Contoh Surat Penawaran Proyek

Contoh Surat Penawaran Proyek – Ketika memiliki sebuah usaha baik itu produk maupun jasa,  tentu memerlukan sebuah penawaran agar konsumen bisa mengetahui produk yang kita miliki.  Sama halnya ketika memiliki ide untuk membuat sebuah proyek tertentu, perlu adanya penawaran agar rencana proyek bisa segera terealisasi. 

Ketika bingung bagaimana membuat penawaran proyek tersebut, simak ulasan mengenai contoh surat penawaran proyek yang ada di bawah ini. Perlu diketahui bahwa setiap bisnis mengharuskan tawaran secara teratur.  Hal ini dikarenakan semakin banyak tawaran yang kita lakukan, akan banyak peluang usaha yang bisa dilakukan. 

Tentunya peluang tersebut akan menjadikan bisnis semakin memiliki pendapatan yang banyak.  Dengan adanya surat penawaran ini menjadikan kunci utama terlebih ketika menjalankan bisnis maupun sebuah proyek.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui ketika hendak membuat surat penawaran ini. Pasalnya salah dalam melakukan penawaran akan menjadikan usaha yang dilakukan sia-sia. Pemahaman yang tepat dalam melakukan penawaran menjadikan kelancaran dalam menjalankan bisnis.  Agar tidak salah dalam membuat surat penawaran ini, simak ulasannya berikut ini!


Mengenal Apa Itu Surat Penawaran

Mengenal Apa Itu Surat Penawaran

Berbicara mengenai sebuah surat,  tentu yang ada di lintasan pikiran kita yaitu sebuah kertas yang berisikan sebuah tulisan tertentu dan ditujukan kepada orang lain. Sama halnya dengan surat penawaran,  surat ini merupakan sebuah surat yang digunakan untuk melakukan penawaran sebuah produk dan ditujukan kepada orang lain. Adanya pembuatan surat ini bertujuan agar seseorang bisa mengetahui produk maupun jasa yang kita. 

Dokumen tertulis ini ditujukan agar pelanggan bisa mengetahui dan menggunakan produk serta jasa yang ada.  Bahkan ketika seseorang melakukan penawaran ini, konsumen bisa menjadi pelanggan tetap dan kerjasama dalam rentang waktu yang lama.  

Surat penawaran akan memberikan gambaran dan juga pemahaman orang lain mengenai bisnis yang kita jalankan. Tanpa adanya penawaran seseorang tidak akan mengetahui dengan jelas bagaimana kinerja yang kita lakukan. 


Fungsi Surat Penawaran

Fungsi Surat Penawaran

Pada dasarnya ketika kita mengirimkan surat penawaran,  tentu bertujuan untuk melangsungkan sebuah kerjasama antara dua belah pihak.  Agar lebih paham mengenai fungsi surat penawaran ini, berikut penjabarannya:

  • Sarana memperkenalkan produk kepada calon konsumen
  • Menjalin kerjasama atau relasi dalam usaha atau bisnis yang berbeda
  • Mampu meningkatkan pemasaran dari produk maupun jasa

Hal Penting Ketika Membuat Surat Penawaran

Hal Penting Ketika Membuat Surat Penawaran 1

Pemahaman akan membuat surat penawaran memang perlu ditekankan.  Hal ini karena bisa sebagai sarana pemasaran dan kunci dalam sukses tidaknya ketika melakukan pemasaran.  Ada beberapa hal penting ketika hendak membuat surat penawaran ini, diantaranya:

  • Nama Perusahaan Jelas.  Untuk yang satu ini menjadi hal penting ketika hendak melakukan sebuah penawaran. Pastikan mencantumkan identitas atau profil singkat kepada calon konsumen agar memahami perusahaan yang anda kelola. 
  • Jumlah Kebutuhan. Mencantumkan jumlah kebutuhan baik itu barang maupun stok akan memudahkan calon konsumen memperkirakan berapa besar kebutuhan yang ada 
  • Merek.  Sebuah merek menjadi kunci ketika hendak menawarkan produk.  Pastikan untuk mencantumkan merek dan juga keunggulan dari produk maupun jasa yang ditawarkan. 
  • Harga Khusus. Ketika melakukan penawaran,  mencantumkan harga khusus akan membuat konsumen tertarik dan tidak berpikir panjang hal ini menjadi sangat penting ketika hendak melakukan sebuah penawaran tidak lain proyek. 
  • Syarat pembayaran. Dalam melakukan penawaran tentu membutuhkan sebuah closing.  Nah, ketika seseorang tertarik dan hendak melakukan pembayaran,  pastikan tercantum bagaimana konsumen bertindak. Seperti halnya DP,  pembayaran kontan, maupun pembayaran ditempat. Hal ini menjadikan konsumen tidak bingung.
  • Kelengkapan Administrasi. Saat ini administrasi menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangan dalam usaha bisnis apapun.  Pasalnya dengan memiliki sebuah izin usaha akan memberikan seseorang lebih bertanggung jawab serta bisa dipercaya. Cantumkan nomor izin usaha serta administrasi yang lain agar konsumen bisa lebih percaya kepada anda. 

Membuat Surat Penawaran Proyek 

Membuat Surat Penawaran Proyek 

Dalam sebuah surat penawaran tentu harus mencakup beberapa informasi pendukung yang menjadikan surat tersebut bisa memiliki bobot tinggi.  Ada beberapa hal yang harus ada ketika membuat surat penawaran ini. Salah satu hal yang harus ada yaitu kop surat. Bagian surat ini memiliki peran penting karena menjadi identitas dari sebuah perusahaan.  

Selain kop surat pastikan juga penerima surat dan juga isi yang berisi tentang penawaran barang secara detail.  Pastikan ketika hendak membuat surat ini diisi secara jelas dan mudah dipahami. Tambahkan pula kalimat persuasi yang bisa membujuk seseorang untuk menerima penawaran yang kita lakukan. Terlebih ketika penawaran yang dilakukan merupakan sebuah proyek,  adanya pemilihan bahasa yang jelas perlu diutamakan.  

Dalam membuat surat penawaran juga harus menyertakan owner atau pemilik dari perusahaan yang mana bertanggung jawab atas proses pekerjaan tersebut.  Kontraktor serta nilai penawaran juga tidak boleh ditinggalkan. Ketika sebuah nilai penawaran yang memuat rencana anggaran biaya (RAB) telah dibuat,  saatnya untuk melakukan klasifikasi. Syarat dan ketentuan juga bisa menjadi bahan pertimbangan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.  

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Proyek


Contoh Surat Penawaran 

Dengan adanya gambaran mengenai surat yang harus dibuat tentunya akan memberikan kemudahan ketika melakukan penawaran baik itu produk maupun jasa. Agar lebih jelas ketika hendak membuat surat penawaran ini,  simak contoh surat penawaran proyek berikut ini! 

Contoh Surat Penawaran Proyek Pembangunan

Contoh Surat Penawaran Proyek Pembangunan

Sebuah proyek pembangunan perlu mengajukan sebuah surat penawaran agar jasa yang ditawarkan bisa digunakan banyak orang.  Nah, berikut contoh untuk surat penawaran sebuah proyek pembangunan, yaitu:

Surat Penawaran Proyek Pembangunan

BINA BAGUNAN JAYA
Jalan Ahyani Panglima Jaya Nomor 8 Ruko 6 Ciawi Jawa Barat

Kepada

Yth.  Pimpinan PT. Mulia Bangun Teknik Mandiri

Jalan Cibarusah Sukadami Cikarang Selatan

Bekasi

 

Nomor : 1441/KJ/SPH/2020

Hal : Penawaran Barang Dan Jasa 

Lamp. : 1 (Satu) Berkas

 

Dengan Hormat,

Bersama dengan datangnya surat ini,  kami dari PT. Bina Bangunan Jaya yang bergerak dalam bidang pengadaan barang dan juga jasa pemasangan serta instalasi listrik secara elektrik bermaksud untuk lebih dekat dengan PT. Mulia Bangun Teknik Mandiri. Kami telah memiliki berbagai pengalaman dalam melakukan pemasaran listrik baik itu gedung pemerintahan maupun swasta ternama. 

Oleh karena itu,  seperti informasi yang kami dapatkan bahwasanya PT.  Mulia Bangun Teknik Mandiri merupakan salah satu perusahaan properti yang sedang berkembang pesat,  serta hendak membangun sebuah gedung baru, kami bermaksud menawarkan sebuah penawaran proyek. Proyek yang dimaksud merupakan proyek untuk pemasangan dan juga instalasi listrik yang menjadi spesialis kami.  

Kami berharap bahwa penawaran ini mampu berakhir dengan kerja sama yang mana mampu membawa keuntungan terhadap dua belah pihak. Untuk lebih lengkap mengenai profil kami,  kami sertakan brosur dan juga informasi detail mengenai perusahaan kami. Jika Anda tertarik, kami siap untuk mengadakan sebuah pertemuan untuk menindaklanjuti surat penawaran ini.  

Demikian surat penawaran proyek ini kami buat. Atas perhatian serta kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

 

Jakarta,  25 Oktober 2020

Hormat kami, 

 

Bagaskoro Dwi Pujo

Direktur Utama PT.  Bina Bangunan Jaya


Contoh Surat Penawaran Proyek Swasta

Contoh Surat Penawaran Proyek Swasta

Untuk contoh surat penawaran jenis satu ini tentu memerlukan sebuah tawaran yang sangat menarik.  Palnya pihak swasta dalam menerima tawaran tidak serta merta menerima begitu saja, akan banyak pertimbangan yang perlu dilakukan.  Agar tidak salah dan dapat melakukan penawaran secara benar, berikut ulasannya!

Surat Penawaran Proyek Swasta

Bina Nusa Bangsa Mandiri

Jalan Panjaitan Km.  04 Reklamasi Baru Malang Batu 

Malang,  23 Oktober 2020

Nomor          : 56/6535/BNBM/10/2020

Lampiran    : 1 Bendel 

 

Kepada Yth.

Pokja Swasta Bina Ada Senantiasa

 

di

Banyuwangi

Perihal      : Penawaran Pekerjaan Pembangunan Gedung Baru 

 

Sehubungan dengan adanya pengumuman mengenai tender pascakualifikasi dan juga dokumen pemilihan nomor: 4695/94695/Pokja tanggal 13 September 2020, dan setelah kami pelajari dokumen tersebu5 secara seksama,  kami hendak menawarkan sebuah produk dengan perusahaan Bapak/Ibu dokumen mengenai pemilihan dan juga berita Acara Pemberian penjelasan dokumen pemilihan tersebut, kami menawarkan sebuah penawaran untuk pekerjaan tersebut sebesar Rp.  75.000.000 (tujuh puluh lima juta rupiah). Nominal tersebut merupakan jumlah serta PPN yang ada.  

Pena aran ini kami buat tentunya dengan memperhatikan ketentuan dan juga persyaratan yang tercantum dalam dokumen pemilihan yang telah perusahaan anda buat.  

Sesuai dengan persyaratan yang ada,  bersama ini kami lampirkan beberapa dokumen pendukung,  diantaranya:

  1. Jaminan Penawaran Asli;
  2. Surat perjanjian Kerja Sama Operasi
  3. Jaminan Penawaran Asli
  4. Dokumen penawaran teknis yang mencakup metode pelaksanaan pekerjaan,  jangka waktu, daftar isian peralatan utama, rencana keselamatan konstruksi,  daftar isi bagian pekerjaan dan juga beberapa dokumen penunjang lainnya.  
  5. Dokumen penawaran harga yang meliputi daftar kuantitas dan juga harga serta formulir rekapitulasi perhitungan tingkat komponen dalam negeri dan daftar barang yang diimpor.  

Demikian surat ini kami sampaikan,  dan kami menyatakan sanggup serta tunduk kepada ketentuan yang terkait dalam dokumen pemilihan yang telah diterbitkan dari perusahaan Anda. Ketika dokumen anggaran dirasa kurang sesuai kami siap untuk berunding dan melakukan penawaran baru dengan mengadakan pertemuan langsung. 

 

Demikian surat penawaran ini dibuat dan bisa menjadi bahan peetimbangan dari pwrusahaan Anda.  

Kepala Bagian Pemasaran 

Joewan subekti

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Kerjasama Investasi


Contoh Surat Penawaran Proyek Interior

Contoh Surat Penawaran Proyek Interior

Proyek interior merupakan salah satu proyek yang banyak diminati berbagai customer.  Hal ini dikarenakan pengerjaan proyek interior ini relatif banyak. Agar bisa melakukan penawaran yang tepat untuk proyek interior ini berikut ulasannya! 

Surat Penawaran Proyek Interior

Bina Nusa Bangsa Mandiri
Jalan Panjaitan Km.  04 Reklamasi Baru Malang Batu 

Malang,  23 Oktober 2020

Nomor          : 56/6535/BBM/10/2020

Lampiran    : 1 Bendel 

 

Kepada Yth.

Mas Andre Sujono

 

di

Bekasi

Perihal      : Pembuatan Desain Interior Rumah Tinggal

 

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan mengenai adanya pembangunan rumah tinggal baru milik Saudara,  kami bermaksud untuk menawarkan pekerjaan pembuatan desain interior rumah Bapak. Ada beberapa rincian pekerjaan yang kami tawarkan dan bisa menjadikan sarana mendapatkan rumah impian untuk Bapak.  

Adapun beberapa rincian pekerjaan yang kami tawarkan,  diantaranya:

  1. Desain Rumah Tinggal dengan total luas Kantor dan dapur lantai 1 : 30 m. 
  2. Keseluruhan lantai 2 dan 3 dikurangi dengan luas tangga : 150 m.
  3. Beberapa jasa yang akan kami kerjakan seperti halnya:
  • Gambar Perspektif 3D Rumah interior
  • Gambar kerja berupa layout,  potongan, dan detail furniture yang akan digunakan 
  • Spesifikasi material untuk pekerjaan
  • Supervisi sebanyak 3x Harga desain per meter persegi Rp. 80.000,00/ m2 Total luas 225 m
  • Harga desain yang kami tawarkan yaitu Rp.  80.000 x 225 m =Rp. 16. 200.000,00

 

Demikian penawaran dari kami,  besar harapan kami untuk bisa bekerja sama dan terjalin silaturahmi. Terima kasih atas perhatiannya dan kami tunggu informasi tindak lanjutnya. 

Hormat Kami,  

 

Joseph Irawan

Concept Design


Contoh Surat Penawaran Proyek Baja Ringan

Contoh Surat Penawaran Proyek Baja Ringan

Proyek baja ringan tentu mengharuskan rincian serta bahan yang hendak dijadikan sebuah proyek.  Pasalnya seseorang akan selalu memperhatikan kualitas dan juga mempertimbangkan kuantitas dalam pengerjaan proyek tersebut.  Nah, berikut contoh untuk surat penawaran proyek baja ringan tersebut:

Surat Penawaran Proyek Baja Ringan

Indah Permata Permai
Jalan Sri Suwarno 47 Jampiroso Temanggung

13 Oktober 2020

Kepada Yth. 

Bapak/Ibu Direktur

Pendeta Jaya

Jalan Majapahit 12 Kauman Parakan Temanggung

 

Dengan hormat,

Dengan adanya surat ini kami dari PT Indah Permata Permai yang bergerak dalam proyek Baja Ringan yang ada di Temanggung ingin melakukan penawaran proyek kepada perusahaan Bapak/Ibu. Kami telah berpengalaman dalam pengadaan dan juga pemasangan baja ringan dan telah memiliki banyak pelanggan terutama di Temanggung dan sekitarnya.  

Dibawah ini kami sampaikan harga per meter baja ringan yang bisa dipilih,  di antaranya:

  1. Bentang Kuda-Kuda C 75 tebal 6mm harga per meter Rp.  165.000,-
  2. Bentang Kuda-Kuda C 75 tebal 7 mm harga permeter Rp.  180.000,-
  3. Bentang Kuda-Kuda B12 tebal 8 mm harga permeter Rp 175.000,-

Keterangan:

  • Untuk jarak reng mengikuti genteng yang akan dipakai dalam pembangunan
  • Sudut yang digunakan dalam atap yaitu 35 derajat
  • Jarak kuda kuda maksimal yang digunakan 1.5 m
  • Untuk pembayaran yaitu dengan DP 50% dan selanjutnya dibayarkan ketika proyek selesai
  • Setelah pengerjaan selesai 20% akan diukur kembali galvalum agar lebih tepat. 

 

Demikian surat penawaran ini dibuat dan bisa menjadi kerja sama yang baik untuk perusahaan Pendeta Kaya dengan Permata Indah Permai.  Kami sangat mengharapkan konfirmasi dari Bapak/Ibu. 

Terima Kasih. 

Hormat Kami,  

 

Direktur PT.  Permata Indah Permai

Jajasana Angkisiana

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Harga


Contoh Surat Penawaran Proyek Perumahan

Contoh Surat Penawaran Proyek Perumahan

Berbagai proyek perumahan tentu akan menjadi langkah 6ang menguntungkan bagi sebagian orang.  Ketika mampu mengambil peluang untuk membangun proyek ini, hasil yang didapatkan tentu menjanjikan.  Nah, berikut contoh penawaran yang bisa dilakukan untuk proyek perumahan, yaitu:

Surat Penawaran Proyek Perumahan

Inti Makmur Sejahtera
Jalan Suharto Rengasdengklok Nomor 5 Panjaitan Bandung

15 Oktober 2020

Kepada Yth. 

Direktur Perumahan Damai Indah

Tanjung Pinang Jakarta Barat

 

Dengan Hormat,

Indah Makmur Sejahtera merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam pembangunan proyek perumahan dan telah berpengalaman dalam membangun perumahan terlebih di Ibu Kota Jakarta ini.  Banyak perumahan yang telah kami bangun dan menjadikan tatanan kota yang tetap kondusif. Oleh karena itu, kami menawarkan untuk pengadaan proyek pembangunan perumahan yang bisa dilakukan dengan berbagai sarana dan prasarana yang telah kamu miliki. 

Berbagai bahan bangunan yang ada telah kami siapkan dan memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.  Untuk melihat beberapa konstruksi bangunan yang kami sediakan bisa dengan melihat brosur yang dilampirkan. 

Untuk berbagai furniture yang ada juga bisa dipesan sesuai dengan keinginan. 

Produk yang kami gunakan bisa dengan memilih kayu jati maupun multiplek. Kami akan merancang segala kebutuhan perumahan dengan suasana berbeda dan mampu menarik minat masyarakat. 

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan,  dan kami tunggu kerja sama dari perusahaan Perumahan Damai Indah. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. 

Hormat kami, 

 

Anton Suyoto

Direktur Inti Makmur Sejahtera


Beberapa contoh surat penawaran proyek tersebut menjadikan salah satu gambaran ketika hendak melakukan penawaran terhadap sebuah jasa. Dengan memahami surat penawaran yang baik tentunya akan lebih mudah dalam menjalin kerjasama dengan calon konsumen. 

Pastikan identitas dari perusahaan yang akan membuat sebuah proyek tertera jelas dan juga disertakan dengan dokumen pendukung.  Adanya lampiran brosur dimana berisi tentang pekerjaan yang pernah dilakukan akan menjadi bahan pertimbangan dan sarana membangun kepercayaan dari konsumen tersebut. 

Contoh Surat Penawaran Proyek 

Tinggalkan komentar