Contoh Makalah Kenakalan Remaja dan Penjelasan ( Download file DOC )

Makalah Kenakalan Remaja Kenakalan remaja adalah problem yang kerap terjadi di indonesia. Bahkan bukan di indonesia saja, di wilayah mana saja bisa terindikasi memiliki tingkat kenakalan remaja yang cukup tinggi. Pentingnya permasalahan ini menjadi alasan dibuatnya makalah kenakalan remaja ini.

Remaja adalah usia rentan terhadap apa saja yang ada di sekelilingnya. Oleh sebab itu remaja adalah kondisi yang kerap berpotensi melakukan pelanggaran. Dalam makalah kenakalan remaja ini akan dibahas seputar info remaja dan faktor yang mempengaruhinnya.

Makalah kenakalan remaja tidak saja hanya membahas kenakalan saja tetapi akan membahas psikologis remaja terhadap perilaku menyimpang. Percaya atau tidak remaja adalah usia yang paling banyak melakukan kesalahan dan cenderung menyimpang.

Untuk menjawab itu semua berikut makalah kenakalan remaja akan dibahas dan dijelaskan berdasarkan permasalahan yang ingin diketahui berkaitan remaja. Selain itu makalah ini juga penting untuk menanggulangi dan menghadapi gejolak masa remaja.


Download Makalah Kenakalan Remaja File Doc

Copy Link Makalah Kenakalan Remaja di Bawah:

https://drive.google.com/open?id=1CFEZr3jtucnGjCFBfEEZOOdibjbRe6RH

Buka Tab Baru dan Paste Link pada Jendela Browser.


Memahami Gejala Perilaku menyimpang Melalui  Makalah Kenakalan Remaja

Memahami Gejala Perilaku Menyimpang Melalui Makalah Kenakalan Remaja

Berikut ini makalah kenakalan remaja akan membahas seputar anak remaja, gejala psikologis dan upaya mencegah kenakalan remaja pada masyarakat.

Baca Juga: Makalah Senam Lantai


Latar Belakang Masalah

Remaja ada usia awal muda yang penuh dengan banyak dilema. Banyak orang tua selalu kewalahan dalam mengawal pertumbuhan anaknya menjelang usia remaja awal dan akhir.

Usia remaja adalah usia dimana perkembangan diri dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari faktor herediter maupun faktor lingkungan.

Tidak sedikit anak pada usia remaja telah banyak menimbulkan banyak masalah. Mulai masalah pribadi, masalah keluarga bahkan masalah dengan interaksi sosialnya.

Tidak dapat dibantah bahwa masa remaja adalah masa yang paling indah karena pertumbuhan fisik dan fsikis manusia pada saat ini sedang dalam masa menyukai lawan jenis.

Kenakalan remaja yang sering terjadi akhir-akhir ini juga bagian dari pertumbuhan dan perkembangan psiskis remaja yang tidak terkontrol.

Minimnya pengawasan dan pendampingan dalam kehidupan sehari-sehari membuat remaja berani dan berusaha untuk membuat perilaku agar mendapatkan perhatian.

Hal ini sebagaimana dapat kita ketahui karena kenakalan remaja tidak saja merugikan orang tua, tetapi semua masyarakat akan merasakan dampak dari kenakalan remaja. Oleh sebab itu problematika ini seharusnya menjadi tanggung jawab kita bersama.

Dari makalah ini maka kita diharapkan dapat mengetahui informasi tentang bagaimana bersikap kepada anak usia remaja dan bagaimana mencegah adanya perilaku yang salah pada anak.

Faktor psikologis dan pola asuh yang tepat dapat menandingin gejolak usia remaja. Misalnya dengan melakukan komunikasi, mengajak anak untuk menikmati waktu bersama, dan mau menerima permasalahan dan hambatan anak usia remaja dalam kehidupan sehari-hari.

Mengapa anak usia remaja lebih memiliki sahabat dalam berkeluh kesah dibanding ibunya? Hal ini disebabkan karena sang ibu dianggap tidak memahami apa yang dirasakan, ibu kurang mau menjadi pendengar yang baik.

Terlebih ibu yang sangat protektif dapat mengakibatkan anak tertekan dan depresi.  Meski tidak mudah ada banyak cara untuk menyikapi kenakalan remaja untuk mari simak penjelasannya di makalah ini.


Rumusan Masalah

Adapun yang menjadi fokus permasalahan dalam pembahasan kenakalan remaja adalah beberapa pertanyaan dibawah ini. Permasalahan ini akan dibahas dengan singkat pada bagian pembahasan adapun rumusan masalahnya adalah

1.Apa itu kenakalan remaja?

  1. Faktor apa sajakah yang dapat memicu dan mendorong lahirnya kenakalan dan penyimpangan pada remaja?

  2. Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah kenakalan remaja agar tidak menjadi besar?


Manfaat dan Tujuan Makalah Remaja

Sebagaimana yang diharapkan dalam makalah ini adalah untuk mengetahui bagaimana menyikapi kenakalan remaja yang kerap terjadi dan meresahkan berbagai pihak. adapun hal hal yang ingin diketahui dan menjadi tujuan adalah :

  1. agar dapat mengetahui Apa itu kenakalan remaja?
  2. Untuk dapat mengidentifikasi faktor apa sajakah yang dapat memicu dan mendorong lahirnya kenakalan dan penyimpangan pada remaja?
  3. Dan untuk mengetahui apa yang dapat dilakukan untuk mencegah kenakalan remaja agar tidak menjadi besar.
  Contoh Makalah Wawasan Nusantara dan Penjelasan (Download DOC)

Pembahasan

Untuk dapat memahami lebih dalam tentang remaja dan seputar kenakalan yang dilakukan oleh banyak kalangan remaja saat ini maka akan dibahas tentang kenakalan remaja. Adapun yang dapat dijelaskan dalam makalah ini adalah sebagai berikut:

1.Memahami Kenakalan Remaja

Jika di definisikan kenakalan remaja adalah sebuah perilaku dan sikap yang diluar dari nilai moral dan perilaku pada umumnya. Perilaku nakal pada remaja selalu berujung kepada kerugian pada diri sendiri, dan juga orang lain.

Kenakalan remaja selalu diawali rasa ingin tahu dan coba-coba. Hingga pada akhirnya perilaku tersebut menjadi kebiasaan hingga menjadi karakter.

Banyak dari orang tua menganggap bahwa ia tidak perlu lagi menjaga anaknya yang telah berada di usia remaja. Padahal pada usia ini perhatian orang tua sangat dibutuhkan. Namun perhatian dan pendampingan orang tua pada anak remaja itu berbeda dengan anak-anak usia 5 da 6 tahun.

Pendampingan dan kehadiran orang tua harus dapat menjadi tempat paling baik, aman, dan menyenangkan bagi anak bukan malah sebaliknya. Gejolak anak remaja sedikit agak sulit dipahami, hal ini disebabkan karena faktor psikologis anak usia remaja itu berbeda.

Menurut para pakar Mussen dkk menyatakan bahwa usia remaja yang melakukan perbuatan melanggar hukum atau tindak kejahatan adalah usia 16 sampai 18 tahun.

Sedangkan pernyataan berbeda dari Santrock yang berpendapat bahwa kenakalan remaja biasanya dilakukan oleh anak usia remaja yang berkelompok atau membentuk komunitas tersendiri karena mereka tidak dapat diterima status sosial oleh orang lain.

Itu alasan mengapa mengejek atau melakukan pembullian itu tidak baik bagi psikologis anak. Seseorang yang merasa tidak diterima dilingkungan sekitar akan menghadapi konflik batin dalam diri remaja tersebut.

Rasa kecewa tidak dapat diterima dilingkungan keluarga dan lingkungan teman sejawatnya menjadikan anak memiliki berperilaku menyimpang sebagai bukti penolakan. Akhirnya tanpa disadari terkadang penolakan ini menyebabkan.

Penolakan terhadap rasa kecewa anak remaja terhadap dirinya mulai dari tumbuh rasa benci kepada semua orang selain sahabat atau komunitas dirinya. Jika hal ini terjadi dalam waktu yang panjang maka kenakalan remaja akan terus mempengaruhi anak yang lain atau remaja lain.

Jadi kesimpulannya adalah kenakalan remaja adalah sikap penolakan yang melanggar hukum, tatanan etika, dan budi luhur yang dilakukan pada anak usia 16 sampai 18 tahun.

Baca Juga: Makalah Manajemen Sumber Daya Manusia

Penyebab Kenakalan Remaja

Faktor penyebab terjadi kenakalan remaja itu sangat beragam dan bervariasi. internal filter dalam diri tidak berkembang dengan baik salah satunya kurangnya peran dan fungsi keluarga. Namun dalam makalah ini akan dibahas faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan anak remaja.

1. Faktor dalam atau internal

faktor ini terdiri dari kepribadian, kondisi psikis, status serta perannya di masyarakat. Faktor internal yang paling banyak mendorong terjadi kenakalan remaja adalah kepribadian. Usia remaja belum matang dalam menemukan kepribadian yang permanen dalam dirinya.

Apalagi anak-anak remaja yang dalam perkembangan kurang mendapatkan perhatian. kurang dapat menyesuaikan diri juga merupakan permasalahan bagi setiap anak remaja. Apalagi masa transisi dan mencari jati diri di usia ini sangat dominan.

Banyak remaja yang cenderung melihat idolanya dan mengikuti suatu perilaku yang hanya dianggap lebih keren tanpa memikirkan akibat dari sikap dan perilaku tersebut.

Cacat fisik juga dapat menjadi pemicu seseorang melakukan kesalahan. Hal ini diakibatkan kurang percaya diri terhadap kemampuan dirinya sendiri. Apalagi kondisi tidak ideal seperti ini sering menjadi ejekan atau sindiran orang disekitar.

Dan faktor internal berikutnya adalah faktor status. Tanpa disadari sering dalam masyarakat menyebut seseorang dengan status sosial yang melekat dalam dirinya.

Misalnya anak yang memiliki ayah sebagai pencuri atau korupsi sering disebut dengan anak korupsi atau yang lainnya. Hal ini menjadi tumbuhnya rasa benci dan dendam yang mendalam.

b.Faktor Eksternal

sedangkan untuk faktor eksternal dari lahirnya kenakalan remaja adalah lingkungan keluarga, interaksi sosial dengan masyarakat yang salah, kondisi geografis alam, kesenjangan sosial serta faktor sosial dan budaya.

  25+ Contoh Saran Dalam Makalah : Jumlah Kata dan Strukturnya

Semua faktor tersebut memiliki peran dalam mendorong kenakalan remaja. Keluarga yang tidak memiliki kendali yang kuat maka kehidupan akan tumbuh acuh dan cuek.

Itu mengapa sangat disarankan bahwa keluarga harus menjadi tempat terbaik untuk semua anggota keluarga. Jika kondisi keluarga sangat baik dan cukup menjadi filter bagi kehidupan anak maka faktor yang lain tidak dapat dengan mudah mempengaruhi anak remaja.

Kesenjangan sosial yang terjadi dalam kehidupan saat ini menjadi pemicu akan meningkatkan kenakalan remaja. Jurang perbedaan kehidupan membuat perilaku juga cenderung tiada batas. Siapa saja merasa memiliki hak dalam menentukan kehidupannya masing-masing hal ini menjadikan sikap apatis dan mementingkan diri sendiri.

Baca Juga: Makalah Pasar Modal

Upaya Mengatasi Kenakalan Remaja

setidaknya ada 3 yang dapat mengatasi kenakalan remaja yaitu tindakan preventif, kuratif dan represif.  Tindakan preventif adalah upaya mencegah atau melakukan pencegahan akan adanya kenakalan remaja misalnya dengan cara melakukan pembinaan remaja.

Mendorong dan memotivasi agar dapat berinteraksi sosial dengan baik dan benar. Menyediakan sarana diskusi para remaja dalam menyampaikan aspirasi.

Sedangkan langkah kuratif dan rehabilitasi yaitu bagi para anak-anak remaja yang telah melakukan kenakalan akan diberikan pendidikan dan pendampingan kembali agar tidak mengulanginya kembali. Oleh sebab itu adanya rehabilitasi yang baik untuk anak-anak seperti ini .

Dan yang ketiga adalah tindakan refresif yaitu melakukan sanksi dan hukuman bagi para pelanggar aturan yang telah ditetapkan misalkan melakukan patroli di jam-jam sekolah.

Mengamankan anak-anak remaja yang berkumpul dan melakukan perilaku menyimpang seperti merokok, atau minuman keras dan sebagainya agar perilaku yang salah tidak saja bisa dicegah namun di musnahkan agar tidak menular.


Penutup

Telah dijelaskan latar belakang masalah dan menjelaskan faktor yang dapat menimbulkan kenakalan remaja diatas maka dalam makalah kenakalan remaja akan diringkaskan sebuah kesimpulan pada bagian penutup. Kesimpulan dari pembahasan diatas sebagaimana teks dibawah ini


Kesimpulan

Kenakalan remaja adalah perilaku menyimpang dan salah dalam hukum dan norma-norma yang berlaku dalam kehidupan beragama yang dilakukan oleh anak remaja. Perilaku menyimpang tersebut dapat merugikan diri sendiri bahkan pihak dan orang lain.

Faktor yang melatar belakangi adanya kenakalan remaja adalah disebabkan faktor internal dan eksternal. Kedua faktor ini turut berperan lahirnya kenakalan remaja.

Namun anak remaja adalah para anak yang baru tumbuh dan belum matang dalam memutuskan dan bersikap. Segala sesuatu di orientasikan oleh kesenangan dan nafsu semata. Hal ini sebenarnya gejolak psikologis yang menyimpang. Karena pada hakikatnya seharusnya remaja berkembang sesuai dengan fitrahnya.

Kenakalan remaja adalah tanggung jawab semua pihak. Segala sesuatu yang dapat memicu dan mendorong anak remaja  melakukan kenakalan seharusnya dapat diminimalisir oleh semua pihak yang mengetahui. Itu pentingnya peka terhadap lingkungan sekitar.

Adapun upaya yang dapat dilakukan dalam mencegah kenakalan adalah tindakan preventif, kuratif dan refresif. Dan semua upaya ini harus dapat berfungsi dengan baik. Anak-anak remaja haru selalu didampingi dan dikembangkan potensi kearah positif.

Dan para orang tua dan tokoh agama maupun masyarakat harus dapat menjadi contoh tauladan yang baik. Sehingga anak remaja dapat menemukan contoh yang baik untuk dirinya

Saran-saran

Adapun Saran yang paling penting dalam makalah kenakalan remaja ini adalah seluruh pihak mulai dari orang tua, guru di sekolah, pemerintah dan lapisan masyarakat diharapkan keterlibatannya dalam menjaga anak-anak remaja dari pengaruh buruk.

Orang tua selalu menjaga dan mengawasi anak-anaknya menuntun perilaku agar menjadi anak yang patuh dan berkembang maksimal. Begitu juga para guru senantiasa berperilaku dan menjauhi sikap maupun kata yang salah dan kasar.

Itulah penjelasan dan pembahasan sederhana tentang remaja pada makalah kenakalan remaja. Pembahasan sederhana ini dapat menambahkan pengetahuan dan perbandingan dalam menangani permasalahan remaja. Minimal dapat mengetahui pengertian dan cara mencegah adanya perilaku menyimpang.

Makalah Kenakalan Remaja

Tinggalkan komentar