Pengertian Ekosistem : Komponen, Macam-Macam beserta Contohnya

Pengertian Ekosistem – Mendengar istilah ekosistem tentunya Anda sudah tidak asing lagi bukan? apalagi bagi Anda yang mendalami bidang keilmuan alam, pengertian ekosistem rasanya sudah menjadi bagian dari hidup Anda. Baik dari segi pengertiannya, komponen ekosistem, macam-macam dan contoh ekosistem.

Namun ada pula yang masih cukup asing dengan istilah tersebut. Bagi Anda yang masih bingung apa yang dimaksud dengan ekosistem, Anda tidak perlu bersedih.

Dalam artikel ini akan di ulas secara tuntas apa pengertian ekosistem, komponen, macam-macam dan contohnya. Nah, dari pada penasaran yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Pengertian Ekosistem

Pengertian Ekosistem
www.romadecade.org

Ekosistem secara umum diartikan sebagai sebuah satu kesatuan yang terjadi antara lingkungan, alam dan makhluk hidup atau pun organisme yang hidup di dalamnya. Adanya ekosistem akan terbentuk sebuah hubungan timbal balik yang sama-sama memberikan pengaruh satu sama lainnya.

Masing-masing ekosistem biasanya memiliki penghuni yang berbeda-beda. Misalnya ada ekosistem laut, ekosistem pantai, ekosistem sungai, ekosistem gunung dan lain sebagainya. Sementara pengertian ekosistem menurut para ahli adalah sebagai berikut.

  • Menurut Woodbury (1954)

Pengertian Ekosistem adalah tatanan kesatuan secara kompleks di sebuah wilayah yang terdapat habitat, tumbuhan dan juga binatang. Kondisi tersebut akan dipertimbangkan sebagai unit kesatuan secara utuh, sehingga semuanya dapat menjadi bagian mata rantai siklus materi serta aliran energi.

  • G. Tansley (1935)

Ekosistem adalah suatu unit ekologi (an ecological unit) dimana didalamnya terdapat struktur dan juga fungsi. Struktur dalam ekosistem tersebut yaitu berhubungan dengan keanekaragaman spesies atau dalam bahasa inggris adalah species diversity.

  • Odum (1993)

Ekosistem merupakan seperangkat unit fungsional dasar dalam suatu ekologi yang di dalamnya tercakup organisme dan lingkungan. Lingkungan dalam hal ini yaitu lingkungan biotik dan abiotik, dimana di antara keduanya saling mempengaruhi.

  • Soemarwoto

Pengertian ekosistem mencakup dalam suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan tempat ia tinggal.

  • Menurut Undang-Undang Lingkungan Hidup Tahun 1997

Pengertian ekosistem adalah tatanan satu kesatuan cara yang begitu utuh serta menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup untuk saling mempengaruhi. Unsur-unsur lingkungan hidup ini dapat disebut unsur biotik dan abiotik, baik makhluk hidup maupun benda mati di dalamnya.

Semuanya tersusun menjadi satu kesatuan dalam sebuah ekosistem yang masing-masing tidak dapat berdiri sendiri, maupun hidup sendiri, melainkan harus saling berinteraksi, saling mempengaruhi, saling berinteraksi, sehingga tidak dapat di pisah-pisahkan.

Komponen-Komponen Ekosistem

Komponen Komponen Ekosistem
Komponen-Komponen Ekosistem

Dari berbagai pengertian yang dijelaskan oleh para ahli mengenai apa yang dimaksud dengan ekosistem, tentunya Anda bisa mengetahui bukan bahwasanya sebuah ekosistem terdiri dari beberapa komponen di dalamnya. Komponen-komponen yang membentuk sebuah ekosistem dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

1. Komponen Biotik atau Komponen Hidup

Komponen biotik atau komponen hidup adalah bagian dari pembentuk sebuah ekosistem yang berupa makhluk hidup. Sebuah ekosistem tidak akan terbentuk apabila tanpa adanya makhluk hidup di dalamnya. Beberapa contoh komponen biotik antara lain adalah binatang, manusia, tumbuhan dan organisme atau pengurai.

Adanya makhluk hidup di dalam sebuah ekosistem pada akhirnya akan membentuk sebuah rantai makanan. Disinilah Komponen biotik dibedakan menjadi 3 bagian, yaitu:

  • Produsen atau Organisme Autotrof

Organisme autotrof merupakan golongan organisme yang berperan sebagai produsen. Artinya, mereka mampu membuat makanan bagi organisme lainnya yang sama-sama tinggal pada suatu ekosistem yang sama. Biasanya hal ini dilakukan oleh tumbuhan melalui proses fotosintesis.

  • Organisme Heterotrof atau Konsumen

Organisme yang satu ini berbeda dengan organisme autotrof. Organisme heterotrof tidak memiliki kemampuan untuk menciptakan makanannya sendiri. Yang termasuk ke dalam organisme heterotrof adalah hewan dan manusia. Dari jenis makanannya, organisme heterotrof dibedakan menjadi 3, yaitu karnivora (pemakan daging), herbivora( pemakan tumbuhan) dan omnivora (pemakan segala).

  • Dekomposer atau Pengurai

Golongan yang ketiga adalah mereka sebagai dekomposer atau pengurai. Pengurai ini  adalah makhluk hidup yang bertugas untuk menguraikan sisa-sisa makanan yang telah mati.

Dengan kata lain, dekomposer memiliki jabatan penting dalam suatu rantai makanan di bumi karena mampu mengubah bahan-bahan organik menjadi senyawa anorganik. Yang termasuk ke dalam organisme dekomposer adalah jamur, bakteri, ganggang, cacing dan lain sebagainya.

2. Komponen Abiotik

Komponen ekosistem yang kedua adalah komponen abiotik, yaitu komponen tidak hidup atau benda-benda bukan makhluk hidup namun memiliki peran penting dalam memenuhi kelangsungan hidup. Komponen abiotik bisa berupa udara, angin, matahari, air, suhu, kelembaban udara dan masih banyak contoh yang lainnya.

Macam-Macam Ekosistem

Macam Macam Ekosistem
www.liputan6.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwasanya di dunia ini terdapat berbagai macam ekosistem. Masing-masing ekosistem memiliki mahluk hidup masing-masing yang berbeda-beda. Perbedaan ini bisa dipengaruhi oleh tempat dan iklim. Beberapa macam ekosistem, antara lain adalah sebagai berikut:

Ekosistem Air

Ekosistem Air
www.rimbakita.com

Ekosistem terbesar yang ada di bumi adalah ekosistem air. Hal ini dipengaruhi karena besarnya lautan lebih luas dari pada luasnya daratan. Ekosistem air, dibedakan menjadi dua, yaitu:

Ekosistem Air Tawar

Ekosistem Air Tawar
Ekosistem Air Tawar

Yaitu ekosistem yang berada pada lingkungan air dengan kadar garam rendah.

Ekosistem Laut

Ekosistem Laut
Ekosistem Laut

Yaitu ekosistem yang berada di lingkungan air dengan kadar garam tinggi serta memiliki pergerakan air yang mengikuti arah angin.

Ekosistem Darat

Ekosistem Darat
Ekosistem Darat

Selain ekosistem laut, ada pula jenis ekosistem lainnya yang ada di bumi. Yaitu ekosistem darat. Ekosistem darat ini juga lebih sering dikenal dengan istilah bioma. Bioma ini merupakan daerah atau tempat berkumpulnya berbagai macam makhluk hidup dalam suatu tempat yang sama dan saling berhubungan.

Bioma sendiri dibedakan menjadi 8 macam, yaitu :

  • Bioma Kasrat

Yaitu sebuah tempat yang berupa kumpulan batu gamping.

  • Bioma Gurun

Sesuai dengan nama yang dimiliki, bioma gurun merupakan suatu kawasan yang memiliki tingkat hujan rendah. Pada tempat ini hujan sangat jarang terjadi dan menjadi suatu kawasan yang sangat panas.

  • Bioma Tundra

Bioma tundra merupakan daerah yang paling dingin yang ada di muka bumi, yaitu pada kutub seperti Antartika dan Artis. Pada musim dingin tiba, daerah ini memiliki tingkat suhu yang ekstrim dan biasanya tidak akan ada cahaya matahari yang masuk.

  • Bioma Taiga

Bioma taiga adalah suatu daerah yang memiliki iklim dingin dengan tingkat curah hujan yang tinggi. Biasanya berupa tumbuhan jenis daun jarum.

  • Bioma Savana

Bioma savana adalah daerah yang berada pada iklim tropis dengan tingkat curah hujan yang tinggi. Biasanya berupa padang rumput.

  • Bioma Padang Rumput

Adalah suatu daerah yang berada di kawasan beriklim sub tropis dengan curah hujan yang rendah. Biasanya ekosistem ini dipenuhi dengan tumbuhan pendek.

  • Bioma Hutan Gugur

Bioma hutan gugur adalah kawasan yang berada pada daerah  dengan 4 musim. Biasanya karena terjadi perubahan musim dalam satu tahun, bioma hutan gugur memiliki kemampuan beradaptasi dengan baik.

  • Bioma Hutan Hujan Tropis

Yaitu daerah yang berada pada wilayah beriklim tropis dengan tingkat curah hujan yang tinggi. Sehingga banyak tumbuh pepohonan. Biasanya memiliki suhu sekitar 25 derajat celcius.

Contoh Ekosistem

Contoh Ekosistem
www.maxmanroe.com

Dari pengertian ekosistem beserta komponen-komponen yang ada di dalamnya tentunya pemahaman Anda semakin dalam bukan? nah tentunya Anda sudah tidak bingung lagi bukan apa  saja contoh dari ekosistem yang ada di bumi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Ekosistem Alami

Ekosistem yang terbentuk secara sendirinya tanpa campur tangan manusia. Misalnya hutan hujan, hutan gugur, ekosistem danau, rawa, pantai, sungai dan padang rumput.

  • Ekosistem Buatan

yaitu ekosistem yang terbentuk atas dasar campur tangan manusia. Ekosistem ini biasanya dibuat secara detail sebagaimana ekosistem aslinya. Beberapa contoh ekosistem buatan, Diantaranya adalah taman safari, waduk, taman hutan raya dan suaka marga satwa.

Nah itulah pengertian ekosistem, komponen-komponen di dalamnya serta macam-macam ekosistem beserta contohnya. Dengan penjelasan lengkap di atas, tentunya Anda sudah tidak bingung lagi bukan ketika harus ditanya apa yang dimaksud dengan ekosistem. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: