Contoh Surat Permohonan Tambahan Pegawai

Contoh Surat Permohonan Tambahan Pegawai – Dalam pelaksanaan kerja, dalam sebuah instansi pemerintah atau lembaga tertentu membutuhkan pegawai guna memperlancar kerja. Atau jika dalam instansi tersebut ada pegawai yang pensiun dan mutasi, maka butuh tambahan pegawai.

Biasanya contoh surat permohonan tambahan pegawai bisa menjadi kepanjangan cara untuk mendapatkan tambahan pegawai. Dengan kata lain, instansi atau lembaga harus mengajukan surat kepada dinas terkait dan sesuai prosedur ada. Misalnya saja, sebuah sekolah dasar membutuhkan guru agama karena guru agama sebelumnya pensiun atau mutasi.

Maka sekolah tersebut mengajukan permintaan pegawai untuk posisi guru agama bagi sekolah dasar ke dinas pendidikan. Semua permintaan tambahan pegawai harus segera diproses sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi yang mengajukan.

Kekosongan pegawai pada lembaga tertentu pastinya akan memberikan efek kinerja yang kurang maksimal. Maka sebaiknya pemimpin instansi segera melakukan permohonan dengan melampirkan contoh surat permohonan tambahan pegawai.


Syarat Pegawai Terbaik

Syarat Pegawai Terbaik

Adapun seorang pegawai harus bisa mendedikasi dirinya sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan. Berikut ini merupakan syarat dari pegawai yang terbaik dan bisa diterapkan guna mengutamakan loyalitas kerjanya.

1. Siap Dipindah Tugaskan

Sebagai pegawai dan terdaftar pada lembaga atau instansi tertentu maka harus memahami konsekuensi untuk siap dipindah tugaskan. Hal ini biasanya merupakan bagian dari surat perjanjian saat diterima kerja. Yang selanjutnya bisa diperhatikan sesuai keputusan yang berlaku.

2. Patuh Terhadap Aturan

Pegawai yang baik yaitu memahami aturan yang berlaku pada lembaganya.  Adapun aturan tersebut harus dilaksanakan secara baik dan benar sesuai jadwal yang berlaku. Disiplin tinggi harus dijunjung tinggi serta bisa memenuhi segala ketentuan dari lembaga atau tempat kerja yang bersangkutan.

3. Memahami Cara Kerja

Pegawai terbaik tentu tetap berada di jalur yang baik sesuai tenoat kerjanya, serta memahami cara kerja sebuah lembaga atau istansi. Baik yang sudah menjadi PNS atau masih honorer memiliki kedudukan yang sama dalam menjalankan tata aturan yang berlaku pada tempat kerja.

4. Utamakan Kualitas

Meningkatkan kualitas diri merupakan hal yang sangat penting dalam menjalani pekerjaan. Karena dalam pekerjaan yang dijalani aka nada naik pangkat atau reward yang didapatkan. Maka sudah seharusnya memperhatikan hal tersebut untuk meningkatkan kapasitas diri sebagai karyawan terbaik.

Dengan memahami bagaimana menjadi pegawai terbaik tentu akan memperlancar tempat dimana menjadi bagian pekerjaan. Selanjutnya akan dibahas seperti apa saat membutuhkan tambahan pegawai dengan mengajukan surat. Surat resmi yang dibuat harus dipahami hal-hal berikut ini.


Bagian yang Harus Ada Pada Contoh Surat Permohonan Tambahan Pegawai

Bagian Yang Harus Ada Pada Contoh Surat Permohonan Tambahan Pegawai E1604455378190

Ada beberapa jenis atau contoh surat permintaan tambahan pegawai. Saat akan membuat surat permintaan tersebut harus memperhatikan hal-hal penting berikut ini agar sesuai dengan kaidah penulisan surat resmi dan sesuai prosedur yang berlaku.

1.Kop Surat

Kop surat atau disebut juga kepala surat merupakan bagian penting berada pada contoh surat permintaan tambahan pegawai. Karena pada kop surat terdapat keterangan yang penting seperti, nama lembaga, logo lembaga atau instansi. Terdapat pula alamat, nomor telepon, email dan keterangan lainnya sebagai informasi tambahan.

2.Tempat Serta Tanggal Surat

Pentingnya mencantumkan tempat serta tanggal yang tertera pada surat yaitu untuk memberitahukan kapan waktu pengiriman yang ditentukan. Serta dari mana surat tersebut berasal, sehingga bisa lebih jelas sumber surat tersebut.

Contoh penulisan tempat serta tanggal surat sebagai berikut ini,

Kuningan, 22 Oktober 2020

Pemalang, 7 Januari 2020

3.Nomor Surat

Pada surat resmi apalagi pada contoh surat permohonan tambahan pegawai harus ada nomor surat yang ditulis. Penomoran surat ini berlaku untuk lembaga, instansi, organisasi serta perusahaan yang memang sudah terdaftar dan sesuai kriteria.

Fungsi dari nomor surat sebagai kearsipan yang tersistem sehingga bisa diketahui jumlah surat yang dikeluarkan. Format penulisannya berupa nomor surat,kode surat,  tanggal, bulan serta tahun yang dicantumkan. Berikut contoh dari format penulisan surat.

044/BPN/01/10/2020

137/PMI/IX/2020

4.Lampiran Pada Surat

Lampiran merupakan keterangan dari jumlah yang disertakan dalam berkas yang dikirim beserta surat tersebut. Jumlah lampiran tergantung kebutuhan dokumen yang harus diikut sertakan. Keterangan lampiran biasanya berupa angka dan jika tidak ada lampiran maka sertakan tanda minus (-).

5.Perihal/Hal

Perihal atau hal dalam surat resmi memiliki fungsi sebagai pemberitahuan pada pembaca surat untuk hal penting yang diterangkan. Serta petunjuk singkat tentang maksud dari surat tersebut dibuat serta menerangkan tujuan yang jelas.

6.Alamat

Alamat dalam surat resmi yaitu alamat tujuan dari surat tersebut dibuat. Ada beberapa ketentuan saat mencantumkan alamat , yaitu :

Mencantumkan Yth. pada awal disertai sebutan.

Gunakan sebutan Bpk, ibu atau Sdr pada surat dan diikuti dengan nama.

Sertakan kode pos jika diperlukan

Contoh dari penulisan alamat yaitu,

SMA Nusantara

Jalan Cendana 20

Purwokerto

Jawa Tengah

Yth. Direktur PT.Global Kurnia

Jalan Cendana No 20

Surabaya

Yth. Bpk Siswanto

Kepala Dinas Pendidikan Pemalang

Jalan Gatot Subroto No 1

Pemalang

7.Salam Pembuka

Salam pembuka juga wajib ada di dalam surat resmi karena merupakan bagian pembuka yang penting. Seperti, Assalamualaikum, selamat pagi, yang terhormat, dsb.

8.Isi

Dalam isi surat harus menjelaskan dengan singkat serta jelas apa yang menjadi tujuan surat resmi dibuat. Jika berisi tentang permohonan tenaga kerja, maka jelaskan maksudnya sesuai prosedur surat sebagai mana melihat contoh surat permohonan tambahan pegawai.

9.Salam Penutup

Untuk salam penutup, biasanya berupa ucapan wassalamualaikum, atau kalimat penutup lainnya. Fungsinya untuk mengakhiri isi surat resmi yang dikirimkan.

10.Nama Pengirim dan Tanda Tangan

Selanjutnya penting untuk menyampaikan atau menuliskan nama pengirim serta tanda tangan. Berupa nama terang, bisa juga mencantumkan gelar serta jabatan. Kemudian surat tersebut ditandatangani oleh pembuat surat sebagai bukti resmi surat tersebut dibuat.

11.Tembusan

Pencantuman tembusan merupakan hal yang penting dilakukan, untuk menunjuk pihak lain yang memang berhubungan dengan surat yang dikirim. Dalam tembusan biasanya diberi keterangan siapa saja nama yang dicantumkan dalam surat resmi yang dibuat.

Dengan memahami hal-hal penting yang ada pada surat resmi maka selanjutnya bisa digunakan dalam menulis surat  permohonan pegawai. Selanjutnya bisa dijelaskan pada contoh surat permohonan pegawai.

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah


Contoh Surat Permohonan Tambahan Pegawai

Inilah beberapa contoh surat permohonan penambahan karyawan pada berbagai kebutuhan. Dan bisa disesuaikan dengan jenis serta lembaga yang menaunginya.

Contoh Surat Permohonan Penambahan Pegawai Rumah Sakit

Contoh Surat Permohonan Penambahan Pegawai Rumah Sakit

Terkadang rumah sakit yang sudah menjadi lembaga pelayanan pun membutuhkan penambahan pegawai untuk melancarkan pelayanan. Inilah contoh surat permohonan tambahan pegawai rumah sakit.

Surat Permohonan Penambahan Pegawai Rumah Sakit

Surat Permohonan
Penambahan Tenaga Asisten Apoteker

No :

Hal : Surat Permohonan Penambahan Tenaga Asisten Apoteker

Lampiran : –

 

Kepada,

Yth, Direktur RSU Pelita Harapan

di Jakarta Utara

 

Dengan hormat,

Dengan adanya surat ini, saya Rina Kistanti sebagai Kepala Unit Farmasi RSU Wisma Hati  ingin mengajukan permohonan. Yaitu penambahan pegawai sebagai Asisten Apoteker (AA), mengingat kendala yang dialami berikut ini :

1. Pada unit AA, dua orang sedang menjalani perkuliahan.

2. Pada unit farmasi, jika salah satu berhalangan hadir maka pelayanan unit farmasi kekurangan tenaga pelayanan. Sehingga berdampak pada pelayanan pasien dan kinerja rumah sakit.

3. Di gudang farmasi, jika yang bertugas berhalangan hadir, maka gudang farmasi harus tutup. Dikarenakan keterbatasan karyawan di unit lainnya. Tentunya hal tersebut akan menghambat segala hal terutama pelayanan.

Demikian kendala yang kami hadapi pada beberapa unit farmasi. Mohon kiranya menjadi bahan pertimbangan untuk penambahan pegawai untuk unit farmasi di rumah sakit kami. Demikian surat permohonan ini kami sampaikan dan menjadi bahan pertimbangan bapak direktur. Atas perhatian dan persetujuannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Rina Kistanti

 

Kepala Unit Farmasi


Contoh Surat Permohonan Tambahan Pegawai Honorer Kantor

Contoh Surat Permohonan Tambahan Pegawai Honorer Kantor

Adapun di kantor atau lembaga, kebutuhan tenaga produktif sangat banyak, apalagi meningkatnya jumlah siswa. Sementara ASN guru belum memenuhi jumlah pemenuhan di sekolah. Maka kantor-kantor bisa mengajukan tambahan pegawai honorer.

Surat Permohonan Tambahan Pegawai Honorer Kantor

Surat Permohonan Pegawai

Kepada Yth,

Kepala Dinas Tenaga Kerja Pare

 

Di Pare

Dengan adanya surat ini, kami selaku Unit Pelayanan Sosial Masyarakat memohon untuk pengadaan tambahan karyawan honorer. Adapun kendala yang kami hadapi selama ini yaitu,

1. Jika ada yang berhalangan hadir, maka pelayanan masyarakat tertunda dan antrian semakin panjang.

2. ada pegawai kami yang sedang melanjutkan kuliah, sehingga tanggungjawab kerjanya ditanggung oleh unit kami dengan keterbatasan.

3. Minimnya jumlah pegawai honorer kami menjadikan kerja dan kualitas unit pelayanan sosial kami menurun dan jam kerja semakin panjang.

Oleh karena itu, dengan adanya surat ini kami mengharapkan penambahan pegawai honorer. Atas perhatian dari Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Roni Kurniawan

Kepala Unit Pelayanan Masyarakat


Contoh Surat Permohonan Tambahan Pegawai untuk Sekolah

Contoh Surat Permohonan Tambahan Pegawai Untuk Sekolah

Semakin meningkatnya jumlah murid, serta kendala guru yang pensiun atau tugas belajar, maka dibutuhkan guru baru. Hal ini tentu menjadi penting bagi sekolah yang membutuhkan bantuan tenaga guru baru. Maka inilah contoh surat permohonan tambahan pegawai yang bisa dibuat untuk memenuhi permintaan guru.

Surat Permohonan Tambahan Pegawai untuk Sekolah

Surat Permohonan

Perihal : Permohonan Guru Kelas Sekolah Dasar

 

Kepada Yth,

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Majenang

Di Tempat

 

Dengan ini, saya Tri Wahyono selaku kepala SD Sukamaju Desa Cicande, Majenang mengajukan permohonan penambahan guru kelas di sekolah kami. Berikut alasan yang bisa kami sampaikan kepada Bapak kepala dinas,

1. Guru Honorer kami diangkat menjadi PNS dan dipindah tugaskan.

2. Salah satu guru kelas kami sedang menjalani tugas belajar selama 2 tahun.

3. Adanya guru kelas yang sudah memasuki masa pensiun.

 

Dengan adanya alasan tersebut, maka sekolah kami sangat membutuhkan tenaga pengajar guru kelas. Dengan dilampirkannya keterangan lain tentang kondisi sekolah kami. Semoga menjadi bahan pertimbangan bapak dan permintaan kami segera dipenuhi.  Atas perhatian bapak, kami ucapkan terimakasih banyak.

Kepala SD Suka Maju

 

Tri Wahyono


Contoh Surat Permohonan Tambahan Pegawai untuk CS Kantor

Contoh Surat Permohonan Tambahan Pegawai Untuk CS Kantor

Biasanya kantor atau lembaga memiliki pelayanan online yaitu untuk melayani secara daring masyarakat yang membutuhkan akses informasi online. Maka biasanya ada beberapa pelayanan CS kantor yang akan melayani via telepon atau online.

Surat Permohonan Tambahan Pegawai untuk CS Kantor

Surat Permohonan Pegawai

 

Kepada Yth,

Kepala HRD PT.Pelita Gumilang

Di Makasar

 

Dengan surat ini, saya selaku manajer Perusahaan Nusantara mengajukan penambahan pegawai kantor untuk posisi CS online. Adapun alasan perusahaan kami yaitu sebagai berikut,

1. Semakin berkembangnya perusahaan kami dalam melayani via daring.

2. Ada 3 karyawan yang pindah tugas, sehingga posisi CS kantor berkurang.

3. Kebutuhan kami akan pegawai yang terbaik dan memiliki kredibilitas tinggi.

4. Penambahan jumlah personil di bagian CS agar tidak menghambat alur kerja unit lain, karena terpaksa unit lain menggantikan posisi kekosongan CS.

5. Kepercayaan kami kepada Tim HRD PT. Pelita Gemilang untuk memenuhi pegawai yang sesuai dengan kriteria kepegawaian yang berlaku.

 

Demikian surat ini saya buat, serta alasan bisa menjadi pertimbangan Bapak. Sehingga kami bisa segera mendapatkan tambahan pegawai baru. Atas perhatian dari bapak, kami ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya,

Anton Syahputra

 

Manajer Perusahaan Nusantara

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Perubahan Data


Contoh Surat Permohonan Tambahan Pegawai untuk Unit Kesehatan

Contoh Surat Permohonan Tambahan Pegawai Untuk Unit Kesehatan

Pada unit kesehatan seperti puskesmas, biasanya dibutuhkan karyawan atau penambahan pegawai untuk beberapa posisi kerja. Oleh karena itu, kepala puskesmas bertugas untuk memohon surat tambahan pegawai kepada Dinas Kesehatan.

Surat Permohonan Tambahan Pegawai untuk Unit Kesehatan

Nomor : 76/11/IX/2020

Lampiran : 1 Lembar

Perihal : Permohonan Tambahan Pegawai

 

Yth. Kepala Dinas Kesehatan Sorong

Di Tempat

 

Sesuai hasil yang ada pada ketersediaan kami di puskesmas serta demi ketertiban dan pelayanan masyarakat. Maka dengan surat ini kami mengajukan penambahan pegawai atau tenaga kerja sebagai berikut ini,

1. Analisis Kesehatan

2. Rekam Medis

3. Perawat Gigi

4. Tenaga Administrasi

 

Demikian surat yang kami buat, semoga menjadi bahan pertimbangan bapak/ibu. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Kepala Puskesmas Sorong

 

Fadila, M.Kes


Contoh Surat Permohonan Tambahan Pegawai Dinas Kehutanan

Contoh Surat Permohonan Tambahan Pegawai Dinas Kehutanan

Dalam menjalankan perlindungan bagi hutan yang ada di pedalaman, biasanya lembaga membutuhkan banyak pegawai yang ahli. Maka diperlukan jumlah personil tambahan yang harus diajukan melalui Dinas Kehutanan. Sehingga bisa memperlancar pelayanan hutan lindung yang ada saat ini.

Surat Permohonan Tambahan Pegawai Dinas Kehutanan

Nomor : 77/11/IX/2020

Lampiran : 1 Lembar

Perihal : Permohonan Tambahan Pegawai

 

Yth. Kepala Dinas Kehutanan Lahat

Di Tempat

 

Sesuai hasil yang ada pada ketersediaan kami di unit satuan hutan lindung serta demi ketertiban dan pelayanan lingkungan. Maka dengan surat ini kami mengajukan penambahan pegawai atau tenaga kerja sebagai berikut ini,

1. Analisis Lingkungan

2. Sarjana Kehutanan

3. Polisi Hutan

4. Tenaga Lapangan

 

Demikian surat yang kami buat, semoga menjadi bahan pertimbangan bapak/ibu. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Kepala Unit Hutan Lindung

 

Darmono, S.T


Contoh Surat Permohonan Tambahan Pegawai Pelestarian Laut

Untuk melestarikan keberadaan ekosistem laut, biasanya lembaga pemerintah bekerjasama pula dengan pihak swasta. Sehingga keberlangsungan kelautan bisa tetap terjaga, maka dibutuhkan banyak pegawai. Oleh karena itu, pihak swasta bisa meminta bantuan kepada dinas perikanan dan kelautan untuk penambahan pegawai.

Surat Permohonan Tambahan Pegawai Pelestarian Laut

Nomor : 189/11/X/2020

Lampiran : 1 Lembar

Perihal : Permohonan Tambahan Pegawai

Yth. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan

 

Di Tempat

Sesuai hasil yang ada pada ketersediaan kami di pusat penelitian konservasi penyu serta demi ketertiban dan pelayanan masyarakat. Maka dengan surat ini kami mengajukan penambahan pegawai atau tenaga kerja sebagai berikut ini,

1. Analisis Lingkungan

2. Dokter Hewan

3. Tenaga Lapangan

4. Tenaga Administrasi

 

Demikian surat yang kami buat, semoga menjadi bahan pertimbangan bapak/ibu. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Kepala Konservasi

 

Gemilang AP

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Pengembalian Kelebihan Transfer


Contoh Surat Permohonan Tambahan Pegawai PNS

Contoh Surat Permohonan Tambahan Pegawai PNS

Pada lembaga setingkat departemen maka dibutuhkan pegawai PNS baru guna memenuhi posisi pegawai yang kosong. Adapun contoh dari surat permohonan tersebut yaitu sebagai berikut ini.

Surat Permohonan Tambahan Pegawai PNS

Surat Permohonan

No : 73/IV/SPP/2020

Perihal : Permohonan Pegawai

 

Kepada Yth.

Kepada Bidang Kepegawaian Daerah Jawa Tengah

Di tempat

 

Dengan adanya surat ini, kami selaku perwakilan unit kerja pelayanan publik memohon penambahan pegawai PNS. Hal ini dikarenakan ada dua pegawai kami yang non aktif, dengan alasan pensiun dan sedang menjalani masa studi. Demi kelancaran kerja, kami mengajukan penambahan pegawai untuk unit kami.

Demikian surat ini kami buat sebagai permohonan penambahan pegawai, atas perhatian yang diberikan kami ucapkan terimakasih.

Kepala Unit Pelayanan Pubilk

 

Ariyanto, SH


Dengan adanya berbagai macam contoh surat permohonan penambahan pegawai, maka bisa menjadi acuan saat mengajukan tambahan. Sehingga dalam kinerja lembaga atau pelayanan public bisa lebih maksimal bekerja.

Untuk mencapai hal yang terbaik dalam permohonan surat memang harus memperhatikan contoh yang ada. Disesuaikan dengan jenis serta kebutuhan dalam contoh surat permohonan tambahan pegawai.

Contoh Surat Permohonan Tambahan Pegawai

Tinggalkan komentar