Contoh Surat Pengajuan Permohonan

Contoh Surat Pengajuan Permohonan – Dalam kehidupan sehari-hari, setiap manusia pasti pernah dihadapkan suatu kondisi dimana manusia tidak mungkin mengerjakannya sendiri dan memerlukan bantuan atau pertolongan orang lain. Banyak sekali contoh surat pengajuan permohonan dalam berbagai hal yang tersebar di internet karena mengingat sewaktu-waktu setiap manusia pasti membutuhkan pertolongan.

Bila permohonan itu cukup berat dan berhubungan dengan suatu perusahaan, instansi, atau lembaga tertentu, maka perlu membuat surat pengajuan permohonan.  Jika diartikan secara sederhana, surat pengajuan permohonan adalah sebuah jenis surat yang berisi pengajuan permohonan atau permintaan kepada pihak lain yang bersangkutan.

Surat pengajuan bertujuan supaya pihak yang bersangkutan mengetahui secara detail maksud dan tujuan penulisan surat sehingga dapat mempertimbangkan untuk mengabulkan permohonan. Pengajuan itu sendiri sangat beraneka ragam, ada pengajuan permohonan izin, permohonan pindah tugas, hingga permohonan bantuan dari pihak lain. 

Surat pengajuan permohonan ini termasuk ke dalam surat resmi, maka dalam pembuatannya pun tak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan surat, seperti gaya bahasa dan format penulisannya. Pemilihan kata juga sangat mempengaruhi keputusan akhir dikabulkan atau tidaknya permohonan tersebut. Jika Anda menulis surat pengajuan permohonan dengan bahasa yang baik, baku, dan sopan, maka kemungkinan permohonan dikabulkan akan semakin besar.


Format Surat Pengajuan Permohonan 

Format Surat Pengajuan Permohonan

Dalam pembuatan surat pengajuan permohonan ini yang paling perlu diperhatikan adalah format atau struktur penulisannya. Penulisan identitas dan tujuan pembuatan surat harus disampaikan dengan jelas dan lengkap.  Isi surat pengajuan permohonan tersebut juga harus ditulis dengan singkat, padat, dan jelas, serta mudah dipahami oleh penerima surat nantinya. Berikut ini adalah format penulisan surat pengajuan permohonan :

1. Kop Surat atau Kepala Surat

Jika surat pengajuan permohonan tersebut dibuat oleh suatu instansi, perusahaan, atau lembaga, maka pada bagian atas surat harus ada kop atau kepala surat untuk menunjukkan identitas terkait agar lebih jelas. Biasanya, di bagian bawah kop surat akan dicantumkan tanggal pembuatan surat, nomor surat, dan perihal. 

2. Isi Surat

Selanjutnya, pada bagian isi surat pengajuan permohonan akan dimulai dengan salam, lalu dilanjutkan dengan identitas pemohon. Setelah memberitahu identitas, pemohon akan menulis isi permohonan disertai dengan tujuan dan alasan yang lengkap dan mudah dipahami. Gunakan bahasa yang bagus dan pilihlah kata yang tepat supaya permohonan diterima dengan baik oleh pihak yang bersangkutan.  

3. Penutup

Setelah selesai menulis isi surat pengajuan permohonan, jangan lupa untuk mencantumkan batas waktu untuk menjawab permohonan tersebut supaya pemohon mendapatkan kepastian jawaban. Sampaikan pula kata penutup dan salam penutup. Di bagian paling bawah, cantumkan nama dan tanda tangan pemohon. Sebagai legalitas permohonan, pemohon juga dapat menyertakan materai di dalam surat tersebut.

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Cerai


Contoh Surat Pengajuan Permohonan dalam Berbagai Hal

Tak semua bidang pekerjaan dapat kita lakukan sendiri, kan? Pasti setiap orang pernah merasa kesulitan sehingga membutuhkan pertolongan dari orang lain. Pada hakikatnya manusia memang diciptakan untuk saling melengkapi dan saling tolong menolong. Berikut ini adalah 6 contoh surat pengajuan permohonan dalam berbagai hal :

Contoh Surat Pengajuan Permohonan Izin Tempat Kegiatan

Contoh Surat Pengajuan Permohonan Izin Tempat Kegiatan

Bagi Anda yang pernah menjadi seorang panitia di suatu acara, pasti sudah tak asing lagi dengan surat pengajuan permohonan izin tempat kegiatan. Untuk meminjam tempat kepada pihak lain, tentunya harus ada surat izin yang telah disetujui sebelum acara tersebut berlangsung. Jika Anda masih bingung atau belum terlalu paham, silahkan gunakan contoh dibawah ini. 

Contoh Surat Pengajuan Permohonan Izin Tempat Kegiatan

===========================

SURAT PENGAJUAN IZIN KEGIATAN

Jakarta, 4 Oktober 2020

Nomor : IV/SPIK/X/2020

Lampiran : 1 Buah Proposal

Perihal : Permohonan Izin Tempat Kegiatan

 

Kepada Yth,

Pimpinan PT Pembangunan Jaya Ancol

di Tempat

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat-Nya kepada kita. Semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT dan dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun. 

Sehubungan dengan akan diadakannya acara penutupan pertandingan persahabatan antar sekolah yang digelar oleh SMA Negeri 2, Jakarta, yang rencananya akan diselenggarakan pada : 

 

Hari, tanggal : Jumat, 26 Oktober 2020

Waktu : 19.00 – selesai

Tempat : Ancol Beach City

Maka, kami selaku panitia acara tersebut bermaksud untuk mengajukan permohonan izin untuk diperbolehkan mengadakan kegiatan di Ancol Beach City.  

 

Mengingat betapa pentingnya kegiatan ini bagi citra dan nama sekolah kami,besar harapan kami Bapak/Ibu pimpinan PT Pembangunan Jaya Ancol mengabulkan permohonan izin penggunaan tempat ini. Tanpa mengurangi rasa hormat, kami memberikan batas waktu untuk mempertimbangkan dan mengirimkan jawaban kepada kami paling lambat tanggal 10 Oktober 2020. Atas perhatian dan izinnya, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Hormat kami,

Ketua Panitia Cup SMAN 2,

Andi Firmansyah.


Contoh Surat Pengajuan Permohonan Dana Bantuan Acara Reuni

Contoh Surat Pengajuan Permohonan Dana Bantuan Acara Reuni

Sebagian besar pelajar pasti merindukan dan ingin mengetahui kabar teman-teman yang pernah menempuh pendidikan di sekolah yang sama. Maka untuk melepas rindu dengan teman-teman, biasanya akan dibuat acara reuni sekolah. Namun, ada beberapa sekolah yang tidak memiliki kesempatan itu karena keterbatasan dana yang dimiliki. Oleh karena itu, Anda dapat membuat surat pengajuan permohonan bantuan dana untuk kegiatan reuni. 

Contoh Surat Pengajuan Permohonan Dana Bantuan Acara Reuni

=========================

SMA NEGERI 16
Jalan Pati Unus No. 74 Semarang
Telp. 027 3005721

Semarang, 19 Februari 2020

Nomor : 12/PBDR/Eks/II/2020

Hal : Pengajuan Permohonan Bantuan Dana

Lampiran : 1 halaman

Kepada YTH,

Direktur PT Gramedia Pustaka

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan kebijaksanaan-Nya dalam hidup kita dan kita senantiasa taat dan berada di bawah lindungan-Nya. 

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya kegiatan reuni dan temu kangen para alumni, yang diadakan oleh SMA Negeri 16 Semarang pada : 

 

Tangal : 26 Februari 2020

Waktu : 19.00 – selesai

Tempat : Aula SMA Negeri 16 Semarang

 

Untuk itu, melalui surat ini kami ingin mengajukan permohonan bantuan dana dari PT Gramedia Pustaka yang juga pernah membuka bazar dan bekerja sama dengan sekolah kami. Sebagai   bahan   pertimbangan,  kami juga melampirkan satu berkas proposal mengenai gambaran kegiatan dan keuntungan yang akan didapatkan PT Gramedia Pustaka. 

Kami memberikan batas waktu menjawab permohonan kami sampai tanggal 23 Februari 2020 guna memberikan kepastian bagi pihak kami. Demikianlah surat pengajuan permohonan ini kami buat. Atas waktu dan perhatiannya, kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,

Panitia Reuni AKT 42,

Budi Ikhsan.

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Beasiswa


Contoh Surat Pengajuan Permohonan Beasiswa

Contoh Surat Pengajuan Permohonan Beasiswa

Jika Anda merupakan salah satu siswa yang berprestasi, maka Anda bisa mengajukan permohonan beasiswa dari pemerintah maupun dari tempat Anda menuntut ilmu itu sendiri. Tak hanya siswa berprestasi, siswa yang kurang mampu pun juga dapat mengajukan beasiswa. Tentunya beasiswa akan sangat membantu jika Anda bisa mendapatkannya. Jika masih bingung bagaimana cara membuat surat pengajuan permohonan beasiswa, Anda bisa menggunakan salah satu contoh dibawah ini. 

Contoh Surat Pengajuan Permohonan Beasiswa

==========================

SURAT PENGAJUAN BEASISWA

Jakarta, 4 Oktober 2020

Perihal : Pengajuan Permohonan Beasiswa

Kepada Yth,

Bapak Kepala Sekolah SMA Bintang Kejora

di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anastasia Lunice

NIS : 28831

Jurusan : MIPA

Kelas : XI MIPA 4

 

Dengan ini, saya bermaksud untuk mengajukan permohonan beasiswa kepada Bapak untuk kemudian diusulkan kepada Penerima Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik). Sebagai pertimbangan, bersamaan dengan adanya surat ini, saya juga melampirkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk proses pengabulan beasiswa.

Beasiswa tersebut akan saya pergunakan untuk menunjang kelancaran saya dalam menyelesaikan pendidikan di SMA Bintang Kejora ini. Tanpa mengurangi rasa hormat, saya memberikan batas waktu bagi Bapak untuk mempertimbangkan dan menjawab permohonan saya sampai tanggal 14 Oktober 2020. 

Demikian surat pengajuan permohonan beasiswa ini saya sampaikan. Atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Pemohon,

Anastasia Lunice.


Contoh Surat Pengajuan Permohonan Pindah Tugas

Contoh Surat Pengajuan Permohonan Pindah Tugas

Sebagai seorang pegawai negeri sipil, tentunya ada peraturan ketat yang harus Anda taati. Salah satunya adalah seorang PNS tidak dapat pindah tempat kerja sesuka hati. Jika sudah merasa jenuh dengan tempat bekerja dan sangat ingin pindah tugas, Anda harus mendapatkan izin dari pimpinan lembaga atau dinas terkait. Izin tersebut bisa didapatkan dengan membuat surat pengajuan permohonan pindah tugas seperti contoh dibawah ini.

Contoh Surat Pengajuan Permohonan Pindah Tugas

=========================

Bandung, 11 April 2020

Perihal : Pengajuan Permohonan Pindah Tugas

Kepada Yth,

Kepala Badan Kepegawaian Kota Bandung

di Tempat

   

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Bimo Aryo, S.KM

NIP : 218937297319

Jenis Kelamin : Laki-laki

Jabatan : Sekretaris Puskesmas Aman, Kec. Antapani, Kab. Bandung Selatan

Alamat : Jalan Kidul Selatan No. 136, Bandung

 

Bersamaan dengan adanya surat ini, saya ingin mengajukan permohonan pindah tugas dari puskesmas Aman, Bandung Selatan ke puskesmas Adil, Bandung Utara dengan alasan saya akan pindah rumah ke daerah Bandung Utara dan puskesmas Adil adalah puskesmas yang paling dekat dengan rumah saya. 

Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan beberapa hal sebagai berikut :

  • Foto Copy KTP
  • Surat Permohonan Pindah Tugas
  • Foto Copy NPWP
  • Foto Copy SK CPNS/PNS
  • Surat Persetujuan Menerima Dari Instansi Yang Dituju
  • Foto Copy Karpeg
  • Foto Copy Ijazah/LPJ

 

Besar harapan saya agar permohonan saya ini dapat dikabulkan dan Bapak/Ibu mampu memberikan rekomendasi pindah tugas bagi saya. Untuk memberikan kepastian bagi saya, dengan hormat, saya mohon untuk memberikan jawaban paling telat tanggal 18 April 2020.

Demikian surat pengajuan permohonan ini saya sampaikan, atas perhatian dan izinnya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Bimo Aryo, S.KM


Contoh Surat Pengajuan Permohonan Izin Penyelenggaraan Acara

Contoh Surat Pengajuan Permohonan Izin Penyelenggaraan Acara

Untuk menyelenggarakan suatu acara, Anda membutuhkan surat pengajuan izin acara terlebih dahulu kepada pimpinan atau atasan Anda. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat acara tersebut berlangsung. Setiap acara membutuhkan seorang penanggung jawab yang akan menyelesaikan berbagai masalah saat acara tersebut dilangsungkan. Sebagai contoh, kita ambil kasus izin penyelenggaraan acara 17an di suatu sekolah.

Contoh Surat Pengajuan Permohonan Izin Penyelenggaraan Acara

=========================

SURAT PENGAJUAN IZIN PENYELENGGARAAN ACARA

Jakarta, 6 Agustus 2020

Nomor : 07/SMPBI/2020

Hal : Pengajuan Permohonan Izin Penyelenggaraan Kegiatan

Kepada Yth,

Kepala Sekolah SMP Bintang Indah,

Bapak Sumarno

di Tempat

 

Dengan hormat,

Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, maka kami pengurus OSIS/MPK SMP Bintang Indah bermaksud untuk mengadakan berbagai perlombaan yang akan dilaksanakan pada : 

 

Hari : Selasa

Tanggal : 18 Agustus 2020

Waktu : 07.00 – 14.00

Tempat : Lapangan dan Aula SMP Bintang Indah

 

Kami selaku pengurus OSIS/MPK 20-21 sekaligus panitia acara ingin meminta izin dan persetujuan Bapak guna mensukseskan dan melancarkan kegiatan ini. Besar harapan kami semoga Bapak menyetujui dan mendukung terselenggaranya kegiatan ini. 

Supaya kami dapat melakukan persiapan dengan matang sebelum melangsungkan kegiatan, kami harap Bapak memberikan jawaban paling lambat tanggal 10 Agustus 2020. Demikian surat ini kami sampaikan, atas waktu dan izin yang diberikan kami sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

Ketua OSIS SMP Bintang Indah,

Boni Mulyono.

Baca Juga: Contoh Surat Permohonan Magang


Contoh Surat Pengajuan Permohonan Pindah Sekolah

Contoh Surat Pengajuan Permohonan Pindah Sekolah

Sebagai seorang pelajar, ada kala nya Anda harus pindah sekolah karena beberapa alasan tertentu. Salah satu alasan yang paling sering ditemui adalah karena pindah rumah atau orang tua pindah tugas kerja. Tak hanya itu, banyak pula alasan lainnya seperti tidak dapat mengikuti pelajaran, lingkungan pertemanan yang tidak cocok, dan lain sebagainya. Nah, jika Anda ingin pindah sekolah, maka Anda harus membuat surat pengajuan permohonan pindah sekolah.

Contoh Surat Pengajuan Permohonan Pindah Sekolah

=========================

SURAT PERMOHONAN PINDAH SEKOLAH

Jakarta, 5 Juli 2020

Perihal : Permohonan Pindah Sekolah

Kepada Yth,

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Jakarta

di tempat

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya orang tua dari : 

Nama anak : Florence Febriani

Tempat, tanggal lahir : Jakarta 19 Februari 2004

Sekolah Asal : SMA Negeri 2 Jakarta

Kelas : XI MIPA 3

Nomor Induk : 60233687219

 

Dengan ini, saya mengajukan permohonan pindah sekolah dari SMA Negeri 2 Jakarta untuk masuk ke SMA Negeri 1 Jakarta. Hal tersebut dikarenakan kami sekeluarga akan pindah rumah ke daerah Jalan Budi Utomo, Jakarta Pusat, sehingga lokasi sekolah SMAN 1 akan lebih dekat dengan tempat tinggal nantinya. 

Demikian surat pengajuan permohonan pindah sekolah ini kami buat. Semoga pihak sekolah dapat mengizinkan permohonan kami ini dan segera memberikan kepastian jawaban paling lambat tanggal 10 Juli 2020. Atas perhatian dan pengertiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Orang Tua Siswa,

Anto Wahyono.


Tips Menulis Surat Pengajuan Permohonan

Tips Menulis Surat Pengajuan Permohonan

Nah, setelah mengetahui beberapa contoh surat pengajuan permohonan diatas, ada tiga tips yang akan membantu dikabulkannya permohonan yang dibuat, yaitu :

1. Gunakan Kalimat yang Tepat

Sebagai salah satu jenis surat resmi, surat pengajuan permohonan juga harus ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta sesuai dengan EYD. Selain itu, pilihlah kalimat yang tepat dan mudah dipahami oleh penerima surat. Sampaikan permohonan Anda secara sopan dan pastikan permohonan tersebut sesuai dengan kemampuan orang yang dimintai pertolongan. 

2. Katakan dengan Jujur dan Jelas

Yang terpenting dari menulis surat pengajuan permohonan adalah mengatakan maksud dan tujuan dengan jujur, jelas, dan mudah dimengerti. Jangan sampai Anda mengada-ngada cerita atau berbohong tentang situasi yang sebenarnya. Karena jika ketahuan, hal itu akan menjadi masalah yang sangat serius. 

3. Yakinkan Pihak Lain

Agar peluang dikabulkannya permohonan tersebut lebih besar, usahakan untuk meyakinkan pihak yang Anda mintai bantuan atau pertolongan tersebut. Cara meyakinkan pihak lain dapat dilakukan dengan melampirkan beberapa dokumen atau berkas yang dibutuhkan. Atau bisa juga mengatakan alasan kuat yang mendukung permohonan Anda tersebut.

Nah, setelah membaca beberapa penjelasan dan contoh surat pengajuan permohonan diatas, cobalah untuk membuat surat pengajuan Anda sendiri. Semakin bagus surat yang dibuat, maka semakin besar kemungkinan permohonan tersebut akan dikabulkan. Namun, hal itu juga tidak menutup kemungkinan bahwa permohonan akan mendapatkan penolakan, loh! Hanya saya kemungkinan ditolaknya akan lebih kecil dibandingkan kemungkinan diterima.

Namun, kemungkinan ditolak atau diterima juga sangat bergantung pada siapa Anda meminta pertolongan atau permohonan. Jangan sampai Anda meminta bantuan kepada orang, instansi, lembaga, atau perusahaan yang salah, ya! Contohnya, jangan meminta bantuan buku bekas kepada perusahaan ban mobil. Pastikan Anda sudah menyesuaikan dan mencari tahu terlebih dahulu apakah Anda akan mengajukan permohonan kepada pihak yang tepat atau tidak. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Contoh Surat Pengajuan Permohonan

Tinggalkan komentar