Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja – Seorang pekerja tidak hanya memperoleh haknya saja berupa gaji, tetapi juga harus mematuhi aturan yang disepakati. Salah satunya adalah aturan cuti atau izin tidak masuk kerja. Seseorang boleh tidak masuk kantor sesuai dengan jumlah hari cutinya, baik untuk keperluan mendesak atau hal-hal lainnya.

Namun, ada tata cara penggunaan hak cuti tersebut. Oleh sebab itu di bawah ini ada berbagai contoh surat izin tidak masuk kerja dengan macam-macam alasannya. Dalam menyampaikan surat izin tidak masuk kerja, seseorang harus menjelaskan lamanya izin serta alasan sebenar-benarnya.  Perlu diketahui bahwa surat izin ini bukan semata surat pemberitahuan saja.

Surat izin tidak masuk kerja pun berfungsi sebagai rekam absen seorang pegawai. Bagi perusahaan, ini sangat penting untuk menilai konsistensi pegawainya, performance, bahkan untuk perhitungan bonus di akhir periode tertentu.

Beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja di bawah dapat disesuaikan dengan kebutuhan sebab alasan orang tidak masuk kantor berbeda-beda. Untuk lebih menguatkan alasan, bisa melampirkan dokumen pendukung, seperti surat keterangan dokter, surat pengantar RT atau RW, dan dokumen lainnya. Adanya dokumen-dokumen tersebut mampu mendukung para manajer, kepala divisi, atau pimpinan bidang lainnya memberikan kebijakan izin cuti kepada seorang pegawai.


Daftar Isi Artikel

Bagian-bagian Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Bagian-bagian Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Sebelum melihat beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja di bawah, sebaiknya mengetahui dulu bagian-bagian dari surat tersebut. Ini diperlukan karena surat permohonan izin tidak masuk kerja termasuk dalam surat formal. Artinya, seseorang harus memperhatikan seluruh unsur surat dan jangan ada yang terlewat satu. Inilah bagian-bagian surat tersebut:

1. Waktu Pembuatan Surat

Bagian ini adalah tanggal penulisan surat. Posisinya harus paling atas dan pertama kali ditulis untuk menunjukkan kapan surat permohonan izin dibuat. Tanggal pembuatan surat pun bisa menjadi petunjuk kapan seseorang mulai izin tidak masuk kantor.

2. Penerima Surat

Setelah menulis tanggal, bagian berikutnya adalah pihak penerima surat. Surat permohonan izin tidak masuk kerja disampaikan ke bagian personalia (HRD) atau kepala divisi orang tersebut. Sebelum menyebutkan nama atasan, jangan lupa tuliskan “Kepada Yang Terhormat” atau “Kepada Yth.”.

3. Salam Pembuka

Ini bisa menjadi penghubung untuk masuk ke pembukaan surat. Biasanya surat izin tidak masuk kerja dimulai dengan salam “Dengan hormat” atau “Assalamu’alaikum”. Bagian ini sebenarnya boleh ada atau tidak, namun surat akan dianggap lebih sopan apabila terdapat salam pembuka.

4. Bagian Pembuka

Bagian pembuka surat izin tidak masuk kerja sebaiknya singkat. Berbeda dengan surat formal lainnya yang beberapa ditambahkan dengan ucapan shalawat atau iringan do’a. Hal ini disebabkan surat izin sifatnya singkat, padat, dan jelas.

5. Isi (Data Diri)

Menuliskan data diri selengkap-lengkapnya tidak boleh dilupakan. Data yang harus dicantumkan adalah nama, nomor pegawai, unit kerja, serta jabatan atau posisi. Kalau mau ditambahkan dengan alamat domisili juga boleh tapi sifatnya tidak wajib. Data diri menjelaskan kepada atasan atau bagian personalia (HRD) siapa yang tidak masuk di waktu tersebut.

6. Alasan dan Lama Izin

Selain data diri, lamanya izin pun harus disebutkan dengan jelas. Apakah seseorang hanya izin hari itu saja atau membutuhkan waktu beberapa hari. Sebutkan jumlah hari yang diperlukan dan berkomitmenlah dengan rentang waktu tersebut. Jumlah hari akan menjadi acuan seorang pemimpin dan rekan satu tim untuk penyelesaian pekerjaan sehari-hari. Apabila nantinya membutuhkan waktu izin tambahan, sebaiknya dilengkapi dengan dokumen lampiran.

7. Informasi Tambahan (Bila Perlu)

Bagian ini sifatnya tidak wajib karena hanya berupa informasi tambahan. Misalnya, pemberitahuan bahwa Hari Perkiraan Lahir (HPL) dua minggu lagi dan berkenan untuk memberikan training ke staf pengganti sementara. Bisa juga informasi rekan yang dapat dihubungi selama cuti.

8. Ucapan Terima Kasih dan Penutup

Ucapkan terima kasih kepada atasan yang telah memberikan izin. Mereka adalah pihak yang secara tidak langsung akan bertanggung jawab pada pekerjaan yang ditinggalkan selama cuti. Di samping itu, ucapan terima kasih ini pun menjadi sikap rendah hati dan menghargai atas izin yang telah didapatkan.

9. Salam Penutup

Sama halnya seperti salam pembuka, bagian ini pun boleh ada dan tidak. Jika salam pembuka diawali dengan “Assalamualaikum”, maka salam penutupnya adalah “Wassalamu’alaikum”. Tapi kalau mau salam yang bersifat umum cukup menuliskan “Hormat saya”.

10. Tanda Tangan, Nama Jelas, dan Nomor Pegawai

Beberapa orang menuliskan “Hormat saya” tepat sebelum menandatangani surat permohonan izin ini. Bagian akhir dari surat permohonan izin harus diberi tanda tangan orang yang mengajukan izin serta disertakan nomor pegawainya supaya lebih jelas.


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit

Alasan seseorang tidak masuk kerja karena sakit cukup sering. Biasanya seseorang yang sakit akan diizinkan oleh atasannya, apalagi disertakan dengan surat keterangan dokter. Berikut adalah contoh surat izin tidak masuk kerja dikarenakan sedang sakit:

 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit (Versi 1)

ontoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit (Versi 1)

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit

Semarang, 12 Oktober 2020

 

Hal                 : Surat Izin Cuti

Lampiran         : Surat Keterangan Dokter

 

Kepada Yang Terhormat

Senior Manager Finance

PT Bumi Adiperkasa Sinar Utama

Jl. Slamet Riyadi 6A, Kota Semarang

di tempat

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama   : Ayu Dewi

Nopeg  : 552210

Unit   : Finance

Posisi : Supervisor Tax

 

Memohon izin kepada Bapak/Ibu tidak dapat masuk kerja sebagaimana mestinya pada Senin, 12 Oktober 2020 dikarenakan sakit. Saya mohon izin cuti selama 3 (tiga) hari, yakni hingga Rabu, 14 Oktober 2020, sesuai dengan rekomendasi dokter yang mengharuskan saya beristirahat hingga waktu tersebut. Sebagai pelengkap surat ini, saya lampirkan surat keterangan dari dokter.

Demikian saya sampaikan surat izin cuti ini. Atas perhatian Bapak/Ibu, terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Hormat saya,

 

(ditandatangani)

 

Ayu Dewi

Nopeg. 55210


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit (Versi 2)

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit (Versi 2)

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit

Tangerang, 13 Oktober 2020

 

Kepada

Bapak Kepala Divisi Personalia dan General Affair

PT Bina Cipta Mandiri

Jl. Pemuda No. 81, Kota Tangerang Selatan, Banten

di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya:

Nama   : Mariska Dwi Harahap

Unit   : Personalia dan General Affair

Jabatan : Manager Procurement

Nopeg  : 283997

 

Memohon izin tidak masuk kantor pada Selasa, 13 Oktober 2020 dikarenakan kondisi badan yang sedang kurang sehat. Untuk pekerjaan yang penyelesaiannya tertunda, akan segera saya kerjakan saat kembali masuk kantor. Apabila kondisi kesehatan saya belum membaik lebih dari 1 (satu) hari, maka saya akan susulkan surat keterangan dari dokter.

Demikian sampaikan surat permohonan cuti ini. Atas kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapan terima kasih sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

 

(ditandatangani)

 

Mariska Dwi Harahap

Manager Procurement

(283997)


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Anggota Keluarga Sakit

Anggota keluarga yang sakit pun bisa menjadi alasan seseorang tidak masuk kerja. Anggota keluarga ini biasanya berasal dari keluarga inti, yakni suami, anak, atau orang tua. Inilah contoh surat pengajuan izinnya:

 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Anak Sakit

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Anak Sakit

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Anak Sakit

Magelang, 6 Agustus 2020

 

Kepada Yang Terhormat

Kepala Divisi Personalia dan Umum

PT Asuransi Bumi Perkasa Sejahtera

di tempat

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan berikut:

Nama                           : Tita Yuliana Ratnasari

No. Pegawai                  : 529887

Unit                                   : Keuangan

Posisi                                 : Staff Production Report

 

Ingin menginformasikan kepada Kepala Divisi Personalia dan Umum PT Asuransi Bumi Perkasa Sejahtera bahwa hari ini, Kamis, 6 Agustus 2020, tidak dapat masuk kerja sebagaimana biasanya. Hal ini dikarenakan anak saya sakit dan harus dirawat di Rumah Sakit Daerah Magelang. Terkait hal tersebut, saya mengajukan izin cuti selama 2 (dua) hari, yakni terhitung hari ini sampai dengan besok, Jumat, 7 Agustus 2020.

Bersama surat ini, saya lampirkan surat keterangan dokter yang menyatakan bahwa anak saya diperlukan perawatan inap di rumah sakit.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan. Mohon pengertian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu atas pengajuan izin cuti saya. Terima kasih atas perhatiannya.

 

Hormat saya,

 

(tanda tangan)

 

Tita Yuliana Ratnasari

(529887)


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Orang Tua Sakit

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Orang Tua Sakit

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Orang Tua Sakit

Bekasi, 16 September 2020

 

Yang Terhormat

Kepala Bagian Human Resources and Development (HRD)

PT Bintang Sinar Terus

Jalan Galaksi KM 11, Komplek Pembangunan Blok X

Bekasi Timur, Bekasi

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan berikut:

Nama   : Basuki Saputro Maridjan

Nopeg  : 123789

Divisi  : IT                     

Jabatan : Staff IT

 

Mohon izin tidak dapat hadir di kantor untuk bekerja sebagaimana mestinya dikarenakan orang tua saya harus dirawat inap di rumah sakit. Sehubungan dengan hal tersebut, saya mengajukan izin cuti selama 2 (dua) hari, yaitu Rabu, 16 September 2020 sampai dengan Kamis, 17 September 2020.

Sebagai kelengkapan surat izin cuti, saya sertakan surat keterangan rumah sakit yang menyatakan bahwa orang tua saya mendapat perawatan di Rumah Sakit Waras Abadi.

Demikian surat permohonan izin cuti ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

 

(tanda tangan)

 

Basuki Saputro Maridjan

Nopeg. 123789


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Suami Sakit

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Suami Sakit

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Suami Sakit

Bekasi, 10 Agustus 2020

 

Perihal  : Surat Izin Cuti

 

Kepada Yang Terhormat

Senior Manager Sales and Marketing

PT Kredit Motor Tunas Lancar

Jalan Merpati Blok A18, Komplek Perkantoran Setia Budi Elite

Bekasi Barat, Bekasi

di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama   : Prita Putri Febriani

Nopeg  : 200129

Divisi  : Sales and Marketing

Jabatan : Staff Sales

 

Ingin memohon izin tidak dapat masuk kantor seperti biasa sebab suami saya sakit dan harus dirawat di Rumah Sakit Daerah Umum Kota Bekasi. Adapun saya memohon cuti selama 2 (hari), yaitu Senin, 10 Agustus 2020 hingga Selasa, 11 Agustus 2020.

Dengan segala hormat, saya meminta kebijaksanaan Bapak/Ibu Senior Manager Sales and Marketing PT Kredit Motor Tunas Lancar mengizinkan saya cuti untuk 2 (dua) hari tersebut. Untuk pekerjaan yang tertunda selama saya cuti akan segera diselesaikan begitu saya kembali masuk kantor.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan banyak terima kasih.

 

Hormat saya,

 

(tanda tangan)

 

Prita Putri Febriani


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Urusan Mendesak atau Keperluan Keluarga

Acara keluarga atau keperluan mendadak sering menjadi alasan seseorang tidak dapat masuk kantor seperti biasanya. Urusan ini bisa bermacam-macam dan tidak dijelaskan secara spesifik dalam surat. Hal tersebut tidak apa-apa tapi lamanya izin sebaiknya jangan melebihi dari 1 (satu) hari. Berikut adalah contoh suratnya:

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Urusan Mendesak

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Urusan Mendesak

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Urusan Mendesak

Makassar, 8 Oktober 2020

 

Kepada

Kepala Bagian Kepegawaian dan Umum

Koperasi Bina Usaha Mandiri

Jl. Garuda Blok 2B, Kota Makassar

di tempat

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan dengan data berikut:

Nama                           : Andi Arfiana Septi

Nomor Pegawai            : 2230970

Jabatan                            : Staff Accounting

 

Dengan ini bermaksud menyampaikan permohonan izin tidak masuk kerja pada hari ini, Kamis, 8 Oktober 2020 dikarenakan ada kepentingan keluarga yang sungguh mendesak. Sehubungan dengan hal tersebut, saya mohon kebijaksanaan Bapak/Ibu memberikan izin cuti pada tanggal tersebut.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

(tanda tangan)

 

Andi Arfiana Septi

(2230970)


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Keperluan Keluarga

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Keperluan Keluarga

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Keperluan Keluarga

Bekasi, 21 September 2020

 

Kepada Yang Terhormat

Team Leader Staff Marketing

Putra Sarana Logistik

Cabang Bekasi

di tempat

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           : Budiawan Saputro

Jabatan                            : Kurir Barang

 

Memohon izin tidak bisa bekerja sebagaimana biasanya dan tidak dapat menyelesaikan tugas harian pada Senin, 21 September 2020. Hal tersebut dikarenakan ada kepentingan keluarga yang sangat mendesak dan harus saya hadiri.

Oleh karena itu, dengan segala hormat, saya meminta kebijaksanaan Bapak/Ibu untuk memberikan izin cuti selama 1 (satu) hari di tanggal tersebut. Saya akan bekerja normal setelah cuti dan memenuhi kewajiban saya kembali.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan. Atas pengertian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

(tanda tangan)

 

Budiawan Saputro


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Kedukaan

Salah satu hal mendadak yang juga menjadi alasan seseorang tidak masuk kerja adalah karena kedukaan. Pemimpin umumnya memberikan kebijakan untuk hal ini kepada pegawainya tidak masuk kerja. Adapun sejumlah perusahaan memberikan izin cuti kedukaan selama 2 (dua) hari. Berikut adalah contoh surat permohonan izin cutinya:

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Kedukaan (Versi 1)

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Kedukaan (Versi 1)

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Kedukaan

Bogor, 9 September 2020

 

Kepada

Kepala Divisi Perpustakaan

Universitas Terbuka Budi Mulya

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah  ini:

Nama                           : Sarah Claudia Wahyu

Nomor Pegawai            : 350123

Divisi                              : Perpustakaan

Bagian                              : Unit Kepustakaan Magister dan Pascasarjana

Posisi                                 : Kepala Unit Kepustakaan Magister dan Pascasarjana

 

Memohon izin tidak masuk kerja pada hari ini, Rabu, 9 September 2020, dikarenakan Ayah Mertua saya meninggal dunia hari Selasa, 8 September 2020 pukul 21:00. Adapun permohonan izin ini saya ajukan selama dua 2 (dua) hari, terhitung hari ini hingga besok, Kamis, 10 September 2020.

Tanpa mengurangi rasa hormat, mohon kiranya Bapak/Ibu Kepala Divisi Perpustakaan Universitas Terbuka Budi Mulya memberikan izin selama 2 (dua) hari kepada saya.

Demikian surat izin ini saya sampaikan sebenar-benarnya. Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekeliruan dalam penulisan surat ini. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

 

(tanda tangan)

 

Sarah Claudia Wahyu

Nopeg. 350123


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Kedukaan (Versi 2)

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Kedukaan (Versi 2)

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Kedukaan

Jakarta, 14 Februari 2020

 

Kepada

Kepala Bagian Personalia

PT Asuransi Bina Cakra Sentosa

Jl. Wolter Monginsidi I No. 12

Jakarta Selatan

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan pada surat ini:

Nama                           : Ayu Azhari Revita

Nomor Pegawai            : 122873

Jabatan                            : Resepsionis

 

Ingin memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari ini, Jumat, 14 Februari 2020. Hal tersebut dikarenakan anggota keluarga saya, yaitu kakak kandung, meninggal dunia pada hari ini dini hari.

Demikian surat izin ini saya buat sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

(tanda tangan)

 

Ayu Azhari Revita

Nopeg. 122873


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Acara Pernikahan

Sejumlah acara pernikahan memang diselenggarakan hari Sabtu dan Minggu. Namun bagi sebagian orang ada juga yang melaksanakannya hari kerja. Apabila kondisi ini yang dialami, perusahaan bisa memberikan izin untuk menikah atau menghadiri acara pernikahan keluarga. Berikut adalah contoh surat izinnya:

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Akan Melangsungkan Pernikahan

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Akan Melangsungkan Pernikahan

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Akan Melangsungkan Pernikahan

Cikupa, 1 September 2020

 

Perihal              : Permohonan Izin Cuti Menikah

 

Kepada Yang Terhormat

Kepala Bagian Operation and Production

PT Bukit Antara Industri

Jl. Raya Anyer KM 10

Jalan Kampung Mahoni No. 10

di tempat

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya:

Nama                           : Chika Pratiwi Putri

Alamat Tempat Tinggal : Jalan Mawar X Blok. B, Komplek Perumahan Gading Raya Cendana,

                                             Kota Cilegon

NIP                                     : 20030322

Divisi / Unit                     : Operation and Production

Jabatan                            : Supervisor Packaging

 

Memohon izin untuk tidak masuk kantor pada Jumat, 4 September 2020 sebab pada hari tersebut bertepatan dengan akad dan resepsi pernikahan saya. Oleh sebab itu, tanpa mengurangi rasa hormat, saya memohon kebijaksanaan Bapak/Ibu Kepala Bagian Operation and Production PT Bukit Antara Industri dapat memberikan izin tidak masuk kerja kepada saya selama satu hari.

Selain itu, saya pun melampirkan surat undangan untuk Bapak/Ibu beserta seluruh rekan di Divisi Operation and Production PT Bukit Antara Industri agar dapat menghadiri hari pernikahan saya. Mohon doa restu dari Bapak/Ibu serta rekan-rekan agar proses pernikahan nanti berjalan dengan lancar.

Saya akan menyelesaikan pekerjaan saya saat kembali masuk bekerja. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

(tanda tangan)

 

Chika Pratiwi Putri

Nopeg. 20030322


 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Anggota Keluarga Menikah

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Anggota Keluarga Menikah

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Anggota Keluarga Menikah

Yogyakarta, 4 Agustus 2020

 

Perihal              : Permohonan Izin Cuti

 

Kepada Yang Terhormat

Kepala Divisi Sales and Marketing

PT Kimia Sentosa Bhakti Abadi

Jalan Dagen II No. 8

Jalan Malioboro, Yogyakarta

di tempat

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya:

Nama                           : Rosida Wahyu Novianti

Alamat Tempat Tinggal : Jalan Kaliurang KM VI, Gang Sumber Ayu No. 11, Kota Yogyakarta

NIP                                     : 1500789

Divisi / Unit                     : Sales and Marketing

Jabatan                            : Supervisor Partnership

 

Bermaksud untuk memohon izin cuti kepada Bapak/Ibu selama 2 (dua) hari, yaitu hari Kamis dan Jum’at, 7 – 8 Agustus 2020. Hal ini dikarenakan adanya acara keluarga yang tidak dapat saya tinggalkan, yaitu pernikahan kakak kandung saya di luar kota.

Demikian surat permohonan izin ini saya buat. Saya sampaikan terima kasih atas perhatian serta izin yang Bapak/Ibu berikan.

 

Hormat saya,

 

(tanda tangan)

 

Rosida Wahyu Novianti

(1500789)


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Mendampingi Anak Menikah

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Mendampingi Anak Menikah

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Mendampingi Anak Menikah

Tangerang, 13 Oktober 2020

 

Kepada

Kepala Bagian Personalia

PT Retail Mega Berkah

di tempat

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan pada surat ini:

Nama                           : Bagus Wiryawan Kesumo

Nomor Pegawai            : 120200

Divisi / Unit                     : Gudang

Jabatan                            : Manager Gudang F&B

 

Ingin mengajukan permohonan cuti pada Jum’at, 16 Oktober 2020 dikarenakan adanya acara pernikahan putri. Sehubungan dengan hal tersebut, saya mohon izin tidak masuk kantor sebab akan mendampingi proses pernikahan.

Demikian surat izin ini saya buat. Mohon kebijaksanaan Bapak/Ibu untuk memberikan izin kepada saya tidak masuk kerja pada waktu yang disebutkan di atas. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

 

(tanda tangan)

 

Bagus Wiryawan Kesumo

Manager Gudang F&B

(120200)


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Melahirkan

Cuti melahirkan termasuk cuti yang istimewa dari perusahaan. Lamanya adalah 3 (tiga) bulan, namun periode perizinannya setiap perusahaan akan berbeda. Ada yang 1 (satu) bulan sebelum melahirkan lalu disambung 2 (dua) bulan setelah melahirkan. Ada juga yang 3 (tiga) bulan penuh setelah melahirkan. Inilah contoh surat pengajuan cutinya:

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Akan Melahirkan

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Akan Melahirkan

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Akan Melahirkan

Semarang, 3 Agustus 2018

 

Perihal              : Permohonan Cuti Melahirkan

Lampiran         : Surat Keterangan Dokter

 

Kepada Yang Terhormat

Kepala Personalia

PT Tjipta Karya Asli

Jl. S. Parman No. 77

di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya:

Nama                           : Wahyuni Putri Agustina

Alamat Tempat Tinggal : Jalan Melati Baru No. 81, RT 03 RW 11, Komplek Pendidikan,

Kecamatan Banyumanik

NIK                                     : 529088

Divisi / Unit                     : Accounting

Jabatan                            : Supervisor Tax Reporting

 

Bermaksud mengajukan izin cuti melahirkan selama 3 (tiga) bulan, yakni terhitung mulai dari tanggal 7 Agustus  2018 sampai dengan 7 November 2018. Saya lampirkan surat keterangan Hari Perkiraan Lahir (HPL) yang telah dibuat oleh dokter.

Mengingat lamanya waktu cuti yang saya ajukan, hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan dan tanggung jawab saya dapat disampaikan kepada Ibu Budiawati Lestari selaku Manager Accounting PT Tjipta Karya Asli.

Demikian surat permohonan cuti izin melahirkan ini saya buat dan sampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaan yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

(tanda tangan)

 

Wahyuni Putri Agustina

Nomor Pegawai : 529088


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Akan Mendampingi Istri Melahirkan

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Akan Mendampingi Istri Melahirkan

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Akan Mendampingi Istri Melahirkan

Cilegon, 12 Maret 2018

 

Perihal              : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran         : Surat Keterangan Dokter

 

Kepada Yang Terhormat

Kepala Bagian Staff Personalia

PT Besi Cakra Manunggal

Jl. Raya Anyer No. 99

di tempat

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           : Agus Pribadi Cakra

Alamat Tempat Tinggal : Jalan Berlian No. 99, Blok. A, Komplek Perumahan Agung Bumi Cilegon,

                                             Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon

NIP                                     : 1505088

Divisi / Unit                     : Personalia

Jabatan                            : Staff Personalia

 

Bermaksud memberitahukan kepada Bapak/Ibu Kepala Bagian Staff Personalia PT Besi Cakra Manunggal bahwa saya tidak dapat masuk bekerja pada Kamis, 15 Maret 2018 dan Jum’at, 16 Maret 2018. Hal tersebut dikarenakan saya akan mendampingi istri yang akan melahirkan di rumah sakit. Telah saya lampirkan surat keterangan dari dokter sebagai kelengkapan permohonan izin tidak bekerja ini.

Tanpa mengurangi rasa hormat, saya harap Bapak/Ibu dapat memberikan kebijaksanaannya mengizinkan saya untuk tidak bekerja dahulu sesuai waktu yang disebutkan di atas. Apabila saya kembali masuk kantor, saya akan segera menyelesaikan pekerjaan yang tertunda selama cuti tersebut.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

(tanda tangan)

 

Agus Pribadi Cakra

Nopeg. 1505088


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja dari RT/RW

Untuk beberapa hal, surat izin tidak masuk kerja harus dari pengurus atau ketua RT / RW. Apabila ingin mendapatkan surat dari RT / RW sebaiknya tidak mendadak, kurang lebih 3-4 hari sebelum cuti diajukan. Berikut adalah contoh suratnya:

 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja dari RT/RW (Versi 1)

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja dari RT/RW (Versi 1)

Surat Izin Tidak Masuk Kerja dari RT/RW

[KOP SURAT]

SURAT KETERANGAN / PENGANTAR

Nomor: 84/RT/EKS/XII/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini adalah Ketua RT 08 RW 12 Desa Sumber Asri, menerangkan dengan sebenarnya bahwa:

Nama                           : Muhammad Afrizal Hanif

Jenis Kelamin             : Pria

Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 28 Mei 1989

Agama                             : Islam

No. KTP                            : 3509160103928005

Alamat Tempat Tinggal : Gang Gagak No. 18, RT/RW 08/12, Desa Sumber Asri, Kecamatan Cilandak,

                                             Jakarta Selatan

 

Sesuai nama yang tertera di atas mengajukan izin tidak dapat masuk kerja dikarenakan sedang melaksanakan ibadah umroh pada tanggal 3 – 13 Desember 2019.

Demikian surat keterangan / pengantar ini dibuat untuk dapat digunakan dan dipertanggungjawabkan sebagaimana mestinya.

 

Desa Sumber Asri, 28 November 2019

 

Ketua RT 08 RW 12

 

(tanda tangan dan dicap)

 

Abdul Malik Kesumo


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja dari RT/RW (Versi 2)

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja dari RT/RW (Versi 2)

Surat Izin Tidak Masuk Kerja dari RT/RW

PEMERINTAH KOTA SERANG

KECAMATAN KASEMEN

DESA KRAMAT

 

SURAT KETERANGAN / PENGANTAR

Nomor: 099/RTRW/X/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini Pengurus RT 009 RW 002 Desa Kramat, menerangkan bahwa:

Nama                           : Santika Putri Arief

Jenis Kelamin             : Wanita

Tempat, tanggal lahir : Sukabumi, 10 Agustus 1991

Agama                             : Islam

No. KTP                            : 35091601000920005

Alamat Tempat Tinggal : Gang Flamboyan Baru No. 12, RT 009 RW 002, Desa Kramat, Kecamatan

Kasemen, Kota Serang

 

Bahwa nama tersebut dengan data di atas benar merupakan warga RT 009 RW 002 Desa Kramat dan hendak mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja pada Jum’at, 5 Juli 2019 dikarenakan akan mempersiapkan acara pernikahannya yang akan dilaksanakan hari Sabtu, 6 Juli 2019.

Demikian surat keterangan atau pengantai ini dibuat agar digunakan sebagaimana mestinya.

 

Desa Kramat, 2 Juli 2019

 

Ketua RT 009 RW 002

 

(tanda tangan dan dicap)

 

Abdul Ghofar Djailani


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Sebenarnya surat izin tidak masuk kerja bagi pegawai negeri sipil (PNS) tidak begitu berbeda. Hanya saja untuk PNS perlu mencantumkan nomor induk pegawai (NIP), pangkat atau golongan, serta jabatan atau posisi yang sedang dijalani. Tujuan surat harus spesifik kepada kepala dinas tempat bertugas. Inilah contoh suratnya:

 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS (Versi 1)

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS (Versi 1)

Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS

Serang, 5 Juni 2019

 

Kepada Yang Terhormat

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang

Jl. Jend. Sudirman No. 5, Kota Serang, Banten

di tempat

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap             : Meirina Putri Agustina

NIP                                 : 18099202 189777 1 009

Pangkat/Gol. Ruang   : Golongan III / B

Jabatan                            : Staf Bidang Pengolahan Data dan Informasi Kependudukan Kota Serang

Alamat                             : Jl. Kenanga Blok. C XI, Perumahan Griya Gemilang Sakti, Kel. Sumur Pecung,

Kota Serang

 

Dengan ini memberitahukan bahwa tidak dapat masuk untuk bekerja pada hari ini, Rabu, 5 Juni 2019 hingga Jumat, 7 Juni 2019 dikarenakan sakit. Saya lampirkan surat keterangan dari dokter yang mengharuskan saya istirahat total selama 3 (tiga) hari.

Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud memohon izin sesuai waktu yang saya sebutkan di atas. Saya berharap Bapak/Ibu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang dapat memberikan kebijaksanaannya dengan mengizinkan saya tidak masuk bekerja terlebih dahulu.

Demikian surat ini saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Hormat saya,

 

Meirina Putri Agustina

NIP. 18099202 189777 1 009

 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS (Versi 2)

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS (Versi 1)

Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS

Yogyakarta, 4 April 2019

 

Kepada Yang Terhormat

Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta

Jl. Hayam Wuruk No. 11, Tegal Panggung

Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

di tempat

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya yang bertanda tangan sebagai berikut:

Nama Lengkap             : Drs. Sugeng Rochmat Wahid

NIP                                 : 1967090211999301007

Eselon/Golongan         : IV A / IV A

Jabatan                             : Kepala Sub Bagian Keuangan

Alamat                             : Jl. Sagan Utara Blok. A V No. 97, Kota Yogyakarta

 

Bermaksud untuk memberitahukan bahwa pada Kamis, 4 April 2019 tidak dapat masuk kerja seperti biasanya. Hal ini dikarenakan adanya kepentingan keluarga yang sangat mendesak.

Dengan begitu, tanpa mengurangi rasa hormat kepada Bapak/Ibu Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta mohon kebijaksanaannya memberikan

dan pengertian yang Bapak/Ibu Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta berikan, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Hormat saya,

 

Drs. Sugeng Rochmat Wahid

NIP. 1967090211999301007


 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS (Versi 3)

ontoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS (Versi 3)

Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS

Bandar Lampung, 20 Februari 2019

 

Hal                 : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran         : Surat Keterangan Rawat Inap Rumah Sakit

 

Kepada Yang Terhormat

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung

Jl. Cut Mutia No. 76, Pengajaran

Kec. Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung

di Lampung

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap             : Ratnawati Amelia Wahyuni, SE, MM

NIP                                 : 19730406 201001 3 002

Eselon/Golongan         : III B / IV A

Jabatan                            : Kabid Pembinaan Keselamatan Transportasi

Alamat                             : Komplek Perumahan Citra Raya, Jl. Rasuna Said No. 18 A, Bandar Lampung

 

Ingin memberitahukan bahwa pada Rabu, 20 Februari 2019 tidak bisa bekerja sebagaimana biasanya karena dalam kondisi sakit. Sebagai informasi tambahan, selama saya sakit, saya dirawat di Rumah Sakit Bumi Waras untuk menjalani perawatan inap. Saya lampirkan surat keterangan dokter dalam surat izin yang saya buat ini.

Demikian permohonan izin tidak masuk kerja ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Ratnawati Amelia Wahyuni, SE, MM

NIP. 19730406 201001 3 002


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Untuk Karyawan Pabrik

Bagi karyawan pabrik, mengirimkan surat izin harus dibuat apabila berencana untuk cuti atau mendadak tidak masuk kerja. Berikut adalah contoh yang bisa dijadikan referensi:

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Untuk Karyawan Pabrik (Versi 1)

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Untuk Karyawan Pabrik (Versi 1)

Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS

Cilegon, 19 Oktober 2020

 

Kepada Yth.

Kepala Bagian Personalia

Kimia Budi Makmur

di Cilegon

 

Hal: Surat Izin Tidak Masuk Kerja

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama   : Sri Astuti Widjaningrum

NIK     : 1780098

Divisi  : Gudang Pakan

Jabatan : Manager Gudang Pakan

No. HP  : 089845671231

Alamat : Jl. Madani No. 80, Perum Krakatau Steel, Kota Cilegon, Banten

 

Melalui surat ini bermaksud untuk memohon izin tidak bekerja pada Rabu, 21 Oktober 2020 hingga Kamis, 22 Oktober 2020 dikarenakan adanya acara keluarga di kota Bandung, yakni pernikahan putra kandung saya pada hari Kamis, 22 Oktober 2020.

Selama saya izin dan tidak berada di tempat, hal-hal yang berkaitan dengan tanggung jawab pekerjaan saya dapat disampaikan kepada Bapak Sudarsono, selaku Supervisor Gudang Pakan Sub-Divisi Pakan Ayam PT. Kimia Budi Makmur Cabang Cilegon. Saya dan beliau telah berkoordinasi untuk sejumlah tugas harian pada Divisi Gudang Pakan.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Sri Astuti Widjaningrum

Manager Gudang Pakan

Nopeg. 1780098


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Untuk Karyawan Pabrik (Versi 2)

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Untuk Karyawan Pabrik (Versi 2)

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Untuk Karyawan Pabrik

Tangerang, 28 September 2020

 

Yang Terhormat

Kepala Bagian Personalia

Sentosa Mandiri Tbk.

Jl. Siliwangi No. 2

di tempat

 

Hal: Surat Izin Tidak Masuk Kerja

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama   : Budiman Ahmad Setiawan

NIK     : 239008

Divisi  : Operation

Jabatan : Supervisor Quality Assurance

No. HP  : 081288229090

Alamat : Jl. Benda Barat X, Perum Cendana Komp. A11, Tangerang, Banten

 

Bersama surat ini mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja sebagaimana biasanya pada 1-2 Oktober 2020. Adapun hal tersebut dikarenakan saya hendak mendampingi istri yang akan melahirkan sesuai dengan prediksi dokter kandungan kami. Terlampir surat keterangan dokter yang memprediksi waktu kelahiran anak kami.

Tanpa mengurangi rasa hormat, saya berharap Bapak/Ibu kepala bagian personalia PT. Sentosa Mandiri Tbk. dapat memberikan izin tidak masuk kerja kepada saya sesuai dengan waktu yang diajukan di atas mengingat istri saya membutuhkan dukungan dan dampingan selama proses melahirkan.

Di samping itu, mohon doa restu dari Bapak/Ibu agar istri saya diberikan kelancaran saat melahirkan anak pertama kami. Saya akan segera menjalankan kewajiban pekerjaan setelah masuk kerja kembali.

Demikian surat izin ini saya sampaikan. Atas perhatian dan izin yang diberikan, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

 

Budiman Ahmad Setiawan

NIP. 239008

 

Itulah sejumlah contoh surat izin tidak masuk kerja beserta format penulisannya. Contoh-contoh di atas adalah kondisi yang sering terjadi di lapangan. Untuk nama dan detail lainnya agar disesuaikan dengan situasi sebenarnya.

 

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja 

Tinggalkan komentar