1. Lezgetreal
  2. »
  3. Dokumen
  4. »
  5. Surat Penawaran
  6. »
  7. Contoh Surat Penawaran Kerjasama Event Organizer

Contoh Surat Penawaran Kerjasama Event Organizer

Contoh surat penawaran kerjasama event organizer secara resmi, dibuat berdasarkan ketentuan yang dibuat oleh marketing dari manajer, yang secara lengkap telah ditetapkan untuk memudahkan para pebisnis pemula di bidang event organizer untuk selalu menjalankan bisnis kerjasama.

Agar berjalan optimal tanpa adanya kesulitan, sehingga surat penawaran sesuai dengan aturan yang berlaku. Sebenarnya banyak beberapa contoh surat penawaran tipe event organizer yang sering digunakan di dalam bekerja, sehingga hal ini akan memudahkan bagi pemilik dan pihak perusahaan tersebut dapat menjalin kerjasama dengan mudah antara satu instansi dengan instansi lainnya.

Adapun pada penetapan EO atau Event Organizer, bertujuan untuk melaksanakan event agar lebih berpengalaman. Event organizer adalah salah satu event yang sering sekali dilakukan oleh para pemilik usaha, agar mendapatkan modal terbaik dalam memulai usaha tersebut.

Bukan itu saja, dalam acara ini juga terkadang penting sekali bagi setiap orang, untuk meminjam peralatan ataupun furniture lainnya yang diperlukan, karena tidak semua pemilik usaha memiliki atribut tersebut.


Mengenal Surat Penawaran Lebih Jauh

Mengenal Surat Penawaran Lebih Jauh

Pada implikasi pembuatan surat penawaran tersebut, diikuti dengan pembuatan jasa event organizer (JEO) dengan model MICE (Meetings, Incentives, Conferents, dan Events), dimana contoh surat penawaran kerjasama Event Organizer tersebut, biasanya dimanfaatkan untuk membuat event-event berskala besar ataupun kecil, baik itu dalam ukuran nasional maupun internasional. Semua tergantung kepada budgeting yang dimiliki.

Surat penawaran event organizer sejatinya merupakan salah satu jenis dari surat yang sering sekali digunakan, untuk tujuan menawarkan berbagai macam bentuk barang dan jasa, melalui adanya kerjasama dari perusahaan itu sendiri. Sehingga, ada relasi khusus yang bisa terbangun antara perusahaan dan klien sehingga semakin terbuka melalui kerjasama antara para distributor.

Surat penawaran event organizer, sejatinya merupakan salah satu jenis dari surat yang sering sekali digunakan untuk tujuan menawarkan berbagai macam bentuk barang dan jasa, melalui adanya kerjasama dari perusahaan itu sendiri. Sehingga, ada relasi khusus yang bisa terbangun antara perusahaan dan klien sehingga semakin terbuka melalui kerjasama antara para distributor.

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Kerjasama Event Organizer


Cara Membuat Surat Penawaran Yang Benar

Untuk memulai pembuatan surat penawaran event organizer atau EO, maka penting sekali bagi para pebisnis untuk menentukan cara membuat surat penawaran yang tepat dan juga benar. Dimana, kebenaran tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan dari pemilik usaha, sehingga bisa membuat usaha EO dengan benar. Diantaranya meliputi sebagai berikut, yaitu :

Membuat Identitas Perusahaan dan Jumlah Stok

Membuat Identitas Perusahaan Dan Jumlah Stok

Cara membuat surat penawaran Event Organizer (EO) yang pertama adalah membuat identitas perusahaan dengan cara melampirkan pertama kali bentuk dari surat penawaran berisikan banyak sekali identitas dari beberapa kategori yang diambil dari pengirim melalui beberapa macam surat penawaran yang bersumber dari banyak identitas para klien dengan mencantumkan dengan jelas identitas . Contoh Surat Pernyataan Event Organizer:

Membuat Identitas Perusahaan dan Jumlah Stok

PT. INTAN MANAJEMEN
Jl. Panam Km. 50 Pekanbaru Riau
Telp (0271) 3288, Fax (0126) 189127

Pekanbaru, 12 Maret 2019

 

Nomor             : 680 PBj/XXX/2019

Lamp               : 2 Lembar

Hal                  : Penawaran Jasa

 

Kepada Yth.

Manajer Indah Wedding Organization

Jl. Panam No. 15 Pekanbaru

Riau

 

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini perkenalkan kamu merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam jasa catering,  kami bermaksud untuk menawarkan jasa kami untuk perusahaan Bapak/Ibu. Kami akan memberikan harga yang kompetitif dan juga sangat menarik. Kami juga tak segan-segan akan memberikan harga khusus bagi perusahaan Bapak/Ibu bila akan menggunakan jasa dari perusahaan Kami.

Makanan dari kami dijamin kualitasnya dan juga dimasak oleh para juru masak yang handal. Kami juga menggunakan bahan-bahan yang berkualitas untuk menjamin rasa, kami juga telah mendapatkan sertifikat halal dari pihak yang berwenang. Untuk jenis-jenis makanan yang kami tawarkan, dapat Bapak/Ibu lihat pada berkat yang telah kami lampirkan pada surat ini.

Demikianlah surat penawaran ini kami buat. Saya tunggu kabar dari Bapak/Ibu untuk selalu menggunakan jasa dari kami. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Promotion Relation Staff

Fenty Marisa Sari

Berikutnya, cara dalam membuat surat penawaran dalam event organizer adalah menjelaskan dengan terperinci jumlah dari barang stok yang dimiliki. Ini akan memberikan kemudahan bagi para klien dalam memahami segala macam kemampuan dari para pengirim tersebut dalam mengirim barang yang ada, dimana nantinya akan memberikan jalinan kerjasama antara para pemilik usaha dan pembeli.


Menyebutkan Kegunaan Produk

Membuat Identitas Perusahaan Dan Jumlah Stok

Saat menjelaskan bentuk penawaran dari EO tentu saja mampu menyebutkan seberapa besar jumlah dari stok barang yang dimiliki, diantaranya adalah melampirkan jumlah stok tersebut dengan tujuan negara dalam memudahkan banyak klien dalam membantu memahami banyak kemampuan para pengirim dalam hal mengirim suatu barang, nantinya ini juga bertujuan menjalin kerjasama dengan pertimbangan klien.

Menyebutkan Kegunaan Produk

CAHAYA ABDI SENTOSA
Jalan Cipto V No.60 Jatiraya Pondok Gede Bekasi
Telepon (021) 4577321 Fax Email (021)3889121
[email protected]

Jakarta, 02 Juli 2015

No.                  : 001/HIMA-S1/VII/2015

Lampiran         : 2 Lembar

Perihal             : Undangan Seminar

 

Yth. PT Buatan Kusuma

Jalan Cipto V No.60

Bekasi

Jakarta

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang kami dapatkan bahwa PT. Buatan Kusuma segera akan membuka kantor abang bisnis properti di Bandung. Maka dari itu, melalui surat ini, kami dari pihak Event Organizer Valasta menawarkan barang untuk melengkapi alat perlengkapan pada acara tersebut. Berkaitan dengan hal ini, barang yang disewakan adalah komputer buatan Korea.

Proses pembayaran dapat dilakukan 60% dimuka untuk pelunasan barang dilakukan sebulan setelah barang diterima . Agar lebih jelas, bersama itu kami lampirkan daftar harga dan brosur, sesuai dengan budgeting yang dimiliki oleh Bapak/Ibu sekalian. Demikian surat penawaran ini kami ajukan, atas perhatian dan kerja saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami

 

Cahaya Abdi Sentosa

Sarina Dewi Anggraini, S.E

Ini bagian terpenting membuat surat penawaran. Dimana, menjelaskan beberapa produk yang ada,, sehingga memudahkan pengusaha dibidang EO untuk memberikan kemudahan stok yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat tidak terpenuhi dengan maksimal, jika pasokan dari kebutuhan tersebut dengan rutin. Bahkan dalam hal ini, penting sekali pemilik usaha menetapkan secara tepat keseluruhan isi produk.


Menjelaskan Harga Yang Pas

Menjelaskan Harga Yang Pas

Memberikan penjelasan secara tepat dan akurat tentang keseluruhan isi produk yang sedang ditawarkan. Adapun, berbagai macam model dari spesifikasi produk tersebut adalah pilihan dari sebagai produk yang diberikan. Sebagian besar dari jenis produk menjadi salah satu keseluruhan pilihan, agar mampu memenuhi kebutuhan dari klien, diantaranya adalah memberi peluang alternatif yang tepat.

Menjelaskan Harga Yang Pas

AIR CONDITIONER CONTRACTOR – SALES SERVICE

No. : 003/XCV-PST/2019

Hal : Permohonan harga barang dan jasa service

 

Kepada

Yth. PT Perkasa Kurnia

Jakarta

 

Dengan hormat

Bersama surat ini kami mengajukan penawaran harga perawatan dan jasa service Air Conditioner (AC), sesuai dengan permintaan penawaran sebelumnya yang kami terima untuk pengerjaan perawatan AC di toko yang berlokasi di Jakarta. Berikut ini daftar harga yang kami tawarkan (belum termasuk sparepart AC lainnya) yaitu :

No Keterangan (Service Only) Qty (Unit) Harga (Rp)

  1. Service AC 1 Rp. 50.000
  2. Tambah Freon 1 PK (R22) 1 Rp. 55.000
  3. Tambah Freon 1 PK Inverter 1 Rp. 110.000
  4. Tambah Freon 2 PK (R22) 1 Rp. 80.000
  5. Tambah Freon 2PK Inverter 1 Rp. 125.000
  6. Isi Ulang Freon 1 PK 1 Rp. 155.000
  7. Isi Ulang Freon 1 PK Inverter 1 Rp. 200.000
  8. Isi Ulang Freon 2 PK 1 Rp. 250.000
  9. Isi Ulang Freon 2 PK 1 Rp. 300.000
  10. Jasa Pemasangan AC 1 Rp. 160.000
  11. Jasa Bongkar AC 1 Rp. 90.000

Demikianlah penawaran ini kami sampaikan, besar harapan kami Bapak / Ibu sudi untuk mempertimbangkannya. Atas waktu dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat saya

 

Azis Nafri

Direktur PT. Mandiri Teknik Buana

Hal lain yang harus dilengkapi dalam membuat surat penawaran EO yaitu memberikan harga yang khusus agar pembelian menjadi optimal, dimana harga adalah sesuatu yang sedikit krusial sehingga harus benar-benar dipertimbangkan dan dikaji kembali. Sehingga harga dan keuntungan tidak berbanding berbeda, namun justru akan terlihat lebih seimbang dan membuat klien tidak merugi.

Harga juga menjadi sesuatu yang harus lebih ditonjolkan di dalam surat penawaran tersebut. Dimana, ini memudahkan bagi pihak yang dituju dapat melihat seberapa besar harga yang diberikan namun tidak merugikan kedua pihak. Karena itu, pilihlah harga yang biasa namun tidak terlalu tinggi. Sehingga, sesuai budgeting atau penawaran khusus yang ditawarkan.


Memberitahu Tata Cara Melakukan Pembayaran

Memberitahu Tata Cara Melakukan Pembayaran

Cara membuat surat penawaran Event Organizer lainnya, adalah menuliskan dan memberitahu dengan akurat tentang tata cara untuk bisa melakukan pembayaran, yang nantinya akan menghasilkan kesepakatan di dalam pembayaran yang ada, dan ini juga akan menjadi salah satu bentuk perjanjian yang sah, serta dapat mempengaruhi terjalinnya kerjasama yang erat.

Memberitahu Tata Cara Melakukan Pembayaran

SENTOSA GROUP
Jalan Raya Kasuari No.4 Kuningan Jakarta
Telepon (021) 4577321 Fax Email (021)3889121
[email protected]

Jakarta, 04 Juli 2017

No. : 001/SGP/VII/2017

Lampiran : 2 Lembar

Perihal : Pelantikan Manajer

 

Yth. PT Capella Honda

Jalan Cipto V No.60

Lebak Bulus

Jakarta

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan penyambutan manajer baru pada PT. Capella Honda cabang Lebak Bulus, Jakarta Utara, maka dari itu kami dari perusahaan event organizer ingin menawarkan kerjasama dalam memberikan penyediaan perlengkapan untuk acara. Adapun perlengkapan yang disediakan berupa sound system, meja undangan, kursi undangan, catering makan siang dan Snack serta lainnya yang diperlukan.

Adapun dalam pemilihan bentuk model dan warna bisa disesuaikan dengan minat dari perusahaan PT. Capella atau yang bersangkutan. Berkaitan dengan rencana ini, maka dari itu kami ingin memberitahu bahwa barang-barang yang kami sewakan, agar memiliki kualitas terbaik dan sangat luar biasa, serta tidak akan mengecewakan bagi para pelanggan.

Dengan bahan-bahan yang merupakan buatan asli luar negeri dengan dibuat oleh teknologi canggih asal Jepang. Hanya dengan uang muka sebesar 50% maka barang bisa disewakan.

Demikian surat penawaran ini kami ajukan, atas perhatian dan kerja saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Direktur PT. Sentosa Group

Fadilah Hanum, S.W

Setelah itu, jika dari setiap perusahaan EO memiliki banyak kriteria pembayaran masing-masingnya, ini tentu saja akan memberikan penjelasan tentang tata cara dari bentuk pembayaran yang terletak di awal. Bukan itu saja, dari banyak tata cara pembayaran yang dipilih juga dimulai dari bentuk pembayaran yang bisa dilunaskan di depan, dengan menawarkan adanya DP.

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Barang Furniture


Jelaskan Masalah Pengiriman Barang Yang Akan Terjadi

Jelaskan Masalah Pengiriman Barang Yang Akan Terjadi

Dalam tahap ini serta kan info khusus mengenai permasalahan dari masalah pengiriman barang yang akan didapatkan , dan ini tentu juga menjadi cara wajib dalam mencantumkan dalam canyak modal surat penawaran yang ada, dengan menyertakan bahwa proses pengiriman eta dengan masalah pembayaran yang terjadi, tentu saja perjanjian disesuaikan dengan kesepakatan.

Jelaskan Masalah Pengiriman Barang Yang Akan Terjadi

PERMATA SARI TBK
Jl. Palam Km. 50 Sumedang Jawa Barat
Telp (0271) 3288, Fax (0126) 189127

Sumedang, 13 Maret 2020

Nomor : 680/PMT/XX/2020

Lamp : 2 Lembar

Hal : Penawaran Jasa EO

 

Kepada Yth.

Kepala Daerah Kota Sumedang

Sumedang

Jawa Barar

Dengan hormat,

 

Bersamaan melalui datangnya surat ini kami dari perusahaan yang bergerak dibidang catering meminta izin kepada bapak untuk menawarkan jasa yang kami miliki untuk menjalin kerjasama bersama pemerintah kota Sumedang dalam menyelenggarakan acara ulang tahun kota Sumedang. Dimana aneka makanan yang kami miliki beraneka macam. Selain itu, dengan surat ini kami juga memberikan harga yang murah .

Kami juga memberikan paket hemat yang bisa dipilih sesuai dengan jumlah yang dimiliki dan kebutuhan acara, dengan kualitas menarik. Dengan demikian ini semakin memberikan kepuasan dan juga kemudahan. Tidak hanya itu, makanan yang dipilih juga memiliki banyak variasi. Bisa makanan tradisional, western Eropa, ataupun masakan nasional lainnya yang disesuaikan dengan selera yang dimiliki perusahaan tersebut.

Demikianlah surat penawaran ini kami buat. Saya tunggu kabar dari Bapak/Ibu untuk selalu menggunakan jasa dari kami. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

 

Promotion Relation Staff

Feby Agustina

Lalu, menyertakan juga sekiranya apa saja barang yang akan mengalami masalah tersebut dan faktor yang mengawali masalah itu bisa terjadi. Misalnya meliputi metode dari transportasi yang digunakan dan lain-lainnya, bagaimana barang tersebut bisa dikemas dengan baik, serta terakhir adalah model konsep dari penjualan tersebut, agar sampai tujuan.[/su_box]

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Catering


Mempunyai Sifat Penawaran Bersama Klien

Mempunyai Sifat Penawaran Bersama Klien

Setiap pengusaha yang membuat surat penawaran tersebut harus mempunyai sifat penawaran yang pas dengan klien yang dituju, dimana pada sifat yang dituju nantinya harus memiliki bentuk penawaran yang saling terikat, antara perusahaan dan juga klien yang diajak kerjasama saat akan melakukan pengiriman barang, baik berukuran besar dan kecil.

Mempunyai Sifat Penawaran Bersama Klien

HIMA PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNRI
Jalan Bina Krida Panam Pekanbaru
Telepon (021) 4577321 Fax Email (021)3889121
[email protected]

Jakarta, 10 Januari 2020

No. : HSJ/2XY/XX/2020

Lampiran : 2 Lembar

Perihal : Permohonan Biaya Event Organizer

 

Yth. Ketua Program Studi Pend.Sejarah

Jl. Bina Krida Panam

Pekanbaru

Assalamualaikum

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan acara pelantikan pengurus pada Himpunan Mahasiswa (HIMA) Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Riau, dengan ini kami sebagai pengurus ingin menginformasikan kepada Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah, bahwa kami dari pengurus ingin melaksanakan acara Musyawarah Besar bagi kepengurusan HIMA periode 2019/2020.

Oleh karena itu, disini kami membuat permohonan kepada Bapak sekaligus ketua Program Studi Pendidikan Sejarah, sekiranya memberikan kami izin untuk mengajukan permohonan biaya terhadap acara tersebut, untuk memesan perlengkapan event Organizer yang dibutuhkan.

 

Demikianlah informasi tentang permohonan biaya ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

Wassalam ualaikum, wr.wb

Hormat kami,

 

Ketua HIMA Pend.Sejarah

Amiluddin


Dari beberapa penawaran yang tidak terikat atau penawaran yang bersifat bebas tersebut, memiliki bentuk penawaran yang bisa dilakukan kapan saja, apabila dari salah satu perubahan harga ataupun jumlah produk yang dimiliki tidak wajib diantaranya untuk saling memberitahu yang terjadi, sehingga bisa dikatakan penawaran bebas.

Itulah tadi contoh dari bentuk surat penawaran yang bisa dicoba, semoga ini bisa memberikan pedoman bagi seluruh pemilik usaha dapat memiliki usaha terbaik dalam mengembangkan modal agar berjalan baik. Intinya, dalam pembuatan surat tersebut, perhatikan secara seksama syarat-syarat yang dipenuhi, agar hasil bagus.

Demikianlah informasi khusus tentang contoh surat penawaran kerjasama Event Organizer (EO) yang benar dan tepat. Semoga ini, bisa menjadi motivasi dan dukungan terbaik bagi seluruh para pengusaha pemula agar dapat membuat surat penawaran ini dengan benar dan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan yang tepat. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Contoh Surat Penawaran Barang Furniture

Tinggalkan komentar