4+ Contoh Company Profile (Profil Perusahaan) dan Cara Membuatnya

Contoh Company Profile

Contoh Company ProfileDalam suatu bidang usaha suatu perusahaan biasanya membutuhkan tanda pengenal untuk perusahaannya. Tanda pengenal ini disebut company profile yang bisa digunakan sebagai perbandingan antara perusahaan ini dan perusahaan lain yang sejenis.

Sebagai sebuah profile dari suatu badan usaha, tentu ada banyak contoh company profile yang bisa digunakan. Sebelum masuk lebih jauh tentang pembahasan contoh company profile yang tersebar di masyarakat, ada baiknya untuk mengetahui dulu pengertian dan fungsinya.

Hal ini dimaksudkan agar pembuatan company profile lebih mudah karena sudah mengetahui kedua hal tersebut. Lantas apa itu company profile?


Pengertian Company Profile

Pengertian Company Profile

Masuk ke pembahasan awal tentang pengertian company profile atau profil perusahaan. Secara singkat pengertian company profile berarti halaman yang memuat deskripsi tentang sejarah, status saat ini, dan tujuan dari bisnis tersebut di masa depan. Dalam setiap profile company juga harus berisikan informasi penting seperti contact, jajaran direksi, dan hal lainnya.

Setiap company profile perusahaan biasanya dimuat pada satu halaman khusus website perusahaan, atau bisa lebih. Hal ini juga berkaitan adanya informasi tambahan seperti status bisnis.

Jadi secara garis besar company profile berisi kontak, jaringan direksi, deskripsi perusahaan, latar belakang, sejarah, dan status bisnis.

Baca Juga: Contoh Portofolio


Fungsi Company Profile

Fungsi Company Profile

Setelah mengetahui pengertiannya sekarang saatnya mengetahui fungsinya. Hal ini dimaksudkan agar pembuatan company profile lebih padat dan tepat sasaran.

Salah satu fungsi company profile tentu sebagai media penyampaian informasi tentang perusahaan untuk orang luar yang terkait. Selain fungsi tersebut ada beberapa fungsi lain company profil, diantaranya.

  • Sebagai gambaran dari perusahaan
  • Sebagai syarat sebelum mengikuti acara tertentu
  • Untuk alat jualan perusahaan (marketing)
  • Sebagai syarat utama sebelum mengambil dana perbankan (jika perlu)
  • Sebagai petunjuk pertama kepada pelanggan terkait jenis perusahaan, serta hal lain yang diperlukan.

Contoh Company Profile

Contoh Company Profile

Setelah mengetahui pengertian dari company profile dan fungsinya, kini masuk ke contoh company profile. Beberapa contoh ini dibuat sesuai dengan jenis beberapa usaha yang mungkin bisa menjadi referensi ke depannya. Berikut adalah beberapa contoh yang mungkin bisa sesuai dengan kebutuhan.

1. Contoh Company Profile Catering

Dalam sebuah usaha yang bergerak dibidang kuliner, company profile diperlukan untuk branding dalam urusan marketing.

Hal yang paling penting dalam company profile usaha ini adalah mencantumkan kontak yang bisa dihubungi. Ini dimaksudkan agar pelanggan bisa dengan mudah menghubunginya.

PT (Tuliskan nama perusahaan)

Tentang Perusahaan

Kami adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa tata boga diantaranya catering untuk wedding, ulang tahun, dan hal lainnya.

Pt (tuliskan nama perusahaan) dibangun untuk pelayanan kebutuhan yang dikhususkan untuk penyediaan jasa catering yang berkualitas dan tentunya dengan cita rasa nomor satu demi memuaskan kebutuhan pelanggan kami. Perusahaan kami juga menjamin kebersihan produk yang kami sajikan.

Semua ini didukung dengan kualitas terbaik dari bahan baku pembuatan makanan kami. Selain itu kami juga membuat sendiri beberapa bahan makanan seperti mie, pasta, dan lain-lain.

Adapun kami juga menanam sendiri beberapa tumbuhan yang berfungsi sebagai bahan utama maupun bahan pelengkap makanan. Sehingga tidak perlu khawatir terkait kualitas, dan kemanan bahan makanan yang kami sajikan.

Dengan pengalaman selama (tuliskan pengalaman) dibidang jasa tata boga, kami yakin perusahaan kami mampu memberikan yang terbaik. Hal ini juga didukung oleh beberapa tenaga profesional yang ahli dalam bidangnya.

Informasi Kontak

Alamat
(Tuliskan Alamat)
No. Telp
(Tuliskan Nomor Telepon)
Email
(Tuliskan Email)

Referensi

(Tuliskan beberapa perusahaan yang pernah bekerja sama, untuk dijadikan bahan referensi terhadap klien)

2. Contoh Company Profile Perusahaan Traveling

Contoh kedua adalah perusahaan traveling. Hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan company profile perusahaan ini adalah jasa yang ditawarkan serta referensi dari klien sebelumnya. Jangan lupa untuk memasukkan visi dan misi perusahaan, serta info kontak yang bisa dihubungi.

  12+ Contoh x Banner Design Keren Beserta Ukuran X Banner [Lengkap]

(Tuliskan Nama perusahaan) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengadaan transportasi baik itu udara, darat, maupun laut.

(Tuliskan nama perusahaan) telah berdiri secara resmi selama (tuliskan) tepatnya pada tanggal (tuliskan). Dengan pengalaman yang telah kami miliki selama 10 tahun kebelakang, kami yakin bahwa perusahaan kami mampu menyajikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya.

Tidak hanya itu, tenaga ahli yang kami miliki juga menjadi alasan utama mengapa kami yakin bahwa kualitas perusahaan kami nomor satu dibidangnya.

Perusahaan kami juga menyediakan informasi lengkap tentang jasa yang kami tawarkan. Dalam informasi tersebut kami akan menyampaikan beberapa fasilitas yang kiranya dapat klien jadikan bahan referensi atau bahan perbandingan. Kami juga siap memberikan pelayanan terbaik kami baik untuk calon klien, maupun klien kami.

Visi
Menjadi perusahaan travel terbaik dengan mengutamakan kualitas serta kepuasaan pelanggan kami.
(Tulisan di atas merupakan contoh, dan dapat diubah sesuai dengan kebutuhan)

Misi
Menyediakan pelayanan terbaik yang nomor satu
Menjaga kepuasan pelanggan
(Hal di atas merupakan contoh, sehingga dapat diubah sesuai dengan kebutuhan)

Legalitas Perusahaan

(Legalitas perusahaan ini berupa surat-surat terkait. Biasanya akte notaris, surat izin mendirikan perusahaan, dan surat lainnya.)

Identitas Perusahaan

Nama : (Tuliskan Nama Perusahaan)
Alamat Kantor : (Tuliskan alamat perusahaan)
No.Telp : (Tuliskan No telp)
WA : (Tuliskan WA)
Email : (Tuliskan Email)

Produk dan Layanan

(Tuliskan beberapa produk dan layanan yang disediakan, serta berkaitan dengan bisnis)

Referensi

(Referensi ini biasanya berupa beberapa perusahaan yang sebelumnya pernah bekerja sama)

Baca Juga: Contoh Artikel

3. Contoh Company Profile Kontraktor

Selanjutnya ada company profile perusahaan kontraktor. Profil perusahaan ini harus memuat beberapa informasi penting seperti perusahaan yang pernah bekerja sama untuk bahan referensi. Cantumkan juga jenis pelayanan apa saja yang diberikan agar memudahkan klien dalam memilih.

(Nama perusahaan) adalah sebuah perusahaan yang berada dalam bidang penyediaan jasa kontraktor dan general supplier. Perusahaan kami melayani seluruh sektor usaha baik itu usaha menengah, serta perusahaan besar, bisa berupa swasta, ataupun BUMN.

(Nama perusahaan) didirikan pada tahun 2011 (contoh). Dengan pengalaman yang hampir sepuluh tahun, kami berkomitmen tinggi dalam memberikan pelayanan tinggi terhadap klien kami. Kami saat ini berfokus tentang penyediaan alat berat, serta teknisi ahli di bidang alat berat yang profesional.

Perusahaan kami bertujuan untuk memberikan pelayanan nomor satu, dengan tetap menjaga kualitas nomor satu kami. Dalam mencapai tujuan tersebut, kami didukung oleh sumber daya yang profesional, juga berkualitas. Hal ini guna menjaga kepuasan pelanggan kami yang sudah mempercayakan perusahaan kami, dalam membantu usahanya.

Visi
Menjadi perusahaan kontraktor terbaik, dengan tetap mengedepankan kepuasaan pekerja dan pelanggan (tulisan ini bersifat contoh, sehingga bisa diubah sesuai kebutuhan)

Misi
Menjaga kualitas sumber daya yang kami sediakan
Mengedepankan kepuasaan pelanggan
(Tulisan ini hanya contoh yang bisa diubah sesuai kebutuhan)

Jenis Pelayanan

(Tuliskan hal apa saja yang disediakan oleh perusahaan. Pastikan untuk menulis dengan lengkap, namun tetap padat singkat, dan tepat sasaran. Jasa yang ditulis pun harus sesuai dengan apa yang ada, untuk tetap menjaga citra baik perusahaan.)

Legalitas Perusahaan

(Dalam bagian ini bisa dituliskan beberapa surat terkait seperti, surat izin mendirikan bangunan, rekening bank, perpajakan, serta akta notaris. Untuk penulisan rekening bank bertujuan untuk memberi informasi rekening resmi, dan mencegah terjadinya penipuan dengan membawa nama perusahaan.)

Identitas Perusahaan

Nama Perusahaan : (Tuliskan nama perusahaan)
Alamat : (Cantumkan alamat lengkap, dan jangan lupa untuk mencantumkan kode pos yang ada)
Telepon : (Tuliskan nomor telepon perusahaan / seseorang yang bertanggung jawab sebagai operator)
Email : (Cantumkan email resmi perusahaan)

Perusahaan yang Pernah Bekerja Sama

(Tulislah beberapa perusahaan yang pernah bekerja sama, dan usahakan untuk menambahkan foto yang berhubungan. Selain itu tambahkan juga tanggapan dari beberapa perusahaan tersebut, jika memang ada. Hal ini dimaksudkan sebagai penguat bahan referensi utama.)

4. Company Profile Perusahaan Design

Dalam pembuatan company profile untuk perusahaan design biasanya menggunakan bahasa yang lebih santai dibanding beberapa perusahaan sebelumnya.

  Contoh Kliping dan Tips Cara Membuatnya Dengan Baik dan Benar

Profil perusahaan desain biasanya juga dilengkapi dengan beberapa gambar, dan dibuat semenarik mungkin. Berikut adalah contoh company profile perusahaan desain, yang bisa diubah dan dijadikan bahan referensi.

Shaping brand merupakan sebuah perusahaan desain yang memiliki basis di kota hujan, Bogor. Perusahaan kami menyediakan jenis desain, serta solusi kreatif bagi seluruh usaha yang ada di Indonesia.

Desain yang kami sajikan bisa berupa desain grafis, desain web, desain blog, desain bangunan, desain interior, dan lainnya. Semua desain tersebut bisa dipilih sesuai kebutuhan pihak pemesan.

Baca Juga: Contoh Skripsi

Mengapa Memilih Kami

Kami sadar bahwa perusahaan desain tidak hanya perusahaan kami saja. Karenanya berikut kami berikan beberapa alasan mengapa anda harus bekerja sama dengan perusahaan kami.

1. Kualitas terbaik

Kami hanya menyajikan desain yang sebelumnya sudah melalui proses selektif yang ketat oleh para tim ahli kami.

2. Harga yang Murah

Meskipun menyajikan kualitas terbaik, tapi kami tetap menyediakan pilihan harga yang bersaing dengan perusahaan lain.

3. Pengalaman di Bidangnya

Kami sudah menangani lebih dari 50 perusahaan, baik itu perusahaan lokal maupun perusahaan internasional, serta berhasil mendapatkan nilai yang sangat positif dari para klien kami.

4. Didukung oleh Profesional

Kami menjamin bahwa hanya yang profesional dibidangnya lah yang bisa bekerja di tempat kami. Bahkan 85% pegawai di kantor kami telah mendapatkan sertifikasi dibidangnya.

5. Customer Service yang Responsif

Kami menyediakan layanan customer service yang cepat dan tanggap dalam menghadapi pertanyaan ataupun keluhan dari pelanggan kami.

Info Kontak

Alamat : Jalan Padjajaran no. 13 Kota Bogor, Jawa Barat
No telepon : 08121212121213
Email : [email protected]
Website : www.shapingurbanbrand.com

Perusahaan yang Pernah Bekerja Sama

  • Pt. Sayapgaruda
  • Cv. Makanan Sehat
  • Hotel Grande
  • Lezada.co.id
  • Urban people
  • Dan masih banyak yang lainnya

Tanggapan dari Klien Kami

“Salah satu perusahaan desain terbaik yang ada di Indonesia. Pelayanan yang cepat dan tanggap serta desain yang diasijkan sangat bagus dan tepat seperti yang kami inginkan. Saya tidak menyesal sudah memilih perusahaan ini untuk bekerja sama.” General Manager, Hotel Lunes.

“Harga yang luar biasa murah. Saya awalnya agak skeptis dengan perusahaan ini karena harga yang ditawarkan, tetapi mereka bekerja sesuai komitmen. Semuanya tepat waktu, dan hasil yang diberikan juga sangat memuaskan. Terima kasih.” Cv Makanan Sehat.

Itulah tadi beberapa contoh company profile dari beberapa jenis perusahaan. Berbeda jenis usaha tentu berbeda juga penulisan company profilenya.

Seperti company profile perusahaan desain, dan kontraktor yang memiliki perbedaan dalam gaya dan struktur penulisan. Semoga beberapa informasi company profile di atas dapat dijadikan contoh, dan bahan referensi yang bermanfaat.

Contoh Company Profile

One Reply to “4+ Contoh Company Profile (Profil Perusahaan) dan Cara Membuatnya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.