Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenag

Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenag – Menjadi aparatur sipil negara merupakan idaman sebagian orang. Tak heran jika setiap pendaftaran CPNS dibuka, pelamar begitu membludak. Proses seleksinya juga panjang dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Contoh surat lamaran CPNS kemenag berikut ini akan memaparkan bagaimana format surat lamaran yang baik dan benar sesuai pedoman. Karena menjadi incaran banyak orang, tahap seleksinya sangat ketat. Tak sedikit yang gagal saat masih di tahapan administrasi karena dianggap dokumen yang dikirim tidak lengkap atau belum sesuai ketentuan.

Maka dari itu, pelamar  harus mempersiapkan sebaik mungkin dan selengkap mungkin berkas-berkas yang harus diupload jauh-jauh hari.

Ini untuk menghindari kurangnya dokumen sehingga pelamar harus mengurusnya secara dadakan saat pendaftaran sudah dibuka. Apalagi proses pengurusan dokumen seperti kartu kuning, sertifikat jurusan atau lainnya cukup memakan waktu.


Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenag

Salah satu syarat administrasi yang penting adalah surat lamaran. Karena itu, contoh surat lamaran CPNS kemenag ini bisa dijadikan sebagai referensi saat akan membuat berkas tersebut. Langsung saja, berikut ini selengkapnya.

Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenag Bagian Pembuka

Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenag Bagian Pembuka

Sebenarnya, surat lamaran khusus CPNS mempunyai format tersendiri dan sudah disediakan oleh website resmi tes CPNS. Pelamar hanya perlu mengunduh nya kemudian melengkapi data yang diminta. Tapi bagi yang tidak ingin mengunduhnya, kami sajikan contoh surat, pelamar hanya perlu copy paste saja.

Surat Lamaran CPNS Kemenag Bagian Pembuka

Kepada

Yth. Menteri Agama RI

c.q. Rektor/Ketua___

di

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                            : nama lengkap pelamar

Tempat, tanggal lahir : tempat, tanggal lahir pelamar

Pendidikan Terakhir  : pendidikan terakhir pelamar

Alamat                         :   alamat lengkap pelamar

Nomor Handphone    : nomor handphone yang masih aktif

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Guru


Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenag Bagian isi dan Penutup

Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenag Bagian Isi Dan Penutup

Bagian ini berisi pernyataan bahwa pelamar mengajukan diri untuk mengikuti seleksi CPNS yang diadakan oleh kemenag hingga tanda tangan yang dilengkapi dengan materai. Langsung saja berikut selengkapnya.

Melalui surat lamaran ini, saya bermaksud mengajukan diri untuk mengikuti seleksi tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Agama dengan formasi _________

Surat Lamaran CPNS Kemenag Bagian isi dan Penutup

Saya juga sudah melampirkan sejumlah berkas sebagai bahan pertimbangan, antara lain:

Tanda bukti pendaftaran cpns, fotocopy ijazah beserta transkrip yang sudah dilegalisir, pas photo berwarna ukuran __, fotocopy KTP dan KK, surat bebas narkoba dan kebenaran (serta dokumen lain yang mungkin diminta)

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Jika di kemudian hari, dokumen saya ternyata ada yang palsu, saya bersedia dituntut secara hukum. Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan terima kasih.

Tempat__ tanggal__ bulan__ tahun

Materai

 

Rp. 6.000,-

(Nama lengkap dan tanda tangan)


Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenag (Pernyataan Pendaftaran CPNS Bagian Pembuka)

Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenag Pernyataan Pendaftaran CPNS Bagian Pembuka

Selain surat lamaran, surat pernyataan juga dibutuhkan sebagai salah satu berkas administrasi yang harus ada dalam pendaftaran CPNS. Dokumen ini dibuat saat tanggal pendaftaran, diketik dengan komputer dan ditandatangani dengan tinta hitam.

Surat Lamaran CPNS Kemenag (Pernyataan Pendaftaran CPNS Bagian Pembuka)

SURAT PERNYATAAN

 

Yang bertanda tangan berikut ini

Nama                                      : Nama lengkap pelamar

Nomor Induk Kependudukan : NIK KTP

Domisili                                    : alamat terkini pelamar cpns

Jabatan yang dilamar           : formasi yang dilamar


Contoh Surat Lamaran Pernyataan Kemenag (Pernyataan Bagian Isi Dan Penutup)

Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenag Bagian Isi Dan Penutup

Berisi pernyataan bahwa pelamar selalu menaati pancasila, UUD dan pernyataan lainnya yang bersifat pengabdian. Berikut ini selengkapnya.

Surat Lamaran Pernyataan Kemenag (Pernyataan Bagian Isi Dan Penutup)

Merupakan pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama, dengan ini saya menyatakan bahwa selalu taat pada Pancasila dan UUD seribu sembilan ratus empat puluh lima, Negara Kesatuan Republik Indonesia, berkewarganegaraan Indonesia, sehat secara jasmani dan rohani, bukan pengguna obat-obatan terlarang, tidak pernah melakukan tidak kejahatan dengan hukuman kurungan penjara dua tahun, serta tidak pernah diberhentikan dari pekerjaan secara tidak hormat.

Saya juga bersedia mengabdi pada Kementerian Agama dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja yang ditentukan oleh Kementerian Agama dan tidak meminta atau mengajukan pindah wilayah kerja minimal sepuluh tahun sejak diangkat menjadi ASN.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Jika pada kemudian hari, pernyataan saya ini tidak benar atau melanggar, saya bersedia untuk diberhentikan dari seleksi CPNS.

Hormat saya

 

Nama lengkap dan tanda tangan


Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenag (Format Surat)

Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenag Format Surat

Saat membuat lamaran CPNS, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya yakni dengan membubuhkan materai enam ribu dan tanda tangan dengan tinta hitam. Langsung saja berikut selengkapnya.

Surat Lamaran CPNS Kemenag (Format Surat)

. Bagian awal berisi waktu dan tanggal pendaftaran berupa tanggal waktu dan tahun pelamar menulis surat lamaran tersebut.

. Selanjutnya yakni tujuan surat akan dikirim kemana. Dalam hal ini Kementerian agama di ____

. Kemudian bagian isi terdiri dari identitas pelamar mulai dari nama, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, dan formasi yang dilamar apakah umum, cumlaude, disabilitas atau putra putri Papua. Tuliskan juga jabatan yang dilamar, unit kerja, penempatan dan domisili pelamar.

. Bagian isi juga memuat berbagai berkas kelengkapan yang sudah diunggah, seperti surat lamaran, pernyataan, scan KTP, pas photo, scan ijazah dan transkrip serta akreditasi jurusan dan Universitas, (Serta berkas lain yang mungkin dibutuhkan, sesuaikan dengan persyaratan yang diminta instansi terkait).

. Bagian penutup berisi pernyataan bahwa pelamar menjamin berkas yang diupload asli semua. Jika di kemudian hari, terbukti bahwa data tersebut ada yang tidak benar, maka pelamar bersedia diberhentikan dari kelulusan seleksi CPNS Kemenag. Setelah itu, akhiri dengan tanda tangan dan nama lengkap. Jangan lupa untuk membubuhkan materai enam ribu.


Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenag Tulis Tangan Bagian Pembuka

Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenag Tulis Tangan Bagian Pembuka

Selain diketik menggunakan microsoft word, beberapa Kemenag daerah tertentu meminta pelamar untuk membuat surat lamaran dengan tulisan tangan. Berkas tersebut diharuskan ditulis dengan menggunakan tinta hitam. Langsung saja, berikut contoh surat bagian pembukanya.

Surat Lamaran CPNS Kemenag Tulis Tangan Bagian Pembuka

Tanggal__ bulan__ tahun

Yth

Kementerian Agama __

Di

Alamat Kementerian Agama

 

Yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama                                            : Nama lengkap pelamar

Tempat, Tanggal Lahir             : tempat tanggal lahir pelamar

Nomor Induk Kependudukan : NIK KTP

Pendidikan Terakhir                 : Pendidikan terakhir pelamar

Formasi Dilamar

Jenis : ____ (apa formasi yang akan dilamar, apakah umum, disabilitas, cumlaude atau putra putri Papua.

Tuliskan juga unit kerja dan penempatan yang dilamar dan terakhir domisili pelamar.

Melalui surat ini saya bermaksud mengajukan diri untuk melamar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Agama tahun ____

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat


Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenag Bagian Isi dan Penutup

Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenag Bagian Isi Dan Penutup 1

Bagian ini berisi apa saja dokumen kelengkapan yang sudah diunggah sampai dengan penutup surat yang diakhiri dengan tanda tangan. Langsung saja, berikut selengkapnya.

Surat Lamaran CPNS Kemenag Bagian Isi dan Penutup

Sebagai bahan pertimbangan, disampaikan berkas kelengkapan yang telah diunggah, antara lain:

. Surat lamaran yang ditulis tangan dengan tinta hitam, ditujukan kepada Menteri Agama.

. Scan KTP pribadi dan orang tua, Ijazah, transkrip dan sertifikat lain yang dibutuhkan

. Pas Photo

. Scan akta kelahiran dan akreditasi jurusan serta Universitas serta surat keterangan sehat.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Jika suatu hari ditemukan data yang invalid atau dianggap palsu, saya akan menerima konsekuensinya yakni diberhentikan dari seleksi CPNS Kementerian Agama. Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Nama lengkap dan tanda tangan

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Security


Tips Pendaftaran CPNS Kemenag Agar Lolos Seleksi Administrasi

Tips Pendaftaran CPNS Kemenag Agar Lolos Seleksi Administrasi

Selain format surat lamaran, tips pendaftaran CPNS berikut penting untuk diketahui. Ini sangat berguna agar proses pendaftaran bisa berjalan lancar dan tanpa kendala. Langsung saja, berikut beberapa tipsnya.

1. Pastikan Telah melakukan Pendaftaran secara Online

Sebelum membuat surat lamaran, pastikan sudah melakukan pendaftaran secara online di situs seleksi CPNS yakni SSCN BKN. Caranya mudah, begitu pendaftaran dibuka, kunjungi laman tersebut kemudian klik registrasi. Lanjutkan dengan mengisi NIK dan nomor seri KK.

Jika sudah, pelamar akan diminta untuk mengisi email aktif, alamat sesuai KTP dan juga password yang nantinya digunakan sebagai login. Setelah itu, unggah pas photo format JPG dengan ukuran maksimal 200 Kb.

Setelah proses registrasi selesai, cetak kartu pendaftaran untuk digunakan sewaktu-waktu. Pelamar bisa langsung login ke akun yang sudah dibuat tersebut kemudian ikuti langkah-langkah pendaftaran yang harus dilakukan selanjutnya.

2. Jangan Mendaftar Lewat Handphone

Tips pertama yakni jangan melakukan pendaftaran CPNS lewat smartphone. Karena, desain user interface situs memang didesain maksimal untuk tampilan PC. Karena itulah sebisa mungkin lakukan pendaftaran lewat PC untuk meminimalisir salah input dan data yang crash.   

3. Unduh dan Baca Buku Panduan

Bagi yang masih bingung berkas apa saja yang harus dilengkapi saat proses pendaftaran, tak perlu khawatir karena BKN menyediakan ebook yang bisa diunduh. Jika ada pertanyaan, pelamar juga dapat bertanya langsung kepada instansi terkait tujuan pelamar. Pasalnya, tiap instansi punya ketentuan dan persyaratan yang berbeda.

4. Perhatikan Ukuran File

Sebelum mengunggah data di laman pendaftaran, pelamar perlu memperhatikan ukuran dokumen yang akan diupload. Jangan terlalu kecil atau besar, karena jika terlalu besar, proses upload akan gagal, sementara jika terlalu kecil gambar akan buram.

Perhatikan persyaratan ukuran file yang diunggah, misalnya scan KTP, pas photo, swafoto maksimal 200 Kb. Sementara scan surat lamaran maksimal 300 Kb kemudian untuk file ijazah, transkrip, maksimal 500 kb. Untuk scan dokumen pendukung, ukuran paling besar file yakni 800 Kb.

5. Kompres File

Jika berkas pelamar mempunyai ukuran yang terlalu besar dari batas yang ditetapkan, maka kompres file dibutuhkan. Pelamar dapat melakukan kompres secara manual melalui microsoft paint ataupun aplikasi online seperti ilovepdf misalnya. 

6. Lakukan Verifikasi Ulang Jika Dinyatakan Tidak Lolos Sementara Berkas Lengkap

Jika ternyata dokumen sudah lengkap dan benar tetapi pihak seleksi menyatakan pelamar tidak lolos di tahap administrasi, verifikasi ulang bisa dilakukan. Pelamar nantinya akan diberikan waktu sanggah.

Pelamar dapat menyanggah pengumuman seleksi administrasi pada waktu yang sudah disediakan, maksimal tiga hari setelah pengumuman. Verifikasi ulang nantinya dilakukan oleh panitia pelaksana instansi tempat pelamar mendaftar. Keputusan selanjutnya akan keluar paling tidak satu minggu setelah habisnya waktu sanggah.

7. Lihat Format Resmi

Sebelum membuat surat lamaran, sebaiknya unduh format surat yang ada di website seleksi CPNS terlebih dahulu. Hal tersebut untuk menghindari perbedaan format atau isi yang akan membuat surat lamaran ditolak.

Setiap instansi mempunyai ketentuan yang berbeda tergantung posisi yang dilamar. Jika ingin mendaftar ke Kementerian Agama, hanya perlu mengunjungi website Kemenag resmi kemudian cari contoh surat lamaran dan unduh.

8. Hindari Salah Ketik atau Typo

Perhatikan dan pastikan bahwa surat yang dibuat sudah benar, tidak ada salah ketik sekecil apapun itu. Karena seleksi CPNS mempunyai peminat yang begitu besar, seleksinya pun sangat ketat. Jika ada kesalahan sedikit saja pada penulisan, pelamar mungkin tidak diberikan kesempatan lolos seleksi administrasi.

Untuk itulah, pelamar perlu mengecek ulang surat sebelum mengirimkannya. Jangan terburu-buru saat mengetik maupun menulis dengan bolpoin. Jika menulis secara manual dengan tulisan tangan, hindari penggunaan correction tape atau tipe ex. Saat ada kesalahan sedikit saja, pelamar perlu menulis ulang menggunakan lembar baru.

9. Lampirkan Dokumen Sesuai Persyaratan yang Diminta

Selain membuat surat lamaran, sejumlah dokumen juga perlu dilampirkan. Berkas juga harus dituliskan pada bagian isi surat. Beberapa berkas yang diminta biasanya yakni fotokopi KTP, ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir. Kelengkapan lainnya yakni pas photo, fotokopi akta lahir, KTP orang tua dan sebagainya.

Sesuaikan dokumen dengan syarat yang diminta instansi terkait. Cek kelengkapannya, jika ada yang salah atau terlewat satu saja, maka pelamar mungkin tidak bisa lolos tahap administrasi. Karena itulah jangan sampai melewatkan satupun dokumen yang diminta. Jika lengkap maka dijamin, peserta dapat lolos dan bisa lanjut ke seleksi berikutnya.

10. Perhatikan Ukuran Kertas dan Margin

Jika membuat surat lamaran CPNS dengan cara diketik, pelamar perlu memperhatikan ukuran kertas. Pastikan kertas berukuran A4 dengan margin menyesuaikan format surat lamaran yang diminta.

Untuk mengaturnya, pelamar dapat membuka menu page layout pada jendela microsoft word. Atur juga format penulisan mulai dari font, jenis font, spasi dan juga paragrafnya. Biasanya font untuk lamaran kerja yakni Times New Roman dengan ukuran huruf 12 pt.  Sementara spasi yang digunakan 1,5 pt dengan bentuk paragraf rata kanan kiri.

11. Tuliskan Keterangan Waktu Pembuatan Surat Di Bagian Kanan Atas

Jangan lupa untuk menuliskan tanggal serta pembuatan surat pada bagian kanan atas. Tanggal yang dimaksud yakni saat pelamar melakukan pendaftaran secara online, bukan saat surat tersebut dibuat. Jangan sampai salah ketik ya, karena mungkin saja berakibat fatal seperti ditolaknya surat.

12. Scan Surat Lamaran

Tuliskan juga nama lengkap dan tanda tangan yang disertai materai enam ribu pada surat lamaran setelah di print tentunya. Namun sebelum itu, coba cek ulang kembali. Baca surat dari awal hingga akhir dengan teliti untuk menghindari adanya typo.

Jika menurut pelamar tidak ada kesalahan tulis, coba minta saudara atau teman terdekat untuk mengeceknya kembali. setelah dirasa sudah sempurna dan tidak ada typo sekecil apapun itu, saatnya untuk mencetak surat lamaran. Gunakan printer yang mempunyai tinta jelas untuk mencetak, jangan gunakan printer photocopy.

Setelah dicetak, bubuhkan materai kemudian tanda tangan. Jangan lupa juga untuk menuliskan nama jelas dibawah tanda tangan tersebut. Setelah itu, saatnya di scan. Semua berkas termasuk surat lamaran memang perlu di scan karena harus diunggah ke laman pendaftaran CPNS yakni SSCN BKN atau Sistem Seleksi CPNS Nasional Badan Kepegawaian Negara.


Penutupan

Nah, itulah contoh surat lamaran CPNS Kemenag serta sejumah tips pendaftaran yang mungkin berguna bagi masyarakat yang berencana ikut tes seleksi CPNS. Contoh diatas hanyalah sebagai referensi, jika ingin lebih yakin cobalah untuk mengunjungi website resmi Kementerian Agama.

Disana ada contoh format surat lamaran khusus yang dikeluarkan oleh penyelenggara dalam hal ini Kemenag. Format tersebut juga sudah menjelaskan secara detail hal-hal apa sajakah yang harus dicantumkan dalam surat lamaran.

Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenag

Tinggalkan komentar