10+ Contoh Teks Ulasan : Puisi, Film, Informatif, Artikel dan Pendidikan

Contoh Teks Ulasan – Banyak orang yang tidak begitu paham bagaimana cara untuk membuat contoh teks ulasan yang benar dan lengkap dengan strukturnya.

Teks ulasan yang berisikan beberapa informasi tentang fakta dan pendapat seseorang tentang karya yang diulas. Biasanya teks ulasan ini harus memberikan informasi yang menunjukkan tentang kelebihan dan juga kekurangan sebuah karya.

Pemberi ulasan boleh menyatakan pendapat pribadi mengenai sebuah karya yang diulas. Tetapi pendapat tersebut harus didasari oleh fakta.

Saran ataupun kritik yang disampaikan harus dengan baik dan benar, menggunakan kata-kata yang sesuai dengan kaidahnya. Pemberian ulasan tersebut bertujuan agar para pembaca bisa mengetahui apakah karya tersebut sesuai dengan seleranya.

Untuk lebih memahami dan mengerti bagaimana cara membuat sebuah teks ulasan, seseorang harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan teks ulasan dan macam-macam struktur yang harus ada di dalam sebuah teks ulasan. Agar nantinya dapat membuat teks ulasan dengan baik dan benar.


Pengertian Teks Ulasan

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan itu sendiri adalah teks yang berisikan tentang penjelasan sebuah karya seseorang. Teks ini memuat pembahasan yang cukup detail dan disertai tentang penilaian terhadap karya yang dijadikan sebagai bahan ulasan.

Para penulis yang memberikan ulasan berdasarkan pengamatan dan pertimbangan. Mengeluarkan opini atau pendapat pribadinya mengenai teks yang diulas dengan bahasa yang tidak menyinggung.

Baca Juga: Contoh Penutup Pidato


Fungsi Teks Ulasan

Fungsi Teks Ulasan

Adanya teks ulasan sebuah karya seseorang berfungsi untuk membantu para pembaca untuk mengetahui gambaran umum tentang suatu karya.

Para pembaca juga bisa mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya karya tersebut sehingga pembaca dapat memilih untuk membaca atau tidak.

Disamping itu, teks ulasan yang juga memuat isi dari suatu karya yang memberikan cerita yang cukup detail. Agar teks ulasan mempunyai informasi lengkap, ada empat struktur yang terdapat di dalamnya.

Pertama orientasi, pengenalan secara umum tentang suatu karya. Kedua tafsiran, cerita detail karya tersebut. Ketiga evaluasi, kritik dan saran penulis. Dan terakhir kesimpulan, nilai baik dan buruk suatu karya. Keempat struktur ini harus terdapat dalam semua teks ulasan, termasuk teks ulasan di bawah ini.


Beragam Contoh Teks Ulasan

Begitu banyak teks ulasan yang kita temui di berbagai artikel, termasuk teks ulasan tentang film, teks ulasan tentang novel, teks ulasan tentang makanan, dan teks ulasan tentang tempat wisata.

Teks tersebut berisi tentang pembahasan dan informasi serta dilengkapi dengan struktur-struktur yang harus ada di dalam teks ulasan. Untuk lebih memahami tentang teks ulasan, berikut contoh teks ulasan berbagai karya:

1. Teks Ulasan Tema Film

Teks Ulasan Tema Film

Film merupakan salah satu hiburan yang banyak diminati baik dikalangan anak-anak atau orang tua. Biasanya, sebelum menonton sebuah film, para penonton akan melihat ulasan tentang film tersebut, apakah film tersebut mempunyai cerita yang bagus dan pemain yang terkenal. Seperti teks ulasan film yang terkenal dibawah ini dan paling banyak diminati.


Film Frozen I

Teks Ulasan Tema Film

Orientasi

Film yang berjudul Frozen merupakan film animasi musikal tentang petualangan yang dilengkapi dengan komedi. Film ini disutradarai Jennifer Lee dan Chris Buck, produser yang bernama Peter Del Vecho, dan Jennifer Lee dan Shane Morris sebagai penulis naskah. Diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios dengan durasi 102 menit. Rilis pada tanggal 27 November 2013 di Amerika Serikat.

Pemain yang membintangi film ini terdiri dari Kristen Bell sebagai Anna, Dina Menzel sebagai Elsa, Jonathan Groff sebagai Kristoff, Josh Gad sebagai Olaf. Santino Fontana sebagai Pangeran Hans, Livvy Stubenrauch sebagai Anna kecil dan Eva Bella sebagai Elsa kecil.

Tafsiran

Film Frozen menceriakan kisah tentang dua orang kakak beradik yang merupakan anak dari raja dan ratu kerajaan Arendelle. Awalnya hidup mereka terlihat rukun dan damai sebagai kakak beradik.

Namun ketika masih anak-anak, terjadi insiden yang membuat sang adik, Anna terkena serangan kekuatan sihir yang tidak bisa dikendalikan oleh sang kakak, Elsa.

Karena kejadian itu, mereka pun tidak pernah bermain bersama lagi karena Elsa memilih untuk menyendiri dan menghindar dari Anna. Anna yang tidak mengingat tentang insiden tersebut menjadi bingung dengan sikap kakaknya yang berubah.

Elsa hanya mengurung diri didalam kamar saja dan tidak pernah lagi bermain dengan Anna bahkan sampai mereka menginjak dewasa.

Tiga tahun setelah orang tua mereka meninggal karena diterpa badai, Elsa dinobatkan sebagai ratu kerajaan Arendelle. Pada saat acara penobatan, kerajaan pun dibuka setelah beberapa tahun lamanya tertutup rapat.

Anna Pun sangat bahagia karena ini pertama kalinya dia keluar dari istana dan juga bertemu dengan seorang pangeran yang membuatnya jatuh cinta.

Anna pun meminta izin kepada Elsa untuk menikah dengan pangeran itu. Akan tetapi Elsa tidak merestui karena mereka baru bertemu.

Akhirnya terjadi perdebatan yang membuat Elsa tanpa sengaja mengeluarkan sihirnya sehingga mengubah seluruh Kerajaan menjadi beku. Rakyat pun menjadi takut dan mengira Elsa adalah penyihir. Elsapun kabur dan mengasingkan diri jauh karena kejadian itu.

Anna pun pergi mencari Elsa karena tidak terima dengan tuduhan tersebut. Ditengah perjalanan, Anna bertemu dengan Kristoff dan rusa peliharaan yang membantu Anna untuk menemukan kakaknya. Mereka pun bertemu dengan Olaf yang membantu memberitahu keberadaan Elsa. Anna pun bertemu dengan Elsa dan terjadi perdebatan sehingga tanpa sengaja Anna terkena sihir Elsa lagi.

Anna pun sekarat dan Kristoff membawa Anna kepada orang yang pernah menyelamatkan nyawanya sewaktu ia masih kecil. Kepala suku itu berkata bahwa Anna hanya bisa disembuhkan oleh cinta sejati.

Sihir yang ada pada dirinya jika ada seseorang yang tulis mencintainya. Kristoff pun membawa Anna kepada Pangeran Hans karena dia adalah sang pujaan Anna.

Sayangnya Hans orang yang jahat dan dia malah mengurung Anna. Hans juga pergi mencari dan menangkap Elsa yang dituduh sebagai pennyihir.

Akan tetapi pada akhirnya, Anna diselamatkan oleh kakaknya sendiri, Elsa. Dengan air mata yang tulus dari Elsa yang menyirami hati Anna. Kerajaan Pun kembali seperti semula dan Elsa akhirnya bisa mengendalikan sihirnya.

Evaluasi

Film Frozen ini mempunyai kisah yang umumnya mirip dengan cerita kehidupan kerajaan Disney sebelumya. Menggambarkan tentang cinta sejati dan tantangan yang dihadapi dengan ketulusan hati.

Walaupun kisahnya mirip, tetapi tetap memiliki keunikan tersendiri dari cerita film Frozen ini yang membuat penonton tidak bosan. Ditambah film ini bersifat komedi yang menayangkan aksi lucu.

Film inipun membuat rileks para penonton dengan tampilan animasi 3D yang membuat gambar dan gerakan adegan terlihat nampak jelas dan nyata.

Dan yang paling menariknya, film ini diisi dengan nyanyian yang dinyanyikan oleh masing-masing karakter di film tersebut dengan suara khas mereka masing-masing. Hal tersebut membuat daya tarik film ini semakin menarik.

Kesimpulan

Film ini merupakan film anak-anak yang secara keseluruhan dapat memberikan hiburan. Pesan moral yang coba disampaikan adalah tentang ikatan batin antara kakak dan adik serta ketulusan hati keduanya.

Film yang bisa memberikan contoh baik bagi para penontonya agar selalu menjadi seseorang yang berlapang dada dan saling mengerti satu sama lain.


Film Frozen II

Teks Ulasan Tema Film

Orientasi

Film yang berjudul Frozen II merupakan sambungan cerita dari film Frozen pertama. Film animasi ini disutradarai Jennifer Lee dan Chris Buck dan  produser yang bernama Peter Del Vech. Diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios dengan durasi 103 menit. Rilis pada tanggal 22 November 2019 di Amerika Serikat.

Beberapa tambahan karakter dalam film ini yang dilakoni oleh beberapa pemain terkenal. Kristen Bell sebagai Anna, Idina Menzel sebagai Elsa, Jonathan Groff sebagai Kristoff, Josh Gad sebagai Olaf, Evan Rachel sebagai Ratu Iduna, ibu dari Anna dan Elsa, dan Sterling K. Brown sebagai Letnan Destin Mattias.

 Selanjutnya Alfred Molina sebagai Raja Agnarr, ayah dari Anna dan Elsa, Rachel Matthews sebagai roh bebas “Honeymaren”, Jeremy Sisto sebagai Raja Runeard, kakek Anna dan Elsa, Ciaran Hinds sebagai pemimpin Troll batu “Grand Pabbie, dan Martha Plimpton sebagai pemimpin suku Northuldra “Yelana”

Tafsiran

Berawal dari kisah tentang raja Agnarr menceritakan tentang masa lalu bahwa ada perjanjian antara Raja Ruyneard dengan suku Northuldra untuk membangun bendungan air tanah mereka.

Namun terjadi perselisihan sehingga meninggalnya sang kakek. Hal ini mengakibatkan para roh unsur api, bumi, dan air marah sehingga menutup dengan kabut Hutan ajaib.

Untungnya Raja Agnarr selamat karena bantuan seseorang yang tak dikenal. Akan tetapi kisah itu terus berlanjut setelah tiga tahun penobatan Elsa.

Dia mendengar suara aneh dari Hutan Ajaib seakan memanggil dirinya. Akhirnya dia pun pergi memasuki Hutan Ajaib itu dan disusul oleh Anna, Kristoff, Olaf dan rusa.

Elsa tanpa sengaja membangunkan roh tersebut yang mengakibatkan Arendelle terganggu dan rakyat terpaksa untuk mengungsi. Petualangan pun dimulai di dalam Hutan Ajaib.

Elsa menemukan gambar pahatan patung yang ternyata adalah ibu dan ayah mereka. Akhirnya, Elsa pun mengetahui bahwa ibunya adalah seorang Northuldra yang menyelamatkan sang ayah. Elsa, Anna, Kristoff, dan Olaf juga bertemu dengan suku Northuldra.

  25+ Contoh Teks Laporan Hasil observasi Hewan, Tumbuhan dan Lainnya

Selain itu, mereka juga bertemu dengan pasukan tentara Arendelle yang terjebak di Hutan Ajaib tersebut. Elsa dan Anna pun menjelaskan bahwa mereka adalah berasal dari Arendelle dan Ibu mereka adalah seorang Northuldra.

Para tentara dan suku Northuldra pun akhirnya berdamai dan mereka membantu Elsa dan Anna untuk mencari teka-teki tentang kabut di Hutan Ajaib itu.

Akhirnya Elsa menemukan cara untuk menghancurkan kabut yang menjebak hutan Ajaib tersebut. Elsa dan Anna serta dibantu dengan prajurit dan Suku Northuldra untuk menghancurkan bendungan tanah yang membuat para roh marah selama ini.

Merekapun mengetahui bahwa bendungan itu adalah usaha licik dari sang kakek karena tidak menyukai bekerja sama dengan suku sihir.

Merekapun berhasil menghancurkan bendungan itu dengan usaha Anna membangunkan roh-roh bumi raksasa lalu membawa mereka ke bendungan.

Selanjutnya Elsa menghentikan banjir yang terjadi di kerajaan Arendelle akibat hancurnya bendungan. Usaha mereka pun berhasil dan Hutan Ajaib kembali seperti semula. Anna pun menjadi Ratu Arendelle dan Elsa menjadi pelindung Hutan Ajaib.

Evaluasi

Film frozen yang kedua ini menyuguhkan alur cerita yang berbeda dari sebelumnya. Cerita yang lebih menantang dan penuh dengan petualangan.

Banyak menyuguhkan teka-teki tentang masa lalu kedua orang tua mereka. Mengungkapkan semua kejadian masa lalu yang selama ini tidak pernah diceritakan di film Frozen yang pertama.

Namun, ada sedikit cerita yang seharusnya ditambahkan. Sama seperti film yang pertama, Frozen II ini juga tidak menampilkan sang pujaan hati dari Elsa.

Padahal sang adik Anna, kisah cintanya jelas ditampilkan dari film pertama sampai film kedua. Anna yang akhirnya bersama dengan kekasihnya, Kristoff, tetapi sang kakak hanya menikmati hidup tinggal bersama suku Northuldra.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, film ini menarik untuk ditonton oleh semua kalangan termasuk anak-anak karena tidak ada adegan yang sensitif.

Film ini juga menyiratkan pesan moral tentang bagaimana kita untuk selalu berbuat jujur tanpa adanya kecurangan. Karena setiap perbuatan yang kita lakukan, akan selalu ada dampaknya pada diri atau keluarga kita nantinya.


2. Teks Ulasan Tema Novel

Teks Ulasan Tema Novel

Novel merupakan karya sastra yang banyak diminati terutama bagi para kaum remaja. Kebanyakan novel yang ditulis bercerita tentang kisah asmara yang unik dan luar biasa.

Hal tersebut menambah daya tarik bagi para remaja untuk membacanya. Berikut beberapa novel yang telah diulas dan bisa dijadikan sebagai referensi.


Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin

Teks Ulasan Tema Novel

Orientasi

Novel yang berjudul Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin ini merupakan buku romantis yang ditulis oleh Tere Liye, penulis buku terkenal. Buku ini diterbitkan oleh Pt. Gramedia Pustaka Utama yang terdiri dari 264 halaman. Buku ini terbit pada tahun 2010. 

Tafsiran

Buku ini menceritakan tentang kisah hidup serta percintaan seorang gadis yang bernama Tania. Seorang gadis yang harus merasakan pahit hidup di masa kecilnya saat berumur sebelas tahun. Tania dan sang adik harus membantu ibu mereka untuk mencari nafkah karena sang bapak telah lama meninggal dunia. Mereka pun terpaksa harus putus sekolah karena tidak mempunyai biaya.

Mempunyai tempat tinggal yang terbuat dari kardus yang lokasinya berada di dekat tempat pembuangan sampah. Tania, ibu dan, sang adik memang benar-benar hidup dengan serba kekurangan. Suatu ketika Tania dan sang adik mengamen di dalam sebuah bus dan tanpa sengaja kakinya terluka terkena paku. Seorang pemuda yang berada di dalam bus tersebut menolongnya.

Berawal dari pertemuan mereka tersebut, pemuda yang bernama dede itu pun menjadi dekat dengan Tania serta keluarganya. Dede yang berprofesi sebagai penulis mengangkat Tania dan Dede sebagai keluarga angkatnya. Hal itu dikarenakan dia sendiri merupakan anak yatim piatu. Dedepun merawat Tania dan adiknya layaknya sebagai adinya sendiri. Dede juga memberikan modal untuk usaha kepada ibu Tania.

Tidak hanya itu Dede juga membiayai semua biaya sekolah Tania dan adiknya sampai mereka dewasa. Karena Tania gadis yang sangat pintar, dia pun mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan sekolah SMP dan SMA nya di Singapura. Tetapi sebelum pergi, sang ibu mengalami sakit parah dan akhirnya meninggal dunia. Sehingga Dede pun mengajak adiknya Tania untuk tinggal bersamanya.

Seiring berjalannya waktu, Tania pun jatuh cinta dengan Dede , sang malaikat yang menolong dia dan keluarganya. Dia memiliki perasaan suka kepada Dede sudah lama, tetapi dia baru menyadari waktu dia berada di Singapura. Tania dan dede pun sering chattingan dan Tania sering bercerita tentang semua masalah yang dialaminya di sekolah.

Begitupun dengan Dede, ternyata sang pemuda ini memiliki perasaan yang sama juga. Dede ternyata juga menyukai Tania. Akan tetapi keduanya tidak pernah mengungkapkan perasaan masing-masing dikarenakan terbebani dengan terpaut usia yang cukup jauh yaitu 14 tahun. Akhirnya Dede memilih untuk menikahi gadis lain, mantan kekasihnya yang seumuran dengan dia.

Tapi sayang, pernikahan mereka terasa hambar. Hal ini membuat sang istri merasa sedih dan dia menceritakan semuanya kepada Tania. Karena merasa iba, Tania pun mencari tahu apa penyebabnya dan akhirnya dia mengetahui bahwa sebenarnya penyebabnya adalah dia. Pemuda tersebut ternyata sangat mencintai Tania sama seperti Tania.

Evaluasi

Novel ini menceritakan kisah percintaan yang unik yang berbeda dengan kisah cinta lainnya. Dengan mengusung tema romantis, novel ini didukung dengan kata-kata puitis yang membuat pembaca terbawa kedalam cerita. Novel ini pun juga menggunakan sebagian kalimat dengan majas hiperbola yang menambah keunikan bahasanya. Membuat pembaca merasa seperti sedang berada didalam cerita itu sendiri.

Novel ini juga memiliki alur maju mundur yang membuat pembaca harus fokus dengan ceritanya. Walaupun demikian, pembaca tidak akan merasa bosan membacanya dan pembaca juga tidak akan kesulitan memahami alur nya. Disamping itu, novel ini hanya diperuntukkan untuk pembaca dewasa atau remaja. Karena kisah romantisnya tidak patut dibaca oleh pembaca dibawah umur.

Kesimpulan

Dilihat dari kisahnya, novel ini memiliki pesan yang sangat dalam kepada para pembaca. Pesan agar tidak terlalu dalam mencintai seseorang dan harus ikhlas atas segala takdir yang ditetapkan. Harus tegar dan harus menerima semua kenyataan bahwa cinta tak selamanya harus memiliki. Dan juga memiliki pesan bahwa hidup harus tetap berjalan walau tak sesuai dengan harapan.


Hujan

Teks Ulasan Tema Novel

Orientasi

Judul novel adalah Hujan yang bergenre romantis mengisahkan tentang percintaan dan persahabatan. Buku ini ditulis oleh seorang penulis yang cukup terkenal dengan nama penanya Tere Liye. Buku ini diterbitkan oleh salah satu penerbit terbesar di Indonesia yaitu Gramedia Pustaka Utama. Terbit pada bulan Januari tahun 2016 yang terdiri dari 320 halaman.

Tafsiran

Novel ini menceritakan kisah seorang gadis bernama Lail yang ingin sekali menghapus memori tentang masa lalunya. Lail ingin melupakan seseorang yang sangat berarti dulu bagi dirinya. Dia pun meminta kepada Elijah untuk membantun dirinya dan menceritakan kisah tentang seseorang itu yang dijadikan alasan untuk menghapus memori tentang dia.

Lail seorang gadis kecil yang berusia 13 tahun mengalami bencana alam, gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas gunung purba. Karena goncangan yang sangat dahsyat mengakibatkan terjadinya tsunami di tempat lain. Karena bencana itu, dia bertemu dengan seorang laki-laki bernama Esok yang membantu menyelamatkan dirinya dari bencana tersebut.

Lail yang hampir tergelincir masuk ke dalam lorong kereta bawah tanah, diselamatkan oleh Esok dengan menarik tas punggungnya. Semenjak kejadian itu mereka pun berteman dan semakin akrab karena berada disebuah pengungsian yang sama. Mereka selalu bersama sehingga keduanya terjebak dalam perasaan dan saling jatuh cinta.

Disamping itu, ada seorang wanita yang ikut menggoda Esok, yaitu Maryam sahabat Lail. Mereka berteman sewaktu setelah masa pengungsian dan ditempatkan di panti yang sama. Mereka berdua sangat akrab dan Maryam mengetahui bahwa Lail mempunyai perasaan kepada Esok. Perasaan yang lebih dari sekedar teman. Walaupun Maryam menggoda Esok, tetapi Lail tidak pernah marah.

Karena itu, terjadilah kisah cinta yang melibatkan ketiga orang ini. Disamping itu adanya bencana-bencana lain yang muncul yang membuat kehidupan dan kisah mereka semakin menarik. Hingga Lail memilih profesi sebagai perawat yang membuatnya ingin menyelamatkan orang lain.

Evaluasi

Seperti novel lain karya Tere Liye, novel ini disuguhkan dengan bahasa yang sangat unik yang membuat para pembaca terperangkap dalam suasana. Mereka seakan-akan mengalami kejadian itu sendiri. Terbawa dengan arus cerita, baik itu tentang kesedihan akan bencana yang mengguncang dan juga tentang keromantisan kisah asmara yang memukau. Semua kejadian dinikmati secara nyata oleh pembaca.

Namun beberapa peristiwa dalam cerita terlihat seperti dipaksakan. Kejadian yang dianggap tidak masuk logika, seperti masih tersisa sebuah bangunan yang kokoh tanpa adanya kerusakan di tengah bencana besar. Walaupun demikian, gambaran ini tidak terlalu mempengaruhi keunikan cerita dari novel ini. Penonton tetap terkesan dengan plot-twist yang penuh dengan teka-teki sehingga menimbulkan rasa penasaran yang tinggi.

Kesimpulan

Secara keseluruhan novel ini sangatlah menarik. Banyak pesan-pesan yang dapat diambil dari kisah ceritanya. Kisah yang tidak hanya membahas tentang cinta saja, tetapi juga tentang perjuangan dalam menghadapi lika-liku kehidupan. Tetap semangat dan bangkit agar bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik kedepannya. Serta mengajarkan untuk sabar dalam menunggu sebuah kepastian.


3. Teks Ulasan Tema Puisi

Teks Ulasan Tema Puisi

Tidak hanya novel saja yang menjadi bulanan bagi para pecinta sastra. Puisi juga menjadi favorit di kalangan pemuda karena disertai dengan kalimat yang menggunakan bahasa yang unik dan mempunyai makna yang mendalam. Beberapa contoh puisi yang dijadikan teks ulasan untuk para pembaca agar lebih mengetahui gambaran tentang karya tersebut.

  18+ Contoh Teks Inspiratif Tentang Lingkungan, Persahabatan dan Liannya

Baca Juga: Contoh Teks Cerita Sejarah


Puisi Seratus Juta

Teks Ulasan Tema Puisi

Orientasi

Puisi yang berjudul Seratus Juta ini merupakan salah satu karya dari penyair terkenal bernama Taufik Ismail. Seringkali dikatakan, bahwa puisi ini merupakan salah satu puisi terbaik di Indonesia. Puisi yang menjelaskan tentang kehidupan dan keadaan yang terjadi di masa kini. Banyaknya orang yang miskin dan para pengangguran yang tidak mempunyai pekerjaan untuk menafkahi keluarganya.

Tafsiran

Puisi ini menjelaskan tentang suasana yang tergambar pada saat sekarang ini. Terdapat begitu banyaknya orang miskin yang tidak memiliki pekerjaan. Mereka menjadi pengangguran, tidak memiliki pendapatan sehingga tidak tahu harus berbuat apa untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Keadaan yang sangat menyedihkan ini membuat penulis puisi merasakan kesedihan yang sangat mendalam.

Penulis mengajak para pembaca untuk melihat keadaan mereka yang sangat memilukan. Mengajak untuk membantu mereka bersama-sama. Harus melakukan sesuatu yang bisa membuat perubahan walaupun terlihat sulit untuk melakukannya.

Evaluasi

Puisi yang merupakan salah satu karya terbaik ini memberikan bahasa yang sangat unik. Setiap kata-kata yang ditulis mempunyai makna yang mendalam sehingga para pembaca dapat merasakan suasana yang tergambar. Terbawa hanyut dalam kesedihan yang dirasakan oleh orang miskin dan pengangguran.

Akan tetapi, puisi ini akan bisa dirasakan maknanya bila dibaca dengan seksama. Hal tersebut karena gaya bahasa yang digunakan cukup sulit dimengerti bagi orang awam yang tidak terlalu mengenal dunia sastra. Pembaca harus membaca puisi ini berulang kali agar dapat memahami apa makna dari kata-kata yang ditulis oleh sang penulis.

Kesimpulan

Dilihat dari keseluruhan, puisi Seratus Juta ini sangatlah unik dan menarik. Mempunyai motivasi untuk para pembaca agar bisa menjadi seseorang yang mempunyai semangat untuk menjalani kehidupan. Mempunyai kehidupan yang layak agar bisa mencukupi kebutuhan keluarga dan membantu orang yang dilanda kesulitan.


Puisi Ayah

Teks Ulasan Tema Puisi

Orientasi

Puisi yang berjudul Ayah ini merupakan puisi yang dikarang oleh Cahaya Mahardika. Pertama kali puisi ini diterbitkan pada tahun 2009 di salah satu majalah khusu anak-anak.

Puisi yang menceritakan tentang kisah perjuangan seorang Ayah sebagai kepala keluarga yang berjuang demi keluarga tercintanya. Puisi ini juga memberikan gambaran bagaimana besarnya rasa cinta dan kasih sayang seorang anak terhadap ayahnya.

Tafsiran

Terlihat pada bait pertama puisi ini memberikan gambaran tentang bagaimana perjuangan seorang ayah untuk memberikan nafkah kepada keluarganya. Sang ayah yang tidak menghiraukan terik panasnya matahari yang membuatnya bercucuran keringat dalam mencari uang. Sang ayah selalu bekerja keras tanpa menghiraukan kelelahan agar bisa menghidupi keluarganya.

Selanjutnya pada bait kedua, menggambarkan cinta seorang anak terhadap ayahnya. Cinta yang sangat dalam dan begitu besar kepada sang ayah karena telah memberikannya kebahagiaan. Sang Ayah yang menjadi cinta pertama bagi seorang anak perempuan dan merupakan sosok yang penting. Pahlawan tanpa jasa yang melindungi dirinya.

Evaluasi

Puisi tentang Ayah ini sangatlah menyentuh dan menggunakan bahasa yang indah serta sederhana. Mempunyai makna kata yang mendalam tetapi mudah untuk dipahami oleh para pembaca. Tetapi sedikit kekurangan yang terdapat pada kaidah penulisan puisi. Pada baris kedua puisi, hanya terdapat dua baris saja. Begitupun dengan bait selanjutnya yang hanya terdapat beberapa kata saja.

Kesimpulan

Walaupun puisi ini mempunyai kekurangan, tetapi puisi ini sangatlah bagus untuk dibaca. Puisi yang mengangkat tema tentang keluarga membuat para pembaca tersadar akan pentingnya peran sang ayah.

Peringatan bagi sang anak agar selalu menyayangi dan menghargai sang ayah yang berjuang menjadi tulang punggung keluarga. Memenuhi segala kebutuhan dengan segenap jiwa dan raga.


4. Teks ulasan Tema Tempat Wisata

Teks Ulasan Tema Tempat Wisata

Tempat wisata merupakan salah satu tempat yang sangat banyak diminati oleh semua kalangan. Begitu banyak tempat wisata yang menyuguhkan dengan berbagai macam sarana dan prasarana untuk menarik sang pengunjung.

Berikut beberapa tempat wisata yang telah diulas menjadi sebuah teks ulasan untuk memberikan informasi kepada wisatawan sebelum memutuskan untuk berkunjung kesana.


Jam Gadang Bukittinggi

Teks ulasan Tema Tempat Wisata

Orientasi

Jam Gadang merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di Sumatera Barat. Jam Gadang merupakan simbol dari Kota Bukittinggi yang menjadi kebanggan.

Hal ini dikarenakan Jam Gadang merupakan sebuah monumen bersejarah pada masa penjajahan Belanda.  Jam Gadang yang merupakan hadiah dari sang ratu Wilhelmina dari Belanda untuk sekretaris Bukittinggi yang bernama HR Rookmaaker.

Baca Juga: Contoh Teks Eksplanasi

Tafsiran

Jam Gadang tempat wisata yang penuh dengan sejarah. Bangunan Jam Gadang ini sendiri dibangun oleh arsitek asli orang Minangkabau yang bernama Rajo Mangkuto Sutan Gigi Ameh. Atap yang dibuat seperti gonjong yang menjadi ciri khas suku Minangkabau. Jam Gadang yang mempunyai tinggi sekitar 26 meter ini menggunakan huruf romawi.

Dan yang lebih menarik dari Jam Gadang ini, terdapat angka empat romawi yang tidak biasa. Angka romawi yang biasa ditulis dengan VI ini ditulis dengan IIII. Dan mesin dari Jam Gadang ini merupakan barang langka yang hanya ada dua di dunia. Pertama digunakan untuk Jam Big Ben di London dan kedua untuk Jam Gadang.

Jam Gadang memiliki bangunan empat tingkat. Tingkat pertama dijadikan sebagai ruangan bagi petugas. Empat kedua merupakan tempat untuk bandul pemberat Jam Gadang. Lalu di tingkat ketiga merupakan tempat mesin Jam Gadang. Dan terakhir tingkat keempat merupakan tempat lonceng Jam Gadang. Di Puncak Lonceng tersebut terukir nama yang merupakan pembuat dari mesin Jam Gadang itu.

Disamping itu, di sekeliling Jam Gadang ini dihiasi dengan taman yang menambah keindahan pemandangan sekitar. Dan tata letak Jam Gadang yang strategis yang berada di Pusat Kota dan dekat dengan pusat perbelanjaan. Sehingga para wisatawan puas untuk membeli makanan serta membawa oleh-oleh khas dari Minangkabau.

Evaluasi

Jam Gadang tempat yang menarik untuk dijadikan sebagai objek wisata bersama dengan keluarga. Karena disana terdapat tempat-tempat yang disediakan di taman Jam Gadang untuk bersantai bersama sambil menikmati pemandangan Jam Gadang. Tetapi bagi wisatawan yang duduk bersantai lama, akan merasakan kepanasan jika hari sudah mulai siang dikarenakan tidak ada atap pelidungnya.

Untuk itu, jika hari sudah mulai terasa panas, wisatawan sebaiknya memilih duduk bersantai di Mall yang berada tepat di samping Jam Gadang sambil menikmati makan siang. Makan siang yang disuguhkan dengan pemandangan Jam Gadang yang menambah suasana menjadi lebih santai.

Kesimpulan

Dilihat dari keseluruhan, tempat wisata Jam Gadang sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang berlibur ke Sumatera Barat. Karena letaknya yang berada di pusat Kota Bukittinggi sehingga para wisatawan bisa dengan mudah untuk menempuh akses kesana. Menikmati waktu liburan bersama keluarga tercinta sambil mendapati ilmu tentang salah satu monumen bersejarah di Indonesia.


Puncak Lawang

Teks ulasan Tema Tempat Wisata

Orientasi

Puncak Lawang merupakan salah satu objek wisata yang menyuguhkan pemandangan alam. Objek wisata ini terdapat di Lawang, salah satu daerah yang ada di Sumatera Barat. Menempuh perjalanan sekitar satu setengah jam dari Kota Bukittinggi dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Tafsiran

Puncak Lawang merupakan objek wisata yang paling banyak diminati oleh para wisatawan karena memiliki pemandang yang sangat Indah. Objek wisata yang terletak di atas puncak bukit yang mana objek wisata ini hampir sama dengan Puncak Bogor. Memiliki udara yang sejuk dan juga berawan apabila kita berada di atas Puncak yang sedikit lebih tinggi.

Puncak Lawang disuguhkan dengan pemandangan danau Maninjau yang tepat berada di bawah bukit itu. Danau Maninjau yang terlihat begitu indah dan jelas sekali. Terlihat kapal-kapal nelayan yang berjejeran di pinggir danau serta rumah-rumah warga yang berada disekitar danau tersebut. Hal tersebut membuat mata begitu sejuk saat memandangnya.

Puncak lawang yang dihiasi dengan tanaman pinus didalamnya mempunyai beberapa permainan yang menguji adrenalin. Salah satunya tempat ini dijadikan sebagai paralayang bagi wisatawan dalam negeri atau luar negeri yang diadakan hampir setiap tahunnya. Hal tersebut semakin menambah daya tarik para wisatawan untuk berkunjung.

Evaluasi

Puncak Lawang tempat wisata yang sangat menarik bagi wisatawan. Tempat yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga. Duduk bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar. Ditambah para wisatawan bisa menginap di sebuah tempat penginapan homestay yang telah disediakan. Hanya saja tempatnya yang cukup jauh dari Pusat kota sehingga sedikit melelahkan untuk menempuh perjalanan kesana.

Kesimpulan

Secara keseluruhan tempat wisata Puncak Lawang ini merupakan salah satu tempat yang sangat bagus. Apalagi tempat ini memiliki pemandangan alam yang natural sehingga membuat para wisatawan betah berlama-lama disana. Tempat untuk menghilangkan stress dan juga merelaksasikan pikiran.


Itulah beberapa contoh teks ulasan dengan berbagai tema yang bisa dijadikan sebagai referensi. Teks ulasan ini disertai dengan beberapa contoh dari setiap tema dan lengkap dengan strukturnya. Informasi dikelompokkan menurut strukturnya masing-masing sehingga membuat para pembaca bisa memahami isi teks dengan mudah dan mengerti tentang isi teks tersebut.

Teks ulasan ini sangat membantu khususnya bagi para pelajar yang tidak tahu bagaimana cara untuk membuat sebuah teks ulasan yang baik dan lengkap dengan strukturnya. Dengan dilengkapi pengertian, fungsi dan beberapa contoh, diharapkan akan membuat para pembaca lebih mengerti tentang teks ulasan dan tidak akan mendapati kesulitan untuk membuat teks ulasan tersebut nantinya.

Contoh Teks Ulasan

Tinggalkan komentar