Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah – Kerjasama bisnis memang hal yang biasa. Melalui kerjasama tersebut para pihak dapat meraup keuntungan yang besar. Salah satu jenis kolaborasi yang seringkali dilakukan yakni antar instansi pemerintah. Karena itulah, contoh surat perjanjian kerjasama antar instansi pemerintah ini penting untuk diketahui.

Sebelum melakukan perjanjian kerjasama penting untuk mengetahui aturan yang tertulis dan jelas sebagai acuan para pihak untuk bertindak. Dalam sistem ini, surat perjanjian dibutuhkan untuk mengikat kedua belah pihak. Melalui artikel ini, pembaca dapat mengetahui bagaimana struktur surat yang benar dan sesuai pedoman.

Semua jenis surat perjanjian, termasuk kerjasama antar instansi mempunyai 3 cakupan utama yakni unsur perbuatan, pelaku dan pengikat. Setiap aktivitas yang diperbuat oleh para pihak sudah diatur konsekwensinya dalam perjanjian. Dokumen ini juga bersifat mengikat para pihak yang terlibat didalamnya.


Syarat Sah Surat Perjanjian Kerjasama

Syarat Sah Surat Perjanjian Kerjasama

Sebelum mengetahui contoh surat perjanjian kerjasama antar instansi pemerintah, sejumlah syarat sahnya dokumen ini perlu diketahui lebih dulu. Semua surat perjanjian tidaklah terlihat sah dimata hukum. Berdasarkan aturan undang undang hukum perdata, setidaknya ada empat faktor yang mempengaruhi berlaku tidaknya sebuah perjanjian secara hukum.

Syarat pertama yakni perjanjian sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Dokumen bisa menjadi tidak sah jika ada salah satu pihak setuju namun karena terpaksa atau ada pihak yang memaksa. Kedua, pihak yang melakukan kerjasama sudah berusia dewasa dan sudah berumur 18 tahun keatas.

Ketiga, perjanjian akan dinyatakan sah jika ada objek yang diperjanjikan. Misalnya berupa barang, jasa, atau dokumen penting. Keempat, surat perjanjian dinyatakan berlaku secara hukum jika mengandung kausa halal di dalamnya. Poin poin yang dituangkan dalam hal ini tidak bertentangan dengan hukum dan norma kesusilaan.

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Suami Istri


Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah

Setelah mengetahui syarat sah dari suatu perjanjian, saatnya untuk membahas beragam contohnya. Perjanjian kerjasama antar instansi berlaku secara umum. Maksudnya, format yang digunakan sama yakni terdiri dari bagian pembuka, isi dan pasal-pasalnya hingga penutup. Berbagai instansi pemerintahan bisa menggunakan contoh ini, tidak terbatas pada satu instansi saja.

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah (Dinkominfo dan Dispar) Bagian Pembuka

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah Kabupaten Dan Kejaksaan Bagian Pembuka

berikut contohnya.

Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah (Dinkominfo dan Dispar) Bagian Pembuka

PERJANJIAN KERJASAMA
DINKOMINFO KOTA SERANG
DENGAN
DINPAR KOTA SERANG
Nomor Surat : Sebutkan nomor surat keluar
TENTANG
PENGEMBANGAN LAYANAN DISEMINASI INFORMASI
DESTINASI POTENSI PARIWISATA G TO G

================================================================

Pada hari…… tanggal……. bulan….. tahun…… di kota….. Provinsi….., kami yang bertanda tangan berikut ini :

Raden Wahyu Widodo: Menjabat Sebagai Kepala Dinas Komunikasi Kota Serang untuk selanjutnya disebut dengan pihak pertama

Robert David A : Menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Serang, untuk selanjutnya disebut dengan pihak kedua

 

Dengan memperhatikan :

Peraturan pemerintah tentang kerjasama antar instansi

Undang undang mengenai hibah kepada daerah

Instruksi presiden mengenai pengembangan wisata, dan lainnya

Pihak pertama dan pihak kedua untuk selanjutnya disebut dengan para pihak.

 

Parak pihak melalui perjanjian ini menerangkan bahwa :

Kesepakatan bersama dengan nomor xx / kominfo / xx/ 2020 sudah ditandatangani oleh pemerintah kota Palopo dan Kabupaten Toraja

Surat dengan nomor diatas berisi layanan informasi destinasi potensi pariwisata G to G pada tanggal… bulan… tahun… dimana salah satu poin yang tertulis adalah pengembagan layanan promosi wisata di masing-masing daerah.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dapat membantu meningkatkan efisiensi, transparansi serta akuntabilitas pada bidang wisata. Para pihak dalam hal ini berencana untuk mengembangkan kegiatan informasi potensi wisata pada masing-masing daerah, terutama wisata unggulan pada daerah pihak pertama dan kedua.

Berdasarkan rumusan masalah diatas, para pihak sepakat untuk membuat perjanjian mengenai program diseminasi informasi potensi wisata kota Palopo Serang yang berikutnya disebut dengan perjanjian, dengan isi sebagai berikut:

Pasal Satu

Berisi maksud dan tujuan. Maksud dari kerjasama yang dilakukan adalah untuk memberikan layanan informasi mengenai potensi wisata di kedua lokasi tersebut melalui video promosi, foto, sosial media maupun dengan membuat situs resmi pemerinta daerah.

Sementara tujuan dari kerjasama ini adalah untuk mendapatkan tata kelola informasi yang terstruktur dan efisien dengan basis teknologi. Teknologi tersebut juga diharapkan mampu meningkatkan efektivitas, akuntabilitas dan transparansi mengenai tata kelola wisata.

Pasal Dua

Berisi Objek dan Ruang Lingkup. Para pihak sudah bersepakat untuk mengadakan kerjasama dengan objeknya yakni dokumen atau file dari kedua pihak untuk kemudian diposting di sosial media atau situs pemerintah.


Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah Bagian Isi (Kominfo dan Kemenpar Pasal 3 Hingga 8)

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah Bagian Isi (Kominfo Dan Kemenpar Pasal 3 Hingga 8)

Bagian ini berisi pasal ketiga yang memuat hak dan kewajiban hingga pasal kedelapan yang berisi jangka waktu perjanjian. Berikut selengkapnya.

Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah Bagian Isi (Kominfo dan Kemenpar Pasal 3 Hingga 8)

Pasal Tiga

Berisi hak dan kewajiban para pihak dan masing-masing pihak. Para pihak dalam hal ini berhak untuk terlibat langsung dalam proses pembuatan pedoman pelaksanaan promosi dan pelaksanaan promosi wisata. Para pihak juga memiliki hak untuk mendapatkan draft tersebut yang sudah disusun dan menyimpan dokumen yang sudah disepakati bersama. Hal lainnya yakni mendapat laporan secara berkala mengenai sejauh mana pelaksanaan sudah dilakukan.

Sementara kewajiban para pihak yakni memberikan informasi mengenai wisata unggulan di daerah masing-masing pihak dan memberikan fasilitas promosi wisata berupa posting di sosial media dan situs pemerintah terkait.

Pasal Empat

Berisi prosedur pelaksanaan kerjasama. Kerjasama dilaksanakan melalui tahapan mulai dari persiapan pelaksanaan program, pengumpulan dokumen sebagai bahan membuat pemetaan potensi wisata dan desiminasi informasi wisata potensial melalui website resmi pemerintah daerah para pihak.

Pasal Lima

Membahas pembiayaan. Semua biaya pelaksanaan perjanjian ini akan akan ditanggung oleh anggaran pendapatan dan belanja daerah pihak masing-masing atau sumber dan lain yang tidak mengikat.

Pasal Enam

Mengulas tentang kerahasiaan. Para pihak sepakat akan bertukar informasi serta data yang dibutuhkan demi kelancaran program dan semata-mata untuk kebutuhan yang berhubungan dengan tujuan perjanjian ini dibuat.

Para pihak sepakat juga untuk menjaga rahasia baik pribadi maupun keseluruhan dari pihak ketiga. Tidak akan membocorkan informasi baik sebagian kecil maupun seluruhnya, kecuali jika bersifat krusial dan dimungkinkan oleh peraturan undang-undang.

Pasal Tujuh

Membahas tentang monitoring dan evaluasi. Para pihak dalam hal ini diwajibkan untuk melakukan monitoring serta evaluasi keberjalanan program minimal satu tahun sekali.

Pasal Delapan

Berisi jangka waktu perjanjian. Misalnya saja perjanjian berlaku selama dua tahun sejak ditandatanganinya perjanjian atau sejak tanggal………. bulan………. tahun……… dan akan berakhir tanggal…………. bulan………. tahun……….

Jika salah satu pihak ingin memperpanjang perjanjian, maka ia harus memberitahukan ke pihak lainnya dalam waktu selambat-lambatnya…….. bulan / hari sebelum berakhirnya perjanjian.

Jika perpanjangan waktu diterima, para pihak akan melakukan evaluasi terlebih dahulu sebagai bahan pertimbangan. Jika setuju, maka para pihak diharuskan untuk menandatangani perpanjangan perjanjian paling lambat saat jatuh tempo perjanjian ini.

Jika ada suatu kendala yang mengakibatkan tidak bisanya salah satu pihak untuk menandatangani, maka perjanjian ini masih berlaku minimal satu bulan setelah jatuh tempo.

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Hutang


Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah (Kominfo dan Kemenpar) Bagian Isi (Pasal 9 Hingga 12)

Bagian ini berisi pasal kesembilan mengenai pengakhiran perjanjian hingga pasal keduabelas tentang korespondensi dan pemberitahuan. Berikut selengkapnya.

Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah (Kominfo dan Kemenpar) Bagian Isi (Pasal 9 Hingga 12)

Pasal Sembilan

Membahas mengenai pengakhiran perjanjian. Perjanjian akan berakhir dalam waktu …. sebagaimana yang tertuang dalam pasal sepuluh

Perjanjian dapat berakhir sebelum tempo yang sudah disepakati jika:

  1. Atas persetujuan para pihak
  2. Terdapat peraturan pemerintah yang tidak memungkinkan untuk dilanjutkannya perjanjian ini, atau
  3. Salah satu pihak melakukan wanprestasi dan sudah mendapat teguran secara lisan maupun tulisan sebanyak tiga kali tetapi tidak berusaha memperbaikinya juga
  4. Jika salah satu pihak ingin mengakhiri perjanjian sebelum tempo yang sudah disepakati, maka pihak tersebut wajib memberitahukan maksimal …. hari sebelum masa berakhirnya perjanjian.
  5. Meskipun perjanjian berakhir, namun tidak menghilangkan kewajiban masing-masing pihak yang belum diselesaikan.
  6. Semua resiko yang timbul sebagai akibat pengakhiran dini perjanjian ditanggung masing-masing pihak.

Pasal Sepuluh

Berisi poin-poin mengenai keadaan memaksa atau yang dikenal dengan force majeure. Force majeure merupakan kejadian diluar kemampuan manusia seperti bencana alam, huru-hara, kericuhan, perang, blokade, pemogokan massal, terorisme, dan pandemi. Jika hal itu terjadi maka para pihak sepakat untuk menunda pelaksanaan kewajiban berdasarkan perjanjian.

Pihak yang terkena force majeure dalam hal ini wajib memberitahukan kepada pihak lain selambat-lambatnya ….. hari sejak terjadinya peristiwa tersebut yang dikuatkan oleh surat dari pejabat berwenang bahwa kejadian benar adanya.

Jika dalam waktu…. hari sejak diterimanya pemberitahuan tetapi pihak penerima bantuan belum memberikan tanggapan, secara otomatis peristiwa sudah disetujui oleh pihak yang menerima pemberitahuan.

Pihak yang mengalami force majeure harus tetap berupaya agar bisa melaksanakan kewajiban tersebut sebagaimana tertuang dalam perjanjian dengan membuat rencana ulang atau alternatif perencanaan disertai batas waktunya.

Jika peristiwa tersebut belum juga berakhir dalam waktu satu bulan maka para pihak dapat meninjau ulang atau memperpanjang atau mengakhiri perjanjian.

Kegiatan yang timbul akibat peristiwa force majeure tersebut sepenuhnya merupakan tanggung jawab pihak yang mengalami kejadian tersebut.

Pasal Sebelas

Membahas mengenai Penyelesaian Perselisihan. Dalam hal ini perselisihan dalam pelaksanaan perjanjian, para pihak sepakat untuk menyelesaikannya melalui musyawarah. Jika perselisihan tidak bisa diselesaikan dengan musyawarah, para pihak sepakat untuk menyerahkan masalah kepada pihak ……………………………

Pasal Dua Belas

Mengenai pemberitahuan dan korespondensi. Setiap pemberitahuan atau informasi seputar perjanjian ini wajib disampaikan secara tertulis dan dikirim melalui email / pos / langsung ke kantor pihak yang bersangkutan.


Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah (Kominfo dan Kemenpar) Bagian Penutup

Berisi pasal ketiga belas yang membahas tentang ketentuan penutup hingga tanda tangan kedua pihak yang menandakan bahwa perjanjian sudah mulai berlaku. Berikut selengkapnya.

Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah (Kominfo dan Kemenpar) Bagian Penutup

Pasal Tiga Belas

Mengenai ketentuan penutup. Jika ada hal-hal yang belum diatur atau dibutuhkan penambahan pasal maka adendum akan dilakukan sesuai kesepakatan para pihak

Demikian kerjasama perjanjian ini dibuat dan ditandatangani oleh para pihak pada hari….. tangga….. bulan… tahun dilengkapi dengan materai yang mempunyai kekuatan hukum yang sama untuk para pihak.

Tanda tangan pihak pertama Tanda tangan pihak kedua

Tanda tangan saksi-saksi


Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah Kabupaten dan Kejaksaan Bagian Pembuka

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah Kabupaten Dan Kejaksaan Bagian Pembuka

Bagian ini berisi contoh surat perjanjian kerjasama antara pemerintah kabupaten dan kejaksaan bagian pembuka mulai dari judul hingga pasal kedua. Berikut selengkapnya.

Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah Kabupaten dan Kejaksaan Bagian Pembuka

PERJANJIAN KERJASAMA

ANTARA
PEMERINTAH KABUPATEN SERANG
DENGAN
KEJAKSAAN NEGERI SERANG
Nomor Surat :…………………………………..
TENTANG
PEMBERIAN BANTUAN HUKUM, PERTIMBANGAN HUKUM DAN
TINDAKAN HUKUM LAINNYA DALAM BIDANG PERDATA
DAN TATA USAHA NEGARA

 

Pada hari ini……………… tanggal………….. bulan…………. tahun……….. bertempat di Kota…………, kami yang bertanda tangan berikut ini :

Ir. Raden Saleh beralamatkan di ………………….. dalam hal ini bertindak sebagai pemerintah Kabupaten Serang dan untuk selanjutnya disebut dengan pihak pertama

Saifuloh, SH dalam hal ini bertindak sebagai Kejaksaan Negeri Serang yang beralamatkan di ………………… untuk selanjutnya disebut dengan pihak kedua

Pihak pertama dan pihak kedua untuk selanjutnya disebut para pihak

terlebih dahulu menerangkan hal-hal sebagai berikut:

Pihak pertama merupakan……………………….

Pihak kedua merupakan……………..

BAB I

Bab satu berisi maksud dan tujuan perjanjian yakni untuk membantu permasalahan hukum di bidang tata usaha negara dan perdata. Pihak pertama dapat meminta bantuan kepada pihak kedua dan pihak kedua bersedia untuk memberikan bantuannya.

Perjanjian ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas pemberian bantuan, pertimbangan hukum, dan hal lainnya.

BAB II

Berisi ruang lingkup perjanjian yakni pemberian bantuan, tindakan dan pertimbangan hukum perdata serta tata usaha. Lingkup pertimbangan hukum antara lain pendapat hukum, pendamping hukum dan audit hukum. Lingkup tindakan hukum lainnya yakni konsiliator, fasilitator dan mediator.


Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah Kabupaten dan Kejaksaan Bagian Isi (Bab 3 hingga 8)

Berisi bab ketiga tentang pelaksanaan kerjasama hingga bab kedelapan yang memuat masa berlakunya perjanjian. Berikut selengkapnya.

Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah Kabupaten dan Kejaksaan Bagian Isi (Bab 3 hingga 8)

BAB III

Membahas bagaimana pelaksanaan kerjasama para pihak. Misalnya, dari pihak pertama kepada pihak kedua meliputi membantu menangani permasalahan hukum. Para pihak juga diwajibkan berkoordinasi untuk menentukan jalan keluar atas masalah yang dialami pada masalah tersebut.

BAB IV

Berisi masalah pembiayaan. Dalam hal ini biaya kerjasama yang diberikan pada pihak pertama dibebankan kepada pada para pihak.

BAB V

Berisi tanggung jawab dalam hal yang berkaitan dengan tujuan kerjasama ini sesuai lingkup perjanjian yang berlaku.

BAB VI

Membahas mengenai kerahasiaan. Dalam hal ini dokumen yang dibutuhkan dalam rangka pelaksanaan perjanjian merupakan rahasia para pihak dan tidak boleh dibocorkan sebagian atau seluruhnya kepada pihak ketiga.

BAB VII

Mengulas tentang pemberitahuan yang berhubungan dengan perjanjian ini harus dilaporkan secara tertulis melalui email / pos / diberikan langsung ke kantor para pihak.

BAB VIII

Berisi poin-poin tentang masa berlakunya perjanjian. Perjanjian kerjasama ini berlaku dalam waktu………… tahun sejak ditandatanganinya perjanjian. Jika ingin diperpanjang, komunikasikan dengan pihak yang bersangkutan

Jika ada pihak yang ingin mengakhiri kerjasamanya sebelum tempo berakhir maka pihak yang bersangkutan wajib memberitahukannya maksima …. bulan sebelum perjanjian habis masa berlakunya.

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Kesepakatan


Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah Kabupaten dan Kejaksaan Bagian Isi (Bab 8 hingga )

Berisi bab delapan yang berisi masalah lain-lain dan bab 9 tentang ketentuan penutup. Berikut selengkapnya.

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah Kabupaten dan Kejaksaan Bagian Isi (Bab 8 hingga )

BAB IX

Berisi ketentuan lain-lain. Hal yang belum diatur dalam perjanjian, nantinya akan diatur sebagai addendum yang masih menjadi satu kesatuan dengan perjanjian ini. Jika ada perbedaan penafsiran dalam pelaksanaan perjanjian, penyelesaian akan dilakukan dengan cara musyawarah.

BAB X

Berisi penutup. Perjanjian ini dibuat oleh para pihak di kota… pada hari… tanggal.. tahun…. sebanyak 2 berkas dan mempunyai kekuatan hukum yang sama.

PIHAK KEDUA PIHAK PERTAMA

Tanda tangan dan Nama Jelas Tanda tangan dan Nama Jelas

Saksi-saksi

Nah, itulah contoh surat perjanjian kerjasama antar instansi pemerintah lengkap dengan pasal-pasal di dalamnya. Sama dengan surat perjanjian lainnya, dokumen ini bersifat mengikat dan berkekuatan hukum.

Tujuan dokumen ini dibuat lainnya yakni untuk menjelaskan hak dan kewajiban para pihak agar berjalan sesuai rule-nya. Surat perjanjian juga bertujuan untuk mengurangi resiko terjadinya yang merugikan seperti klaim sepihak atau sengketa yang dialami salah satu pihak.

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Antar Instansi Pemerintah

Contoh Surat Perjanjian Sewa Tempat Usaha

Contoh Surat Perjanjian Sewa Tempat Usaha –  Dalam penggunaan surat perjanjian sewa tempat usaha berikut ini sangat dibutuhkan terutama bagi pebisnis atau penyewa tempat...
Kartika Aryani
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *