Contoh Surat Permohonan Izin Peminjaman Tempat

Contoh Surat Permohonan Izin Peminjaman Tempat – Berbagai kepentingan yang biasanya membutuhkan tempat berkapasitas besar tentu diperlukan contoh surat permohonan izin peminjaman  tempat. Oleh karena itu, surat peminjaman tempat sangat penting dibuat oleh penyelenggara acara guna mendapatkan izin peminjaman tempat.

Ada macam-macam kegiatan mulai dari kegiatan luar ruangan atau dalam ruangan tentu membutuhkan tempat yang sangat luas. Apalagi jika acara tersebut merupakan acara yang melibatkan banyak orang. Sudah seharusnya tempat diadakannya suatu kegiatan atau acara terakomodasi dengan baik.

Dengan adanya surat izin dalam peminjaman tempat, maka akan memberikan informasi secara jelas dari pihak penyelenggara. Dan merupakan pemberitahuan kepada pihak yang menyediakan tempat agar mendapatkan informasi yang jelas seperti apa kegiatan akan berlangsung. Surat peminjaman tempat ini sangat penting, bahkan menjadi salah satu legalitas dalam menjalankan suatu kegiatan.

Jika surat perizinan belum didapatkan, bisa saja sewaktu acara berlangsung akan terjadi kendala yang tak diinginkan, seperti diberhentikan secara paksa oleh pihak berwajib.  Perlu diketahui, surat permohonan izin tempat sangat erat kaitannya dengan proposal kegiatan. Proposal kegiatan wajib dilampirkan bersamaan dengan adanya surat permohonan izin tempat tersebut.


Cara Membuat Surat Permohonan Izin Pinjam Tempat

Cara Membuat Surat Permohonan Izin Pinjam Tempat

Cara membuat surat peminjaman gedung sebenarnya simpel, satu hal yang harus kamu ingat pada saat membuat surat peminjaman gedung adalah surat ini bersifat resmi, sehingga di dalamnya harus:

Dalam membuat surat peminjaman tempat sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Hal-hal yang perlu diperhatikan dan diingat yaitu ada pada bagian surat resmi. Adapun bagian-bagian tersebut yang harus ada pada surat izin peminjaman tempat adalah,

  1. Adanya kop surat, yaitu kepala surat yang tertera dalam surat peminjaman tempat.
  2. Informasi yang jelas tentang tanggal serta tempat pada surat peminjaman tersebut dibuat.
  3. Cantumkan dengan dituju kepada siapa surat peminjaman tersebut dilayangkan.
  4. Isi dalam surat peminjaman tempat harus ditulis secara jelas serta terdapat informasi berupa waktu pelaksanaan, tujuan peminjaman dan sebagainya.
  5. Terdapat tanda tangan pembuat surat atau penanggung jawab dalam sebuah kegiatan.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas maka bisa disimpulkan bahwa dalam membuat surat peminjaman tempat harus lengkap. Bahkan biasanya ada beberapa acara yang diadakan dibutuhkan adanya proposal kegiatan sebagai pengantar surat peminjaman tempat.


Kegiatan yang Memerlukan Surat Permohonan Izin Tempat

Kegiatan yang Memerlukan Surat Permohonan Izin Tempat

Surat izin tempat sebenarnya perlu tidak perlu untuk dibuat. Jika melakukan kegiatan di tempat umum atau tidak ada pemiliknya, surat izin tempat tidak perlu untuk dibuat. Namun sebaliknya, jika kegiatan tersebut akan diselenggarakan di tempat milik orang lain, maka kita perlu membuat surat permohonan izin tempat untuk mendapatkan izin dari pemilik tempat tersebut. Berikut ini adalah beberapa acara atau kegiatan yang biasanya memerlukan surat permohonan izin tempat :

1. Syuting Film (Layar Lebar dan Film Pendek)

Biasanya, kegiatan syuting film diadakan di berbagai macam tempat yang berbeda. Seorang produser film harus membuat sebuah surat permohonan izin tempat agar proses syuting nantinya dapat berjalan dengan lancar dan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Biasanya proses syuting berlangsung selama 1 minggu hingga 3 bulan, tergantung dengan berapa lama durasi film yang akan dibuat. 

2. Acara Pernikahan

Pada umumnya, acara pernikahan akan dilangsungkan di suatu gedung. Nah, untuk dapat menikah di gedung tersebut, Anda harus mengantongi surat izin dari pemiliknya. Anda juga harus membayar sejumlah biaya yang cukup mahal untuk menyewa gedung tersebut. Selain gedung, Anda juga bisa melangsungkan pernikahan sederhana dengan tema garden party dan membuat surat izin menyewa taman tempat berlangsungnya pernikahan tersebut.

3. Acara Reuni

Hampir sama dengan acara pernikahan, reuni juga pasti memerlukan suatu tempat yang cukup besar untuk menampung seluruh alumni yang pernah menempuh pendidikan di suatu tempat. Jika acara reuni diadakan di aula sekolah, maka perlu surat izin tempat dari kepala sekolah. Namun, jika acara reuni dilangsungkan diluar sekolah, seperti di gedung, restoran, dan sebagainya, maka Anda harus membuat surat permohonan izin tempat untuk melangsungkan acara reuni tersebut. 

4. Syuting Sinetron (Film episode)

Tak jauh berbeda dengan syuting film layar lebar, syuting sinetron juga pasti membutuhkan tempat bagi para aktor/aktris untuk beradu akting. Bedanya, syuting sinetron lokasinya cenderung itu-itu saja, namun dilakukan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, dibutuhkan surat izin tempat agar proses syuting dapat berjalan dengan lancar. Biasanya, syuting sinetron berlangsung selama 6 bulan hingga waktu yang tak dapat ditentukan karena tergantung dengan banyaknya episode yang akan dibuat. 

5. Konser atau Pertunjukkan Musik

Bagi seorang penyanyi, berada di atas panggung konser atau pertunjukkan musik merupakan suatu pencapaian yang luar biasa. Nah, untuk mengadakan konser tersebut, seorang penyanyi harus menyewa suatu tempat yang nantinya akan menjadi tempat berlangsungnya konser. Tentunya, untuk menyewa tempat tersebut, tim nya harus menulis surat permohonan izin tempat agar konser dapat berjalan dengan lancar.

6. Camping atau Kemah

Bagi para pelajar atau mahasiswa tentunya camping sudah tak asing lagi, kan? Selama masa bersekolah atau menempuh pendidikan hampir semua orang pernah mengikuti kegiatan berkemah atau camping. Nah, ternyata untuk dapat melangsungkan kegiatan camping di suatu tempat, pihak sekolah harus mengajukan surat permohonan izin tempat, loh. Hal itu perlu untuk dilakukan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan siswa saat camping berlangsung. 


Contoh Proposal Kegiatan

Contoh Proposal Kegiatan

Biasanya saat meminjam tempat, untuk mendapatkan izin melakukan kegiatan harus ada proposal yang menyertainya.  Proposal sendiri merupakan rencana yang tersusun dengan bentuk rancangan kerja, sistematis, dibuat secara matang dan ketelitian.

Dibuat oleh orang atau organisasi yang akan menyelenggarakan kegiatan. Inilah unsur penting yang harus ada pada proposal saat mengajukan surat peminjaman tempat.

1.Nama Kegiatan Atau Judul

Nama kegiatan harus ditulis dengan jelas dan judul acara yang akan diselenggarakan juga harus ditulis pada judul proposal. Sehingga pemilik tempat bisa langsung memahami seperti apa kegiatan yang akan berlangsung.

2.Latar Belakang

Dalam menjelaskan latar belakang proposal harus berisi adanya pemikiran pokok dari sebuah kegiatan yang dilakukan. Sehingga latar belakang ini berperan penting, karena orang akan memahami betapa pentingnya sebuah acara atau kegiatan.

3.Tujuan Kegiatan

Saat menyusun proposal harus ada rumusan tujuan yang jelas dan terperinci sehingga bisa mencapai target. Dan menjadi nilai tambah serta bisa dijelaskan dan dirasakan manfaatnya suatu acara atau kegiatan.

4.Tema

Tema adalah hal yang mendasari kegiatan itu dan menentukan tema biasanya pada awal diadakan suatu acara. Sehingga tema yang menjadi dasar suatu kegiatan yang diselenggarakan.

5.Sasaran/peserta

Selain keempat unsur yang harus ada di proposal terdapat juga sasaran atau peserta kegiatan. Terdapat pula keterangan tempat serta waktu kegiatan yang akan dilaksanakan dan kepanitiaan, rencana anggaran hingga penutup. Selanjutnya jika proposal kegiatan sudah ada maka bisa mengajukan surat izin peminjaman tempat yang akan digunakan untuk kegiatan.

Dengan adanya berbagai unsur proposal yang ada maka jika diperlukan, proposal bisa dilampirkan dengan surat izin peminjaman tempat. Namun, jika tidak diperlukan maka cukup dengan beberapa surat izin peminjaman tempat yang disesuaikan kebutuhan. ada beberapa contoh surat permohonan izin pinjam tempat yang bisa digunakan dan menjadi acuan pembuatan surat izin.


Contoh Surat Permohonan Izin Peminjaman Tempat

Ada beberapa contoh surat permohonan dalam melakukan izin peminjaman tempat.  Contoh tersebut berdasarkan kegiatan yang diselenggarakan. Inilah berbagai macam kegiatan atau penyelenggaraan yang dilakukan mulai dari peminjaman gedung, ruangan, lapangan hingga barang.

Surat Peminjaman Gedung untuk Pernikahan

Surat Peminjaman Gedung untuk Pernikahan

Inilah salah satu contoh surat permohonan izin peminjaman tempat untuk resepsi pernikahan. Surat ini bisa menjadi acuan jika membutuhkan contoh membuat surat peminjaman guna resepsi pernikahan.

Surat Peminjaman Gedung untuk Pernikahan

Semarang, 2 Oktober 2020

Perihal               : Permohonan Peminjaman Tempat

Lampiran          : –

 

Kepada

Kepala Bagian Sarana dan Prasarana
SMA Negeri 5 Kota Semarang
Jalan Gito Gati No. 170 Semarang

 

Assalamualaikum Wr. Wb

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama        : Widodo Rahmat

No. KTP   : 514139128700

Jenis Kelamin   : Laki – Laki

Tempat/tanggal lahir  : Semarang, 8 Mei 1980

Pekerjaan                    : Wiraswasta

Alamat                    : Jalan Mulawarman Gg. Melati No. 8B RT. 04 RW. 06 Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik Kota Semarang 52989

 

Dengan ini bermaksud untuk mengajukan permohonan peminjaman aula SMA Negeri 5 Kota Semarang untuk dipakai sebagai tempat untuk melangsungkan acara resepsi pernikahan saya yang insyaallah akan dilaksanakan pada :

 

Hari    : Minggu

Tanggal  : 4 Desember 2020

Waktu : 10.00 – 15.00 WIB

 

Demikian surat permohonan ini kami buat. Besar harapan saya agar dapat dikabulkannya permohonan ini. Atas perhatian Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Hormat saya,

 

Widodo Rahmat

Itulah contoh surat peminjaman gedung untuk pernikahan yang bisa dijadikan format langsung untuk acuan. Sehingga memudahkan dalam membuat surat permohonan untuk meminjam gedung yang diperlukan.


Contoh Surat Peminjaman Ruangan untuk Seminar

Contoh Surat Peminjaman Ruangan untuk Seminar

Berikut ini contoh surat permohonan izin peminjaman tempat untuk seminar. Inilah beberapa hal yang harus dijelaskan untuk membuat surat permohonan izin tersebut.

Surat Peminjaman Ruangan untuk Seminar

DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS PASUNDAN KOTA BANDUNG
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
Jalan Otista No. 60 Bandung
Tlp. 022 – 670211  Fax. 022 – 670111

 

No      : 018/BEMUP/08/2020

Hal     : Peminjaman Tempat

Lampiran  : 1 (satu) lembar

 

Yth.

Kepala Bagian Sarana dan Prasarana

Universitas Pasundan Kota Bandung

di tempat

 

Dengan hormat,

Dalam rangka memperingati Hari Buku Sedunia pada 1 September 2020, maka kami selaku mahasiswa – mahasiswi yang tergabung kedalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Pasundan Kota Bandung akan mengadakan seminar nasional dengan tema “Dari Buku untuk Dunia” serta pameran bedah buku yang akan diselenggarakan pada :

 

Hari   : Sabtu – Minggu

Tanggal : 3- 4 September 2020

Waktu   : 10.00 – selesai

Tempat  : Gedung Seminar Universitas Pasundan

 

Oleh karena itu, kami bermaksud untuk meminjam tempat yaitu meminjam Gedung Seminar Universitas Pasundan pada waktu dan tanggal yang disebutkan. Agar bisa melangsungkan acara dan kegiatan dengan lancar nantinya. Dengan ini kami lampirkan proposal kegiatan serta rundown acara.

Demikian surat peminjaman tempat ini kami sampaikan beserta kelengkapannya, atas perhatian dan kerjasama Bapak atau Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Bandung, 8 Agustus 2020

Ketua BEM

Universitas Pasundan

 

Hilmi Alamsyah

Itulah contoh surat untuk peminjaman tempat atau ruangan guna menyelenggarakan seminar. Sehingga bisa menjadi contoh dalam pembuatan surat yang akan diajukan untuk izin pinjam tempat.


Contoh Surat Peminjaman Tempat untuk Rapat

Contoh Surat Peminjaman Tempat untuk Rapat

Berikut ini merupakan contoh surat permohonan izin peminjaman tempat dan digunakan untuk rapat. Biasanya suatu organisasi atau lembaga membutuhkan tempat untuk rapat yang lebih luas sehingga dibutuhkan surat izin peminjaman tempat.

Surat Peminjaman Tempat untuk Rapat

KARANG TARUNA WARGA RW O6
KELURAHAN DARMARAJA KECAMATAN MULIA ASIH
KOTA BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT
Sekretariat. Jl. Ciherang No. 3  Telp. 022 341668 Mobile. 08772467922

 

Bandung, 8 Agustus 2020

 

Nomor  : 32/PKS/KTRW6/8/16

Hal       : Permohonan Peminjaman Tempat

 

Kepada

Ketua RW 06 Kelurahan Dharma Raya

Kecamatan Mulia Asih Kota Bandung

Di tempat

 

Dengan hormat,

Dengan adanya surat ini kami sampaikan bahwa Karang Taruna RW 06 Kelurahan Dharma Raya Kota Bandung akan mengadakan rapat koordinasi kedua dalam periode kepengurusan tahun 2020 – 2021 yang akan mengundang banyak orang. Maka sehubungan dengan hal tersebut, kami mengajukan permohonan untuk meminjam tempat untuk rapat koordinasi tersebut yang akan dilaksanakan pada :

 

Hari/Tanggal: Sabtu, 3 September 2020

Waktu : 19.00 – selesai.

Demikian surat peminjaman tempat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Sekretaris Karang Taruna   Ketua Karang Taruna

 

Maya Lestari                      Adrian Mulia

Pentingnya sebuah rapat dalam organisasi atau lembaga dengan diimbangi tempat rapat yang luas dan memadai. Sehingga diperlukan surat izin pinjam tempat untuk melaksanakan rapat guna memperlancar acara yang diadakan.


Contoh Surat Peminjaman Gedung Olahraga

Contoh Surat Peminjaman Gedung Olahraga

Pentingnya contoh surat permohonan izin peminjaman tempat, terutama untuk gedung olahraga menjadi acuan saat diadakan acara atau kegiatan.

Surat Peminjaman Gedung Olahraga

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
SMA NUSANTARA
Jl. Merdeka No. 47, Lubuk Linggau, Sumatera Barat 23275

 

Rabu, 28 Februari 2020

No.: 124/OSIS/SMA-Tr/II/2020                              

Lampiran: –

Perihal: Peminjaman Gedung Olahraga

 

Kepada Yth.

Bapak R. Sumanjaya

Kepala SMA Nusantara

di

Tempat

 

Dengan hormat,

Dengan surat ini, kami dari pihak OSIS SMA Nusantara mengajukan permohonan izin kepada Bapak untuk meminjam gedung olahraga untuk kegiatan “Pengenalan Lingkungan Sekolah SMA Nusantara” yang akan dilaksanakan pada:

 

hari/tanggal: Senin, 4 Maret 2020

waktu: pukul 09.100 – 12.00 WIB

Kegiatan yang merupakan salah satu bagian dari kegiatan kunjungan studi ini. Akan dilakukan oleh para siswa/i dari SMA Buana Tunggal dan akan diisi oleh para guru serta perangkat OSIS SMA Nusantara.

Demikian permohonan ini kami sampaikan kepada bapak. Semoga bapak berkenan mengizinkan kegiatan tersebut. Atas perhatian Bapak, kami mengucapkan terimakasih.

Hormat kami,

 

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

SMA Nusantara

Ketua,                  Sekretaris,

 

J.Simanjuntak Yena Palapa

Itulah contoh pembuatan surat dengan kepentingan peminjaman gedung olahraga atau bisa diganti dengan peminjaman gedung lainnya sesuai kebutuhan.


Contoh Surat Peminjaman Lapangan

Contoh Surat Peminjaman Lapangan

Terkadang ada yang membutuhkan lapangan luas sebagai tempat berlangsungnya kegiatan. Maka dibutuhkan contoh surat izin peminjaman tempat untuk lapangan yang akan diajukan.

Surat Peminjaman Lapangan

Bekasi, 13 Mei 2020

Nomor : 011/OSIS-SMA1-BEKASI/V/2020

Hal : Permohonan Peminjaman Tempat

Lamp : –

 

Kepada Yth.

Kepala Sekolah Sekolah Menengah Pertama 1 Tangerang

Di Tempat

 

Dengan Hormat,

Kami selaku panitia Lomba Lari Estafet tingkat Sekolah Menengah Pertama Se-Kota Bekasi yang diadakan oleh OSIS Sekolah Menengah Pertama 1 Tangerang, dengan ini memohon izin untuk meminjam Lapangan Sepak bola milik Sekolah Menengah Pertama 1 Tangerang yang akan diadakan pada:

 

Hari, Tanggal : Minggu, 20 Juni 2020

Waktu : 08.00 s/d Selesai

Tempat : Lapangan Sekolah Menengah Pertama 1 Tangerang

 

Demikian surat ini dibuat sebagai sebuah permohonan tertulis. Diharapkan bapak bersedia menunjukkan izin peminjaman seperti yang disebutkan diatas demi kelancaran program yang diselenggarakan. Sekian surat peminjaman kami dan kami lampirkan proposal kegiatan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

 

Ketua OSIS SMA 1 Bekasi              Ketua Panitia

 

Roni Setiawan                                  Doni Mardika


Contoh Surat Izin Peminjaman Tempat untuk Reuni

Contoh Surat Izin Peminjaman Tempat untuk Reuni

Biasanya saat akan mengadakan reuni dibutuhkan tempat dan pemilihan tempat akan ditentukan di sekolah para alumni. Maka dibutuhkan surat permohonan izin pada pihak sekolah yang bersangkutan.

Surat Izin Peminjaman Tempat untuk Reuni

Panitia Acara Reuni dan Temu Alumni
SMPN 1 Tegal Tahun Ajaran 2020/2021
Jalan Raya Pantura-Tegal Kilometer 12,5
Kode Pos 24367 telepon (0273) 455557

 

Email : [email protected]

No            :

Lampiran  :

Hal            :  Permohonan peminjaman tempat dan sarana

Yth.  :  Kepala Sekolah SMP N 1 Tegal

 

Di Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Segala puji syukur kehadiran Allah SWT, sebagai tempat berlindung dan memohon kekuatan. Sholawat serta salam semoga selalu terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW. Sehubungan dengan berlangsungnya Kegiatan Reuni dan Temu Alumni yang insya alah akan dilaksanakan pada :

 

Hari/Tanggal   : 20 Agustus 2020

Pukul           : 10-00- selesai

Tempat        : Aula SMPN 1 Tegal

 

Untuk itu kami mengharapkan kesediaan Bapak/Ibu untuk meminjamkan tepat dan sarana berupa,

1.Lapangan Upacara

2.Mushola

3.Sound system sebanyak 1

4.Microfon sebanyak 1

5.Meja sebanyak 2

6.Kursi sebanyak 50

 

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan sebagai bahan pertimbangan peminjaman. Atas izinnya kami ucapkan banyak terima kasih. Semoga Allah SWT membalas amal perbuatan kita semua. Amin.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Tegal, 10 Juli 2020

Ketua Panitia Seketaris

 

Indrawan            Nina Karlina

Itulan contoh surat izin peminjaman tempat jika akan mengadakan reuni. Karena tentunya saat reuni dibutuhkan ruangan yang luas dan menampung banyak orang.


Contoh Surat Izin Peminjaman Tempat untuk Parkir

Contoh Surat Izin Peminjaman Tempat untuk Parkir

Terkadang ada kegiatan atau acara yang membutuhkan tempat parkir yang luas dikarenakan akan banyak orang yang hadir. Sehingga dibutuhkan surat permohonan agar parkir kendaraan bisa terpenuhi.

Surat Izin Peminjaman Tempat untuk Parkir

IKATAN PEMUDA TANJUNG PINANG
“IPETANANG” 

 

No           :  28/ IPETANANG/XII/2020

Lampiran  : –

Perihal   : Peminjaman Halaman SD Negeri Pangkal Pinang

 

Kepada  : Yth. Kepala SD Negeri Pangkal Pinang

Di Tempat

 

Assalamu’alaikum, wr.wb.

 

Dengan Hormat,

Sehubungan akan diadakan kegiatan pemuda di Dusun Pangkal Pinang, maka kami selaku panitia ingin meminjam halaman SD Negeri Pangkal Pinang sebagai tempat parkir yang akan dilaksanakan pada :

 

Hari, Tanggal  : Jumat, 28 Desember 2020

Jam              : 16.00 WIB – selesai

Demikian surat permohonan guna peminjaman tempat ini kami kirimkan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum, wr.wb.

 

Pangkal Pinang, 28 Desember 2020

Kepala Dusun  Ketua Pemuda

 

Deni Sanjaya   Kurniawan Saputra

 

Mengetahui,

Kepala Desa

 

Muhaimin

Itulah salah satu contoh dari pembuatan surat izin peminjaman tempat saat akan melakukan kegiatan dan membutuhkan lahan parkir. Sehingga selanjutnya bisa digunakan sebagai contoh permohonan izin peminjaman tempat yang bisa memperlancar kegiatan yang akan diselenggarakan.


Contoh Surat Izin Peminjaman Tempat untuk Pameran

Contoh Surat Izin Peminjaman Tempat untuk Pameran

Terkadang kegiatan yang dilakukan oleh suatu lembaga atau organisasi adalah mengadakan pameran. hal tersebut tentu membutuhkan tempat yang sangat luas, salah satunya dengan meminjam gedung milik pemerintah setempat. berikut ini contoh surat izin yang bisa dibuat guna meminjam tempat yang dibutuhkan.

Surat Izin Peminjaman Tempat untuk Pameran

Banjar, 20 Juni 2020

 

Nomor  : 7/X/2020

Lampiran  :  2    

Perihal   :  Izin Pinjam Tempat 

 

Kepada :

Yth Bupati Banjar

Di tempat

 

Dengan hormat,

Dengan ini kami sampaikan bahwa dalam rangka memperingati hari jadi kota Banjar akan melaksanakan kegiatan pameran UMKM dengan ketentuan sebagai berikut :

 

Hari, tanggal : Sabtu, 21 Juni 2020

Waktu  : Jam 07.00 WIB – s.d. Selesai

Tempat : Gedung Serbaguna Banjar

Acara  : Pameran UMKM

 

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengajukan permohonan izin pinjam gedung serbaguna Banjar  untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

Ketua             Sekretaris

 

wahyono         Isnani

 

Mengetahui,

Ketua UMKM Banjar

 

Prayitno


Contoh Surat Permohonan Izin Tempat dalam Berbagai Kegiatan

Segala kegiatan yang dilakukan di tempat milik orang lain, tentunya membutuhkan izin untuk menggunakan tempat tersebut. Nah, izin itu bisa didapatkan dengan membuat surat permohonan izin kepada pemilik atau owner dari tempat tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh surat permohonan izin tempat dalam berbagai jenis kegiatan :

Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Syuting

Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Syuting

Dalam melangsungkan kegiatan syuting, tidak mungkin hanya menggunakan satu tempat untuk mengambil adegan dalam film. Pasti ada banyak lokasi yang didatangi selama proses syuting. Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang mengganggu kenyamanan publik, biasanya produser dan tim nya akan menyewa suatu tempat sebagai tempat pelaksanaan syuting. Nah, bagi produser pemula, dapat menggunakan salah satu contoh surat permohonan izin tempat syuting dibawah ini.

Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Syuting

============================

MEGA BINTANG CINEMA
Jalan Hadiah Raya No. 218, Jakarta
Telp : 021 63276679
Website : www.megabintangcinemaa.com

Jakarta, 4 Oktober 2020

 

Nomor : 19/PIL/X/2020

Hal : Permohonan Izin Lokasi Syuting

 

Kepada Yth,

Pemilik RS Sejahtera

di Tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan diadakannya syuting film drama berjudul “Surga di Telapak Kaki Ibu,”  kami dari pihak Mega Bintang Cinema bermaksud untuk meminjam beberapa ruang perawatan dan lorong rumah sakit untuk melakukan proses pengambilan gambar pada :  

Tanggal : 11-14 Oktober 2020

Waktu : 10.00 – selesai

Tempat : 3 ruang perawatan dan koridor

 

Besar harapan kami semoga Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan permohonan ini dan sudi mengabulkannya. Karena mengingat betapa pentingnya proyek film ini bagi kelangsungan dan citra perusahaan kami. 

Tanpa mengurangi rasa hormat, kami harap pihak RS Sejahtera dapat memberikan jawaban atas permohonan kami ini paling telat tanggal 7 Oktober 2020 supaya kami dapat mempersiapkan dengan baik. Demikian surat permohonan izin tempat ini kami sampaikan. Atas kerjasama dan izinnya, kami ucapkan banyak terimakasih. 

 

Hormat kami,

Produser Mega Bintang Cinema,

Anto Cahyono.


Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Konser

Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Konser

Pertunjukkan musik atau konser biasanya diadakan oleh seorang penyanyi atau band yang cukup terkenal di masyarakat. Biasanya, mereka akan menyewa sebuah tempat yang luas yang mampu menampung ribuan penonton konser nantinya. Nah, untuk meminjam tempat tersebut, seorang penyanyi harus mengantongi surat permohonan izin tempat terlebih dahulu agar saat konser berlangsung hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. 

Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Konser

==========================

REISA ANDRIANI & TEAM
Telp : 081376891083 (manager)

Jakarta, 10 Februari 2020

 

Nomor : 06/PIT/II/2020

Hal : Permohonan Izin Tempat Konser

 

Kepada Yth,

Pimpinan Gelora Bung Karno

di Tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan diadakannya konser dalam rangka 5 tahun Reisa berkarir, kami dari pihak Reisa Andriani membutuhkan suatu tempat yang dapat menampung sekitar 10 ribu orang. Oleh karena itu, kami bermaksud untuk mengajukan permohonan atau peminjaman stadion GBK untuk digunakan sebagai tempat konser yang akan diadakan pada : 

Tanggal : 27 Februari 2020

Waktu : 19.00 – selesai (namun, open gate akan dimulai pukul 15.00)

Tempat : Stadion Gelora Bung Karno

 

Besar harapan kami semoga Bapak/Ibu pimpinan stadion Gelora Bung Karno dapat mempertimbangkan permohonan ini dan sudi mengabulkannya karena mengingat betapa pentingnya konser ini bagi citra dan karir artis dibawah naungan kami. Kami juga meminta izin nantinya di tengah lapangan GBK, akan dibuat panggung dan dilakukan pemasangan sound system, speaker, dan perlengkapan lain yang nantinya akan menunjang keberhasilan konser tersebut. 

Tanpa mengurangi rasa hormat, kami harap pihak GBK dapat memberikan jawaban atas permohonan kami ini paling telat tanggal 15 Februari 2020 supaya kami dapat mempersiapkan konser tersebut dengan baik. Demikian surat permohonan izin tempat ini kami buat untuk dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan banyak terimakasih. 

 

Hormat kami,

Manager Reisa Andriani

Ina Maharani.


Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Berkemah

Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Berkemah

Pada masa sekolah, hampir setiap orang pernah merasakan yang namanya camping atau kegiatan berkemah. Tentunya, camping akan lebih seru bila dilaksanakan diluar sekolah, kan? Menghabiskan waktu di alam bebas bersama teman memang menjadi salah satu pengalaman yang tak akan pernah dilupakan. Nah, baik di dalam sekolah maupun menyewa tempat di luar untuk kegiatan camping tersebut, pihak sekolah harus membuat surat permohonan izin tempat camping.

Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Berkemah

===============================

SMA PELANGI SENJA
Jl. Keramat Jaya No. 8, Jakarta
Telp. 021-656829 Fax. 022-683920

 

Jakarta, 5 Oktober 2020

 

Nomor : 17/PIT/SPS/X/2020

Perihal : Surat Permohonan Izin Tempat

Lampiran : 1 halaman

 

Kepada Yth,

Pimpinan PT Bumi Perkemahan Cibubur

di Tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan perkemahan yang akan dilakukan oleh siswa/i SMA Pelangi Senja kelas XI MIPA & IPS, kami membutuhkan tempat camping yang dapat menampung sekitar 230 orang. Kegiatan camping tersebut, rencananya akan diadakan pada :

Tanggal : 20-21 Oktober 2020

Waktu : disesuaikan

Tempat : Bumi Perkemahan Cibubur

Kegiatan : 

  • Upacara pembukaan
  • Latihan baris berbaris
  • Jurit Malam
  • Lomba memasak
  • Api unggun dan malam renungan
  • Outbond
  • Permainan tandu, tali, sandi, dan sebagainya
  • Apel penutupan

 

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan. Kiranya Bapak/Ibu pimpinan mempertimbangkan permohonan kami ini dan sudi memberikan perizinan untuk menggunakan tempat Bumi Perkemahan Cibubur. Atas perhatian dan waktunya, kami ucapkan banyak terimakasih.

 

Hormat kami,

Ketua Panitia Persami,

Budi Harris.


Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Seminar

Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Seminar

Seminar biasanya diadakan untuk menambah pengetahuan atau wawasan yang berkaitan dengan hal yang dibicarakan. Karena mengundang seorang narasumber atau pembicara yang cukup ahli di bidangnya, tak mungkin jika tempat seminar seadanya saja. Seminar akan diikuti oleh banyak orang, sehingga membutuhkan tempat yang luas. Untuk menyewa suatu tempat yang akan digunakan untuk kegiatan seminar, Anda membutuhkan surat permohonan izin tempat seminar. 

Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Seminar

==========================

Jakarta, 7 April 2020

 

Perihal : Permohonan Izin Tempat Seminar

Lampiran : 1 halaman proposal

 

Kepada Yth,

Rektor Universitas Indonesia,

di Tempat

 

Dengan hormat,

Bersamaan dengan adanya surat ini, kami dari alumni fakultas psikologi UI ingin mengajukan permohonan izin peminjaman aula Universitas Indonesia yang nantinya akan digunakan untuk kegiatan seminar dengan tema “Lawan Insecure, dengan bersyukur.” Seminar tersebut rencananya akan diadakan pada :

Tanggal : 15 April 2020

Waktu : 14.00 – 16.00

Tempat : Aula Universitas Indonesia

 

Seminar tersebut diadakan untuk membantu para mahasiswa/i yang kurang percaya diri dengan cara memberitahukan bagaimana cara untuk mencintai dan menghargai diri sendiri. Karena mengingat begitu banyaknya orang yang merasa insecure dengan kekurangan yang dimiliki, besar harapan kami agar Bapak/Ibu rektor berkenan untuk mengizinkan kami meminjam tempat tersebut. 

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan. Atas waktu dan perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

 

Hormat kami,

Ketua Seminar,

Santi Dwi Cahya, S.Psi


Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Pertandingan Olahraga

Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Pertandingan Olahraga

Untuk melangsungkan suatu pertandingan olahraga, tentunya butuh area bertanding atau tempat menunjukkan kemampuan yang dimiliki. Namun, tempat-tempat pertandingan tersebut tidak dapat digunakan seenaknya saja. Harus ada surat izin agar pertandingan dapat berlangsung dengan lancar. Berikut ini adalah salah satu contoh surat permohonan izin tempat pertandingan olahraga.

Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Pertandingan Olahraga

=========================

SMA MELATI PUTIH
Jalan Cempaka Putih No. 74, Jakarta
Telp. 021-633218 Fax. 021-789320

 

Jakarta, 5 September 2019

 

Nomor : 14/SPIT/MP/IX/2019

Hal : Permohonan Izin Tempat

 

Kepada Yth,

Pimpinan Star Futsal

di Tempat

 

Sehubungan dengan diadakannya pertandingan persahabatan antar pelajar SMA di Jakarta untuk mempererat hubungan persaudaraan antar pelajar dan mengembangkan bakat siswa/i di bidang non akademik, kami dari Panitia Cup SMA Melati Putih ingin mengajukan permohonan izin menggunakan tempat yang dikelola oleh Bapak/Ibu pimpinan pada :

Tanggal : 15-17 September 2019

Waktu : 10.00 – 16.00 

Tempat : 2 Lapangan Star Futsal

 

Mengingat betapa pentingnya pertandingan persahabatan antar pelajar ini bagi citra dan nama sekolah ini, kami mohon kiranya Bapak/Ibu pimpinan Star Futsal berkenan untuk mengabulkan permohonan kami. Tanpa mengurangi rasa hormat, kami mohon untuk mengirimkan jawaban selambat-lambatnya tanggal 10 September 2019 guna memaksimalkan persiapan kami.  

Demikian surat permohonan izin ini kami buat untuk digunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan izinnya, kami ucapkan banyak terimakasih.

 

Hormat Kami,

Ketua PASO SMA Melati Putih,

Ari Hamzanudin.


Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Pernikahan

Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Pernikahan

Menikah menjadi salah satu peristiwa membahagiakan dalam hidup. Apalagi, saat bersanding di pelaminan dengan pria atau wanita yang menjadi pilihan kita. Oleh karena itu, setiap orang pasti ingin mengadakan pernikahan yang berkesan untuk satu kali seumur hidup. Biasanya, para calon pengantin akan menyewa gedung pernikahan yang mampu menampung banyak tamu. Berikut ini adalah contoh surat permohonan izin tempat pernikahan.

Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Pernikahan

========================

Jakarta, 10 Januari 2020

 

Kepada Yth,

Pemilik Crown Hotel

di Tempat

 

Sehubungan dengan akan diadakannya pernikahan saya dengan wanita pilihan saya, saya bermaksud untuk mengajukan permohonan izin untuk menggunakan salah satu ballroom di hotel yang Anda kelola. Saya membutuhkan ballroom pesta yang mampu menampung sekitar 800-1000 tamu undangan. Pernikahan saya akan dilangsungkan pada :

Tanggal : 7 April 2020

Waktu : 18.00 – 22.00

Tempat : Ballroom pesta di Crown Hotel

 

Apabila diizinkan, saya akan mengirimkan sejumlah dana yang menjadi jaminan atau uang muka terlebih dahulu. Besar harapan saya agar Anda mengabulkan permohonan saya ini. Saya ingin di hari bahagia saya nanti semuanya berjalan dengan lancar. 

Demikian surat permohonan ini saya buat. Untuk jawaban atau informasi terkait hal ini dapat dibalas melalui email saya [email protected] Atas waktu dan perhatiannya, saya ucapkan banyak terimakasih.

 

Hormat saya,

Nathanael Limore


Tips Menulis Surat Permohonan Izin Tempat

Tips Menulis Surat Permohonan Izin Tempat

Untuk menulis surat permohonan izin tempat sebaiknya gunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Gunakan kalimat atau tutur bahasa yang sopan. Sebaiknya, kirimkan surat permohonan tersebut dari jauh-jauh hari. Hal itu perlu dilakukan supaya jika permohonan ditolak, Anda bisa segera mencari alternatif tempat yang lain. 

Nah, sekarang sudah tahu banyak hal mengenai surat permohonan izin tempat, kan? Setelah membaca itu semua, cobalah untuk membuat surat permohonan izin tempat Anda sendiri. Anda juga bisa menggunakan beberapa contoh surat permohonan izin tempat dalam berbagai hal diatas. Sesuaikan dengan situasi atau maksud dan tujuan Anda dalam menulis surat. 

Sama seperti surat permohonan lainnya, semakin sering Anda menulisnya maka semakin meningkat pula kemampuan Anda dalam membujuk pihak lain agar mengabulkannya. Ingat! Untuk surat permohonan apapun selalu utamakan kejujuran dalam penulisannya. Sampaikan permohonan tersebut dengan alasan yang sesuai dengan kenyataan. Semoga bermanfaat, ya! 


Contoh surat diatas bisa menjadi dasar saat akan meminjam gedung untuk penyelenggaraan pameran secara besar. Memang perlu untuk melibatkan fasilitas gedung yang ada agar jalannya acara bisa sukses dan lancar.

Dengan berbagai macam contoh surat permohonan izin untuk peminjaman tempat ini bisa dijadikan acuan. Sehingga dalam pelaksanaan kegiatan yang akan diselenggarakan baik secara terbuka maupun tempat tertutup bisa dipenuhi.

Berbagai macam keperluan peminjaman tempat untuk aneka macam kegiatan hingga terkadang membutuhkan peralatan yang dipinjam. Maka bisa serangkaian saat meminjam tempat dengan beberapa peralatan yang dibutuhkan saat acara. Diharapkan hal tersebut bisa membantu dan acara bisa berjalan sesuai rencana serta sukses bagi pihak penyelenggara.

Contoh Surat Permohonan Izin Peminjaman Tempat

Tinggalkan komentar