya lebih banyak tentang kehidupan anak-anak usia tersebut. Bisa tentang tips-tips penting, dan lainnya. Contoh teks resensi buku tentang remaja bisa dilihat di bawah ini

Contoh Teks Resensi Buku Tentang Remaja

Identitas Buku

Paling utama adalah penjelasan tentang identitas buku remaja yang diresensi. Poin ini berisi hal-hal krusial dan umum terkait buku. Seperti judul, penerbit, tebal halaman, dan lainnya. Secara garis besar, penulisan identitas buku dalam resensi buku remaja adalah sebagai berikut

  • Judul Buku: 100 Cara Asyik Hadapi Masalah
  • Penulias: Rumintar
  • Penerbit: Leutika
  • Tahun Terbit: Tahun 2011
  • Tebal Buku: 159 Halaman

Sinopsis Buku

Dalam buku ini sedikit banyak dijelaskan tentang seluk beluk kehidupan masa remaja. Mulai yang senang, sedih, perselingkuhan, hubungan kurang harmonis dengan orang tua, dan masih banyak lagi. Ada banyak pertanyaan yang biasanya sulit untuk dijawab sendiri oleh kaum remaja. Buku ini hadir untuk membantu menjawab beberapa pertanyaan tersebut.

Sebagian besar berisi tentang pertanyaan lengkap dengan jawaban terbaiknya tentang isu-isu dunia remaja. Pertanyaan disajikan per bab sehingga tak menyulitkan pembaca. Setiap pertanyaan akan diberikan beberapa pilihan jawaban yang masing-masing dijelaskan dengan cukup rinci.

Bahasa yang dipergunakan juga bahasa sehari-hari, sehingga kalangan pembaca remaja pasti merasa lebih nyaman. Keseluruhan isi buku bisa sangat membantu sekali bagi para remaja untuk dapat menjalani kehidupan lebih baik.

Kelebihan Buku

Isi buku ini memang ditujukan bagi kaum remaja. Maka bahasa yang dipergunakan juga bahasa santai khas anak muda. Kata-kata yang dipakai diutarakan sangat lugas.

Alih-alih menggurui, malah terkesan bersahabat. Banyak motivasi hidup yang bisa dipetik para remaja melalui buku ini. Selain itu ukurannya yang cukup mungil, menjadikan sangat praktis untuk dibawa ke mana-mana.

Kelemahan Buku

Secara keseluruhan isi buku ini memang cukup menarik dan berguna. Namun sebenarnya masih ada kelemahannya walaupun tak cukup vital. Salah satunya adalah harga buku yang termasuk cukup mahal. Apalagi dengan jumlah halaman yang tidak terlalu tebal. Seharusnya bisa lebih terjangkau lagi untuk kantong para remaja.

Itu tadi beberapa contoh teks resensi yang bisa diketahui. Ada banyak karya sastra yang bisa dibuatkan resensinya. Mulai dari buku-buku hingga film. Khusus untuk buku juga banyak jenisnya, mulai dari karya buku fiksi hingga non-fiksi. Resensi sebenarnya punya banyak tujuan. Misalnya untuk lebih mengenal suatu karya sastra.

Resensi juga dapat memberikan masukan pada karya tersebut supaya lebih baik kedepannya. Bagi penikmat karya sastra, resensi juga bisa jadi bahan rekomendasi. Informasi resensi akan sangat berguna sebagai bahan pertimbangan ketika ingin menikmati suatu karya sastra. Contoh teks resensi seperti di atas bisa jadi referensi bila ingin mencoba membuatnya sendiri.

Contoh Teks Resensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.