9+ Contoh Nota Pembayaran, Pembelian, Tulis Tangan dan Lainnya

Contoh Nota

Contoh Nota Nota merupakan bukti atas pembelian atau penjualan barang dan maupun jasa. Pada umumnya nota dibuat rangkap 2. Satu lembar untuk customer, dan satu lagi disimpan oleh penjual.

Nota yang disimpan oleh penjual berguna sebagai dasar pencatatan laporan keuangan. Ada banyak macam contoh nota, tergantung transaksinya. Simak uraian selengkapnya berikut ini


1. Contoh Nota Perhiasan Emas

Contoh Nota Perhiasan Emas

Saat seseorang membeli perhiasaan di toko emas, pasti akan diberikan semacam nota setelah pembayaran. Salah satu fungsi nota ini adalah sebagai tanda bukti jika perhiasan yang dipilih sudah dibayar. Dalam nota perhiasan juga akan dijelaskan tentang identitas perhiasan yang dibeli.

Terkait beratnya, jumlah karatnya, serta jenis perhiasannya (kalung, gelang, dan lain-lain). Nota perhiasan ini juga berguna saat nanti ingin menjual kembali perhiasan tersebut. Pemilik toko perhiasan akan menanyakan perihal ketersediaan nota perhiasan yang ingin customer jual. Desain nota perhiasan juga tidak begitu rumit.

Pada umumnya bagian atas kanan dan kiri dilengkapi dengan nama toko perhiasan serta tanggal transaksi dan identitas pembeli perhiasan (nama dan alamat). Dilanjutkan bagian isi, biasanya dibuat kolom-kolom. Paling umum dari kolom kiri adalah kolom banyaknya barang, lalu nama barang (diisi jenis perhiasan apa), kemudian berat perhiasan.

Kolom selanjutnya diisi dengan berapa karat perhiasan, kemudian harga jual. Kolom terakhir menjelaskan jumlah uang yang harus dibayar customer. Bagian bawah kolom jumlah terdapat keterangan biaya ongkos. Baru setelah itu dituliskan jumlah tagihan yang harus dibayar customer.

Baca Juga: Contoh Catatan Kaki


2. Contoh Nota Loundry

Contoh Nota Loundry

Ketika memutuskan untuk menggunakan jasa laundry, pemilik laundry akan memberikan nota sebagai bukti tagihan yang harus dibayar customer. Biasanya, nota laundry ini ditempelkan pada bagian cucian yang sudah selesai dikerjakan (diloundry). Tinggal menunggu customer datang untuk mengambilnya lalu membayar sejumlah uang sesuai yang tertera dalam nota.

Nota laundry ini bisa dibuat berbagai macam model. Dari mulai yang rumit sampai yang simple. Desain nota yang simple umumnya akan menjelaskan informasi yang cukup penting saja. Seperti pada bagian atas kiri diberikan logo serta nama toko laundry.

Sementara sebelah kanan nama dan logo dituliskan pula alamat serta nomor telepon toko laundry. Identitas nama serta alamat loundry ini juga bisa berguna sebagai media pemasaran. Agar setiap orang akan selalu ingat untuk menggunakan jasa laundry di toko tersebut. Setelah itu bagian bawah identitas toko akan dituliskan nama customer.

Masuk bagian isi nota yaitu dibuat kolom-kolom seperti nota pada umumnya. Kolom pertama diisi jumlah dalam satuan kg berapa berat pakaian customer yang ingin dilaundry. Lalu kolom selanjutnya jenis laundry (cuci basah, kering, atau setrika). Lalu kolom sebelahnya diisi dengan tarif laundry per kg dan kolom terakhir berisi jumlah.

Setelah itu bagian bawah sendiri akan dijelaskan total yang harus dibayar customer. Kadang, pagian bawah kolom juga diberikan ketentuan ketika menggunakan jasa laundry di toko tersebut. Seperti pemilik laundry yang tidak mau bertanggung jawab jika ada barang yang luntur, atau harga yang bisa berubah sewaktu-waktu.


3. Contoh Nota Penjahit

Contoh Nota Penjahit

Ketika menggunakan jasa penjahit, seseorang akan diberikan nota untuk menjadi bukti telah terjadi transaksi. Selain itu, customer juga bisa langsung tahu, berapa jumlah uang yang harus dibayar setelah menggunakan jasa jahit baju di sebuah toko penjahit. Desain nota penjahit juga cukup simple.

Seperti nota penjualan pada umumnya, pada bagian atas nota penjahit akan diberikan identitas toko. Nama, logo, serta alamat workshop penjahit tersebut. Kemudian, bawah identitas toko akan dijelaskan informasi tentang customer.

  Contoh Review Jurnal untuk 3 Penelitian Yang Berbeda

Sebelah kiri bisa dituliskan no kuitansi, nama, dan alamat customer. Sementara sebelah kanan menjelaskan tentang baju yang dijahit.

Misalnya tanggal customer memesan, lalu tanggal customer mencoba baju, serta tanggal penyelesaian. Baru di bawah informasi tersebut masuk bagian isi nota yang isinya berupa kolom-kolom. Kolom pertama yaitu jenis kain yang digunakan untuk membuat baju.

Kolom selanjutnya jenis baju yang ingin dibuat, lalu ongkos satuan setiap baju yang dijahit, dan terakhir kolom jumlah. Bagian bawah kolom akan dijelaskan informasi jumlah semua tagihan. Jika customer ingin memberikan uang muka, tulis keterangannya di bawah jumlah tagihan.

Keterangan lain yang tidak kalah penting adalah berapa sisa tagihan yang harus dibayar. Nota penjahit paling bawah sendiri juga kadang memberikan tambahan informasi terkait ketentuan jasa jahit mereka. Seperti misalnya mereka yang tidak mau bertanggung jawab jika jahitan baju diambil sebelum waktunya, atau setelah sekian waktu tidak juga diambil.


4. Contoh Nota Rumah Makan

Contoh Nota Rumah Makan

Makan di rumah makan, kadang akan diberikan nota oleh pemilik rumah makan. Nota ini dibuat untuk klaim ke kantor, jika bekerja di sebuah perusahaan yang memberikan fasilitas uang makan. Seperti jenis nota lain, nota rumah makan juga memiliki tampilan yang cukup simple. Namun bisa menjelaskan informasi yang dibutuhkan.

Pada umumnya bagian atas terdapat nama, logo, serta alamat rumah makan tersebut. Ada juga informasi seputar tanggal transaksi serta nama customer. Masuk bagian isi nota yang umumnya berbentuk kolom-kolom. Kolom pertama berisi nomor, kolom selanjutnya berisi jumlah porsi makanan yang dipesan customer.

Kolom berikutnya informasi nama makanan atau menu yang dipesan. Dilanjutkan dengan kolom harga satuan menu dan terakhir kolom jumlah. Kemudian bagian bawah diberikan informasi total tagihan uang yang harus dibayar customer.

Setelah bagian isi, terakhir untuk melengkapinya terdapat nama pemilik rumah makan sebagai pengesahaan nota. Terkadang, disematkan kata-kata seperti “terima kasih kunjungannya”, supaya terlihat lebih formal.

Baca Juga: Contoh Biodata


5. Contoh Nota Hotel

Contoh Nota Hotel

Ketika ingin menggunakan jasa penginapan misalnya hotel, setelah transaksi akan diberikan nota. Nota hotel ini bisa menjadi alat untuk menagih customer setelah menikmati jasa hotel. Untuk mempermudah pemahaman, berikut akan diberikan contoh langsung salah satu nota penginapan hotel.

Hotel Ceria

Nota Penginapan

Jl. Raden Santri No. 23-29 Solo, Jawa Tengah

Telepon (032) 34568258

Nomor       : 32468              No. Kamar      : 34                Harga Kamar          :700.000

No. Transaksi: 34527-98  Jenis Kamar : Standart       Lama Inap               :2 hari

Nama Tamu : Sugihtresno  Check In  : 24/07/2015   Total Kamar             :1.400.000

Check Out  : 25/07/2015  Total Pelayanan       :0

Total Tagihan          :1.400.000

Sudah bayar             : 1.000.000

Sisa bayar                   : 400.000

Kembali                      : 0

Solo, 24-07-2015

(admin)

Seperti itulah contoh paling simple dari nota penginapan hotel. Pada bagian sisa bayar tidak perlu dicantumkan apabila customer membayar pelayanan kamar secara tunai. Keterangan “sudah bayar”, bisa juga diartikan sebagai uang muka. “Sisa bayar”, harus dilunasi oleh customer saat akan meninggalkan hotel.


6. Contoh Nota Fotocopy

Contoh Nota Fotocopy

Setelah menggunakan jasa fotocopi, customer akan diberikan nota transaksi. Desain nota fotocopi mirip dengan nota penjualan lainnya. Perbedaan yang mungkin ada hanya terdapat kolom QTY. Kolom QTY ini akan diisi dengan jumlah lembar fotocopi yang diinginkan. Pada bagian atas kiri terdapat nama toko. Berikut alamat serta nomor telepon toko fotokopi.

Sementara sebelah kanan, terdapat keterangan tanggal transaksi. Ada juga nama customer dan alamat mereka. Masuk pada kolom isi nota, yang terdiri dari beberapa kolom. Paling kiri sendiri yaitu kolom nomor, kemudian ke kanan ada kolom jenis barang. Sebelahnya terdapat kolom harga dan kolom QTY (banyaknya lembar fotokopi).

  7+ Contoh Essay Pendidikan, Ilmiah, Ekonomi dan Cara Membuatnya

Kolom akhir paling kanan diisi dengan jumlah. Bagian bawah nota terdapat keterangan pengesahaan pemilik toko fotokopi. Samping pengesahaan kadang ditambahkan peringatan seperti misalnya barang yang sudah dibeli tidak bisa ditukar atau diuangkan.


7. Contoh Nota Catering

Contoh Nota Catering

Tidak hanya makan langsung di tempat, kadang beberapa rumah makan juga menyediakan fasilitas catering. Jasa catering umumnya dipesan customer untuk hari yang sudah ditentukan. Jadi saat nanti pesanan telah sampai dikirim, nota ini akan menjadi barang bukti penukarannya. Desain nota catering juga cukup simple.

Bagian atas sendiri bisa diberikan nama catering. Berikut alamat serta nomor telepon lengkap. Bisa dibuat mirip seperti nota rumah makan pada umumnya. Bagian bawah identitas catering bisa diisi dengan data nomor nota serta tanggal transaksi.

Kemudian masuk isi nota lengkap dengan kolom-kolom. Kolom pertama diisi dengan jenis pesanan, entah itu makanan, minuman, kudapan, dan lain sebagainya. Kemudian kolom sebelahnya diisi dengan jumlah pesanan. Kolom paling kanan, bisa diisi dengan harga. Nanti bagian bawah sendiri akan diisi total harga yang harus dibayar customer.

Agar lebih resmi pada bagian bawah kolom-kolom, dapat diisi dengan pengesahaan. Seperti tanda-tangan dari pemilik catering atau bagian kasir yang berjaga.


8. Contoh Nota Toko Bangunan

Contoh Nota Toko Bangunan

Membeli bahan bangunan, setelah transaksi pemilik toko akan memberikan nota. Nota toko bangunan didesain simple. Mirip bahkan sama dengan nota penjualan pada umumnya. Pada bagian atas terdapat keterangan nama toko, lengkap dengan alamat dan nomor telepon. Setelah itu ada juga keterangan tanggal transaksi dan nama serta alamat customer.

Sebelum masuk isi nota yang berbentuk kolom-kolom, terdapat keterangan nomor nota. Baru terdapat kolom kolom di bawahnya seperti nota pada umumnya. Kolom paling kiri diisi dengan banyaknya barang yang dibeli customer. Dilanjutkan dengan nama barang, serta harga satuan. Kolom paling kanan diisi dengan jumlah.

Total yang harus dibayar nanti bisa diisi pada bagian paling bawah kolom. Beberapa nota bangunan juga terdapat informasi tambahan di bagian paling bawah. Misalnya dengan ditambahkan kata peringatan jika barang yang sudah dibeli tidak boleh dikembalikan.

Baca Juga: Contoh x Banner


9. Contoh Nota Rental Mobil

Contoh Nota Rental Mobil

Menyewa mobil tentu pernah dilakukan oleh siapa saja. Pemilik rental akan memberikan nota pada penyewa mobil setelah terjadi transaksi sewa. Nota rental mobil cukup banyak memiliki variabel. Mulai dari identitas mobil, identitas sopir (bila penyewa sekalian ingin fasilitas supir), lama pemakaian dan lain-lain.

Kelengkapan data ini supaya mobil yang dipinjamkan akan lebih aman ditangan penyewa. Bagian atas pasti diberikan nama rental dan alamat serta nomor teleponnya. Agar lebih terlihat menarik biasanya diberikan tambahan gambar mobil disamping nama rental. Langsung masuk pada isi nota, pertama akan ditulis nama mobil yang disewa.

Kemudian alamat lengkap si penyewa. Ada lagi keterangan jenis kendaraan, nomor polisi, warna, serta tahun kendaraan yang disewa. Setelah itu ada juga keterangan nama driver bila penyewa ingin menggunakan fasilitas ini. Disusul dengan keterangan tgl pemakaian serta tanggal pengembalian. Setelah itu keterangan tarif atau biaya sewa.

Keterangan jika penyewa overtime juga tertulis pada nota. Terakhir juga dituliskan jenis jaminan yang diberikan penyewa. Bagian bawah nota diberikan tanggal transaksi serta pengesahaan. Baik pengesahaan oleh penyewa maupun pemilik rental.

Itulah beberapa contoh nota. Bagi yang masih bingung saat ingin membuatnya contoh diatas bisa menjadi inspirasi. Nota sebaiknya disimpan baik-baik karena bisa bermanfaat untuk masa depan, salah satunya mengetahui dengan cepat keluar masuknya barang, dan lain-lain.

Contoh Nota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.