Contoh Surat Permohonan Menjadi Perangkat Desa

Contoh Surat Permohonan Menjadi Perangkat Desa – Saat adanya seleksi untuk jabatan kepala desa, dibutuhkan contoh surat permohonan menjadi perangkat desa. Tentunya pada saat melakukan penyaringan jabatan Perangkat Desa dilakukan pengisian formulir dan seleksi sesuai prosedur yang berlaku.

Serta bagi calon kepala desa, syarat tersebut wajib dipenuhi sebagai dokumen sah dalam seleksi jabatan Perangkat Desa. Saat akan mengikuti lamaran sebagai perangkat desa, yang paling diperhatikan adalah format surat.

Bisa saja surat permohonan menjadi perangkat desa diketik atau bahkan bisa ditulis dengan jika diinginkan oleh penyeleksi. Hal ini tinggal diperhatikan mana yang utama dilakukan saat melakukan pendaftaran sebagai perangkat desa. Semua warga desa dengan memperhatikan beberapa syarat yang ada bisa mengikuti seleksi yang ada.

Dengan syarat bisa memenuhi semua kriteria dan ketentuan yang berlaku sebagai perangkat desa. Jadi, siapa saja yang sudah disebutkan di syaratnya berlaku bisa berkesempatan mengikuti seleksi perangkat desa.


Jabatan Perangkat Desa yang Bisa dipilih untuk Seleksi

Jabatan Perangkat Desa Yang Bisa Dipilih Untuk Seleksi

Ada beberapa jabatan perangkat desa yang harus diketahui secara detail dan seperti apa pengertiannya. Inilah beberapa jabatan sebagai perangkat desa yang biasanya dilakukan penyaringan atau seleksi untuk kedudukan atau posisi baru.

1. Kepala Desa (Kades)

Kepala dusun merupakan orang yang memahami suatu wilayah yang berada di bawah kecamatan atau kelurahan. Dusun merupakan gabungan dari rukun warga yang ada di suatu wilayah, yang artinya seorang kepala desa membawahi kepala dusun. Oleh karena itu, seorang kepala desa harus mampu menjaga kerukunan dan memimpin warganya mulai dari satuan keluarga, RT,RW hingga dusun.

Kelurahan dibagi berdasarkan wilayah suatu desa yang sangat luas, agar memudahkan pengelompokkan satuan wilayah.kepala desa berada dibawah kepemimpinan seorang Lurah. Dengan mengemban tugas menjaga stabilitas setiap desa yang dipimpinnya. Kemudian kepala desa dibantu oleh beberapa jabatan yang berada di bawahnya dengan deskripsi tugas yang berbeda.

2. Kaur Keuangan

Dalam suatu jabatan, tidak hanya seorang kepala saja yang memimpin, tentunya dibantu oleh para bawahan. Jika seorang kepala desa atau kades, salah satunya dibantu oleh kaur (kepala urusan) keuangan. Kaur keuangan ini bertugas menjadi seorang yang mengelola keuangan desa baik uang masuk maupun uang keluar.

Biasanya desa memiliki anggaran untuk setiap dusun dan harus dikelola dengan baik serta terperinci. Itulah kenapa dibutuhkan adanya kepala urusan keuangan dalam mengelola dana desa. Tugas kaur keuangan juga harus membuat laporan pertanggungjawaban yang dibuat selama periode 1 tahun. Segala sesuatu yang dilakukan kaur keuangan juga harus diketahui oleh kepala desa.

3. Kaur Perencanaan

Adanya kepala urusan perencanaan yang ada untuk membantu pelaksanaan kegiatan desa di bawah pimpinan kepala desa. Kaur perencanaan juga memiliki tugas untuk mengatur kegiatan yang berada dibawah wewenangnya serta menyusun anggaran yang dibutuhkan. Menandatangani adanya kerjasama seperti pengadaan barang atau jasa untuk dusun dengan diketahui oleh kepala desa.

4. Kaur Tata Usaha dan Umum

Dalam fungsinya menjabat sebagai kaur tata usaha dan umum, yaitu membantu sekretaris desa dalam urusan administrasi. Kondisi ini juga mengharuskan kaur TU dan umum memahami seluk beluk tentang surat menyurat, draft kerjasama dan hal lain yang berhubungan dengan surat kegiatan desa.

5. Kasi Pemerintah Desa

Tugas kasi pemerintahan desa yaitu berhubungan dengan adanya tata pemerintahan yang ada di desa. Menyusun rancangan regulasi atau aturan desa, membina masalah pertanahan, ketentraman dan ketertiban.Dan mengurus hal lain yang berhubungan dengan kependudukan.

6. Kasi Kesejahteraan (Kesra)

Tugas dari Kesra yaitu melaksanakan pembangunan dalam bidang pendidikan, kesehatan dan sarana prasarana desa. Serta bertugas member sosialisasi dan motivasi masyarakat pada bidang budaya serta ekonomi.

7. Kasi Pelayanan

Dalam menjalankan tugasnya, kasi pelayanan melakukan penyuluhan dan motivasi terhadap hak dan kewajiban masyarakat desa. Serta melaksanakan pelestarian nilai keagamaan, sosial budaya yang ada di masyarakat.

8. Sekretaris Desa (Sekdes)

Sekretaris desa merupakan seorang yang mampu mengurusi administrasi desa. Mulai dari urusan umum seperti penataan administrasi perangkat desa hingga pelayanan umum.Serta melaksanakan inventarisasi data-data untuk pembangunan, monitoring, evaluasi hingga penyusunan laporan.

Setelah memahami seperti apa perangkat desa yang ada, maka selanjutnya alur seleksi perangkat desa yaitu akan ditujukan pada tim panitia. Dalam hal ini tim penjaringan dan penyaringan atau panitia pemilihan bakal calon perangkat desa. Atau para calon yang akan mengajukan diri sebagai perangkat desa yang mengetahui syarat jadi perangkat desa.


Syarat Menjadi Perangkat Desa

Syarat Menjadi Perangkat Desa

Ada beberapa syarat yang harus dipersiapkan bakal calon perangkat desa. Dan syarat umum tersebut merupakan berkas lamaran yang harus dipersiapkan pemohon atau pelamar.

  1. Mempunyai KTP atau disebut juga dengan Kartu Tanda Penduduk.
  2. Surat pernyataan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dibuat dengan menyertakan materai dan harus ditandatangani pemohon.
  3. Surat yang menyatakan pernyataan memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, UUD 1945, mempertahankan serta memelihara NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Pernyataan tersebut dibuat oleh pemohon dengan kertas bersegel atau bermaterai.
  4. Melampirkan ijazah pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga ijazah terakhir. Dokumen ijazah tersebut harus sudah dilegalisir pejabat yang berwenang.
  5. Melampirkan fotocopy akte kelahiran atau surat kenal lahir.
  6. Surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh puskesmas atau petugas kesehatan yang berwenang. Sedangkan untuk persyaratan khusus diatur melalui Peraturan Daerah (Perda).

Dasar Hukum Penyelenggaraan Seleksi Kepada Dusun

Dasar Hukum Penyelenggaraan Seleksi Kepada Dusun

Seleksi kepala dusun diadakan berdasar pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 tahun 2017. Dan dijabarkan secara rinci melalui Peraturan Daerah (Perda) atau Peraturan Bupati (Perbup) tentang penjaringan Perangkat Desa.

Dari dasar hukum tersebut, dalam melakukan seleksi kepala dusun tentu bisa dilakukan di setiap desa. Pentingnya setiap desa memiliki kepala-kepala dusun agar menjangkau kebutuhan wilayah masyarakat desa yang begitu luas. Sehingga pembagian dusun dengan perangkat yang ada akan memudahkan koordinasi untuk kemajuan desa.

Selanjutnya, jika sudah memahami bagaimana dasar hukum penyelenggaraan perangkat dusun. Maka diperlukan contoh surat permohonan menjadi perangkat desa, surat tersebut ada beberapa yang harus dibuat dan saling berkaitan.

Baca Juga: Contoh Surat Pengajuan Permohonan


Contoh Surat Permohonan menjadi Perangkat Desa

Untuk membuat contoh surat permohonan perangkat desa, terdiri dari berbagai macam pernyataan yang menyertainya. Sehingga dalam satu syarat yang diajukan harus memuat surat permohonan dan surat pernyataan sebagai lampiran pada surat permohonan.

 Surat Permohonan menjadi Kepala Desa

Surat Permohonan Menjadi Kepala Desa

Surat Permohonan menjadi Kepala Desa

Perihal: Permohonan menjadi Kepala Desa

Yth. Ketua Panitia Pengangkatan Perangkat Desa

Di Petarukan

 

Dengan hormat,Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                      : Wahyono

Tempat/tanggal lahir   : Pemalang. 7 Februari 1972

Pendidikan              : Strata 1

Pekerjaan                : Wiraswasta

Agama                                : Islam

Alamat                     : Jalan Pertiwi No 5 Petarukan

 

Dengan ini perkenankan lah saya mengajukan surat permohonan untuk menjadi Perangkat Desa Petarukan, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami lampiran :

  1. Surat pernyataan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dibuat oleh yang bersangkutan di atas kertas segel atau di atas kertas bermeterai cukup;
  2.  Foto copy Kartu Tanda Penduduk dengan Kewarganegaraan Indonesia, dilegalisir Pejabat yang berwenang pada Perangkat Daerah yang menangani Administrasi Kependudukan atau surat keterangan keabsahan Kartu Tanda Penduduk dengan Kewarganegaraan Indonesia yang diterbitkan oleh Perangkat Daerah yang menangani Administrasi Kependudukan;
  3. Surat pernyataan memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika, dibuat oleh yang bersangkutan di atas kertas segel atau di atas kertas bermeterai cukup;
  4. Foto copy ijazah dari pendidikan tingkat dasar sampai dengan pendidikan terakhir yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang atau Surat Keterangan dari pejabat yang berwenang;
  5. Akta kelahiran, dilegalisir Pejabat yang berwenang yang difotocopy
  6. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari Rumah Sakit Umum Daerah atau dokter pemerintah;
  7. Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Kepolisian Negara Republik Indonesia resor setempat;
  8. surat izin dari atasan/pejabat yang berwenang, bagi Bakal Calon yang berasal dari Pegawai Negeri Sipil, TNI, Polri, Pegawai BUMN atau BUMD;
  9. Surat izin dari Camat atas nama Bupati yang menyatakan non aktif sebagai anggota BPD selama proses pencalonan Perangkat Desa,
  10. Surat pernyataan yang menyatakan tidak memiliki hubungan perkawinan atau hubungan keluarga satu tingkat ke atas, atau satu tingkat ke bawah, dengan Kepala Desa dan/atau perangkat desa.

Demikian untuk menjadikan periksa dan atas diterimanya permohonan ini saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(Meterai 6.000,-)

Wahyono

Itulah salah satu contoh surat permohonan menjadi perangkat desa. Dan lebih spesifik lagi memohon untuk jadi kepala desa. Hal ini bisa sah dilakukan asal calon memenuhi syarat serta kriteria sesuai dengan ketentuan pengangkatan perangkat desa.


Surat Permohonan menjadi Sekretaris Desa

Surat Permohonan Menjadi Sekretaris Desa

Saat akan menjadi sekretaris desa pun harus membuat contoh surat permohonan menjadi perangkat desa. Karena surat permohonan perangkat desa sangat penting sebagai pengajuan data dan penyeleksian oleh tim penyelenggara.

Surat Permohonan menjadi Sekretaris Desa

Pancalang, 3 Oktober 2020

Perihal : Permohonan Menjadi Bakal Calon

               Sekretaris Desa (sekdes)

Kepada

Yth.Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan

Desa Pancalang

Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan

Di  Tempat

Nama Lengkap                     : Asep Sunandar

Tempat / Tanggal Lahir        : Kuningan / 27 Maret 1965

Jenis Kelamin                       : Laki-laki 

Alamat                                  : Dusun Wage, Desa Pancalang

Merujuk Pengumuman Tim Penjaringan dan Penyaringan tanggal 14 Juli 2020, bersama ini saya mengajukan permohonan Untuk mengikuti seleksi menjadi bakal calon Perangkat Desa dengan jabatan sekdes atau sekretaris desa, Desa Pancalang,Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan.

Untuk melengkapi permohonan tersebut, bersama ini saya lampirkan syarat-syarat yang diperlukan sebagai berikut :

  1. Surat pernyataan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dibuat oleh saya. Di atas kertas bermaterai sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
  2. Surat pernyataan memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia  dan Bhinneka Tunggal Ika, yang dibuat oleh yang bersangkutan di atas kertas bermaterai.
  3. Fotokopi ijazah dari tingkat dasar sampai dengan tingkat akhir
  4. Surat Keterangan Berbadan Sehat
  5. Surat Keterangan Bebas zat narkoba dan psikotropika dari Dokter Rumah Sakit Umum Daerah.
  6. Fotokopi Akta Kelahiran
  7. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk

Demikian surat permohonan ini dibuat sebagai syarat untuk menjadi bakal calon Perangkat Desa dengan jabatan Sekretaris Desa, Desa Pancalang, Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan.

Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Asep Sunarya

Itulah contoh dari pembuatan surat permohonan perangkat desa yang bisa dibuat, Untuk keterangan sekretaris desa bisa diganti dengan jabatan perangkat desa lainnya sesuai dengan kebutuhan yang akan diajukan oleh pemohon.


 Contoh Surat Pernyataan Bertaqwa Kepada Tuhan YME

Contoh Surat Pernyataan Bertaqwa Kepada Tuhan YME

Saat melampirkan surat permohonan jadi perangkat desa harus ada beberapa surat pernyataan. Salah satunya dengan adanya surat pernyataan yang isinya bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Dan merupakan bagian dari contoh surat permohonan menjadi perangkat desa.

Surat Pernyataan Bertaqwa Kepada Tuhan YME

Surat Pernyataan Bertaqwa Kepada Tuhan yang Maha Esa

Yang bertandatangan di bawah ini:

 

Nama : Syahputra

Tempat/Tgl. Lahir: Banten, 17 April 1970

Jenis kelamin: Laki-laki

Pekerjaan: Guru Honorer

Alamat: Jalan Kemerdekaan No 9, Banten

 

Menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa saya bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dan apabila ternyata pernyataan ini tidak benar, saya sanggup dituntut sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Banten, 20 Juli 2020

Syahputra

(Materei6.000,-)

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan


Membuat Surat Pernyataan Memegang Teguh dan Mengamalkan Pancasila, UUD 1945, Memelihara Keutuhan NKRI dan Bhineka Tunggal Ika

Selanjutnya adalah surat yang melampirkan pernyataan keteguhan pemohon dalam pengamalan Pancasila, UUD 1945, keutuhan NKRI serta Bhinneka Tunggal Ika. Berikut contoh format surat yang harus dibuat pada contoh surat permohonan menjadi perangkat desa.

Surat Pernyataan Memegang Teguh dan Mengamalkan Pancasila, UUD 1945, Memelihara Keutuhan NKRI dan Bhineka Tunggal Ika

Surat Pernyataan Memegang Teguh dan Mengamalkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Memelihara Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Berbhineka Tunggal Ika

Yang bertandatangan dibawah ini :

Nama : Syahputra

Tempat/Tgl. Lahir: Banten, 17 April 1970

Jenis kelamin: Laki-laki

Pekerjaan: Guru Honorer

Alamat: Jalan Kemerdekaan No 9, Banten

 

Menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa saya memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, Undang-UndangDasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, memelihara keutuhan Negara Kesatuan  Republik Indonesia danBhinneka Tunggal Ika.

Demikian pernyataan ini saya buat  dengan  sebenarnya dan apabila ternyata pernyataan ini tidak benar, saya dan sanggup dituntut sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Banten, 20 Juli 2020

Syahputra

(Materei6.000,-)


Pembuatan Surat Pernyataan yang Menyatakan Tidak Memiliki Hubungan Keluarga dengan Kepala Desa atau Perangkat Desa

Surat Pernyataan yang Menyatakan Tidak Memiliki Hubungan Keluarga dengan Kepala Desa atau Perangkat Desa

Yang bertanda tangan di bawah ini,

 

Nama: Setyorini

Tempat/tanggal lahir : Bengkulu, 30 Mei 1980

Pekerjaan: Karyawan Swasta

Pendidikan: Strata 1

Agama: Islam

 Alamat: Jalan Perjuangan no 15 Bengkulu

 

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa kami tidak memiliki hubungan perkawinan atau hubungan keluarga satu tingkat ke atas ( seperti Suami/Istri, Bapak/Ibu ), atau satu tingkat ke bawah( Seperti Anak ), dengan Kepala Desa dan/atau perangkat desa.Demikian keterangan ini saya buat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan seperlunya, dan apabila dikemudian hari terbukti Pernyataan ini tidak benar, saya bersedia ditindak sesuai ketentuan yang berlaku.

Dibuat di Bengkulu, Tanggal 20 Juli 2020

Setyorini

(materai 6000,-)

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Cerai


 Mencantumkan Surat Pernyataan Kesiapan

Surat lainnya yang harus dibuat saat menjadi perangkat desa yaitu surat pernyataan siap lulus dan tidak lulus dalam ujian. Serta jadi dan siap tidak jadi sebagai perangkat desa. Hal ini juga menjadi bagian dari contoh surat permohonan menjadi perangkat desa yang harus dilampirkan.

Surat Pernyataan Kesiapan

Surat Pernyataan Siap Lulus dan Siap tidak Lulus Ujian Siap jadi dan Siap tidak Jadi Perangkat Desa

Yang bertanda tangan di bawah ini,

 

Nama: Setyorini

Tempat/tanggal lahir : Bengkulu, 30 Mei 1980

Pekerjaan: Karyawan Swasta

Pendidikan: Strata 1

Agama: Islam

 Alamat: Jalan Perjuangan no 15 Bengkulu

 

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa Saya siap Lulus dan siap tidak Lulus, serta saya siap jadi dan siap tidak jadi Perangkat Desa. Apabila dikemudian hari ternyata saya membuat gaduh / membuat onar, atau menyampaikan isu / berita yang tidak benar, terkait dengan tidak lulus ujian atau terkait dengan tidak bisa jadi perangkat desa, saya bersedia ditindak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian keterangan ini saya buat untuk dapat dipergunakan seperlunya.

Dibuat di Bengkulu

Pada tanggal 20 Juli 2020

Yang menyatakan

Santorini


Dengan adanya contoh surat permohonan menjadi perangkat desa bisa disimpulkan bahwa segala surat harus disertakan sesuai ketentuan. Seperti pembuatan surat permohonan perangkat desa harus menyertakan lampiran pernyataan.

Dengan memahami pembuatan dan permohonan serta memenuhi syarat saat menjadi perangkat desa. Diharapkan semua akan berjalan lancar serta bisa sesuai prosedur yang berlaku oleh panitia penyelenggara seleksi perangkat desa.

Contoh Surat Permohonan Menjadi Perangkat Desa

Tinggalkan komentar