Contoh Surat Permohonan Bantuan

Sebagai makhluk sosial, meminta bantuan adalah hal yang wajar. Meminta bantuan seringkali diutarakan secara lisan dan tulisan. Namun, untuk kepentingan formal penggunaan surat permohonan bantuan banyak dilakukan. Maka dari itu, pentingnya untuk mengetahui lebih banyak mengenai contoh surat permohonan bantuan.

Permohonan bantuan yang dituangkan dalam bentuk surat merupakan salah satu bentuk kesopanan yang ditujukan kepada pihak penerima surat permohonan bantuan tersebut. Dengan demikian, menjadi bukti penguat atas kepercayaan yang diberikan kepada pihak pemohon. Mengingat, banyaknya pemohon bantuan yang memanfaatkan keadaan demi kepentingan pribadi.

Surat Permohonan bantuan akan menjelaskan dengan detail mengenai bentuk permohonan dan juga kondisi yang pihak yang membutuhkan bantuan sehingga surat permohonan dapat dijadikan tolak ukur dalam memberikan bantuan. Maka dari itu, pentingnya untuk mengetahui lebih banyak mengenai contoh surat permohonan bantuan.


Definisi Contoh Surat Permohonan Bantuan

Definisi Contoh Surat Permohonan Bantuan

Contoh surat permohonan bantuan adalah contoh surat yang berisi pernyataan untuk meminta bantuan kepada pihak tertentu untuk kepentingan golongan. Contoh surat permohonan bantuan jenis ini dibuat oleh organisasi atau sekelompok orang atas permintaan bantuan yang diperlukan oleh golongan tertentu. Alasannya agar mendapatkan sejumlah bantuan sebagai mana yang telah diajukan.

Permohonan bantuan akan ditulis oleh pihak ketiga atau pihak yang bersangkutan, selama hubungan dua pihak tersebut saling membutuhkan dan juga dapat menjalin kerjasama satu sama lain di masa depan. Maka dari itu, ketika akan membuat surat permohonan bantuan harus memastikan kondisi pihak yang akan dimintai pertolongan. Maka dari itu, pentingnya mengetahui contoh surat permohonan bantuan.

Permohonan bantuan akan ditujukan kepada pihak berkuasa untuk memberikan bantuan. Merujuk pada contoh surat permohonan bantuan, surat permohonan bantuan akan dibuat berdasarkan kepada kondisi salah satu pihak atau golongan yang memerlukan bantuan. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan beberapa lampiran berupa foto-foto untuk memperkuat asumsi atas pihak yang perlu dimintai pertolongan.

Membuat surat permohonan bantuan identik dikhususkan untuk korban bencana alam dan juga beberapa pihak lainnya yang membutuhkan bantuan secara materi. Namun, permohonan bantuan pun bisa dilakukan untuk pihak yang saling berhubungan dalam hubungan bisnis. Dengan saling membantu, diharapkan hubungan bisnis dapat terus terjalin.


Tujuan Membuat Surat Permohonan Bantuan

Tujuan Membuat Surat Permohonan Bantuan

Sesuai dengan contoh surat permohonan bantuan yang banyak digunakan, maka dibuatnya surat permohonan bantuan memiliki tujuan sebagai berikut:

1. Bukti Tertulis Atas Permohonan Bantuan

Seringkali bantuan dibuat fiktif oleh pihak tertentu, dengan mengatasnamakan suatu golongan. Maka dari itu, dengan membuat surat permohonan bantuan bertujuan untuk dijadikan sebagai bukti tertulis dan dapat diarsipkan jika di kemudian hari menghadapi suatu kendala terkait permintaan bantuan yang dilakukan oleh salah satu pihak.

2.  Untuk Mendapatkan Kepercayaan dari Pihak Pemberi Bantuan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, ada beberapa permohonan bantuan yang dilakukan untuk digunakan oleh pihak yang berkepentingan merupakan permohonan yang fiktif sehingga sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari pihak yang akan memberikan bantuan. Oleh sebab itu, poin ini memiliki tujuan untuk mendapatkan kepercayaan dari pihak Pemberi bantuan dengan dibuat surat permohonan bantuan.

3. Agar Tidak Terjadi Salah Paham dari Pihak Pemberi Bantuan

Banyak dari contoh surat permohonan bantuan yang ditulis oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk meminta bantuan fiktif. Dengan demikian seringkali terjadi kesalah pahaman dari pihak pemberi bantuan. Itulah sebabnya, surat permohonan bantuan harus dibuat oleh pihak yang berwenang agar tidak terjadi kesalahpahaman dari pihak pemberi bantuan.

4. Bisa Menentukan Jenis dan Jumlah Bantuan

Dengan dibuatnya surat permohonan bantuan dengan merujuk pada contoh surat permohonan bantuan, jenis dan jumlah bantuan lebih mendetail dan dapat langsung dipahami oleh pihak pemberi bantuan untuk memberikan bantuan yang sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya sering terjadi permohonan bantuan yang tidak ada relevansinya dengan bantuan yang dibutuhkan hanya karena tidak dibuat surat permohonan bantuan.

5. Mendapatkan Bantuan Tepat Waktu

Tujuan lainnya dibuat surat permohonan bantuan agar dapat menerima bantuan secara tepat waktu. Kadangkala bantuan sering datang terlambat, sehingga menyebabkan kerugian yang semakin meluas. Namun, berbeda dengan surat permohonan bantuan yang menjelaskan dengan lebih terperinci tanggal dan waktu dibutuhkan bantuan.


Jenis Surat Permohonan Bantuan

Jenis Surat Permohonan Bantuan

Melihat dari contoh surat permohonan bantuan, kategori jenis surat permohonan bantuan ini merupakan jenis surat permohonan bantuan formal. Sebagaimana surat formal pada umumnya, surat permohonan tersebut harus memperhatikan standar penulisan surat formal. Seperti tata bahasa, ejaan, kop surat, nomor surat, lampiran, isi surat, dan penutup.

Sebagai bagian dari surat formal, surat permohonan bantuan tersebut sebagai media komunikasi untuk kepentingan komunikasi formal. Terlepas dari kepentingan permohonan yang digunakan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, apabila surat permohonan tersebut untuk membantu korban bencana alam tetap saja harus ditulis dengan format surat formal.

Sekalipun surat permohonan bantuan ditujukan untuk meminta bantuan kepada pihak tertentu namun hendaknya tidak menggunakan tata bahasa yang mengiba, atau terkesan melebih-lebihkan.Oleh sebab itu pentingnya mengetahui contoh surat permohonan bantuan. Pasalnya, pihak penerima surat tersebut akan menyangsikan keabsahan surat tersebut. Maka dari itu, membuat surat permohonan bantuan untuk jenis surat formal sebaiknya ditulis dengan menggunakan tata bahasa yang telah diatur oleh PUEBI.

Selain berjenis surat formal, surat permohonan bantuan pun termasuk kategori jenis surat kelompok, bukan pribadi atau surat yang dibuat atas nama golongan tertentu. Walaupun contoh surat permohonan bantuan terdapat pula ditulis untuk kepentingan pribadi namun jumlahnya sangat kecil, bahkan untuk kepentingan pribadi hampir tidak pernah membuat surat permohonan bantuan.


Kriteria Pihak yang Berhak Membuat Surat Permohonan Bantuan

Kriteria Pihak yang Berhak Membuat Surat Permohonan Bantuan

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, surat permohonan bantuan termasuk kategori jenis surat kelompok atau surat yang dibuat atas nama golongan/perusahaan/sekelompok orang. Sebagaimana contoh surat permohonan bantuan. Dengan demikian, pihak yang paling berhak membuat surat permohonan bantuan tersebut adalah pihak yang dituakan dalam kelompok tertentu.

Pihak yang dituakan tersebut meliputi kepala desa, ketua RW apabila permohonan bantuan mengatasnamakan warga yang terkena bencana alam. Bisa saja, pemilik perusahaan jika permohonan bantuan tersebut atas nama perusahaan, dan juga kepala sekolah jika permohonan bantuan tersebut di atas namakan untuk kepentingan sekolah.

Pada dasarnya, permohonan bantuan akan diakui keabsahannya oleh pihak penerima surat bantuan jika surat tersebut ditulis dan dibuat oleh pihak yang paling berpengaruh, baik berpengaruh di pihak yang membutuhkan bantuan dan juga berpengaruh pada pihak yang akan memberikan bantuan. Hal tersebut merupakan satu integrasi antara pihak penerima bantuan, pembuat surat permohonan bantuan, dan pemberi bantuan.

Kriteria lainnya dari pembuat surat permohonan bantuan adalah seseorang yang dapat mewakili untuk menyuarakan kebutuhan pihak yang membutuhkan bantuan. Terlebih bila kebutuhan tersebut bersifat mendesak, misalnya untuk pemenuhan makanan pada korban bencana alam. Maka pembuat surat permohonan tersebut harus dinamakan seseorang yang sangat berpengaruh pada suatu golongan.

Hal tersebut bukan dimaksudkan untuk memaksa untuk memberikan bantuan, tetapi lebih kepada pemenuhan bantuan yang lebih cepat. Khusus untuk penerima bantuan untuk korban bencana alam membutuhkan kebutuhan yang bersifat mendesak dan darurat. Semakin cepat bantuan tersebut diberikan, semakin banyak orang yang tertolong.


Beberapa Contoh surat Permohonan Bantuan

Untuk lebih jelasnya mengenai contoh surat permohonan bantuan sebaiknya untuk mengetahui beberapa contoh surat tersebut yang digunakan untuk berbagai kepentingan dalam memohon untuk mendapatkan bantuan secara formal. Dengan demikian komunikasi menjadi lebih sempurna dengan memberikan surat permohonan bantuan yang formal.

1. Surat Permohonan Bantuan Masker

Surat Permohonan Bantuan Masker

Di tengah wabah virus corona yang semakin merajalela, kebutuhan akan masker meningkat tajam. Dengan demikian, persediaan akan masker semakin menipis. Khususnya di beberapa wilayah, yang termasuk dalam zona waspada atau biasa dikenal dengan istilah zona hitam. Masyarakat yang tinggal di wilayah ini kerap kekurangan masker, maka dari itu, pemerintah daerah berinisiatif untuk membuat surat permohonan bantuan masker.

Contoh Surat Permohonan Bantuan Masker

Dalam kondisi darurat seperti adanya wabah ini, membuat surat permohonan bantuan masker harus ditulis secara formal. Berikut ini adalah contoh surat permohonan bantuan masker, yang dapat dijadikan referensi untuk membuat surat permohonan bantuan masker yang benar dan sesuai dengan kaidah penulisan surat formal.

Surat Permohonan Bantuan Masker

PANTI ASUHAN BINTANG BIRU

Yayasan Indonesia Cemerlang

Jl. Kapitan Pattimura No. 17 Jakarta

Telp:021-8123545678

Hal : Permohonan Bantuan Masker

Lamp: 1 Berkas

Jakarta, 10 Oktober 2020

 

Kepada: Yth. Donatur dan Relawan

Di

Tempat

 

 

Dengan hormat,

 

Bersama surat ini, saya selaku pimpinan dari Panti Asuhan Bintang Biru bermaksud memohon bantuan kepada bpk/ibu donatur berupa masker untuk anak-anak yatim piatu yang berada di Panti Asuhan kami.

 

Permohonan bantuan masker tersebut berdasarkan semakin mewabahnya virus Covid-19 yang bisa saja menyerang anak-anak yang rata-rata memiliki imunitas yang masih lemah. Sementara itu, persediaan masker di beberapa minimarket sangat sedikit jika pun ada, harganya sangat mahal. Sementara anak-anak yang berada di bawah asuhan panti asuhan tersebut membutuhkan perlindungan berupa masker tersebut.

 

Kami memohon kemurahan hati dari Bapak dan Ibu donatur untuk  memberikan bantuan berupa masker tersebut, demi kesehatan anak-anak yang berada di panti asuhan kami. Adapun jumlah masker yang kami butuhkan berjumlah 190 buah sesuai dengan jumlah anak-anak yang berada di panti asuhan kami. Untuk perincian biodata anak-anak tersebut kami lampirkan bersama surat ini.

 

Demikian surat permohonan bantuan ini kami buat agar bantuan yang kami harapkan dapat segera terealisasi. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih banyak.

  Hormat Kami,

A.n Pengurus Panti Asuhan Bintang Biru

 

 

Elvy Sukaesih

Pimpinan Panti Asuhan


2. Surat Permohonan Bantuan Bencana Alam

Surat Permohonan Bantuan Bencana Alam

Bencana alam sering terjadi secara tiba-tiba dan banyak memakan korban jiwa. Maka dari itu, pentingnya untuk dibuat surat permohonan bantuan kepada para donatur agar bantuan bisa diterima lebih cepat dan dapat dihimpun dengan baik dari para donatur, untuk selanjutnya dengan mudah untuk disalurkan kepada korban bencana alam.

Contoh Surat Permohonan Bantuan Bencana Alam

Untuk mengetahui lebih jelasnya cara membuat surat permohonan bantuan untuk bencana alam yang benar, berikut ini contoh surat permohonan bantuan untuk bencana alam yang direkomendasikan. Dengan demikian, bantuan untuk korban bencana alam tersebut lebih terarah.

Surat Permohonan Bantuan Bencana Alam

KEPALA DESA SUKAMANAH

LELES-CIANJUR SELATAN

Kp. Griya Ilir RT 01/05 Desa Sukamanah

Leles-Cianjur Selatan

Hal     : Permohonan Bantuan Bencana Alam

 

Kepada: Yth. Bapak/Ibu Donatur

Di

Tempat

Cianjur, 5 Oktober 2020

 

 

Dengan hormat,

 

Bersama surat ini, saya selaku kepala desa Sukamanah yang beralamat di Kp. Griya Ilir RT 01/05 Desa Sukamanah Leles-Cianjur Selatan. Saya selaku perwakilan dari warga desa Sukamanah bermaksud untuk memberitahukan bahwa desa kami pada tanggal 1 Oktober 2020 mengalami musibah bencana alam berupa longsor dan banjir.

 

Atas musibah tersebut, warga kami telah meninggal dunia berjumlah 3 orang, dan 200 orang kehilangan tempat tinggalnya. Sebagian dari mata pencaharian mereka bertani, dan sawah tempat mencari mata pencaharian tersebut, turut terendam banjir. Dengan demikian, banyak warga kami yang kehilangan mata pencahariannya.

 

Berdasarkan hal tersebut, kami mengetuk hati pada bapak dan ibu donatur untuk memberikan bantuannya berupa beberapa selimut, pakaian bekas, dan obat-obatan ringan agar warga kami bisa diselamatkan dari kemungkinan perubahan cuaca ekstrim yang terjadi secara tiba-tiba.

Kami berharap besar bantuan tersebut bisa kami terima, mengingat kondisi warga kami sangat darurat. Bahkan untuk warga yang kehilangan tempat tinggalnya, untuk sementara tinggal di tenda pengungsian.

 

Apabila bapak dan ibu bersedia untuk mengulurkan bantuannya bisa menyerahkan bantuan tersebut di pos penanggulangan bencana alam di desa Sukamanah.

Bapak dan ibu donatur pun bisa mengirimkan sejumlah uang yang bisa ditransfer ke rekening BRI 077-1234-4678-9-000 a.n Korban Longsor dan Banjir.

Atas Perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

 

 

Deddy Mizwar

Kepala Desa

Mengetahui,

 

 

Ronaldo

Camat

Disetujui,

 

 

Elvian Fahri

Bupati


3. Surat Permohonan Bantuan Barang

Surat Permohonan Bantuan Barang

Permohonan bantuan barang bisa berupa buku, peralatan sekolah, atau pakaian bekas yang ditujukan kepada para donatur untuk membantu siswa yang mendapatkan kekurangan barang perlengkapan sekolah, atau bisa juga pada korban banjir yang membutuhkan barang berupa pakaian bekas, selimut, dan juga baju hangat.

Contoh Surat Permohonan Bantuan Barang

Membuat surat permohonan bantuan barang sebaiknya dideskripsikan jenis barang yang dibutuhkan agar penerima surat permohonan tersebut bisa memahami maksud dibuatnya surat permohonan tersebut dan memberikan bantuan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Dengan demikian tidak terjadi salah persepsi. Berikut ini contoh surat permohonan bantuan yang direkomendasikan:

Surat Permohonan Bantuan Barang

PANITIA PENANGGULANGAN BENCANA ALAM

Campaka-CIANJUR SELATAN

Kp. Selagedang  RT 01/05 Desa Campaka

Warung Bitung-Cianjur Selatan

Hal     : Permohonan Bantuan Barang

 

Kepada: Yth. Bapak/Ibu Donatur

Di

Tempat

Cianjur, 5 Oktober 2020

 

 

Dengan hormat,

 

Bersama surat ini, kami selaku Panitia Penanggulangan Korban Bencana Alam bermaksud untuk memberitahukan bahwa telah terjadi longsor dan banjir di desa Campaka Cianjur, yang terjadi pada tanggal  10 Oktober 2020.

Atas musibah tersebut, terdapat kurang lebih 350 kepala keluarga yang kehilangan tempat tinggalnya. Mereka saat ini berada di tenda pengungsian. Mereka pun kekurangan barang berupa selimut dan baju tebal untuk menghalau rasa dingin.

Berdasarkan hal tersebut, kami memohon kemurahan hati dari bapak dan ibu donatur agar bersedia untuk mengulurkan tangannya untuk memberikan bantuan berupa selimut, jaket tebal, dan pakaian bekas, dan juga bantal guling atau kasur untuk memfasilitasi kebutuhan tidur di tenda.

Apabila bapak dan ibu donatur bersedia untuk memberikan bantuan barang sebagaimana yang telah kami sebutkan di atas, bisa langsung menyerahkan langsung pada posko korban bencana alam di Kp. Selagedang  RT 01/05 Desa Campaka Warung Bitung-Cianjur Selatan. Adapun untuk lebih spesifik bantuan  barang yang kami harapkan, kami lampirkan bersama surat ini.

 

Atas Perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami,

 

 

Esther Winata

Ketua

Mengetahui,

 

 

Yadi Rahmat

Kepala Desa

Disetujui,

 

 

Thomas A. Edison

Camat


4. Surat Permohonan Bantuan Dana

Surat Permohonan Bantuan Dana

Membuat permohonan bantuan dana biasa dilakukan antara dua pelaku bisnis, dimana salah satunya memerlukan bantuan dana guna pengembangan usahanya. Walaupun tidak menutup kemungkinan,  permohonan bantuan dana pun bisa saja terjadi untuk pembangunan beberapa fasilitas umum, seperti masjid, jembatan, jalan raya, dan fasilitas umum lainnya.

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana

Berikut ini contoh surat permohonan bantuan dana untuk pembangunan masjid yang ditujukan kepada donatur, baik perorangan maupun kelompok. Dengan dibuat surat permohonan tersebut, diharapkan donatur memberikan sejumlah dana yang dikolektifkan oleh panitia agar pembangunan tersebut bisa berjalan lancar.

Surat Permohonan Bantuan Dana

PANITIA PEMBANGUNAN MASJID DESA MARGALUYU BANDUNG

Kp. Sukasari RT 02/05 Desa Margaluyu Bandung

HP/WA: 0812345678 Email: [email protected]

 

Bandung, 15 Juli 2020

No.              : 001/PPMB/VII/2020

Lamp.          : 1 Lembar

Hal.              : Permohonan Bantuan Dana

 

Kepada: Yth. Kepala Desa Margaluyu

Di

Tempat

 

Dengan hormat,

 

Berhubung pembangunan masjid di desa Margaluyu Bandung sedang berlangsung, bahkan hampir selesai. Maka kami selaku Panitia Pembangunan Masjid tersebut bermaksud mengajukan permohonan bantuan dana guna pembangunan masjid untuk fasilitas peribadatan warga desa Margaluyu Bandung.

Adapun surat permohonan bantuan dana ini dibuat mengingat masih terdapat kekurangan dana untuk pembelian bahan bangunan dalam proses penyelesaian masjid tersebut.  Pembangunan masjid tersebut masih terdapat kekurangan dana sekitar Rp25.000.000 untuk pembelian bahan bangunan yang telah kami rinci dan dilampirkan bersama surat ini.

Mengingat  pentingnya pembangunan masjid tersebut guna kelancaran beribadah warga desa Margaluyu, maka kami memohon permohonan bantuan dana tersebut dapat direalisasikan secepatnya agar pembangunan masjid tersebut bisa segera selesai.

Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

 

 

Muhammad Ruslan

Ketua

Mengetahui

 

 

Cepi Sanjaya

Ketua RW 05

 

 

 

Fuji Lestari

Bendahara


5. Surat Permohonan Bantuan Peralatan Sekolah

Surat Permohonan Bantuan Peralatan Sekolah

Beberapa sekolah yang berada di daerah terpencil seringkali membutuhkan beberapa peralatan sekolah seperti meja dan kursi, papan tulis,  dan juga perlengkapan kebersihan sekolah r. Permohonan bantuan tersebut berguna untuk mendapatkan sejumlah peralatan sekolah yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar.

Contoh Surat Permohonan Bantuan Peralatan Sekolah

Agar dapat memperkuat keabsahan surat permohonan bantuan peralatan sekolah, surat tersebut akan dibuat oleh kepala sekolah yang bersangkutan. Surat tersebut akan ditujukan kepada donatur. Berikut ini contoh surat permohonan bantuan berupa peralatan sekolah yang dapat dijadikan referensi.

Surat Permohonan Bantuan Peralatan Sekolah

SMU BINA HARAPAN

Komp.         Pedalaman Hutan Raya No. 17 Kalimantan

 

 

Kalimantan 5 Mei 2020

No.              : 002/ V/SPB/2020

Lamp.          : 1 Berkas

Hal.              : Permohonan Bantuan Peralatan Sekolah

 

Kepada                    : Yth. Bapak/Ibu Donatur

Di

Tempat

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya selaku kepala SMU BINA HARAPAN bermaksud memberitahukan bahwa sekolah lanjutan tingkat atas ini merupakan satu-satunya  sekolah swasta yang berada di pedalaman hutan Kalimantan. Sekolah ini didirikan guna memfasilitasi pendidikan suku pedalaman yang berada di Kalimantan agar dapat memperoleh haknya sebagai warga negara Indonesia untuk mengenyam pendidikan.

Sekolah ini baru resmi didirikan 1 bulan lalu sehingga masih kekurangan peralatan sekolah berupa kursi dan meja belajar, Kebutuhan yang lebih terperinci mengenai beberapa peralatan, kami lampirkan bersama surat ini.

 

Mengingat pentingnya sekolah ini guna turut serta mencerdaskan bangsa, kami berharap besar bapak dan ibu donatur memberikan bantuan berupa material untuk pembelian peralatan tersebut. Tidak bisa dipungkiri, kami sangat membutuhkan kursi dan meja belajar demi kelancaran aktivitas kegiatan belajar mengajar.

 

Besar harapan kami permohonan bantuan barang ini dapat segera terealisasi. Bapak dan ibu pun bisa memberikan sejumlah uang jika tidak memungkinkan untuk memberikan bantuan kursi dan meja tersebut. Transfer uang sumbangan bisa dikirim ke bank BRI No. Rekening 027412345678 a.n SMU BINA HARAPAN.

Atas  perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami

 

 

Harlin BA

Kepala SMU BINA HARAPAN

   

 

 

Asep Mulyana

WAKA KESISWAAN

  Mengetahui,

 

 

Prof. Abdul Yamin

Pemilik Yayasan

 


6. Surat Permohonan Bantuan Obat-obatan

Surat Permohonan Bantuan Obat-obatan

Permohonan bantuan obat-obatan seringkali dibutuhkan guna melengkapi kebutuhan obat-obatan di Unit Kesehatan Sekolah. Adapun jenis obat-obatan yang dibutuhkan merupakan jenis obat-obatan dengan kategori ringan,hanya untuk mengobati penyakit ringan bagi siswa di sekolah tersebut. Adapun permohonan tersebut ditujukan kepada kepala puskesmas terdekat.

Contoh Surat Permohonan Bantuan Obat-obatan

Untuk membuat surat permohonan bantuan untuk obat-obatan diperlukan contoh surat permohonan bantuan yang dapat dijadikan referensi seperti berikut ini. Perhatikan penerima surat dan jenis obat-obatan yang dibutuhkan agar obat-obatan yang diberikan oleh pemberi bantuan obat-obatan sesuai dengan jenis obat yang dibutuhkan.

Surat Permohonan Bantuan Obat-obatan

PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG

DINAS PENDIDIKAN

UPTD CIMAHI SELATAN

SDN MELONG ASIH

SURAT KETERANGAN

001/SPO/V/40.19.2012/2020

Kepada: Yth. Bpk Daryono

              Kepala UPT PUSKESMAS Cimahi Selatan

Di

Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                      : Edi Prakoso, MPD

NIP                          : 10057026.3038

Alamat                     : Jl. Raya Advent No. 57 Cibeureum Cimahi Selatan

Jabatan                               : Kepala SDN MELONG ASIH

 

Dengan ini mengajukan permohonan bantuan obat-obatan guna keperluan perlangkapan obat-obatan  UKS di SDN MELONG ASIH. Adapun obat-obatan yang kami butuhkan yaitu:

1, Oralit       `       : 40 pcs

  1. Betadine : 2 botol
  2. Kayu putih 150 ml : 2 botol
  3. Aspirin : 4 scht
  4. Paracetamol : 4 scht
  5. Feminax : 2 scht
  6. Kassa Steril : 2 gulung
  7. Kapas Pembalut : 1 pack

 

Demikian surat permohonan ini kami buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya Kami ucapkan terima kasih.

  Bandung, 15 Februari 2020

Kepala Sekolah

 

 

Edi Prakoso, MPD

NIP. 10057026.3038


7. Surat Permohonan Bantuan Sembako

Surat Permohonan Bantuan Sembako

Bagi daerah yang memiliki sejumlah warga yang berada di bawah garis kemiskinan, membeli sembako merupakan hal yang sulit, mengingat perekonomian daerah tersebut jauh tertinggal. Maka dari itu, pemimpin desa tersebut harus berinisiatif memberikan sumbangan sembako kepada warganya dengan membuat surat permohonan bantuan sembako kepada Pemerintah Pusat.

Contoh Surat Permohonan Bantuan Sembako

Berikut ini contoh surat permohonan bantuan sembako yang dapat dijadikan referensi. Mengetahui contoh surat tersebut sangat penting, terlebih jika akan ditujukan kepada Pemerintah Pusat. Sehingga tidak akan terjadi kesalahan dalam membuat surat permohonan bantuan yang tepat dan meminimalisir resiko ditolaknya permohonan bantuan sembako tersebut.

Surat Permohonan Bantuan Sembako

No. : 081/xi/ii/2020

Lamp: 1 Berkas

Hal     : Permohonan Bantuan Sembako

Bandung, 12 Februari 2020

 

Kepada: Yth. Bapak Susanto

KA.Sub Logistik

PEMDA BANDUNG BARAT

Di Tempat

 

Dengan hormat,

 

Bersama dengan surat ini, saya selaku kepala desa Mekarjaya  sebagai perwakilan dari atas nama warga Mekarjaya bermaksud untuk mengajukan permohonan bantuan sembako untuk beberapa warga kami yang berada di bawah garis kemiskinan. Maka dari itu, saya selaku kepala desa bertanggung jawab untuk mensejahterakan warga kami.

 

Adapun surat permohonan ini dibuat, mengingat terdapat 190 kepala keluarga di desa Mekarjaya yang hidup berada di bawah garis kemiskinan. Maka dari itu, mereka membutuhkan sembako tersebut guna memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari. Walaupun bantuan sembako tersebut sifatnya sebagai penunjang.

Permohonan bantuan ini dibuat, mengingat harga sembako yang semakin merangkak naik, dan bagi warga kami yang hidup di bawah garis kemiskinan hal tersebut sangat memberatkan. Guna menunjang kelengkapan data sebagai bukti kongkrit, kami lampirkan data warga kami yang membutuhkan bantuan sembako tersebut.

Besar harapan kami surat permohonan bantuan sembako ini dapat diterima. Dengan demikian, warga kami bisa menerima sembako setiap bulannya guna menunjang kebutuhan hidup mereka. Adapun proses penyaluran sembako tersebut sebaiknya disalurkan oleh Ketua RT dan RW masing-masing. Data ketua RT/RW kami lampirkan bersama surat ini.

 

Hormat kami,

 

 

Yusuf Sonjaya,

Kepala Desa

   

 

 

Sri Sulistyawati

Sekretaris Desa

     


8. Surat Permohonan Bantuan UMKM

Surat Permohonan Bantuan UMKM

Bagi pengusaha UMKM bisa saja mengalami kesulitan permodalan dalam pengembangan usahanya. Beruntungnya, pengusaha UMKM memiliki kelompok organisasi yang mengelola dengan baik gabungan pengusaha UMKM tersebut. Termasuk dalam hal ini, saling membantu dalam kebutuhan permodalan. Oleh sebab itu, ketua organisasi tersebut harus membuat surat permohonan bantuan UMKM  bila mendapati anggotanya mengalami kesulitan permodalan.

Contoh Surat Permohonan Bantuan UMKM

Apakah merasa kebingungan untuk membuat surat permohonan bantuan UMKM? Berikut ini contoh surat permohonan untuk bantuan UMKM yang dibuat oleh ketua ketua organisasi untuk membantu salah satu anggotanya mendapatkan tambahan permodalan yang ditujukan kepada koperasi UMKM, agar modal tersebut bisa segera dicairkan.

Surat Permohonan Bantuan UMKM

ORGANISASI PEDAGANG PASAR INDUK CARINGIN BANDUNG (OPPIC)

Pasar Induk Caringin No. 57 Bandung

HP/WA:02212345678 Email: [email protected]

 

No. Surat : 001/008/XI/III/2020

Lamp      : 1 Lembar

Hal     : Permohonan Bantuan UMKM

Kepada : Yth. Pimpinan Koperasi Simpan Pinjam

Pasar Caringin Bandung

Di

Tempat

 

Dengan hormat,

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama          : Edi Suseno

Alamat         : Jl. Margaluyu No. 48 Bandung

Jabatan                   : Ketua OPPIC (Organisasi Pedagang Pasar Induk Caringin )Bandung

 

Bersama surat ini bermaksud untuk mengajukan permohonan bantuan UMKM yang akan diberikan kepada salah satu anggota OPPIC yang sedang membutuhkan kredit modal kerja, dengan data anggota sebagai berikut:

 

Nama          : Arie Setiawan

Alamat         : Jl. Indah I Bandung

Profesi         : Pedagang Toko Kelontong ‘Sumber Sari’

Jenis Usaha : Pedagang

 

Adapun jenis bantuan yang kami butuhkan adalah berupa pinjaman uang sebesar Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah) untuk pengembangan usaha toko kelontong yang sedang dikelola, yaitu berupa pembelian bahan tembakau untuk memenuhi kebutuhan pelanggan pada toko tersebut.

Mengingat toko tersebut sudah berjalan selama 2 tahun dan mengalami kemajuan yang cukup pesat, maka toko tersebut sangat layak untuk diberikan bantuan UMKM berupa Kredit Modal Kerja.

Saya selaku ketua OPPIC sangat menjamin bahwa toko tersebut tidak akan melalaikan kewajibannya. Terlebih, permohonan bantuan ini guna pengembangan usaha UMKM yang merupakan salah satu program Pemerintah.

Besar harapan kami surat permohonan ini dapat disetujui. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Bandung, 9 September 2020

 

 

Edi Suseno

Ketua


9. Surat Permohonan Bantuan Beasiswa

Surat Permohonan Bantuan Beasiswa

Untuk sekolah yang memiliki siswa yang tidak mampu untuk menyelesaikan biaya administrasi sekolah, harus berinisiatif untuk membuat surat permohonan beasiswa bagi siswa yang kurang mampu. Dengan demikian siswa tersebut, bisa melanjutkan studinya tanpa terkendala masalah biaya untuk melanjutkan sekolah.

Contoh Surat Permohonan Bantuan Beasiswa

Permohonan bantuan beasiswa bisa saja ditujukan kepada para donatur atau bisa juga kepada pemilik yayasan bila sekolah tersebut merupakan sekolah swasta. Berikut ini adalah contoh surat permohonan bantuan beasiswa yang ditujukan kepada pemilik yayasan sekolah, agar siswa tersebut mendapatkan beasiswa untuk siswa yang tidak mampu.

Surat Permohonan Bantuan Beasiswa

YAYASAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

PASUNDAN

  1. PANGERAN DIPONEGORO NO. 8 BANDUNG

Telp:022- 821345678 Email: [email protected]

 

Bandung, 6 Juli 2020

Hal: Permohonan Beasiswa

Kepada: Yth. Pemilik Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah PASUNDAN

Di

Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama          : Harlin BA

NIP              : 133166178900

Alamat         : Jl. Ampera Raya No. 12 Subang

Jabatan                   : Kepala SMP Pasundan Subang

 

Bersama dengan surat ini, bermaksud untuk mengajukan surat permohonan bantuan beasiswa untuk siswa yang berprestasi namun tidak mampu. Adapun kami memiliki datanya sebanyak 5 orang yaitu:

  1. Andi Setiawan Kelas 2c
  2. Luvi Kristovana Kelas 2 A
  3. Riri Riyanti Kelas 2 B
  4. Yuliawati kelas 1C
  5. Fransisca Kelas 1A

 

Siswa tersebut merupakan siswa yang berprestasi secara akademik, namun siswa tersebut berasal dari keluarga tidak mampu. Dengan demikian, saya mengajukan permohonan beasiswa untuk siswa tersebut.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

 

Harlin BA

Kepala Sekolah


10. Surat Permohonan Bantuan Bahan Bangunan

Surat Permohonan Bantuan Bahan Bangunan

Membuat surat permohonan bantuan bahan bangunan biasa dilakukan untuk membangun sarana dan prasarana umum yang bisa saja ditujukan kepada donatur atau pihak yang memiliki kewenangan dalam membangun sarana dan prasarana umum tersebut. Dalam hal ini Pemerintah Daerah setempat.

Contoh Surat Permohonan Bantuan Bahan Bangunan

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, permohonan bantuan bahan bangunan digunakan untuk kepentingan pembangunan sarana dan prasarana umum, seperti tempat peribadatan, jalan desa, jembatan dan MCK. Berikut ini contoh surat permohonan bantuan berupa bahan bangunan untuk pembangunan MCK.

Surat Permohonan Bantuan Bahan Bangunan

PANITIA PEMBANGUNAN MCK DESA SUKAGALIH

  1. Wanareja No. 12 Desa Sukagalih Bandung

Telp: 022-9221234567

 

Bandung, 15 September 2020

Hal: Permohonan Bantuan Bahan Bangunan

Kepada: Yth. Bapak/Ibu Donatur

Di

Tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan sedang dibangun MCK sebagai prasarana umum di desa Sukagalih, agar warga desa Sukagalih mendapatkan fasilitas air bersih untuk menunjang aktivitas sehari-harinya. Maka pembangunan MCK tersebut harus segera diselesaikan. Sehingga warga bisa segera menikmati fasilitas air bersih.

Berdasarkan hal tersebut, kami selaku panitia pembangunan MCK membutuhkan bahan bangunan untuk melengkapi kekurangan bahan bangunan pembuatan MCK tersebut. Adapun mengenai bahan bangunannya yang dibutuhkan kami lampirkan bersama surat ini. Dengan demikian, pembangunan tersebut bisa segera diselesaikan.

Kami berencana membangun sebanyak 6 buah MCK tetapi baru diselesaikan 4 buah MCK, mengingat bahan bangunan yang kami butuhkan untuk pembangunan MCK tersebut masih kurang. Maka dari itu, kami memohon kepada bapak dan ibu donatur untuk memberikan bantuan bahan bangunan tersebut.

Besar harapan kami bapak dan ibu bersedia menyumbangkan bahan bangunan untuk pembangunan MCK bersama. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

 

 

Fathan Nurrahman

Ketua

   

 

 

Astrid

Sekretaris

  Mengetahui,

 

 

Fajar Wiguna

Kepala Desa

 

Siapa Saja yang Berhak Menerima Surat Permohonan Bantuan?

Siapa Saja yang Berhak Menerima Surat Permohonan Bantuan?

Apabila merujuk pada contoh surat permohonan bantuan untuk berbagai kepentingan, maka orang yang paling berhak menerima surat tersebut adalah donatur. Pasalnya donatur memiliki kuasa untuk memberikan sejumlah materi akan bantuan yang dibutuhkan. Bantuan selalu erat kaitannya dengan materi.

Pihak lainnya yang berwenang untuk menerima surat permohonan bantuan tersebut adalah pemilik yayasan dari sekolah. Sebagaimana contoh surat permohonan bantuan untuk beasiswa yang telah dijelaskan sebelumnya. Pasalnya pemilik yayasan sekolah adalah pihak yang paling berwenang untuk menerima dan menolak permohonan bantuan beasiswa.

Selain dua pihak yang telah dijelaskan, Pemerintah Daerah merupakan termasuk pihak yang berhak untuk menerima surat permohonan bantuan. Pasalnya, contoh surat permohonan bantuan guna kepentingan pembangunan sarana umum sebagaimana yang telah dijelaskan, berada di bawah wewenang Pemerintah Daerah.

Kesimpulannya, pihak-pihak yang berhak untuk menerima surat permohonan bantuan adalah pihak-pihak yang dianggap berkuasa dan berpotensi untuk memberikan bantuan. Maka dari itu, bila merujuk pada contoh surat permohonan bantuan selalu ditujukan kepada para atasan atau pihak yang berwenang untuk memberikan bantuan tersebut.

Pentingnya mengetahui berbagai macam contoh surat permohonan bantuan untuk berbagai kepentingan. Terutama mengetahui beberapa pihak yang berhak menerima surat permohonan bantuan tersebut agar tidak lagi terjadi kesalahan penulisan pihak yang dituju, sehingga berakibat pada terlambatnya bantuan diterima atau bantuan yang diterima tidak sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Surat Permohonan Bantuan

Leave a Comment