Contoh Surat Perjanjian Sekolah

Contoh Surat Perjanjian Sekolah – Surat perjanjian adalah segala hal yang bersifat mengikat dan memiliki konsekuensi bila tidak dilaksanakan. Sama halnya dengan kegiatan sewa-menyewa, jual beli, hutang piutang, banyak kegiatan di sekolah yang memerlukan surat perjanjian. Kini, contoh surat perjanjian sekolah sudah banyak tersebar di internet.

Surat perjanjian sekolah biasanya digunakan untuk berbagai macam hal yang berkaitan dengan lingkungan atau kegiatan sekolah. Biasanya, surat perjanjian sekolah dibutuhkan dalam proses penerimaan peserta didik baru untuk melimpahkan hak bagi pihak sekolah dalam mendidik siswa dengan segala ketentuan yang ada di sekolah tersebut.

Tak hanya berperan penting dalam proses penerimaan siswa baru, surat ini juga berperan dalam mendisiplinkan murid. Sebenarnya, masih banyak sekali fungsi surat perjanjian sekolah yang dapat disesuaikan dengan tujuan pembuatannya. Isi suratnya pun sangat bergantung pada maksud dan tujuan pembuatan surat.


Manfaat Surat Perjanjian Sekolah

Manfaat Surat Perjanjian Sekolah

Selain bergantung pada tujuan pembuatannya, surat perjanjian sekolah juga memiliki manfaat yang berbeda bagi pihak-pihak yang terlibat. Beberapa pihak yang terlibat antara lain pihak sekolah, pihak orang tua murid, dan bagi murid itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa manfaat surat perjanjian sekolah berdasarkan pihak yang menerimanya : 

1. Bagi Pihak Sekolah

Surat perjanjian sekolah menjadi pegangan hukum dan bukti tertulis adanya kesepakatan antara pihak sekolah dengan orang tua dalam kegiatan belajar mengajar peserta didik nantinya. Dengan adanya surat ini, pihak sekolah diberikan hak dan kuasa untuk mendidik anak murid sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. 

Pihak sekolah juga akan merasakan ketenangan dalam membentuk karakter dan pengembangan ilmu pengetahuan peserta didiknya. Surat ini akan memaparkan apa saja bentuk pendisiplinan yang boleh dilakukan oleh pihak sekolah. Jadi, seorang guru boleh memberikan sanksi kepada siswa yang melanggar aturan dengan catatan sanksi harus sesuai dengan kesepakatan perjanjian. 

Surat perjanjian ini nantinya juga akan menjadi bukti hukum yang autentik bila suatu hari pihak sekolah dituntut dengan alasan yang tidak sesuai. Pihak sekolah berhak menunjukkan surat perjanjian dengan orang tua murid untuk meyakinkan pengadilan bahwa pihak sekolah tidak bersalah. Dengan itu, perselisihan atau sengketa akan lebih mudah terselesaikan. 

2. Bagi Orang Tua Murid

Selain memberikan ketenangan bagi para pengajar atau petinggi sekolah, surat ini juga memberikan ketenangan bagi orang tua murid dalam mempercayakan pihak sekolah untuk mendidik anaknya. Surat ini membangun kepercayaan antara orang tua dengan pihak sekolah. Dengan begitu, orang tua tak perlu cemas atau khawatir setiap kali anaknya berangkat ke sekolah. 

Surat perjanjian sekolah juga menjadi pegangan hukum yang sah bagi orang tua bila sewaktu-waktu ada tenaga pengajar yang bertindak diluar kesepakatan. Misalnya, dalam perjanjian tertulis peserta didik tidak boleh menerima hukuman fisik, namun kenyataannya tidak sesuai. Maka, orang tua berhak mengajukan gugatan dengan membawa surat perjanjian sekolah sebagai landasan.

3. Bagi Murid

Dengan adanya surat perjanjian sekolah, murid-murid akan merasa aman ketika berada di sekolah. Murid akan merasa tenang dan yakin para tenaga pengajar akan mendidik mereka dengan baik. Surat perjanjian juga mengatur hak murid dalam mendapatkan pengajaran yang berkualitas.

Tak hanya itu, murid juga dituntut untuk belajar dengan giat agar mencapai prestasi yang gemilang. Dengan kata lain, adanya pengaturan hak dan kewajiban murid dalam surat perjanjian sekolah ini membantu para murid untuk mewujudkan masa depan yang cerah. Tak hanya pengetahuan, budi pekerti dan iman juga akan diasah sejak duduk di bangku sekolah.


6 Contoh Surat Perjanjian Sekolah 

Setelah mengetahui manfaat surat perjanjian sekolah bagi masing-masing pihak, kini Anda akan melihat langsung beberapa contoh surat perjanjian sekolah yang paling sering digunakan dalam dunia pendidikan. Berikut ini adalah beberapa contohnya :

Contoh Surat Perjanjian Sekolah untuk Penerimaan Murid Baru

Contoh Surat Perjanjian Sekolah untuk Penerimaan Murid Baru

Bila Anda pindah ke lingkungan sekolah yang baru, tentunya Anda harus segera beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Adaptasi tersebut meliputi penyesuaian dengan teman, guru, lingkungan, hingga ketentuan dan peraturan sekolah. Setiap kedatangan murid baru, pihak sekolah harus membuat surat perjanjian. Berikut ini adalah contohnya.

Surat Perjanjian Sekolah untuk Penerimaan Murid Baru

=======================

SURAT PERJANJIAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU 2020-2021

Nomor : 74/SPPDB/VII/2020

 

Pada hari Senin, 21 Juli 2020 yang bertanda tangan di bawah ini : 

Nama : Agnes Livia Sunyoto

Tempat / Tanggal Lahir : Jakarta, 23 Mei 2005

Jenis Kelamin : Perempuan

Nama Orang Tua : Sri Mulyani / Anton Sunyoto

Alamat : Jalan Delima Merah No. 213, Jakarta Barat

Dengan adanya surat ini, saya berjanji dengan sungguh-sungguh akan : 

 

  • Menaati segala peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah
  • Senantiasa menjaga dan menjunjung tinggi harkat dan martabat sekolah, baik didalam maupun diluar sekolah
  • Memakai seragam yang rapi sesuai dengan aturan sekolah
  • Disiplin dan belajar dengan giat guna mencapai masa depan yang cerah
  • Bersikap hormat, sopan, dan santun kepada semua orang, baik itu guru, pimpinan sekolah, petugas keamanan, petugas kebersihan, kakak kelas, adik kelas, maupun teman-teman sebaya
  • Bersedia diberikan sanksi dan siap untuk dikeluarkan / mengundurkan diri bila melanggar peraturan sekolah
  • Membayar SPP setiap bulan, uang kegiatan, uang gedung, uang buku, dan berbagai keperluan administratif lainnya

Demikian surat perjanjian ini saya buat secara sadar tanpa tekanan dari pihak manapun.

 

Jakarta, 21 Juli 2020

Siswa,                                              Orang Tua,

Agnes Livia Sunyoto.                       Sri Mulyani.

                          Mengetahui,

                       Kepala Sekolah,

                         Budi Hartono.


Contoh Surat Perjanjian Sekolah Sederhana

Contoh Surat Perjanjian Sekolah Sederhana

Surat perjanjian sekolah tak harus selalu dalam bentuk yang panjang. Berbeda dengan surat perjanjian lainnya, surat perjanjian sekolah tak mewajibkan Anda untuk menyebutkan pasal-pasal. Berikut ini adalah salah satu contoh surat perjanjian sekolah yang paling mudah dan sederhana. 

Surat Perjanjian Sekolah Sederhana

======================

SURAT PERJANJIAN SEKOLAH

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Orang Tua : Hendi Rahardjo

Pekerjaan : Pegawai Negeri Sipil

No Telp : 082163727839

Alamat : Jalan Anggrek Air No. 72, Semarang

Dalam surat perjanjian ini berperan sebagai orang tua dari : 

Nama : Siti Rahardjo

Tempat / Tanggal Lahir : Yogyakarta, 12 April 2008

Jenis Kelamin : Perempuan

 

Dengan adanya surat ini, kami selaku orang tua dari Siti Rahardjo berjanji akan menyerahkan anak kami untuk mengikuti dan menaati segala peraturan tata tertib yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah.

Jika anak kami melanggar peraturan tersebut, maka kami sebagai orang tua bersedia apabila anak kami diberikan sanksi sesuai dengan kesalahan yang diperbuatnya. 

Demikian surat perjanjian ini kami buat secara sadar tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. 

 

Semarang,15 Juli 2020

 

Siswa/i,                                   Orang Tua Siswa/i,

Siti Rahardjo.                          Hendi Rahardjo.


Contoh Surat Perjanjian Sekolah dengan Orang Tua

Contoh Surat Perjanjian Sekolah dengan Orang Tua

Setiap surat perjanjian sekolah pasti melibatkan peran orang tua di dalamnya. Sekolah memang menjadi tempat untuk menimba ilmu, namun seluruh pendidikan anak mulai dari kecil hingga dewasa akan berasal dari rumah atau keluarga masing-masing. Oleh karena itu, peran orang tua menjadi salah satu komponen terpenting dalam perkembangan anak. 

Surat Perjanjian Sekolah dengan Orang Tua

=======================

SURAT PERJANJIAN SEKOLAH

NOMOR : 81/SPS/VI/2020

 

Kami yang bertanda tangan dibawah ini : 

Nama : Risa Witali

Umur : 36 tahun

Pekerjaan : Ibu Rumah Tangga

Alamat : Jl. Dunia Indah No. 12, Jakarta

No Telp : 081267828790

Dalam hal ini akan disebut sebagai PIHAK PERTAMA atau orang tua murid.

 

Nama : Jesika Amanda

Pekerjaan : Staf Tata Usaha SMP Bintang Kejora

Alamat : Jl. Sempurna No. 227, Jakarta

No Telp : 087856738911

Dalam hal ini akan disebut sebagai perwakilan dari SMP Bintang Kejora atau PIHAK KEDUA. 

 

Bersamaan dengan adanya surat ini, kedua pihak telah bersepakat untuk mengadakan perjanjian sekolah dengan ketentuan sebagai berikut : 

  • PIHAK PERTAMA bersedia menyerahkan anaknya kepada PIHAK KEDUA selama berada di lingkungan sekolah
  • Anak dari PIHAK PERTAMA akan mengikuti segala peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan PIHAK KEDUA
  • Total biaya selama satu tahun menempuh pendidikan di SMP Bintang Kejora adalah sebesar Rp15.000.000/tahun (lima belas juta rupiah per tahun), dengan rincian sebagai berikut : 

-Uang Gedung : Rp9.000.000

-Uang Pangkal : Rp3.000.000

-Lalu Uang Kegiatan : Rp3.000.000

-Belum termasuk SPP bulanan

  • PIHAK KEDUA bertanggung jawab penuh atas kenyamanan, keamanan, dan seluruh kegiatan belajar mengajar anak dari PIHAK PERTAMA
  • Apabila salah satu pihak ada yang melanggar isi perjanjian, maka pihak lain berhak memutuskan untuk menyelesaikan secara kekeluargaan atau menempuh jalur hukum

 

Demikian surat perjanjian ini kami buat secara sadar tanpa adanya paksaan atau tekanan dari pihak manapun.

Jakarta, 6 Juni 2020

 

Orang Tua,                                Staf Tata Usaha,

Risa Witali.                                Jesika Amanda.

                          Mengetahui,

                       Kepala Sekolah.


Contoh Surat Perjanjian Sekolah di Era New Normal

Contoh Surat Perjanjian Sekolah di Era New Normal

Meskipun negara kita sedang menghadapi pandemi covid-19, pendidikan harus tetap berjalan sebagaimana mestinya. Beberapa sekolah yang terletak di zona hijau dan kuning boleh melangsungkan pembelajaran tatap muka, namun harus mengikuti protokol kesehatan. Untuk melangsungkan pembelajaran di era new normal, dibutuhkan surat perjanjian antara sekolah dengan muridnya.

Contoh Surat Perjanjian Sekolah di Era New Normal

=========================

SURAT PERJANJIAN SEKOLAH DI ERA NEW NORMAL

NO : 3/SPS/IX/2020

 

Kami yang bertanda tangan dibawah ini : 

Nama : Siti Anisa

NIS : 23368

Sekolah : SMA Negeri 5, Jakarta

Jurusan : MIPA

Kelas : XI MIPA 5

NISN : 004566288931

Alamat : Jl. Santai No. 11, Jakarta Barat

No Telp : 081267828790

Yang selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

 

Nama : Dianna Natalie

Jabatan : Kepala Sekolah SMA Negeri 5

Alamat : Jl. Keajaiban No. 87, Jakarta Barat

No Telp : 082691004729

Yang selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK KEDUA. 

 

Bersamaan dengan adanya surat ini, kedua pihak telah bersepakat untuk mengadakan perjanjian dalam rangka kegiatan belajar di era new normal dengan ketentuan sebagai berikut : 

  • PIHAK PERTAMA bersedia untuk mengikuti kegiatan belajar secara tatap muka bila mendapat izin dari orang tua / wali
  • Pembelajaran tatap muka akan dimulai pada tanggal 15 Oktober 2020 di SMA Negeri 5, Jakarta
  • PIHAK PERTAMA berjanji dan bersedia untuk mengikuti protokol kesehatan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung
  • Meskipun belajar tatap muka, PIHAK PERTAMA akan tetap menjaga jarak aman, baik itu dengan guru maupun teman
  • PIHAK KEDUA akan memantau dan mengawasi secara penuh seluruh aktivitas belajar mengajar yang dilaksanakan oleh PIHAK PERTAMA
  • Apabila nantinya PIHAK PERTAMA bertindak diluar kesepakatan ini (mengabaikan protokol kesehatan), maka PIHAK KEDUA berhak menegur dan memberikan sanksi tegas

 

Demikian surat perjanjian ini kami buat secara sadar tanpa adanya paksaan atau tekanan dari pihak manapun.

Jakarta, 29 September 2020

 

Murid,                                      Orang Tua Murid,

Siti Anisa.                                Anto Cahyono.

                      Kepala Sekolah,

                      Dianna Natalie.


Contoh Surat Perjanjian Sekolah dengan Guru

Contoh Surat Perjanjian Sekolah dengan Guru

Guru adalah sebuah profesi yang berperan penting dalam pendidikan dan pengembangan moral anak bangsa. Untuk dapat bekerja menjadi guru di suatu sekolah, biasanya Anda akan diminta menandatangani surat perjanjian sekolah atau disebut juga kontrak kerja guru. Berikut ini adalah contoh surat perjanjian sekolah dengan guru.

Surat Perjanjian Sekolah di Era New Normal

=====================

SURAT PERJANJIAN SEKOLAH DENGAN GURU

 

Kami yang bertanda tangan di bawah ini : 

Nama : Muhammad Firmansyah

Umur : 30 tahun

No KTP : 336473828210

Menguasai Mata Pelajaran : Fisika dan Biologi

Alamat : Jalan Hadiah Utama II No. 30, Jakarta Barat

Yang selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK PERTAMA atau guru.

 

Nama : Vianita Alkana

Jabatan : Kepala Sekolah SMA Rajawali

Alamat : Jalan Harapan No. 27, Jakarta Barat

Yang selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK KEDUA atau kepala sekolah. 

 

Bersamaan dengan adanya surat ini, telah terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak dengan ketentuan sebagai berikut :

  • PIHAK KEDUA telah menerima PIHAK PERTAMA untuk bekerja menjadi guru tetap di SMA Rajawali
  • PIHAK PERTAMA akan mengajar mata pelajaran Fisika kelas 10 dan 11
  • Dalam kegiatan mengajar, PIHAK PERTAMA akan berpakaian yang rapi dan sopan sesuai dengan ketentuan dan peraturan sekolah
  • PIHAK KEDUA akan membayar gaji sebesar Rp5.000.000/bulan (lima juta rupiah per bulan) kepada PIHAK PERTAMA
  • Dalam pemberian sanksi kepada siswa/i yang melanggar aturan, PIHAK PERTAMA berjanji tidak akan menggunakan kekerasan atau memberikan hukuman yang berlebihan
  • Apabila nantinya, PIHAK PERTAMA melanggar isi surat perjanjian ini, maka PIHAK KEDUA berhak memutuskan hubungan kerja dengan PIHAK PERTAMA.

 

Demikian surat perjanjian ini kami buat secara sadar tanpa adanya tekanan dari pihak manapun.

Jakarta, 11 Juni 2020

 

PIHAK PERTAMA,                               PIHAK KEDUA,

Muhammad Firmansyah.                     Vianita Alkana.


Contoh Surat Perjanjian Sekolah tentang Pelanggaran

Contoh Surat Perjanjian Sekolah tentang Pelanggaran

Banyak sekali macam-macam siswa di sekolah. Ada siswa yang rajin, pintar, malas, populer, hingga siswa yang sering membuat masalah atau dapat dikategorikan sebagai siswa nakal. Ketika seorang siswa sudah terlalu sering membuat masalah, biasanya pihak sekolah akan memintanya untuk membuat surat perjanjian.

Surat Perjanjian Sekolah di Era New Normal

=====================

SURAT PERJANJIAN PELANGGARAN

 

Yang bertanda tangan di bawah ini : 

Nama : Kevin Olimo

Tempat / Tanggal Lahir : Jakarta, 6 April 2004

NIS : 23882

Jurusan : IPS

Kelas : XI IPS 2

 

Dengan ini, saya berjanji untuk tidak melakukan kesalahan yang telah saya perbuat yaitu :

  • Sering bolos jam pelajaran sekolah
  • Mengganggu atau merundung siswa/i lain 
  • Melawan Bapak/Ibu guru
  • Merokok dan minum minuman keras di area sekolah

Apabila saya mengulangi kesalahan yang terdapat pada keempat point di atas, saya bersedia diberikan sanksi tegas dari pihak sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Saya juga akan menerima dengan lapang dada bila saya harus dikeluarkan dari sekolah akibat perbuatan saya di kemudian hari. 

 

Demikian surat perjanjian ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Jakarta, 21 Oktober 2020

 

Hormat Saya,                                 Mengetahui,

                                                        Orang Tua,

Kevin Olimo.                                  Natalia Rizky.


3 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Proses Pembuatan Surat

3 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Proses Pembuatan Surat

Surat perjanjian sekolah juga termasuk ke dalam salah satu jenis surat resmi. Oleh karena itu, dalam proses pembuatannya tidak boleh asal-asalan atau seenaknya saja. Ada beberapa ketentuan atau aturan yang wajib diperhatikan. Berikut ini adalah 3 hal yang harus diperhatikan dalam surat perjanjian sekolah : 

1. Gaya Bahasa

Dalam proses perjanjian sekolah, gaya bahasa yang digunakan harus merupakan bahasa resmi, baku, dan formal. Gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta mudah dipahami oleh kedua belah pihak. Meskipun yang menulis surat perjanjian adalah murid, mereka juga harus tetap memperhatikan gaya bahasa penulisannya.

2. Identitas Pihak yang Terlibat

Tuliskan identitas masing-masing pihak yang terlibat dengan benar dan lengkap. Bila pihak yang bersangkutan sudah berusia 17 tahun atau lebih, Anda dapat mencantumkan nomor KTP. Identitas lain yang penting untuk dicantumkan yaitu nomor telepon dan alamat rumah pihak yang bersangkutan. 

3. Isi Surat

Nah, hal terpenting dalam surat perjanjian sekolah adalah isi suratnya. Isi surat disesuaikan dengan tujuan atau maksud penulisan surat. Tuliskan isi surat perjanjian dengan lengkap, singkat, dan jelas. Jangan bertele-tele atau menggunakan kata bermakna ganda dalam penulisannya. Pastikan isi surat dapat dipahami pihak yang terlibat.

Beberapa contoh surat perjanjian sekolah diatas dapat digunakan sebagai referensi bagi Anda yang bekerja di dunia pendidikan atau sedang menempuh pendidikan itu sendiri. Tetap perhatikan dan utamakan sopan santun dalam proses pembuatannya, ya! Setelah membuatnya, Anda harus melaksanakan isi perjanjian dengan sebaik-baiknya.  

Surat perjanjian sekolah ini dapat dibuat oleh salah satu pihak maupun berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Nantinya, surat ini akan digunakan sebagai landasan hukum yang sah bila di kemudian hari terjadi hal-hal diluar kesepakatan yang telah ditandatangani sebelumnya.

Contoh Surat Perjanjian Sekolah

Tinggalkan komentar