1. Lezgetreal
  2. »
  3. Dokumen
  4. »
  5. Surat Izin
  6. »
  7. Contoh Surat Izin Keramaian

Contoh Surat Izin Keramaian

Contoh Surat Izin Keramaian – Semua kegiatan yang mengundang keramaian haruslah seizin pihak kepolisian, untuk itu contoh surat izin keramaian ini sangat dibutuhkan. Kehadiran dokumen tersebut sebagai jaminan bahwa segala bentuk kegiatan masyarakat sudah resmi dan boleh dilaksanakan.

Kepolisian sendiri mempunyai peran yang penting dalam menjaga keamanan dan kedamaian lingkungan. Karena itulah saat ingin menyelenggarakan acara yang mengundang orang banyak, mereka harus dilibatkan.

Misalnya saja saat ingin mengadakan acara pawai Ramadhan atau Agustusan, pihak kepolisian harus mengetahuinya untuk mengatur lalu lintas agar tetap lancar.

Surat izin keramaian ini mutlak dibutuhkan sebelum pihak tertentu menggelar suatu acara besar yang melibatkan masyarakat luas. Jika dokumen ini belum turun, maka kegiatan yang digelar tersebut bisa dibilang ilegal dan mempunyai kemungkinan untuk dibubarkan pihak kepolisian.


Pengertian Surat Izin Keramaian

Pengertian Surat Izin Keramaian

Biasanya acara yang besar dan berada pada tempat umum serta mengundang massa yang sangat banyak akan mengajukan surat izin. Inilah yang disebut dengan surat izin keramaian yang diajukan pada polsek setempat, yang mencakup area diselenggarakannya acara tersebut. Misalnya saja konser musik, upacara keagamaan,  pameran, pertandingan sepakbola nasional, lomba dan sebagainya.

Pentingnya memahami contoh surat izin keramaian di polsek yaitu merupakan surat resmi dan pemberitahuan tentang kegiatan. Hal tersebut menjadi bagian penting suksesnya sebuah acara karena jika terjadi perselisihan maka bisa dilakukan pencegahan oleh pihak aparat berwenang. Inilah kenapa kedudukan surat izin keramaian menjadi penting untuk dibuat.

Dengan memahami seperti apa pengertian dari surat izin keramaian. Maka setiap kegiatan besar yang memang memakai fasilitas umum dan mengundang orang dalam jumlah banyak harus segera melihat contoh surat izin keramaian ke polsek. Adapun pembuat surat harus memahami apa saja format yang dibutuhkan dalam membuat surat izin keramaian.


Persyaratan Izin Keramaian

Persyaratan Izin Keramaian

Sebelum mengetahui contohnya, pahami terlebih dahulu persyaratan izin keramaian selain surat perizinan. Saat ingin mengadakan acara yang mengundang massa seperti konser, pengajian akbar atau perayaan lainnya surat izin memang  mutlak dibutuhkan.

Dokumen ini diperlukan untuk menjaga agar kondisi tetap aman dan tertib selama acara berlangsung. Pihak kepolisian nantinya akan mengerahkan sejumlah anggota untuk menjaga keamanan acara.

Menurut situs Portal Indonesia, terdapat tiga jeniz izin keramaian. Masing-masing mempunyai persuaratan yang berbeda tergantung besarnya resiko yang mungkin muncul. Ketiga jenis tersebut yakni keramaian biasa, dengan kembang api, dan juga penyampaian pendapat di muka umum.

Untuk keramaian biasa dikeluarkan untuk acara seperti konser musik, wayang, atau pertunjukan lainnya. Syarat yang dibutuhkan yakni surat keterangan dari kelurahan, fotokopi KTP penanggung jawab acara dan juga fotocopy KK. Untuk meminta surat keterangan dari kelurahan, pemohon harus mengantongi surat pengantar dari ketua RT kemudian RW. Baru setelah itu mengajukan ke Kelurahan.

Jika mendatangkan massa lebih dari seribu orang proposal kegiatan dan izin dari tempat digelarnya kegiatan perlu dilampirkan. Tuliskan juga keterangan penutupan jalan sementara berkaitan dengan acara yang akan digelar.

Sementara untuk izin keramaian dengan kembang api, persyaratan yang dibutuhkan yakni surat permohonan yang berisi jenis acara, durasi penyalaan kembang api dan identitas penanggung jawab. Surat izin mengenai asal usul kembang api juga mungkin akan diminta.

Adapun surat izin keramaian dalam rangka menyampaikan pendapat di muka umum seperti pawai, rapat umum, unjuk rasa atau lainnya syarat yang dibutuhkan berbeda. Syaratnya antara lain data jumlah peserta, alat peraga yang digunakan, data penanggung jawab korlap, maksud dan tujuan acara dibuat, dan sebagainya.

Surat izin juga mempunyai sanksi jika acara yang diselenggarakan ternyata menyalahi ketentuan. Misalnya saja melanggar hukum atau perundang-undangan, melakukan tindak pidana, dan bentuk kejahatan lainnya.


Format dari Contoh Surat Izin Keramaian ke Polsek

Format Dari Contoh Surat Izin Keramaian Ke Polsek

Dalam melaksanakan kegiatan apalagi melibatkan banyak orang maka dibutuhkan surat izin keramaian. Untuk membuat contoh surat izin keramaian ke Polsek dibutuhkan beberapa hal penting berikut ini.

1. Nama Kegiatan

Nama kegiatan wajib dicantumkan pada isi surat. Karena secara umum akan menjelaskan secara singkat seperti apa bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan.

2. Tujuan Kegiatan

Dalam surat izin tersebut juga harus memuat informasi diadakannya kegiatan untuk apa dan seperti apa. Sehingga pihak Polsek jelas memahami untuk melakukan persiapan atau antisipasi jika terjadi sesuatu.

3. Waktu Kegiatan

Waktu kegiatan juga hendaknya diinformasikan secara jelas, pukul berapa kegiatan tersebut berlangsung. Mulai dari tanggal, bulan dan tahun. serta lamanya waktu kegiatan pun harus dicantumkan secara rinci. Karena ada kegiatan yang membutuhkan waktu lebih dari satu hari diselenggarakan.

4. Tempat Kegiatan

Tempat dilaksanakannya kegiatan pun harus jelas dimana akan berlangsung. Sehingga informasi yang didapatkan pihak Polsek bisa sesuai dan mudah melakukan sidak jika diperlukan.

5. Bentuk Kegiatan, Rangkaian Acara dan Susunan Acara

Dalam melaksanakan kegiatan tentu ada beberapa rangkaian acara yang telah disusun. Maka hal tersebut harus dijelaskan secara rinci dan baik. Bisa dengan bentuk lampiran kepada polsek saat membuat surat izin keramaian.

6. Identitas Penanggung Jawab

Pentingnya mencantumkan identitas penanggung jawab agar jelas siapa yang menjadi penghubung atau pemimpin dari kegiatan yang berlangsung. Karena seorang penanggung jawab acara ini akan dikonfirmasi jika acara yang diselenggarakan mengalami kendala.

7. Jumlah Peserta

Pentingnya menuliskan jumlah peserta pada surat izin keramaian yaitu menginformasikan kepada pihak polsek. Sehingga aparat keamanan bisa mengukur sejauh mana jumlah massa dengan tingkat keamanan yang akan dilakukan jika terjadi suatu hal atau kendala.

8. Lampiran Proposal Kegiatan

Dalam surat izin keramaian ke Polsek juga harus menyertakan proposal kegiatan. Dalam proposal kegiatan tersebut sudah mencangkup keseluruhan informasi yang akan diselenggarakan. Dan proposal juga bisa menjadi bukti bahwa kegiatan tersebut akan dan telah terlaksana.

Dengan memahami sepperti apa format yang harus dibuat pada surat izin keramaian ke Polsek. Maka selanjutnya bisa melihat beberapa contoh surat izin keramaian berdasarkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan.

Baca Juga: Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan


Contoh Surat Izin Keramaian ke Polsek

Berbagai kegiatan yang akan diselenggarakan dan melibatkan banyak orang membutuhkan surat izin keramaian ke Polsek setempat. Inilah beberapa contoh surat izin keramaian yang dibuat berdasarkan beberapa jenis kegiatan.

Contoh Surat Izin Keramaian untuk Konser Musik

Contoh Surat Izin Keramaian Untuk Konser Musik

Saat mengadakan konser musik yang membutuhkan tempat luas seperti stadion. Maka akan mengundang banyak orang yang hadir, tentu dibutuhkan contoh surat izin keramaian ke Polsek setempat. Berikut ini format contoh surat jika akan mengadakan konser music.

Surat Izin Keramaian untuk Konser Musik

Panitia Semesta Cipta Organizer
Kantor : Jalan Lawu 203, Tembalang, Semarang

Hotline : 057000

Nomor : 98/KM/XV/2020

Perihal : Surat Permohonan Izin Keramaian

 

Kepada Yth.

Bapak Kapolsek Tembalang

Jalan Lingkar Utara No 1 Semarang

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Junifandra

Tempat, tanggal lahir : Semarang, 17 April 1988

Pekerjaan : CO Direktur Semesta Cipta Organizer

Alamat : Perum Asri Blok 1 Tembalang

Jabatan : Ketua Panitia Konser Musik Semesta Cipta

 

Dengan adanya surat ini kami mengajukan permohonan untuk izin mengadakan rangkaian acara konser musik semesta yang ke 15 sebagai acara rutin tahunan. Dan kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada :

 

Hari, tanggal : Minggu, 1 November  2020

Waktu : 08.00-22.00 WIB

Tempat : Stadion Besar Tembalang

Acara : Konser Musik – Bazar- Panggung Hiburan

 

Adapun kesanggupan penanggung jawab yaitu,

  1. Mampu menjaga ketertiban umum.
  2. Patuh dan taat terhadap aturan yang sudah ditentukan.
  3. Tidak mengadakan perjudian.

Demikian surat permohonan izin kami sampaikan kepada bapak. Atas perhatian yang diberikan, kami mengucapkan terima kasih.

Mengetahui,

Kepala Desa Tembalang                        Direktur Semesta Karya Organizer            Ketua Panitia

 

Muhyadi, SH                                           Geovandra, M.sn                                            Junifandra, S.E


Contoh Surat Izin Keramaian untuk Pameran

Contoh Surat Izin Keramaian Untuk Pameran

Untuk menyelenggarakan sebuah acara besar seperti pameran misalnya , pameran elektronik, lukisan atau hasil karya UMKM daerah. Maka dibutuhkan surat izin keramaian guna memperlancar acara dan diketahui polsek setempat.

Surat Izin Keramaian untuk Pameran

Panitia Pameran Produk UMKM Se-DIY

Kantor : Jalan Godean 203, Sleman, Yogyakarta

No telp : 0274 2727272

Nomor : 102/UMKM/X/2020

Perihal : Surat Permohonan Izin Keramaian

 

Kepada Yth.

Bapak Kapolsek Condongcatur

Jalan Monjali No 1 Sleman

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Ana Farida

Tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 7 Maret 1988

Pekerjaan : Wiraswasta

Alamat : Perum Hyate Regency  Blok 2 Cangkringan

Jabatan : Ketua Panitia Pameran Produk UMKM

 

Dengan adanya surat ini kami mengajukan permohonan untuk izin mengadakan rangkaian acara berupa pameran produk UMKM yang ke 10 sebagai acara rutin tahunan. Dan kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada :

 

Hari, tanggal : Minggu, 8 November  2020 hingga senin, 14 November 2020

Waktu : 08.00-22.00 WIB berdasarkan tanggal kegiatan berlangsung.

Tempat : Balai Kota Kartini Condongcatur

Acara : Pameran – Bazar- Panggung Hiburan

 

Adapun kesanggupan penanggung jawab yaitu,

  1. Mampu menjaga ketertiban umum.
  2. Patuh dan taat terhadap aturan yang sudah ditentukan.
  3. Tidak mengadakan perjudian.

Demikian surat permohonan izin kami sampaikan kepada bapak. Atas perhatian yang diberikan, kami mengucapkan terima kasih.

Mengetahui,

Kepala Desa Condongcatur                        Ketua UMKM DIY           Ketua Panitia

 

Mulyono  , SH                                                Alvin Sumitra, S.sos       Ana Farida, S.E


Contoh Surat Izin Keramaian untuk Pertandingan Sepakbola antar Provinsi

Contoh Surat Izin Keramaian Untuk Pertandingan Sepakbola Antar Provinsi

Biasanya dalam mengadakan pertandingan sepakbola dibutuhkan stadion yang akan menampung banyak orang. Apalagi jika pertandingan tersebut diselenggarakan secara skala nasional antar provinsi. Maka dibutuhkan tempat dan surat izin kepada polsek setempat.

Surat Izin Keramaian untuk Pertandingan Sepakbola antar Provinsi

Panitia Pertandingan Sepakbola Antar Provinsi

Kantor : Jalan Cipaganti 101, Bandung

No Telp : 022 45777778

Nomor : 177/SAP/XVIII/2020

Perihal : Surat Permohonan Izin Keramaian

 

Kepada Yth.

Bapak Kapolsek Kutawaringin

Jalan Mulawarman No 11 Bandung

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Heru Adi

Tempat, tanggal lahir : Bandung, 17 April 1988

Pekerjaan : Wiraswasta

Alamat : Perum Asri Blok 1 Bandung

Jabatan : Ketua Panitia Pertandingan Sepakbola Antar Provinsi

 

Dengan adanya surat ini kami mengajukan permohonan untuk izin mengadakan pertandingan sepak bola tingkat provinsi  ke 18 sebagai acara rutin tahunan. Dan kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada :

 

Hari, tanggal : Minggu, 1 November  2020

Waktu : 08.00-16.00 WIB

Tempat : Stadion Jalak Harupat

Acara : Pertandingan Sepakbola-Bazar

 

Adapun kesanggupan penanggung jawab yaitu,

  1. Mampu menjaga ketertiban umum.
  2. Patuh dan taat terhadap aturan yang sudah ditentukan.
  3. Tidak mengadakan perjudian.

Demikian surat permohonan izin kami sampaikan kepada bapak. Atas perhatian yang diberikan, kami mengucapkan terima kasih.

Mengetahui,

Kepala Desa Kutawaringin                              Ketua Panitia

 

Dadang Supardi, SH                                         Heru Adi


Contoh Surat Izin keramaian untuk Upacara Keagamaan

Contoh Surat Izin Keramaian Untuk Upacara Keagamaan

Biasanya dalam mengadakan acara yang bersifat kemasyarakatan seperti upacara keagamaan, dibutuhkan izin keramaian. Karena acara tersebut melibatkan banyak orang, inilah contoh surat izin keramaian.

Surat Izin keramaian untuk Upacara Keagamaan

Panitia Upacara Keagamaan

Kantor : Jalan Lingkar Luar 11, Magelang, Jawa Tengah

Hotline : 057000

Nomor : 104/UGXV/2020

Perihal : Surat Permohonan Izin Keramaian

 

Kepada Yth.

Bapak Kapolsek Borobudur

Jalan Badranama 1 Magelang

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Made Rana Imanar

Tempat, tanggal lahir : Magelang, 17 April 1988

Pekerjaan : Pemuka Agama Budha

Alamat : Komplek Agista Borobudur

Jabatan : Ketua Upacara Keagamaan

 

Dengan adanya surat ini kami mengajukan permohonan untuk izin mengadakan rangkaian acara upacara keagamaan hari waisak musik sebagai acara rutin tahunan. Dan kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada :

 

Hari, tanggal : Kamis, 7 Mei 2020

Waktu : 05.00-17.00 WIB

Tempat : Candi Borobudur

Acara : Upacara Keagamaan Hari Waisak

 

Adapun kesanggupan penanggung jawab yaitu,

  1. Mampu menjaga ketertiban umum.
  2. Patuh dan taat terhadap aturan yang sudah ditentukan.
  3. Tidak merusak fasilitas umum.

Demikian surat permohonan izin kami sampaikan kepada bapak. Atas perhatian yang diberikan, kami mengucapkan terima kasih.

Mengetahui,

Kepala Desa Borobudur                       Ketua Panitia

Hendarto                                                I Made Rana Imanar


Contoh Surat Izin Keramaian Acara Kemerdekaan

Contoh Surat Izin Keramaian Acara Kemerdekaan E1604379526122

Dalam menyambut hari kemerdekaan Indonesia, biasanya diadakan kegiatan dilingkungan RT atau desa. Maka dibutuhkan surat izin keramaian dikarenakan adanya kegiatan 17 Agustus yang melibatkan banyak warga.

Surat Izin Keramaian Acara Kemerdekaan

Panitia 17 Agustus Warga Blok II

Kantor : Blok II no A3, Sidoarum, Godean

No Telp : 0814567222

Nomor : 98/17AGS/XV/2020

Perihal : Surat Permohonan Izin Keramaian

 

Kepada Yth.

Bapak Kapolsek Godean

Jalan Godean No 1 Sleman, Yogyakarta

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Budi Karya

Tempat, tanggal lahir : Sleman, 17 April 1988

Pekerjaan : Guru SDN Sidoarum

Alamat : Perum Blok II Sidoarum, Godean

Jabatan : Ketua Panitia 17 Agustus Blok II

 

Dengan adanya surat ini kami mengajukan permohonan untuk izin mengadakan rangkaian acara 17 Agustus sebagai acara rutin tahunan. Dan kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada :

 

Hari, tanggal : Minggu, 17 Agustus  2020

Waktu : 08.00-22.00 WIB

Tempat : Balai Desa Sidoarum

Acara : Bazar- Panggung Hiburan

Adapun kesanggupan penanggung jawab yaitu,

  1. Mampu menjaga ketertiban umum.
  2. Patuh dan taat terhadap aturan yang sudah ditentukan.
  3. Tidak mengadakan perjudian.

Demikian surat permohonan izin kami sampaikan kepada bapak. Atas perhatian yang diberikan, kami mengucapkan terima kasih.

Mengetahui,

Kepala Desa Sidoarum                        Ketua Panitia

 

Mulyono                                               Budi Karya


Contoh Surat Izin Keramaian Pawai Obor

Contoh Surat Izin Keramaian Pawai Obor

Biasanya untuk menyambut maulid nabi Muhammad SAW, diadakan pawai obor di daerah masing-masing. Acara yang melibatkan banyak orang dan menggunakan fasilitas umum berupa jalan raya maka dibutuhkan contoh surat izin keramaian ke polsek setempat.

Surat Izin Keramaian Pawai Obor

Panitia Penyelenggara Pawai Obor

Kantor : Jalan Lawu 203, Bantul

Hotline : 057000

Nomor : 98/PO/XV/2020

Perihal : Surat Permohonan Izin Keramaian

 

Kepada Yth.

Bapak Kapolsek Bantul

Jalan Lingkar Utara No 1 Bantul, Yogyakarta

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Junifandra

Tempat, tanggal lahir : Bantul, 17 April 1988

Pekerjaan : Ketua DKM Masjid Syuhada

Alamat : Perum Asri Blok 1 Bantul

Jabatan : Ketua Panitia Pawai Obor

 

Dengan adanya surat ini kami mengajukan permohonan untuk izin mengadakan rangkaian pawai obor untuk menyambut hari maulid nabi Muhammad SAW  sebagai acara rutin tahunan. Dan kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada :

 

Hari, tanggal : Minggu, 1 November  2020

Waktu : 16.00-22.00 WIB

Tempat : Lapangan Bantul

Acara : Bazar- Panggung Hiburan

 

Adapun kesanggupan penanggung jawab yaitu,

  1. Mampu menjaga ketertiban umum.
  2. Patuh dan taat terhadap aturan yang sudah ditentukan.

Demikian surat permohonan izin kami sampaikan kepada bapak. Atas perhatian yang diberikan, kami mengucapkan terima kasih.

Mengetahui,

Kepala Desa Bantul                        Ketua Panitia

 

Rahmadi, SH                                   Junifandra


Contoh Surat izin Keramaian Pesta Pernikahan

Contoh Surat Izin Keramaian Pesta Pernikahan

Saat mengadakan pesta pernikahan, biasanya saat ini diadakan dengan rangkaian acara megah. Dengan begitu akan melibatkan banyak massa, sehingga dibutuhkan surat izin keramaian. Dan perlu melibatkan izin dari kepala desa setempat untuk izin acara tersebut.

Surat izin Keramaian Pesta Pernikahan

PEMERINTAH KABUPATEN LUMAJANG
KECAMATAN SENDURO
DESA PANDANSARI
Jl.Mulawarman No 75, Pandansari, Senduro, Lumajang, Jawa Timur

 

Telepon : (0232) 3577723 Fax (0232) 789678

Nomor  :  72/SIK/TU/2020

Perihal : Surat Permohonan Izin Keramaian

 

Kepada Yth.

Bapak Kapolsek Lumajang

Jalan Lingkar Utara No 1 Jawa Timur

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Junifandra

Tempat, tanggal lahir : Semarang, 17 April 1988

Pekerjaan : PNS Dinas Sosial Kota Lumajang

Alamat : Perum Asri Blok 1 Lumajang

 

adalah benar penduduk kami yang berdomisili di Desa Desa Pandansari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Dan yang namanya tersebut di atas bermaksud mengajukan Surat Izin Keramaian dalam rangka merayakan Resepsi Pernikahan yang akan dilaksanakan pada :

 

Hari                             : Minggu

Tanggal                       : 26 Mei 2020

Tempat                        : Lapangan Desa Senduro

Hiburan                       : Organ tunggal, Karaoke, Tari Tradisional, Stand up Comedy

 

Adapun prinsip serta pertimbangan atas permohonan yang bersangkutan dikabulkan dengan ketentuan sebagai berikut

  1. Pada waktu dilaksanakan rame-rame disertai dengan ketentraman dan ketertiban dalam lingkungan baik tetangga, menghargai waktu ibadah untuk menciptakan kerukunan umat beragama maupun kebersihan lingkungan setelah rame-rame.
  2. Pada waktu dilaksanakan rame-rame tidak dibenarkan/dilarang melakukan hal-hal /ang bertentangan dengan ketentuan /yang berlaku dan adat istiadat bangsa.

Demikian surat pengantar ini kami buat dengan sebenarnya dan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Kepala Desa Senduro

 

Muhcahyadi


Contoh Surat Izin Keramaian Lomba Siswa Berprestasi

Contoh Surat Izin Keramaian Lomba Siswa Berprestasi

Saat akan mengadakan lomba tingkat provinsi maka aka nada rangkaian acara yang digelar. Selanjutnya dibutuhkan surat izin keramaian yang diajukan ke polsek setempat demi ketertiban dan keamanan.

Surat Izin Keramaian Lomba Siswa Berprestasi

Panitia Penyelenggara Lomba Siswa Berprestasi

Kantor : Jalan Lawu 203, Kota Yogyakarta

Hotline : 057000

Nomor : 98/PSB/XV/2020

Perihal : Surat Permohonan Izin Keramaian

 

Kepada Yth.

Bapak Kapolsek Kota Yogyakarta

Jalan Lingkar Utara No 1 Yogyakarta

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Junifandra

Tempat, tanggal lahir : Bantul, 17 April 1988

Pekerjaan : Guru SDN Lempuyangan

Alamat : Perum Asri Blok 1 Bantul

Jabatan : Ketua Penyelenggara Lomba Siswa Berprestasi

 

Dengan adanya surat ini kami mengajukan permohonan untuk izin mengadakan rangkaian acara lomba siswa berprestasi  sebagai acara rutin tahunan. Dan kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada :

 

Hari, tanggal : Minggu, 1 November  2020

Waktu : 07.00-17.00 WIB

Tempat : Aula Balai Kota

Acara : Bazar- Panggung Hiburan- Lomba

Adapun kesanggupan penanggung jawab yaitu,

  1. Mampu menjaga ketertiban umum.
  2. Patuh dan taat terhadap aturan yang sudah ditentukan.

 

Demikian surat permohonan izin kami sampaikan kepada bapak. Atas perhatian yang diberikan, kami mengucapkan terima kasih.

Mengetahui,

Kepala Desa                        Ketua Panitia

 

Rahmadi, SH                        Junifandra

Baca Juga: Contoh Surat Izin Tempat Usaha


Contoh Surat Izin Keramaian Untuk Berbagai Tujuan

Dalam rangka membantu dan menjaga kedamaian serta keamanan suatu acara yang melibatkan masyarakat luas, surat izin dibutuhkan. Surat ini juga berguna untuk meminta pihak kepolisian untuk membantu mengkondisikan acara agar tetap berjalan lancar dan bebas kerusuhan

Contoh Surat Izin Keramaian Konser

Contoh Surat Izin Keramaian Konser

Saat ingin menggelar konser, surat izin keramaian wajib dibutuhkan. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya kerusuhan dan penggunaan miras bagi penonton yang berujung keributan antar penonton. Permohonan surat izin juga harus diberikan pada kepolisian karena mereka nantinya yang akan membantu mengkondisikan penonton agar konser tetap berjalan lancar dan aman. Berikut contoh suratnya.

Contoh Surat Izin Keramaian Konser

KOP SURAT

Nomor Surat   : Nomor Surat Keluar

Perihal          : Permohonan Izin Keramaian

Kepada Yth

Kapolsek ____

Di

Alamat polsek atau di tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan Milad Ke 45 Bank Manalagi, kami selaku manajemen perusahaan ingin menggelar Konser Musik pada:

 Hari dan tanggal           : Hari dan tanggal konser digelar

Waktu                            : Jam konser digelar hingga berakhirnya konser

Kegiatan                        : Konser Musik Milad ke 45 Bank Manalagi yang dihadiri oleh band dan singer lokal hingga nasional

Tempat                          : Lapangan sepakbola Asri, Kecamatan_____

 

Demi lancarnya acara tersebut, kami selaku panitia ingin meminta izin kepada bapak untuk mendukung acara salah satunya dengan mengamankan agar konser tetap damai dan tidak ada keributan atau kerusuhan antar penonton.

Demikian surat izin ini kami buat, sebelum dan sesudahnya kami mengucapkan banyak terima kasih.

Tempat__ tanggal__ bulan__ tahun

Ketua Panitia

Nama terang dan tanda tangan

Tembusan :

  1. Camat
  2. DANRAMIL

Contoh Surat Izin Keramaian Karnaval Agustusan

Contoh Surat Izin Keramaian Karnaval Agustusan

Surat ini dibuat dalam rangka penyelenggaraan karnaval Agustusan. Kegiatan tersebut memang dibutuhkan perizinan dari pihak kepolisian karena melibatkan banyak pihak dan tentu saja membutuhkan akses jalan raya. Dalam hal ini kepolisian berperan mengendalikan lalu lintas agar karnaval dan kendaraan keluar masuk bisa berjalan beriringan. Berikut contohnya.

Surat Izin Keramaian Karnaval Agustusan

KOP SURAT

 No       : Nomor Surat keluar

Perihal : Pemberitahuan

Kepada Yth

Kapolsek ___

Di tempat

 

Dengan Hormat,

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, kami pihak panitia penyelenggara berencana menggelar karnaval Agustusan pada :

Hari dan tanggal     : Hari dan tanggal acara digelar

Waktu                       : Jam acara dimulai hingga berakhirnya acara

Lokasi                        : start mulai dari lapangan Asri hingga lapangan Muncang Desa ___

 

Oleh karena itu, bersama datangnya surat ini, kami ingin memberitahukan kepada bapak Kapolsek sekaligus meminta izin dengan harapan acara yang dijalankan dapat berjalan lancar dan tanpa hambatan yang berarti.

Demikian surat permohonan izin ini kami sampaikan, sebelumnya kami mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan yang diberikan nantinya.

Tempat__ tanggal__ bulan__ tahun

Hormat kami,                                                                                

Ketua Panitia                                                                    Camat ____

Nama lengkap dan tanda tangan                                 Nama lengkap dan tanda tangan

Tembusan :

  1. Kepada Yth. Camat __
  2. Kepada Yth. DANRAMIL __

Contoh Surat Izin Keramaian Kegiatan / Hajatan

Contoh Surat Izin Keramaian Kegiatan Hajatan

Saat ingin menggelar hajatan yang memakan jalan dengan pesta musik perizinan kepada pihak kepolisian dibutuhkan. Apalagi saat musim pandemi seperti ini, setiap yang menggelar hajatan ada maupun tidak ada konser dibutuhkan perizinan.izin sewaktu-waktu dapat dicabut jika pengunjung tidak menerapkan protokol kesehatan atau ada salah satu yang terkonfirmasi positif Covid-19. Langsung saja berikut ini contoh suratnya.

Surat Izin Keramaian Kegiatan / Hajatan

KOP SURAT

Nomor Surat           : Nomor Surat Keluar

Lampiran                 : ___

Perihal                      : Pengantar Izin Keramaian Hajatan

 

Yang bertanda tangan berikut ini

Nama                       : Nama Kepala desa

Jabatan                     : Kepala Desa ____

Alamat                      : Alamat lengkap kepala desa

 

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                                : Nama lengkap pihak pemohon

Tempat dan tanggal lahir  : Tempat dan tanggal lahir pemohon

No. KTP/NIK                     : Nomor Induk Kependudukan pemohon

Alamat                               : Alamat lengkap pemohon

Keperluan                           : Mohon izin Hajatan di Polsek __

 

Keterangan lain-lain             : yang bersangkutan akan menggelar hajatan mulai dari tanggal __  hingga tanggal __ bulan__ tahun__ dengan hiburan konser musik atau orgen tunggal atau lainnya pada hari __ tanggal__ jam__ sampai dengan__

 

Demikian surat ini kami sampaikan, harap maklum. Sebelum dan sesudahnya, kami mengucapkan terima kasih.

Dibuat di                          : Desa ____

Pada tanggal                  : Tanggal pembuatan surat

Kepala Desa _____                                   Tanda Tangan Pemegang

Nama lengkap dan tanda tangan           nama lengkap dan tanda tangan


Contoh Surat Izin Keramaian untuk Warga

Contoh Surat Izin Keramaian Untuk Warga

Saat warga ingin menggelar kegiatan yang mengundang keramaian, surat izin kepolisian diperlukan. Misalnya saja lomba Agustusan, jalan sehat, bakti sosial, atau event lainnya. Langsung saja, berikut contoh suratnya. Acara yang sudah mengantongi izin dari kepolisian, akan terhindar dari hal-hal buruk yang menghambat kelancarannya. Hal tersebut karena polisi sudah siap mengawal dan mengamankan event yang digelar tersebut.

Surat Izin Keramaian untuk Warga

KOP SURAT

Nomor         : Nomor surat keluar

Lampiran     : __

Perihal          : Permohonan Izin Keramaian

Kepada Yth.

Kapolres Kecamatan ____

di

Alamat lengkap

 

Dengan hormat,

Dalam rangka memperingati datangnya bulan Ramadhan, kami pengurus Masjid ___ ingin menggelar kegiatan Jalan Sehat yang insyaAllah akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal : Hari dan tanggal acara dilaksanakan

 

Waktu          : Jam kegiatan dimulai hingga estimasi berakhirnya kegiatan

Lokasi                : titik kumpul, start dan finis di Halaman Masjid ___

Acara            : Jalan sehat dalam rangka menyambut Ramadhan dan Pembagian Doorprize

 

Oleh karena itulah, melalui surat ini kami selaku pengurus dan panitia mengajukan izin ke Bapak Kapolsek dan memberitahukan mengenai akan adanya kegiatan tersebut. Demikian surat ini kami sampaikan, sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Ketua Panitia                                     Sekretaris

 

Nama lengkap dan tanda tangan   nama lengkap dan tanda tangan


Contoh Surat Izin Keramaian Pengajian Akbar

Contoh Surat Izin Keramaian Pengajian Akbar

Saat ingin menggelar pengajian akbar yang mengundang orang banyak, perizinan ke pihak kepolisian dan juga kecamatan dibutuhkan. Baik itu digelar di Masjid, lapangan atau area publik. Apalagi jika jumlah massa yang diperkirakan hadir mencapai ribuan orang. Langsung saja berikut contoh suratnya.

Surat Izin Keramaian Pengajian Akbar

KOP SURAT

Nomor Surat   : Nomor Surat Keluar

Lampiran    : __

Perihal        : Permohonan Izin Keramaian

Tempat__ tanggal__ bulan__ tahun__

Kepada Yth.

Bpk. Kapolsek ____

Bpk. Camat _____

Di tempat.

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Alhamdulillahirobbil alamin, segala puji bagi Allah SWT yang memberikan nikmat berupa kesehatan sehingga aktivitas kita bisa berjalan lancar sebagaimana mestinya.

Bersama datangnya surat ini, kami selaku pengurus Masjid _____ berencana menggelar pengajian akbar dalam rangka memperingati Isra Mi’raj. Acara tersebut insya Allah akan dilaksanakan pada:

 

Hari dan tanggal              : hari dan tanggal acara digelar

Waktu                               : Waktu acara digelar

Tempat                             : Masjid _______ Jalan_____ No____ Kota____

 

Melalui surat ini, kami meminta izin kepada bapak camat____ dan juga bapak Kapolsek untuk memberikan perizinan pengajian akbar yang akan kami gelar tersebut.

Demikian surat izin keramaian ini kami sampaikan. Atas izin yang diberikan, kami mengucapkan terima kasih banyak.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

PANITIA PERINGATAN ISRA MI’RAJ

MASJID___

Ketua Panitia                                                  Sekretaris

Nama lengkap dan tanda tangan                nama lengkap dan tanda tangan

Mengetahui

Kepala Desa ___

Nama lengkap dan tanda tangan


Contoh Surat Izin Keramaian ke Koramil

Contoh Surat Izin Keramaian Ke Koramil

Selain Kapolsek, permohonan izin keramaian juga bisa diserahkan kepada koramil. Namun, dalam kasus tertentu, surat perizinan dibuat tiga rangkap dan diserahkan kepada kapolsek, koramil dan juga pihak kecamatan. Langsung saja, berikut contohnya.

Surat Izin Keramaian ke Koramil

Tempat__ tanggal__ bulan__ tahun__

Nomor           : Nomor surat keluar

Hal                 : Permohonan Izin Keramaian

Kepada Yth.

Bapak Koramil Wilayah _____

Di (alamat lengkap kantor)

 

Dengan hormat,

Dalam rangka memperingati Milad ke-lima Koperasi Bangun Jaya, kami pihak manajemen bermaksud mengadakan konser musik dangdut yang akan dilaksanakan pada:

Hari dan tanggal : hari dan tanggal konser dilaksanakan

Waktu                  : Waktu konser dilaksanakan dan jam berakhirnya kegiatan

Acara                    : Konser musik dan pembagian doorprize

Tempat               : Lapangan Sepak Bola _____

 

Melalui surat ini, kami bermaksud meminta izin kepada Bapak Koramil untuk menggelar acara tersebut. Jumlah masa yang akan datang berkisar 300 orang. Kami juga meminta dukungan bapak Koramil dalam bentuk keamanan sehingga acara berjalan tertib dan lancar.

Demikian surat perizinan ini kami sampaikan. Sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih banyak.

Hormat kami,

Ketua Panitia                                                 Sekretaris

Nama lengkap dan tanda tangan             nama lengkap dan tanda tangan

Mengetahui,

Kepala Desa____

Nama lengkap dan tanda tangan

Baca Juga: Contoh Surat Izin Mengikuti Kegiatan di Luar Sekolah


Contoh Surat Izin Keramaian Pasar Malam

Contoh Surat Izin Keramaian Pasar Malam

Saat ingin menggelar pusat hiburan rakyat seperti pasar malam, perizinan ke Kapolsek wajib dilakukan. Apalagi ini termasuk event yang mengundang banyak massa dengan lebih dari seribu orang pengunjung per harinya. Proposal kegiatan juga mungkin perlu dilampirkan saat mengajukan surat perizinan.  Berikut contoh suratnya.

Surat Izin Keramaian Pasar Malam

KOP SURAT

Nomor  Surat        : Nomor surat keluar

Lampiran              : ____ lembar

Perihal                  : Surat Izin Keramaian

Kepada Yth

Bapak Kapolsek ____

Di tempat.

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini kami ingin menyampaikan bahwa Pihak kami berencana menggelar acara pasar malam, karena itulah kami bermaksud meminta izin kepada Bapak Kapolsek. Acara tersebut akan dilaksanakan pada:

Tanggal      : tanggal pasar malam di mulai hingga berakhirnya event

Waktu         : jam buka pasar malam dan jam tutup setiap harinya

Tempat       : lapangan sepak bola _______

 

Adapun wahana yang ada dalam pasar malam antara lain :

Kincir putar, tong setan, kereta mini, ombak laut, ontang anting, Stand Kuliner, Fashion dan sebagainya (tuliskan secara detail wahana apa saja yang ada di pasar malam)

Demikian surat ini kami sampaikan. Semoga bapak Kapolsek memberikan izin kepada kami untuk menggelar acara tersebut. Sebelum dan sesudahnya, kami sampaikan terima kasih.

Tempat___ tanggal__ bulan__ tahun__

Pimpinan penyelenggara pasar malam

Nama lengkap dan tanda tangan


Contoh Pengantar Surat Izin Keramaian Pesta Acara dari Desa

Contoh Pengantar Surat Izin Keramaian Pesta Acara Dari Desa

Sebelum meminta perizinan ke kapolsek atau kapolres, pengantar dari Desa dibutuhkan. Berikut contoh suratnya.

Surat Izin Keramaian Pesta Acara dari Desa

KOP SURAT

Nomor     : Nomor surat

Lampiran : –

Perihal     : Pengantar Izin Keramaian

Kepada Yth

Bapak Kapolsek / Kapolres _____

Di _____

 

Dengan hormat,

Kepala Desa ____ Kecamatan____ menerangkan bahwa :

Nama                            : Nama lengkap pemohon

Tempat, tanggal lahir : tempat tanggal lahir pemohon

Alamat                           : alamat lengkap pemohon

Pekerjaan                      : pekerjaan pemohon

Dalam hal ini saya kepala desa yang bertindak atas nama pemerintah desa memberikan pengantar kepada yang bersangkutan untuk mengajukan surat izin keramaian ke Kapolsek / Kapolres sehubungan akan digelarnya hajatan / urusan lainnya.

Demikian surat pengantar ini kami sampaikan, harap maklum.

Tempat___ tanggal___ bulan___ tahun___

Kepala Desa___

Nama jelas dan tanda tangan


Dengan adanya surat permohonan izin keramaian, maka diharapkan akan tercipta ketertiban dan kelancaran acara yang diselenggarakan. Berbagai macam kegiatan yang melibatkan banyak orang sudah seharusnya diketahui oleh Polsek setempat. Untuk menghindari adanya ketidaknyamanan dan hal mencegah hal tak terduga.

Maka sangat penting contoh surat izin keramaian ke polsek diajukan oleh pihak penyelenggara. Sehingga akan tercipta ketertiban umum dan kondisi aman, acara berjalan lancar, tertib sesuai aturan yang berlaku.Dan surat izin keramaian merupakan surat resmi yang dibutuhkan untuk menciptakan acara yang lebih tertib serta sukses.

Nah, itulah sejumlah persyaratan dan contoh surat izin keramaian yang ditujukan kepada polisi dan pihak-pihak yang harus dilibatkan seperti Kelurahan atau Danramil. Saat ingin menggelar kegiatan bernuansa besar, surat perizinan memang mutlak dibutuhkan. Apalagi saat situasi pandemi seperti ini.

Hal tersebut untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti kerusuhan, huru-hara, atau tindak kriminal. Pihak kepolisian juga berhak menolak perizinan atau membubarkannya jika acara yang digelar dirasa menyalahi aturan pemerintah. Seperti misalnya tidak menerapkan protokol kesehatan, ada salah peserta atau tamu yang suspect Covid, atau acara yang memancing keributan massa.

Contoh Surat Izin Keramaian 

Tinggalkan komentar