Contoh Surat Kontrak Kerja

Contoh Surat Kontrak Kerja

Contoh Surat Kontrak Kerja Surat kontrak kerja adalah salah satu dokumen penting yang dimiliki oleh seorang karyawan, pegawai di sebuah perusahaan. Kontrak kerja adalah sebuah surat yang berisikan perjanjian atau kesepakatan sistem kerja antara karyawan dengan perusahaan tertentu. Banyak contoh surat kontrak kerja yang berlaku dalam sebuah perusahaan. Selain format isi perjanjian juga akan berbeda-beda dalam setiap surat kontrak kerja.

Adapun isi atau muatan yang terdapat dalam surat kontrak kerja seperti lama waktu kontrak, perjanjian kerja, identitas pekerja, sanksi pelanggaran, serta juga ada yang berisikan dengan pernyataan pemutusan hubungan kerja. Dibawah ini ada beberapa contoh surat kontrak kerja yang dapat dijadikan acuan untuk membuat surat kontrak kerja.

Surat kontrak kerja biasanya akan diberikan kepada pihak manajemen perusahaan kepada calon tenaga kerja atau pegawai yang telah diterima bekerja di perusahaan tersebut. Surat kontrak ini akan diberikan lalu ditandatangani dan dijadikan dokumen tenaga kerja yang didokumentarisir keberadaannya dalam perusahaan.

Ada banyak format dan model surat kontrak kerja. Masing-masing berisikan perjanjian sistem kerja yang akan disepakati oleh kedua pihak. Surat ini  sangat penting untuk kedua bela pihak baik untuk pekerja maupun instansi perusahaan tempat bekerja tersebut. Walaupun surat ini hanya berisikan kontrak dan isi perjanjian namun surat ini berfungsi sebagai pelindung hak-hak maupun kewajiban antara tenaga kerja dan perusahaan yang bersangkutan.


Pengertian Surat Perjanjian Kontrak Kerja

Pengertian Surat Perjanjian Kontrak Kerja

Surat perjanjian kontrak kerja adalah surat yang dibuat antara pihak perusahaan dan pekerja untuk memuat syarat-syarat, hak dan kewajiban dalam pekerjaan. Biasanya surat satu ini akan diberikan pada saat hari pertama karyawan atau pegawai bekerja. Tentunya hal ini memuat semua kebijakan perusahaan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Dalam contoh surat perjanjian kontrak kerja, terdapat hal-hal yang harus dimuat. Mulai dari identitas karyawan dan perusahaan, besaran gaji dan cara pembayaran, batas waktu kontrak, pasal atau perlindungan hukum yang berkaitan hingga tanda tangan kedua pihak. Dengan begitu, surat ini bisa menjadi bukti tertulis dan bisa dipertanggungjawabkan nantinya.


Fungsi Surat Perjanjian Kontrak Kerja

Fungsi Surat Perjanjian Kontrak Kerja

Sebelum menuju pada contoh surat perjanjian kontrak kerja, maka harus mengetahui terlebih dahulu informasi lengkap seperti berbagai fungsi yang di punya. Tentunya fungsi dari surat perjanjian kontrak kerja tersebut sangat penting untuk kedua pihak, seperti:

1. Sebagai Bahan Bukti

Hal pertama yang menjadi fungsi dari surat perjanjian kontrak kerja tersebut adalah sebagai bahan bukti otentik. Dengan adanya surat resmi satu ini, maka bisa menjelaskan adanya kesepakatan bersama antara pihak pekerja dan pemberi kerja secara tertulis. Sehingga nantinya bisa dijadikan bahan pertanggungjawaban.

2. Memperjelas Hak Dan Kewajiban

Bukti kesepakatan dalam surat yang tertulis jelas ini bisa membantu kedua belah pihak untuk melaksanakan apa yang telah disepakati dengan baik. Hal ini bisa membantu untuk menghindarkan dari permasalahan selama kontrak berlangsung. Maka dari itu, pastikan untuk membaca surat perjanjian satu ini dengan seksama agar tidak dirugikan nantinya.

3. Menghindari Perselisihan

Dalam bekerja pastinya tidak akan berjalan mulus sepenuhnya, pasti akan terjadi namanya perselisihan ataupun permasalahan lainnya. Mulai dari perselisihan antar karyawan ataupun dengan pimpinan sekalipun. Maka fungsi surat perjanjian kontrak kerja disini yaitu bisa menghindari perselisihan tersebut sesuai dengan aturan kerja yang telah disepakati secara bersama.

4. Memberikan Rasa Aman Dan Tenang

Dengan adanya surat perjanjian tersebut, maka bisa memberikan rasa aman dan tenang pada kedua belah pihak yang melakukan kesepakatan bersama. Berbagai syarat, hak dan kewajiban sudah tertulis dengan jelas dan sesuai dalam undang-undang. Sehingga hal ini bisa menjaga pekerja secara hukum apabila terjadi hal yang merugikan nantinya.

5. Menjadi Acuan Dalam Penyelesaian Masalah

Tidak hanya memberikan rasa aman, namun surat satu ini bisa menjadi salah satu acuan untuk menyelesaikan permasalahan. Misalnya saja mengenai pemberian upah yang tidak sesuai ataupun hak lain yang tidak dipenuhi oleh perusahaan. Hal ini bisa diajukan ke ranah hukum dengan mengacu pada surat perjanjian kontrak kerja yang ada.

Baca Juga: Contoh Surat Resmi Permintaan Data


Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja

Tidak hanya mengetahui apa itu pengertian dan fungsi surat perjanjian kontrak kerja itu sendiri, namun juga harus paham bagaimana cara membuatnya. Berikut inilah beberapa contoh surat perjanjian kontrak kerja yang bisa dijadikan acuan, antara lain:

Contoh Surat Kontrak Kerja Atau Perjanjian Kerja

Contoh Surat Kontrak Kerja Atau Perjanjian Kerja

 

Salah satu bentuk format surat kontrak kerja adalah yang mengatur sistem kerja yang wajib dipatuhi.  Surat ini biasanya berisi perjanjian kerja. Besaran honor dan upah yang wajib diterima dan ketentuan yang berlaku selama bekerja di sebuah perusahaan. Kedudukan surat kontrak kerja menjadi dokumen penting yang berlaku dalam hukum dan peraturan ketenagakerjaan.

Adapun salah satu bentuk surat tersebut adalah sebagai berikut:

Surat Kontrak Kerja Atau Perjanjian Kerja

 

Nomor: 287//SPR//Contoh/01

 

Bahwasanya tepat hari ini senin 19 Agustus 2019 diberlakukannya kesepakatan antara kedua belah pihak dengan data yang tertera dibawah ini  yaitu:

Nama               : Nadif Syahputra

Jabatan            : Kepala Bagian Produksi

Alamat             : Pangkalan susu no 23 Aceh Timur.

Sebagai pihak pertama dari PT. Adi Yaksa Kencana, dan

Nama               : Fiti Siregar

T/Tgl Lahir       : 23 Maret 1987 Medan

No KTP           : 4567390981647990

Jabatan                        : Asisten Pemasaran

Alamat             : Medan Selayang Gang Hutama no 89

Dinyatakan sebagai pihak kedua menyatakan telah melakukan keterikatan perjanjian sistem kerja sebagai berikut:

Ketentuan 1

  1. Pihak Pertama memiliki hak dan wewenang dalam menentukan kebijakan yang berlaku dalam sistem kerja. Serta berhak memutuskan atau melanjutkan hubungan kerja dengan pihak kedua.
  2. Dan Pihak kedua wajib mengikuti dan menjalankan ketentuan yang berlaku yang telah ditetapkan oleh pihak pertama.

Ketentuan II

  1. Perjanjian Kontrak kerja ini berlaku sejak ditetapkannya pihak pertama sebagai pemangku jabatan terhitung pada tanggal 13 Maret 2019 Sampai 12 Juli 2020 selama waktu yang ditetapkan tersebut pihak kedua adalah merupakan karyawan di PT PT. Adi Yaksa Kencana.

Ketentuan III

Dan pihak kedua wajib melaksanakan semua pekerjaan dengan waktu 8 jam dan  6 hari kerja selama  seminggu.

Dan upah  yang berhak diterima oleh pihak kedua adalah gaji sebesar   sebesar   Rp 5.000.000.

Medan 29 Agustus 2019

 

Pihak Pertama                                      Pihak kedua

Nadif Syahputra                                  Fitri Siregar


Contok Surat Kontrak Kerja Untuk Outsourching

Contok Surat Kontrak Kerja Untuk Outsourching

 

Berikut ini adalah contoh format surat kontrak kerja outsoursching. Sebagaimana diketahui surat kontrak kerja memiliki isi dan bentuk yang berbeda. Terkadang disesuaikan dengan status, jangka waktu kontrak dan bisa juga berisi ketentuan kerja tertentu.

Surat Kontrak Kerja Untuk Outsourching

 

No : 87109// contoh surat. Outscourching

 

Dengan ini dinyatakan dan dibuat surat perjanjian kerja antara pihak pertama dan pihak kedua dengan isi perjanjian kerja   yaitu:

Nama               : Chila Mila

Jabatan           : Dirut Utama PT Ananda Drink

Alamat             : STM budi luhur Kota Medan

Dan Data diatas Sebagai pihak pertama dari PT. Ananda Drink  telah mengangkat dan menetapkan Pihak kedua dengan data

Nama               : Roro Refiyanti

T/Tgl Lahir       : 29 Juli 1986 Riau

No KTP           :7894522038649

Jabatan           : Biro Kasubag Pemasaran

Alamat             : Sei Mencirim no 72 Medan Sunggal

Benar telah diangkat sebagai Biro kasubag Pemasaran PT Ananda Drink terhitung sebagaimana terbitnya surat perjanjian ini. Dan adapun isi perjanjian tersebut adalah :

Pasal 1

Wajib mematuhi dan melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Ketentuan kerja dan sistem juga wajib dilaksanakan. Selain itu pihak pertama juga berhak memberikan sanksi atas pelanggaran yang kemungkinan dilakukan oleh pihak kedua.

Pasal 2

Dengan diangkatnya pihak pertama sebagai Biro Kasubag Pemasaran PT Ananda Drink maka    pihak pertama berhak mendapatkan upah sebesar Rp 6.300.000 setiap bulannya.

Pasal 3

Pihak pertama berhak memutuskan kontrak kerja dalam waktu tertentu dengan ketentuan sistem ketenaga kerjaan yang berlaku di perusahaan PT Ananda Drink.

Demikian surat perjanjian kerja ini dibuat dan disepakati oleh kedua pihak agar kiranya dapat dijadikan dasar dan acuan dalam sistem perjanjian kerja. Dengan ditandatangani dan diterbitkannya surat ini maka pihak pertama telah tercatat sebagai  pihak kedua dalam perusahaan.

Medan 12 Agustus 2020

 

Pihak Pertama                                                  Pihak Kedua

Chila Mila                                                        Roro Refiyanti


Contoh Surat Perjanjian Kerja Karyawan Proyek

Contoh Surat Perjanjian Kerja Karyawan Proyek

 

Berikut ini juga ada form surat perjanjian kerja untuk karyawan proyek perusahaan. Selain perbedaan form isi perjanjian juga didasarkan kepada ketentuan yang berlaku di perusahaan tersebut. Model berikut dapat dijadikan salah satu contoh.

Surat Perjanjian Kerja Karyawan Proyek

 

Nomor: 12764809/00/4

 

Dengan hormat,

Hari ini tepat tanggal 7 September 2019 disepakatinya perjanjian kerja antara pihak pertama dan kedua dengan isi pernyataan dan perjanjian yaitu:

Nama               : Dwi Koncoro Sahputra

Jabatan           :Direkctor

Alamat             : Jakarta Pusat

Pejabat wewenang dari phak pertama PT. Swasdikya Citra Utami

Nama               : Chandra Kirana

T/Tgl Lahir       : 21 Oktober 1985

Alamat             : Jakarta Pusat.

Selaku yang bertindak sebagai pihak kedua.

Bahwasanya telah dilakukan nya perjanjian dan kesepakatan kontrak kerja antara pihak pertama dan pihak kedua sebagaimana yang tertera diatas pada waktu dan ketentuan yang telah ditetapkan dengan  ketentuan yaitu:

Pasal 1

Bahwasanya pihak pertama telah menetapkan pihak kedua sebagai karyawan kontrak di perusahaan PT PT. Swasdikya Citra Utami dengan

Status               : Karyawan Kontrak

Jabatan            : Kepala Gudang I

Pasal 2

  1. Bersedia melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah ditentukan oleh pihak pertama.
  2. Patuh dalam menjalankan perintah dan tugasnya sebagai kepala gudang I dengan sebaik-baiknya

3.Bersedia ditempatkan dimana saja sesuai yang diatur dalam peraturan di perusahaan ini

 

Pihak Pertama                                      Pihak Kedua

Dwi Kuncoro Saputra                          Chandra Kirana


Contoh Surat Kontrak Kerja Singkat Dan Sederhana

Contoh Surat Kontrak Kerja Singkat Dan Sederhana

 

Salah satu tujuan adanya surat perjanjian kontrak kerja adalah untuk menghindari adanya pihak yang dirugikan karena tidak adanya bukti kesepakatan dalam dokumen perjanjian kontrak kerja. Berikut ini juga ada contoh kontrak kerja yang singkat dan sederhana untuk dibuat.

Surat Kontrak Kerja Singkat Dan Sederhana

 

No: 27654028788/NN

 

Bahwasanya Saya Yang bertanda tangan di bawah ini

1. Nama: Agus Suprianto

Jabatan  : Director PT. Kencana Agung Sakti

Alamat  : Medan jalan Glugur Barat No 37

Sebagai Pihak Pertama

2. Nama : Febry

Alamat             : Desa Secangai Dusun 8 Kecamatan Medan Baru

T/Tgl Lahir       : Pekan Baru

Jenis Kelamin  : Pria

Agama             : Islam

No KTP           : 858373839375

No Telefhone  : 081377889925

Sebagai pihak kedua

Pasal 1

Bahwasanya pihak kedua telah diangkat sebagai karyawan di perusahaan ini. Oleh sebab itu dengan ditandatanganinya perjanjian kontrak kerja ini maka ketentuan akan berlaku selama pihak  kedua masih ditetapkan sebagai karyawan di perusahaan ini. Segala ketentuan yang akan mengatur sistem kerja akan menjadi bukti perjanjian kerja dan kontrak untuk mengikuti peraturan tersebut.

Pasal 2

Pihak kedua memiliki kewajiban bekerja dengan masa kerja yang telah diatur dan ditetapkan oleh pihak pertama. Selama masa yang telah ditetapkan dalam perjanjian kontrak bahwa pihak kedua akan berhak memangku tugas ini selama dua tahun masa berlaku.

Pasal 3

Pihak Pertama berkewenangan memberikan sanksi atas kesalahan yang dilakukan oleh pihak kedua. Setiap kesalahan dan kekeliruan yang dilakukan secara sengaja maupun tidak disengaja menjadi tanggung jawab dan konsekwensi pihak kedua sebagai karyawan di perusahaan ini.

Pasal 4

Pihak kedua berhak mendapatkan jaminan dan gaji yang layak dari perusahaan ini sebesar Rp 4.000.000 setiap bulannya. Selain itu pihak kedua berhak mendapat tunjangan kesehatan Rp. 1000.000 tiap bulan oleh sebab itu maka pihak kedua berhak mendapatkan upah sebesar Rp. 5.000. 000

Demikian surat perjanjian ini di buat dan diikuti sebaik-baiknya.

 

Pihak Pertama                          Pihak Kedua

Agus Supriono                         Febry


Contoh Surat Kontrak Kerja Sebagai Karyawan Tetap

Contoh Surat Kontrak Kerja Sebagai Karyawan Tetap

 

Pengangkatan status dalam sebuah perusahaan juga selalu ditandai dengan adanya surat perjanjian kontrak kerja yang diperbaharui. setiap pengangkatan pasti akan memberikan berita acara kontrak kerja yang baru pula.  Mari simak contoh surat kontrak kerja dibawah ini:

Surat Kontrak Kerja Sebagai Karyawan Tetap

 

Perusahaan PT Andira Chantika Perkasa

Jln.Waringin Kecamatan Medan Sunggal

(Telp) 0622 768902

Email @andiragmail.com

Surat Keputusan

Nomor//8754302//tetap

Perihal: Pengangkatan Karyawan Tetap

 

Dengan ini yang terhormat kepada :

Nama   : Dian Sajene

Alamat : Km 12 Kampung Sejoli Medan Kota

Sesuai dengan ketetapan surat keputusan perusahaan bahwasanya dengan ini mengangkat saudara diatas menjadi karyawan tetap di perusahaan PT Andira Chantika Perkasa. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan uji akademik yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu perusahaan menetapkan Dian Sajene layak menjadi karyawan tetap.

Menimbang  berdasarkan penilaian dan pengamatan yang mendalam bahwa saudara Dian Sajene memiliki dedikasi dan kriteria yang cukup untuk diangkat sebagai karyawan tetap dengan posisi jabatan sekretaris.

Mengingat kebutuhan perusahaan akan tenaga ahli sekretaris dan berdasarkan anggaran PT Andira Chantika Perkasa.

Dan memperhatikan akan kebutuhan sumber daya manusia yang produktif dan berdedikasi tinggi maka dengan ini kami memutuskan

Mengangkat saudara Dian Sajene menjadi Staff Sekretaris. Dan demikian sebaik-baiknya surat ini dibuat. Dan apabila terdapat kekeliruan dan kesalahan pada surat ini maka pihak perusahaan PT Andira Chantika Perkasa akan memperbaiki sebagaimana ketentuannya yang berlaku. Demikian surat ini dibuat agar di patuhi sebagaimana mestinya.

Medan, 23 Maret 2019

 

PT Andira Chantika Perkasa

Berry Simatupang

Baca Juga: Contoh Surat Resmi dalam Bahasa Sunda


Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Harian Lepas

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Harian Lepas

Surat kontrak kerja untuk pekerjaan harian lepas ini biasanya diberikan pada saat pekerja lolos segala rangkaian seleksi penerimaan. Dengan begitu surat satu ini bisa menjadi acuan mengenai hak, kewajiban dan juga syarat-syarat pekerjaan yang akan dilaksanakan. Berikut inilah contoh surat perjanjian kontrak kerja, antara lain:

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Harian Lepas

SURAT PERJANJIAN KERJA HARIAN

Nomor: 001/Konveksi-Tas-Jember/VIII/2020

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Siswanto, S.H, M.Kn

Jabatan : Manajer

Alamat : Jl. Otto Iskandar Dinata No. 89, Mangli, Kaliwates, Jember, Jawa Timur

Dalam hal ini bertindak atas nama direksi PT. Konveksi Tas Jember yang disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

 

Nama : Nur Hanifa

Tempat Tgl Lahir : Malang, 18 Maret 1989

Pendidikan terakhir : SLTA

Jenis Kelamin : Perempuan

Agama : Islam

Alamat : Jl. Arumdalu No 17, Dinoyo, Malang

No. KTP/SIM : 332510081980002

Telepon : 089876541234

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama diri pribadi dan disebut sebagai PIHAK KEDUA.

 

PASAL 1

PERNYATAAN-PERNYATAAN

Ayat 1

PIHAK PERTAMA telah menyatakan persetujuannya untuk menerima PIHAK KEDUA sebagai pekerja harian dan memenuhi haknya.

Ayat 2

PIHAK KEDUA harus tunduk pada tata tertib, peraturan dan sistem kerja yang berlaku pada perusahaan PIHAK PERTAMA dan telah disepakati.

PASAL 2

RUANG LINGKUP PEKERJAAN

Ayat 1

Pekerjaan yang harus dilakukan PIHAK KEDUA selaku pekerja harian lepas pada PIHAK PERTAMA harus sesuai aturan perusahaan.

Ayat 2

PIHAK KEDUA tidak diperbolehkan untuk mengerjakan pekerjaan lain, kecuali atas persetujuan tertulis dari PIHAK PERTAMA.

PASAL 3

TATA TERTIB

Ayat 1

PIHAK KEDUA harus memenuhi serta mentaati seluruh peraturan tata tertib perusahaan yang telah ditetapkan oleh PIHAK PERTAMA.

Ayat 2

Hari dan jam kerja seorang pegawai akan ditentukan oleh perusahaan dan dapat diubah selama perubahan tersebut tidak bertentangan dengan aturan yang telah disepakati bersama.

PASAL 4

UPAH

PIHAK KEDUA akan menerima gaji sebesar Rp 4.000.000 (empat juta rupiah) per-bulannya dan uang lembur sesuai aturan perusahaan.

PASAL 5

PEMBERHENTIAN KERJA

Apabila PIHAK KEDUA melakukan tindak kriminal yang merugikan PIHAK PERTAMA, maka akan dilakukan tindakan indisipliner kerja dan bahkan diberhentikan dari pekerjaannya walaupun masa kontraknya masih berlangsung.

Jember, 15 Juli 2020

 

Pihak Pertama Pihak Kedua

Siswanto, S.H, M.Kn Nur Hanifa


Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Karyawan Tetap

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Karyawan Tetap

Dalam surat kontrak kerja untuk karyawan tetap, yaitu berisikan seluruh tata aturan, hak, kewajiban dan hal lainnya yang bisa menjadi acuan dalam pelaksanaan pekerjaan. Sehingga nantinya bisa dipertanggungjawabkan oleh kedua pihak yang bersangkutan. Berikut inilah contoh surat perjanjian kontrak kerja, antara lain:

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Karyawan Tetap

SURAT PERJANJIAN KERJA KARYAWAN TETAP

Nomor : 273/SPK-RY/VX/2020

Pada hari ini, Jum’at tanggal 12 bulan September tahun 2020, yang telah bertanda

tangan di bawah ini :

  1. Nama : AHMAD MIRZA

Jabatan : QUALITY CONTROL

Alamat : RT 01 RW 04, DUSUN MOJOSARI, DESA MOJOAGUNG, KEC. KRAMPYANG, KABUPATEN PASURUAN.

dalam hal ini bertindak sebagai PIHAK PERTAMA.

  1. Nama : BAMBANG PRAMONO

NIK : 3514200098556356

Alamat : Jl. Cenderawasih, No. 14, Kota Pasuruan

dalam hal ini bertindak dan diatasnamakan sebagai PIHAK KEDUA.

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah sepakat mengadakan ikatan kerja dengan status sebagai KARYAWAN TETAP yang dimulai dari tanggal 15 Januari 2019 sampai dengan usia

pensiun atau tanggal 15 Januari 2030 untuk pekerjaan di PT. SANDANG APIK Jl. Kencana, Kel. Sengon, Kec. Lekok, Kab. Gresik, dengan ketentuan dan syarat sebagaimana tercantum di bawah ini :

PASAL 1

LINGKUP PEKERJAAN

PIHAK PERTAMA memberi tugas pada PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA pun bersedia untuk menerima tugas dari PIHAK PERTAMA dalam melaksana kan pekerjaan dengan ketentuan yang telah disepakati.

PASAL 2

KEWAJIBAN DAN HAK PARA PIHAK

  1. PIHAK PERTAMA berhak untuk mengatur hari dan jam kerja sesuai kebutuhan pekerjaan. Lalu

PIHAK KEDUA berkewajiban menerima penugasan itu melalui atasan langsungnya.

  1. PIHAK PERTAMA berkewajiban untuk memberikan upah kepada PIHAK KEDUA dengan ketentuan rincian berikut ;

– Gaji pokok = Rp 5.000.000 per bulan

– Tunjangan jabatan = Rp 2.000.000 per bulan (bila ada)

– Tunjangan makan = Rp 500.000 per bulan

– Jasa lembur = Rp 250.000 per jam (bila ada)

  1. PIHAK PERTAMA menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan bagi PIHAK KEDUA dan keluarga yang bekerjasama dengan BPJS. Sehingga oleh karenanya atas biaya yang diakibatkannya akan diatur sesuai dengan perundang-undangan atau peraturan lain yang berlaku.
  2. PIHAK PERTAMA menyediakan fasilitas layanan ketenagakerjaan bagi PIHAK KEDUA yang bekerjasama dengan BPJS. Sehingga oleh karenanya atas biaya yang diakibatkannya akan diatur sesuai dengan perundang-undangan atau peraturan lain yang berlaku.
  3. PIHAK PERTAMA akan memberikan fasilitas lain sesuai dengan jabatan dan hasil evaluasi pimpinan.
  4. PIHAK PERTAMA dibebaskan dari semua tuntutan dari tindakan hukum. Apabila PIHAK KEDUA terlibat hukum pidana atau hukum perdata karena dirinya sendiri.
  5. PIHAK KEDUA berkewajiban patuh dan tunduk pada peraturan perusahaan dan melaksanakan tugas dan pekerjaan sesuai arahan dari pimpinan di atasnya.
  6. PIHAK PERTAMA berhak untuk menilai dan mengevaluasi kinerja dari PIHAK KEDUA sebagai dasar untuk meningkatkan jabatan dan atau gaji PIHAK KEDUA.

PASAL 3

PEMUTUSAN PERJANJIAN

  1. Perjanjian ini berakhir sampai dengan usia pensiun PIHAK KEDUA atau sesuai tanggal yang disepakati sesuai dengan peraturan perusahaan.
  2. PIHAK PERTAMA dapat memutuskan hubungan kerja apabila PIHAK KEDUA melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak sesuai aturan pekerjaan.
  3. PIHAK PERTAMA berkewajiban memberikan ganti rugi, jasa atau tunjangan lainnya apabila PIHAK PERTAMA dan atau PIHAK KEDUA mengakhiri perjanjian kerja atau adanya pemutusan perjanjian.

PASAL 4

PENYELESAIAN PERSELISIHAN

  1. Apabila terjadi perselisihan dalam pelaksanaan kontrak perjanjian ini, maka akan diselesaikan secara musyawarah dan mufakat, dengan mengacu pada surat perjanjian.
  2. Bilamana tidak tercapai kesepakatan, maka kedua belah Pihak setuju untuk mengajukan permohonan penyelesaian perselisihan ke Pengadilan Negeri, yang keputusannya mengikat untuk di tingkat pertama dan terakhir bagi kedua belah Pihak.
  3. Biaya penyelesaian perselisihan ini akan ditanggung oleh pihak yang telah dinyatakan bersalah.

Demikianlah Kontrak Kerja ini dibuat dan disepakati secara bersama. Hal ini untuk dapat menjadi perhatian dan bisa dipertanggungjawabkan.

 

Pihak Pertama Pihak Kedua

EKA ARISTYA AHMAD MIRZA


Contoh Surat Perjanjian Kontrak Masa Percobaan

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Masa Percobaan

Dalam sebuah kontrak kerja masa percobaan, maka menyepakati sebuah perjanjian untuk pekerjaan dalam waktu tertentu, yaitu mulai dari satu sampai enam bulan. Hal ini berguna untuk menilai performa pegawai baru oleh sebuah perusahaan. Berikut inilah contoh surat perjanjian kontrak kerja masa percobaan yang bisa menjadi acuan, antara lain:

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Masa Percobaan

PERJANJIAN KONTRAK MASA PERCOBAAN

Nomor : 156/SPK-MP/VII/2020

Menerangkan bahwa pada hari ini, Senin tanggal 14 bulan November tahun 2020, yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Siti Aminah

Jabatan : Staff IT

Alamat : Jl. Jambu, no. 146, Kota Bekasi

dalam hal ini disebut sebagai PIHAK PERTAMA,

 

Nama : HENDRA GUNAWAN

NIK : 3514205684563451

Alamat : Jl. Mekar, no. 11, Kota Bekasi

dalam hal ini bisa disebut sebagai PIHAK KEDUA.

 

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah sepakat mengadakan ikatan Kontrak Kerja dengan status PERCOBAAN untuk pekerjaan di PT. Robotech, Jl. Mekar, Kel. Gentong, Kec. Mekarsari, Kota Bekasi, dengan ketentuan dan syarat sebagaimana tercantum di bawah ini :

PASAL 1

LINGKUP PEKERJAAN

PIHAK KEDUA bersedia untuk menerima tugas dari PIHAK PERTAMA dalam melaksanakan pekerjaan dengan ketentuan yang berlaku dalam perusahaan.

PASAL 2

JANGKA WAKTU

PIHAK KEDUA melaksanakan Kontrak Kerja ini untuk jangka waktu 3 (tiga) bulan terhitung mulai tanggal 13 November 2020 sampai dengan tanggal 13 Februari 2020.

PASAL 3

KEWAJIBAN DAN HAK PARA PIHAK

  1. PIHAK PERTAMA berhak untuk mengatur hari dan jam kerja dan PIHAK KEDUA berkewajiban untuk menerima hal tersebut.
  2. PIHAK PERTAMA berketentuan untuk memberikan upah kepada PIHAK KEDUA dengan rincian sebagai berikut ;

– Gaji pokok = Rp. 7.000.000 per bulan

– Uang makan = Rp 500.000 per bulan

– Jasa lembur = Rp 350.000 per jam (bila ada)

  1. PIHAK PERTAMA dibebaskan dari semua tuntutan dari tindakan hukum. Apabila PIHAK KEDUA terlibat hukum pidana atau hukum perdata oleh karena dirinya sendiri.
  2. PIHAK KEDUA berkewajiban patuh dan tunduk pada peraturan perusahaan dan melaksanakan tugas dan pekerjaan sesuai arahan dari pimpinan atasnya langsung.
  3. PIHAK PERTAMA berhak untuk menilai dan mengevaluasi kinerja dari PIHAK KEDUA.

PASAL 4

PEMUTUSAN PERJANJIAN

  1. Apabila sebelum masa kontrak kerja berakhir tidak ada pernyataan dari PIHAK PERTAMA tentang kelanjutan kontrak kerja, maka kontrak kerjanya akan berakhir dengan sendirinya.
  2. PIHAK PERTAMA juga dapat memutuskan kontrak kerja apabila PIHAK KEDUA melakukan hal yang telah ditetapkan dalam sanksi di surat perjanjian.

Demikian Kontrak Kerja ini dibuat dan ditandatangani secara bersama untuk bisa dipertanggungjawabkan nantinya.

 

Pihak Pertama Pihak Kedua

  1. Robotech

Hendra Gunawan Siti Aminah

Baca Juga: Contoh Surat Dinas Resmi


Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Karyawan Secara Umum

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Karyawan Secara Umum

Dalam surat perjanjian kontrak kerja untuk karyawan secara umum ini berisikan kesepakatan yang harus ditaati oleh kedua pihak terkait. Hal ini bisa menjadi acuan nantinya ketika terjadi permasalahan pada saat kontrak berlangsung. Berikut adalah salah satu contoh surat perjanjian kontrak kerja karyawan yang bisa dijadikan pedoman, antara lain:

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Karyawan Secara Umum

SURAT PERJANJIAN KERJA

Nomor: xxx/xxxx/xxx/xxxx

Pada hari Rabu tanggal 15 Februari 2020 telah dibuat kesepakatan oleh kedua belah pihak, yakni perjanjian kerja antara:

Nama : Haryanto

Jabatan : Direktur Utama

Alamat : Jl. Kenanga No. 80 Surabaya

Dalam hal ini bertindak dan diatasnamakan sebagai Pihak Pertama.

 

Nama : Siti Khumairah

Tempat Tgl Lahir : Malang, 18 Juli 1994

Jabatan : Sekretaris

Alamat : Jl. Melati No. 90 Malang

Dalam hal ini bertindak atas nama diri sendiri dan disebut sebagai pihak kedua.

 

Kedua belah pihak telah sepakat untuk mengikatkan diri dalam sebuah perjanjian dengan ketentuan sebagai berikut:

PASAL I

KETENTUAN UMUM

  1. Pihak pertama memiliki kuasa penuh atas segala kebijakan serta peraturan dalam perusahaan.
  2. Pihak kedua bersedia menjadi karyawan pada pihak pertama dalam jabatan sekretaris
  3. Kedua belah pihak bersedia mengikuti dan mentaati isi dari perjanjian yang telah disepakati

PASAL II

WAKTU BERLAKU KONTRAK

Surat perjanjian kerja ini berlaku sejak 15 Februari 2020 sampai dengan 17 Maret 2022 selama kurun waktu tersebut pihak kedua akan menjadi karyawan dari PT. Jaya Abadi.

PASAL III

WAKTU KERJA DAN UPAH

Pihak kedua wajib untuk memenuhi waktu kerja selama 8 jam dalam sehari dan 6 hari selama seminggu.

Pihak kedua juga akan menerima upah sebesar Rp 3.500.000,00 dengan tunjangan makan, transportasi dan kesehatan sebesar Rp 2.500.000. Sehingga total gaji pihak kedua sebesar Rp 6.000.000 (Enam juta rupiah).

Surabaya, 15 Februari 2020

 

Pihak pertama Pihak kedua

Haryanto Siti Khumairah


Penutupan

Dengan adanya contoh surat perjanjian kontrak kerja ini akan memudahkan kedua pihak untuk membuat kesepakatan dan memperjelas aturan yang ada. Bahkan bisa menjadi acuan apabila terjadi permasalahan dalam sebuah pekerjaan nantinya. Sehingga pekerjaan menjadi lebih terarah, sesuai aturan kerja yang telah disepakati bersama, serta bisa dipertanggungjawabkan.

Demikianlah beberapa contoh surat kontrak kerja dengan berbagai model, keperluan surat kontrak. Surat kontrak dapat dijadikan dokumen yang sangat penting dan berlaku dalam setiap sistem ketenaga kerjaan.

Sebagaimana peraturan bahwa dokumen kontrak kerja akan menjamin haknya dalam kepegawaian di sebuah perusahaan yang bersangkutan. Surat kontrak adalah bukti yang sah di mata hukum sehingga dapat dijadikan dokumen penting apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Contoh Surat Kontrak Kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *