Contoh Surat Penawaran Sewa Ruko

Contoh Surat Penawaran Sewa Ruko

Contoh Surat Penawaran Sewa Ruko – Ruko merupakan singkatan dari kata rumah dan toko. Sesuai dengan namanya, ruko biasanya dipergunakan sebagai rumah sekaligus tempat usaha. Ruko merupakan pilihan properti yang banyak dipilih oleh para penguasa untuk berinvestasi properti.

Namun jika ingin menawarkan sewa ruko, contoh surat penawaran sewa ruko akan sangat membantu. Sebagai seorang developer dari ruko, maka sudah merupakan tugas untuk menawarkan dan menjual ruko kepada calon pembeli. Untuk seorang pemilik individu ruko, banyak hal yang dapat menjadi alasan untuk menjual atau menyewa ruko. 

Biasanya, seorang pemilik ruko akan menjual kembali atau menyewa ruko jika harganya sudah naik dari harga yang ia bayar ketika membeli ruko. Atau dapat juga karena perawatan ruko yang lumayan sulit.


Pengertian Surat Penawaran Ruko

Pengertian Surat Penawaran Ruko

Surat penawaran ruko merupakan surat yang sangat penting dalam bisnis developer ruko. Dalam surat ini biasanya para developer atau pemilik pribadi ruko akan menawarkan ruko yang dimiliki untuk dibeli oleh pihak lain. Pihak yang biasanya menjadi target dalam surat penawaran ini biasanya merupakan bank. Oleh sebab itu, contoh surat penawaran sewa ruko akan sangat membantu bagi para pemilik ruko atau developer yang ingin menawarkan rukonya.

Surat penawaran ini akan sangat membantu para pemilik ruko. Dari surat ini, pemilik atau developer ruko dapat menawarkan ruko secara khusus kepada satu pihak. Selain itu, biasanya di dalam surat ini disertakan pula harga khusus dan penawaran menarik lainnya yang berusaha untuk memenangkan hati calon pembeli.

Dengan surat penawaran, calon pembeli yang menjadi target dari surat ini pastinya akan merasa lebih diapresiasi karena diberikan penawaran khusus Bukan hanya itu saja, dalam surat penawaran ruko akan terdapat banyak detail-detail ruko secara lengkap. Dengan begini calon pembeli secara tidak langsung akan dimudahkan proses pembeliannya, sehingga mereka akan lebih mudah tertarik.


Tujuan Surat Penawaran Sewa Ruko

Tujuan Surat Penawaran Sewa Ruko

Surat penawaran ruko merupakan salah satu bentuk surat permohonan bisnis. Surat penawaran ruko dibuat dengan maksud untuk meyakinkan para calon pembeli atau penyewa, dengan begitu maka akan memperbesar kemungkinan terjadinya transaksi dalam penawaran ruko. Dalam surat penawaran terdapat 3 bagian yang utama, yaitu alinea pembukaan, isi surat penawaran, serta penutup surat.

Surat penawaran ini sudah terbukti memiliki pengaruh yang besar terhadap pemasaran ruko, baik secara team developer maupun secara individu. Dengan surat penawaran ruko ini, proses pemasaran produk yang dalam konteks ini merupakan ruko akan menjadi lebih mudah. 


Target Surat Penawaran Ruko

Target Surat Penawaran Ruko

Ruko biasanya ditawarkan kepada pemilik bisnis-bisnis yang potensial dan memang sudah terkenal menggunakan ruko sebagai lapak bisnisnya. Sudah banyak sekali bisnis yang membuka berbagai cabang di area komplek ruko. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Bank

Bank merupakan target utama yang biasanya pertama kali diincar dalam membuat surat penawaran ruko. Hal ini karena bank merupakan instansi wajib yang biasanya akan ada di sebuah komplek ruko.

Selain itu, bank juga memang terkenal dalam memilih ruko sebagai bangunan yang dijadikan cabang usahanya. Hal ini karena bangunan ruko yang pas, tidak terlalu sempit atau lebar sehingga cocok untuk menjadi cabang bank.

2. Rumah Makan

Tak perlu dipertanyakan lagi, bisnis rumah makan biasanya akan mengincar area-area ruko yang berpotensial. Biasanya rumah makan yang menempatkan usahanya di ruko adalah rumah makan berbentuk franchise.

Namun banyak juga bentuk bisnis rumah makan lainnya yang menjadikan ruko sebagai tempat cabang usahanya. Para pemilik ruko atau developer dapat mengirim surat penawaran kepada rumah makan tersebut.

3. Minimarket

Biasanya di dalam suatu komplek ruko pasti setidaknya akan ada minimal 1 supermarket atau pun minimarket yang berdiri di sana. Mengetahui hal ini, maka supermarket merupakan target yang cocok dalam penyebaran surat penawaran seperti ini. Minimarket di lingkungan ruko pastinya akan meraup untung yang banyak sekali. Apalagi jika lingkungan ruko berdekatan dengan lingkungan padat penduduk. Hal ini akan menjadikan pihak minimarket yang menjadi target penawaran memiliki kemungkinan yang besar untuk menyetujui penawaran yang diajukan.


Syarat Menulis Surat Penawaran Ruko

Syarat Menulis Surat Penawaran Ruko

Dalam menulis surat penawaran ruko, tentunya tidak dapat sembarangan. Oleh karena itu, contoh surat penawaran sewa ruko akan sangat membantu. Namun secara umum berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dicantumkan di dalam surat:

1. Nama Perusahaan atau Badan Pribadi

Karena lazimnya surat penawaran ruko ini dibuat oleh perusahaan, instansi, atau sebuah lembaga maka nama dan identitas sangat penting. Dengan mencantumkan nama perusahaan, maka calon pembeli atau target dapat melihat dengan siapa mereka akan bekerja sama.

Atau untuk kepemilikan ruko secara pribadi, dapat mencantumkan nama yang jelas. Hal ini bertujuan juga agar target penawaran melihat penawaran yang ditujukan kepada mereka jelas.

2. Keterangan Ruko yang Ditawarkan

Perlu diketahui bahwa hal utama yang harus ada di surat penawaran ruko adalah spesifikasi atau keterangan mengenai rukonya sendiri. Biasanya di bagian ini terlampir alamat ruko, sehingga calon pembeli mengetahui dahulu dimana ruko tersebut terletak.

Selain alamat, ukuran ruko juga sangat penting untuk dicantumkan. Kedua hal tersebut biasanya merupakan tolak ukur bagi para calon pembeli untuk membeli atau tidak ruko yang ditawarkan.

3. Harga

Tentunya ketika menawarkan sesuatu, maka harga yang ditawarkan juga harus jelas. Di bagian harga, biasanya para developer memberi harga khusus bagi target penawaran mereka. Harga dari ruko harus dicantumkan dengan nominal yang jelas agar tidak terjadi salah baca. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan keterangan apakah pembayaran akan dilakukan secara cash maupun kredit sesuai dengan keinginan.

4. Nama Pihak yang Menjadi Tujuan Penawaran

Nama pihak yang menjadi target tentunya harus dicantumkan dengan jelas. Seperti yang sudah disebutkan di atas, biasanya yang menjadi target penawaran merupakan instansi resmi atau formal, sehingga format alamat penawaran surat juga harus jelas. Biasanya pada bagian ini akan tercantum nama instansi yang menjadi target dan juga alamat yang ditujukan.

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Sewa Ruko


Contoh Surat Penawaran Sewa Ruko

Setelah mengetahui beberapa informasi yang telah disebutkan di atas, pastinya para pemilik ruko atau developer semakin penasaran bagaimana contoh surat penawaran ruko yang benar. Maka dari itu, tanpa basa-basi lagi berikut adalah rangkuman beberapa contoh surat penawaran sewa ruko yang pastinya mudah dibuat.

Surat Penawaran Sewa Ruko Kepada Bank Daerah

Surat Penawaran Sewa Ruko Kepada Bank Daerah

Surat Penawaran Sewa Ruko Kepada Bank Daerah

Kepada

 

Yth. Pimpinan Bank X

Di Tempat

Perihal : Pengajuan Penawaran Harga Sewa Ruko

 

Dengan Hormat,

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Semoga  Pimpinan  dan  seluruh  staf Bank X di daerah X senantiasa dalam keadaan sehat serta selalu dalam lindungan Allah  SWT,  sehingga dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar dan baik.

Selanjutnya, perkenankan kami selaku pemilik Ruko Cendana yang berlokasi di Jalan Kebun Kelapa Raya, Kecamatan Tambora, Kota Jakarta Barat mengajukan penawaran harga sewa bangunan ruko kepada Bapak/ Ibu Pimpinan Bank X.

Penawaran yang kami ajukan adalah sebagai berikut:

  1. Bangunan Ruko dengan ukuran tanah panjang 20 meter dan lebar 7 meter. Dengan bangunan 2 lantai berukuran panjang 15 meter x 7 meter.
  2. Biaya sewa sebesar Rp80.000.000,00 (delapan puluh juta rupiah) per tahunnya. Biaya di luar Pph dan biaya notaris.

Demikian surat penawaran ruko ini kami ajukan, semoga Bapak/ Ibu pimpinan Bank X  tertarik. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

Jakarta, 20 April 2019

Hormat kami,

 

Endi Santoso

Team Marketing Sutono Town


Surat Penawaran Sewa Ruko ke Bank

Surat Penawaran Sewa Ruko Ke Bank

Surat Penawaran Sewa Ruko ke Bank

Makassar, 20 Mei 2003

Kepada Yth,

Ibu Mursyawati Manulang, kepala pemasaran Bank CIMB Niaga

Jl. Teuku Umar 11 Nomor 23

Perihal: Penawaran Sewa Ruko

 

Dengan hormat,

Melalui surat permohonan ini, saya:

Nama: Jodi Akbar

Nomor telepon: 012345678

Perusahaan: Lestari Town

 

bermaksud untuk menawarkan ruko yang bertempat di Jalan Kartini 12, kota Semarang. Ruko ini kami tawarkan kepada Ibu dengan harga 400 juta per tahunnya. Jika Ibu berkenan atau tertarik untuk mengetahui spesifikasi dari bangunan ruko lebih lanjut, silahkan hubungi nomor yang tertera di atas.

Demikian surat penawaran ini kami buat, semoga Ibu tertarik dengan penawaran yang sudah kami ajukan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami segenap tim Lestari Town mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Hormat Saya,

 

Jodi Akbar

Ketua Pemasaran Lestari Town

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Hotel


Surat Penawaran Ruko Bekas

Surat Penawaran Ruko Bekas

Surat Penawaran Ruko Bekas

Bandung, 21 Februari 2019

No. 09/xx08/1

Lampiran: 1 (satu) halaman

Perihal : Pengajuan Penawaran Harga Sewa Ruko

 

Kepada

Yth. Bapak Arifin Soebandono

Di Tempat

 

Dengan Hormat,

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Semoga  Bapak Arifin senantiasa dalam keadaan sehat serta selalu dalam lindungan Allah  SWT, dan selalu berada dalam lindungan-Nya. Selanjutnya, perkenankan saya Joni selaku pemilik Ruko Merlion Nomor 11 yang berlokasi di Jalan Ketangguhan, Bandung, Jawa Barat mengajukan penawaran sewa maupun jual ruko.

Penawaran yang kami ajukan adalah sebagai berikut:

  1. Bangunan Ruko dengan ukuran tanah panjang 30 meter dan lebar 10 meter. Dengan bangunan 3 tingkat setengah, dalam kondisi bekas. Ruko sudah ditempati sebelumnya selama 1 tahun, namun kondisinya masih bagus dan layak huni.
  2. Biaya sewa sebesar Rp150.000.000,00 (delapan puluh juta rupiah) per tahunnya. Biaya di luar Pph dan biaya notaris.
  3. Dijual dengan harga Rp5.000.000.000 (lima milyar rupiah) belum termasuk biaya pajak dan notaris.

Demikian surat penawaran ruko ini kami ajukan, semoga Bapak Arifin  tertarik dengan penawaran yang saya ajukan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

Bandung 21 Februari 2019

Hormat saya,

 

Joni


Surat Penawaran Ruko Baru

Surat Penawaran Ruko Baru

Surat Penawaran Ruko Baru

Kepada Yth,

Bapak Soetedjo Soepratman

Jalan Angke Baru Nomor 18, Magelang, Jawa Timur

Perihal: Penawaran Sewa Ruko

 

Dengan hormat,

Melalui surat permohonan ini, saya Anetasya Armani bermaksud untuk menawarkan ruko yang bertempat di Jalan Junjungan Indah 12, kota Magelang, Jawa Timur. Ruko ini kami tawarkan kepada Bapak Soetedjo dengan spesifikasi rukonya sebagai berikut ini:

  1. Ruko memiliki 3 tingkat dengan luas total 40 meter persegi. Ruko masih dalam kondisi baru dan belum pernah dihuni. 
  2. Harga 500 juta rupiah cash untuk biaya sewa 2 tahun.

Jika Bapak berkenan atau tertarik untuk mengetahui spesifikasi dari bangunan ruko lebih lanjut, silahkan hubungi nomor yang tertera di atas.

Demikian surat penawaran ini saya buat, semoga Bapak tertarik dengan penawaran yang sudah kami ajukan. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Bandung 21 Mei 2005

Hormat Saya,

 

Anestasya


Surat Penawaran Ruko Kepada Rumah Makan atau Restoran

Surat Penawaran Ruko Kepada Rumah Makan Atau Restoran

Surat Penawaran Ruko Kepada Rumah Makan atau Restoran

Jakarta 4 Januari 2009

No. 10001/88/90

Lampiran: 1 (satu) halaman

Perihal : Pengajuan Penawaran Harga Sewa Ruko

 

Kepada

Yth. Bapak / Ibu Pimpinan Rumah Makan Tahu Cendana

Di Tempat

 

Dengan Hormat,

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Semoga  Bapak/ Ibu selaku pimpinan Tahu Cendana senantiasa dalam keadaan sehat serta selalu dalam lindungan Allah  SWT, dan selalu berada dalam lindungan-Nya. Saya melihat banyaknya cabang dari rumah makan Tahu Cendana yang bertempat di ruko. Oleh karena itu, perkenankan saya Adit selaku ketua tim pemasaran ruko Abys yang berlokasi di Jalan Pelayaran Utama, Bandung, Jawa Barat mengajukan penawaran sewa ruko.

Ruko yang kami ajukan berukuran panjang 11 meter dengan lebar 5 meter. Ruko ini memiliki 2 setengah tingkat dengan harga sewa 60 juta per tahunnya.

Demikian surat penawaran ruko ini kami ajukan, semoga Bapak Arifin  tertarik dengan penawaran yang saya ajukan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

Bandung 21 Februari 2019

Hormat saya,

 

Adit

Ketua Tim Pemasaran Ruko Abys

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Kerjasama Event Organizer


Manfaat Memiliki Ruko

Manfaat Memiliki Ruko E1605492438206

Setelah mengetahui bagaimana contoh surat penawaran sewa ruko yang benar, Anda juga harus meyakinkan calon pembeli untuk membeli ruko yang ditawarkan. Anda dapat meyakinkan calon pembeli dengan memberikan manfaat-manfaat yang dapat diambil jika memiliki ruko. Secara umum, berikut adalah beberapa contoh manfaat ruko yang dapat menjadi referensi:

1. Multifungsi

Ruko merupakan bangunan multifungsi yang dapat digunakan sebagai hunian, tempat usaha maupun investasi. Dengan kemampuannya ini yang multifungsi, tak heran banyak sekali orang yang berbondong-bondong membeli ruko.

Jika pada awalnya Anda hanya berniat untuk menjadikan ruko sebagai rumah hunian, seiring waktu Anda dapat mengubahnya menjadi tempat usaha. Biasanya lama-kelamaan lingkungan ruko akan semakin ramai sehingga cocok untuk dijadikan tempat bisnis. Untuk itu lah ruko merupakan properti yang menguntungkan karena sifatnya yang sangat fleksibel.

2. Nilai Investasi Ruko yang Tinggi

Bukan rahasia umum lagi jika memiliki ruko merupakan salah satu investasi yang paling sukses. Terbukti bahwa nilai jual ruko dapat meningkat hingga 2 sampai 3 kali lipat harga beli. Namun hal ini juga tergantung dengan lokasi atau tempat di mana ruko tersebut di bangun.

Ruko yang dibangun oleh developer yang sudah terkenal tentunya kana cepat habis dalam sekejap dan nilai jualnya pun akan meningkat. Hal ini juga menjadi peluang untuk pelaku usaha karena lingkungan ruko akan terbukti ramai.

3. Ekonomis

Biaya perawatan ruko pastinya akan lebih kecil dibandingkan dengan rumah hunian. Hal ini dapat terjadi karena desain ruko yang simple tanpa banyak ruangan sehingga membuat perawatannya lebih mudah dan tidak ribet. 

Selain itu juga hanya dibutuhkan beberapa lampu untuk menerangi ruko karena sekat antar ruangan hampir tidak ada. Hal ini menjadikan ruko sebagai bangunan yang hemat dan ramah lingkungan.

4. Tempatnya yang Strategis

Kebanyakan ruko pastinya dibangun di tempat-tempat yang berpotensi menjadi tempat usaha yang baik. Para developer ruko tentunya akan berusaha membangun ruko di tempat-tempat yang ramai.

Namun ada juga ruko yang dibangun sekaligus dengan komplek perumahaan. Hal ini malah akan menjadi hal yang lebih menguntungkan karena masyarakat di perumahan dapat menjadi target usaha yang sangat cocok.

Sekian pembahasan mengenai contoh surat penawaran sewa ruko dan informasi-informasi lain yang berkaitan dengannya. Kini Anda telah mengetahui apa saja manfaat dan bagaimana cara membuat surat penawaran ruko yang baik dan benar.

Pastikan untuk mengikuti tips-tips yang diberikan di atas dan jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang baik dan formal dalam membuat surat. Semoga informasi yang telah diberikan di atas bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Contoh Surat Penawaran Sewa Ruko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *