Mengenal Gerakan Dasar Pada Makalah Senam Lantai

Makalah Senam Lantai Makalah senam lantai disusun untuk membahas jenis-jenis senam lantai beserta manfaatnya dalam kegiatan olahraga. Makalah ini biasanya juga berisikan pembahasan mengenai gerakan apa saja yang  termasuk didalam senam lantai tersebut. Agar gampang ditiru oleh pembaca, biasanya pemakalah juga mencantumkan gambar ataupun sketsa gerakan senam lantai didalam tulisannya. Gerakan ini dijelaskan secara berurutan sesuai dengan pembahasan yang dijelaskan.

makalah Senam lantai ini menjelaskan tentang  seni olah raga. Tidak sama dengan olah raga yang lainnya senam lantai adalah olah raga yang memiliki seni dan memiliki arti yang berbeda pula dalam tiap gerakannya. Iringan musik dalam setiap senam lantai menjadi daya tarik tersendiri dalam olah raga ini. Dalam makalah senam lantai ini seseorang dapat melakukan gerakan senam lantai dengan sederhana.

Dalam makalah senam lantai ini tidak dijelaskan semua gerakan. Namun hanya dapat memberikan pengetahuan dasar tentang bagaimana menjalankan senam lantai yang baik dan benar. Dengan memahami makalah  senam lantai ini dapat dijadikan alternatif referensi baru dan mendasar dalam senam lantai.

Untuk membuat makalah ini biasanya diawali dengan latar belakang masalah. Latar belakang masalah wajib dirangkai pemakalah karena ini adalah point penting untuk membahas permasalahan yang mendasari makalah tersebut.


Download Makalah Senam Lantai File Doc

Copy Link Makalah Senam Lantai di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1kxiONoWDJkwaPRf2yu-4wEvXTvzfaZ0K

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Latar Belakang Masalah

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting dalam kehidupan. Pola hidup yang sehat tak hanya harus mengonsumsi gizi yang baik, tetapi harus juga diseimbangkan dengan melakukan kegiatan olahraga. Hal ini dikarenakan banyak yang beranggapan bahwa olah raga merupakan pangkal kesehatan tubuh lainnya. Salah satu kegiatan olahraga yang mudah dilakukan adalah senam. Didalam dunia olahraga pun senam ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah senam lantai.

Sebagaimana yang diketahui dalam sejarah bahwa senam lantai berasal pada zaman yunani kuno. Senam lantai sendiri memiliki kata gymnastics. dan untuk kata tersebut  berasal dari gymnas yang memiliki arti telanjang. Sebagaimana dilangsir bahwa awalnya orang-orang yang melakukan senam lantai tanpa menggunakan pakaian.

Sedangkan gymnasium sendiri merupakan arti dari menunjukkan suatu tempat yang akan dipergunakan latihan senam lantai tersebut. Jika dilihat dari sejarahnya senam lantai dahulunya merupakan ritual dewa zeus namun hal ini terjadi pada abad ke 20.

Namun perlahan senam lantai digunakan dan telah berkembang menjadi latihan olah tubuh dalam sekolah-sekolah. Namun tujuan senam lantai yang dilakukan saat ini bertujuan untuk mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani.

Baca Juga: Makalah Manajemen Sumber Daya Manusia


Rumusan Masalah

Makalah ini tentu memiliki tujuan khusus. Secara umum tentu saja untuk memberikan wawasan dan informasi bagi siapa yang membutuhkan pemahaman senam lantai. Dan secara khususnya makalah ini dapat dijadikan atau dapat juga ditujukan memenuhi tugas tertentu dalam pendidikan. Adapun yang menjadi rumusan masalah pada makalah ini adalah:

  1. Bagaimana  pengertian senam lantai serta perkembangannya dalam pelaksanaan ?
  2. Jelaskan macam-macam gerakan senam lantai dalam pelaksanaan senam ini ?
  3. Apakah olah raga ini memiliki manfaat dan Jelaskan manfaat senam lantai?

Manfaat Makalah

Manfaat makalah dalam tinjauan teoritis adalah semata-mata untuk mengetahui suatu pengetahuan tentang senam lantai. Sedangkan untuk manfaat aplikasinya adalah mengetahui gerakan-gerakan dasar dalam senam lantai. Berikut manfaat pembahasan makalah senam lantai ini.

  1. Bermanfaat bagi pengetahuan dalam menjelaskan pengertian senam lantai.
  2. Untuk tujuan dan manfaat agar dapat mengetahui tentang macam-macam gerakan senam lantai.
  3. Dapat menjelaskan manfaat senam lantai baik melalui teori dan menunjukkan gerakkan senam lantai.
  25+ Contoh Saran Dalam Makalah : Jumlah Kata dan Strukturnya

Kajian Pustaka

Pembahasan harus sesuai dengan rumusan masalah yang telah dijelaskan sebelumnya. Senam lantai juga memiliki arti dalam konteks etimologi oleh sebab itu senam lantai memiliki arti sendiri dalam bidang olah raga. Adapun untuk membahas lebih dalam tentang senam lantai ini pembahasan teori berikut:

1. Pengertian

Senam lantai merupakan kegiatan olahraga yang mengkombinasikan seluruh anggota tubuh dalam gerakannya. Sesuai dengan namanya, senam ini dilakukan di atas lantai yang beralaskan matras. Matras yang baik mempengaruhi faktor dalam gerakan senam lantai. Senam lantai tidak memerlukan alat yang berat, karena itulah senam lantai kerap kali disebut dengan senam bebas. Diperlukan kekuatan tenaga dan keluwesan dalam melakukan senam lantai ini untuk menjangkau energi. Maka dari itu, senam lantai harus dilakukan dengan gerakan dasar terlebih dahulu. Keseimbangan serta keberanian juga dibutuhkan untuk mencapai gerakan senam lantai.

2. Macam-Macam Gerakan Senam Lantai

Sebelum melakukan gerakan senam lantai, ada baiknya dilakukan gerakan dasar terlebih dahulu. Gerakan dasar ini hampir mirip dengan pemanasan dalam olahraga lainnya. Adapun gerakan dasar yang harus dilakukan dalam senam lantai adalah berikut

  • Peregangan. Peregangan dilakukan bertujuan agar tubuh mendapatkan kelenturannya,  tubuh ini sangat penting dalam melakukan gerakan senam lantai untuk menghindari terjadinya kecelakaan ataupun cidera. Gerakan peregangan ini pun cukup mudah dilakukan seperti pergerakan biasa. Contohnya menggerakkan atau memutar-mutar bahu ke depan dan kebelakang atau juga bisa memutar-mutar kepala ke arah depan maupun kebelakang.
  • Pelenturan. Agar gerakan lebih optimal, gerakan dasar untuk mendapatkan kelenturan tubuh ini sangat penting dilakukan untuk mendapatkan bentuk gerakan yang indah, seperti melengkungkan bentuk tubuh. Pelenturan tubuh ini juga tak kalah penting dalam menandakan keleluasaan dimensi geraknya. Gerakan tubuh yang lentur juga dibutuhkan untuk menghindari cidera ataupun kecelakaan dalam melakukan senam lantai.
  • Menjaga keseimbangan. Gerakan senam lantai mustahil dilakukan tanpa adanya keseimbangan dalam gerakannya. Karena senam lantai banyak melakukan gerakan yang cukup ekstrim, tubuh harus bisa melatih keseimbangan untuk mencapai gerakan yang akan dilakukan.

3. Gerakan Dasar

Melatih keberanian dan kekuatan Ketiga gerakan dasar diatas merupakan gerakan yang harus dilakukan untuk mencapai kekuatan dan keberanian dalam melakukan gerakan senam lantai. Dibutuhkan keberanian dalam melakukan senam lantai mengingat banyaknya gerakan yang cukup ekstrim untuk dilakukan, terlebih untuk pemula. Senam lantai dapat dilakukan apabila telah melakukan gerakan dasar seperti di atas. Berikut macam-macam gerakan senam lantai yang dapat dipelajari

a. Roll depan ( Forward Roll )

Gerakan ini merupakan gerakan yang dilakukan dengan cara berguling kedepan. Meskipun gerakan ini mengasyikkan, diwajibkan melakukannya sesuai dengan urutan gerakan yang benar untuk menghindari cidera pada tubuh. Berikut urutan yang benar dalam melakukan roll depan. Diawali dengan sikap berdiri tegak, tangan lurus berada disamping badan

  • Angkat kedua tangan lurus kedepan, diiringi dengan membungkukkan badan
  • Letakkan telapak tangan di atas matras, masukkan kepala diantara kedua tangan sembari bahu menyentuh matras
  • Lalu bergulinglah secara perlahan ke depan
  • Ketika panggul telah menyentuh matras, lipat dan pegang kedua lutut
  • Gerakan akhir dengan bejongkok, lalu berdiri tegak kembali

Baca Juga: Makalah Pasar Modal

b. Roll belakang ( Backward Roll )

Gerakan ini sedikit lebih sulit dibandingkan dengan gerakan roll depan, namun akan lebih mudah apabila diikuti sesuai dengan urutan yang benar. Berikut urutan gerakan roll belakang yang benar

  • Diawali dengan sikap jongkok, tarik dagu dan lutut ke depan dada, dan letakkan kedua tangan menghadap keatas di dekat telinga.
  • Bergulinglah ke belakang secara perlahan, dagu dan lutut tetap di depan dada, dan letakkan tangan di dekat telinga.
  • Ketika bahu dan telapak tangan menyentuh matras, gerakkan kaki untuk dijatukan ke belakang kepala.
  • Kemudian dorong lengan ke atas hingga gerakan diakhiri dengan sikap jongkok kembali
  Contoh Makalah Sistem Informasi Manajemen ( Download file DOC )
c. Lompat Jongkok

Gerakan yang dilakukan dengan melewati peti lompat dengan posisi badang yang dijongkokkan pada saat melewati peti tersebut. Berikut urutan gerakan lompat jongkok yang benar.

  • Lompat jongkok diawali dengan sikap berdiri tegak dengan tangan yang lurus berada disamping badan.
  • Kemudian mulailah berlari kearah peti lompatan dengan badan yang condong kedepan.
  • Mulai lompat sambil menolak peti lompatan sekuat mungkin dengan kedua tangan yang lurus kedepan.
  • Kemudian ayunkan kedua tangan untuk mengakhiri gerakan dengan sikap jongkok.
d. Gerakan Kayang

Kayang merupakan gerakan senam lantai yang membutuhkan kelenturan tubuh. Pada gerakan ini, kedua tangan dan kaki bertumpu pada matras, dengan posisi panggul ke atas. Berikut urutan gerakan kayang

  • Gerakan kayang bisa diawali dengan sikap tidur telentang di atas matras
  • Kemudian mulai tekuk kedua lutut dan merapatkan tumit di dekat pinggul
  • Lalu tekuk kedua siku dan letakkan kedua telapak tangan di dekat telinga
  • Dorong perlahan perut ke atas dibantu dorongan telapak tangan dan kaki yang bertumpu pada matras
  • Terakhir, masukkan kepala diantar kedua tangan.

Baca Juga: Makalah Perdagangan Internasional

5. Manfaat Senam Lantai

Senam adalah bagian dari kegiatan olahraga, banyak manfaat yang bisa didapatkan dalam melakukan gerakan senam lantai ini.  Karena gerakan senam lantai cukup ekstrim, hal ini dapat melatih kekuatan tubuh serta keberanian dalam melakukannya. Senam lantai ini juga dapat meningkatkan kelenturan tubuh serta meningkatkan kesehatan jasmani.


Penutup

Dibagian penutup, biasanya pemakalah akan menuliskan kesimpulan dari pembahasan secara singkat dan menyeluruh. Berikut kesimpulan dari makalah senam lantai.

Kesimpulan

Senam merupakan kegiatan olahraga yang mengkombinasikan seluruh gerakan tubuh. Ada berbagai macam gerakan senam lantai yaitu, roll depan, roll belakang, lompat jongkok, dan kayang. Senam ini bermanfaat dalam melatih kelenturan tubuh serta melatih keberanian dalam melakukannya. Dibutuhkan kekuatan dalam melakukan gerakan senam lantai ini mengingat gerakannya yang cukup ekstrim.

Saran-saran

Adapun saran-saran yang dapat disampaikan dalam makalah ini adalah

Senam lantai adalah gerakan olah tubuh yang sangat banyak manfaat. Namun dalam pelaksanaanya membutuhkan pemahaman yang terlatih. Bahkan senam lantai biasanya dilakukan di dampingi oleh pelatih yang sangat pakar dalam ilmu dalam senam lantai. Hendaknya jika belum memahami dengan baik lakukan senam lantai dengan menggunakan tutor dan pelatih jika tidak akan terjadi cider aotot yang sangat bahaya.

Dalam makalah senam lantai diatas dapat dipahami bahwa senam lantai merupakan salah satu olah raga yang mengedepankan gerakan tubuh yang sangat detail dalam tiap gerakannya. Biasanya senam lantai sangat baik untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Itu sebabnya yang menyukai olah raga ini kebanyakan para wanita dan ibu-ibu.

Namun bukan berarti olah raga ini hanya dikhususkan bagi wanita. Siapa saja bisa mengikuti gerakan dalam makalah senam lantai ini. Namun diharapkan sebelum  melaksanakan senam lantai memahami dengan baik agar tidak salah dalam melakukan gerakan-penuh gerakan dalam senam lantai. Dengan membaca makalah ini maka seseorang dapat mengenal gerakan dasar dalam melakukan senam.

Makalah Senam Lantai

Tinggalkan komentar