Contoh Surat Izin Tempat Usaha

Contoh Surat Izin Tempat Usaha – Maraknya bisnis saat ini dan pelaku usaha mulai membuka tempat usahanya. Dalam menjalankan prosedur usaha perlu adanya Surat Izin Usaha atau SIUP serta memahami contoh  Surat Izin Tempat Usaha atau SITU.

Dengan adanya izin yang sudah dimiliki maka usaha yang dijalankan lebih terjamin dan aman dibawah payung hukum yang berlaku. Keberadaan surat izin tempat usaha atau disingkat dengan SITU ini tentu menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis.

Tempat usaha merupakan salah satu bagian vital dari berjalannya sebuah bisnis atau usaha yang dibangun. Keberadaan tempat usaha akan lebih baik jika sudah memiliki surat izin.

Mengurus surat izin untuk tempat usaha bisa dengan melihat contoh surat izin tempat usaha dengan penjelasannya. Dalam surat izin tersebut akan terlihat prosedur atau ketentuan yang harus dilakukan. Dan untuk mengurus surat izin bagi tempat usaha sangat mudah, tinggal mengurusnya ke badan hukum terdekat.


Pengertian Surat Izin Tempat Usaha

Pengertian Surat Izin Tempat Usaha

Adapun contoh surat izin tempat usaha merupakan surat resmi yang menjadi wewenang badan hukum atau lembaga untuk mengeluarkannya. Fungsi dari surat izin ini penting bagi pengusaha yaitu mendapatkan izin usaha berupa pendirian tempat. Apapun usahanya yang membutuhkan tempat untuk berlangsungnya usaha yang dilakukan bisa mengajukan surat izin tempat usaha.

Sehingga jika sudah mendapatkan surat izin, maka jika terjadi hal diluar dugaan yang bisa mengganggu. Surat izin ini bisa digunakan secara sah dimata hukum yang berlaku. Dan pihak yang menghindari pihak yang tidak diinginkan serta mengganggu usaha yang sedang dilakukan.

Dengan memahami pengertian seperti apa surat izin tempat usaha tersebut difungsikan dan berguna bagi pengusaha. Maka  selanjutnya ada hal yang harus dipahami berupa prosedur  serta syarat pembuatan SITU.


Syarat dan Prosedur Pembuatan Surat Izin Tempat Usaha

Syarat Dan Prosedur Pembuatan Surat Izin Tempat Usaha

Beberapa surat izin tempat usaha harus dibuat sesuai prosedur. Adapun syarat dan ketentuan dalam pembuatan surat izin tersebut yaitu memuat hal berikut ini.

  1. Untuk pengajuan formulir surat izin tempat usaha harus dilengkapi keterangan tertulis dari lingkungan sekitar tempat usaha. Dengan menyatakan tidak keberatan adanya pendirian tempat usaha di sekitarnya dan disertai tanda tangan.
  2. Selanjutnya formulir SITU bisa diserahkan kepada petugas kelurahan dan kecamatan setempat. Dan selanjutnya bisa disahkan oleh pihak kelurahan dan kecamatan tersebut.
  3. Setelah mendapatkan label sah dari kelurahan dan kecamatan. Selanjutnya formulir SITU dibawa ke tingkat Kabupaten.
  4. Lakukan pembayaran untuk surat izin tempat usaha
  5. Melakukan daftar ulang di tingkat Kabupaten.
  6. Formulir yang sudah didaftarkan ulang tinggal menunggu apakah lolos verifikasi. Jika lulus maka selanjutnya menunggu terbitnya SITU atau Surat Izin Tempat Usaha.

Syarat pembuatan SITU antara lain sebagai berikut:

  • Surat izin tempat usaha dibuat diatas materai 6000,- serta cap perusahaan.
  • Lampirkan identitas berupa KTP dari pemilik atau penanggung jawab usaha. Jika sebagai warga negara asing maka harus ada kartu izin khusus serta kartu identitas.
  • Melampirkan surat kuasa serta fotocopy KTP  untuk penerima kuasa. Dilakukan jika pemohon membutuhkan bantuan pihak ketiga dan diserahkan ke orang lain. sebagai contoh saudara atau orang yang bertanggungjawab dalam perusahaan.
  • Melampirkan fotocopy IMB yaitu surat Izin Mendirikan Bangunan yang berlaku disesuaikan dengan kegiatan usaha tersebut.
  • Dibutuhkan surat fotocopy Pajak Bumi Bangunan, Surat Pemberitahuan Pajak Terutang,  dan Surat Terima Tanda Setoran perusahaan.
  • Fotocopy akta mendirikan tempat usaha dan perubahan dalam pengesahan.
  • melampirkan bukti persetujuan dari lingkungan sekitar yaitu RT/RW, camat, dengan radius 200 meter dari tempat usaha.
  • Melampirkan surat keterangan domisili usaha yang didirikan.

Dengan memahami seperti apa prosedur dan syarat yang harus dilengkapi dalam mendapatkan surat izin tempat usaha. Maka bisa diproses dan ditunggu dalam waktu lima hari kerja dan jika sudah terverifikasi, SITU berlaku selama 3 tahun. Kemudian surat izin tersebut bisa diperpanjang jika masa berlaku surat izin tempat usaha habis masanya.

Selanjutnya perlu dipahami seperti apa contoh surat izin tempat usaha yang bisa diajukan. Dengan memahami berbagai jenis surat izin tempat usaha sebagai acuan, maka harus memenuhi kriteria agar dianggap layak sebagai tempat usaha.


Kriteria Pemberian Izin Tempat Usaha

Kriteria Pemberian Izin Tempat Usaha

Dalam memberikan izin tempat apalagi untuk usaha memang dipengaruhi berbagai faktor. Dan pemilik usaha harus mampu memberikan jaminan bagi lingkungan sekitar. Adapun kriteria pemberian izin tersebut meliputi hal berikut ini.

1. Keamanan

Yaitu pengusaha harus menjamin bahwa bangunannya aman dan tidak mudah terbakar. Serta memberikan perlindungan berupa alat pemadam kebakaran darurat.  Serta penyimpanan barang perusahaan yang aman dan mematuhi aturan undang-undang keselamatan kerja bagi karyawannya.

2. Ketertiban

Pelaku usaha harus mampu menjamin tempat usahanya tertib dan tidak mengganggu kepentingan umum serta lingkungan sekitar. Tidak memiliki hak untuk menggunakan jalan umum untuk menaruh barang. Menetapkan jam kerja karyawan sesuai aturan dan jika melebihi batas jam kerja maka harus ada izin khusus.

3. Kesehatan

Jaminan akan kesehatan, seperti menjaga lingkungan bersih dan sehat bagi sekitar serta tempat kerjanya. Menyediakan tempat sampah khusus atau pembuangan.  Melakukan tindakan preventif untuk tidak melakukan pencemaran lingkungan sekitar. Dan tersedianya P3K sebagai pertolongan pertama.

Dengan adanya kriteria tersebut diharapkan pengusaha yang akan mendapatkan izin bisa memperhatikan hal sekitar. Sehingga saat menjalankan usahanya bisa lancar dan tidak mengganggu masyarakat serta lingkungan sekitarnya. Selanjutnya inilah contoh surat izin tempat usaha yang bisa digunakan sebagai jaminan keamanan bisnis.

Baca Juga: Contoh Surat Izin Mengikuti Kegiatan di Luar Sekolah


Contoh Surat Izin Tempat Usaha

Inilah beberapa contoh surat izin untuk tempat usaha yang diterbitkan oleh pihak berwenang. Adapun contoh surat izin tersebut beraneka ragam berdasarkan usaha yang sedang dijalankan saat itu. Mulai dari industri kecil hingga industri besar lainnya.

Contoh Surat Izin Tempat Usaha Penerbitan dan Percetakan

Contoh SIUP Mikro

Untuk mendirikan tempat usaha seperti penerbitans erta percetakan juga harus memiliki surat izin tempat. Maka pengusaha segera mengurus dan mengajukan surat tersebut kepada pihak berwenang.

Surat Izin Tempat Usaha Penerbitan dan Percetakan

Pemerintah Kota Semarang

Dinas Pelayanan Perizinan Terpadu

Surat Izin Tempat Usaha

Nomor : 201/XX/2020

 

Memberikan ijin usaha kepada:

Nama         : CV. Permata

Alamat            : Jl. Gatot Sumarmo No.27 Semarang

Bidang Usaha : Penerbitan dan Percetakan

Nama Penanggung jawab : Fauzi Ahlan

Luas ruang usaha : 50 meter persegi

Berlaku s/d tanggal : 2021

 

Dengan ini memutuskan berdasarkan peraturan Pemerintah Kota Semarang tentang Izin Undang-Undang Gangguan dan Izin Tempat Usaha kepada yang berwenang.

Ditetapkan di Semarang

Tanggal : 1 Januari 2020

Kepala Dinas Pelayanan dan Perizinan Kota Semarang

 

Drs. Ibrahim Kamil


Contoh Surat Izin Tempat Usaha Ritel Supermarket

Contoh Surat Izin Tempat Usaha Ritel Supermarket

Berikut ini merupakan salah satu contoh surat izin tempat untuk usaha ritel supermarket. Tentunya sangat penting memiliki surat izin tempat agar usaha bisa semakin berkembang dan sah oleh hukum yang berlaku.

Surat Izin Tempat Usaha Ritel Supermarket

PEMERINTAH KOTA JAKARTA
DINAS PELAYANAN DAN PERIZINAN TERPADU
SURAT IZIN TEMPAT USAHA (SITU)
Nomor 496748979/VII/2020

 

Memberikan ijin usaha kepada:

Nama Perusahaan : Maga Group

Alamat Perusahaan : Jl. Merdeka Barat No. 60, Joglo, Kembangan, Jakarta Barat

Bidang Usaha : Ritel Supermarket

Penanggung Jawab : Syahrul Alamsyah

Luas Ruang Usaha : 100 Meter Persegi

Berlaku : 10 Januari 2021

 

Perusahaan yang bersangkutan telah memenuhi syarat-syarat berdasarkan ketentuan pemerintah Kota Jakarta tentang Izin Undang-Undang Gangguan dan Izin Tempat Usaha kepada yang berwenang.

Ditetapkan di: Jakarta

Pada tanggal: 10 Januari 2020

Kepala Dinas Pelayanan dan Perijinan

Kota Jakarta

Ardi Susilo, S.Sos., M.Si.

 

NIP. 35113224554


Contoh Surat Izin Tempat Usaha Rumah Makan

Contoh Surat Izin Tempat Usaha Rumah Makan

Maraknya usaha rumah makan saat ini tentu menjadi ladang usaha tersendiri. Namun, penting bagi pengusaha untuk mengurus surat izin tempat usaha agar lebih aman dan nyaman secara hukum.

Surat Izin Tempat Usaha Rumah Makan

Pemerintah Kota Serang
Dinas Pelayanan Perizinan Terpadu
Surat Izin Tempat Usaha
Nomor : 11/XX/2020

 

Memberikan ijin usaha kepada:

Nama         : Ira Catering

Alamat            : Jl. Gatot Sumarmo No.27 Serang

Bidang Usaha : Rumah Makan

Nama Penanggung jawab : Fauzi Ahlan

Luas ruang usaha : 50 meter persegi

Berlaku s/d tanggal : 2021

Dengan ini memutuskan berdasarkan peraturan Pemerintah Kota Serang tentang Izin Undang-Undang Gangguan dan Izin Tempat Usaha kepada yang berwenang.

Ditetapkan di Serang

Tanggal : 1 Januari 2020

Kepala Dinas Pelayanan dan Perizinan Kota Serang

 

Muhtadi M.Hum


Contoh Surat Izin Tempat Usaha Rental Komputer

Bisnis rental komputer sangat menjanjikan dan pengusaha yang sedang mengembangkan bisnisnya perlu tempat untuk usaha. Maka selanjutnya segera mengurus surat izin tempat usaha, contohnya sebagai berikut.

Surat Izin Tempat Usaha Rental Komputer

PEMERINTAH KOTA BANTEN
DINAS PELAYANAN DAN PERIZINAN TERPADU
SURAT IZIN TEMPAT USAHA (SITU)
Nomor 2357423333/VII/2020

 

Memberikan izin usaha kepada:

Nama Perusahaan : Raven PC

Alamat Perusahaan : Jl. Joglo Baru No. 60 Banten

Bidang Usaha : Jasa Rental Komputer

Penanggung Jawab : Mardina

Luas Ruang Usaha : 50 Meter Persegi

Berlaku : 10 Maret 2021

 

Perusahaan yang bersangkutan telah memenuhi syarat-syarat berdasarkan ketentuan pemerintah Kota Banten tentang Izin Undang-Undang Gangguan dan Izin Tempat Usaha kepada yang berwenang.

Ditetapkan di: Banten

Pada tanggal: 10 Maret 2020

Kepala Dinas Pelayanan dan Perijinan

Kota Jakarta

Geronimo M.Si.

 

NIP. 34113224554


Contoh Surat Izin Tempat Usaha Karaoke

Contoh Surat Izin Tempat Usaha Karaoke

Adapun pemilihan tempat karaoke yaitu tempat yang memang layak dan tidak mengganggu lingkungan. Hal tersebut juga harus diperhatikan untuk memiliki surat izin tempat usaha yang dimiliki.

urat Izin Tempat Usaha Karaoke

PEMERINTAH KOTA TANGERANG
DINAS PELAYANAN DAN PERIZINAN TERPADU
SURAT IZIN TEMPAT USAHA (SITU)
Nomor 996748999/VII/2020

 

Memberikan iZin usaha kepada:

Nama Perusahaan : Diana Enterprize

Alamat Perusahaan : Jl. Merdeka No. 60 Tangerang

Bidang Usaha : Jasa Karaoke

Penanggung Jawab : Primadana Syah

Luas Ruang Usaha : 100 Meter Persegi

Berlaku : 10 Juli 2021

 

Perusahaan yang bersangkutan telah memenuhi syarat-syarat berdasarkan ketentuan pemerintah Kota Jakarta tentang Izin Undang-Undang Gangguan dan Izin Tempat Usaha kepada yang berwenang.

Ditetapkan di: Jakarta

Pada tanggal: 10 Juli 2020

Kepala Dinas Pelayanan dan Perizinan

Kota Tangerang

 

Tomi Saputra, S.Sos., M.Si.

NIP. 13113224554


Contoh Surat Izin Tempat Usaha Game Online

Contoh Surat Izin Tempat Usaha Game Online

Untuk mendirikan usaha sekitar rumah pun harus memiliki surat izin. Dengan begitu, jika terjadi masalah di kemudian hari maka bisa teratasi dengan adanya surat izin tempat usaha yang sah.

Surat Izin Tempat Usaha Game Online

Pemerintah Kota Pemalang

Dinas Pelayanan Perizinan Terpadu

Surat Izin Tempat Usaha

Nomor : 201/XX/2020

 

Memberikan ijin usaha kepada:

Nama         : Reno PC

Alamat            : Jl. Gatot Sumarmo No.27 Pemalang

Bidang Usaha : Game Online

Nama Penanggung jawab : Ahlan Ahmad

Luas ruang usaha : 50 meter persegi

Berlaku s/d tanggal : 2021

 

Dengan ini memutuskan berdasarkan peraturan Pemerintah Kota Pemalang tentang Izin Undang-Undang Gangguan dan Izin Tempat Usaha kepada yang berwenang.

Ditetapkan di Pemalang

Tanggal : 1 Januari 2020

Kepala Dinas Pelayanan dan Perizinan Kota Semarang

 

Drs. Suherli WR.

Baca Juga: Contoh Surat Izin Orang Tua


Contoh Surat Izin Tempat Usaha Kerajinan Perak

Dalam menjalankan usaha kerajinan yang melibatkan beberapa orang dan membutuhkan tempat usaha. Maka perlu adanya surat izin tempat usaha yang harus disahkan dan resmi.

Surat Izin Tempat Usaha Kerajinan Perak

PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL
Jl. Geronimo No.131 Kaliungu, Bantul
SURAT IZIN TEMPAT USAHA
Nomor: 3671/0899/6821.88/2020

Pada hari ini, Senin 16 September 2020

 

Berhadapan dengan saya, Notaris Arifudin dan para pendiri “CV Maju Jaya” yakni Dianita, Putra, dan Mardiansyah, saya nyatakan melalui akta ini bahwa:

  1. Perusahaan ini berjenis CV  bertempat di Jl. Kayu Emas No. 19, Bantul
  2. Tujuan CV Maju Jaya adalah sebagai berikut:
  • Melakukan usaha dalam bidang kerajinan perak
  • CV ini bermaksud memasuki pasar kerajinan perak di Bantul, memperluas pangsa pasar dari produk kerajinan perak CV Maju Jaya, berusaha membuat inovasi baru, dan memberikan kualitas produk yang terbaik.
  • Melakukan kerjasama dengan perseorangan maupun perusahaan lain yang mempunyai maksud dan tujuan yang sama dengan CV ini.
  1. Adapun pasar sasaran yang menjadi pertimbangan CV Maju Jaya antara lain pusat oleh-oleh, usaha pertokoan, pasar tradisional, dan tempat pariwisata.
  2. CV Maju Jaya dimiliki bersama oleh para pendirinya, yakni Dianita, Putra, dan Mardiansyah. Permodalan juga sepenuhnya didapat dari para pemiliknya. Adapun persentase permodalan beserta bentuknya adalah sebagai berikut:

 

Dianita 35% (bangunan dan dana usaha)

Putra 35% (bangunan dan dana usaha)

Mardiansyah 30% (dana usaha)

Bantul, 16 September 2020

a.n Bupati Bantul

Kepala Badan Pelayanan dan Perizinan

Surya Alamsyah, SH. MSi.

 

Pembina Tingkat 1

NIP. 1907049 100


Contoh Surat Izin Tempat Usaha Pabrik Garment

Contoh Surat Izin Tempat Usaha Pabrik Garment

Dalam mendirikan pabrik garment dan butuh tempat usaha maka dibutuhkan pula surat izin tempat. Yaitu surat izin untuk tempat usaha garmen yang membutuhkan tempat luas.

Surat Izin Tempat Usaha Pabrik Garment

PEMERINTAH KABUPATEN KULONPROGO
DINAS PELAYANAN DAN PERIZINAN TERPADU
SURAT IZIN TEMPAT USAHA (SITU)
Nomor 496748979/VII/2020

 

Memberikan iZin usaha kepada:

Nama Perusahaan :CV Berkah Jaya

Alamat Perusahaan : Jl. Merdeka Barat No. 60, Joglo, Kulon Progo

Bidang Usaha : Pabrik Garment

Penanggung Jawab : Syahrul Alamsyah

Luas Ruang Usaha : 100 Meter Persegi

Berlaku : 10 Januari 2021

 

Perusahaan yang bersangkutan telah memenuhi syarat-syarat berdasarkan ketentuan pemerintah Kota Jakarta tentang Izin Undang-Undang Gangguan dan Izin Tempat Usaha kepada yang berwenang.

Ditetapkan di: Kulon Progo

Pada tanggal: 10 Januari 2020

Kepala Dinas Pelayanan dan Perizinan

Kabupaten Kulon Progo

 

Ardi Susilo, S.Sos., M.Si.

NIP. 35113224554

Baca Juga: Contoh Surat Izin Orang Tua


Contoh Surat Izin Tempat Usaha Kaos Konveksi

Contoh Surat Izin Tempat Usaha Kaos Konveksi

Dalam mendirikan usaha kaos konveksi melibatkan beberapa investor maka surat izin tetap digunakan untuk perizinan tempat. Maka inilah contoh surat izin yang berlaku.

Surat Izin Tempat Usaha Kaos Konveksi

PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL
Jl. Geronimo No.131 Kaliungu, Bantul
SURAT IZIN TEMPAT USAHA
Nomor: 3671/0899/6821.88/2020

 

Pada hari ini, Senin 16 September 2020

Berhadapan dengan saya, Notaris Arifudin dan para pendiri “PT Maju Jaya” yakni Rahmanto, Putra, dan Mardiansyah, saya nyatakan melalui akta ini bahwa:

  1. Perusahaan ini berjenis PT bertempat di Jl. Kayu Emas No. 20, Sleman
  2. Tujuan PT Maju Jaya adalah sebagai berikut:
  • Melakukan usaha dalam bidang kerajinan perak
  • PT ini bermaksud memasuki pasar kaos konveksi di Sleman dan memperluas pangsa pasar dari produk kaos konveksi PT. Maju Jaya, berusaha membuat inovasi baru, dan memberikan kualitas produk yang terbaik.
  • Melakukan kerjasama dengan perseorangan maupun perusahaan lain yang mempunyai maksud dan tujuan yang sama dengan PT ini.
  1. Adapun pasar sasaran yang menjadi pertimbangan PT Maju Jaya antara lain pusat oleh-oleh, usaha pertokoan, pasar tradisional, dan tempat pariwisata.
  2. PT Maju Jaya dimiliki bersama oleh para pendirinya, yakni Rahmanto, Putra, dan Mardiansyah. Permodalan juga sepenuhnya didapat dari para pemiliknya. Adapun persentase permodalan beserta bentuknya adalah sebagai berikut:

 

Rahmanto 40% (bangunan dan dana usaha)

Putra 35% (bangunan dan dana usaha)

Mardiansyah 25% (dana usaha)

Bantul, 16 September 2020

a.n Bupati Sleman

Kepala Badan Pelayanan dan Perizinan

 

Surya Alamsyah, SH. MSi.

Pembina Tingkat 1

NIP. 1907049 100


Itulah beberapa contoh dari surat izin tempat usaha yang diterbitkan dan disesuaikan dengan jenis usaha yang dilakukan. Selanjutnya tempat usaha tersebut bisa digunakan sebaik-baiknya berdasarkan izin yang berlaku. Dan menciptakan suasana kondusif serta nyaman di lingkungan sekitar tempat usaha.

Dengan adanya surat resmi izin tersebut, jika pengusaha di kemudian hari mengalami kendala. maka bisa melakukan tindakan hukum dengan melampirkan surat izin tersebut sebagai bukti sah perizinan tempat.

Contoh Surat Izin Tempat Usaha

Tinggalkan komentar