20+ Contoh Penutup Proposal Kegiatan, Sekolah, Tugas Akhir Lainnya

Contoh Penutup Proposal – Membuat sebuah  proposal merupakan hal yang sering dilakukan untuk menunjang sebuah tujuan, baik kegiatan, jalinan kerjasama, dan lainnya. Salah satu komponen penting yang harus diperhatikan dalam menulis proposal adalah pada bagian penutupnya.  Kurangnya referensi mengenai contoh penutup proposal yang baik seringkali membuat calon penulis mengalami kesulitan untuk membuat sebuah proposal.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai penutup sebuah proposal, maka alangkah lebih bijak jika memahami terlebih dulu definisi teks proposal. Perlu untuk diketahui bahwa proposal merupakan suatu jenis teks yang ditulis dengan tujuan tertentu, terutama untuk merayu calon mitra. Rayuan yang terdapat di dalam propoposal dapat berupa urgensi kegiatan, manfaat darinya.

Teks proposal yang baik biasanya terdiri dari beberapa bagian yang saling mendukung satu sama lain yang bersifat runut. Bagian tersebut dimulai dari latar belakang mengapa sebuah proposal diajukan, lalu berlanjut pada pembahasan tentang poin atau inti dari proposal. Terakhir, proposal memuat penutup yang berisikan ringkasan secara utuh dari sebuah proposal.


Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menulis Sebuah Penutup Proposal yang Baik

Keberadaan penutup proposal sebagai elemen penting  seringkali diabaikan oleh calon penulis yang hendak mengajukan proposal ke sebuah instansi atau lembaga. Akibatnya, proposal yang telah dengan susah payah dibuat dan diajukan mendapat penolakan dan menjadi sia-sia. Barangkali, salah satu penyebabnya karena calon penulis kurang memiliki referensi contoh penutup proposal yang baik.

Ketika hendak menulis sebuah  teks proposal, khususnya pada bagian penutup maka hal-hal berikut ini sangat penting untuk diperhatikan. Pertama, namun sangat penting untuk selalu di garis bawahi adalah bahwa penutup proposal berisi mengenai ringkasan dari seluruh isi proposal. Menghindari untuk tidak bertele-tele dan langsung pada poin sangat wajib untuk dilakukan.

Etika dalam menulis sebuah proposal yang baik sangat penting untuk dimiliki setiap orang yang hendak membuat sebuah teks proposal. Setidaknya etika ini baiknya ditunjukkan dalam ucapan terimakasih atas waktu yang diberikan dalam menyimak proposal yang dibuat. Ucapan terimakasih memang hal sepele, tapi kehadirannya tidak boleh dilupakan dalam membuat penutup proposal.

Poin dan etika yang telah dikemukakan dalam proposal ini menjadi bagian penting yang disimak oleh pembaca proposal. Lain dari pada itu, seringkali penulis juga bisa menambahkan saran untuk pembaca proposal bila mana perlu. Saran bisa digunakan untuk menekankan rayuan agar pembaca menyetujui  poin yang terdapat pada proposal yang diajukan tadi.


Beberapa Contoh Penutup Proposal yang Bisa Dijadikan Referensi yang Baik

Jenis penutup proposal yang digunakan biasanya sangat bergantung pada tujuan untuk apa sebuah teks proposal ditulis dan diajukan. Biasanya hal ini terdiri dari beberapa tema utama, yakni proposal kegiatan, pengajuan dana, hingga pengajuan jalinan kerjasama. Karakteristik ini biasanya Nampak pada bagian penekanan ulang dari poin-poin proposal yang ada di penutup.

Setelah memahami tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat menulis penutup proposal, akan tidak lengkap jika tidak membaca contoh penutup proposal. Ulasan ini membahas secara lengkap contoh bagian penutup proposal yang mampu menarik persetujuan pembaca. Terlebih contoh-contoh penutup ini memiliki tema yang beragam yang sesuai dengan berbagai macam kebutuhan, sebagai berikut.

1. Penutup Proposal Karang Taruna Desa

Penutup Proposal Karang Taruna Desa


2. Pendidikan dan Latihan untuk Mahasiswa

Pendidikan Dan Latihan Untuk Mahasiswa

Golongan yang seringkali dihadapkan dengan perkara pembuatan proposal adalah mahasiswa yang aktif dalam kegiatan organisasi kampus. Biasanya para mahasiswa aktif untuk menyusun proposal baik proposal kegiatan maupun pengajuan dana. Berikut adalah salah satu contoh penutup proposal yang dibuat oleh mahasiswa.

“Diklat Mahasiswa Baru UKM Penalaran Universitas Kehidupan”

Poin-poin yang Perlu Mendapat Penekanan:

Tahun ini merupakan tahun yang menggembirakan bagi civitas akademi, terutama yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran di Universitas Kehidupan. Kabar gembira ini menyusul sejumlah fakta bahwa mahasiswa baru yang ingin bergabung jumlahnya sangat banyak. Sehingga dengan adanya animo yang tinggi tersebut, penting untuk segera dilakukan pendidikan dan latihan pertama.

Diklat yang akan dilakukan di Villa Pondok Indah, Batu ini memiliki urgensi untuk segera dilakukan dalam waktu dekat karena beberapa hal. Pertama, merujuk pada animo besar yang dimiliki oleh mahasiswa baru yang harus segera ditangani agar tidak pudar. UKM penalaran dalam hal ini akan memaksimalkan potensi dari animo besar tersebut.

Maksimalnya potensi dari animo besar mahasiswa terhadap UKM penalaran jelas memiliki dampak bagi Universitas Kehidupan sendiri. Apalagi berkaitan dengan misi Universitas untuk mengembangkan kampus melalui kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa yang diadakan dikti. Barangkali melalui serangkaian kegiatan pada diklat ini akan menjadi jalan emas untuk membantu universitas dalam mencapai misi tersebut.                    

Ucapan Terimakasih kepada Pembaca Proposal:

Semakin banyak mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan diklat ini, maka besar potensi untuk meningkatnya jumlah pengiriman PKM di tahun mendatang. Hal ini tentu membuat universitas mendapat keuntungan jika mengizinkan kegiatan ini dilaksanakan tepat pada waktunya. Akhirnya, segenap aktivis mahasiswa UKM Penalaran berterimakasih atas perhatian dan persetujuan kegiatan yang baik ini.

Saran dan Harapan atas Pengajuan Proposal:

Apalah artinya sebuah rencana kegiatan yang baik jika tidak dapat dilaksanakan oleh segenap pihak yang turut ada di dalamnya. Karena itu besar harapan mahasiswa agar unversitas memberikan dukungan bagi pelaksanaan kegiatan berupa restu dan dana yang disebutkan. Demi tercapainya harapan bersama, semoga kegiatan yang akan dilakukan dapat berjalan dengan lancar.


3. Permohonan Dana Sponsorship (Pengajuan Kerja Sama)

Mitra atau sponsor sering kali menjadi tujuan dari pembuatan sebuah proposal yang memiliki tujuan untuk menggali dana kegiatan yang dilakukan. Jenis proposal ini biasa dilakukan oleh kelompok masyarakat yang hendak membuat kegiatan secara swadaya. Contoh penutup proposal dari organisasi karawitan berikut bisa dijadikan referensi.

“Sponsor Lomba Pekan Tari Nasional Karawitan Puspa Kencana”

Poin-poin yang Perlu Mendapat Penekanan:

Tari merupakan kekayaan budaya yang penting bagi sebuah bangsa besar layaknya bangsa Indonesia, yang dianugerahi kebudayaan sangat beragam oleh Tuhan.  Pelestarian seni tari, seyogyanya menjadi tanggung jawab semua lapisan masyarakat. Baik masyarakat yang terlibat secara langsung maupun masyarakat yang dapat membantu dalam hal lain, seperti  contohnya membantu dari segi dana.

Pengajuan bantuan dana untuk mensponsori kegiatan lomba pekan tari nasional ini akan dikelola dengan baik oleh segenap pengurus karawitan. Manfaat kegiatan ini tidak hanya akan didapat oleh komunitas saja, tetapi perusahaan sponsor juga mendapat berbagai macam manfaat. Menjadi sponsor di kegiatan ini akan membuat nama perusahaan dicantumkan di dalam kegiatan.

Perusahaan juga akan mendapatkan stand khusus yang disiapkan, pada saat kegiatan lomba dilangsungkan pada tanggal yang ditentukan. Logo perusahaan akan tampil pada bagian banner lomba, kaos dan marcendhise yang diberikan kepada peserta lomba. Peserta lomba yang berasal dari seluruh penjuru negeri akan sangat menarik tentunya sebagai ajang promosi perusahaan sponsor.

Ucapan Terimakasih kepada Pembaca Proposal:

Pendapat yang sering didengar mengatakan bahwa sebuah bangsa yang kaya akan selalu menghargai seni dan budaya yang ada di dalamnya. Termasuk keyakinan karawitan Puspa Kencana terhadap penghargaan yang diberikan oleh perusahaan sponsor demi kegiatan ini. Tidak luput, ucapan terimakasih atas segala bentuk apresiasi dan dukungan yang diberikan kepada kegiatan ini.

Saran dan Harapan atas Pengajuan Proposal:

Generasi muda yang ada di seluruh penjuru Indonesia merupakan sasaran dari diadakannya kegiatan lomba tari nasional ini. Sehingga akan sangat disarankan jika perusahaan sponsor turut berkontribusi memeriahkan acara yang akan dilangsungkan. Stand-stand yang disiapkan oleh panitia pun, akhirnya diharapkan untuk dapat digunakan secara maksimal oleh perusahaan sponsor acara baik ini.


4. Pelatihan PKK Desa

Pelatihan PKK Desa

Kelompok masyarakat lainnya yang kerap menulis sebuah proposal untuk kegiatan yang dilakukan adalah kelompok ibu-ibu PKK. PKK biasanya memiliki program kerja dan salah satunya adalah pemberdayaan masyarakat desa yang membutuhkan proposal agar terlaksana. Adanya proposal ini memiliki peranan penting dalam terlaksananya kegiatan, seperti contoh penutup proposal berikut.

“Program Pelatihan Menjahit PKK Bunga Desa”

Poin-poin yang Perlu Mendapat Penekanan:

Masalah ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat desa Bantaran Sungai belakangan ini memang sangat mengkhawatirkan, karena itulah maka urgensi kegiatan ini sangat tinggi. Sebagai sebuah lembaga yang erat dengan masyarakat, khususnya ibu rumah tangga, PKK Bunga Desa hendak membantu menangani hal itu. Pelatihan menjahit yang diusulkan untuk ibu-ibu  memberikan dampak positif.

Para Ibu rumah tangga yang tadinya mengalami kesulitan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga, akan sangat terbantu dengan kegiatan ini. Terutama melalui pelatihan ini akan diberikan bimbingan untuk membuat berbagai macam benda yang memiliki nilai ekonomi. Seperti beberapa macam aksesoris, keset, dompet, pakaian, taplak meja, dan perlengkapan sederhana bernilai ekonomi lainnya.

Ibu rumah tangga yang mampu memiliki penghasilan sendiri akan mengurangi beban kebutuhan yang ditanggung oleh keluarga masyarakat desa Bantaran Sungai.Terlebih di situasi yang serba sulit seperti yang terjadi sekarang ini. Lebih dari itu, untuk memaksimalkan kegiatan ini maka juga akan berlanjut pada upaya pemasaran produk hasil dari pelatihan yang dilakukan.

Ucapan Terimakasih kepada Pembaca Proposal:

Kabupaten menjadi pihak yang turut bertanggung jawab dalam menjamin kesejahteraan bagi setiap warga yang bernaung di dalamnya. Sejumlah ibu rumah tangga yang tergabung dalam PKK Bunga Desa Bantaran Desa sangat berterimakasih kepada pihak Kabupaten. Apapun itu, kegiatan baik ini tidak akan pernah tercapai tanpa bantuan dan arahan dari pemerintah kabupaten.

Saran dan Harapan atas Pengajuan Proposal:

Segenap masyarakat kini tengah mengalami dampak ekonomi serius pasca melemahnya ekonomi saat pandemi melanda. Upaya kreatif, inovatif, dan solutif berupa pelatihan pekerjaan alternatif seperti ini akan sangat berguna untuk keluarga. Terakhir, berbagai harapan dan doa untuk kegiatan selalu dipanjatkan masyarakat agar pemerintah kabupaten turut serta dalam pengembangan pasca pelatihan  nantinya.


5. Rencana Usulan Lokasi Kuliah Kerja Nyata atau Usulan Program KKN

Rencana Usulan Lokasi Kuliah Kerja Nyata Atau Usulan Program KKN

Setiap mahasiswa tingkat akhir di berbagai perguruan tinggi harus berurusan dengan Kuliah Kerja Nyata atau KKN sebagai bagian mata kuliah. Sesaat sebelum melakukan KKN maka yang perlu dilakukan adalah mengusulkan lokasi KKN yang akan dilakukan sehingga perlu membuat proposal. Supaya lebih jelas, maka contoh penutup proposal KKN berikut menarik disimak.

“Usulan Lokasi KKN Kelompok 13 Sekolah Tinggi Peradaban”

Poin-poin yang Perlu Mendapat Penekanan:

Sesuai dengan peraturan dari perguruan tinggi bahwa sebagai syarat untuk lulus harus mengikuti program Kuliah Kerja Nyata atau KKN. Kelompok 13 yang terdiri dari mahasiswa berbagai jurusan telah berdiskusi untuk menentukan lokasi KKN yang dipilih. Sehingga mendapat mufakat desa Penari adalah lokasi tepat untuk menjalankan KKN sesuai program yang direncanakan.

Desa Penari berada di lokasi terpelosok yang penduduknya mayoritas bekerja sebagai buruh tani dan dikategorikan sebagai desa tertinggl. Program mahasiswa yang lebih menekankan pada aspek pendidikan dan ekonomi akan sesuai dengan keadaan tersebut. Terlebih saat mencermati kondisi dari masyarakat, rasanya peran  serta mahasiswa sangat diperlukan untuk pengembangan aspek desa ini.

Kondisi medan desa yang menantang juga akan memberikan pengalaman belajar di dunia nyata yang baik bagi masa depan mahasiswa. Selain itu, desa Penari juga memiliki kondisi budaya masyarakat yang masih kental. Jelas hal ini akan sangat menambah wawasan para mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan untuk mencintai budaya dan kearifan lokal.

Ucapan Terimakasih kepada Pembaca Proposal:

Berbagai macam kondisi  baik geografis dan social budaya telah dijelaskan terkait kondisi terkini desa Penari yang menjadi tujuan pelaksanaan KKN kelompok 13. Ucapan terimakasih yang senantiasa diberikan atas disetujuinya lokasi pelaksanaan kegiatan ini. Tidak lupa juga, segenap mahasiswa meminta doa agar kegiatan dapat terealisasi dengan lancar sesuai rencana yang ditentukan.

Saran dan Harapan atas Pengajuan Proposal:

Pemilihan lokasi yang berada di desa Penari yang berada di lokasi yang terpelosok dan tertinggal diharapkan memancing minat mahasiswa lainnya. Bahwa dalam kenyataan masih banyak desa lain yang mengalami kondisi serupa. Semakin banyaknya mahasiswa yang melakukan pengembangan di desa-desa serupa, akan memberi dampak positif khususnya bagi masyarakat desa yang tertinggal.


6. Magang Kerja dalam Sebuah Perusahaan yang Berbasis Kerja Sama

Magang Kerja Dalam Sebuah Perusahaan Yang Berbasis Kerja Sama

Istilah umum yang kerap digunakan bagi seorang siswa yang belajar bekerja di sebuah tempat atau badan usaha milik orang lain disebut magang. Sekolah biasanya akan membuat sebuah proposal pengajuan magang ini untuk menitipkan para siswanya. Pemahaman lebih jelas tentang hal ini, bisa dilihat dari contoh penutup proposal magang berikut ini.

“Permohonan Magang STM Negeri Atas Bukit”

Poin-poin yang Perlu Mendapat Penekanan:

STM Negeri Atas Bukit selalu konsisten setiap tahunnya untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang memiliki berbagai macam keahlian seperti teknik kendaraan bermotor. Berkaitan dengan hal tersebut maka STM Atas Bukit menjalin kerjasama dengan berbagai macam pihak. Tujuannya untuk mengembangkan potensi dan pemahaman siswa terkait dunia kerja seperti kondisi yang sebernarnya.

Termasuk usulan ini, mengharapkan Bengkel Jaya Abadi memberikan kesempatan kepada siswa STM Negeri Atas Bukit untuk melakukan program magang kerja. Beberapa siswa yang mengikuti magang sudah dibekali dengan pembelajaran teknik sejak dari kelas sepuluh. Sehingga diharapkan akan bisa mengimplementasikan untuk pekerjaan yang bisa dilakukan di bengkel tempat magang kerja terjadi.

Kebutuhan akan tenaga kerja yang ahli di dalam bidang teknik kendaraan bermotor setiap tahunnya akan terus meningkat di masyarakat. Kenyataan tersebut memberikan peluang juga bagi bengkel untuk mendapatkan tenaga kerja baru dari kerja sama ini. Alhasil, pihak-pihak yang terkait baik sekolah, siswa dan bengkel mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan magang.

Ucapan Terimakasih kepada Pembaca Proposal:

Penerimaan bengkel Jaya Abadi atas siswa STM Negeri Atas Bukit, seperti tahun-tahun yang telah terjalin sebelumnya sangat diharapkan. Beribu ucapan terimakasih  turut mewarnai segala kerja sama baik yang selama ini telah dilakukan. Apresiasi yang tinggi pun tidak lupa diberikan kepada bengkel Jaya Abadi sebagai mitra yang  baik bagi segenap siswa.

Saran dan Harapan atas Pengajuan Proposal:

Sangat disayangkan jika sebuah kerja sama yang telah dirajut dengan baik tidak dilanjutkan begitu saja, seperti program magang ini. Rajutan kerja sama ini diharapkan dapat terjadi kembali hingga tahun-tahun yang akan dating. Baik bagi siswa, sekolah maupun bengkel tempat magang semoga selalu diberikan kelancaran atas segala bentuk urusan yang dikerjakan.


7. Penutupan Perayaan Hari Besar Nasional bagi Masyarakat Daerah

Penutupan Perayaan Hari Besar Nasional Bagi Masyarakat Daerah

Perayaan Hari Besar Nasional yang dikenal dengan istilah PHBN seringkali diwarnai oleh sejumlah kegiatan bagi masyarakat.  Tidak jarang kiranya, dalam melakukan kegiatan PHBN ini, masyarakat membutuhkan dana untuk melancarkan kegiatannya. Bisa dilihat pada contoh penutup proposal berikut yang menjelaskannya secara lengkap.

“Acara Bersih Desa dan Syukuran PHBN”

Poin-poin yang Perlu Mendapat Penekanan:

Kegembiraan dan rasa syukur selalu dimiliki oleh setiap warga negara yang diwujudkan dalam bentuk perayaan hari besar nasional. Ucapan syukur adalah simbolis bagaimana masyarakat menghargai Tuhan dan alam yang tidak henti diberikan selama setahun berlalu. Lantas membuat masyarakat berinisiatif untuk melakukan ruwatan bersih desa sesuai dengan kebudayaan yang berkembang dulu.

Sebagaimana wayang kulit yang selalu mengisi acara penutupan syukuran PHBN di setiap tahunnya yang diselenggarakan oleh masyarakat desa Sumber Rejeki. Tentu dalam menyelenggarakan acara ini, diperlukan kerjasama oleh berbagai macam pihak yang mendukung kemajuan budaya di desa Sumber Rejeki. Karena itulah segala bantuan berbentuk apapun sangat diperlukan demi jalannya cara.

Rekan masyarakat panitia bersih desa Sumber Rejeki sangat mengharapkan bantuan dana dan tenaga yang diberikan untuk syukuran tahun ini. Sedikit atau banyaknya bantuan yang diberi akan sangat berpengaruh besar, tidak hanya bagi desa tapi bagi masyarakat keseluruhan. Pagelaran yang terjadi menyedot perhatian publik, juga diharapkan menjadi ladang ekonomi bagi masyarakat .

Ucapan Terimakasih kepada Pembaca Proposal:

Tidak banyak yang bisa dilakukan untuk menyambung lidah selain ucapan terimakasih masyarakat kepada para donatur acara ini. Pelestarian budaya khususnya yang terjadi dan akan berlangsung di desa Sumber Rejeki tidak akan pernah terjadi tanpa bantuan donatur sekalian. Jasa dan budi baik donatur, akhirnya semoga mendapat imbalan dari yang Maha Kuasa.

Saran dan Harapan atas Pengajuan Proposal:

Perhelatan akbar ini tidak akan meriah dan tidak akan pernah lengkap tanpa kedatangan para donatur sekalian bersama dengan keluarga besar tercinta. Kedatangan para donatur sekalian kepada acara selain menjadi pertanggungjawaban bagi panitia penghimpun dana. Diharapkan juga menjalin silaturrahmi di antara segenap masyarakat desa Sumber Rejeki yang senantiasa diliputi rasa bahagia.


8. Mitra Kerjasama untuk Tujuan Tertentu

Mitra Kerjasama Untuk Tujuan Tertentu

Pemilik proyek atau jenis usaha yang lain kerap kali memerlukan sebuah prosal dalam menjalankan usaha atau memperoleh proyek tertentu. Banyak pemilik proyek yang juga mengajukan proposal serupa, menjadikan proposal yang lebih baik dan menarik memiliki peluang diterima lebih besar. Tawaran Mitra kerja sama  bisa dilihat pada contoh penutup proposal ini.

“Pembangunan Gedung Sekolah Dasar Istimewa”

Poin-poin yang Perlu Mendapat Penekanan:

CV. Bangun Perkasa telah lama bekerja sama dengan sekolah, memiliki pengalaman mumpuni dalam membangun sebuah gedung sejak sepuluh tahun lalu. Gedung-gedung yang berhasil dibangun atas kerja sama pun memiliki kualitas dan ketahanan yang telah teruji. Seperti contoh beberapa gedung sekolah sebelumnya yang pernah dipercayakan pada CV. Bangun Perkasa untuk pembangunannya.

Perincian anggaran yang disusun untuk pembangunan gedung Sekolah Dasar yang faktual mengikuti harga terbaru dan termurah. Tetapi hal lebih penting dari itu semua, pembangunan  gedung sekolah yang baik tidak melupakan unsur kualitas. Sebagai sebuah perusahaan kontruksi yang berpengalaman, komitmen itu terjaga secara konsisten dan dapat dibuktikan kebenarannya setelah gedung selesai.

Titik penting dari kerja sama ini tidak semata-mata karena proyek pembangunan gedung sekolah saja, tetapi ada hal yang lebih urgen. Kepentingan belajar mengajar yang terjadi menjadi pertimbangan penting perusahaan mengajukan diri dalam proyek ini. Terjalinnya kerja sama yang baik diharapkan akan memberi dampak besar bagi perkembangan pendidikan terlebih sekolah dasar.

Ucapan Terimakasih kepada Pembaca Proposal:

Profesi apapun yang diterima oleh seseorang yang dijalani saat dewasa tidak pernah lepas dari masa lalu yang telah dijalani. Gambaran klise ini adalah bentuk terimakasih kepada para punggawa sekolah dasar yang tidak henti berjuang demi masa depan bangsa. Tugas kami sebagai orang yang bergerak dibidang kontruksi adalah mewujudkan fasilitas gedung.

Saran dan Harapan atas Pengajuan Proposal:

Kepercayaan dan kerjasama yang didapatkan oleh CV. Bangun Perkasa selama ini dari sekolah-sekolah yang telah dirancang bangun gedungnya. Menjadi bukti yang nyata komitmen dan kesungguhan perusahaan untuk memberikan pelayanan yang baik. Anggaran dan bahan yang berkualitas yang ditawarkan hendaknya menjadi pertimbangan menerima proposal ini agar tercapai kerjasama baru yang memuaskan.


9. Mendapatkan Dana atau Perlengkapan Hibah dari Sebuah Lembaga

Mendapatkan Dana Atau Perlengkapan Hibah Dari Sebuah Lembaga

Lembaga sosial banyak ditemukan di lingkungan masyarakat Indonesia yang penduduknya masih menganut prinsip gotong royong. Demi menjalankan misi sosial, tidak jarang perlu untuk membuat sebuah proposal pengajuan hibah dana atau perlengkapan tertentu. Simak contoh penutup proposal pengajuan hibah buku berikut untuk memahaminya.

“Pengajuan Hibah Buku untuk Perpustakaan Matahari”

Poin-poin yang Perlu Mendapat Penekanan:

Taman bacaan masyarakat merupakan sebuah hal yang urgen adanya di tengah situasi krisis budaya membaca yang terjadi saat ini. Perpustakaan Matahari yang didirikan oleh sejumlah relawan yang berada di desa Bantaran Sungai mengemban misi untuk melayani masyarakat. Khususnya berkenaan dengan pembangunan taman bacaan yang berguna bagi anak desa yang tertinggal.

Sejauh diketahui dari berbagai media masa, baik cetak maupun media online, Penerbit Mulia adalah salah satu yang aktif berhibah buku. Niat mulia tersebut mendapat sambutan yang sangat tinggi bagi para relawan yang menerima. Tidak terkecuali bagi relawan yang tengah berjuang untuk membuat perpustakaan Matahari yang ada di desa Bantaran Sungai.

Antusias anak-anak desa Bantaran Sungai sangat tinggi terhadap aktivitas membaca yang jarang ditemukan di tempat lain. Menyedihkannya, hal tersebut terganggu karena berbagai macam hal kebutuhan buku yang dimiliki amat sangat terbatas. Nampaknya, melihat hal ini tujuan dari hibah buku Penerbit Mulia sejalan dengan kondisi masyarakat kecil yang ada di sini.

Ucapan Terimakasih kepada Pembaca Proposal:

Kesediaan untuk membaca permintaan ini oleh Penerbit Mulia adalah sebuah kehormatan bagi segenap relawan dan masyarakat di perpustakaan Matahari. Tanpa mengurangi sedikitpun harapan masyarakat untuk menerima bantuan hibah buku bacaan apapun. Semoga segala amal yang diberikan oleh semua pihak di Penerbit Mulia selalu mendapat berkah dari Tuhan dan dilancarkan rezekinya.

Saran dan Harapan atas Pengajuan Proposal:

Pengawasan adalah hal yang teramat penting dalam kegiatan penyaluran bantuan buku hibah yang diberikan oleh Penerbit Mulia. Perpustakaan Matahari sangat antusias jika ada pihak dari penerbit yang ingin datang untuk mengunjungi secara langsung. Bukan hanya relawan saja, pastinya kedatangan tersebut sangat diharapkan oleh anak desa yang menginginkan motivasi dari ahlinya.


10. Memperoleh Pinjaman Dana dari Instansi Melalui Pengajuan Proposal

Memperoleh Pinjaman Dana Dari Instansi Melalui Pengajuan Proposal

Keperluan masyarakat modern semakin bervariasi, seperti salah satunya adalah pengajuan peminjaman dana kepada instansi tertentu yang memerlukan proposal. Jenis proposal ini biasanya memuat alas an keperluan serta yang paling penting adalah anggunan yang digunakan. Sedikit contoh penutup proposal peminjaman dana berikut ini akan memberi gambaran.

“Pinjaman Dana Operasional UMKM Keripik Telo”

Poin-poin yang Perlu Mendapat Penekanan:

UMKM Keripik Telo merupakan badan usaha bersama masyarakat yang memiliki bidang usaha pengolahan singkong menjadi aneka keripik. Pengembangan badan usaha bersama ini terus dilakukan dibawah komando langsung dari ketua PKK desa Tegalan. Usaha ini memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan, namun memiliki kendala terutama dalam hal pendanaan operasional pengembangan baru.

Pendapatan yang diperoleh oleh UMKM Keripik Telo secara akumulatif setiap bulan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai jaminan. Jaminan lain berupa sertifikat tanah milik anggota dengan bukti terlampir juga telah disediakan. Sesuai dengan Prasyarat yang diberikan oleh Bank Jaya Harta, semoga syarat yang dilampirkan cukup sebagai pertimbangan untuk memperoleh dana pinjaman.

Jangka panjang dari tujuan kegiatan usaha ini adalah mengentaskan kemiskinan yang dialami oleh sejumlah masyarakat desa Tegalan. Sumber daya berupa singkong yang melimpah dikebun warga, jika diolah dengan baik akan menjadi sumber ekonomi yang kuat. Hingga akhirnya masyarakat bisa menjadi warga yang mandiri dan bisa mencukupi kebutuhan harian maupun lainnya.

Ucapan Terimakasih kepada Pembaca Proposal:

Estimasi dana pinjaman yang diajukan oleh UMKM Keripik Telo cukup realistis dan sesuai dengan kemampuan angsuran. Perhatian yang baik dari Bank Jaya Harta, sangat disyukuri oleh masyarakat dan mendapat ucapan terimakasih yang tulus. Demikian pula atas disetujuinya usulan ini, akan memberikan angin segar bagi perkembangan usaha kecil UMKM Keripik Telo.

Saran dan Harapan atas Pengajuan Proposal:

Keripik singkong yang dihasilkan oleh UMKM Keripik Telo sudah cukup terkenal dan didistribusikan ke berbagai daerah terdekat. Kebanggaan bagi masyarakat desa Tegalan,sekiranya pihak Bank Jaya Harta dating ke lokasi untuk menyurvey langsung. Besar keyakinan masyarakat disetujuinya usulan ini jika survey benar-benar dilakukan dan melihat proses pengolahan keripik yang masyarakat lakukan.


11. Permohonan Kerja Tertentu yang Mewajibkan Penggunaan Proposal

Permohonan Kerja Tertentu Yang Mewajibkan Penggunaan Proposal

Surat lamaran pekerjaan bisa dikatakan sebagai sebuah bentuk proposal yang paling sederhana dan banyak dijumpai oleh masyarakat. Lamaran pekerjaan sangat tidak asing lagi bagi masyarakat namun nyatanya, banyak yang tidak bisa menulis dengan baik. Kutipan berikut berisi contoh penutup proposal pengajuan kerja yang mungkin dibutuhkan.

“Proposal Pengajuan Kerja”

Poin-poin yang Perlu Mendapat Penekanan:

Pekerjaaan mendesain cover buku membutuhkan jiwa seni dan kepekaaan yang tinggi terhadap tulisan yang akan dibuat covernya. Nampaknya hal tersebut tidak akan menjadi masalah dalam pekerjaaan yang akan diemban nantinya. Menyimak beberapa pengalaman kerja sebelumnya yang telah dilampirkan pula beberapa bukti pendukungnya.

Ucapan Terimakasih kepada Pembaca Proposal:

Terima kasih atas pembacaan dan perhatian khusus yang telah diberikan oleh perusahaan kepada proposal pengajuan kerja ini selalu tercurahkan. Terlebih dengan keyakinan besar diterimanya proposal ini karena spesifikasi yang dibutuhkan sesuai  dengan keinginan perusahaan. Pengalaman dan kemampuan yang diperoleh dari pekerjaan terdahulu akan menjadi jaminan terselesaikannya proyek yang diberi nantinya.

Saran dan Harapan atas Pengajuan Proposal:

Harapannya jelas, selain dapat bergabung bersama perusahaan yang besar seperti Penerbit Mulia ini, juga turut membantu perkembangan literasi melalui desain. Misi perusahaan yang sejalan dan rasa cinta yang besar pada dunia literasi adalah poin utama.  Akhir kata, dengan segala hal yang dilampirkan di proposal ini semoga menjadi pertimbangan yang baik.

Berbagai macam contoh penutup proposal yang biasa digunakan baik perseorangan maupun kelompok masyarakat telah diutarakan secara jelas. Beragam contoh tema proposal dengan keperluan dan tujuan yang bervariasi pun sudah diberikan dengan lengkap. Sehingga berbagai ulasan mengenai contoh proposal bagian penutup ini diharap dapat menjadi referensi yang baik bagi seluruh pembaca.

Tiga hal yang ditekankan mengenai cara membuat penutup proposal yang tidak lupa untuk terus diingatkan adalah poin, etika, dan saran. Ketiga komponen ini bila dipenuhi dengan baik maka penutup proposal yang dihasilkan pun menjadi berkualitas. Selalu gunakan bahasa yang persuasif dan gunakan bukti yang kuat untuk menunjang proposal yang digunakan.

Contoh Penutup Proposal

Tinggalkan komentar