15+ Contoh Surat Niaga Perkenalan, Penawaran, Permintaan dan Lainnya

Contoh Surat NiagaSurat niaga merupakan surat yang digunakan sebagai media komunikasi formal pada suatu perusahaan atau lembaga resmi lainnya. Sehingga contoh surat niaga cukup banyak dicari referensinya.

Saat ini walaupun penggunaan surat sudah mulai tergantikan oleh smartphone namun di sebuah perusahaan surat masih digunakan. Semua itu karena surat memberikan kesan sopan dan formal.

Pembuatan surat niaga tentu saja tidaklah mudah, apalagi mengingat begitu banyak jenis dari surat niaga, mulai dari surat penawaran, pemesanan, pengiriman dan lainnya. Jika salah menulis surat tentu akan mempermalukan perusahaan sendiri.

Semua itu karena secara tidak langsung surat adalah cerminan dari perusahaan tersebut, untuk itu perlu diketahui beberapa contoh surat niaga. Berikut referensi surat niaga lengkap yang dapat dijadikan contoh:


Pengertian Surat Niaga

Pengertian Surat Niaga Penawaran

Surat niaga merupakan salah satu jenis surat resmi yang digunakan dalam rangka pemasaran serta kerjasama. Pembuatan surat niaga merupakan wewenang yang dibuat oleh orang atau perusahaan atau badan usaha dalam rangka mencari keuntungan.

Sifat surat niaga sebagai interen yang merupakan penghubung antar perusahaan yang saling berkaitan. Serta penghubung adanya cabang-cabang perusahaan yang ada di dalamnya mulai dari tingkat pusat hingga tinggkat paling bawah.

Sementara itu, surat niaga yang bersifat ekstern merupakan surat yang menghubungkan antara perusahaan dengan lainnya yang berada di luar perusahaan. Bisa berupa perusahaan lain, lembaga, organisasi atau perorangan.

Setelah memahami bagaimana pengertian dari surat niaga penawaran, maka bisa melihat berbagai macam contoh surat niaga penawaran. Ada beberapa contoh yang bisa digunakan untuk membuat surat niaga dengan berbagai macam penawaran.


Fungsi Surat Niaga 

Fungsi Surat Niaga Penawaran

Setelah memahami contoh dari surat niaga penawaran maka ada beberapa fungsi dari surat niaga tersebut. Inilah fungsi adanya surat niaga yang digunakan.

  1. Merupakan bukti otentik surat sebagai hitam di atas putih dan sah secara hukum
  2. Sebagai pedoman kerjasama yang dilakukan pebisnis kepada pihak lainnya.
  3. Merupakan alat promosi yang resmi.
  4. Bahan pertimbangan pengambilan keputusan dalam dunia bisnis.
  5. Sebagai wakil dari perusahaan dalam mendefinisikan produknya.

Dengan memahami adanya fungsi surat niaga, maka bisa lebih jelas seperti apa surat niaga tersebut. Selanjutnya dengan memahami berbagai macam contoh surat niaga untuk penawaran bisa digunakan sebagai acuan pembuatan surat.

Baca Juga: Contoh Surat Resmi dalam Bahasa Sunda


1. Surat Niaga Tentang Penawaran Barang

Surat Niaga Tentang Penawaran Barang

 

Surat penawaran barang merupakan surat niaga yang biasa dikeluarkan oleh suatu perusahaan atau lembaga lainnya. Dimana bertujuan untuk memberitahukan mengenai barang yang dijualnya.

Penggunaan surat niaga ini tentu saja menawarkan dengan cara sopan tanpa ada indikasi pemaksaan. Berikut contoh surat niaga tentang penawaran barang yang dapat dijadikan referensi:

Surat Niaga Tentang Penawaran Barang

PT MAJU MUNDUR SEJAHTERA

Jalan Basuki Ramad Selatan, No 16 Perumahan Way Halim Permai, Kel Sukabumi, Kec. Tanjung Karang Pusat

Kota Bandar Lampung Telp. (0721) 0000111031 Fax. (0721) 65679

Email : [email protected] Website. http://MMS.ac.id

Bandar Lampung, 27 Agustus 2019

 

Nomor             : 26/MMS/BS/VIII/2019

Lampiran         : 1 Berkas

Perihal : Penawaran Barang

 

Kepada Yth

Direktur Toko Abadi Sejahtera Saudara

Jalan Pulau Anggrek I, No 34, Tanjung Karang Pusat

Bandar Lampung

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini izinkan kami memperkenalkan diri sekaligus memberikan penawaran barang. Kami PT Maju Mundur Sejahtera adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pemasok alat elektronik.

Kami merupakan perusahaan terpercaya, dimana sudah lebih 100 perusahaan bekerjasama dengan kami. Pelayanan yang kami berikan terbukti baik dan barang yang kami jual terjamin kualitas dan keaslihannya.

Kelebihan kami adalah terkait harga sangatlah murah namun barang berkualitas tinggi. Selain itu akan ada harga berbeda untuk yang memesan barang dengan jumlah besar.

Untuk itu bersama surat ini kami lampirkan dokumen pendukung yang diperlukan dan dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan kerjasama. Berikut rincian dokumen yang kami lampirkan:

  1. Profil Perusahaan
  2. Katalog Produk
  3. Beserta dokumen lainnya menyangkut kerjasama

Kami menyediakan berbagai pilihan pembayaran, mulai dari pembayaran cash ketika barang sampai. Ada juga pembayaran melalui kartu kredit dengan Bank Mandiri dan BCA, serta kami juga menyediakan sistem pembayaran cicilan dengan DP sebesar 50% pemesanan.

Demikian surat penawaran ini disampaikan untuk perhatian serta pelayanan baik dari saudara kami mengucapkan terima kasih banyak.

Bandar Lampung, 27 Agustus 2019

Hormat kami

 

Igun Dirna Prayuda, ST,.MEcGeo


2. Surat Niaga Tentang Pemesanan Barang

Surat Niaga Tentang Pemesanan Barang

 

Surat niaga berikutnya adalah surat pemesanan barang yang dibuat dengan tujuan memesan barang pada suatu perusahaan atau lembaga lainnya.

Dimana surat ini selain bertujuan memesan barang juga dapat digunakan sebagai bukti sah jual beli yang apabila nantinya ada kesalahan pemesanan dapat diperjelas dengan surat ini.

Untuk itu buatlah surat pemesanan barang ini dengan benar, jangan sampai salah karena menyangkut kerjasama dua lembaga. Berikut contoh surat niaga tentang pemesanan barang yang dapat dijadikan referensi:

Surat Niaga Tentang Pemesanan Barang

TOKO ABADI SEJAHTERA SAUDARA

Jalan Pulau Anggrek I, No 34 Perumahan Gading Jaya, Kel Tanjung Sakti. Tanjung Karang Pusat

Kota Bandar Lampung Telp. (0721) 0003111021 Fax. (0721) 35779

Email : [email protected] Website. http://ASS.ac.id

 

Bandar Lampung, 30 Agustus 2019

Nomor             : 11/ASS/BS/VIII/2019

Lampiran         : 1 Berkas

Perihal : Pemesanan Barang

 

Kepada Yth

Direktur Utama PT Maju Mundur Sejahtera

Jalan Basuki Ramad Selatan, Tanjung Karang Pusat

Bandar Lampung

 

Dengan hormat,

Surat yang Bapak/Ibu kirimkan dengan nomor surat 27/MMS/BS/VIII/2019 tepatnya pada tanggal 27 Agustus 2019 sudah kami terima dalam keadaan baik.

Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas penawarannya dan bermaksud untuk memesan barang karena tertarik dengan harga dan kualitas yang ditawarkan. Berikut rincian barang yang kami pesan:

  1. 8 Unit Kompor Listrik
  2. 8 Unit Kompor Gas
  3. 8 Unit TV LED Shap 24 Inchi
  4. 8 Unit Salon Politron Ukuran Besar
  5. 8 Unit Salon Politron Ukuran Sedang
  6. 6 Unit Salon Politron Ukuran Kecil
  7. 8 Unit Kipas Angin Miyako 24 Inchi
  8. 8 Unit Mixer Miyako

Besar harapan kami agar barang yang kami pesan dapat diproses dan kami terima secepatnya, sebelum tanggal 10 September 2019.

Untuk pembayaran kami akan melakukan pembayaran melalui metode transfer dimana setelah 1 hari barang tersebut telah kami terima dan kami periksa.

Bukti pembayaran berupa struk transfer akan kami kirimkan fotocopyannya kepada perusahaan bapak/ibu.

Demikian surat pesanan ini disampaikan untuk perhatian serta pelayanan baik dari saudara kami mengucapkan terima kasih banyak.

Bandar Lampung, 30 Agustus 2019

Hormat kami

 

Putra Mahesa Dendra


3. Surat Niaga Tentang Pengiriman Barang

Surat Niaga Tentang Pengiriman Barang

 

Selain surat pemesanan sebuah pengiriman barang juga memerlukan surat niaga, dimana sebagai bukti akan barang yang dikirim. Juga sebagai bahan pembanding apakah barang yang nantinya diterima sesuai dalam surat pengiriman barang.

Untuk itu dibutuhkan kejelasan dan ketelitian dalam menulis ini sehingga tidak akan menimbulkan masalah. Berikut contoh surat niaga pengiriman barang yang dapat dijadikan referensi:

Surat Niaga Tentang Pengiriman Barang

PT MAJU MUNDUR SEJAHTERA

Jalan Basuki Ramad Selatan, No 16 Perumahan Way Halim Permai, Kel Sukabumi, Kec. Tanjung Karang Pusat

Kota Bandar Lampung Telp. (0721) 0000111031 Fax. (0721) 65679

Email : [email protected] Website. http://MMS.ac.id

 

Bandar Lampung, 02 September 2019

Nomor             :40/PT/MMS/IX/2019

Lampiran         : 1 Berkas

Perihal : Lampiran Pengiriman Barang

 

Kepada Yth

Direktur Toko Abadi Sejahtera Saudara

Jalan Muhammad Polip, Reserengan

Kalimantan Barat

 

Dengan hormat,

Surat yang Bapak/Ibu kirimkan dengan nomor surat 11/ASS/BS/VIII/2019 tepatnya pada tanggal 30 Agustus 2019 sudah kami terima dalam keadaan baik.

Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas tanggapan dan pemesanan barang yang perusahaan saudara lakukan karena tertarik dengan harga dan kualitas yang kami tawarkan. Berikut rincian barang yang kami kirimkan:

  1. 8 Unit Kompor Listrik
  2. 8 Unit Kompor Gas
  3. 8 Unit TV LED Shap 24 Inchi
  4. 8 Unit Salon Politron Ukuran Besar
  5. 8 Unit Salon Politron Ukuran Sedang
  6. 6 Unit Salon Politron Ukuran Kecil
  7. 8 Unit Kipas Angin Miyako 24 Inchi
  8. 8 Unit Mixer Miyako

Besar harapan kami agar barang yang kami kirim dapat diproses dan diperiksa secepatnya. Kami memberikan waktu saudara untuk return barang jika memang di dalam paket yang kami kirim terdapat cacat.

Kami harap pelayanan yang kami berikan dapat memuaskan dan kedepannya perusahaan kita dapat menjalin kerjasama.

Demikian surat lampiran pengiriman ini disampaikan untuk perhatian serta kerjasama baik dari saudara kami mengucapkan terima kasih banyak.

Bandar Lampung, 02 September 2019

Direktur Utama PT Maju Mundur Sejahtera

 

Igun Dirna Prayuda, ST,.MEcGeo


4.  Surat Niaga Tentang Peringatan Tunggakan Pembayaran

Surat Niaga Tentang Peringatan Tunggakan Pembayaran

 

Dalam menjalin sebuah kerjasama tentu saja ada saja kendalanya, salah satunya seperti rekan bisnis yang melakukan tunggakan pembayaran.

Untuk itu diperlukan sebuah surat niaga yang berisikan penjelasan mengenai tunggakan pembayaran yang dilakukan rekan bisnis.

Dalam pembuatan surat niaga ini haruslah sangat baik sehingga tidak ada pihak yang akan merasa tersinggung. Berikut contoh surat niaga tentang Peringatan tunggakan pembayaran yang dapat dijadikan referensi:

Surat Niaga Tentang Peringatan Tunggakan Pembayaran

CV BROSIS KOMPUTER

Jalan Z.A Pagar Alam, No 16 Perumahan Sukabumi Indah Kel Sukabumi, Kec. Tanjung Karang Selatan

Kota Bandar Lampung Telp. (0721) 0000111031 Fax. (0721) 65679

Email : [email protected] Website. http://BK.ac.id

 

Bandar Lampung, 30 Agustus 2019

Nomor             :131/CV/BK/VIII/2019

Lampiran         : 1 Berkas

Perihal : Pemberitahuan Tunggakan Pembayaran

 

Kepada Yth

Direktur CV Sejahtera Abadi

Jalan Ridwan Rais, Tanjung Sakti

Sumatra Barat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan faktur no. 501/MSA/V/2019, kami memberitahukan bahwa perusahaan saudara masih mempunyai sisa hutang Rp. 8.000.000,- (delapan juta rupiah) yang harus sudah lunas tanggal 29 Agustus 2019.

Namun kami belum menerima pembayaran dari tanggal yang saudara tetapkan. Maka dari itu, kami memohon kerjasama saudara agar memberikan penjelasan sekaligus melakukan pembayaran.

Semoga hal ini tidak akan mengganggu kerjasama kita serta perusahaan saudara dan kami dapat terus menjalin kerjasama yang baik.

Kami kami harapkan hal ini tidak akan terjadi lagi dan pembayaran dapat dilakukan sesuai dengan kesepakatan awal di faktur.

Demikian surat ini disampaikan untuk perhatian serta kemakluman dan kerjasama saudara kami ucapkan terima kasih banyak.

Bandar Lampung, 30 Agustus 2019

Direktur Utama CV Brosis Komputer

 

H.Muhammad Amar, ST,.MEcGeo


5. Surat Niaga Tentang Penolakan Penawaran

Surat Niaga Tentang Penolakan Penawaran

 

Dalam suatu bisnis tentu surat penawaran yang masuk akan cukup banyak dan tidak mungkin semua akan diterima. Untuk itu perlulah dibuat surat penolakan penawaran sehingga perusahaan yang mengirim surat penawaran tidak menunggu-nunggu.

Dimana surat niaga ini harus ditulis dengan hati-hati sehingga penolakan tidak terkesan merendahkan. Berikut contoh surat niaga tentang penolakan penawaran yang dapat dijadikan referensi:

Surat Niaga Tentang Penolakan Penawaran

PT SEJAHTERA SAUDARA KEMBAR

Jalan Ramad Hidayat Selatan, No 16 Perumahan Way Halim Permai, Kel Sukabumi, Kec. Tanjung Karang Pusat

Kota Bandar Lampung Telp. (0721) 0000111031 Fax. (0721) 65679

Email : [email protected] Website. http://SSK.ac.id

 

Bandar Lampung, 01 September 2019

Nomor             :112/PT/ASS/IX/2019

Lampiran         : 1 Berkas

Perihal : Penolakan Penawaran

 

Kepada Yth

Direktur PT Maju Mundur Sejahtera

Jalan Basuki Ramad Selatan, Tanjung Karang Pusat

Bandar Lampung

 

Dengan hormat,

Surat yang Bapak/Ibu kirimkan dengan nomor surat 34/MMS/VIII/19 tepatnya pada tanggal 29 Agustus 2019 sudah kami terima dalam keadaan baik.

Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas penawaran namun tanpa bermaksud untuk menolak kerjasama hanya saja  barang yang saudara tawarkan saat ini sedang sepi peminatnya.

Sehingga untuk saat ini kami masih belum dapat melakukan pemesanan di perusahaan saudara. Namun tidak menutup kemungkinan suatu hari kami akan memesan barang di perusahaan saudara karena begitu murah dan lengkapnya penawaran yang saudara berikan.

Demikian surat balasan penawaran ini disampaikan untuk perhatian serta niat baik dari saudara kami mengucapkan terima kasih banyak.

Bandar Lampung, 01 September 2019

Direktur Utama PT Abadi Sejahtera Saudara

 

Muhammad Ivan Fuzi, ST,.MEcGeo


6. Surat Niaga Tentang Peringatan Permohonan Tunggakan Pembayaran

Surat Niaga Tentang Peringatan Permohonan Tunggakan Pembayaran

 

Surat niaga selanjutnya adalah surat permohonan tunggakan pembayaran yang tentu saja harus ditulis dengan benar. Sehingga rekan bisnis akan memberikan renggang waktu membayar.

Namun tentu saja bahasa dalam tulisan tidak juga berlebihan dan berkesan memaksa, tetap santai dengan bahasa yang baik dan tidak bertele-tele. Berikut contoh surat niaga tentang permohonan tunggakan pembayaran yang dapat dijadikan referensi:

Surat Niaga Tentang Peringatan Permohonan Tunggakan Pembayaran

CV BROSIS KOMPUTER MAJU

Jalan Z.A Pagar Alam, No 16 Perumahan Sukabumi Indah Kel Sukabumi, Kec. Tanjung Karang Selatan

Kota Bandar Lampung Telp. (0721) 0000111031 Fax. (0721) 65679

Email : [email protected] Website http://BKM.ac.id

 

Bandar Lampung, 01 September 2019

Nomor             :101/CV/BKM/IX/2019

Lampiran         : 1 Berkas

Perihal : Permohonan Tunggakan Pembayaran

 

Kepada Yth

Direktur CV Sejahtera Abadi

Jalan Ridwan Rais, Tanjung Sakti

Sumatra Barat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan surat yang saudara berikan dengan nomor 160/PT/MSA/VIII/2019  faktur no. 591/MSA/V/2019, kami tahu bahwa perusahaan kami mempunyai sisa hutang Rp. 11.000.000,- (sebelas juta rupiah) yang harus sudah lunas tanggal 03 September 2019.

Dalam surat itu saudara jelas meminta pelunasan pembayaran kami dipercepat karena perusahaan saudara yang sering kebobolan maling dan memerlukan tambahan biaya segera.

Namun kami kami memerlukan tambahan waktu sekitar 3 hari dari tanggal yang saudara tetapkan. Maka dari itu, sesuai dengan keadaan kami ini, kami memohon kerjasama saudara agar memberikan penambahan waktu kembali.

Semoga kebaikan yang saudara berikan ini dapat mempermudah bisnis kami dan membuat perusahaan saudara dan kami dapat terus menjalin kerjasama yang baik.

Kami usahakan berikutnya hal seperti ini tidak akan terjadi dan pembayaran dapat dilakukan sesuai dengan kesepakatan awal di faktur.

Demikian surat ini disampaikan untuk perhatian serta kemakluman dan kebaikan saudara kami ucapkan terima kasih banyak.

Bandar Lampung, 01 September 2019

Direktur Utama CV Brosis Komputer

 

H.Muhammad Amar, ST,.MecGeo


Contoh Surat Niaga Penawaran

Berbagai macam kepentingan perusahaan dalam melakukan inovasi dan perkembangan suatu produk maka dibutuhkan kerjasama serta menawarkan beberapa hal. Salah satunya dengan menggunakan surat niaga sebagai pengantar untuk menawarkan sesuatu.

Contoh Surat Niaga Penawaran Harga

Contoh Surat Niaga Penawaran Harga

Dalam melaksanakan jalannya pemasaran, maka perusahaan biasanya membutuhkan produk dengan memberikan penawaran harga. Untuk memberikan informasi resmi maka diperlukan surat niaga sebagai pengantar  resminya.

Surat Niaga Penawaran Harga

Mekar Jaya

Jalan Arimbi 47 Medan

Nomor : 189/37/SPH/IV/2020

Lampiran : 1 Berkas

Perihal : Penawaran Harga

 

Kepada Yth :

Pejabat Pembuat Komitmen (P2K)
Di
Tempat

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Rendra Hidayat

Jabatan : Kepala Unit Cabang

Alamat : Jalan Pattimura 27 Medan

 

Dengan ini menyatakan bahwa setelah memahami dokumen Pelelangan Pengadaan Peralatan Kerja untuk Sekretariat di Departemen Keuangan.  Kemudian setelah mengikuti acara Penjelasan Lelang yang dijelaskan sesuai dengan keterangan pada berita acara yang disajikan. Dengan kami mengajukan penawaran harga peralatan kantor yang layak dan sesuai dengan penawaran yang kami ajukan. Keterangan detail ada pada sampul 1 dengan rincian harga sebagai berikut:

PC dengan merk/type Asus  10 Unit @Rp.3.000.000 Rp.30.000.000

Printer merk/type Canon 5 Unit @Rp.2.000.000 Rp.10.000.000

PPN 10% Rp.7.500.000

Jumlah Rp.47.500.000

Terbilang Empat puluh tujuh lima ratus juta rupiah

-Penawaran harga tersebut berlaku hingga tanggal 28 Oktober 2020

Dengan waktu penyelesaian paling lambat 7 hari setelah terjadi kontrak dan dihitung berdasarkan hari kerja.

 

Kemudian kami berjanji serta menyanggupi pelaksanaan dan tunduk pada tata aturan yang berlaku. Dengan memenuhi segala persyaratan yang sudah ditentukan. Guna melengkapi penawaran, kami lampirkan surat-surat sebagai lampiran yang dibutuhkan.

Medan, 6 Oktober 2020

Mekar Jaya

Mardiyanto

Kepala Cabang


Contoh Surat Niaga Penawaran Lelang

Contoh Surat Niaga Penawaran Lelang

Perusahaan biasanya membutuhkan barang untuk menambah inventaris tempatnya. Dengan adanya lelang barang biasanya perusahaan memilih untuk ikut andil karena pertimbangan harga dan kualitas barang yang lebih baik dibandingkan membeli baru.

Surat Niaga Penawaran Lelang

Nomor : 11/82/SPL/VII/2020
Lampiran : 3 Eksamplar
Perihal : Penawaran Lelang

Kepada Yth,
Pejabat Pembuat Komitmen (P2K)

Di

Banten

 

Dengan hormat,

Setelah mempelajari dan memahami Dokumen Pekerjaan Pengadaan  alat transportasi pada dinas pekerjaan umum. Yang kemudian telah mengikuti Rapat Penjelasan Pekerjaan pada tanggal 18 Oktober 2020. Maka kami menindaklanjuti, kami yang bertandatangan dibawah ini:

 

Nama : Iryanto

Jabatan : Kepala Divisi Pemasaran

Dengan bertindak atas nama,

Perusahaan : PT. Lancar Jaya

NPWP : 20956770253797

Alamat : Jalan Buana No. 47 Banten

 

Dengan  ini kami mengajukan dokumen penawaran berdasarkan uraian sebagai berikut :
Adanya dokumen administrasi terdiri dari hal-hal yang berhubungan dengan penawaran berikut,

Dokumen yang berupa penawaran harga, terdiri atas daftar kuantitas serta haarga. Yang selanjutnya mencantumkan rincian harga satuan. Serta keseluruhan peralatan atau barang yang ditawarkan.

Masa berlaku surat penawaran terhitung selama 60 hari sejak tanggal yang tercantum pada surat penawaran.

Jangka waktu dari surat penawaran selama 30 hari dan disesuaikan dengan adanya ketentuan adanya dokumen pelelangan.

Dengan  ini kami memberikan pengajuan penawaran harga pekerjaan tersebut dengan nilai total penawaran sebesar Rp. 1.000.000.000 dan disesuaikan pada daftar kualitas serta harga.

Jika penawaran ini dinyatakan lulus, maka akan dilaksanakan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

1.Setelah ditandatangi SPMK atau Surat Perintah Mulai Kerja, maka kami sanggup serta bersedia melakukan pekerjaan yang sesuai dan sebaik-baiknya dengan perjanjian pekerjaan atau kontrak.

2.Kami akan tunduk pada ketentuan serta pengarahan P2K atau Pejabat Pembuat Komitmen dengan Keppres Nomor 80/2003 dan perubahan yang ada.

3.Hingga adanya penandatanganan dari Surat Perjanjian Kontrak atau Pekerjaan, sehingga selama masa dari surat penawaran berlaku. Maka hal tersebut menjadi ketentuan serta perjanjian yang mengikat..

 

Demikian isi surat penawaran harga yang dibuat dan kami jelaskan terperinci. Atas perhatian serta kerjasama

Banten, 30 September 2018

Hormat kami,
PT. Lancar Jaya

(Ilham Hidayat)

Baca Juga: Contoh Surat Dinas Resmi


Contoh Surat Niaga Penawaran Produk Perusahaan

Contoh Surat Niaga Penawaran Produk Perusahaan

Untuk memberikan pemahaman kepada pihak lain maka dibutuhkan secara resmi surat yang menjelaskan suatu prosuk perusahaan tersebut. Surat niaga penawaran produk bisa dibuat seperti contoh berikut ini.

Surat Niaga Penawaran Produk Perusahaan

Alam Mulia
Jalan Sisingamangaraja No 13 Sukoharjo
Telp. 0232 445777/Fax 0232 445778

 

Kepada
Manager Pemasaran
PT Karya Bangsa
Up. Bapak Hidayat
Jl. Kenanga No. 45 Sukoharjo

 

SURAT PENAWARAN

No.007/PTSAB/70/IX/2020

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini kami bermaksud untuk memperkenalkan perusahaan kami, PT. Lancar Jaya kepada perusahaan Bapak PT Karya Bangsa. Kami juga mengajukan penawaran kepada PT Karya Bangsa berupa produk yang kami hasilkan sebagai produk unggulan di perusahaan kami.

Lancar Jaya merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai macam produk rumah tangga. Dengan mengedepankan jaminan mutu, ramah lingkungan dan kualitas yang tahan lama sebagai produk terbaik.

Seperti informasi yang kami peroleh, PT Karya Bangsa merupakan perusahaan retail yang sedang berkembang maju. Jadi kami menyarankan menggunakan produk unggulan kami agar omset perusahaan dapat bertambah. Kami juga telah menyiapkan potongan harga khusus kepada PT Karya Bangsa sebesar 25%.

Kami harap, semoga penawaran ini bisa terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Untuk bahan perbandingan, silahkan Bapak lihat di lampiran yang berisikan daftar harga produk rumah tangga yang kami sediakan. Jika perusahaan Bapak berminat, kami siap melakukan pembicaraan dan kerjasama lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama PT Karya Bangsa, kami ucapkan terima kasih.

 

Sukoharjo, 05 Oktober 2020

Hormat kami,

Manager Marketing

PT.Lancar Jaya


Contoh Surat Niaga Penawaran Barang

Contoh Surat Niaga Penawaran Barang

Suatu produk bisa dikenal oleh pihak lain yaitu dengan memberikan pemahaman dan penawaran produk secara tertulis. Salah satunya dengan menggunakan surat niaga untuk menawarkan barang, berikut ini contohnya.

Surat Niaga Penawaran Produk Perusahaan

CV.Surya perkasa Utama
Jalan Suparman No 4 Makassar

Makassar, 22 Oktober 2020

Nomor : 17/BJE/IX/2020

Lampiran : –

Hal : Penawaran barang Elektronik

 

Yth Ibu.

Kharisma AB (Buana Apartment)
Di Makassar

 

Dengan hormat,

Kami dari CV. Sentosa jaya bermaksud untuk penawaran barang kepada Ibu selaku pemilik Buana Apartment. Adapun barang elektronik yang kami tawarkan diantaranya sebagai berikut:

PC merk Lenovo Rp 6.500.000

Speaker Bluetooth Rp. 2.500.000

Printer A1C Canon Rp.3.500.000

AC merk LG Rp. 4.500.000

Mesin Cuci merk Sharp Rp. 5.500.000

Home Theatre merk LG Rp. 10.000.000

Pembayaran barang bisa dilakukan dengan cara berikut ini,

 

1.Sistem cicilan dengan memberikan uang muka DP di awal. Dengan perjanjian cicilan dilakukan selama 5 kali.

2.Pembayaran bisa via kartu kredit BNI atau Danamon.

3.Dengan pembayaran secara cash.

 

Demikian surat penawaran ini kami buat, kami berharap agar Ibu berkenan bekerjasama dengan perusahaan kami.

Atas perhatian Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Hidayat, S.E.
Marketing Manager


Contoh Surat Niaga Penawaran Alat

Contoh Surat Niaga Penawaran Alat

Jika sebuah perusahaan memiliki produk berupa alat unggulan, maka diperlukan penawaran produk ke pihak lain. Dengan surat niaga proses pengenalan untuk penawaran alat akan berjalan lancar.

Surat Niaga Penawaran Alat

Lencana Mulia
Jalan Merdeka No. 17 Telp. (021) 7888000
Jakarta Barat
Nomor : 003/BS.4400/EE/X/2020

Jakarta, 04 Oktober 2020

Kepada
Yth. Pimpinan PT Medika Cendekia
Jl.  Palmerah No. 21 Jakarta Barat

Hal : Penawaran Barang

 

Dengan hormat,
Bersama ini kami sebagai salah satu distributor di Indonesia untuk berbagi produk keperluan kantor antara lain:

1.Pensil, Penghapus, Marker, merk steadler Rp. 5.000

2.Blinder Clip, Book End, Pena Koreksi merk Lion Rp. 10.000

3.Staples, Perforat, Numerator merk Max Rp 10.000

4.Bolpoin, Papper Cutter merk Uchida Rp 15.000

Dari daftar diatas kami bermaksud mengajukan penawaran kepada Bapak/ Ibu untuk menggunakan produk kami. Banyak produk-produk kami tersebut sudah dikenal di berbagai perusahaan besar di Indonesia karena memiliki kualitas yang bermutu dan dipercaya.

Kami dapat melayani segala keperluan Bapak/ Ibu dengan memberikan harga yang kompetetif, dan melayani pengantar pesanan tersebut sampai ke tempat Bapak/ Ibu.

 

Terima kasih terhadap perhatian Bapak/ Ibu, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Hidayat
Manager Marketing


Contoh Surat Niaga Penawaran Produk Pembelajaran

Contoh Surat Niaga Penawaran Produk Pembelajaran

Biasanya ada pihak yang membutuhkan produk pembelajaran untuk sekolah atau lembaga kursus. Maka sebagai perusahaan pengadaan produk pembalajaran bisa menawarkan produk tersebut.

Surat Niaga Penawaran Produk Pembelajaran

Putra Bangsa
Jalan Merdeka Barat No 100 Telp. (021) 47778900
Jakarta Utara
Nomor : 007/BS.5400/XI/2020

Jakarta, 5 Oktober 2020

Kepada
Kepala SMK N 1 Nusantara
Jalan Gatot Kaca No.210
Jakarta Utara

Hal : Penawaran Barang

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini kami selaku salah satu distributor di Indonesia untuk berbagi produk keperluan buku pelajaran:

1.Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X, XI, XII Penerbit Mutiara dengan harga satuan Rp.50.000

2.Buku Matematika Kelas X,XI,XII penerbit Mutiara dengan harga satuan Rp.50.000

3.Buku Bahasa Inggris Kelas X, XI, XII penerbit Ganesha Rp. 50.000

 

Dengan adanya daftar tersebut, kami mengajukan penawaran kepada Bapak/ Ibu untuk menggunakan produk kami. Sebagian besar produk-produk kami tersebut sudah dikenal di berbagai sekolah-sekolah di Indonesia karena kualitas dan jaminan mutu yang sudah dipercaya.
Kami memberikan pelayanan berdasarkan segala keperluan Bapak/ Ibu dengan menawarkan harga yang kompetetif.Serta mengantar pesanan tersebut sampai ke tempat Bapak/ Ibu.
Terima kasih terhadap perhatian Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Kharisma AB

Manager Marketing

Baca Juga: Contoh Surat Undangan Resmi


Contoh Surat Niaga Penawaran Kerjasama Produk

Contoh Surat Niaga Penawaran Kerjasama Produk

Diperlukan kerjasama dalam pendistribusian produk sebuah perusahaan agar menambah omset dan berkembang dari waktu ke waktu. Sehinghga surat niaga penawaran menjadi jembatan untuk menawarkan produk.

Surat Niaga Penawaran Kerjasama Produk

Mulia Makmur
Jalan Maju Lancar No 22 Semarang

Semarang, 13 Oktober 2020

Kepada Yth
CV. Karya Sentosa
Di
Kabupaten Ungaran

 

Nomor : 077/LTR/2020

Hal : Penawaran Barang

Lampiran : 1 Berkas

 

Dengan Hormat,
Dengan surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. Mulia Makmur beralamat di Jl. Maju Lancar No. 22 Semarang. Kami merupakan perusahaan yang bergerak dibidang distributor properti rumah tangga serta sudah bekerja sama dengan berbagai toko dan perusahaan yang bergerak dibidang properti.

Karena itu, berdasarkan informasi yang diperoleh, CV.Karya Sentosa adalah perusahaan dengan menjual berbagai macam property. Serta sedang mengalami perkembangan pesat serta membutuhkan pasokan properti dengan harga bersaing.

Dengan adanya hal tersebut, kami mengajukan penawaran guna memberikan pasokan property untuk perusahaan serta toko yang dikelola oleh bapak. Kami harap, penawaran ini bisa menghasilkan kerjasama serta bisa memberikan keuntungan bagi kedua pihak. Untuk bahan perbandingan, bisa dilihat dari lampiran yang isinya adalah daftar harga produk property dari kami. Jika bapak berminat, maka kami akan memberikan pelayanan dan kelanjutannnya kepda perusahaan bapak.

Dengan adanya surat penawaran yang disampaikan, maka kami menyampaikan teri ma kasih banyak.

 

Hormat kami,
PT. Mulia Makmur

Ilham Hidayat
Manager Marketing


Contoh Surat Niaga Penawaran Distributor

Contoh Surat Niaga Penawaran Distributor

Sebagai perusahaan yang sedang berkembang, maka diperlukan kerjasama sebagai distributor dengan menjalin hubungan kerja perusahaan lain. inilah contoh surat niaga untuk penawaran distributor.

Surat Niaga Penawaran Distributor

Gemilang Karya
Jalan Muja Muju 24 Makasar

Kepada Yth,

Pimpinan CV. Media Utama
Jl. Gito Gati No. 23 Makassar
Bpk. Ari Hidayat

Di

Tempat

Hal : Penawaran Kerjasama
Lamp. : –

 

Dengan hormat,

Kami dari PT. Gemilang Karya bermaksud untuk menawarakan kerjasama dengan CV. Media Utama untuk menjadi distributor  produk – produk perusahaan anda distribusikan. Produk tersebut berupa produk alat elektronik dan sparepartnya.

Kami sudah memiliki pengalaman menjadi distributor berbagai produk sejenis yang saat ini ingin menambah jenis produk yang akan dipasarkan. Sistem distribusi kami merupakan yang lebih baik dan mampu memberikan kontribusi positif pada perkembangan produk anda.

Bentuk mekanisme kerjasama akan kami dapat jelaskan lebih lanjut lagi bila CV. Media Utama tertarik dengan tawaran kerjasama yang kami sampaikan.

Demikian surat penawaran kerjasama ini kami buat, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Nb: Kami akan menunggu balasan dari Bapak Ari Hidayat pimpinan CV. Media Utama paling lambat 10 hari sesudah surat ini Bapak terima.

 

Makassar, 01 April 2020

Hormat kami,
PT. Gemilang Karya, Tbk

Kharisma, SE
Manajer Pemasaran


Penutupan

Dengan adanya berbagai contoh surat niaga penawaran, maka selanjutnya bisa dijadikan acuan dalam melakukan kerjasama bisnis. Karena pentingnya surat kerjasama ini menjadi bagian dari melakukan kerjasama antar pelaku usaha.

Selanjutnya pembuatan surat niaga juga bisa menjadi bukti otentik kerjasama yang dilakukan. Serta memberikan informasi yang jelas sehingga menjadikan bisnis semakin berkembang lebih baik lagi.

Itulah beberapa contoh surat niaga lengkap yang dapat dijadikan referensi. Dimana walaupun sangat banyak jenis surat niaga haruslah tetap baik dan benar dalam menulisnya.

Semua itu karena kerjasama antar perusahaan dapat berantakan jika surat menimbulkan kesalapahaman, sehingga pembuatan surat niaga tidak dapat disepelekan.

Contoh Surat Niaga

Tinggalkan komentar