1. Lezgetreal
  2. »
  3. Dokumen
  4. »
  5. Surat Permohonan
  6. »
  7. Contoh Surat Permohonan Dukungan Material

Contoh Surat Permohonan Dukungan Material

Contoh Surat Permohonan Dukungan Material – Bagi pemilik perusahaan yang hendak mendirikan cabang, maka harus mengajukan surat permohonan dukungan material. Surat tersebut dapat membantu apabila nantinya terjadi kekurangan material pada saat pembangunan.

Mengingat biaya yang dibutuhkan untuk sebuah pembangunan tidak sedikit. Untuk mempermudah pembuatan surat, sebaiknya lihat dahulu contoh surat permohonan dukungan material.

Bahkan surat permohonan untuk penambahan dukungan material bisa ditujukan kepada perusahaan tertentu. Namun, tentu saja yang kaitannya dengan perbaikan fasilitas umum dan bukan untuk kepentingan pribadi. Sehingga dengan demikian pihak perusahaan bisa menyetujuinya dengan mudah dan penurunan dananya cepat.

Seperti misalnya pembangunan masjid maupun tempat ibadah, panti asuhan, perbaikan jalan dan lain sebagainya. Namun, kendati demikian ternyata masih banyak pihak yang kurang memahami tata cara penyusunan surat. Akibatnya sering kali pihak perusahaan maupun instansi lain tidak bisa menurunkan dana karena menganggap surat tersebut kurang valid.


Kegunaan Pengajuan Surat Permohonan Dukungan Material

Bagi yang tidak berkecimpung di dunia kerja kontraktor, mungkin kiranya kurang memahami perihal surat permohonan dukungan material. Sebelum merambah ke pembahasan lain, ada baiknya mengetahui dahulu perihal kegunaan pengajuan surat permohonan tersebut. Apa pentingnya? Yakni agar tidak salah pemahaman saat mengajukannya. Untuk itu, simak kegunaan surat permohonan dukungan material berikut ini:

1. Memudahkan Pencairan Dana Dukungan

Ketika menjalankan sebuah proyek pembangunan, dapat dipastikan bahwa terkadang tidak dapat selesai tepat waktu. Hal ini disebabkan karena dana untuk pembelian material terhambat karena suatu sebab. Sehingga, oleh sebab itu muncullah surat permohonan dukungan material sebagai perantara kemudahan. Apabila surat ini sudah dilayangkan, maka pihak penerima surat harus segera memberikan dukungannya.

Pasalnya, surat permohonan dukungan material ini seringkali diluncurkan karena terdesaknya proyek yang harus segera diselesaikan. Oleh karenanya, pembuatan surat ini harus benar dan sesuai dengan kriteria perusahaan, instansi maupun pihak yang hendak dimintai dukungan material. Untuk itu, contoh surat permohonan dukungan material sangat dibutuhkan.

2. Memperlancar Bantuan Dukungan Material Untuk Pembangunan Fasilitas Umum

Proyek pembangunan maupun perbaikan fasilitas umum pasti dikerjakan secara besar-besaran. Mengapa demikian? Hal tersebut dilakukan untuk menjadikan pengeluaran dana menjadi lebih terjangkau. Sebagaimana diketahui bahwa bahan material akan jauh lebih murah jika dibeli dalam jumlah besar. Sehingga tersebut yang menjadikan pihak pemerintah setempat menunda melakukan pembangunan maupun perbaikan secara dini.

Namun, ternyata meski begitu dana yang digelontorkan juga kerap kali mengalami penghambatan. Apalagi jika yang dibangun adalah fasilitas umum, sudah pasti akan mengganggu pengguna jalan apabila tidak segera diselesaikan. Sehingga, apabila hambatan yang terjadi dikarenakan kurangnya dukungan material, maka pihak proyek bisa mengajukan surat permohonan dukungan material.

3. Mempercepat Proses Pengerjaan Pembangunan

Sebagaimana dijelaskan pada poin nomor satu dan dua, bahwa surat dukungan material sangat berguna agar proses pengerjaan pembangunan cepat selesai. Bahkan, surat ini tidak hanya dibutuhkan untuk pengerjaan proyek umum saja, melainkan jika sebuah perusahaan hendak membuka cabang di suatu lahan. Sekalipun hanya berupa kepentingan pribadi (bukan negara) surat permohonan ini tetap dibutuhkan.

Bukannya tanpa surat ini, dukungan material bisa diberikan begitu saja? Tentu saja tidak. Mengapa? Pasalnya, pihak pemberi dukungan material butuh bukti dan pernyataan untuk menurunkan dana guna memberikan bantuan berupa bahan material. Tanpa surat tersebut, maka salah satu pihak bisa diklaim melakukan penyelewengan, suap hingga korupsi.

4. Sebagai Bukti Administrasi Permohonan Dukungan

Semua dana keluar maupun masuk yang dilakukan oleh instansi maupun perusahaan pasti membutuhkan arsip administrasi yang jelas. Untuk apa? Tidak lain adalah sebagai barang bukti apabila suatu saat terdapat kesalah pahaman dari salah satu pihak. Selain itu juga, surat permohonan dukungan material bisa menjadi rekap dana yang dibutuhkan oleh bagian keuangan di sebuah instansi maupun perusahaan.

Mengingat material yang hendak diturunkan jumlahnya tidak sedikit, maka tentu saja keberadaan surat permohonan sangat penting. Bahkan, dalam surat tersebut disertakan nama terang, maksud dan tujuan, pihak pemohon hingga materai sebagai penguat. Untuk lebih jelasnya, sebagai referensi dibutuhkan contoh surat permohonan dukungan material.

5. Memperjelas Alat dan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Proyek Pembangunan

Kegunaan surat permohonan dukungan material yang terakhir adalah sebagai pemerjelas rincian alat dan bahan yang dibutuhkan. Pihak penerima permohonan tidak bisa sembarangan maupun asal-asalan dalam menurunkan dana demi mendukung suatu proyek pembangunan tanpa rincian yang jelas. Apalagi jika proyek yang sedang dijalankan terbilang cukup besar dan dipastikan memakan dana banyak.

Oleh karena itu, surat permohonan untuk dukungan material membutuhkan rincian alat dan bahan yang jelas. Beberapa diantaranya meliputi jenis material, jumlah hingga harganya. Apabila di dalam surat permohonan tidak disertakan perinciannya, maka instansi maupun perusahaan tidak bisa asal mengeluarkan dana untuk membantu mendukung pengadaan material tersebut.

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Bergabung BPJS Kesehatan atas Perusahaan


7 Referensi Surat Permohonan Dukungan Material yang Bisa Dicontoh

Lima kegunaan surat permohonan dukungan penambahan material di atas, sudah cukup mudah dipahami bukan? Kini saatnya mengetahui beragam contoh surat permohonan dukungan material agar tidak kesulitan saat membuatnya. Dari pada semakin kebingungan, baiknya simak dan pahami beberapa contoh surat di bawah ini:

Surat Dukungan Material Besi dan Baja

Surat Dukungan Material Besi Dan Baja

Contoh surat permohonan dukungan material yang pertama adalah khusus untuk permintaan dukungan material besi dan baja. Pasalnya, material satu ini paling banyak dibutuhkan dalam pengerjaan proyek pembangunan gedung maupun fasilitas umum. Sehingga, biasanya pihak permohonan menspesifikasikan permohonan tersebut. Untuk memperjelas pemahaman, simak contoh berikut ini:

Surat Dukungan Material Besi dan Baja

BETON JAYA INDONESIA

Nomor: 0123/BJI/VIII/2020

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama            : Bagus Setyoaji

Jabatan        : Direktur Utama

Perusahaan   : PT. Beton Jaya Indonesia

Alamat          : Jl. Tanjung Tarakan KM 11 Jahe, Kota Kediri

 

Sehubungan dengan adanya pelaksanaan proyek pembangunan Gd. Rumah Sakit Umum Provinsi Jawa Timur, maka kami memohon untuk meminta dukungan material. Adapun rincian material yang kami butuhkan untuk melangsungkan pembangunan adalah sebagai berikut:

  1. Besi Beton Polos : 50 buah
  2. Besi Beton Ulir : 30 buah
  3. Baja Karbon : 50 buah
  4. Baja Kualitas High Speed Steel : 1000 buah

 

Berdasarkan rincian material di atas, kami bermaksud untuk mengajak Bapak/Ibu pemilik perusahaan PT. PP Persero (tbk) untuk turut memberikan andil. Oleh karena itu, besar harapan kami agar ketersediaannya dalam pembangunan rumah sakit umum ini.

Demikian surat permohonan dukungan material yang saya sampaikan. Atas waktu dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.

Kediri, 10 Oktober 2020

 

Hormat Saya,

 

Direktur Utama,

Bagus Setyoaji


Contoh Surat Permohonan Dukungan Material Kepada Bank

Contoh Surat Permohonan Dukungan Material Kepada Bank

Perlu diketahui bahwa surat permohonan dukungan material hanya boleh dikeluarkan pada saat di tengah-tengah pengerjaan proyek terhambat. Bahkan, pihak perusahaan bisa memohon dukungan material kepada pihak bank. Namun, surat permohonannya berbeda dari contoh pertama. Lebih jelasnya, berikut ini contoh untuk memperjelas pemahaman.

Surat Permohonan Dukungan Material Kepada Bank

RESTU IBU
Abdul Hamid XI/11 Telp. (021) 411227 Kota Pasuruan
BIRO TEKNIK BANGUNAN, PENGADAAN, KONTRAKTOR DAN LEVERANSIR

Nomor          : 038/ RI-DKB./VIII/2020

 

Kepada         : Kepala Pimpinan Bank Jatim Cabang Kota Pasuruan

Lampiran       : –

Perihal          : Permohonan Dukungan

di

Tempat,

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                        : M. Hilal Fabiyan

Jabatan                    : Direktur

Nama Perusahaan     : CV. Restu Ibu

Alamat                      : Jl. JL. KH. Abdul Hamid XI/11, Kota Pasuruan

 

Dengan ini kami dari pihak perusahaan mengajukan surat permohonan kepada Pemimpin Bank Jatim Cabang Kota Pasuruan. Untuk dapatnya diterbitkan dukungan Dukungan Bank sebagai persyaratan mengikuti pelelangan paket pekerjaan. Adapun pelelangan tersebut berada di lingkungan KPKNL Kota Pasuruan dengan rincian sebagai berikut:

 

Ditujukan Kepada      : Panitia Pengadaan Pekerjaan Renovasi Pagar KPKNL Kota Pasuruan

Tujuan Dukungan      : Untuk Mengikuti Pelelangan Umum di lingkungan KPKNL Kota Pasuruan

Jenis Pekerjaan         : Pekerjaan Renovasi Pagar KPKNL Kota Pasuruan

Nilai Dukungan          : Rp. 12.500.000,00.- (10% dari Pagu = Rp. 125.000.000,00.-)

Lama Dukungan        : 45 hari kalender (terhitung mulai tanggal 11 Oktober 2020)

Nomor Rekening       : 001122348

 

Demikian surat permohonan dukungan dari kami, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

Pasuruan, 11 Oktober 2020

Hormat Kami,

 

Hilal Fabiyan

Direktur


Referensi Surat Permohonan Untuk Meminta Dukungan Material Kepada Supplier

Referensi Surat Permohonan Untuk Meminta Dukungan Material Kepada Supplier

Bagi yang hendak memohon dukungan material kepada supplier, tentu saja harus mengajukan surat permohonan. Namun ternyata, masih banyak pihak yang kurang memahami kriteria maupun isi saat membuat surat ini. Akibatnya, banyak supplier enggan menurunkan dana sekalipun suratnya sudah sampai. Untuk menghindari kesalahan penulisan, simak contoh surat permohonan dukungan material di bawah ini:

Surat Permohonan Untuk Meminta Dukungan Material Kepada Supplier

Surat Permohonan Dukungan

Nomor  : 040/ RI-DKS./VII/2020

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama            : Aris Budi

Jabatan        : Direktur Utama

Perusahaan   : PT. Indofood Tbk.

Alamat          : Jl. Cileduk Km. 2, Kabupaten Pasuruan

Telepon        : (0321) 12345

 

Dengan ini memohon dukungan kepada:

Nama            : Heru Pranowo

Jabatan        : Supplier Bahan Material

Perusahaan   : PT. Besi Jaya Abadi

Alamat          : Jl. Raya Raci, Beiji, Bangil Kabupaten Pasuruan

 

Dengan ini saya memohon dukungan pengadaan material kepada supplier atas nama di atas. Adapun perincian material yang dibutuhkan untuk pembangunan sudah tertera pada halaman terlampir.

Demikian surat permohonan ini saja ajukan. Surat ini dibuat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.

 

Pasuruan, 11 Oktober 2020

Aris Budi

 

Direktur Utama

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Narasumber


Contoh Permohonan Dukungan Material Pabrikan

Contoh Permohonan Dukungan Material Pabrikan

Jika proyek pembangunan membutuhkan material pabrikan sebagai penunjang, maka ketika proyek sudah dijalankan, sebaiknya segera buat surat permohonannya. Pasalnya, dengan menggunakan surat permohonan dukungan material pabrikan, maka material yang dibutuhkan bisa mempercepat selesainya proyek. Apalagi jika sedang menang lelang, oleh karena itu jangan disia-siakan.

Permohonan Dukungan Material Pabrikan

Surat Permohonan Dukungan

Nomor  : 010/SP-DKM./XI/2020

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama            : M. Nafiudin

Jabatan        : Direktur Utama

Perusahaan   : PT. Wings Food Tbk.

Alamat          : Jl. Sekar Putih Km. 10, Kabupaten Malang

Telepon        : (0321) 112277

 

Dengan ini memohon dukungan kepada:

Nama            : Mujib Asrori

Jabatan        : Direktur Utama

Perusahaan   : PT. Makmur Sejahtera Tbk

Alamat          : Jl. Raya Kauman, Kampung Baru, Kabupaten Malang

 

Dengan ini kami memohon dukungan pengadaan material kepada perusahaan di atas nama. Adapun perincian material pabrikan yang dibutuhkan untuk pembangunan sudah tertera pada halaman terlampir.

Demikian surat permohonan ini kami ajukan. Surat ini dibuat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

 

Malang, 11 Oktober 2020

  1. Nafiudin

Direktur Utama


Permohonan Dukungan Material Kepada Pabrik

Permohonan Dukungan Material Kepada Pabrik

Contoh surat permohonan dukungan material juga dibutuhkan apabila hendak membutuhkan peralatan dan suplai. Oleh karena itu, pihak perusahaan yang hendak mengajukan permohonan harus mengetahui format-formatnya. Lantas, apakah format suratnya permohonannya sama dengan permohonan lain? Tentu saja tidak, berikut ini contohnya:

Permohonan Dukungan Material Kepada Pabrik

BUANA LINTAS ABADI
Kontrakor, Lerevansir dan Percetakan
Jalan Raya Wironini K.M 4,5 Sipora Barat Kabupaten Pasuruan
Telp. (0343) 411277 Fax (0759) 88766

Kabupaten Pasuruan, 17 Oktober 2020

Nomor          : 011/SP-DKM./XII/2020

Lampiran       : 1 (satu) lembar

Perihal          : Permohonan Dukungan Material

 

Kepada Yth,

Yamaha Tbk

Komplek K.Kalla, Kejayan, Kabupaten Pasuruan

Telp. (0343) 772211

di Pasuruan

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan pelelangan yang kami ikuti untuk paket pekerjaan:

Nama Paket Pekerjaan  : Lanjutan Pembangunan Trotoar Jalan M. Yamin

Lokasi Pekerjaan       : Kec. Ngaglik Kabupaten Pasuruan

Dengan adanya surat ini kami mohon agar diberikan Dukungan Material dan Suplai Ready Mix K.175 dan K-225 serta mencantumkan Ready Mix hingga ke lokasi dalam surat dukungan tersebut.

Sedangkan untuk material, jenis yang kami mintakan adalah sebagai berikut:

  1. Con Pax Mixer kapasitas 600 liter sebanyak 1 (satu) unit
  2. Truck Mixer kapasitas 5 M3 sebanyak 3 (tiga) unit

Surat dukungan ditujukan kepada Pokja ULP Kabupaten Pasuruan teruntuk perusahaan kami:

 

Nama Perusahaan     : CV. BUANA LINTAS ABADI

Nama Pimpinan         : Aji Purnomo

Alamat Perusahaan    : Jalan Raya Wironini K.M 4,5 Sipora Barat Kabupaten Pasuruan

Telepon/Fax              : Telp. (0343) 411277 Fax (0759) 88766

Demikian surat permohonan ini ditujukan. Atas waktu dan kerjasama yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

Pemohon

 

Pasuruan, 23 Oktober 2020

Hormat Kami,

 

Aji Purnomo

Kepala Kontraktor


Contoh Surat Permohonan Dukungan Material Untuk Perumahan

Contoh Surat Permohonan Dukungan Material Untuk Perumahan

Bertambahnya tahun, lahan perumahan menjamur di mana-mana. Hal disebabkan karena masyarakat lebih suka tinggal di area yang jauh dari hiruk pikuk kebisingan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika saat ini begitu banyak tender maupun pemain investasi properti lebih memilih membangun perumahan. Apabila kekurangan material, berikut ini contoh surat permohonan dukungan material untuk pembangunan perumahan.

Surat Permohonan Dukungan Material Untuk Perumahan

REAL ESTATE
Abdul Hamid XI/11 Telp. (021) 411227 Kota Pasuruan
BIRO TEKNIK BANGUNAN, KONTRAKTOR DAN LEVERANSIR

 

Nomor          : 038/ RI-DKB./VIII/2020

Kepada         : Kepala Pimpinan Bank Mandiri Cabang Kota Pasuruan

Lampiran       : –

Perihal          : Permohonan Dukungan

di

Tempat,

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                        : M. Orion Haristian

Jabatan                    : Kepala Kontraktor

Nama Perusahaan     : PT. REAL ESTATE

Alamat                      : Jl. KH. Abdul Hamid XI/11, Kota Pasuruan

 

Dengan ini kami dari pihak perusahaan mengajukan surat permohonan kepada Pemimpin Bank Mandiri Cabang Kota Pasuruan. Untuk dapatnya diterbitkan dukungan Dukungan material sebagai persyaratan mengikuti pelelangan paket pekerjaan. Adapun pelelangan tersebut berada di lingkungan Kavling Properti Kota Pasuruan dengan rincian sebagai berikut:

 

Ditujukan Kepada      : Panitia Pengadaan Pekerjaan Renovasi Perumahan KPKNL Kota Pasuruan

Tujuan Dukungan      : Untuk Mengikuti Pelelangan Umum di lingkungan KPKNL Kota Pasuruan

Jenis Pekerjaan         : Pekerjaan Renovasi Perumahan KPKNL Kota Pasuruan

Nilai Dukungan          : Rp. 12.700.000,00.- (10% dari Pagu = Rp. 127.000.000,00.-)

Lama Dukungan        : 45 hari kalender (terhitung mulai tanggal 23 Oktober 2020)

Nomor Rekening       : 88764893

 

Demikian surat permohonan dukungan dari kami, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

Pasuruan, 23 Oktober 2020

Hormat Kami,

 

Orion Haristian

Kepala Kontraktor

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Izin Penggunaan Tempat


Surat Permohonan Dukungan Material Tambang

Surat Permohonan Dukungan Material Tambang

Contoh surat permohonan dukungan material juga dibutuhkan untuk proyek pengerjaan tambang. Sebagaimana diketahui bahwa pengerjaan tambang membutuhkan alat berat dan biayanya cukup besar. Oleh karena itu, bagi perusahaan yang menang lelang dan hendak membuka perusahaan tambang, bisa memanfaatkan surat ini sebagai pendukung material. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini:

Surat Permohonan Dukungan Material Tambang

SURAT PERMOHONAN DUKUNGAN MATERIAL TAMBANG
SITOMPUL ANDESIT MINING
Ruko Cassagrande, Maguwaharjo, Sleman, Yogyakarta
Telp. 0274-767389

Yogyakarta, 11 Oktober 2020

No    : A-10/MDP/2020

Laporan: 1 (satu) bendel

Perihal  : Permohonan Dukungan Material

Kepada :

Yth. Bapak Bupati Kulon Progo

di Tempat,

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, kami:

Nama                     : Luhut Sitompul

Alamat                      : Jl. Jambangan II, RT: 11 RW: 07, Purworejo, Kota Yogyakarta

Telp.                     : 0343-762729

Lulusan/Pekerjaan     : Kepala Teknik Tambang

Atas Nama Perusahaan : PT. SITOMPUL ANDESTI MINING

Alamat Perusahaan    : Ruko Cassagrande, Maguwaharjo, Sleman, Yogyakarta

 

Bersama ini kami mengajukan surat permohonan dukungan material bahan tambang untuk Usaha Pertambangan Eksplorasi. Adapun rinciannya sebagai berikut:

  1. Bahan Galian : Batu Tambang Andesit
  2. Luas Wilayah : 30,5 Ha
  3. Letak : Dusun Kelapa, Desa Sekar Putih, Kec. Jeruk Kel. Jeruk, Yogyakarta
  4. Jangka Waktu : 7 (tujuh) tahun
  5. Dengan batas-batas : Utara, Timur, Barat dan Selatan

Sebagai pertimbangan, bersama ini kami lampirkan beberapa dokumen sebagai berikut:

  1. Salinan akta pendirian perusahaan bagi Badan Hukum
  2. FC KTP pemohon
  3. Referensi Bank Pemerintah dan atau fiskal
  4. Surat pernyataan tenaga ahli
  5. FC NPWP
  6. Surat pernyataan kesanggupan melaksanakan reklamasi
  7. Peta wilayah pertambangan
  8. Studi kelayakan barang tambang
  9. Penentuan UKL dan UPL

Demikian surat permohonan ini kami buat atas sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kerjasama Bapak Bupati, kamu ucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami,

 

Luhut Sitompul


Selain tujuh contoh surat permohonan dukungan material di atas, sebenarnya masih banyak lagi macam-macamnya. Namun, sususan serta unsur-unsur suratnya sama saja. Hanya yang membedakan adalah isi serta tata letak penulisan permohonan yang hendak ditujukan kepada pihak tertentu. Oleh karena itu sangat perlu berhati-hati dalam membuat surat permohonan dukungan material ini.

Namun, perlu diketahui juga biasanya setiap perusahaan atau instansi memiliki aturan sendiri dalam membuat surat permohonan dukungan material. Sehingga untuk menghindari kesalahan dan penolakan dukungan, sebaiknya konsultasikan langsung kepada instansi maupun perusahaan yang hendak dimintai bantuan dukungan material. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan terima kasih.

Contoh Surat Permohonan Dukungan Material

Tinggalkan komentar